(Foto: Bolalob)

Biar Jago: 6 Tips Bermain Futsal Bagi Pemula

Biar Jago adalah rubrik yang membahas khusus tips dan trik yang dapat menambah kemampuan kami semakin jago saat bermain futsal, tapi tidak hanya tips dan trik berupa skill, tapi juga mulai dari persiapan dan saat bermain.

Siapa pun pasti sudah kenal dengan olahraga futsal. Di Indonesia, olahraga ini telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat perkotaan dan juga pedesaan. Terutama di perkotaan, olahraga ini dimainkan oleh semua tingkatan usia, dari anak kecil, remaja, dewasa hingga orangtua.

Meskipun demikian, tidak semua orang menyukai futal pada awalnya ataupun langsung jago. Nah, Bolalob memberikan tips bagi para pemula dalam olahraga ini.



1. Pentingnya pemanasan



Dalam olahraga apapun, pemanasan sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini agar otot-otot Anda tidak kaku saat bermain futsal yang membutuhkan banyak gerakan, seperti berlari, mengumpan, dan menendang. Lakukan pemanasan seperti olahraga lainnya dengan waktu kurang lebih 5 menit. Ada baiknya fokus untuk bagian kaki karena itu yang akan sering digunakan dalam olahraga ini.

2. Jangan takut kuasai bola



Namanya bermain futsal pasti berkaitan dengan bola. Pasti bagi pemula ada yang takut menguasai bola dalam artian seperti dribling karena takut gagal. Hanya satu tips yang mujarab, yaitu jangan takut untuk kuasai bola. Jangan takut bola akan lari entah kemana karena namanya pemula pasti awalnya ga jago, tapi seiring waktu dengan banyaknya latihan dan bermain pasti akan dapat sentuhan bagaimana caranya dengan nyaman menguasai bola. Tapi, hal yang utama adalah jangan takut kuasai bola, jangan takut salah dan kehilangan bola.

3. Memberi umpan yang tepat dulu



Sama halnya dalam bermain bola, dalam bermain futsal pun mengumpan menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Bahkan mengumpan menjadi salah satu elemen penting saat bermain futsal. Bagi para pemula cobalah mengumpan dengan menggunakan kaki bagian dalam. Umpan yang baik adalah keras dan akurat, tapi sebagai awalnya usahakan untuk mengumpan tepat ke temanmu.



4. Tendang sekencang-kencangnya



Menendang adalah kemampuan yang wajib kamu punyai karena pada akhirnya futsal ditentukan oleh jumlah gol. Semakin banyak tim-mu mencetak gol semakin besar pula peluang untuk menang. Banyak teknik untuk menendang bola, mulai dari kaki bagian dalam, luar, dan juga ujung kaki atau dikenal dengan istilah concong. Bagi pemula cobalah terus menendang ke gawang lawan sekencang-kencangnta, entah mau menggunakan sisi kaki bagian mana yang penting usahakan untuk mengarah ke gawang. Seiring berlatih dan bermain secara rutin, kamu akan menemukan bagian mana yang tepat untuk kamu menendang bola.

5. Pahami tempo permainan



Futsal cenderung bermain sangat cepat dengan pergerakan bola dari kaki ke kaki dan juga pergerakan para pemainnya. Hal ini dikarenakan lapangannya yang kecil dan banyaknya pemain yang ada membuat kamu harus bermain dengan cepat untuk mencari ruang. Usahakan pula untuk tidak terlalu lama mendribble bola. Bagi para pemula mungkin kaget karena akan membuat stamina cepat letih. Ada baiknya bagi pemula bermain selama 5 menit pada awalnya untuk kemudian meningkat menjadi 10 menit jika sudah terbiasa. Bisa saja bagi pemula berdiam diri saat bermain, tapi itu akan menyulitkan rekan-rekan yang lainnya. Jadi, lebih baik bagi pemula untuk mengatur waktu dan stamina agar mampu beradaptasi dengan cepatnya irama permainan futsal.

6. Istirahat yang cukup



Bagi pemula ada baiknya tidak memporsir stamina dan juga jangan lupa untuk minum air putih. Disaat sudah mulai letih, segeralah istirahat dan minum air secukupnya. Jangan sampai karena futsal bukannya sehat, tapi malah sakit. Ikuti irama permainan dan lamanya waktu bermain seperti yang dijelaskan oleh poin 4. Selebihnya istirahat dan minum yang cukup, seiring waktu jika bermain rutin stamina akan menguat dan waktu bermain pun akan semakin lama.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Taktik Mencetak Gol, Pilih Counter Attack atau Power Play?
Kunci dari permainan futsal adalah bagaimana mencetak gol, dan banyak pula taktik yang digunakan untuk mencetak gol.Dari beberapa taktik mencetak gol, ada dua taktik yang sering digunakan, yaitu taktik counter attack alias serangan balik dan taktik power play. Taktik yang menggunakan kiper untuk membantu serangan ke daerah pertahanan lawan.[suggestedarticle=3]Jika counter attack lebih memanfaatkan kecepatan pemain untuk melakukan serangan cepat memanfaatkan kelengahan dan kekurangan juga pemain barisan pertahanan lawan. Taktik power play menggunakan penguasaan bola dengan unggul jumlah pemain.[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]Kedua taktik tersebut pun sering kali menjadi kunci kemenangan tim yang menggunakannya. Kira-kira taktik apa yang tim kalian sering lakukan, apakah counter attack atau power play?   Coba kalian #PilihSatu! Counter Attack apa Powerplay? #bolalob A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Jun 1, 2018 at 6:56am PDT
  726 kali
Kamus Futsal: Kupas Tuntas AFF Futsal Club Championship 2018
Kamus futsal adalah rubrik yang membahas khusus tentang makna kata, pedoman sebutan maupun asal usul kata atau istilah di dunia futsal.Kamus futsal kali ini akan mengupas tuntas tentang AFF Futsal Club Championship 2018, event futsal terbesar antar klub negara di zona Asia Tenggara. [suggestedarticle=3]Apa, sih AFF Futsal Club Championship itu?AFF Futsal Club Championship adalah kejuaraan antar klub futsal di negara-negara zona Asia Tenggara yang berlangsung setahun sekali.Kapan pertama kali AFF Futsal Club Championship diadakan?AFF Futsal Club Championship pertama kali diadakan di Jakarta, Indonesia pada awal 2015 yang merupakan edisi 2014. Tapi, karena ada kendala baru diadakan diawal 2015. Sudah berapa kali AFF Futsal Club Championship diadakan?AFF Futsal Club Championship secara resmi baru diadakan sebanyak 4 kali sejak 2014, dan di tahun 2018 ini merupakan ajang yang kelima.Dimana sajakah AFF Futsal Club Championship diadakan?2015 Jakarta, Indonesia2015 Bangkok, Thailand2016 Naypyidaw, Myanmar2017 Bangkok, Thailand2018 Yogyakarta, Indonesia[pagebreak]Baca selengkapnya[/pagebreak]Siapa saja yang pernah menjuarai AFF Futsal Championship?2015 IPC Pelindo II Jakarta (putra), Sanna Khanh Hoa Vietnam (Putri)2015 Thai Port Thailand (putra), Thai Son Nam Vietnam (putri) (Vietnam)2016 Thai Port Thailand (putra), Jaya Kencana Angels Indonesia (putri)2017 Thai Port Thailand (putra)Kapan AFF Futsal Club Championship diadakan lagi dan di mana?AFF Futsal Club Championship teranyar diadakan pada 15-21 Juli 2018 di Yogyakarta, Indonesia.Siapa saja yang ikut AFF Futsal Club Championship 2018?AFF Futsal Club Championship 2018 diikuti oleh 8 negara. Berikut ke-8 tim yang berlaga di AFF Futsal Club Championship 2018.1. East Coast Heat Australia2. Arbisyam Brunei3. MIC Myanmar4. U.Y.F.C. Komchaymear Kamboja5. Bangkok BTS Futsal Thailand6. Sanna Khanh Hoa Vietnam7. Melaka United Malaysia8. SKN FC Kebumen IndonesiaTonton juga ternyata ada Berkah Ramadhan di Liga Champions   Seminggu lagi 🤙 Trio Firmansah atau BBC, Lob? #ucl #bolalobfootball A post shared by Bolalob.com (@bolalobfootball) on May 19, 2018 at 3:08am PDT
  663 kali
Hati-hati Bawa Pacar Nemenin Main Futsal, Ternyata Ada Bahayanya
Membawa kekasih hati dan pacar saat bermain atau bertanding futsal tentu saja idaman para pria, tapi tahukah jika membawa pacar ada bahaya juga, lho.Bahaya pertama adalah jika ternyata ada teman kalian yang lebih ganteng atau ada cowok yang buat pacar kalian naksir dan bisa pindah ke lain hati. Bisa-bisa sehabis nemenin main futsal kamu malah jadi jomblo.Bahaya kedua adalah jika kamu ketahuan ternyata ga jago main futsal. Bahkan malah jadi cadangan, khan malah gimana gitu. Ditonton pacar, tapi ga main-main. Bisa-bisa pacar kamu malah naksir sama pemain yang lebih jago dari kamu.[suggestedarticle=3]Bahaya ketiga adalah jika kamu saat ditonton pacar malah dikolongin lawan. DIKOLONGIN! udah gitu abis dikolongin kamu diputusin, ibaratnya sudah jatuh tertimpa tangga.Jadi, bagi kalian yang ingin bawa pacar buat nemenin kamu ke tempat futsal atau pertandingan futsal coba pikir berulang kali ya. Yah, anggap saja sebagai penghormatan kepada teman kamu yang masih jomblo.   Hayoooo sakitan mana? Tag temen kalian yang diputusin pacar karena futsal sama yang suka kalian kolongin pas bawa cewenya 🙊#BolalobMeme A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on May 23, 2018 at 7:39am PDT
  5582 kali
Video Latihan Shooting Bagi Pivot Ala Pemain Senior Bayu Aditya
Pivot atau tembok serangan sangat berguna dalam membantu tim mengubah arah serangan. Gerakan pivot sangat berpengaruh pada tempo dan nasib permainan di sepersekian detik selanjutnya.Jika jeli, sang pivot bisa langsung mengarahkan bola ke gawang. Kebanyakan, pemain yang berposisi di posisi ini piawai dalam menahan bola dan juga memiliki tendangan keras.[suggestedarticle=3]Berikut adalah video latihan pivot dari pemain senior yang telah melanglang buana di liga pro, Bayu Aditya.   PIVOT tutorial 🎮⚽️🔥video Lengkapnya tinggaL buka di chanel youtube BAYUSIMERAH🤙Jangan Lupa subscribe/like/koment&share kaLo kaLian suka karena nanti akan ada banyak tutoriaL yang bisa saya bagikan🤟🏻Yuk kita sama” BeLajar,kaLo kaLian ada recomendasi video” keren bisa share ya👌✌🏻 #tutorial #pivot #futsal #skills #freestyle A post shared by Bayuaditya (@bayusimerah) on May 20, 2018 at 10:05pm PDT
  554 kali
Kamus Futsal: Kupas Singkat Posisi Pemain dalam Futsal
Futsal menjadi olahraga yang terus maju dan terkenal di Indonesia karena dimainkan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Di berbagai tempat pun sudah banyak lapangan futsal bermunculan.Nah, bermain futsal pun ada posisinya. Mulai dari kiper, anchor, flank, hingga pivot. Berikut penjelasan singkat tentang keempat posisi tersebut.KiperSama halnya dengan posisi kiper sepakbola. Pemain ini menjaga gawang timnya agar tidak kebobolan dan menjadi benteng terakhir timnya.AnchorPosisi pemain yang berada dibelakang ibarat libero dalam permainan sepakbola. Piawai dalam bertahan dan juga menjadi awal penyerangan dan mengatur tempo pertandingan.[suggestedarticle=3]FlankPemain yang berposisi di sayap ini identik sebagai pemain kunci karena pergerakannya yang bisa merubah jalannya pertandingan. Piawai dalam penyerangan menyisir dari sayap dan memberikan umpan. Tak segan pula menjadi penyelesaian akhir. Meski begitu, di era futsal modern, flank tidak hanya piawai dalam menyerang, tapi juga harus bisa bertahan dengan baik.PivotPosisi pemain ini berada di lini depan ibaratnya sebagai penyerang murni. Memiliki tugas untuk menjebol gawang lawan dan juga membuka peluang rekannya mencetak gol. Di era futsal modern, dirinya juga menjadi pemain bertahan paling pertama.Nah, jika bermain futsal posisi Anda apa, nih?   Buat kalian yang ngaku #AnakFutsal, apa posisi favorit kalian pas main Futsal? Dan siapa pemain favorit kalian di posisi yang kalian pilih? #AnakFutsal A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on May 20, 2018 at 2:08am PDT
  907 kali
Ini Tips Berolahraga Selama Bulan Puasa Ala Muhammad Albagir
Bulan puasa tentunya bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam seluruh dunia, termasuk kiper muda berbakat, Muhammad Albagir.Meski berpuasa, Bagir ternyata tetap berolahraga. Bahkan ia berolahraga normal seperi biasanya. Ia pun memberikan tips bagaimana berolahraga selama bulan puasa."Waktu olahraga biasanya Sore sekalian ngabuburit, syukur-syuku ya gerak-gerak dikit abis kewajiban Subuh selesai," ungkapnya kepada Bolalob.[suggestedarticle=3]"Cuma memang ga setiap hari, sih soalnya kan ya mumpung Ramadhan jadi yang agamanya lebih di tingkatin daripada olahraganya yang penting ga nganggur diem gitu," lanjutnya."Mungkin sore atau malam abis tarawih bisa juga gym. Intinya kebugaran gitu dan dilakukan setiap 2 atau 3 hari sekali," pungkasnya.
  531 kali
Bulan Puasa Tidak Menghalangi Wonderkid Futsal Indonesia Ini untuk Berolahraga
Bulan puasa tentunya bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam seluruh dunia, termasuk kiper muda berbakat, Muhammad Albagir.Meski berpuasa, Bagir ternyata tetap berolahraga. Bahkan ia berolahraga normal seperi biasanya. Menurutnya, meski puasa dirinya tetap harus bisa jaga kemampuannya sebagai kiper dan juga menjaga kebugaran tubuh.[suggestedarticle=3]"Normal kaya biasa, tetap olahraga, latihan normal, jaga sentuhan, refleks, kebutuhan kiper yang lain juga," ungkapnya kepada Bolalob."Jaga kebugaran tubuh juga, gym, recovery, dan asupan makanan maupun minuman yang baik," tambahnya.Nah, ternyata bulan puasa tidak menghalagi kita untuk tetap berolahraga, contohnya Albagir.
  623 kali
Inilah Kunci Bambang Bayu Saptaji Jaga Konsistensi Permainan di Liga Pro
Bambang Bayu Saptaji berhasil membantu Vamos Mataram mempertahanan gelar juara Pro Futsal League (PFL).Untuk dua musim beruntun, Vamos berhasil menjadi juara PFL 2017 dan 2018. Bayu pun menjadi salah satu pemain kunci Vamos untuk merebut dua gelar juara tersebut.Bermain di PFL tentunya bukanlah hal yang mudah, konsistensi harus terus dijaga para pemain, baik dibabak reguler maupun final four.Bayu pun sudah membuktikan jika dirinya bisa menjaga performanya. Performa yang membantu dirinya membawa Vamos meraih gelar juara.[suggestedarticle=3]Bayu pun tak segan untuk mengungkapkan kunci dirinya bisa menjaga performa di PFL tetap apik, baik dibabak reguler maupun final four."Kunci jaga performa, sih pertama fokus di setiap latihan, istirahat sama makan yang bagus," ungkap Bayu kepada Bolalob.Nah, bisa dicontoh nih kerja keras Bayu untuk bisa jaga konsistensi penampilan oleh kalian. Pastinya, kerja keras tak pernah membohongi hasil.
  1076 kali
Inilah 4 Tips Nazil Purnama Asah Skill Kiper Futsal Selama Bulan Puasa
Bulan puasa tentunya bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam seluruh dunia, termasuk kiper Vamos Mataram, Muhammad Nazil Purnama.Meski berpuasa, Nazil ternyata tetap berolahraga. Ia tetap berolahraga untuk jaga kondisi dan juga meningkatkan kemampuan yang dirasa kurang oleh dirinya.[suggestedarticle=3]Berikut tips berolahraga di bulan puasa dari Nazil. Biasakan konsumsi vitamin pas sahur, biar pas latihan di tengah-tengah puasa tetap bisa maksimal Latihan fisik seperti joging dan gim sebelum berbuka puasa. Segi latihannya yang biasa masing-masing orang lakuin, utamakan latih kekurangan skill. Saya misalnya dalam lemparan kurang tenaga jadi lebih dibanyakin menguatkan tangan pas gim. Untuk bermain futsal bisa dilakukan selepas tarawih. Itulah tips Nazil untuk tetap berolahraga di bulan puasa. Patut dicoba, khan buat para kiper futsal?
  677 kali
Video Set Piece Futsal Kocak Ini Patut Dicoba Buat yang Anti Mainstream
Futsal modern saat ini benar-benar memanfaatkan setiap set piece yang diperoleh untuk dimaksimalkan menjadi sebuah gol. Nah, berikut ini ada trik set piece futsal yang tak terduga. Bikin ketawa, tapi gol. Berikut trik set piece kacau tersebut yang bisa dijadikan acuan untuk dilatih dan digunakan dalam pertandingan.[suggestedarticle=3]   👥Marque os parceiros para ensaiar 😂 ➡ Acompanhe o canal do YouTube do BR Futsal! Com várias dicas para melhorar seu jogo! 📽 Inscreva-se em nosso canal: http://bit.ly/2ySRgkN 🎞 YouTube.com/brfutsal 👤@billybrfutsal . . . . . . #brfutsal #golazo #gol #caneta #futsal #falcão #futsala #futsal #futebol #futbol #falcao #fussball #football #gol #golazo #golaço #nutmeg #caneta #caño #sepatufutsal #drible #jogadaensaiada A post shared by FUTSAL - Os Melhores Vídeos! (@brfutsal) on Jan 16, 2018 at 9:39am PST
  2468 kali
1516177201667 tag