(Foto: tribunnews.com)

LIB Bakal Lelang Terbuka Tuan Rumah 8 Besar Liga 2

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan melelang tuan rumah babak 8 Besar Liga 2 2017, di mana pertadingan tersebut akan digelar pada 20-26 Oktober 2017.
    
Langkah ini diambil karena banyak klub yang menunjukan minat untuk bisa dipercayakan menjadi salah satu host dari pergelaran perempat final kompetisi kasta kedua itu.

Sampai Kamis (12/10) siang, sudah enam klub yang lolos ke babak 8 Besar. Yakni, Persebaya Surabaya, Martapura FC, Persis Solo, PSPS Riau, PSIS Semarang dan PSMS Medan. Mereka umumnya ingin menjadi tuan rumah.

BACA JUGA: Ini Pembagian Grup Babak 8 Besar Liga 2 2017


Namun, dari jumlah tersebut baru Green Force — julukan Persebaya — yang sudah mengajukan surat ke operator terkait kesediaan menjadi tuan rumah tersebut.

"Kami melihat animo klub untuk menjadi tuan rumah sangat banyak. Saya pastikan bidding yang kami lakukan bakal lebih ramai," kata Tigorshalom Boboy, Chief Operating Oficer (COO) PT LIB, Kamis (12/10).

"Tapi, sampai saat ini hanya baru Persebaya yang menyampaikann surat kesediaan menjadi tuan rumah kepada kami," Tigorshalom.

Menurut Tigor, dengan melihat fenomena tersebut, mereka akan menggelar open bidding secara fair di Jakarta pada 14 Oktober nanti, untuk menentukan kota mana yang berhak menjadi tuan rumah.

"Karena bagi kami, semua klub yang lolos ke babak 8 besar Liga 2 memiliki hak yang sama untuk bisa menjadi tuan rumah," papar Tigor.

Hanya saja, Tigor menambahkan, klub yang memiliki basis suporter besar serta punya tradisi sepak bola kuat yang difavoritkan untuk menjadi tuan rumah.

Pertimbangan mereka sangat sederhana, perempat final kasta kedua tersebut harus semarak dan mendapat perhatian besar dari suporter sepak bola tanah air.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Jadwal Padat, Piala Presiden 2018 Sepi Peminat?
Melalui Sekjen PSSI, Ratu Tisha sempat mengumumkan bahwa Piala Indonesia akan bergulir sebelum kompetisi Liga 1 musim 2018 dimulai.Namun menurut PT. Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi Liga 1 perhelatan ini tak bisa dipaksakan digelar karena padatnya jadwal tahun 2018.Indonesia sendiri akan menggelar beberapa ajang besar di tahun 2018, mulai dari Asian Games, Piala AFF, Piala Asia U-19, Piala AFF U-18, hingga Piala AFF U-15."Jika Piala Indonesia dijalankan, pastinya klub akan 'teriak'. Apalagi format sendiri kita juga belum tahu. Sekali lagi penyelenggaraan ini harus matang karena banyak pertimbangan," ujar Chief Operation Officer LIB, Tigorshalom Boboy."Salah satunya banyak event timnas segala level main di tahun depan. Melihat jadwal yang ada di tahun 2018 sangat padat, Saya sarankan perhelatan ini dipikir kembali," ia menambahkan.[suggestedarticle]Liga 1 sendiri akan direncanakan akan dimulai pada Februari 2018 mendatang. Sementara Timnas Indonesia akan menghadapi Asian Games 2018 di pertengahan tahun dan Piala AFF di akhir tahun.Rencananya, Piala Indonesia sendiri akan diikuti oleh semua klub dari Liga 1, 2 hingga 3 yang ada di Tanah Air.Tahun lalu Arema FC kelaur sebagai jawara Piala Presiden udai mengalahkan Borneo FC di partai final.
  1890 kali
Striker Persis Solo Kecewa Berat Diputus Kontraknya Lewat WA
Nasib sial dialami oleh pemain Persis Solo, Rudiyana yang kontraknya tak diperpanjang lagi oleh kontestan Liga 2 itu untuk musim depan.Yang membuat kecewa mantan pemain Persib Bandung ini adalah cara manajemen mengabari dirinya terkait masa depannya, yaitu via pesan Whatsapp (WA) dari salah satu pengurus Persis. "Cara seperti ini menjadi pengalaman untuk saya, dengan mengumumkan hanya melalui WhatsApp. Saya contohkan di Persib dulu, semua pemain dikumpulkan semua baru diberi informasi," kata Rudiyana saat dihubungi wartawan, Senin (11/12/2017).[suggestedarticle]Rudiyana juga menyesalkan sikap manajemen yang pada pekan lalu sempat mengatakan dirinya akan dipertahankan oleh Persis pada musim depan. Padahal dirinya sudah menolak tawaran yang datang dari klub lain."Sejak awal saya memang memprioritaskan Persis untuk musim depan. Makanya saat diberitahu jika dipertahankan, saya tidak melanjutkan proses seleksi di tim Liga 1. Ya, sekarang tentu kecewa dengan keputusan ini," ujarnya.Pemain jebolan Persib ini menjadi salah satu favorit pendukung Maung Bandung atau Bobotoh untuk dipulangkan."Saya sebenarnya sudah nyaman di Persis. Namun mau bagaimana lagi, sudah ada keputusan dari manajemen kalau saya tidak dipertahankan," ucapnya.
  828 kali
Mantan Pelatih Persipura Merapat ke Persiba Balikpapan
Manajemen Persiba Balikpapan akhirnya resmi menunjuk Wanderley Junior sebagai aristek baru Beruang Madu.Dalam pekan ini mantan pelatih Persipura Jayapura itu akan menandatangani kontrak bersama Persiba.“Saya sudah dihubungi Manajemen Persiba. Besok malam (selasa) saya ke Balikpapan untuk teken kontrak selama satu musim bersama Persiba,” ujar Wanderley, seperti dikutip dari Indosport.“Soal kontrak dan lainnya sudah saya bicarakan semuanya saat presentasi kemarin, jadi sudah tidak ada masalah lagi. Semua Oke. Tinggal teken kontrak saja,” katanya.[suggestedarticle]Wanderley akan memimpin Persiba di kancah Liga 2 pada musim depan. Seleksi pemain pun menjadi rencana terdekat pelatih asal Brasil itu jika sudah merampungkan proses kontraknya.“Saya senang bisa jadi bagian dari Persiba. Tentu saya senang bisa bekerjasama. Sejak awal saya memang mengiginkan bisa bergabung dengan Persiba,” ujarnya.“Saya akan langsung bekerja secepatnya untuk membentuk tim yang kuat dan melakukan seleksi pemain. Saya ingin mengembalikan Persiba ke liga 1 musim 2019,” ujarnya.Soal Asisten Pelatih, Wanderley menyerahkan sepenuhnya ke Manajemjen Persiba. Termasuk kemungkinan menggunakan Asisten Lokal Balikpapan.“Saya pikir bagus saja, karena kalau asisten orang Balikpapan tentu sangat mengenal Balikpapan dan paham dengan pemain-pemain sebelumnya, tidak masalah,” tandasnya.
  374 kali
Jadwal Liga 1 Musim 2018 Dimulai Bulan Februari
PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi sudah mulai merancang tanggal dimulainya musim 2018.Jadwal kompetisi dari mulai Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan Liga 1 U-19 telah beredar di media sosial. Dimana rencananya, Liga 1 mulai bergulir pada 24 Februari 2018.PT LIB berucap sangat sulit menyesuaikan jadwal pelaksanaan dengan agenda internasional yang dimiliki oleh timnas Indonesia.Chief Operating Officer PT LIB, Tigorshalom Boboy, menegaskan bahwa jadwal yang beredar itu masih bersifat sementara."Informasi yang beredar cepat sekali ya, tapi saya tekankan itu baru draft. Pada prinsipnya tidak akan berubah banyak dari situ," ujar Tigor, seperti dilansir dari Detik.[suggestedarticle]Tigor mengatakan ada beberapa pertimbangan LIB dalam menyusun jadwal. Salah satunya adalah agenda timnas Indonesia yang pada 2018 memiliki jadwal super padat, dari Piala AFF dan Asian Games 2018."Kami memiliki kesulitan memang menyesuaikan dengan jadwal timnas. Ini yang paling mungkin dilakukan dan sudah kami sampaikan kepada PSSI," kata Tigor."Prinsipnya jadwalnya tidak akan jauh berbeda. Hanya untuk Liga 1 kami akan selesai pada Oktober-November, nanti bulan ramadhan ada pemadatan jadwal," katanya menambahkan.Berikut Rencana Jadwal Kompetisi Musim DepanLiga 1: 18 klub, mulai 24 Februari-24 Oktober 2018Liga 2: 24 klub, mulai 3 Maret-18 November 2018Liga 3: 40 klub, mulai 24 Maret-21 Oktober 2018.Liga 1 U-19: 18 klub mulai 7 Juli-11 November 2018.
  2162 kali
Pelatih Persebaya Belum Tertarik Pemain Asing, Prioritaskan Pemain Lokal
Angel Alfredo Vera pelatih yang membawa Persebaya Surabaya juara Liga 2 2017, memilih untuk mencari pemain lokal untuk Liga 1 2018. Untuk pemain asing, dirinya belum tertarik.Mantan pelatih Persipura Jayapura itu mengingatkan, persaingan Liga 1 2018 akan lebih berat dari sebelumnya. Oleh karena itu, Persebaya dituntut memasukkan pemain baru.Tujuannya agar kekuatan Persebaya semakin kompetitif. Ia sarankan untuk merekrut pemain lokal yang sudah memiliki jam terbang tinggi."Saat ini saya baru berpikir pemain lokal. Siapa yang akan datang dan kami harus lihat posisi-posisi mana saja yang akan diisi pemain baru," jelas Alfredo Vera, seperti dikutip Jawapos. [suggestedarticle=3]Untuk pemain asing, Alfredo Vera masih menunggu peraturan baru dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB)."Saya juga tidak tahu regulasi bisa pakai berapa pemain asing. Karena untuk mengetahui berapa pemain yang bisa kami pakai, saya harus menunggu regulasi," tuturnya.Alfredo Vera mengaku, sudah memiliki calon pemain yang direkrut. Tapi dirinya memilih merahasiakan pemain-pemain yang sudah masuk dalam daftar bidikannya."Pasti ada di semua lini. Kalau ada tiga asing, kami bisa pakai satu depan, satu tengah, dan satu belakang. Kami juga harus menambah pemain lokal di semua posisi," ungkap Alfredo Vera.
  642 kali
Operator Liga 1 Siap Lunasi Utang ke Klub Sebelum Akhir Tahun
PT Liga Indonesia Baru (LIB) kembali menegaskan akan membayar subisi yang tertunggak kepada klub-klub Liga 1.Chief Operating Operational (COO) PT LIB, Tigorshalom Boboy mengatakan pihaknya akan segera melunasi utang-utang ke klub."Tunggakan kita sudah bicara banyak, kita mengakui ada tunggakan. Kita berharap sebelum tahun ini diselesaikan," ujar Tigor di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (11/12/2017).[suggestedarticle=3]Tigor pun kembali menjelaskan bahwa tersendatnya subsidi sudah dijelaskan oleh PT LIB kepada klub sejak Agustus lalu."Kendalanya tahu sendirilah, klub-klub juga sudah tahu. Ini juga tidak tiba-tiba, soalnya Agustus sudah saya sampaikan ada potensi pengundurkan pencairan subsidi," imbuhnya.Sebelumnya, klub-klub sudah berteriak dengan tertundanya pembayaran subsidi.Bahkan tertundanya subsidi membuat beberapa klub enggan mengikuti turnamen pramusim yang digelar PSSI dan PT LIB, yakni Piala Presiden 2018.
  583 kali
Jadwal 2018 Bakal Padat, PT LIB Pertimbangkan Kembali Piala Indonesia
Musim Liga 1 2018 akan diawali dengan turnamen pramusim Piala Presiden 2018. Selain itu, kabar gelaran Piala Indonesia pun santer terdengar.Menanggapi hal tersebut, Chief Operating Operational (COO) PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjelaskan pihaknya sudah memberikan draftnya kasarnya saja.Namun, jadi digelar atau tidaknya perhelatan tersebut PT LIB menyerahkan kepada PSSI. Sekali lagi kita sudah sampaikan draft jadwal ke PSSI. Mungkin kalau dijalankan pastinya klub akan teriak," ujar Tigor ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (11/12/2017).[suggestedarticle=3]"Apalagi format sendiri kita juga belum tahu. Sekali lagi penyelenggaraan ini harus matang karena banyak pertimbangan," imbuhnya.Tigor menyaranakan keinginan menyelenggarakan perhelatan tersebut harus dipikir ulang. Terlebih tahun 2018 bakal banyak event yang harus dijalani PSSI dan juga klub-klub Liga 1."Melihat dengan jadwal yang ada di tahun 2018 yang padat. Saya sarankan perhelatan ini dipikir kembali," tandasnya.
  772 kali
Ini Komentar PT LIB Terkait dengan Awarding Night Liga 1 2017
PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum mengumumkan kapan digelarnya Awarding Night Liga 1 2017. COO PT LIB, Tigorshalom Boboy mengatakan bahwa pihalnya saat ini sedang berkoordinasi dengan PSSI terkait waktu penyelenggaraan."Untuk awarding night kita juga melihat semua pihak termasuk dari PSSI," ujar Tigor di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (11/12/2017).[suggestedarticle=3]"Apalagi Ketua Umum mau menyerahkan langsung dan beliau juga ada agenda-agenda yang tidak bisa ditinggalkan.," lanjutnya.Tigor juga menjelaskan bahwa awarding night bakal berlangsung bulan Desember. Ia tak ingin acara tersebut diselenggarakan sesudah hari raya natal."Ya mudah-mudahan sebelum natal, sebelum liburan," imbuhnya.Kabar terakhir, awarding night Liga 1 akan diselenggarakan pada 20 Desember 2017. Namu, baik PT LIB dan PSSI belum umumkan ke publik terkait digelarnya acara penutupan musim Liga 1 2017 itu.
  558 kali
Pernyataan Mengejutkan Pelatih Borneo tentang Wasit Asing Liga 1
Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan kembali memiliki pernyataan mengejutkan mengenai jalannya kompetisi Liga 1 musim 2017 lalu.Iwan sangat setuju dengan langkah PSSI dan operator kompetisi dalam hal ini PT Liga Indonesia Baru, dalam memakai jasa wasit asing namun menurut mantan pelatih Persebaya Surabaya itu wasit asing yang dibawa harus memiliki lisensi FIFA.Menurut Iwan dirinya telah mengecek bahwa ada beberapa wasit yang hanya rekomendasi dari negaranya."Yang jelas saya setuju untuk mendatangkan kembali wasit asing, tetapi harus diseleksi dengan ketat," kata Iwan, seperti dikutip dari Superball."Karena boleh dicek wasit asing dari Kirgiztan ternyata bukan wasit FIFA.""Ternyata mereka hanya mendapatkan rekomendasi dari federasi sepak bola mereka.""Kenapa PT LIB mengambil wasit seperti itu? Karena kompetisi musim 2017 hanya beberapa wasit asing yang dari FIFA," ucap Iwan menambahkan.[suggestedarticle]Iwan berharap pada musim depan PSSI dan PT LIB harus mampu mencari wasit-wasit asing dari FIFA agar pertandingan bisa dipimpin dengan baik. "Saya setuju karena penting mendatangkan wasit asing agar jadi contoh teladan.""Tapi apa yang dilakukan PT LIB itu bukan wasit asing terbaik."Seperti diketahui PSSI memang memakai beberapa wasit asing untuk memimpin sejumlah pertandingan Liga 1. Pada putaran pertama, ada enam wasit yang masing-masing berasal dari Kirgizstan dan Australia."Contoh banyak pelatih yang kacau melihat kepemimpinan wasit asing," kata Iwan mengakhiri.
  1402 kali
Pelatih Persebaya Akan Cari Striker di Argentina
Persebaya Surabaya tentu tak ingin sekedar lewat di kancah Liga 1 pada musim depan, usai menjuara Liga 2 tim asuhan Angel Aflredo Vera ini ingin berbicara lebih banyak sesuai dengan nama besar klub tersebut.Alfredo akan menyiapkan komposisi pemain guna mengikuti Liga 1 2018. Ia akan pulang ke Argentina untuk mencari pemain asing untuk membela Persebaya musim depan.Mantan pelatih Persipura Jayapura itu akan bertolak ke Argentina, Selasa (12/12), dan dijadwalkan kembali ke Surabaya, 11 Januari 2018."Mungkin ada dari Argentina saya bawa satu, posisinya striker," kata Alfedo Vera.[suggestedarticle]Namun, Alfredo Vera masih enggan membeberkan secara detail mengenai profil sang pemain. Dia hanya memastikan pemain tersebut belum pernah bermain di Indonesia.Alfredo juga masih menunggu regulasi pemain asing yang akan diberlakukan oleh PSSI dan operator kompetisi pada musim depan."Di kepala saya, sudah ada nama-nama pemain. Namun tidak bisa diungkapkan," tegasnya.
  888 kali
1512973802382 tag