(Foto: tribunnews.com)

LIB Bakal Lelang Terbuka Tuan Rumah 8 Besar Liga 2

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan melelang tuan rumah babak 8 Besar Liga 2 2017, di mana pertadingan tersebut akan digelar pada 20-26 Oktober 2017.
    
Langkah ini diambil karena banyak klub yang menunjukan minat untuk bisa dipercayakan menjadi salah satu host dari pergelaran perempat final kompetisi kasta kedua itu.

Sampai Kamis (12/10) siang, sudah enam klub yang lolos ke babak 8 Besar. Yakni, Persebaya Surabaya, Martapura FC, Persis Solo, PSPS Riau, PSIS Semarang dan PSMS Medan. Mereka umumnya ingin menjadi tuan rumah.

BACA JUGA: Ini Pembagian Grup Babak 8 Besar Liga 2 2017


Namun, dari jumlah tersebut baru Green Force — julukan Persebaya — yang sudah mengajukan surat ke operator terkait kesediaan menjadi tuan rumah tersebut.

"Kami melihat animo klub untuk menjadi tuan rumah sangat banyak. Saya pastikan bidding yang kami lakukan bakal lebih ramai," kata Tigorshalom Boboy, Chief Operating Oficer (COO) PT LIB, Kamis (12/10).

"Tapi, sampai saat ini hanya baru Persebaya yang menyampaikann surat kesediaan menjadi tuan rumah kepada kami," Tigorshalom.

Menurut Tigor, dengan melihat fenomena tersebut, mereka akan menggelar open bidding secara fair di Jakarta pada 14 Oktober nanti, untuk menentukan kota mana yang berhak menjadi tuan rumah.

"Karena bagi kami, semua klub yang lolos ke babak 8 besar Liga 2 memiliki hak yang sama untuk bisa menjadi tuan rumah," papar Tigor.

Hanya saja, Tigor menambahkan, klub yang memiliki basis suporter besar serta punya tradisi sepak bola kuat yang difavoritkan untuk menjadi tuan rumah.

Pertimbangan mereka sangat sederhana, perempat final kasta kedua tersebut harus semarak dan mendapat perhatian besar dari suporter sepak bola tanah air.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Liga 2: Rivaldy Permalukan Persebaya, Bawa Kalteng Putra Juara Grup C
Rivaldy Bauwo top skor sementara Liga 2 2017, menjadi penentu kemenangan Kalteng Putra atas tuan rumah Persebaya Surabaya 1-0 dalam pertandingan terakhir Grup C 16 Besar Liga 2 2017 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (12/10).Rivaldy mencetak gol tunggal dengan mengelabui dua bek Persebaya lalu menendang keras menyusur tanah yang jatuh di pojok kanan gawang Tim Bajul Ijo.Hasil ini membuat Kalteng Putra menjadi juara Grup C dengan 11 poin, sementara Persebaya menjadi runner-up dengan 9 poin. Baik Kalteng Putra maupun Persebaya sama-sama lolos ke babak 8 Besar.BACA JUGA: Ini Pembagian Grup Babak 8 Besar Liga 2 2017Meski kalah, Persebaya cukup rileks dengan masuk ke Grup Y pada 8 Besar Liga 2 2017 nanti. Pasalnya, klub asuhan Alfredo Vera ini terhindar dari grup lain yang dihuni tim berkelas seperti Persis Solo dan PSMS Medan.Persebaya akan satu grup dengan PSPS Riau dan PSIS Semarang. Dengan demikian peluang Persebaya ke babak semifinal agak terbuka.Klasemen Akhir Grup C 16 Besar Liga 2 2017
visibility  2419 kali
Persebaya Surabaya Belum Mau Bicarakan Liga 1
Persebaya Surabaya menjadi salah satu klub unggulan dalam mendapat tiket promosi ke Liga 1 pada musim depan.Dalam babak playoff 16 besar Liga 2, Persebaya belum pernah kalah dalam lima laga. Mereka pun berpeluang melaju ke babak 8 besar.Manajer Persebaya, Chairul Basalamah, mengatakan, hingga kini manajemen tim berjulukan Bajul Ijo itu belum membicarakan masalah mengenai perombakan tim jika mereka dapat tiket promosi."Masih terlalu jauh memikirkan hal itu meski kompetisi Liga 2 2017 sudah mendekati akhir musim. Ingat, kita masih harus berlaga dan meraih banyak kemenangan di babak 8 besar. Setelah itu melangkah ke semifinal dan final. Kami ingin berpikir setahap demi setahap sebelum membahas langkah apa yang kami lakukan pada skuat yang ada saat ini, serta bagaimana tim ini jika promosi," terang Basalamah, seperti dilansir dari Bola.com[suggestedarticle]Persaingan di Liga 1 dibilang akan sulit pada musim depan, Persebaya pun butuh pemain bintang untuk mendongkrak kemampuan tim.Namun manajemen klub belum bisa menyebutkan berapa banyak pemain yang akan dipertahankan dan dilepas.Hal ini dilakukan untuk menjaga fokus dan juga situasi di tubuh tim dalam menatap laga tersisa."Benar, alasan itu pula yang mendasari manajemen Persebaya untuk tidak menghembuskan kabar soal perombakan," tutur Basalamah.
visibility  762 kali
PT LIB Siapkan 3 Stadion untuk Laga Final Liga 1 U-19
PT Liga Indonesia sodorkan tiga stadion sebagai calon tempat final Liga 1 U-19. Laga puncak kompetisi usia muda itu bakal berlangsung 1 November mendatang.Ketiga stadion tersebut adalah Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Patriot (Bekasi), dan Stadion Wibawa Mukti (Cikarang). Tiga stadion tersebut terpilih karena letaknya yang dekat dengan Jakarta.“Sejauh ini ada tiga stadion yang jadi nominasi laga final Liga 1 U-19. Tempat final kami putuskan dengan melihat bebergabai macam hal,” jelas COO PT LIB, Tigor Shalomboboy, Rabu (11/10/2017).[suggestedarticle]Tigor juga menjelaskan bahwa ketiga stadion tersebut juga dipakai untuk menggelar pertandingan semifinal."Pertandingan semifinal dan final akan digelar di venue yang sama dan akan digelar satu match saja," lanjutnya.[suggestedarticle]Liga 1 U-19 kini sudah memasukan babak 8 besar. Babak ini akan digelar pada 18-24 Oktober mendatang di Bandung dan Bali.Laga Grup A akan dimainkan di Bali, dan diisi oleh tuan rumah Bali United, Borneo FC, Bhayangkara FC, dan Persela Lamongan.Sedangkan di Grup B diselenggarakan di Bandung, dan diisi oleh tuan rumah Persib, Persipura Jayapyra, Perseru Serui, dan Barito Putera.
visibility  619 kali
Ini Komentar PT LIB Terkait Ricuhnya Laga PSBK vs Persewangi
PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya berikan komentar terkait kericuhan laga play off khusus Liga 2 antara PSBK Blitar kontra Persewangi Banyuwangi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (10/10/2017).Sebelumnya Persewangi dipastikan lolos, namun karena memiliki poin yang sama, akhirnya digelar laga play off khusus. Persewangi yang kecewa dengan keputusan adanya play off ulang bermain keras pada laga tersebut. Permainan keras memicu terjadinya kericuhan di lapangan.[suggestedarticle]Menanggapi hal itu, COO PT LIB Tigor Shalomboboy mengatakan bahwa operator telah mengirim laporan kepada Komisi Disiplin PSSI."Sudah kami laporkan kepada PSSI. Kami juga sudah dapat informasi sudah ada keputusannya. Persewangi kalah 0-3 dan denda Rp100 juta," ujar Tigor di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Rabu (11/10/2017).PSBK pun dinyatakan lolos ke play off Liga 2. Namun, masih ada catatan terkait laga kontra Persewangi yang bakal dihadapi PSBK.[suggestedarticle]"PSBK yang lolos tapi ada dua kasus yang kami laporkan ke Komdis. Ada perkelahian terjadi dan itu berpotensi ada pemain PSBK yang dihukum Komdis," lanjut Tigor.Selain itu, Tigor juga menjelaskan semua keputusan terkait dengan pertandingan, mutlak menjadi keputusan PSSI selaku federasi. PT LIB hanya bertugas menjalani regulasi yang ada."Masalah kewenangan murni ada di federasi, karena di setiap negara berbeda keputusan dan kebijakannya. Kami harus hormati karena itu keputusan PSSI, kami posisi PT LIB menjalankan ini semua," tandasnya.
visibility  3354 kali
Ini Pembagian Grup Babak 8 Besar Liga 2 2017
Dari babak 16 Besar Liga 2 2017 yang terbagi dalam empat grup di mana masing-masing grup terdiri dari empat tim, sampai Kamis (12/10) siang, baru enam klub yang lolos ke babak 8 Besar Liga 2 2017.Enam klub tersebut adalah Persis Solo sebagai juara Grup A, PSPS Riau runner-up Grup A, PSIS Semarang sebagai juara Grup B dan PSMS Medan runner-up Grup B. Lalu, Persebaya Surabaya dari Grup C dan Martapura FC dari Grup D.Masih tersisa dua tempat lagi, yakni dari Grup C serta Grup D. Dari Grup C Persebaya Surabaya sudah pasti lolos namun masih mencari posisi juara grup atau runner-up. Tim pendampingnya bisa Kalteng Putra atau Persigo Semeru FC. Sementara Grup D Martapura sudah mengambil satu tiket ke 9 Besar namun dengan posisi yang belum menentu, bisa juara grup atau runner-up. Klub pendamping Martapura FC bisa PS Mojokerto Putra atau Madura FC.Berikut formasi dua grup 8 Besar Liga 2 2017 yang menggunakan sistem turnamen:GRUP X:Peringkat 1 Grup A (Persis Solo)Peringkat 2 Grup B (PSMS Medan)Peringkat 1 Grup C (Kalteng Putra)Peringkat 2 Grup DGRUP Y:Peringkat 1 Grup B (PSIS Semarang)Peringkat 2 Grup A (PSPS Riau)Peringkat 1 Grup D (Persebaya Surabaya)Peringkat 2 Grup CDalam peraturan pertandingan dalam setiap grup dimainkan dengan sistem setengah  kompetisi (half round robin), di mana setiap  Klub  akan  memainkan  1 pertandingan  melawan setiap Klub lainnya di grup masing - masing dengan format home tournament.Apabila terdapat 2 klub atau lebih memiliki  jumlah nilai sama, maka penentuan peringkat ditentukan sebagai berikut: A.pertemuan kedua Klub (head-to-head);B.selisih gol;C.jumlah gol memasukkan;D.undianPeringkat 1 dan peringkat 2 pada klasemen  akhir babak 8 Besar dari masing-masing grup berhak lolos ke babak semifinal.
visibility  19095 kali
Ampun! Video Suasana Kericuhan Pasca Persita vs PSMS Medan dalam 16 Besar Liga 2
Miris melihat banyaknya kericuhan yang terjadi pada ajang Liga 2 2017. Rabu (11/10) sore di Stadion Mini Cibinong, Kabupaten Bogor, muncul lagi bentrokan antar suporter usai Persita Tangerang lawan PSMS Medan.Pertandingan tersebut berakhir dengan kemenangan skuat Djadjang Nurdjaman, PSMS Medan 1-0 atas Persita. Hasil ini juga membuat PSMS Medan lolos ke babak 8 Besar Liga 2, sedangkan Persita gagal.Awal kerusuhan terjadi lantaran para fans Persita masuk ke lapangan ingin protes terhadap manajemen Persita yang gagal meraih kemenangan.Situasi memanas lantaran terjadi adu lempar dari arah tribun penonton PSMS Medan yang membuat kericuhan tersebut kian membesar.Akhirnya, aksi saling lempar batu antara kedua suporter Persita dan PSMS pun tidak bisa terhindarkan.BACA JUGA: Djanur Sukses Loloskan PSMS Medan ke Babak 8 Besar Liga 2 2017Untung peristiwa ini bisa cepat diatasi oleh pihak keamanan setempat. Namun, dari kericuhan ini beberapa jatuh korban terkena lemparan batu yang harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.
visibility  2256 kali
'Big Four' Kuasai Rating Siaran Langsung Liga 1
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi mengatakan bahwa rating televisi untuk Liga 1 merupakan urusan dari pihak televisi. Edy juga meminta klub tidak iri soal siaran langsung televisi. Hal tersebut menjadi pembahasan dalam pertemuan PSSI, operator liga, dan klub-klub Liga 1 di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (10/10/2017).Pria yang juga menjabat sebagai pangkostrad itu mengatakan bahwa ada empat klub yang paling tinggi ratingnya. Empat klub tersebut adalah Persib Bandung, Arema FC, Persija Jakarta, dan Bali United.[suggestedarticle]Sayangnya, klub seperti Perseru Serui sama sekali tidak mendapatkan jatah siaran langsung. Terlebih jika Cenderawasih Jingga bermain kandang di Stadion Marora"Soal rating televisi urusan pihak televisi, mereka juga punya hak untuk memilih mana partai yang disiarkan langsung dengan pertimbangan bisnis. Tentu pihak televisi butuh penonton banyak," ujar Edy.[suggestedarticle]Poin dalam pembagian keuntungan dari operator ke klub adalah rating televisi. Hal tersebut yang jadi dasar 15 klub meminta evaluasi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi.Meski demikian, permasalahan 15 klub dengan PT LIB dianggap berakhir setelah Edy Rahmayadi turun tangan. Liga 1 pun dipastikan tetap berjalan hingga akhir musim.
visibility  4252 kali
Hajar Persibat, PSIS Semarang Jawara Grup B, Lolos ke 8 Besar Liga 2
PSIS Semarang memastikan diri jadi jawara Grup B 16 Besar Liga 2 2017, setelah menang telak atas tim tamu Persibat Batang 3-0 di Stadion M. Sarengat, Magelang, Rabu (11/10) sore.Kemenangan ini membawa PSIS lolos ke babak 8 Besar Liga 2 dengan 13 poin di tangan dari 4 kali menang, sekali seri dan sekali kalah.Tim asuhan Subangkit ini, membuka gol kemenangan dari kaki Taufik Hidayat melalui tendangan bebas pada menit ke-36.Gol tambahan lahir pada menit ke-47 melalui Erik Dwi Ermawansyah membuat skuad Asuhan Subangkit unggul 2-0.BACA JUGA: Djanur Sukses Loloskan PSMS Medan ke Babak 8 Besar Liga 2 2017Menit ke-58 gol kembali tercipta untuk PSIS melalui kapten sementara Rio Saputra. Gol tercipta melalui kemelut di depan gawang Persibat setelah PSIS mendapat tendangan sudut. Skor 3-0 bertahan hingga usai pertandingan.Susunan Pemain:PSIS Semarang: Aji Bayu; Rio Saputro, M Tegar Pribadi, Safrudin Tahar, Taufik Hidayat; Ahmad Agung, Ruud Gulid; Melkior Majefat, solihul Islam, Rival Lastori, Erik Dwi Ermawansyah. Pelatih: SubangkitPersibat Batang: Janurwanda Madyantara; Arif Budiyono, Regi Aditya, Riki Istanto, Rosad Setiawan; Hapidin, Honi Makrufan, Ishak Mesak Djober, Muh Solikin, Rizki Wijaya; Samuel Sefle. Pelatih: Daniel Roekito
visibility  2044 kali
Andik Vermansah Bicara Peluang Kembali ke Persebaya
Masa depan Andik Vermansah saat ini masih menjadi teka-teki. Andik menyebut masih butuh waktu untuk membuat keputusan.Andik menyebut ada tawaran yang masuk dari Malaysia dan Indonesia. Andik mengungkapkan bahwa ia butuh paling tidak dua pekan untuk berpikir.[suggestedarticle]“Saya masih bingung karena ada tawaran dari Indonesia dan Malaysia,” ucap Andik kepada Stadium Astro.“Saya butuh dua minggu lagi untuk berpikir,” lanjut pemain yang pernah trial bersama Ventforet Kofu ini.Andik juga berbicara tentang Persebaya Surabaya. Rumor memang menyebut Bajul Ijo tertarik untuk membawa pulang Andik. Andik tidak menutup kemungkinan kembali ke Persebaya terlebih saat ini performa tim sedang baik.“Fans di Indonesia melalui media sosial selalu meminta saya untuk kembali ke sana. Lagipula performa Persebaya semakin membaik," jelas Andik.
visibility  1348 kali
Djanur Sukses Loloskan PSMS Medan ke Babak 8 Besar Liga 2 2017
Hanya menangani untuk empat pertandingan, pelatih Djadjang Nurdjaman (Djanur) sukses membawa PSMS Medan lolos ke babak 8 Besar Liga 2 2017, setelah menang atas Persita Tangerang 1-0 di Stadion Persikabo, Kabupaten Bogor, Rabu (11/10).Kemenangan ini membuat PSMS Medan berada di peringkat kedua B 16 Besar Liga 2 2017 dengan 10 poin, di bawah PSIS Semarang yang menjadi juara grup dengan 13 poin.Pada pertandingan ini, skuat asuhan mantan pelatih Persib Bandung ini langsung menekan, lewat serangan cepat yang memanfaatkan lebar lapangan. Penyerang PSMS Medan Gusti Sandria dilanggar Egy Melgiansyah di menit 22 dan menghasilkan tendangan bebas. Tapi, tendangan bebas pemain PSMS belum menemui sasaran. Babak pertama tak terjadi gol.BACA JUGA: Persis Solo Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah 8 Besar Liga 2Pada babak kedua, PSMS meningkatkan agresivitas serangan. Skuat berjuluk Ayam Kinantan akhirnya memecah kebuntuan di menit 52. Gusti Sandria membobol gawang Persita lewat tendangan bebas dari luar kotak 16. Skor 1-0 untuk keunggulan PSMS. Memasuki menit 80 jalannya laga, Persita berusaha mengejar ketertinggalan, namun aksi skuat berjuluk Pendekar Cisadane itu gagal menghasilkan gol.Skor 1-0 untuk PSMS bertahan sampai akhir pertandingan yang membuat PSMS akan berjuang dalam babak 8 Besar Liga 2 2017 untuk lolos ke Liga 1 musim depan.Susunan Pemain:Persita Tangerang: Yogi Triyana (GK), Gusti Ristiawan, Rio Ramandika, Ledi Utomo, Diksi Hendika, Dika Jauhari, Egi Melgiansyah, Heru Styawan, Iqbal Alfadillah (Aldi Al Achya 24'), Henry Rivaldi, Teja Ridwan.PSMS Medan: Abdul Rohim (GK), Fredyan Wahyu, Roni Fatahillah, Wanda Syahputra, Gusti Sandria, Alwi Slamat (Choiril Hidayat 92’), Legimin Raharjo, Eliazer Maran (Willyando 78'), Suhandi, Frets Listanto, Made Wirahadi (Derry Herlangga 90').
visibility  13116 kali
1507719530674 tag