(Foto: bolalob)

Taklukan Maluku, Tim Futsal Papua Barat Lolos ke Semifinal

Tim futsal Papua Barat kembali mengulangi kegemilangannya dengan mengalahkan Maluku di perempat final Futsal POMNAS 2017 pada Minggu (15/10) di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Di babak pertama laga sempat diwarnai balas-balasan gol. Gol Klemens Ergor di menit pertama langsung dibalas satu menit kemudian lewat Patrik Rakhbauw. Namun tak lama berselang Papua Barat kembali unggul lewat gol pemain Black Steel Manokwari, Yerry Mambraku.

Papua Barat mencoba mendominasi dan menguasai permainan. Maluku juga tak mau kalah dengan menciptakan beberapa peluang. Yerry Mambraku berhasil mencetak gol keduanya di menit 13.



Semenit berselang Maluku berhasil memperkecil ketinggalan lewat gol kedua Patrik Rakhbauw. Bahkan mereka mampu menutup laga babak pertama lewat gol Elia Fordatskosu di menit 17.

Di babak kedua, Papua Barat mencoba mencuri keunggulan lagi. Klemens Ergor berhasil membuat Papua Barat kembali unggul lewat golnya di menit 25. Maluku coba bangkit dan mengejar ketinggalan.

Namun hingga babak kedua berhasil tak ada lagi gol tercipta. Skor akhir 4-3 membuat Papua Barat lolos ke babak semifinal. Laga semifinal akan digelar di hari yang sama pada pukul 18.00 WIB dan 19.30 WIB.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Pemkab Manokwari Rencanakan Bangun GOR Futsal Berstandar Internasional
Pemerintah Kabupaten Manokwari mulai memberi perhatian terhadap dua tim asal daerah tersebut yaitu Permata Indah dan Black Steel Manokwari yang berlaga di Pro Futsal League 2018.Selain dukungan Moril, Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, berencana menyiapkan GOR Futsal berstandar Internasional untuk kedua tim di daerah asalnya."Kedua tim sudah eksis dan membawa nama Manokwri. Di daerah kami juga harus menyiapkan sarana dan prasarana," kata Demas saat menonton aksi kedua tim perwakilan Manokwari tersebut, Sabtu (10/3).[suggestedarticle=3]Baik Permata Indah maupun Black Steel pernah mengajukan agar Pro Futsal League digelar di Manokwari. Namun katerbatasan fasilitias dan Arena yang ada tidak memenuhi persyaratan, pengajuan ini pupus begitu saja."Kami ada GOR, tapi kurang karena kecil, jadi belum layak digunakan. Tapi ke depan mungkin tahun-tahun berikutnya, kami akan cari lokasi untuk membangun karena animo futsal sudah besar, sarana yang belum memadai," ungkapnya."Kedepanna kami ingin sarana dan prasarana untuk futsal. Bukan renovasi, mungkin akan mencari tempat untuk bangun yang baru," pungkasnya.Demas juga berharap dua tim Manokwari makin eksis dan bisa membawa pulang gelar juara liga ke tanah Cenderawasih.
  603 kali
Bupati Manokwari Dukung 2 Timnya Tembus Final Four PFL 2018
Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, berkesempatan untuk menonton laga Pro Futsal League 2018 grup B pekan keempat pada Sabtu (10/3) lalu di GOR 17 Desember, Mataram, Nusa Tenggara Barat.Menonton langsung dua tim yang berasal dari daerah pimpinannya bertanding, Demas memuji skuat Permata Indah dan Black Steel Manokwari yang saat ini masih berada di dua teratas klasemen grup B."Mereka main bagus dan kami berterima kasih kepada mereka bisa meraih hasil maksimal di putaran pertama. Mudah-mudahan bisa lolos sesuai dengan harapan dan cita-cita kami. Kami berikan apresiasi terhadap seluruh elemen dalam tim yang bisa bekerjasama sehingga bisa meraih hasil yang positif," kata Demas kepada wartawan.[suggestedarticle=3]Meski begitu, Demas mengingatkan agar kedua tim tidak terlena dengan pencapaiannya yang sekarang karena masih ada enam laga lagi yang harus dimenangkan."Mereka harus berlatih terus dan jangan puas dulu karena masih banyak pertandingan yang akan berlangsung. Intinya terus berlatih dan jaga kondisi terus. Saya harapkan tim ini bisa maju dan terus eksis di kancah nasional dan bisa berlaga di ajang Internasional," tandasnya.Jika kedua tim asal Manokwari ini masuk final four, Demas berjanji akan kembali menonton mereka berlaga.
  688 kali
Menanti Bintang Baru Futsal Papua dan Papua Barat di Pro Futsal League 2018
Futsal Papua dan Papua Barat menunjukkan potensi mereka dalam dua musim terakhir di Pro Futsal League (PFL).Pada 2016, Black Steel Manokwari berhasil menjadi juara dan di 2017 kemarin Permata Indah Manokwari keluar sebagai runner-up. Talenta-talenta futsal Papua dan Papua Barat pun bermunculan dan sudah di kenal pecinta futsal Indonesia.Jika tahun-tahun sebelumnya hanya mengenal Jaelani Ladjanibi yang membela IPC Pelindo II Jakarta. Pecinta futsal kini mengidolai Ardiansyah Runtuboy, wonderkid futsal Indonesia asal Papua. Sementara di Papua Barat ada nama Jhon Gotlief yang juga pernah membela tim Persiram Raja Ampat.[suggestedarticle=3]Jai sendiri beberapa waktu silam mengutarakan pandangannya yang sangat menyambut gembira dengan perkembangan tersebut. Ia pun berharap akan semakin banyak putra Papua dan Papua Barat yang muncul ke tingkat nasional."Hal ini tentu bagus untuk perkembangan futsal di tanah Papua sendiri," ungkap Jai sapaan akrab Jailani kepada Bolalob beberapa waktu silam."Level kompetisi di Papua yang masih jarang membuat mereka baru sekarang memungkinkan muncul ke nasional," lanjutnya."Padahal dari segi kemampuan mereka mendukung dan banyak talenta futsal muda yang lahir. Jadi, memang butuh banyak kesempatan tampil ke pentas nasional,"pungkasnya.Patut dinantikan siapakah talenta Papua dan Papua Barat yang akan muncul di PFL 2018 ini.   H-6 jelang Pro Futsal League 2018 #ThrowbackPFL Dua dari sekian banyak talenta terbaik futsal Papua. Siapa selanjutnya yang akan bersinar di tahun ini? #PFL2018 A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Jan 14, 2018 at 6:29am PST
  1076 kali
Resmi: Bintang Timur Surabaya Dapatkan Pemain Papua Barat
Setelah tidak memperpanjang kontrak tiga pemainnya, yaitu Bayu Aditya, Panji, dan Fiqih Alwi. Tim Pro Futsal League (PFL) asal Jawa Timur ini langsung berburu pemain.Bintang Timur Surabaya (BTS) secara mengejutkan berhasil mendatangkan pemain asal Papua Barat yang musim lalu membela Black Steel Manokwari, Jhon Gotlief[suggestedarticle]Jhon yang terkenal dengan kekuatan fisiknya ini resmi diikat kontrak oleh BTS selama satu musim. Jhons sendiri menyusul mantan rekan setimnya, Yerry Mambraku yang telah terlebih dahulu dikontrak BTS.Patut dinantikan bagaimana kiprah pemain ini bersama BTS.
  1215 kali
Inilah Rahasia Futsal Sulawesi Selatan yang Tak Pernah Kekurangan Pemain Berbakat
Tuan rumah Sulawesi Selatan berhasil tampil impresif di partai final futsal Pomnas 2017 saat menghadapi Jawa Barat pada Senin siang (16/10) di GOR Sudiang, Makassar, Sulsel.Sulsel berhasil mengalahkan Jabar dengan skor 2-0, dan membawa Sulsel meraih medali emas futsal Pomnas 2017. Kiprah para pemain Sulsel ini melanjuti kiprah mereka yang sebelumnya lolos ke final FFI Futsal Championship 2017 yang saat itu kalah dari Jabar.Kesuksesan Sulsel ini tidaklah dicapai dengan mudah. Perjalanan panjang dengan proses pembinaan yang berkelanjutan membuat Sulsel seakan-akan tidak pernah kekurangan pemain. Azhar Rahman selaku tim pelatih Pomnas Sulsel pun memberitahu rahasia pembinaan futsal Sulsel. [suggestedarticle]"Berkat pengurus AFP Sulsel yang sering membuat kursus pelatih futsal sehingga pemain-pemain yang mempunyai bakat yang bagus langsung dibina olah pelatih klubnya masing-masing yang sudah mempunyai lisensi pelatih. Semoga ada tim dari Sulsel lagi yang tembus liga pro," ungkapnya kepada Bolalob."Disini turnamen futsal dari SD, SMP, SMA banyak. Jadi, rata-rata pemain sudah kenal futsal dari SD. Jadi, makin banyak talenta-talenta yang lahir," lanjutnya."Para pemain ini kemudian dipantau langsung untuk masuk klub futsal Makassar biar nantinya akan berkembang mainnya," pungkasnya.   Dalam 2 ajang nasional terakhir, FFI Futsal Championship dan POMNAS 2017, Sulsel dan Jabar kembali bertemu di Final. Bandung dan Makassar, Ibukota masing-masing provinsi memang menjadi salah satu kota yang menyumbangkan pemain terbanyak di Liga Pro Futsal Indonesia. Regenerasi sepertinya berjalan lancar di dua kota ini. 👏 #FutsalIndonesia A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Oct 16, 2017 at 5:12am PDT
  1163 kali
Semangat Siri na' Pacce Bawa Tim Futsal Sulawesi Selatan Juara Pomnas 2017
Tuan rumah Sulawesi Selatan berhasil tampil impresif di partai final futsal POMNAS 2017 saat menghadapi Jawa Barat pada Senin siang (16/10) di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.Sulsel berhasil mengalahkan Jabar dengan skor 2-0, dan membawa Sulsel meraih medali emas futsal POMNAS 2017. Azhar Rahman selaku tim pelatih Tim Pomnas Sulsel pun sangat bangga dengan para pemainnya, terlebih gelar juara tersebut mereka persembahkan untuk ulang tahun Sulsel. [suggestedarticle]"Alhamdulillah, kami juara di kandang sendiri, dan sesuai dengan target dari awal. Saya juga apresiasi kerja keras pemain yang membawa lambang Sulawesi Selatan di dada bermain dengan semangat juang tinggi. Juara ini kami persembahkan buat hari jadi Sulawesi Selatan yang ke-348 tahun," ungkapnya kepada Bolalob."Kita bangun kekompakan di luar lapangan dan dalam lapangan yang bagus. Terus beri motivasi ke pemain filsafah orang Bugis Makassar "siri na' pacce" artinya siri malu/harga diri, pacce/pedis. Jadi, harga diri kalah di kandang sendiri," pungkasnya.   Selamat Sulawesi Selatan menjadi Juara Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional 2017! Tuan rumah berkelas! #POMNAS2017 A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Oct 16, 2017 at 5:02am PDT
  643 kali
Hasil Lengkap Futsal POMNAS 2017
Laga Futsal POMNAS 2017 telah berakhir pada Senin (16/10) di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan. Tuan rumah Sulawesi Selatan berhasil meraih medali emas setelah di partai final mengalahkan tim unggulan lainnya Sumatera utara. Selain itu Papua Barat meraih medali hiburan yaitu perunggu setelah menaklukan Jawa Tengah.Berikut hasil lengkap Futsal POMNAS 2017:Fase GrupRabu, 11 OktoberJABAR 3-1 NTTMALUKU 3-1 ACEHSUMBAR 1-1 MALUKU UTARASULTRA 5-0 BALISULTENG 4-3 GORONTALOLAMPUNG 0-3 SULSELKEP. RIAU 0-10 SUMUTSULUT 2-4 BANTENKALTIM 4-4 KALBARPAPUA BARAT 4-1 SUMSELDKI JAKARTA 4-3 PAPUAJATENG 6-2 JATIM[suggestedarticle]Kamis, 12 OktoberSUMUT 3-1 JABARBANTEN 1-4 MALUKUMALUKU UTARA 4-2 KALTIMBALI 2-4 PAPUA BARATNTT 3-1 KEP. RIAUACEH 8-2 SULUTPAPUA 7-1 SULTENGSULSEL 3-2 JATENGKALBAR 1-4 SUMBARSuMSEL 1-2 SULTRAGORONTALO 1-8 DKI JAKARTAJATIM 7-3 LAMPUNGJumat, 13 OktoberSUMUT 1-5 NTTBANTEN 2-2 ACEHKALBAR 1-2 MALUKU UTARASUMSEL 7-6 BALIPAPUA 4-1 GORONTALOJABAR 15-4 KEPRIMALUKU 9-1 SULUTSUMBAR 3-3 KALTIMSULTRA 1-2 PAPUA BARATSULTENG 3-11 DKI JAKARTAJATENG 2-2 LAMPUNGSULSEL 3-0 JATIM16 Besar (Sabtu, 14 Oktober)JABAR 4-3 ACEHMALUKU UTARA 2-5 SULTRADKI JAKARTA 5-3 NTTMALUKU 5-4 SUMUTPAPUA BARAT 6-0 SUMBARJATENG 2-0 BANTENPAPUA 1-0 JATIMSULSEL 7-0 SUMSELMinggu, 15 OktoberPerempat FinalJABAR 4-3 SULTRADKI JAKARTA 3-4 JATENGPAPUA BARAT 4-3 MALUKUPAPUA 1-2 SULSELSemi finalJawa Barat 5-4 Papua BaratJawa Tengah 1-2 Sulawesi SelatanSenin, 16 OktoberPerebutan Medali PerungguPapua Barat 8-7 (Pen 3-2) Jawa TengahFinal (Medali Emas)Jawa Barat 0-2 Sulawesi SelatanMedali Emas - Sulawesi SelatanMedali Perak - Jawa BaratMedali Perunggu - Papua Barat
  2292 kali
Balaskan Dendam, Sulsel Kalahkan Jabar Untuk Raih Medali Emas Futsal POMNAS 2017
Tuan rumah Sulawesi Selatan berhasil tampil impresif di partai final futsal POMNAS 2017 saat menghadapi Jawa Barat pada Senin siang (16/10) di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.Di babak pertama, laga berlangsung cukup sengit, Sulsel ingin membalas kekalahan mereka di ajang FFI Futsal Championship 2017 September lalu di GOR ITB Jatinangor Sumedang. Kebetulan skuat kedua tim tak jauh berbeda.Sulsel punya beberapa peluang emas, namun gagal menjadi gol. Begitu pula Jabar sebagai tim tamu belum bisa memaksimalkan peluang. Akhirnya babak pertama berakhir imbang tanpa gol.Di babak kedua, Sulsel tampil beda dan lebih menaikan temponya. Alhasil Fredik Dale membuka gol untuk skuat Sulsel di menit 22. Jabar mencoba bangkit dan mencari celah menyamakan kedudukan. Sulsel lebih berhati-hati menyerang agar tidak kecolongan.[suggestedarticle]Asyik menyerang membuat Jabar justru kecolongan. Di menit 35 Ardiansyah Nur berhasil menggandakan keunggulan buat SUlsel. Jabar terus menggempur dan menaikan intensitas serangan. Namun pertahanan Solid Sulsel gagal ditembus.Skor 2-0 bertahan hingga laga usai dan membawa Sulsel meraih medali emas futsal POMNAS 2017.Kemenangan ini juga berhasil membalaskan dendam Sulsel atas Jabar. Tepat sebulan lalu di GOR ITB Jatinangor mereka dikalahkan Jabar di partai final FFI Futsal Championship 2017.
  1787 kali
Lewat Drama Adu Penalti, Papua Barat Singkirkan Jateng Untuk Rebut Perunggu Futsal POMNAS 2017
Tim futsal Papua Barat meraih kemenangan di laga terakhirnya di futsal POMNAS 2017 dalam perebutan peringkat perunggu pada Senin (16/10) di GOR Sudiang, Makassar.Namun kemenangan ini tak didapat dengan mudah. Jawa Tengah merupakan tim kejutan yang mampu menumbangkan DKI Jakarta di partai perempat final. Benar saja, di babak pertama Papua Barat cukup kesulitan menghadapi Jateng.Tetapi akhirnya mereka mampu unggul lebih dulu lewat gol Manus Imbiri di menit kesembilan. Tiga menit kemudian Yerry Mambraku menambah gol untuk Papua Barat. Jateng mencoba bangkit dan memperkecil ketinggalan. Namun belum ada gol tercipta hingga babak pertama usai.[suggestedarticle]Di babak kedua, Papua Barat tampil lebih dulu dan mencetak gol ketiganya lawan Jhon Gotlief. Jateng berhasil bangkit dan memperkecil ketinggalan lewat gol Bagus Prasodjo. Saling balas gol terjadi, gol Fernando Waprak di menit 25 dibalas Muhammad Zakariyya di menit 27. Beberapa detik kemudian Yerry Mambraku mencetak gol keduanya untuk memperlebar jarak.Tiga menit kemudian gol Danang Kurniadi membuat selisih ketinggalan atas Papua Barat hanya dua bola.Lewat skema serangan yang apik, Jateng secara gemilang berhasil menambah dua gol di menit akhir lewat Bagus Prasodjo (38') dan Danang Kurniadi (39'). Laga ini berlanjut ke adu penalti.Di babak adu penalti Papua Barat lebih beruntung. Tiga penendang penalti mereka berhasil mengeksekusi bola dengan baik, sedangkan Jateng hanya berhasil menceploskan dua bola. Skor total 8-7 menutup laga dan membawa Papua Barat meraih medali perunggu.
  917 kali
Inilah Jadwal Partai Final Futsal POMNAS 2017
Futsal POMNAS 2017 memasuki partai puncak yang digelar pada Senin (16/10) pagi di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.Skuat futsal Jawa Barat bakal menghadapi tuan rumah Sulsel di partai perebutan medali emas futsal. Lebih dulu akan dipertandingkan laga perebutan medali perunggu antara Papua Barat kontra Jawa Tengah.Berikut jadwal partai final:[suggestedarticle]Perebutan Medali Perunggu07.30 WIB Papua Barat vs Jawa TengahFinal (Medali Emas)09.00 WIB Jawa Barat vs Sulawesi Selatan
  1289 kali
1508111560337 tag