Ini Dia Lima Kejanggalan Liga 1 2017


  •    Murfi Aji
  •    09/11/17 - 12:00
  •    21378

(Istimewa)

Perjalanan Liga 1 2017 hampir sampai pada akhir dan sejak awal hingga akhir tidak lepas dari sejumlah kontroversi. Bolalob merangkum setidaknya ada lima kejanggalan sepanjang gelaran Liga 1 2017.

Liga 1 2017 kembali digulirkan setelah liga nasional sempat vakum karena Indonesia sempat mendapat hukuman dari FIFA. Perguliran Liga 1 begitu dinantikan para pecinta sepak bola tanah air namun sejumlah kontroversi terjadi di kasta tertinggi sepak bola nasional ini.




Salah satu yang paling aneh adalah saat PT LIB tidak melanjutkan peraturan pemain muda yang sempat dicanangkan di awal musim. Peraturan tersebut awalnya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemain muda di Liga dan mempermudah tim nasional mencari pemain.

Pada akhirnya peraturan tersebut kandas di tengah jalan. Berikut ini kejanggalan Liga 1 yang dirangkum Bolalob:

KITAS Pemain Asing Bermasalah



Di awal musim masalah muncul setelah sejumlah pemain asing sudah dimainkan sebelum mereka memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS). Setidaknya sempat ada 11 klub Liga 1 yang belum mengurus KITAS di awal kompetisi Liga 1 bergulir.

Regulasi Pemain Muda Berhenti di Tengah Liga



Pada awal kompetisi PT Liga Indonesia mewajibkan setiap klub memainkan tiga pemain U-23 di susunan pemain. Hal tersebut dilakukan untuk mencari bibit-bibit muda. Setelah sempat ditangguhkan seiring berjalannya SEA Games 2017, PT LIB akhirnya menghapus regulasi tersebut pada akhir Agustus 2017.

Persib Mendapat Hukuman Karena Aksi Bela Rohingya



Persib sempat terkena denda sebesar Rp 50 juta setelah Bobotoh melakukan aksi kemanusiaan untuk memberikan dukungan kepada warga Rohingya. Niat simpati kemanusiaan tersebut justru menjadi bomerang setelah PSSI menilai hal itu sebagai aksi politik.

Bobotoh yang kesal dengan keputusan tersebut berinisiatif mengumpulkan koin untuk membayar denda ke PSSI. Sayangnya koin tersebut tidak sampai ke PSSI, karena pihak Persib sudah terlanjut membayar denda tersebut.

Mitra Kukar Dianggap WO Karena Mainkan Mohammed Sissoko



Jelang kompetisi usai kembali muncul peristiwa aneh setelah Mitra Kukar dianggap kalah WO 0-3 dari Bhayangkara FC. Hal itu dikarenakan Mitra Kukar memainkan Mohammed Sissoko saat jumpa dengan Bhayangkara FC. Pada laga tersebut, kedua tim berbagi angka usai imbang 1-1.

Anehnya, pihak Mitra Kukar mengaku tidak mendapat pemberitahuan dari PSSI terkait penambahan hukuman Sissoko. Pihak Mitra Kukar mengetahui Sissoko hanya dihukum satu pertandingan dan legal saat laga melawan Bhayangkara FC.

Keputusan tersebut sangat menguntungkan Bhayangkara FC yang tengah berjuang ketat di tangga juara. Tambahan dua poin tersebut membuat Bhayangkara FC semakin dekat ke tangga juara.

Persib WO Lawan Persija



Laga Persija melawan Persib harus dihentikan pada menit ke-83 setelah kubu Maung Bandung dianggap menolak melanjutkan pertandingan. Hal tersebut bisa berujung hukuman degradasi untuk Persib.

Meski belum diputuskan apa hukuman yang akan diberikan kepada Persib, Komdis dan PT LIB tampak saling menunjuk terkait siapa yang harusnya memberikan sanksi untuk Persib.
Terakhir diubah:  09/11/17 - 12:11







Berita Terkait


1537170001658

End of content

No more pages to load