(Foto: Istimewa)

Ini Dia Lima Kejanggalan Liga 1 2017

Perjalanan Liga 1 2017 hampir sampai pada akhir dan sejak awal hingga akhir tidak lepas dari sejumlah kontroversi. Bolalob merangkum setidaknya ada lima kejanggalan sepanjang gelaran Liga 1 2017.

Liga 1 2017 kembali digulirkan setelah liga nasional sempat vakum karena Indonesia sempat mendapat hukuman dari FIFA. Perguliran Liga 1 begitu dinantikan para pecinta sepak bola tanah air namun sejumlah kontroversi terjadi di kasta tertinggi sepak bola nasional ini.



Salah satu yang paling aneh adalah saat PT LIB tidak melanjutkan peraturan pemain muda yang sempat dicanangkan di awal musim. Peraturan tersebut awalnya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemain muda di Liga dan mempermudah tim nasional mencari pemain.

Pada akhirnya peraturan tersebut kandas di tengah jalan. Berikut ini kejanggalan Liga 1 yang dirangkum Bolalob:

KITAS Pemain Asing Bermasalah



Di awal musim masalah muncul setelah sejumlah pemain asing sudah dimainkan sebelum mereka memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS). Setidaknya sempat ada 11 klub Liga 1 yang belum mengurus KITAS di awal kompetisi Liga 1 bergulir.

Regulasi Pemain Muda Berhenti di Tengah Liga



Pada awal kompetisi PT Liga Indonesia mewajibkan setiap klub memainkan tiga pemain U-23 di susunan pemain. Hal tersebut dilakukan untuk mencari bibit-bibit muda. Setelah sempat ditangguhkan seiring berjalannya SEA Games 2017, PT LIB akhirnya menghapus regulasi tersebut pada akhir Agustus 2017.

Persib Mendapat Hukuman Karena Aksi Bela Rohingya



Persib sempat terkena denda sebesar Rp 50 juta setelah Bobotoh melakukan aksi kemanusiaan untuk memberikan dukungan kepada warga Rohingya. Niat simpati kemanusiaan tersebut justru menjadi bomerang setelah PSSI menilai hal itu sebagai aksi politik.

Bobotoh yang kesal dengan keputusan tersebut berinisiatif mengumpulkan koin untuk membayar denda ke PSSI. Sayangnya koin tersebut tidak sampai ke PSSI, karena pihak Persib sudah terlanjut membayar denda tersebut.

Mitra Kukar Dianggap WO Karena Mainkan Mohammed Sissoko



Jelang kompetisi usai kembali muncul peristiwa aneh setelah Mitra Kukar dianggap kalah WO 0-3 dari Bhayangkara FC. Hal itu dikarenakan Mitra Kukar memainkan Mohammed Sissoko saat jumpa dengan Bhayangkara FC. Pada laga tersebut, kedua tim berbagi angka usai imbang 1-1.

Anehnya, pihak Mitra Kukar mengaku tidak mendapat pemberitahuan dari PSSI terkait penambahan hukuman Sissoko. Pihak Mitra Kukar mengetahui Sissoko hanya dihukum satu pertandingan dan legal saat laga melawan Bhayangkara FC.

Keputusan tersebut sangat menguntungkan Bhayangkara FC yang tengah berjuang ketat di tangga juara. Tambahan dua poin tersebut membuat Bhayangkara FC semakin dekat ke tangga juara.

Persib WO Lawan Persija



Laga Persija melawan Persib harus dihentikan pada menit ke-83 setelah kubu Maung Bandung dianggap menolak melanjutkan pertandingan. Hal tersebut bisa berujung hukuman degradasi untuk Persib.

Meski belum diputuskan apa hukuman yang akan diberikan kepada Persib, Komdis dan PT LIB tampak saling menunjuk terkait siapa yang harusnya memberikan sanksi untuk Persib.
editTerakhir diubah:  09/11/17 - 12:11

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(2)


Rekomendasi



Berita Terkait


Madura United Datangkan Dua Pemain Asing dengan Bayaran Selangit!
Madura United terus mencari pemain yang tepat untuk mengisi lini depan mereka jelang musim 2018 bergulir.Setelah melepas Marcel Sacramento, Madura United dijadwalkan akan kedatangan pemain asal Guinea yang memiliki paspor Portugal yakni Cicero Casimiro Sanchez Semedo.Cicero rencananya akan datang di Madura pada pekan ini, pemain berusia 31 tahun itu memiliki nilai transfer mencapai Rp 3.1 miliar.[suggestedarticle=3]Madura United akan memberikan pra-kontrak kepada mantan penyerang Dinamo Moscow dan Pacis de Ferreira ini.“Satu striker ini kita memang bukan trial, tapi lebih kepada kita mau bikin semacam agreement bahwa pemain datang dengan posisi kita pra kontrak,” ungkap Manajer Madura United, Haruna Soemitro, di situs resmi klub.“Kalau dia dua pertandingan bagus, dia langsung kontrak itu on. Tetapi, kalau di dua pertandingan itu ternyata di luar ekspektasi kita, kita hanya akan memberikan kompensasi kepada dia,” tegas Haruna.Selain Cicero, Madura United juga akan mendatangkan pemain asing lain akan ikut meramaikan persaingan di timnya. Ia adalah Sasa Kolunija. “Pemain baru yang akan datang ada dua, satu pemain dari Serbia juga, posisi stoper. Tetapi, stoper itu statusnya trail,” pungkas Haruna.Pelatih Madura United, Gomes De Oliviera sebelumnya menegaskan bila timnya membutuhkan striker murni. Sederet pemain seleksi dari asing tidak ada satu pun yang mampu memikat hatinya. Sehingga, pemain asing tersebut didepak dari tim.
Bali United Buka Peluang Rekrut Kembali Marcos Flores?
Bali United memiliki dispensasi khusus dari PSSI dalam merekrut pemain asing musim ini, karena tampil di ajang Piala AFC.Bersama dengan Persija Jakarta, mereka boleh merekrut hingga lima pemain asing yang bisa mereka daftarkan ke PT Liga Indonesia Baru.Saat ini Bali United sudah memiliki empat pemain asing pada diri Nick Van der Velden, Kevin Brands, Demerson dan Ahn Byung-Keon. Namun manajemen berpeluang merekrut pemain asing tambahan.Nama yang muncuk ke permukaan adalah mantan pemain mereka yakni Marcos Flores.[suggestedarticle=3]Pihak klub nampak tak puas dengan performa Kevin Brands di awal musim ini. Dirinya tak bisa membawa perubahan di lini tengah Bali United.Flores dinilai sudah menyatu dengan trio Belanda lainnya di kubu Bali United, Nick Van der Velden, Irfan Bachdim, dan Stefano Lilipaly. Bahkan, Flores pun sangat tak asing dengan Ilija Spasojevic.Namun mantan pemain Persib Bandung ini belum mau berbicara banyak mengenai peluangnya kembali ke Bali.“Kondisi saya baik. Saya sekarang sedang berkunjung ke Rusia,” ujar Marcos Flores, seperti dikutip dari Tribun Bali.“Tidak ingin bicara. Karena di sana masih ada Kevin Brands,” tutup pemain asal Argentina ini.Musim lalu Flores sukses mencetak delapan gol untuk Bali United di kancah Liga 1.
  1511 kali
Persipura Resmi Gaet Marcel Sacramento
Setelah mendapatkan Hilton Moreira, Persipura Jayapura kembali mendapatkan pemain depan anyar jelang kompetisi musim 2018 bergulir.Kali ini striker asal Brasil, Marcel Sacramento resmi datang memperkuat tim Mutiara Hitam.Marcel yang sebelumnya dicoret dari Madura United resmi akan menjadi rekrutan anyar Persipura. Hal ini diketahui dari unggahan di akun Instagram miliknya. Ia berpose didampingi oleh Manajer tim Rudi Maswi."Sekarang saya sudah resmi. Terima kasih Tuhan, kau selalu membuat saya terkejut," kata Marcel."Hari ini saya punya visi dan misi baru di Persipura," kata Marcel menambahkan.[suggestedarticle]Marcel mengatakan ada peran dari penyerang Sriwijaya FC, Alberto Goncalves yang membuatnya bisa gabung ke Persipura.Sebelumnya Beto pernah memperkuat Persipura pada musim 2011-2012 silam."Terima kasih Beto yang selalu memberikan saya masukan kebenaran dan Tuhan tahu kamu orang hebat. Saya percaya orang yang saling membantu akan mendapatkan hasil terbaik," kata Marcel.   Agora é oficial. Obrigado meu deus. Sempre o Senhor me faz surpresas maravilhosas. Eu te agradeço por tudo Senhor. Hoje tenho uma nova missão uma nova casa @persipurapapua1963???????? . Obrigado @betogoncalves9 que sempre foi verdadeiro e Deus sabe o tão grande é você . Sempre ajudando sempre irá colher frutos bons. Pak Rudy thanks ???? @faridajafar Estou muito feliz. Sebuah kiriman dibagikan oleh Marcel Sacramento 9 (@marcel_sacramento_8) pada 18 Peb 2018 jam 6:18 PST
  1036 kali
Mitra Kukar Matangkan Strategi di PGK II
Piala Gubernur Kaltim II akan dimulai pada 23 Februari 2018 mendatang, salah satu tim peserta Mitra Kukar memiliki misi tersendiri di turnamen pra-musim ini.Pelatih Mitra Kukar Rafael Berges memang tak ditargetkan apa-apa di ajang ini, namun ia ingin melihat anak asuhnya mematangkan strategi di PGK kali ini jelang musim 2018 bergulir."Kondisi stamina pemain cukup bagus, karena mereka mau kerja keras. Sekarang kami berfokus mematangkan taktik saja saat latihan," kata Berges.[suggestedarticle=3]Kapten Mitra Kukar, Bayu Pradana, berjanji timnya bakal tampil impresif di PGK II nanti. Meski lawan yang dihadapi tak mudah untuk dikalahkan."Kami akan tetap maksimal, supaya dapat hasil yang juga maksimal. Semua lawan di Grup A saya rasa kekuatan sama," ucap pria 26 tahun itu.Pada PGK II, Mitra Kukar akan berada di Grup A bersama dengan juara bertahan Borneo FC, Arema FC, dan Bali United.
  339 kali
Persib Bandung Masih Kesulitan Datangkan Pemain Baru
Persib Bandung diburu oleh waktu dalam usaha mereka mendatangkan pemain baru, jelang kompetisi musim 2018 bergulir.Saat ini Persib terbilang minim dalam mendapatkan pemain bintang dalam skuat mereka. Tercatat hanya ada nama Bojan Malisic dan Victor Igbonefo yang menjadi rekrutan besar Maung Bandung.Pemain terakhir yang bergabung adalah pemain lokal yakni Muchlis Hadi Ning dan Ghozali Siregar.[suggestedarticle=3]Saat ini pelatih Persib Mario Gomez dan manajemen klub terus berkomunikasi dalam mendapatkan pemain yang sesuai dengan kebutuhan mereka."Yang lain-lain masih komunikasi sama manajemen," ujar pelatih Mario Gomez."Kita lihat masih kurang pemain karena ikut dua kejuaraan, kompetisi sama Piala Indonesia," ucapnya.Sebelumnya Persib gagal mendapatkan dua dari enam pemain bidikannya. Mereka adalah Andik Vermansah yang memilih kembali ke Liga Malaysia bersama Kedah FA, serta Michael Rumere yang bertahan di Kalteng Putra.Pelatih asal Argentina itu tak menekan manajemen untuk segera mendapatkan pemain bidikannya.
  977 kali
26 Klub Ini Ikut Turnamen Danlanud Cup Sabang
Guna mempererat kerjasama antar masyarakat Kota Sabang dalam meningkatkan prestasi sepak bola dan meningkatkan kekompakan, digelar turnamen sepak bola semi open Komandan Landasan Udara (Danlanud) Cup Maimun Saleh Sabang 2018.Turnamen Danlanud Cup 2018 ini digelar di lapangan sepak bola Lanud Maimun Saleh Sabang, 17 Februari-4 Maret 2018. Komandan Landasan Udara (Danlanud) Maimun Saleh, Sabang A.P.U Tarigan, Minggu (18/2/2018), di Sabang menyampaikan, Turnamen Danlanud Cup 2018 ini digelar untuk mempersatukan semua komponen masyarakat terkhusus pencinta olahraga sepak bola."Keseluruhan ada 26 tim sepak bola yang ikut berpartisipasi langsung pada turnamen Danlanud Cup 2018," kata Tarigan.[suggestedarticle=3]"Turnamen ini dilaksanakan dalam rangka guna memelihara semangat kebersamaan dan merajut silaturahmi dalam menjalankan tugas pengabdian bagi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini," tambah Tarigan seperti dikutip antaranews.com."Dalam dunia olahraga kita kembali ke fitrah kita semua dan meninggalkan status, profesi serta mengandalkan kemampuan kita selaku manusia di dunia olahraga," ujar Tarigan.Pada kesematan itu Tarigan berpesan, selama berlangsungnya pertandingan atau turnamen Danlanud Cup 2018, semua peserta diharapkan menjunjung tinggi sportifitas. Untuk dewan wasit hendakanya bersikap netral supaya kegiatan ini dapat berjalan aman, tertib dan lancar sebagaimana yang diharapkan.Sementara untuk juara akan mendapatkan uang pembinaan Rp 10 Juta, peringkat kedua uang pembianaan Rp 7 juta, hadiah urutan ketiga berupa uang pembinaan 5 juta, dan urutan keempat uang pembinaan Rp 2 juta. Top skor juga mendapatkan uang pembinaan sejumlah Rp 1 juta.Berikut ini 26 klub yang ambil bagian:Angkasa FCAngkasa B FCAngkasa JRPemko Sabang FCGempor FCMuda Sebaya FCPersim FCPersemes FCBay Pas FCRajalawi FCRajawali Junior FCBorneo FCBina Norneo FC.Tektok FCBhayangkara FCSamudera FCPSKJ FCCempala FCIboih FCPasiran FCPrima FCAnker FCPSAI FCKodim FCAndescot FCPerdagangan FC.
  305 kali
Arema FC Resmi Lepas Rodrigo Dos Santos, Ini Penyebabnya
Hanya tampil di Divisi 4 (Seri C) Brasil bersama dengan Moto Club pada musim lalu, tak cukup bagi Rodrido dos Santos untuk bermain di Liga 1 Indonesia.Arema pun tak bisa memainkan Rodrigo di kancah Liga 1 musim ini karena terbentur masalah regulasi pemain asing.Hal ini berdasarkan Divisi 4 (Seri C) Brasil, Moto Club pasal 29 ayat 2 tentang ketentuan pemain asing baru di Indonesia yang menyatakan, pemain asing baru di Indonesia harus bermain sebanyak 25 persen di kompetisi resmi. Sementara itu, Rodrigo ternyata sama sekali tidak pernah dimainkan oleh Moto Club walaupun klub lamanya tersebut berada di Serie C Brasil."Kami baru saja menerima surat dari PT LIB yang menyatakan jika Rodrigo tidak lolos verifikasi. Tentu kami juga harus berkoordinasi dengan tim pelatih tentang hal ini. Yang jelas kami akan mendatangkan pemain baru sebagai pengganti dirinya," tegas Sudarmaji, media officer Arema.[suggestedarticle]Arema menilai regulasi pemain yang dikeluarkan oleh PT LIB terlalu lambat, dimana banyak klub sudah mengontrak pemain asing. Apalagi Liga 1 musim 2018 akan digelar pada awal bulan Maret mendatang."Mungkin itu menjadi masukan ke operator. Karena harusnya sebelum pramusim digelar bahwa aspek kualifikasi pemain asing jauh-jauh hari harus disosialisasikan. Jika perlu nama pemain asing yang akan didatangkan wajib terlebih dahulu mengantongi surat lolos. Mungkin ini perlu juga tidak hanya untuk klub tapi juga agen pemain," urainya.Di sisi lain, Sudarmaji juga menceritakan aspek regulasi musim ini yang banyak mengalami perubahan dan penambahan. Dirinya menyambut baik dan Arema siap melaksanakannya."Salah satu contoh penambahannya adalah klub wajib menyediakan ambulance saat sesi latihan resmi. Jika tidak maka akan didenda Rp20 juta. Berkaitan dengan hal baru yang jumlahnya banyak ini, maka kami perlu mengundang awak media untuk melakukan sosialisasi," pungkasnya.
  2842 kali
Siapa Berminat dengan Marcel Sacramento?
Bomber asal Brasil, Marcel Sacramento baru saja didepak oleh Madura United pada persiapan kompetisi musim 2018.Marcel sempat tampil di beberapa laga ujicoba bersama MU, termasuk di ajang Piala Presiden beberapa waktu lalu.Penilaian dari pelatih dan manajemen membuat Marcelo diputus kontrak, yang semula berdurasi satu tahun. Ia pun ingin segera mencari klub baru dalam waktu dekat.“Saya sebenarnya sudah menandangtangani kontrak satu tahun. Tapi, klub mengatakan tidak menginginkan saya lagi. Saya tidak tahu kenapa. Mungkin karena saya sempat gagal penalti,” kata Marcel, seperti dikutip dari Bola.com.[suggestedarticle]“Sekarang saya menunggu ada tawaran dari klub Indonesia. Selain itu, saya melihat bursa transfer di Thailand dan Malaysia Sudah tutup. Semoga saya bisa cepat punya klub baru,” imbuh pemain berusia 30 tahun itu.Sebelum Marcelo, Madura United juga sudah mencoret striker asing lainnya yakni Patrick NKoyi.Jebolan FC Eindhoven itu sudah tidak bergabung dengan tim besutan Gomes de Oliviera selepas fase grup Piala Presiden 2018.Musim lalu Marcel tampil untuk Semen Padang, terdegradasinya Kabau Sirah membuat ia memutuskan untuk hengkang di akhir musim.
  7997 kali
Pelatih Bhayangkara FC Dibajak Timnas dari Afrika?
Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy dikabarkan akan segera menjadi pelatih tim nasional Zimbabwe. Simon bahkan kini dikabarkan sudah melakukan negosiasi dengan pihak federasi sepak bola Zimbabwe.Simon kini sedang tidak bersama dengan Bhayangkara FC dan dikabarkan sedang pulang ke negaranya dan baru akan kembali pada 18 Februari. Namun salah satu media Zimbabwe, Newsday melaporkan Simon kini tengah melakukan negosiasi dengan Federasi Sepak Bola Zimbabwe (ZIFA).“Mereka telah beberapa kali bertemu dengan presiden ZIFA, Philip Chiyangwa, sekjen Joseph Mamutse, dan direktur teknik Wilson Mutekede di tempat berbeda sejak pekan lalu,” ujar sumber dari ZIFA yang tidak ingin disebutkan identitasnya.[suggestedarticle=3]“Manajer Simon sudah terbang ke Zambia kemarin (Senin), dan direncanakan tiba di Harare hari ini (Selasa). Kedua belah pihak menginginkan pertemuan ini dirahasiakan.”[pagebreak]Sedikit Ganjalan[/pagebreak]Kedua pihak dikabarkan hanya terganjal beberapa masalah kecil, namun hal itu tampaknya bukan hal krusial yang bisa membatalkan kerja sama Simon dan ZIFA.“Mereka sudah mencapai kesepakatan dalam banyak hal. Satu-satunya yang menjadi ganjalan adalah Simon ingin membawa asistennya, sedangkan ZIFA ingin Simon menularkan ilmu ke pelatih lokal. Tapi sepertinya Simon dan manajernya tidak keberatan.”Simon musim lalu berhasil membawa Bhayangkara FC menjadi jawara Liga 1 2017.
  3359 kali
INASGOC Ingin Liga 1 Berhenti Saat Asian Games 2018
Ketua INASGOC, Erick Thohir meminta agar Liga 1 2018 berhenti untuk sementara waktu saat Asian Games 2018 bergulir. Ajang Asian Games 2018 akan berlangsung selama kurang lebih dua minggu pada 18 Agustus hingga 2 September.Liga 1 2018 akan digelar pada 10 Maret hingga akhir Oktober 2018. Pada pertengahan Liga 1 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games dan INASGOC selaku panitia penyelenggara meminta kompetisi kasta tertinggi di Indonesia rehat selama Asian Games 2018.[suggestedarticle=3]"Saya harapkan pada saat Asian Games, Liga Indonesia tidak bergulir, tidak ada pertandingan apapun di sepakbola di Indonesia, ketika ada Asian Games atau olahraga lain," ucap ketua INASGOC Erick Thohir.Keinginan INASGOC tersebut tidak lepas agar perhatian masyarakat terfokus untuk mendukung Indonesia di Asian Games. Jika benar diliburkan saat Asian Games, sejumlah klub Liga 1 yang dibela para pemain tim nasional Indonesia juga tidak akan dirugikan.
  2222 kali
1518620401740 tag