(Foto: Istimewa)

Ini Dia Lima Kejanggalan Liga 1 2017

Perjalanan Liga 1 2017 hampir sampai pada akhir dan sejak awal hingga akhir tidak lepas dari sejumlah kontroversi. Bolalob merangkum setidaknya ada lima kejanggalan sepanjang gelaran Liga 1 2017.

Liga 1 2017 kembali digulirkan setelah liga nasional sempat vakum karena Indonesia sempat mendapat hukuman dari FIFA. Perguliran Liga 1 begitu dinantikan para pecinta sepak bola tanah air namun sejumlah kontroversi terjadi di kasta tertinggi sepak bola nasional ini.



Salah satu yang paling aneh adalah saat PT LIB tidak melanjutkan peraturan pemain muda yang sempat dicanangkan di awal musim. Peraturan tersebut awalnya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemain muda di Liga dan mempermudah tim nasional mencari pemain.

Pada akhirnya peraturan tersebut kandas di tengah jalan. Berikut ini kejanggalan Liga 1 yang dirangkum Bolalob:

KITAS Pemain Asing Bermasalah



Di awal musim masalah muncul setelah sejumlah pemain asing sudah dimainkan sebelum mereka memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS). Setidaknya sempat ada 11 klub Liga 1 yang belum mengurus KITAS di awal kompetisi Liga 1 bergulir.

Regulasi Pemain Muda Berhenti di Tengah Liga



Pada awal kompetisi PT Liga Indonesia mewajibkan setiap klub memainkan tiga pemain U-23 di susunan pemain. Hal tersebut dilakukan untuk mencari bibit-bibit muda. Setelah sempat ditangguhkan seiring berjalannya SEA Games 2017, PT LIB akhirnya menghapus regulasi tersebut pada akhir Agustus 2017.

Persib Mendapat Hukuman Karena Aksi Bela Rohingya



Persib sempat terkena denda sebesar Rp 50 juta setelah Bobotoh melakukan aksi kemanusiaan untuk memberikan dukungan kepada warga Rohingya. Niat simpati kemanusiaan tersebut justru menjadi bomerang setelah PSSI menilai hal itu sebagai aksi politik.

Bobotoh yang kesal dengan keputusan tersebut berinisiatif mengumpulkan koin untuk membayar denda ke PSSI. Sayangnya koin tersebut tidak sampai ke PSSI, karena pihak Persib sudah terlanjut membayar denda tersebut.

Mitra Kukar Dianggap WO Karena Mainkan Mohammed Sissoko



Jelang kompetisi usai kembali muncul peristiwa aneh setelah Mitra Kukar dianggap kalah WO 0-3 dari Bhayangkara FC. Hal itu dikarenakan Mitra Kukar memainkan Mohammed Sissoko saat jumpa dengan Bhayangkara FC. Pada laga tersebut, kedua tim berbagi angka usai imbang 1-1.

Anehnya, pihak Mitra Kukar mengaku tidak mendapat pemberitahuan dari PSSI terkait penambahan hukuman Sissoko. Pihak Mitra Kukar mengetahui Sissoko hanya dihukum satu pertandingan dan legal saat laga melawan Bhayangkara FC.

Keputusan tersebut sangat menguntungkan Bhayangkara FC yang tengah berjuang ketat di tangga juara. Tambahan dua poin tersebut membuat Bhayangkara FC semakin dekat ke tangga juara.

Persib WO Lawan Persija



Laga Persija melawan Persib harus dihentikan pada menit ke-83 setelah kubu Maung Bandung dianggap menolak melanjutkan pertandingan. Hal tersebut bisa berujung hukuman degradasi untuk Persib.

Meski belum diputuskan apa hukuman yang akan diberikan kepada Persib, Komdis dan PT LIB tampak saling menunjuk terkait siapa yang harusnya memberikan sanksi untuk Persib.
editTerakhir diubah:  09/11/17 - 12:11

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(2)


Rekomendasi



Berita Terkait


PS TIRA Belum Tentukan Pelatih Anyar Mereka
PS TIRA baru saja mengistirahatkan pelatih kepala Rudy Eka Priyambada, usai mendapat rentetan hasil buruk di Liga 1.Pelatih sementara PS Tira, Mayor Cpm Miftahudin Mukson mengatakan bahwa manajemen tim akan segera menentukan pelatih kepala baru. Hal ini dikarenakan Miftahudin Mukson harus membantu Indra Sjafri di timnas U-19."Saya meminta izin untuk fokus di Timnas (U-19). Nanti pelatih definitif yang kemungkinan mendampingi. Untuk nama, saya tidak tahu," sebut Miftahudin dikutip dari Jawa Pos.[suggestedarticle]Menurutnya sudah ada dua calon nama, dimana satu nama lokal dan wajah asing."Untuk yang dari Eropa, pelatihnya belum pernah melatih tim di Indonesia," ucapnya.Satu nama yang santer dikabarkan akan melatih PS TIRA adalah Nil Maizar. Mantann pelatih Semen Padang ini sedang berada di Jogjakarta, dalam kepentingannya mengikuti kursus lisensi A AFC."Memang beliau (Nil Maizar) saat ini sedang menempuh lisensi A AFC," ucapnya.Dalam 13 laga yang sudah dijalani musim ini, PS TIRA ada di posisi ke-13 klasemen dengan raihan 16 poin.
  210 kali
Persebaya 'Terbantu' dengan Laga Uji Coba Timnas Indonesia
Persebaya Surabaya akan bertemu Persija Jakarta pada Selasa (26/6) di Stadion PTIK, Jakarta dalam laga tunda Liga 1 yang seharusnya digelar 3 Juni lalu.Mereka sudah memulai latihan usai libur lebaran, namun Persebaya harus ditinggal tiga pemain mereka untuk menjalani pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia U-23.[suggestedarticle]Tiga nama yang dimaksud adalah Irfan Jaya, Osvaldo Haay, dan Nelson Alom. Saat ini ketiganya masih berada di Jakarta. Mereka dipersiapkan untuk pertandingan lawan Korea Selatan di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (23/6) mendatang.Persebaya boleh memanfaatkan keadaan ini dengan tak akan mengirim pulang ketiga pemainnya itu. Dimana mereka akan bergabung dengan skuat Persebaya di Jakarta."Mereka (ketiga pemain itu, Red) akan bertemu kami di Jakarta," ucap Alfredo Vera dikutip dari Jawa Pos.[suggestedarticle]Alfredo Vera juga tak khawatir mengenai ketidakhadiran para pemainnya itu dalam mempersiapkan laga Liga 1."Bukan menjadi hambatan karena mereka tentunya sudah paham strategi permainan kami. Tinggal gabung saja. Kalau tidak ada masalah, mereka bisa tampil," tutup Alfredo Vera.Persebaya saat ini ada di posisi ke-16 pada klasemen sementara dengan 14 poin dalam 11 laga.
  562 kali
Pelatih Persija Ungkap Gaya Permainan Timnas Korea
Persija Jakarta baru saja melakoni uji coba tertutup dengan timnas Korea Selatan U-23 di Stadion PTIK, Jakarta pada Kamis (21/6) sore.Dalam laga itu Persija menurunkan tim lapis kedua dan menelan kekalahan 1-3. Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco menjadikan laga uji coba ini sebagai ajang evaluasi beberapa pemain muda dan juga pelapis"Uji coba ini sebagai bentuk bantuan kami kepada Korea Selatan sebelum mereka melawan Timnas U-23 Indonesia," ujar Teco, dilansir dari laman resmi Persija."Maka dari itu kami mencoba memasang beberapa pemain juga terutama dari timnas U-19," lanjutnya menjelaskan.[suggestedarticle=3]"Jadinya kami kasih waktu buat mereka. Kami memasang beberapa pemain hari ini setelah latihan dan hari ini saya bilang mereka main bebas apapun hasilnya nantinya akan evaluasi setelahnya," tambahnya.Pelatih asal Brasil itu memuji penampilan timnas U-23 Korea Selatan yang bermain tanpa cela dan disiplin."Korea Selatan bermain dengan disiplin. Semuanya bermain bagus pada babak pertama dan pressing intensitas tinggi. Kombinasi one two dan simple football," kata Teco.Persija sendiri dihadapkan dalam dua laga tunda Liga 1 yakni melawan Persebaya Surabaya (26 Juni) dan Persib Bandung (30 Juni).Sementara itu Korea U-23 akan menghadapi timnas Indonesia U-23 dalam laga uji coba pada 23 Juni mendatang di Stadion, Pakansari, Bogor.
  1076 kali
Bos Persija Gembira Kembali Hadapi Persib di Jakarta
Direktur Utama Persija, Gede Widiade menyambut positif laga kontra Persib Bandung diadakan di Stadion PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta, pada 30 Juni mendatang. Hal tersebut sangat dimaklumi mengingat Persija terakhir kali mereka menjamu Persib di ibu kota terjadi pada empat tahun lalu.[suggestedarticle=3]“Tentunya ini kabar baik untuk kami. Apalagi kami sudah sering bermain di Bandung. Sekali-kali, Persib main di Jakarta. Kami akan menjadi tuan rumah yang baik, menyambut tamu dengan terhormat,” ujar Gede.Persija terakhir kali menjamu Persib di Jakarta pada tahun 2014. Laga yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu berakhir dengan skor imbang 0-0. Setelah itu, Persija kerap kesulitan menjamu Persib di Jakarta karena berbagai alasanLaga Persija vs Persib awalnya bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tanggal 28 April. Tapi pihak Kepolisian tidak memberikan izin karena saat ini fokus ke pengamanan Hari Buruh tanggal 1 Mei.
  467 kali
Persija Resmi Hadapi Persebaya dan Persib di Stadion PTIK
Persija Jakarta akan menggunakan Stadion PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan saat menjamu Persebaya Surabaya (26 Juni) dan Persib Bandung (30 Juni).Kepastian ini diungkapkan oleh PT Liga Indonesia Baru selaku operator melalui dua surat yang langsung ditandatangani CEO PT LIB Risha Adi Widjaya.Untuk laga melawan Persebaya, PT LIB menyampaikan surat yang bernomor 205/LIB/VI/2018 tertanggal 21 Juni 2018. Sedangkan untuk laga Persib disampaikan LIB melalui surat bernomor 206/LIB/VI/2018 tertanggal 21 Juni 2018. Rencananya kedua laga tersebut akan diselenggarakan di waktu yang sama yakni pukul 18.30 WIB.“Agar klub Persija Jakarta sebagai tuan rumah melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar pertandingan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Risha.Sebelumnya duel Persija menghadapi Persebaya seharusnya digelar pada 3 Juni lalu. Partai tersebut terpaksa dibatalkan dua jam sebelum kick off karena tidak kondusifnya kondisi di luar stadion akibat masalah keamanan.Sementara laga Persija vs Persib awalnya bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tanggal 28 April. Tapi pihak Kepolisian tidak memberikan izin karena saat ini fokus ke pengamanan Hari Buruh tanggal 1 Mei.
  441 kali
Bhayangkara FC Cari Pengganti Nikola Komazec
Bhayangkara FC sedang mencari pengganti Nikola Komazec. Striker Serbia itu dilepas klub karena performanya yang tak menjanjikan sepanjang putaran pertama.Komazec dinilai kurang subur dalam hal membobol gawang lawan. Dari 12 penampilannya bersama The Guardian, Komazec hanya mencetak dua gol.[suggestedarticle=3]Manajer tim AKPB Sumardji mengungkapkan pihaknya sampai saat ini masih terus mencari striker baru. Meski enggan menyebutkan nama, Sumardji sempat mengatakan sang pemain berasa dari Brasil."Ada beberapa nama yang kami pertimbangkan. Tapi belum bisa kita sebutkan namanya. Nanti saja kalau sudah pasti di putaran kedua," ujar Sumardji saat dihubungi Bolalob, beberapa waktu lalu.Melepas Komazec memang sudah dipikirkan matang-matang oleh Bhayangkara FC. Pelatih Simon McMenemy pun memang berencana mencari pengganti Komazec.Sejak ditinggalkan Ilija Spasojevic, Bhayangkara FC tak lagi mempunyai striker haus gol. Kini, Bhayangkara FC berharap dengan ketajamana penyerang veteran Herman Dzumafo.
  391 kali
Persib Bandung Bakal Tambah Dua Sampai Tiga Pemain Baru
Usai libur Idul Fitri, Persib Bandung mulai melakukan persiapan untuk menghadapi lanjutan persaingan Liga 1 2018. Salah satu rencana untuk perbaikan performa tim adalah dengan mendatangkan dua sampai tiga pemain baru.Sampai Rabu (20/6/2018) Persib Bandung telah mendatangkan satu pemain berstatus seleksi yakni Rafid Chadafi. Ia pemain yang berposisi sebagai gelandang sayap.Pelatih Persib, Mario Gomez berencana menambah dua atau tiga pemain untuk memperkuat timnya. Pelatih asal Argentina itu rupanya memiliki kriteria pemain yang ingin direkrutnya.[suggestedarticle=3]"Saya ingin melihat kualitas mereka (pemain seleksi), mungkin juga lebih baik kualitasnya dibanding pemain yang kita miliki sekarang. Jika tidak lebih baik, saya tidak akan ambil," ujar Gomez.Selain harus memiliki kemampuan lebih dari pemain Persib yang ada, Mario Gomez memprioritaskan pemain muda. "Pemain lokal U-23 (dibawah 23 tahun) yang saya inginkan," tegas Gomez.Menurut Mario Gomez, penambahan pemain di skuat Persib untuk mengantisipasi jadwal padat Persi, di mana Maung Bandung menghadapi Liga 1 2018 dan Piala Indonesia.Terkait penambahan pemain, Mario Gomez mengaku telah berkomunikasi dengan manajemen. "Iya sudah, sebelumnya saya sudah berbicara dengan mereka tentang pemain tambahan ini," terang Gomez.
  428 kali
Bhayangkara FC Jalani TC Selama Sepekan di Bali
Bhayangkara FC mulai berkumpul dan melakukan pemusatan latihan (TC) di Bali usai libur Hari Raya Idulfitri. Juara bertahan Liga 1 itu akan menggelar dua kali uji coba di Pulau Dewata itu.Sejak Selasa (19/6/2018) anak asuh Simon Alexander McMenemy sudah berkumpul di Bali. Dua puluh dari 26 pemain sudah bergabung termasuk Indra Kahfi Ardhiyasa yang absen di awal musim karena mengikuti pendikikan sebagai polisi.[suggestedarticle=3]Selama berada di Bali, The Guardian mengagendakan dua laga uji coba pada 22 dan 25 Juni 2018. Putra Tresna dan PS Badung bakal jadi lawan tanding Muhammad Hargianto dkk."Selain persiapan teknis, TC di Bali ini juga untuk memberikan waktu bagi para pemain untuk refreshing sebelum mulai berlaga dengan jadwal yang padat," ujar Simon Alexander McMenemy.Bhayangkara FC libatkan tiga pemain dari tim U-19 musim lalu. Mereka adalah Rishad Baihaqi Dharmayuman, Reksa Maulana, dan Yovan Novrian Anwar.[pagebreak]Daftar pemain[/pagebreak]Daftar Pemain Bhayangkara FC Dalam TC di Bali, 19-25 Juni 2018Kiper1. Fauzal Mubaraq (58)2. Panggih Prio Sembodho (25)3. Indra Adi Nugraha4. Wahyu Tri NugrohoBelakang5. Jajang Mulyana (10)6. Ambrizal (4)7. Alsan Putra Masat Sanda (17)8. Muhammad Fatchu Rochman (5)9. Vladimir Vujovic (3)10. Indra Kahfi Ardhiyasa (27)11. Golfriedo Agustinus Syauta (28)12. Rishad Baihaqi Dharmayuman (eks BFC U-19)Tengah13. Wahyu Subo Seto (23)14. Vendry Ronaldo Mofu (7)15. Maldini Pali (15)16. Lee Yoo Jun (89)17. Paulo Sergio Moreira Goncalves (80)18. Sani Rizky Fauzi (20)19. Reksa Maulana (eks BFC U-19)20. Yovan Novrian Anwar (eks BFC U-19)Depan21. Marinus Mariyanto Wanewar (24)22. Dendy Sulistyawan (9)23. Herman Dzumafo Epandi (99)
  190 kali
Persija Belum Coba Calon Pemain Asing Baru
Direktur Umum Persija Jakarta Gede Widiade belum tahu apakah tetap mencoba pemain Brasil Leonardo Costa atau tidak.Sebelumnya, Persija santer dikabarkan akan mencoba Leonardo Costa untuk putaran kedua Liga 1 2018. Costa juga dikabarkan tak lagi bersama klub India, Mumbai City FC.[suggestedarticle=3]"Belum tahu, Persija belum rapat lagi dengan pelatih karena sedang libur," ujar Gede Widiade.Persija memang akan menambah amunisi pada putaran kedua Liga 1. Saat ini Persija sudah mendapatkan penyerang naturalisasi, Osas Saha secara free transfer.Jika Macan Kemayoran ingin mendatangkan pemain asing non Asia, maka manajemen harus mendepat salah satu dari Marko Simic, Jaimerson Xavier, dan Addison Alves.
  718 kali
Latihan Perdana, Sriwijaya Tanpa Kehadiran 15 Pemain
Klub-klub Liga 1 sudah memulai kembali latihan perdana mereka, usai menjalani libur lebaran.Sriwijaya FC salah satunya, yang sudah menggelar latihan seusai libur lebaran pada Selasa (19/6/2018) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang. Namun dalam latihan kali ini skuat asuhan Rahmad Darmawan itu tak dihadiri sebanyak 15 pemain.Menurut Coach RD, para pemain memiliki alasan tersendiri dan memang ia memberikan ijin tambahan kepada pemain yang bersangkutan."Mohamadou Ndiaye dan Manucechr Dzalilov memang meminta izin karena tengah menunggu persalinan istrinya. Ada juga yang izin mengurus lamaran," ujar Coach RD, dikutipd ari Bola.com."Beberapa pemain tadi pesawatnya delay sehingga terlambat dan tidak bisa hadir di sesi latihan ini," jelasnya.[suggestedarticle=3]Empat pemain yang tak hadir yakni Syahrian Abimanyu, Samuel Christianson, Alberto Goncalves, dan Zulfiandi harus masuk ke pemusatan latihan timnas. Dimana Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Korea Selatan U-23 akhir pekan ini."Setelah 1-2 hari baru nanti kita berikan program latihan seperti biasa dan peningkatan fisik," katanya.Daftar pemain Sriwijaya FCyang sudah mengikuti sesi latihan di GSJ :Teja Paku Alam, Rangga Pratama, Sandi Firmansyah, Dikri Yusron, Zalnando, Rizky Abdiansyah, Hamka Hamzah, Ahmad Faris, Yu Hyun Koo, Ichsan Kurniawan, Rahmad Hidayat, Makan Konate, Esteban Viscarra, Rizky Dwi Ramadhana, Yogi Rahadian
  526 kali
1529505001965 tag