(Foto: Bolalob)

Ini Syarat Pemain Asing ASEAN di Liga Malaysia

Operator Liga Malaysia, Football Malaysia Limited Liability Partnership (FMLLP) bersama Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) meresmikan kuota pemain asing ASEAN musim depan. Ada syarat yang diberikan untuk pemain asing ini yakni mengoleksi setidaknya 30 caps bersama timnas masing-masing.

Aturan ini berlaku selama empat tahun ke depan. Dengan aturan ini maka musim depan Liga Malaysia dapat memiliki lima pemain asing dengan rincian tiga negara bebas, satu negara Asia, dan satu negara ASEAN.



Regulasi ini membuat pemain asing asal ASEAN tidak bisa sembarang masuk. Hanya saja ada kelonggaran dimana pemain yang mengoleksi di bawah 30 caps akan diverifikasi oleh FMLLP sebelum diambil keputusan apakah disahkan atau tidak.

Kepada New Straits Times regulasi ini dikeluarkan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas Liga Malaysia.

Malaysia menjadi salah satu negara tujuan pemain asal Indonesia. Dua pemain yakni Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn dikabarkan tengah dibidik oleh Selangor FA.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Simon Bangga Evan Dimas dan Ilham Udin Tinggalkan Bhayangkara FC
Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy senang dua pemainnya, Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn pergi ke Malaysia.Pelatih asal Skotlandia itu bangga karena dua pemain tersebut bermain di luar negeri, meski meninggalkan Bhayankara FC. Keduanya resmi berseragam Selangor FA untuk musim depan."Ketika saya tahun kehilangan Evan Dimas dan Ilham saya sangat bangga. Akan jadi hal yang baik bagi keduanya untuk bisa cicipi kompetisi liga lain," ujar Simon di Jakarta, Selasa (12/12/2017).[suggestedarticle=3]Simon menolak jika keduanya berkembang karena dirinya. Ia mengatakan bahwa Evan dan Ilham berkembang karena kemampuannya."Mereka bukan pemain saya. Pemain-pemain ini milik klub dan saya mendorong para pemain untuk pergi ke klub lain. Ketika pemain sudah merasa nyaman dan mudah, mereka akan mulai meningkat," tandasnya.Bhayangkara FC juga kehilangan salah satu pemain andalannya, yakni Ilija Spasojevic yang hijrah ke Bali United.
  1054 kali
Andik Vermansah Dukung Pemain Indonesia Main di Luar Negeri
Bintang Timnas Indonesia, Andik Vermansah mendukung pemain yang ingin berkarier di luar negeri. Bermain di luar Indonesia akan menemukan tantangan baru.Andik saat ini memang tak lagi bermain untuk Selangor FA. Namun, Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn menjadi penerus Andik di klub berjuluk The Red Giants tersebut.Tak hanya Andik dan Ilham, satu pemain lagi, yakni Ryuji Utomo bakal berlabuh di klub Thailand, PTT Rayong.[suggestedarticle=3]"Kalau bermain di luar negeri, kan bisa dapat pengalaman baru dan tantangan baru," ujar Andik beberapa waktu yang lalu.Pemain yang bermain di luar negeri nantinya bisa berbagi pengalaman. Tentu saja hal tersebut bisa diharapkan jadi motivasi para pemain untuk dapat kesempatan di level tinggi."Dengan bermain di luar, kan bisa memberi solusi dan pengetahuan soal pengalaman di luar negeri sana. Khususnya untuk pemain muda," tandasnya.
  416 kali
Bukan Hanya Gaji Tinggi, Ini Alasan Evan Dimas Pilih Malaysia
Tak bisa dipungkiri bayaran pemain di Liga Malaysia dan Thailand berbeda dengan Indonesia dewasa ini.Beberapa pemain muda Indonesia pun memutuskan untuk hijrah ke negeri tetangga. Sebut saja Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn yang akan berkostum Selangor FA pada musim depan sedangkan bek Timnas Indonesia, Ryuji Utomo bakal bertualang di Liga Thailand bersama PTT Rayong.Agen dari Evan dan Ilham Udin, Mully Munial mengatakan bahwa tak hanya bayaran tinggi yang membuat kedua pemain itu memilih Malaysia, melainkan ada faktor lain yang jauh lebih penting.Sebelumnya ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi sempat mempertanyakan nasionalis para pemain yang memilih hijrah ke Malaysia daripada bertahan di Indonesia.“Saya mengerti ada tekanan di sana. Dia (Ketum PSSI) mengharapkan hasil bagus di Asian Games. Tapi di FIFA semua aturan sudah jelas, jika pemain dipanggil timnas, tim harus melepaskannya untuk kepentingan negara,” ujar Mully, seperti dikutip dari CNN.“Bukan hanya soal uang, tapi juga kesempatan mendapatkan pengalaman bagus baik dari sisi mental dan permainan juga,” ujar Mully.[suggestedarticle]Mully menegaskan bahwa para pemainnya akan selalu mengutamakan kepentingan tim nasional Indonesia pada setiap saat.“Komitmen pemain untuk Timnas itu 100 persen. Mereka (Evan Dimas dan Ilham Udin) sudah menunjukkannya sejak tampil di Piala AFF U-19,” tutur Mully.“Saya juga sudah membangun komunikasi dengan tim yang diperkuat oleh para pemain di Malaysia, kalau ada pertandingan FIFA Match Day atau pertandingan di luar FIFA Match Day yang mengharuskan mereka kembali ke Indonesia, maka hal itu akan didiskusikan."“Saya juga akan bangun komunikasi dengan pelatih timnas soal jadwal," ucap Mully.
  2943 kali
Ini Komposisi Pemain Asing Selangor FA Musim Depan
Salah satu klub besar Malaysia, Selangor FA bergerak cepat dalam menyiapkan tim menuju musim depan. Gergasi Merah bahkan sudah mengantongi lima pemain asing yang akan membela tim asuhan P. Maniam tersebut musim depan.Dari lima pemain, tiga berasal dari Asia Tenggara dan dua di antaranya merupakan asal Indonesia. Dua pemain Indonesia yang direkrut Selangor FA adalah Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn.[suggestedarticle=3]Terbaru, Selangor juga merekrut pemain asal Singapura, Faris Ramli. Pemain berusia 25 tahun tersebut didatangkan dari Home United.Dua pemain asing lainnya berasal dari luar Asia Tenggara. Satu nama adalah penggawa Persija Jakarta musim lalu, Willian Pachecho dan satu lagi berasal dari Spanyol yakni Rufino Segovia.Selangor pada musim kompetisi lalu ada di peringkat enam klasemen Liga Malaysia. Dengan persiapan yang lebih matang tentu target lebih tinggi dipasang oleh Gergasi Merah.
  4595 kali
Persija Belum Berikan Willian Pacheco Surat Keluar
Persija Jakarta masih menahan surat keluar Willian Pacheco. Ada beberapa hal yang harus diselesaikan oleh agen sebelum sang pemain pergi ke Selangor FA.Bek jangkung asal Brasil itu dipastikan tidak akan memperkuat Persija pada Liga 1 2018. Kepastian tersebut terjadi karena negosiasi kontrak baru yang tak menemukan hasil."Surat keluarnya masih kita tahan, karena masih ada masalah dengan agennya," kata Komisaris Utama Persija, Ferry Paulus.[suggestedarticle=3]Selain kontrak, Persija melepas Pacheco karena sang pemain mendapat gaji dari Selangor lima kali lipat dari apa yang didapatnya di Jakarta."Nilai kontrak yang didapat di sana, entah benar atau tidak, hampir lima kali kontrak di Persija. Kami naikin 60 persen, tapi tidak mau. Kontraknya habis tanggal 13 desember, tanggal 14 dia tanda tangan kontrak dengan Selangor," jelasnya. Kepergian Pacheco pun membuat manajemen mencari pemain yang lebih baik ketimbang dirinya. Beberapa nama pengganti kabarnya sudah didapat Persija.
  667 kali
Mantap! Empat Pemain Indonesia Masuk Daftar 25 Pemain Terbaik Asia Tenggara
Salah satu media asing mengeluarkan 25 nama pemain terbaik di Asia Tenggara untuk 2017. Dari 25 nama tersebut, empat diantaranya berasal dari Indonesia.Sejumlah nama besar pemain Australia dan Thailand juga ikut melengkapi 25 nama pemain tebraik di Asia Tenggara yang dirilis oleh Four Four Two. Sebut saja pemain yang berjuluk 'Thai Messi', Chanatip Songkrasin yang berada di posisi kedua hingga penggawa Australia, Mile Jedinak di peringkat ke-25.Menariknya dalam 25 daftar tersebut ada empat pemain asal Indonesia yang bermain di Liga 1 2017. Berikut ini empat pemain Indonesia tersebut:Samsul Arif (Peringkat ke-23)Banyak yang mengira Samsul Arif sudah melewati masa emasnya setelah hengkang dari Persib Bandung. Namun pemian usia 32 tahun tersebut sukses menjadi pemain lokal tersubur di Liga 1 2017.Total Samsul mampu mencetak 17 gol sepanjang musim bersama Persela Lamongan. Torehan Samsul juga ikut menyelamatkan Persela dari jurang degradasi.[suggestedarticle]Evan Dimas (Peringkat ke-21)Penampilan Evan Dimas yang memiliki visi bagus memang seringkali membuat dirinya dianggap sebagai salah satu motor tim yang dibela. Evan mampu menjelma sebagai jenderal lapangan tengah Bhayangkara FC di Liga 1 2017.Evan juga berhasil membawa Bhayangkara FC untuk menjadi juara Liga 1 2017. Setelah sempat dikabarkan akan bergabung ke klub Thailand, eks pemain Persebaya tersebut akhirnya merapat ke Selangor FA.[suggestedarticle]Irfan Bachdim (Peringkat ke-19)Irfan memang bukan pencetak gol terbanyak di Bali United, namun perannya di skuad berjuluk Serdadu Tridatu terbilang besar. Bermain di belakang penyerang utama, Irfan mampu menyarangkan sembilan gol dan memberikan 10 assist. Torehan assist Irfan merupakan yang terbanyak di Bali United.Pemain berdarah Belanda tersebut juga berjasa membawa Bali United berada di peringkat kedua Liga 1 2017.[suggestedarticle]Andritany Ardhiyasa (Peringkat ke-14)Raihan Persija ke papan atas klasemen Liga 1 2017 tidak lepas dari aksi gemilang Andritany di bawah mistar gawang. Tak hanya mampu finis di posisi keempat, Persija juga berhasil menjadi klub dengan jumlah kebobolan paling sedikit.Sepanjang musim Liga 1 2017, Andritany hanya kebobolan 24 gol atau lebih sedikit 13 gol dari tim dengan jumlah kebobolan terbaik berikutnya. Andritany juga mencatatkan 14 laga tanpa kebobolan bersama Persija di Liga 1 2017.[suggestedarticle]Berikut Peringkat Selengkapnya:1. Aaron Mooy2. Chanatip Songkrasin3. Tom Rogic4. Mathew Leckie5. Mat Ryan6. Terasil Dangda7. Theeraton Bhunmatan8. Kawin Thammasatchanan9. Tristan Do10. Jakkaphan Kaewprom11. Matt Jurman12. Aung Thu13. Nguyen Van Quyet14. Andritany Ardhiyasa15. Dinh Thanh Trung16. Mark Milligan17. Milos Degenek18. Hassan Sunny19. Irfan Bachdim20. Safiq Rahim21. Evan Dimas22. Nguyen Ahn Duc23. Samsul Arif24. Luong Xuang Trong25. Mile Jedinak
  4836 kali
Ini Dia Pemain Lokal Termahal di Tanah Air
Bicara gaji atau nilai kontrak, tampaknya masih tabu di Indonesia. Belum ada keterbukaan klub dan pemain soal nilai yang satu ini.Beruntung, beberapa situs transfer pemain memberikan gambaran tentang nilai kontrak beberapa pemain termahal di Indonesia saat ini. Boaz Sallossa contohnya, melansir laman transfermarkt.com, pemain asal Persipura ini mempunyai market value Rp 5,6 miliar. Untuk Achmad Jufriyanto, pemain Persib Bandung ini dipatok dengan harga Rp 2,7 miliar. Hal ini cukup fantastis bagi seorang pesepakbola Indonesia. [suggestedarticle=3]Akan tetapi, dua harga pemain tersebut belum seberapa dibandingkan pemain naturalisasi yang kini bermain untuk Bali United. Masih berdasarkan transfermarkt.com, harga Stefano Lilipaly dibanderol dengan harga 885 ribu euro atau sebanding dengan Rp 14 Miliar. Hal ini tentu sangat mengejutkan, harga pemain berdarah Belanda ini lebih mahal dibandingkan marquee player Persib Bandung, Michael Essien atau Ezechiel Ndouassel yang di patok dengan harga 8-10 miliar rupiah saja. Sedangkan untuk Andik Vermansyah yang pernah bermain di Malaysia, ia dikabarkan hanya dibanderol Rp 3 Miliar. Harga ini tentunya sama dengan apa yang didapat oleh pemain anyar Selangor asal Indonesia, Evan Dimas.
  11934 kali
Tiga Pemain Timnas Pilih Luar Negeri, Ini Komentar Luis Milla
Tiga pemain tim nasional Indonesia U-22 yang diarsiteki pelatih Luis Milla memutuskan untuk hijrah ke luar negeri pada musim 2018 mendatang.Evan Dimas dan Ilham Udin bergabung dengan Selangor FA, Malaysia. Sementara Ryuji Utomo berlabuh di klub Thailand bersama PTT Rayong FC.Luis Milla pun ikut buka suara mengenai keputusan tiga anak asuhnya itu."Buat saya, itu penghargaan untuk ketiga pemain. Setiap individu yang keluar dari negaranya tentu akan mendapatkan banyak keuntungan," ucap Milla pada sesi jumpa pers setelah laga kontra Kirgistan, Rabu (6/12/2017).[suggestedarticle]"Mereka akan lebih dewasa. Mereka bakal belajar tentang hidup. Mereka pasti akan mendapatkan wawasan dan sudut pandang baru," tutur pelatih asal Spanyol itu.Evan dan Ryuji adalah anggota timnas saat tampil di SEA Games 2017 di Malaysia beberapa waktu lalu.Sementara Ilham Udin sukses mencuri perhatian di Liga 1 bersama dengan Bhayangkara FC, dengan membawa gelar juara di akhir musim.
  5623 kali
Datangkan Tiga Pemain Liga 1, Pelatih Selangor FA Angkat Bicara
Pelatih Selangor FA, P Maniam menyatakan senang bisa mendatangkan tiga pemain jebolan Liga 1. Maniam menilai ketiga pemain tersebut memiliki kualitas untuk mengangkat performa Selangor FA.Dua pemain muda dari Bhayangkara FC, Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn berhasil diboyong Selangor FA. Tidak hanya dua pemain tersebut, Selangor FA juga sukses mendatangkan mantan bek Persija Jakarta, Willian Pacheco."Saya gembira karena berhasil mendapatkan pemain yang kami inginkan. Evan dan Ilham adalah pilihan tepat kerana masih muda, bertenaga serta kreatif," kata Maniam dilansir dari Berita Harian.[suggestedarticle=3]Pelatih yang pernah menangani Andik Vermansah tersebut juga yakin Pacheco akan menjadi salah satu pemain kunci di lini belakang. Maniam yang pernah menyaksikan Pacheco berlaga yakin pemain asal Brasil tersebut bisa memberikan kontribusi besar di lini belakang Selangor FA."Willian juga termasuk pemain dengan nama besar dalam Liga Indonesia. Selain menonton sendiri penampilannya, saya juga mendapat masukan positif mengenai pemain ini dari rekan-rekan di sana (Indonesia)," lanjut Maniam."Dengan tingi 195 cm, dia akan menjadi benteng pertahanan kami musim depan. Dia juga memiliki kualitas seorang pemimpin," ujar Maniam.
  5442 kali
DIARY: Eksodus Pemain Liga 1 ke Malaysia dan Thailand Dimulai
Bek Timnas Indonesia dan Persija Jakarta, Ryuji Utomo akhirnya resmi berlabuh ke klub Thai League 2, PTT Rayong.Bek Timnas Indonesia Ini Resmi Berlabuh ke Klub Liga ThailandMohamed Sissoko memilih klub Meksiko, Atletico de San Luis sebagai pelabuhan berikutnya setelah satu musim bersama Mitra Kukar. Mantan pemain Juventus tersebut bergabung dengan Atletico de San Luis dengan status bebas transfer.Klub Meksiko Resmi Gaet Gelandang Mitra KukarSelama sepekan ini setidaknya ada enam pemain tim nasional Indonesia U-19 direkrut oleh klub Liga 1.Anak Asuhnya Direkrut Klub Liga 1, Ini Komentar Indra SjafriKuota pemain asing asal ASEAN di Liga Malaysia membuat bursa transfer di Negeri Jiran makin semarak. Sejauh ini sudah ada lima pemain asing ASEAN yang direkrut oleh klub-klub kasta tertinggi Malaysia.Ini Lima Pemain ASEAN yang Pasti Ramaikan Liga Malaysia Musim Depan
  1168 kali
1512446401976 tag