(Foto: Bolalob)

Ini Syarat Pemain Asing ASEAN di Liga Malaysia

Operator Liga Malaysia, Football Malaysia Limited Liability Partnership (FMLLP) bersama Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) meresmikan kuota pemain asing ASEAN musim depan. Ada syarat yang diberikan untuk pemain asing ini yakni mengoleksi setidaknya 30 caps bersama timnas masing-masing.

Aturan ini berlaku selama empat tahun ke depan. Dengan aturan ini maka musim depan Liga Malaysia dapat memiliki lima pemain asing dengan rincian tiga negara bebas, satu negara Asia, dan satu negara ASEAN.



Regulasi ini membuat pemain asing asal ASEAN tidak bisa sembarang masuk. Hanya saja ada kelonggaran dimana pemain yang mengoleksi di bawah 30 caps akan diverifikasi oleh FMLLP sebelum diambil keputusan apakah disahkan atau tidak.

Kepada New Straits Times regulasi ini dikeluarkan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas Liga Malaysia.

Malaysia menjadi salah satu negara tujuan pemain asal Indonesia. Dua pemain yakni Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn dikabarkan tengah dibidik oleh Selangor FA.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Selangor FA Rela Lepas Evan dan Ilham, Tapi...
Selangor FA berharap Evan Dimas dan Ilham Udin bisa tetap tampil saat tim Gergasi Merah menghadapi Johor Darul Takzim (JDT). Sayangnya jadwal laga melawan JDT berada di pertengahan Anniversary Cup 2018.Evan dan Ilham masuk dalam skuad timnas yang akan tampil di ajang Anniversary Cup 2018. Turnamen tersebut digelar untuk merayakan hari jadi PSSI yang ke-88 dan tidak masuk dalam kalender FIFA.[suggestedarticle=3]Hal tersebut membuat Selangor FA agaknya enggan untuk melepas Evan dan Ilham karena klub membutuhkan tenaga mereka. Jika memenuhi panggilan timnas, Evan dan Ilham dipastikan akan absen dalam dua laga Selangor FA saat menghadapi Negeri Sembilan dan Johor Darul Takzim."Dalam perbincangan bersama ketua PSSI (Edy Rahmayadi), ini memang termasuk dalam pelepasan pemain Indonesia. Jadi apa yang bisa kita lakukan kita ingin coba terbuka berbicara dengan PSSI," kata Manajer Selangor FA, Datuk Abdul Rauf Ahmad kepada Goal Malaysia.[pagebreak]Ingin Evan dan Ilham Tampil Saat Lawan JDT[/pagebreak]Pihak Selangor FA menginginkan kedua pemain tersebut bisa tampil saat menghadapi lawan berat, JDT."Kami ingin Evan dan Ilham bersama kami lawan JDT. Kalau tidak, terpaksa (kami) lepaskan (mereka) ke timnas. Kalau bisa (mereka) balik saat lawan JDT (atau) datang awal lawan JDT. Kalau ikut perbincangannya memang diputuskan untuk kita lepaskan," ujar Abdul Rauf.Anniversary Cup akan digelar pada 27 April hingga 3 Mei di Stadion Pakansari, Cibinong. Selain Indonesia, tiga negara lain yaitu Korea Utara, Bahrain dan Uzbekistan juga ambil bagian dalam Anniversary Cup 2018.
Andik Janjikan Kotribusi Maksimal Bagi Kedah FA
Gelandang asal Indonesia yang tampil untuk Kedah FA, Andik Vermansah mengaku belum tampil dalam permainan terbaiknya pada musim ini.Andik pun berjanji akan memberikan kontribusi maksimal bagi klub barunya itu pada musim ini.Pekan lalu Andik bersama dengan Kedah sukses meraih kemenangan telak 4-0 Kedah atas klub Evan Dimas dan Ilham Udin yakni Selangor FA.[suggestedarticle=3]Walau tak mencetak gol, Andik sukses menyumbang dua assit dalam laga itu."Saya masih belum optimal. Butuh kerja lebih keras lagi agar bisa memberikan sesuatu yang lebih besar dari sekarang. Saya belum bisa tenang sebelum banyak berperan di setiap pertandingan. Makanya saya janji akan bekerja lebih keras saat latihan maupun pertandingan," ujar Andik."Semua tim di sini kulturnya hampir sama. Kalau pun ada yang berbeda, karena saya masih baru. Untungnya, saya sudah lama di Malaysia, jadi saya yakin secepatnya saya bisa tampil optimal, karena banyak pemain di sini yang sudah mengenal gaya main saya," ujarnya.Setelah tiga musim di Selangor, Andik memutuskan untuk hengkang pada akhir musim lalu dan memilih Kedah. Padahal dirinya memiliki banyak tawaran dari klub Liga 1 Indonesia.Sepanjang musim ini pemain berusia 26 tahun itu baru bermain sebanyak empat kali.
Tiga Faktor Yang Bisa Membuat Selangor FA Tak Izinkan Evan dan Ilham Bela Timnas
Selangor FA memang belum memastikan apakah Evan Dimas dan Ilham Udin bisa tampil saat Anniversary Cup 2018. Namun Selangor FA bisa saja tidak memberikan izin kepada Evan dan Ilham karena sejumlah alasan.Dua pemain Indonesia yang kini bermain untuk Selangor FA, Evan Dimas dan Ilham Udin masuk dalam daftar pemain yang akan membela timnas U-23 di Anniversary Cup. Sayangnya sejumlah hal bisa saja membuat kedua pemain tersebut urung membela timnas.[suggestedarticle=3]Hal yang paling krusial adalah izin dari Selangor FA untuk kedua pemain tersebut. Evan dan Ilham bisa saja tidak diizinkan membela timnas U-23 karena sejumlah faktor.Bolalob merangkum setidaknya ada empat faktor yang membuat Selangor FA bisa saja tidak memberikan izin kepada Evan dan Ilham membela Timnas Indonesia.Anniversary Cup Di Luar Kalender FIFAGelaran Anniversary Cup 2018 memang diadakan untuk memeringati hari jadi PSSI ke-88. Sehingga gelaran turnamen tersebut dilaksanakan di luar kalender FIFA. Hal tersebut juga memastikan tidak ada tambahan poin FIFA yang akan diraih oleh pemenang.Evan Dimas Pemain Kunci Selangor FAEvan Dimas dan Ilham Udin menjadi andalan bersama skuad Selangor FA. Terutama untuk Evan yang selalu tampil di lini tengah Selangor FA. Total Evan Dimas selalu mengisi susunan pemain Selangor FA dalam 10 laga. Dilansir dari Soccerway Evan bahkan selalu tampil penuh dalam enam laga liga Selangor FA.Selangor FA Akan Hadapi Lawan SulitJika Evan dan Ilham absen dipastikan akan mengurangi kekuatan Selangor FA. Terlebih saat Anniversary Cup 2018 bergulir, Selangor FA akan menghadapi salah satu tim kuat yaitu Johor Darul Takzim, Selasa (1/5). Selangor FA yang kini tengah terpuruk dipastikan membutuhkan tenaga Evan Dimas dan Ilham Udin untuk bisa meraih hasil terbaik.
  1307 kali
Evan dan Ilham Main Penuh, Selangor FA Sukses ke Semifinal Piala FA Malaysia
Selangor FA berhasil melaju ke semifinal Piala FA Malaysia usai menaklukkan Kuala Lumpur FA lewat adu penalti, Sabtu (21/4). Kuala Lumpur sebelumnya sukses mengejar defisit tiga gol untuk memaksa Selangor FA bermain hingga babak tambahan.Tertinggal 0-3 di leg pertama, Kuala Lumpur FA tidak menyerah dan sukses mencetak tiga gol balasan lewat Zaquan Adha Abdul Radzak (15'), Paulo Josue (45+2') and Syazwan Andik Ishak (50'). Tiga gol tersebut membuat kedua tim harus melanjutkan laga hingga babak tambahan.[suggestedarticle=3]Pada babak tambahan kedua tim tak mampu mencetak gol dan laga harus ditentukan di babak adu penalti.Pada adu penalti, Selangor FA berhasil menang setelah kiper Selangor FA, Khairul Azhan sukses menghalau tembakan dari Firdaus FAudzi. Selangor FA berhasil menang dengan skor 8-7.[pagebreak]Evan dan Ilham Main Penuh[/pagebreak]Pada pertandingan tersebut dua pemain Indonesia yaitu Evan Dimas dan Ilham Udin yang membela Selangor FA bermain selama 120 menit. Sedangkan Achmad Jufriyanto yang membela Kuala Lumpur juga tampil dalam 120 menit.Selangor FA akan menghadapi PKNS yang berhasil mengalahkan Perak FA di laga perempat final lainnya.Susunan pemain kedua tim:Selangor FA: Azhan (GK), Namathevan, Kannan, Amirul, Razman (C), Evan, Saiful (Azamuddin 95'), Alfonso (Sarkunan 50'), Ilham, Kugan (Sean 60'), Rufino.Kuala Lumpur FA: Khatul (GK), Syazwan, Firdaus, Ashri (Hafiz 78'), Bobirjon, Jufriyanto, Irfan, Zhafri, Indra (C), Zaquan, Paulo.
  6578 kali
Evan Dimas Jawab Kemungkinan Bela Timnas di Anniversary Cup 2018
Evan Dimas mengungkapkan dirinya akan hadir saat pemusatan latihan timnas U-23 jelang Anniversary Cup 2018. Pemain Selangor FA tersebut sempat diragukan bisa hadir karena masalah izin dari klub.PSSI akan menggelar Annivesary Cup 2018 pada 27 April hingga 3 Mei 2018 mendatang. Evan masih diragukan bisa tampil mengingat turnamen tersebut diadakan diluar kalender FIFA.Selangor FA yang kini menjadi tim Evan bisa saja menolak karena kebutuhan tim yang akan berlaga saat Anniversary Cup berlangsung.[suggestedarticle=3]Evan yang mendapat panggilan Luis Milla mengatakan akan hadir dalam TC timnas yang akan diadakan 23 April mendatang."Insya Allah, saya akan tetap datang ke TC timnas," kata Evan Dimas dikutip Bolalob dari BolaSport.com."Mudah-mudahan, saya datang pada 23 April (2018)," ujar Evan.Selangor FA dipastikan berat untuk melepas Evan yang kini menjadi pemain penting mereka. Jika mendapat izin membela timnas, Selangor FA dipastikan tanpa Evan pada dua laga melawan Negeri Sembilan (27/4) dan Johor Darul Takzim (1/5).
  1386 kali
TOP NEWS: Menanti Pelatih Baru Timnas U-19, Dua Pemain Indonesia di Luar Negeri Belum Tentu Dilepas ke Timnas
Tim Nasional Indonesia U-19 sedang mencari nahkoda baru untuk memimpin skuat jelang menghadapi jadwal padat tahun ini.Kapan PSSI Umumkan Pelatih Timnas U-19?Dua pemain Selangor FA ada dalam daftar pemanggilan yang dilakukan oleh Luis Milla ke skuat tim nasional Indonesia U-23.Selangor Belum Pasti Lepas Dua Pemainnya ke Timnas IndonesiaPersebaya Surabaya menjadi salah satu tim yang paling serius dalam membina para pemain muda mereka, bahkan sudah menjadi tradisi bagi Bajul Ijo untuk mempromosikan pemain binaan ke tim senior.Persebaya Hadirkan Pemain Keturunan Kamerun-PerancisTimnas Indonesia bersiap untuk Anniversary Cup 2018. Pelatih Luis Milla sudah memanggil 24 pemain dan akan melakukan pemusatan latihan tanggal 23 April. PSSI tegaskan pemain yang dipanggil harus datang ke timnas.PSSI Wajibkan Klub Lepas Pemain untuk Timnas Indonesia
  2019 kali
Selangor Belum Pasti Lepas Dua Pemainnya ke Timnas Indonesia
Dua pemain Selangor FA ada dalam daftar pemanggilan yang dilakukan oleh Luis Milla ke skuat tim nasional Indonesia U-23.Mereka adalah Evan Dimas dan Ilham Udin Armyn yang dipersiapkan untuk ajang Anniversary Cup PSSI 2018. Namun karena bukan pada jadwal resmi FIFA, bukan tak mungkin Selangor menolak untuk melepas mereka.Indonesia mengundang tiga negara lain dalam ajang kali ini, mereka adalah Bahrain, Korea Utara dan Uzbekistan.[suggestedarticle=3]PSSI sendiri menunggu kepastian apakah Selangor akan melepas Evan dan Ilham Udin ke skuat timnas, dimana ajang ini merupakan persiapan mereka menuju ASIAN Games 2018."Kita terus komunikasi dan saya coba bicara sama Selangor dan dari pembicaraan yang ada, mereka tahu ini partai penting untuk kita. Tapi kita menghormati keputusan dan negoisasinya seperti apa. Saya akan coba komunikasi lebih jauh lagi," ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha.Kepindahan dua pemain itu ke Malaysia sendiri sempat menimbulkan polemik, dimana pihak timnas serta PSSI takut persiapan terganggu karena dua pemainnya tak main di liga domestik."Besok atau lusa kita harus sudah dapat jawaban dan kepastian (Evan Dimas dan Ilham Udin). Soal pemain penggantinya bukan kapasitas saya (untuk berbicara) dan bukan juga kapasitas saya untuk men-judge apakah ada sanksi atau tidak bagi yang bersangkutan," ujar Tisha."Kita semua tahu uji coba ini sangat penting. Kita dapat lawan ini saja di tengah liganya mereka sedang bergulir. Tetapi mereka menyempatkan diri datang ke Indonesia untuk uji coba Asian Games. Alasannya mereka juga ingin merebut medali emas," tutupnya.[pagebreak]Bentrok Jadwal[/pagebreak]Bersama dengan Evan dan Ilham Udin, Milla sendiri memanggl sebanyak 24 nama dalam pemusatan latihan kali ini. Dimana mereka akan ditunggu pada 21 April mendatang di Lapangan ABC, Senayan.Ajang Anniversary Cup 2018 sendiri akan dipertandingkan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor mulai 27 April hingga 3 Mei mendatang.Dalam kurun waktu itu Selangor akan berhadapan dengan Kuala Lumpur (21/4), Negeri Sembilan (28/4) dan juga JDT (1/5).Timnas Indonesia U-23 akan memulai kiprah di Anniversary Cup 2018 menghadapi Bahrain di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (27/4/2018). Setelah itu, Andritany dan kawan-kawan akan bersua Korea Utara (30 April) dan Uzbekistan (3 Mei).
  1221 kali
El Barca dan Madrid Jadi Cermin Mawas Diri Evan Dimas dan Ilham Udin
Skuad Selangor FA diminta untuk tidak terbuai meski sudah unggul 3-0 pada leg pertama Piala FA melawan Kuala Lumpur FA. Real Madrid dan Barcelona dianggap bisa menjadi contoh agar para pemain Selangor FA tidak terbuai.Selangor FA akan bertanding pada perempat final leg kedua Piala FA Malaysia menghadapi Kuala Lumpur FA, Sabtu (21/4). Pada laga tersebut Selangor diminta untuk tidak puas meski sudah unggul 3-0 pada leg pertama."KL pasti akan bermain mati-matian karena mereka tidak punya pilihan kecuali menang besar untuk bisa lolos," ujar penjaga gawang Selangor FA, Norazlan Razali.[suggestedarticle=3]Keunggulan besar yang didapat Selangor FA pada leg pertama bukan menjadi jaminan untuk bisa lolos ke babak berikutnya. Norazlan ingin para pemain Selangor FA mendapat pelajaran dari Barcelona dan Real Madrid di Liga Champions. "Jika Kedah FA dapat mengalahkan kami 4-0, bukan tidak mungkin KL bisa melakukan hal yang sama jika kami bersikap santai dan puas dengan keunggulan yang kami miliki."[pagebreak]Belajar dari Barcelona dan Real Madrid[/pagebreak]Barcelona harus tersingkir dari Liga Champions meski menang telak 4-1 pada leg pertama. Sayangnya di leg kedua, AS Roma berhasil menang 3-0 dan sukses melaju ke semifinal.Real Madrid hampir bernasib serupa dengan Barcelona saat menghadapi Juventus di perempat final. Real Madrid yang sempat unggul 3-0 di leg pertama sempat tertinggal 0-3 di leg kedua. Beruntung gol Cristiano Ronaldo berhasil menjadi penyelamat Real Madrid untuk bisa melaju ke semifinal."Kedua perlawanan tersebut membuktikan tidak ada yang mustahil di sepak bola. Apa yang dialami Barcelona dan Real Madrid saat bagus untuk pelajaran," ujar Norazlan.Selangor FA diperkuat dua pemain muda Indonesia, Evan Dimas dan Ilham Udin.
  2067 kali
Ini Curhat Andik Vermansah Usai Hajar Eks Klub Kesayangannya
Menjadi pemain profesional ternyata tak mudah. Kadang seorang pemain harus melupakan perasaannya demi hasil maksimal di lapangan. Itulah yang dialami Andik Vermansah Kamis malam (12/4), sehari sebelum dia dijadwalkan menjamu mantan klub kesayangannya, Selangor FA."Semalam (Kamis, 12 April 2018) saya susah tidur karena akan bertemu dengan kawan yang lama. Tapi saya camkan betul dalam pikiran saya, kalau di lapangan saya harus 100 persen," kata Andik tentang Selangor FA yang sudah dianggap sebagai keluarganya sendiri.[suggestedarticle=2]Di Selangor FA, eks bintang Persebaya Surabaya ini menjalani 4 tahun karir yang sulit dilupakan. Bahkan tahun 2015 dia ikut berpesta merayakan gelar Piala Malaysia 2015. Bukan prestasi sembarangan."Sebelumnya (sebelum pertandingan-Red) saya bilang dari awal memang susah hilangkan hati saya dengan Selangor. Maaf ya, semua kan tahu saya main 4 tahun di sana. Tapi seperti yang saya bilang ke pelatih dan tim, saya tetap profesional," kata Andik kepada wartawan.Tapi, begitu menjejakkan kaki di lapangan, tak ada lagi keraguan. Turun sebagai sayap klub barunya, Kedah FA, pemain 26 tahun ini langsung menghukum Selangor FA dengan assist cemerlang yang berbuah gol di menit ke-4. Malam itu Andik tampil setengah babak dan membantu timnya menang besar, 4-0. [suggestedarticle=2]"Jujur, saya masih susah move on dari Selangor. Saya senang bisa menang besar, dan saya harap Kedah ke depan bisa terus main bagus serta bisa dapat poin yang lebih baik lagi," tutupnya.Selamat tinggal Selangor, ini saatnya 100 persen memberi kejayaan pada Kedah FA.
  1620 kali
Andik Vermansah Digaji Tinggi Kedah FA, Fans JDT Masih Berharap Bisa Memilikinya
Seorang suporter Johor Darul Takzim (JDT) yang tergabung dalam kelompok Boys of Straits, Nurul Haq, mengungkapkan bahwa Andik Vermansah mendapatkan gaji tinggi di Kedah FA. Meski begitu, menurut Nurul, Andik adalah pemain bagus dan JDT perlu mendatangkannya."Gaji Andik itu lumayan besar. Bahkan ada beberapa pemain JDT yang gajinya di bawah Andik. Saya tak tahu sebagai fans, tapi dari beberapa media itu lumayan besar," ujar Nurul, seperti dilansir Jawa Pos."Kami inginnya begitu (Andik gabung ke JDT). Namun, sebagai suporter kami tak bisa berbuat banyak. Kami percayakan kepada manajemen," lanjut Nurul.[suggestedarticle=3]Andik memulai kariernya di Malaysia pada November 2013, di Selangor FA. Pada Februari 2018, Andik pindah ke Kedah FA dengan status bebas transfer. Menurut pemberitaan di Malaysia, di Kedah, Andik menerima gaji 64.335 ringgit atau sekitar Rp 228 juta per bulan. [pagebreak]Lawan Selangor FA[/pagebreak]Pada Jumat (13/4/2018), Andik tampil melawan Selangor FA pada lanjutan Liga Super Malaysia. Di Selangor FA ada dua pemain Indonesia, yaitu Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn. Laga itu berakhir 4-0 untuk Kedah FA, dengan gol dicetak oleh Syazwan Zainon (4'), Sandro da Silva Mendonca (45', 65') dan Akram Mahinan (89'). Gol pertama Kedah merupakan buah umpan Andik."Sebelum pertandingan melawan Selangor FA, saya bilang dari awal memang susah hilangkan hati saya dengan Selangor. Maaf ya, semua kan tahu saya main empat tahun di sana. Tapi seperti yang saya bilang ke pelatih dan tim, saya tetap profesional," ujar Andik, dalam konferensi pers usai pertandingan."Jujur, saya masih susah move on dari Selangor. Saya senang bisa menang besar, dan saya harap Kedah ke depan bisa terus main bagus serta bisa dapat poin yang lebih baik lagi," tambah Andik.
  7388 kali
1523755802322 tag