Ternyata Buffon Adalah Pemain Gelandang


  •    Syukron Achmad
  •    22/11/17 - 06:00
  •    2488

(tuttosport)

Mantan kiper Kamerun, Thomas N'Kono, memiliki andil besar terhadap perjalanan karir Gianluigi Buffon sebagai penjaga gawang nomor wahid di Italia bahkan dunia. Konon, Buffon sendiri mengawali diri sebagai seorang gelandang dalam bermain bola.

Tapi posisi gelandang ditinggalkan Buffon kala dirinya tersihir oleh kebolehan N'Kono saat membela Kamerun di Piala Dunia 1990 di Italia.

"Saya bermain sebagai gelandang sampai berusia 12, dan kemudian datang dorongan menonton Piala Dunia 1990 dan bersimpati dengan Kamerun," kenang kapten Juventus itu pada situs resmi UEFA.

"Di sanalah saya mengagumi Thomas N'Kono dan saya ingin meniru dirinya," sambung kiper 39 tahun ini.




Buffon memang sudah membela AC Parma sejak berumur 13 tahun atau pada tahun 1991. Seperti yang dinyatakan sendiri oleh sang kiper, sejumlah posisi sempat dimainkan Buffon kecil saat itu. Salah satunya sektor gelandang.

Akan tetapi, pada akhirnya ia pun beralih menjadi seorang penjaga gawang. Keputusan itu sendiri tak lepas dari kekaguman Buffon pada penampilan kiper timnas Kamerun di Piala Dunia 1990, Thomas N'Kono.

N'Kono sendiri dikenal sebagai sosok kiper yang dinamis, atletis dan agresif. Ia kerap melakukan penyelamatan-penyelamatan akrobatik dan kerap meninju bola-bola crossing yang datang ke area kotak penalti.




Gelaran piala dunia ke 14 itu sendiri berlangsung di Italia dan Buffon kecil bisa dengan leluasa menyimak setiap laga yang dijalani Kamerun dan juga Thomas N'Kono.

Pada piala dunia tersebut, Kamerun saat itu berhasil menembus babak perempat final sebelum akhirnya dijinakkan oleh Inggris dengan skor 3-2.




"Setelah itu, setiap kali saya bermain di bawah mistar gawang, ayah saya kadang-kadang mengatakan bahwa saya sebenarnya bermain tidak seburuk itu," ujarnya.







Berita Terkait


1542283801638

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?