(Foto: tuttosport)

Ternyata Buffon Adalah Pemain Gelandang

Mantan kiper Kamerun, Thomas N'Kono, memiliki andil besar terhadap perjalanan karir Gianluigi Buffon sebagai penjaga gawang nomor wahid di Italia bahkan dunia. Konon, Buffon sendiri mengawali diri sebagai seorang gelandang dalam bermain bola.

Tapi posisi gelandang ditinggalkan Buffon kala dirinya tersihir oleh kebolehan N'Kono saat membela Kamerun di Piala Dunia 1990 di Italia.

"Saya bermain sebagai gelandang sampai berusia 12, dan kemudian datang dorongan menonton Piala Dunia 1990 dan bersimpati dengan Kamerun," kenang kapten Juventus itu pada situs resmi UEFA.

"Di sanalah saya mengagumi Thomas N'Kono dan saya ingin meniru dirinya," sambung kiper 39 tahun ini.



Buffon memang sudah membela AC Parma sejak berumur 13 tahun atau pada tahun 1991. Seperti yang dinyatakan sendiri oleh sang kiper, sejumlah posisi sempat dimainkan Buffon kecil saat itu. Salah satunya sektor gelandang.

Akan tetapi, pada akhirnya ia pun beralih menjadi seorang penjaga gawang. Keputusan itu sendiri tak lepas dari kekaguman Buffon pada penampilan kiper timnas Kamerun di Piala Dunia 1990, Thomas N'Kono.

N'Kono sendiri dikenal sebagai sosok kiper yang dinamis, atletis dan agresif. Ia kerap melakukan penyelamatan-penyelamatan akrobatik dan kerap meninju bola-bola crossing yang datang ke area kotak penalti.



Gelaran piala dunia ke 14 itu sendiri berlangsung di Italia dan Buffon kecil bisa dengan leluasa menyimak setiap laga yang dijalani Kamerun dan juga Thomas N'Kono.

Pada piala dunia tersebut, Kamerun saat itu berhasil menembus babak perempat final sebelum akhirnya dijinakkan oleh Inggris dengan skor 3-2.



"Setelah itu, setiap kali saya bermain di bawah mistar gawang, ayah saya kadang-kadang mengatakan bahwa saya sebenarnya bermain tidak seburuk itu," ujarnya.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


AC Milan dan Fiorentina Lolos ke Perempatfinal Coppa Italia
AC Milan dan Fiorentina menyusul Inter Milan lolos ke babak perempatfinal Coppa Italia setelah mengalahkan Sampdoria dan Hellas Verona pada putaran 16 besar, Rabu (13/12) malam waktu setempat atau Kamis (14/12) dinihari WIB.AC Milan menaklukkan Hellas Verona dengan skor 3-0 berkat gol Suso dan Alessio Romagnoli pada babak pertama, dan gol Patrick Cutrone pada awal babak kedua.Sedangkan Fiorentina memastikan kemenangan 3-2 atas Sampdoria berkat dua tendangan penalti Jordan Veretout, setelah mereka membuka keunggulan dari gol cepat Khouma Babacar.Sampdoria sempat membalas dua gol dari aksi Edgar Barreto dan penalti Ramirez, namun skor 3-2 bertahan hingga laga usai.Pada pertandingan sebelumnya, Inter Milan telah lolos ke babak perempatfinal setelah menang adu penalti 5-4 atas tim divisi tiga Pordenone Calcio pada Selasa kemarin.Berikut hasil Coppa Italia:Inter 0 - 0 Pordenone Calcio (adu penalti 5-4)Fiorentina 3 - 2 SampdoriaMilan 3 - 0 Hellas VeronaJadwal pertandingan Coppa Italia:15 DesemberLazio vs Cittadella20 Desember 2017Napoli vs UdineseAtalanta vs SassuoloRoma vs Torino21 Desember 2017Juventus vs Genoa
  501 kali
Totti: AS Roma Scudetto, Juventus Juara Liga Champions
Francesco Totti berharap AS Roma mampu meraih gelar juara Liga Italia di masa depan. Tidak hanya itu, Totti juga yakin suatu saat Juventus akan meraih gelar juara Liga Champions.Totti bicara tentang peluang AS Roma yang dipastikan akan menghadapi klub asal Ukraina, Shakhtar Donetsk. Totti menilai kedua tim memiliki peluang lolos yang sama kuat."Melawan Shakhtar (Donetsk) peluang menjadi 50-50 di babak 16 besar Liga Champions," ujar Totti kepada dilansir dari Football Italia.[suggestedarticle=3]Saat diberikan dua pertanyaan sulit tentang raihan AS Roma dan Juventus, Totti memberikan jawaban diplomatis. Namun mantan pemain tim nasional Italita tersebut yakin kedua tim dapat memenuhi ambisi mereka suatu saat nanti."AS Roma meraih Scudetto atau Juventus meraih Liga Champions? Scudetto tidak akan mudah untuk AS Roma, tidak juga Liga Champions untuk Juventus, tapi semoga keduanya bisa meraihnya," ujar Totti.
  362 kali
Barcelona Siap Rekrut Bintang Lazio
Penampilan konsisten yang terus ditunjukkan Luis Alberto bersama klub Serie A SS Lazio, rupanya mendapat perhatian dari raksasa Liga Spanyol, Barcelona. Klub yang bermarkas di Camp Nou ini dikabarkan serius untuk menggaet mantan pemain Liverpool tersebut.Sebelumnya, jebolan akademi Sevilla ini pernah berseragam Barcelona kendati hanya bermain bersama tim B. Setelah itu, ia tak dipermanenkan dan dikembalikan ke Sevilla sebelum akhirnya dijual ke klub Liga Inggris, Liverpool.[suggestedarticle]Namun, selama tiga musim bergabung dengan The Anfield Gank, ia hanya menorehkan catatan sembilan penampilan tanpa mencetak gol. Itulah yang membuat ia dipinjamkan ke Malaga dan Deportivo La Coruna sebelum di boyong Lazio pada 2016 silam.Bersama tim ibukota tersebut, ia mampu untuk mengeluarkan permainan terbaiknya. Ia mampu mengantarkan Lazio ke posisi lima dan mampu bersaing dengan tim macam Napoli, Inter, Juventus, Roma, maupun Ac Milan.[suggestedarticle]Meski begitu, nampaknya Lazio takkan mudah untuk melepas pemain 25 tahun tersebut. Pasalnya, pelatih Simone Inzaghi sudah menjadikannya sebagai duet maut bersama Ciro Immobile di lini serang Biancocelesti.
  583 kali
Hadapi Verona, Gattuso Incar Kemenangan Kedua
Gennaro Gattuso akan kembali diuji kapasitasnya sebagai pelatih AC Milan di ajang Coppa Italia menghadapi Hellas Verona. Kabarnya, Gattuso bakal melakukan rotasi dalam laga tersebut.Motivasi Gattuso sedang meninggi untuk mengejar kemenangan kedua bersama Il Diavolo setelah sebelumnya sukses meredam perlawanan Bologna di pentas Serie A. Namun, dalam upayanya itu Gattuso mencanangkan bakal mengistirahatkan sejumlah pemain inti.[suggestedarticle]"Kami ingin melaju ke putaran selanjutnya. Kami harus menang, meski jika nanti akan menjadi laga yang berat," ungkapnya kepada Milan TV."Rotasi skuat? Kami mempertimbangkan kondisi fisik dari beberapa pemain kami. Mari kita lihat setelah sesi latihan hari ini (Selasa)," ucapnya.[suggestedarticle]Kemenangan atas Verona dini hari nanti akan mempertemukan Milan dengan saudara tiri sekota Inter Milan di perempat final. Inter sendiri harus bersusah payah mengalahkan klub dari Serie C, Pordenone melalui babak adu penalti.
  254 kali
Raiola Mengklaim, Donnarumma Batalkan Kontrak Milan
Mino Raiola, agen dari Gianluigi Donnarumma baru-baru ini mengklaim kliennya telah membatalkan kontrak yang diberikan AC Milan. Tak ingin melahirkan sebuah spekulasi sesat, Gennaro Gattuso selaku pelatih langsungmembnatahnya.Menurut Gattuso, kondisi Donnarumma baik-baik saja dan tidka menunjukan gelagat pembangkangan. Jika pun ada masalah, Gattuso percaya pihak manajemen akan segera menyelesaikannya."Bagi saya, tak ada masalah dengan Donnarumma. Marco Fassone dan Massimiliano Mirabelli akan berbicara jika ada masalah dengan dia," ungkapnya kepada Milan TV.[suggestedarticle]"Saya berbicara kepada Gigio setiap hari dan saya melihat pemuda yang pendiam, yang benci gagal menang. Setelah laga melawan Benevento, ia sangat sedih," katanya.Donnarumma sebelumnya sempat membuat geger fans dengan menolak perpanjangan kontrak pada bursa transfer musim panas kemarin. Tapi berkat pendekatan yang intensif, kiper muda itu akhirnya mau menandatangani kontrak baru bersama AC Milan.[suggestedarticle]Namun belakangan Railo mengatakan pada pihak Milan bahwa kliennya merasa ditekan ketika menandatangani kontrak baru. Alhasil, kliennya berencana membatalkan kontrak itu dan menjadikannya sbegaia pemain berstatus bebas transfer di akhir musim nanti.
  657 kali
Gagal Dapatkan Kepa, Juventus Maksimalkan Szczesny
Juventus terus mencari suksesor Gianluigi Buffon untuk menjadi penjaga gawang utama. Kepa Arrizabalaga sempat dikaitkan dengan Si Nyonya Tua. Tapi sepertinya upaya tersbeut tak akan menjadi kenyataan. Mengapa?Juventus rupanya tak kuasa membayar gaji kiper Atletico Bilbao itu. Terlebih Kepa Arrizabalaga juga diincar Real Madrid yang berani membayarnya sebesar 3,5 juta euro per musim.[suggestedarticle]Dikutip dari Calciomercato, Juve disebut sudah cukup lama mengirim pemandu bakat untuk mengawasi permainan Kepa. Juve pun tertarik untuk mendatangkannya sebagai calon penerus Gianluigi Buffon yang akan pensiun pada musim depan.Namun melihat kekuatan finansial Madrid yang juga ngotot mendapatkan Kepa, manajemen Juve memilih untuk mundur. Kepa sendiri dikabarkan selangkah lagi akan menjadi pemain Madrid. Kiper asal Basque tersebut kontraknya akan habis di bulan Juni tahun 2018. Madrid akan membelinya seharga 25 juta euro pada bulan Januari yang akan datang dengan kontrak berdurasi enam musim.[suggestedarticle]Dengan begitu, Juve harus bisa memaksimalkan Wojciech Szczesny sebagai pelapis Buffon. Bagusnya kiper asal Polandia itu menunjukkan kinerja bagus sebagai pengganti saat Buffon absen.
  546 kali
Juventus Terdepan Dapatkan Pemain Liverpool
Salah satu pemain Liverpool yang kontraknya akan berakhir di penghujung musim ini dikabarkan sudah mencapai kata sepakat dengan Juventus. Sebelumnya beberapa klub lain juga ingin mendatangkan pemain asal Jerman itu.Emre Can menjadi salah satu buruan Juventus untuk bursa transfer musim panas 2018. Tuttosport melaporkan pemain 23 tahun tersebut sudah menyatakan sepakat untuk bergabung dengan Juventus.[suggestedarticle=3]Can juga dikabarkan akan menandatangani pra-kontrak bersama Juventus pada Januari 2018. Kontrak tersebut memastikan mantan pemain Bayer Leverkusen itu akan bergabung dengan Juventus saat kontraknya habis bersama Liverpool.Sejak bergabung dengan Liverpool pada 2014, Can menjadi salah satu pemain penting di lini tengah the Reds. Dalam satu musim Can setidaknya tampil dalam 40 pertandingan bersama Liverpool.
  1000 kali
Andalan Tottenham Hotspur Tak Sabar Hadapi Juventus
Tottenham Hotspur menyambut baik hasil undian yang mempertemukan mereka dengan Juventus di babak 16 besar Liga Champions. Laga diprediksi berjalan seimbang.Penyerang andalan Tottenham Harry Kane sudah tidak sabar untuk melakoni pertandingan menghadapi Juventus. The Lilywhites akan lebih dulu bertandang ke Allianz Stadium pada 14 Februari 2018 sebelum menyambut Mario Mandzukic cs pada 8 Maret 2018.[suggestedarticle=3]"Kami melihat undian Liga Champions bersama-sama dan antusias untuk menghadapi Juventus," kata Kane dikutip dari Football Insider.Kane menganggap Tottenham sedang dalam kondisi terbaik untuk melawan juara bertahan Serie A itu. Terlebih lagi pasukan Mauricio Pochettino lolos grup sebagai pemuncak, membuat Real Madrid sebagai runner-up."Untuk bisa mencapai posisi sekarang dengan mengalahkan juara bertahan di fase grup adalah langkah positif. Kami akan menggunakan kepercayaan diri ini agar melangkah lebih jauh musim ini," ujar Kane.
  390 kali
Inter Milan Capolista, Mou Mengaku Ikut Bahagia
Jose Mourinho mengaku bahagia melihat Inter Milan berhasil menjadi yang teratas dalam kompetisi sepak bola tertinggi Italia. Tapi begitu, dirinya enggan disamakan dengan pelatih Inter Milan saat ini Lucioa Spalletti.Menurut Mou, Spalletti akan mengukir sejarahnya sendiri dengan pencapaian yang berbeda dengan dirinya. "Spalletti memiliki ceritanya sendiri, saya punya sendiri, tapi saya senang mereka berada di tempat pertama klasemen," ujarnya.[suggestedarticle]"Kami masing-masing memiliki metode kerja sendiri. Saya seorang Interista dan akan selalu ingin mereka melakukannya dengan baik, meskipun dari jauh," katanya.Jose Mourinho merupakan salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki Inter Milan ketika dia mengantar Nerazzurri meraih treble pada tahun 2010. Di tahun itu, dia mengantar Inter meraih Scudetto, Liga Champions dan Coppa Italia.[suggestedarticle]Sejak kesuksesan bersejarah itu, Mourinho pun menjadi referensi dalam penilaian sukses tidaknya seorang pelatih Inter. Dan itu pula yang dialami oleh pelatih Luciano Spalletti yang terus dibandingkan dengan Mourinho. Inter Milan sendiri saat ini memuncaki klasemen sementara Serie A dengan raihan 40 poin. Mereka unggulan satu poin dari Napoli, dan dua poin dari Juventus.
  425 kali
Juventus Kembali Fokuskan Target pada Bellerin
Klub Liga Italia Serie A Juventus, tengah sibuk mencari pemain baru pada Januari mendatang. Fokusnya kali ini adalah pada sektor bek kanan.Juventus memang sejak musim lalu sudah dikait-kaitkan dengan pemain Arsenal Hector Bellerin. Meski menegaskan salah satu asetnya itu akan tetap berseragam The Gunners, namun pihak klub sejatinya tak akan menahan jika ada klub yang berani membayar sesuai harga yang telah ditetapkan oleh klub.Arsenal sendiri mematok harga tak kurang dari 38,6 juta poundsterling untuk mantan pemain Barcelona tersebut. Harga ini lebih murah dari prakiraan yang berkisar 40 juta poundsterling.[suggestedarticle]Kini, Juventus menjadikan Bellerin sebagai target teratas pada Januari mendatang. Hal ini tak lain karena kemungkinan klub yang bermarkas di JJ Stadium ini akan membebaskan bek Stephan Lichsteiner pada akhir musim.Disisi lain, Tuttosport mengatakan bahwa peluang Juventus untuk membawa pemain Spanyol itu keluar dari Emirates Stadium cukup sulit. Karena Arsenal tidak akan menjual Bellerin di bawah harga yang di tetapkan. Dan itu tandanya, mau tidak mau Juventus harus siap untuk menjadikan Bellerin sebagai bek termahal dunia.[suggestedarticle]Jika gagal, maka Juve telah menyiapkan alternatif lain seperti bek PSG Thomas Meunier dan Sime Vrsaljko dari Atletico Madrid. Keduanya memiliki banderol yang relatif lebih murah dari Bellerin, berkisar 20-25 juta poundsterling.
  202 kali
1513042802094 tag