(Foto: sindonews)

Tragis, Liverpool Batal Menang Meski Unggul Duluan Tiga Gol

Andai laga lanjutan penyisihan Grup E Liga Champions hanya berlangsung 45 menit, maka Liverpool bisa memastikan kelolosannya ke babak selanjutnya setelah menutup laga dengan keunggulan 0-3. Tapi takdir justru berkata lain.

Publik Stadion Ramon sanchez Pizjuan, Rabu (22/11) dini hari WIB, sempat hening kala aksi brilian para penyerang Liverpool berhasil menjebol gawang Sevilla sebanyak tiga kali. Yakni melalui Roberto Firmino di menit ke dua dan 30 serta Sadio Mane di menit ke 22.

Namun, tuan rumah nyata-nyata berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 di 90 menit laga. Di awali gol Wissam Ben Yedder di menit ke 51 dan 60 serta gol Guido Pizzaro dimenit ke 90.

Dengan hasil imbang itu, maka Liverpool memiliki tantangan besar saat harus menjamu Spartak Moskow di Anfield pada laga selanjutnya.



Hasrat Liverpool untuk lolos lebih cepat sepertinya bakal terkabul setelah mereka menunjukan permainan yang bengis di paruh pertama. Mereka langsung unggul cepat pada menit kedua melalui gol Firmino.

berawal dari sebuah set piece sepak pojok, bola yang berhasil ditanduk Wijnaldum mengarah kepada sisi kotak penalti Sevilla yang kosng. Namun telah bersiap Firmino yang tanpa ampun mencocor bola tanpa adanya gangguan drai pemain belakang lawan. Sementara The Reds unggul 0-1.

Gol kedua Liverpool yang dicetak Mane pun kurang lebih sama seperti gol pertama Firmino. Tapi kali ini Mane memilih menyelesaikannya dengan cara menanduk bola. Sevilla kosong, Liverpool dua.

Delapan menit kemudian, Firmino kembali menjadi mimpi buruk bagi Sevilla. Tendangan Mane yang berhasil dimentahkan Sergio Rico langsung disambar Firmino. The Reds unggul tiga gol sampai turun minum babak pertama.



Memasuki babak kedua, Sevilla yang tak ingin malu di rumah sendiri mencoba mengambil perhatian dengan bermain lebih menyerang. 

Hasilnya pun positif, kala Wissam Ben Yedder berhasil memperkecil keadaan menjadi 1-3 pada menit ke 51. Sejak gol tersebut, tifosi tuan rumah kembali bersemangat mendukung tim kesayangannya.

Hal tersebut rupanya berdampak bagus bagi permainan Sevilla. Faktanya, mereka berhasil mencetak gol kedua sekaligus membuat Liverpool panik bukan kepalang. 

Alberto Moreno terpaksa melanggar Ben Yedder di kotak penalti sembilan menit setelah gol pertama Sevilla. Ben Yedder yang maju sendiri sebagai eksekutor berhasil memaksa laga berubah menjadi 2-3.



Lantas, Liverpool pun bermain penuh tekanan dan Sevilla yang justru balik menekan. Skor 3-3 hampir saja kejadian jika peluang Pizarromencetak gol tak dimentahkan Karius di menit ke 61.

Untuk mengamankan keunggulan, pada menit ke-62 pelatih Liverpool, Jurgen Klopp mengubah strategi. Ia memasukkan dua gelandang James Milner dan dan Emre Can untuk menggantikan Moreno dan Coutinho.

Sebaliknya pelatih Sevilla, Eduardo Berizzo, menambah daya serang pada menit ke-72 dengan menarik Nolito dan memasukkan Muriel. Namun sampai menit ke-80 perubahan strategi tersebut belum membuahkan hasil bagi Sevilla. Gawang Sevilla bahkan nyaris dibobol lagi oleh Mane, tapi bola sepakannya masih melebar.



Laga yang hampir berkesudahan 2-3 berubah di detik-detik akhir. Kali ini giliran Sevilla yang mendapatkan buah manis dari sebuah sepakan pojok.

Sepak pojok yang menghadirkan polemik di depan gawang Karius, berhasil dimanfaatkan Pizzaro yang mendapatkan bola di kakinya. Dengan sepakan tak begitu keras, pemain berkepala gundul itu sukses melestakan bola ke jala Liverpool untuk ketiga kalinya.

Kedudukan imbang 3-3 pun menjadi hasil akhir dari laga Sevilla kontra Liverpool.



Susunan Pemain

Sevilla: Rico, Mercado, Geis, Lenglet, Escudero, Pizzaro, N'Zonzi (Vazquez 46'), Banega, Sarabia, Nolito (Muriel 73'), Ben Yedder (Correa 81')

Liverpool: Karius, Gomez, Klavan, Lovren, Moreno (Milner 63'), Wijnaldum, Henderson, Coutinho (Can 63'), Mane, Salah (Oxlade-Chamberlain 87'), Firmino
editTerakhir diubah:  22/11/17 - 06:19

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Juventus Terdepan Dapatkan Pemain Liverpool
Salah satu pemain Liverpool yang kontraknya akan berakhir di penghujung musim ini dikabarkan sudah mencapai kata sepakat dengan Juventus. Sebelumnya beberapa klub lain juga ingin mendatangkan pemain asal Jerman itu.Emre Can menjadi salah satu buruan Juventus untuk bursa transfer musim panas 2018. Tuttosport melaporkan pemain 23 tahun tersebut sudah menyatakan sepakat untuk bergabung dengan Juventus.[suggestedarticle=3]Can juga dikabarkan akan menandatangani pra-kontrak bersama Juventus pada Januari 2018. Kontrak tersebut memastikan mantan pemain Bayer Leverkusen itu akan bergabung dengan Juventus saat kontraknya habis bersama Liverpool.Sejak bergabung dengan Liverpool pada 2014, Can menjadi salah satu pemain penting di lini tengah the Reds. Dalam satu musim Can setidaknya tampil dalam 40 pertandingan bersama Liverpool.
  1000 kali
Ini Persentase Peluang Klub-Klub ke Final Liga Champions
Usai undian babak 16 Besar Liga Champions, mulai memperlihatkan peluang dari klub-klub menuju babak berikutnya. Bahkan fivethirtyeight.com mengeluarkan daftar persentase peluang mereka sampai ke final, sebelum dan sesudah undian 16 Besar digelar.Lionel Messi dan kawan-kawan dari Barcelona masih yang tertinggi dengan 36 persen baik sebelum maupun setelah mengetahui lawannya pada 16 Besar, yakni Chelsea. Muenchen peluangnya sama dengan Barcelona setelah undian tersebut, di mana juara Liga Jerman itu akan menghadapi Besiktas.Manchester City masuk urutan ketiga tertinggi ke final dengan 25 persen. Skuat Pep Guardiola akan meladeni Basel pada 16 Besar. Real Madrid berada di urutan keempat dengan 23 persen.[suggestedarticle=3]Hasil undian 16 Besar Liga ChampionsJuventus vs TottenhamBasel vs Manchester CityFC Porto vs LiverpoolSevilla vs Manchester UnitedReal Madrid vs Paris Saint GermainShakhtar vs AS RomaChelsea vs BarcelonaBayern Muenchen vs BesiktasPersentase perkiraan peluang ke final Liga Champions
  3205 kali
Messi Yang Tumpul Ketika Berhadapan dengan Chelsea
Undian babak 16 besar Liga Champions baru saja berlangsung di markas besar UEFA di Nyon, Swiss, Senin, 11 Desember 2017. Salah satu wakil Spanyol, Barcelona harus berhadapan dengan Chelsea dalam fase knock-out kali ini.Chelsea mungkin lawan yang sangat tidak diinginkan oleh pemain andalan Barcelona, Lionel Messi. La Pulga belum pernah sekali pun membobol gawang The Blues dalam delapan pertemuan. Walau memiliki total 29 kali tembakan, pemain asal Argentina itu selalu gagal mencetak gol ke gawang Chelsea. 0 - Lionel Messi has faced Chelsea eight times without scoring a single goal from 29 shots; his worst record against a single club during his career. Hex. #UCLDraw pic.twitter.com/PDe4GOndTQ — OptaJoe (@OptaJoe) December 11, 2017 Pada pertemuan terakhir di Liga Champions 2011/2012, Chelsea mampu menyingkirkan Barcelona dengan agregat 3-2. Setelah menang 1-0 di Stamford Bridge, Fernando Torres dan kawan-kawan ketika itu memaksakan hasil imbang 2-2 di Camp Nou meski sempat tertinggal 0-2 terlebih dulu.[suggestedarticle]Pada duel di tahun 2009, Barcelona yang sukses menyingkirkan Chelsea lewat agresivitas gol tandang. Saat itu Andres Iniesta mencetak gol di masa injury time pada laga di Stamford Bridge untuk membawa Barcelona lolos ke babak selanjutnya.Lebih jauh ke belakang, Barcelona juga mampu menyingkirkan Chelsea di Liga Champions 2005/2006, sebuah balasan atas kemenangan Chelsea dari Barcelona di tahun sebelumnya. Sedangkan di ajang tak resmi, Chelsea pernah bertemu Barca di International Champions Cup 2015. The Blues sukses menang 4-2 lewat adu penalti di FedEx Field, Amerika Serikat, 29 Juli 2015. Sebelumnya, laga berakhir imbang 2-2 selama 90 menit.
  776 kali
Pesan Totti untuk AS Roma di Babak 16 Besar Liga Champions
Legenda AS Roma Francesco Totti optimistis dengan hasil undian Il Lupi pada babak 16 besar Liga Champions. Juara Grup C itu akan menghadapi Shakhtar Donetsk.Totti yang turut meramaikan undian di markas UEFA, di Nyon, Swiss, menegaskan Shakhtar bukan klub yang bisa diremehkan Roma. Semua lawan yang lolos fase grup dianggapnya punya kualitas.[suggestedarticle=3]"Mengingat yang terjadi di sana, undian berjalan dengan baik. Tapi jangan meremehkan mereka karena secara teknik dan fisik mereka kuat dan tampil bagus di kandang," ucap Totti dilansir SportMediaSet.Roma lebih dulu bertandang ke Ukraina pada 21 Februari 2018. Lalu pasukan Eusebio Di Francesco menjamu Shakhtar di Olimpico pada 13 Maret 2018."Permainan akan berlangsung terbuka tapi selanjutnya Anda akan mengalami tantangan yang lebih sulit," kata Totti berbagi pengalaman soal atmosfer kompetisi Liga Champions.
  392 kali
Xabi Alonso Dinilai Membuat Madrid Sial
Real Madrid bertemu dengan lawan yang dinilai paling sulit dalam babak 16 besar Liga Champions, PSG. Uniknya undian ini dilakukan oleh Xabi Alonso.Legenda Madrid itu membantu memenangkan dua trofi Liga Champions dengan operan-operan akuratnya sebagai jenderal lini tengah tapi untuk urusan menarik undian ternyata tangan Alonso dinilai membawa sial. [suggestedarticle=3]Ucapan ini diungkapkan eks Madrid Alvaro Arbeloa lewat Twitter yang percaya dengan Alonso bisa memilih lawan yang tepat di babak 16 besar. "Kita berada di tangan yang aman dengan @XabiAlonso."Kicauan itu segera direvisi setelah Alonso mempertemukan Madrid dengan PSG. Los Blancos berstatus runner-up Grup H melawan tim asuhan Neymar dan kawan-kawan yang menjuarai Grup B berkat kemenangan atas Bayern Muenchen."Kita semua tahu @XabiAlonso jauh lebih baik dengan kakinya daripada tangannya," ujar Arbeloa.
  1560 kali
Andalan Tottenham Hotspur Tak Sabar Hadapi Juventus
Tottenham Hotspur menyambut baik hasil undian yang mempertemukan mereka dengan Juventus di babak 16 besar Liga Champions. Laga diprediksi berjalan seimbang.Penyerang andalan Tottenham Harry Kane sudah tidak sabar untuk melakoni pertandingan menghadapi Juventus. The Lilywhites akan lebih dulu bertandang ke Allianz Stadium pada 14 Februari 2018 sebelum menyambut Mario Mandzukic cs pada 8 Maret 2018.[suggestedarticle=3]"Kami melihat undian Liga Champions bersama-sama dan antusias untuk menghadapi Juventus," kata Kane dikutip dari Football Insider.Kane menganggap Tottenham sedang dalam kondisi terbaik untuk melawan juara bertahan Serie A itu. Terlebih lagi pasukan Mauricio Pochettino lolos grup sebagai pemuncak, membuat Real Madrid sebagai runner-up."Untuk bisa mencapai posisi sekarang dengan mengalahkan juara bertahan di fase grup adalah langkah positif. Kami akan menggunakan kepercayaan diri ini agar melangkah lebih jauh musim ini," ujar Kane.
  390 kali
Mohamed Salah Terbaik Afrika Tahun 2017
Bintang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah terpilih menjadi pemain terbaik Afrika 2017. Salah memang tampil luar biasa sepanjang tahun 2017 ini.Salah tampil hebat bersama AS Roma dan melanjutkan performanya bersama Liverpool sejak awal musim 2017/18. Selain itu bersama timnas, ia membawa Mesir lolos ke Piala Dunia 2018.[suggestedarticle=3]"Saya sangat senang bisa memenangkan penghargaan ini," ucap Salah seperti dikutip dari BBC Sport."Merupakan hal spesial ketika Anda memenangkan sesuatu. Saya merasa menjalani tahun hebat dan saya sangat senang."Saya ingin berterima kasih kepada rekan setim di Liverpool dan juga Roma. Saya juga berterima kasih kepada rekan setim di timnas," lanjutnya.Tahun ini, Salah mencetak 15 gol dan 11 assist untuk Roma. Bersama Liverpool sejauh ini ia mencetak 13 gol dalam 16 pertandingan Premier League.
  299 kali
Legenda Everton Tuding Klopp Tak Paham Arti Derby Merseyside
Liverpool gagal memenangi Derby Merseyside setelah gol penalti Wayne Rooney membuat Everton sukses memaksa laga berakhir 1-1. Rupanya hasil tersebut membuat Jurgen Klopp menerima tudingan.Legenda Everton, Alan Stubbs, menuding Klopp adalah pelatih asing yang tidak memahami arti penting laga tersebut. Stubbs menegaskan, Klopp tak bisa melakukan hal apapun selain menyalahkan dirinya sendiri usai Liverpool bermain imbang di derby Merseyside."Saya akan senang ketika melihat tim yang diturunkan Liverpool kemarin. Bukannya mereka lebih lemah, namun ketika anda tidak memainkan pemain terbaik anda di derby," jelas Stubbs di talkSPORT.[suggestedarticle]"Banyak penggemar Liverpool akan bertanya-tanya apa yang dia lakukan? Ini laga derby, bukan pertandingan biasa. Saya kira kadang pelatih asing tidak memahami ini. Dia hanya bisa menyalahkan diri sendiri."Stubbs lantas mengkritik Klopp, yang memutuskan tak menurunkan Philippe Coutinho dan Roberto Firmino sebagai starter."Jika dua pemain itu ada di atas lapangan, akan sulit bagi Everton untuk mendapatkan poin," ucapnya.[suggestedarticle]Meski begitu, Liverpool sukses menekan rival sekotanya itu hampir sepanjang pertandingan. Puncaknya menit ke 42 The Reds unggul berkat gol Mohamed Salah. Tetapi belum 90 menit laga berlangsung, Rooney berhasil menyamakan kedudukan melalui titik putih sekaligus menjadi skor akhir dalam laga itu.
  519 kali
DIARY: Nasib Sial Chelsea di Liga Champions, Juventus Bertemu Kuda Hitam dari Inggris
Liga Champions 2017/2018 sudah memasuki babak 16 besar. Undian dilakukan di markas UEFA di Nyon, Swiss mempertemukan juara dan runner-up fase grup.Hasil Undian Babak 16 Besar Liga Champions: Real Madrid Ditantang PSG!Undian Liga Champions telah dihelat di Nyon pada Senin (12/11). Partai besar tersaji dimana Real Madrid akan berhadapan kontra Paris Saint-Germain.Tiga Partai Besar Tersaji di 16 Besar Liga ChampionsUndian 32 besar Liga Europa telah berlangsung di markas UEFA, Senin (11/12). Hasilnya tersaji beberapa laga menarik di fase 32 besar ini.Hasil Lengkap Undian 32 Besar Liga Europa
  901 kali
Bertemu Chelsea, Dua Pemain Ini Diwaspadai Barcelona
Barcelona harus menghadapi Chelsea dalam babak 16 besar Liga Champions 2017/2018. Pelatih Ernesto Valverde sudah punya bayangan mengenai laga tersebut.Blaugrana lebih dulu bertandang ke Stamford Bridge sebelum menjamu Chelsea di Camp Nou. Soal lawannya, Valverde akan fokus kepada Eden Hazard dan Alvaro Morata.[suggestedarticle=3]"Secara taktik mereka sangat bagus dan sangat fisikal. Bersama Morata mereka punya kecepatan saat menyerang dan Hazard sangat bagus bermain di antara lini. Mereka tim yang sangat kuat," kata Valverde dikutip dari Soccerway.Lionel Messi dan kawan-kawan lolos fase grup setelah mengalahkan Juventus untuk merebut peringkat pertama. Sementara Chelsea harus mengakui keunggulan Roma dan terpaksa menjadi runner-up."Undian ini tantangan bagi kami, tapi kami juga tahu tidak ada yang mudah karena banyak tim sangat bagus dalam babak ini.""Chelsea adalah juara Inggris tapi kami akan tampil dengan antusias walau pertandingannya sulit. Laga ini bagus untuk kami dan suporter. Terkait hal itu, akan mudah untuk memotivasi para pemain," tandas Valverde.
  1009 kali
1513050001507 tag