SEA Games 2017: Putra Terpuruk, Putri Bersinar


  •    Dwi Anggoro
  •    31/12/17 - 10:00
  •    1155

(Bolalob )

SEA Games 2017 menjadi SEA Games terburuk bagi Timnas Futsal Putra yang untuk pertama kalinya tidak meraih medali. Sebaliknya bagi Timnas Futsal Putri menjadi sejarah karena pertama kalinya menyumbangkan medali bagi Indonesia.

Kegagalan Timnas Futsal Putra sendiri merupakan puncak dari drama yang awalnya Tidak berangkat kemudian diberangkatkan, tapi dengan waktu yang mepet. Berbeda dengan Timnas Futsal Putri yang melakukan persiapan jauh-jauh hari.

Timnas Futsal Putri kali ini ditangani oleh Andre Picessa dan langsung melakukan seleksi pada 16-20 Mei di Purwokerto. Dua puluh empat pemain diseleksi untuk menentukan 18 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan.




Ketika Timnas Futsal Putri sudah melakukan seleksi kemudian TC, Timnas Futsal Putra baru dijawalkan melakukan seleksi pada 3 Juli. Tapi, apa yang terjadi seleksi mengalami pengunduran hingga waktu yang tak ditentukan meski 31 nama pemain sudah ditentukan untuk ikut seleksi oleh Victor Hermans.

Selain belum mulainya seleksi, Timnas Futsal Putra harus menerima jika mereka memakai biaya sendiri jika ingin bertanding di SEA Games karena tidak masuk dalam cabor yang diusulkan Satlak Prima ke Komite Olahraga Indonesia (KOI).



Sebaliknya, Timnas Futsal Putri mendapat biaya penuh d ari TC hingga bertanding di SEA Games 2017 dari Satlak Prima. Artinya, Timnas Futsal Putri dijagokan meraih medali dibanding Timnas Futsal Putra.

Persiapan yang tidak mulai-mulai membuat Vic mulai ralistis memasang target di SEA Games 2017. "Tapi, dengan persiapan yang mepet kami hanya bisa mencoba sebaik mungkin di turnamen nanti, dan sesudah itu akan ada evaluasi," ungkapnya kepada Bolalob.

halaman 2 dari 2
SEA Games 2017 Selengkapnya  


Putra dan Putri Beda Nasib

SEA Games 2017 sendiri hanya diikuti oleh lima negara, yaitu Indonesia, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan tuan rumah Malaysia. Baik nomor putra maupun putri akan menggunakan sistem setengah kompetisi dengan semua tim bertemu. Tim yang finish diperingkat tiga besar klasemen akhir mendapat medali.

Dukungan Satlak Prima kepada Timnas Futsal Putri terlihat saat Chief de Mission SEA Games 2017, Aziz Syamsudin melihat secara langsung TC Timnas Futsal Putri yang diadakan di lapangan My Futsal, Jakarta pada Rabu (12/7/2017). Sebaliknya, Timnas Futsal Putra masih belum tahu kapan seleksi dan TC.

Kabar buruk sempat datang ketika beredar kabar Timnas Futsal Putra tidak diberangkatkan ke SEA Games 2017. PSSI pun sampai harus menanti kepastian dari Federasi Futsal Indonesia (FFI) terkait kabar tersebut. PSSI sendiri memerintahkan Timnas Futsal Putra harus berangkat ke SEA Games 2017.



“Alhamdulilah Timnas Futsal Indonesia berangkat ke SEA Games setelah rapat koordinasi dengan FFI. Dalam rapat ini kita membicarakan persiapan dan hal teknis, termasuk keberangkatan dan pembiayaan. Salah satunya adalah kesepakatan formal dengan Ketua PSSI dan FFI,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha.

Kemenpora Imam Nahrawi pun meminta Timnas Futsal Putra berlaga di SEA Games 2017. "Kita akan minta PSSI untuk menyiapkan timnasnya. Kita ingin lihat kapan mereka memulai pelatnas. Kalau kita oke tapi FFI dan PSSI tidak menyiapkan, masa kita yang harus bermain. Kalau ada yang bilang enggak didukung fitnah itu. Timnas futsal putri saja kita dukung kok," ungkap Imam.




Di kala Timnas Futsal Putra masih menjadi polemik. Timnas Futsal Putri sudah menentukan 14 pemain yang akan berlaga di SEA Games 2017 pada 15 Juli. Berikut 14 pemain Timnas Futsal Putri.

1. Citra Adisti (Jaya Kencana Angels)
2. Diyana Herlina (UPI APK Permata)
3. Maulina Novrilyani (Jaya Kencana Angels)
4. Novita Murni Piranti (UPI APK Permata)
5. Suciana Yuliani (Kebumen Angels)
6. Fitri Rosdiana (UPI APK Permata)
7. Yunita Sari (UPI APK Permata)
8. Diah Tri (UPI APK Permata)
9. Susi Susanti (Jaya Kencana Angels)
10. Anggi Puspitasari (Jaya Kencana Angels)
11. Dinar Kartika (Kebumen Angels)
12. Maya Muharina (Netic Ladies)
13. Fitriya Hilda (Jaya Kencana Angels)
14. Rani Mulyasari (Lampung Angels S-One)

Timnas Futsal Putra sendiri akhirnya mengadakan seleksi dan pemusatan latihan pada 4 Agustus yang diikuti 31 pemain. Tapi, tidak ada pencoretan pemain meski hanya 14 pemain yang dikirim ke SEA Games 2017. Pemain sisanya akan terus menjalani seleksi untuk berlaga di event selanjutnya.

Kabar menggemparkan datang saat Vic memutuskan untuk tidak mendampingi Timnas Futsal Putra di SEA Games 2017, dan menyerahkannya kepada asistennya Yori van der Torren.



"Melihat waktu persiapan ke SEA Games yang dimulai 16 Agustus tentunya sangatlah mepet. Tapi, persiapan ke AIMAG (Asian Indoor dan Martial Arts Games) dibulan September masih memungkinkan," tulisnya disitus resminya.

"Bahwa kita tetap berangkat ke SEA Games dibawah banyak tekanan berbagai wewenang. Saya akan tinggal bersama 17 pemain di Lombok dan memberikan perhatian penuh kepada mereka," tambahnya.




Timnas Futsal Putra akhirnya menentukan 14 pemain yang akan berangkat ke SEA Games 2017. Secara mengejutkan tidak ada nama Randy Satria dan Bambang Bayu Saptaji di skuat SEA Games 2017.

1. Muhammad Albagir (BJL Shiba U-20)
2. Yusuf Kurniawan (Antam FC)
3. Tricahyo Ramadhan (Mataram FC / Vamos FC)
4. Andriansyah Agustin (Bintang Timur)
5. Rio Pangestu Putra (APK FC)
6. Ardiansyah Runtuboy (Black Steel)
7. Syauqi Saud (Mataram FC / Vamos FC)
8. Anton Cahyo Nugroho (BJL 2000 Shiba)
9. Andi Fardiansyah (Kamiada Pelindo IV)
10. Eko Sutrisno (Permata Indah)
11. Mochammad Iqbal Rahmatullah (Vamos FC)
12. Subhan Faidasa (Biangbola)
13. Johanis Mustamu (IPC Pelindo II)
14. Alexander Bernhard (Black Steel)

Timnas Futsal Putra dan Putri akhirnya berangkat ke SEA Games 2017. Tapi, berbeda dengan Timnas Futsal Putri yang menjalani laga uji coba, Timnas Futsal Putra tanpa uj coba sama sekali, bahkan hanya melakukan persiapan selama satu minggu.

Tak dinyana, Timnas Futsal Putra berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan raksasa futsal Thailand dilaga pertama mereka di SEA Games 2017. Pertandingan berlangsung di Shah Alam Panasonic Sports Complex pada Minggu (20/8) siang pukul 13.00 WIB. Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 4-2. Empat gol TiasmN Futsap Ptura dicetak oleh Subhan Faidasa, Sauqy Saud Lubis, dan Alexander Benhard.



Timnas Futsal Putri juga berhasil mengalahkan tuan rumah Malaysia dilaga pertama mereka di SEA Games 2017. Pertandingan berlangsung di Shah Alam Panasonic Sports Complex pada Minggu (20/8) sore pukul 16.00 WIB. Timnas Futsal Putri unggul atas tuan rumah dengan skor 2-1. Dua gol Timnas Futsal Putri dicetak oleh Novita Murni dan Susi Susanti.

Timnas futsal putra di luar dugaan harus mengakui ketangguhan Malaysia pada laga keduanya di SEA Games 2017, Selasa (22/8) di Panasonic Sports Complex, Shah Alam, Malaysia. Timans Futsal Putra harus takluk dengan skor telak 5-0.

Timnas Futsal Putri sebaliknya kembali meraih kemenangan kali ini atas Myanmar dilaga kedua mereka di SEA Games 2017. Pertandingan berlangsung di Shah Alam Panasonic Sports Complex pada Selasa (22/8) siang pukul 10.00 WIB. Timnas berhasil mengalakan Myanmar dengan skor 3-1. Tiga gol Tiamsn Futsal pturi dicetak oleh Rani Mulyasari, Maya Muharina, dan Maulina Novryliani.




Timnas Futsal Putra kembali kalah kali ini harus mengakui keunggulan Vietnam dilaga ketiga mereka di SEA Games 2017. Pertandingan berlangsung di Shah Alam Panasonic Sports Complex pada Jumat (25/8) siang ini. Sempat unggul, Timnas akhirnya harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor 4-1. Satu gol Tiamsn Futsal Putra dicetak oleh Sauqy.

Sebaliknya Timnas Futsal Putri berhasil menahan imbang tim kuat Thailand dilaga ketiga mereka di SEA Games 2017. Pertandingan berlangsung di Shah Alam Panasonic Sports Complex pada Jumat (25/8) sore pukul 16.30 WIB. Timnas berhasil bermain imbang melawan Thailand dengan skor 2-2. Dua gol Timans Futsal Putri dicetak oleh Anggi Puspita Sari dan Rani Mulyasari.

Di laga terakhir, Timnas Futsal Putra harus menelan kekalahan menyakitkan di SEA Games 2017 dari Myanmar. Pada pertandingan yang berlangsung di Shah Alam Panasonic Sports Complex pada Minggu (27/8) sore, Timnas unggul 1-0 terlebih dahulu dibabak pertama, tapi berbalik kalah dari Myanmar dengan skor 3-2. Dua gol Tiamsn Futsal Putra dicetak oleh Anton Cahyo, dan Ardiansyah Runtuboy.




Timnas futsal putri harus menelan kekalahan pertamanya oleh Vietnam dengan skor 2-1 di laga terakhirnya pada Minggu (27/8) di Panasonic Sports Complex, Shah Alam, Malaysia. Satu gol TiasmN Futsal Putri dicetak oleh Novita Murni.

SEA Games 2017 pun berakhir dengan Timnas Futsal Putra gagal meraih medali karena finish diperingkat keempat. Sejarah buruk karena untuk pertama kalinya Timnas Futsal Putra gagal menyumbangkan medali. sementara Timnas Futsal Putri menciptakan sejarah dengan meraih medali perunggu. Medali pertama yang disumbangkan Timnas Futsal Putri untuk Indonesia diajang SEA Games



Berikut hasil lengkap cabor futsal di SEA Games.

Putra
Emas Thailand
Perak Malaysia
Perunggu Vietnam

Putri
Emas Thailand
Perak Vietnam
Perunggu Indonesia

[Catatan Redaksi: Tulisan ini dimuat ulang sebagai bagian dari Rubrik Stories of the Year untuk membingkai artikel-artikel menonjol sepanjang tahun 2017.]


Seru! Final dan Adu Penalty! : Vamos FC 5 (5) vs 5 (4) Cosmo FC - My Futsal International Tournament








Berita Terkait


1545109700700

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?