(Foto: uefa.com)

Hasil Liga Champions, Klasemen Akhir Grup dan Klub yang Lolos ke 16 Besar

Manchester United, Paris Saint Germain, AS Roma dan Barcelona lolos ke babak 16 Besar Liga Champions sebagai juara grup masing-masing setelah pertandingan terakhir fase Grup A sampai D, Selasa (5/12) malam waktu setempat atau Rabu (6/12) dinihari WIB.

Yang mengejutkan, Bayern Muenchen, Chelsea dan Juventus lolos sebagai runner-up grup, yang membuat calon-calon lawannya nanti di 16 Besar akan merasa was-was.



Berikut hasil pertandingan, klasemen akhir fase grup dan tim yang berhak ke 16 Besar dan ke Liga Europa:

Grup A
Manchester United 2-1 CSKA Moskwa
Benfica 0-2 Basel

Grup B
Bayern Muenchen 3-1 Paris Saint Germain
Celtic 0-1 Aderlecht

Grup C
Chelsea 1-1 Atletico Madrid
As Roma 1-0 Warabag

Grup D
Barcelona 2-0 Sporting CP
Olympiakos 0-2 Juventus

Klasemen Akhir Grup



Klub-Klub yang Lolos


Grup A: Manchester United dan Basel lolos ke 16 Besar, CSKA Moskow ke Liga Europa

Grup B: PSG dan Bayern Muenchen lolos ke 16 Besar, Celtik ke Liga Europa

Grup C: AS Roma dan Chelsea ke 16 Besar, Atletico Madrid ke Liga Europa

Grup D: Barcelona dan Juventus lolos ke 16 Besar, Sporting CP ke Liga Europa

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Gagal di Piala FA Jadi Musim Keempat Mourinho Tanpa Trofi, Ini Daftar Lengkapnya
Manchester United kalah 0-1 atas Chelsea di partai final Piala FA pada Sabtu (26/5) malam lalu, melalui gol tunggal dari Eden Hazard.Dengan kekalahan ini menjadikan sang manajer Jose Mourinho tanpa trofi pada musim ini, dimana United lebih dulu gagal bersaing dengan Manchester City di Liga Primer Inggris dan juga Liga Champions.Padahal pada musim lalu Mourinho sukses membawa United meraih dua trofi yakni Piala Liga dan Liga Europa.[suggestedarticle]Kegagalan musim ini menjadi yang keempat bagi Mourinho gagal meraih trofi dalam karir manajerialnya.Sejak menangani Porto pada tahun 2002, tercatat Mourinho gagal meraih trofi pada musim 2007/08, 2013/14, 2015/16 dan musim ini 2017/18.Berikut daftar pencapaian trofi Mourinho dalam karir manajerialnya:2002/2003 (Porto): Liga Portugal, Piala Liga Portugal, Liga Europa2003/2004 (Porto): Piala Super Portugal, Liga Portugal, Liga Champions2004/2005 (Chelsea): Liga Inggris dan Piala Liga Inggris2005/2006 (Chelsea): Liga Inggris dan Community Shield2006/2007 (Chelsea): Piala FA Piala Liga Inggris2007/2008 (Chelsea): Tanpa trofi, dipecat pada September2008/2009 (Inter Milan): Liga Italia dan Piala Super Italia2009/2010 (Inter Milan): Liga Italia, Coppa Italia, Liga Champions2010/2011 (Real Madrid): Copa del Rey2011/2012 (Real Madrid): Liga Spanyol2012/2013 (Real Madrid): Piala Super Spanyol2013/2014 (Chelsea): Tanpa trofi2014/2015 (Chelsea): Liga Inggris dan Piala Liga Inggris2015/2016 (Chelsea): Tanpa trofi, dipecat pada Desember2016/2017 (Manchester United): Piala Liga Inggris, Community Shield, Liga Europa2017/2018 (Manchester United): Tanpa trofi
  167 kali
Misteri Kebenaran Kutukan Appiah Pada Inter Milan
Inter Milan akhirnya mampu finis di zona Liga Champions usai di laga pamungkas berhasil mengalahkan Lazio dengan skor tipis 3-2. Tambahan tiga poin cukup bagi Inter menduduki posisi keempat klasemen akhir Serie A untuk menjalani babak kualifikasi Liga Champions.Sebagai catatan, kemenangan mengantar Inter pada poin 72 yang sejatinya Lazio juga mengumpulkan poin yang sama. Namun, Serie A menganut sistem penentuan klasemen akhir akan ditentukan dari head to head antartim.[suggestedarticle=3]Dalam pertemuan pertama di Giuseppe Meazza laga berkesudahan sama kuat 0-0 dan dalam laga yang digelar Senin, dini hari WIB (21/5/2018) Inter berhasil menang dramatis 3-2. Gol diciptakan Danilo D'Ambrosio (29), Mauro Icardi (P 78), dan Matias Vecino (81). Dala m laga kedua di Olimpico Inter tercatat dua kali tertinggal sebelum akhirnya menutup laga dengan kemenangan.Kemenangan tersebut mengantar Inter ke kancah Liga Champions musim depan. Mereka kerap kesulitan kembali ke liga antarklub Eropa paling bergengsi itu lima musim berturut-turut. Jelas, ini petanda bagus bagi Inter yang selama ini seolah dalam kutukan.[pagebreak]Kebenaran Kutukan Appiah[/pagebreak]Menariknya, kondisi yang terjadi pada Inter dan Juventus beberapa musim terakhir sesuai dengan sumpah yang pernah diucapkan Stephen Appiah. Eks pemain Juventus asal Ghana itu mengaku kesal atas sikap manajemen Inter yang menguak skandal calciopoli.Appiah mengutuk Inter dengan mengatakan,"Saya percaya hal mistis. Di kampung saya di Afrika setelah tragedi ini (Calciopoli yang membawa Juve ke Serie B) Juventus akan menjadi sosok raksasa. Mereka bahkan akan memenangkan scudetto 7 kali beruntun dan sebaliknya tim yang mengambil kepala babi di meja adil akan terpuruk dan absen di liga raksasa (Liga Champions) selama 5 musim."[suggestedarticle]Angka-angka yang kesemuanya sesuai dengan ucapan Appiah telah terjadi. Juventus nyatanya memenangkan tujuh scudetto beruntun dan Inter telah menjalani masa kutukan lima tahun tanpa mencicipi Liga Champions.Ini artinya, Inter bakal terbebas dari kutukan dan Juventus besar kemungkinan justru akan kehilangan tajinya musim depan. Mengingat sejumlah pemain memilih pergi seperti Gianluigi Buffon, Kwadwo Asamoah, dan Stephan Lichtsteiner.
  1240 kali
Barca Tak Pusingkan Cari Pengganti Iniesta
Barcelona baru saja ditinggal oleh salah satu pemain terbaiknya dalam satu dekade terakhir yakni Andres Iniesta, usai menjalani karir di klub Catalan itu selama 22 tahun.Iniesta memainkan laga terakhirnya di musim ini saat Barca menang 1-0 atas Real Sociedad di Nou Camp pada Minggu (20/5) malam.Pemain berusia 34 tahun itu dikabarkan akan mencari klub baru entah itu di Asia ataupun di benua Amerika Serikat. Kabar terakhir menyebutkan bahwa Pep Guardiola tertarik menjadikan Iniesta sebagai pemain merangkap pelatih di Manchester City.[suggestedarticle=3]Ditinggal oleh salah satu pemain jebolan akademi La Masia, pelatih Ernesto Valverde tak mau ambil pusing dengan situasi ini. Ia tak akan mereplikasi Iniesta dengan membeli pemain dengan karakter serupa."Kami takkan pernah bisa merekrut replikanya karena tidak akan ada. Hadapi saja kenyataannya, sesuaikan dengan pemain yang ada, jadi komposisi pemain kemungkinan besar berubah," ujar Valverde dikutip dari football-espana.Valverde justru akan lebih mengedepankan pemain dari jebolan La Masia. Beberapa pemain yang sudah siap bertarung di skuat utama akan dikombinasikan dengan penggawa yang ada."Kami kan punya Denis Suarez dan Carles Alena. Keduanya bisa bermain dengan Philippe Coutinho. Selebihnya akan kami carikan solusi, mungkin dengan membeli beberapa pemain juga perlu," sambungnya.Barca sendiri keluar sebagai juara Copa del Rey dan La Liga pada musim ini.
  302 kali
Salah 2018 Bisa Jadi Inspirasi Layaknya Gerrard 2005 di Final Liga Champions
Laga final Liga Champions 2018 yang mempertemukan Liverpool melawan Real Madrid akan menjadi pertaruhan bagi Mohamed Salah dan kawan-kawan untuk mengulangi kesuksesan pada tahun 2005 silam.Legenda Liverpool, Didi Hamann mengungkapkan bahwa Mo Salah bisa menjadi inspirasi bagi rekan setimnya, seperi yang dilakukan Gerarrd saat membantu Liverpool Juara Liga Champions tahun 2005.Hamann yakin pemain asal Mesir tersebut bisa mengulangi kesuksesan timnya tiga belas tahun yang lalu saat menang dengan dramatis lewat adu penalti melawan AC Milan.[suggestedarticle=3]“Jika Anda ingin memenangkan trofi bergengsi, maka Anda perlu pemain besar di dalamnya untuk meraih hal tersebut. Liverpool memiliki talenta seperti Sadio Mane dan Roberto Firmino. Tapi Mo Salah adalah bintangnya." kata Hamann dikutip dari Mirror.“Dalam hal ini, dia (Salah) bisa menginspirasi Liverpool saat melawan Madrid seperti saat Steven Gerrard bermain ketika dulu bermain melawan Milan." ujarnya.[pagebreak]Pentingnya Pemain Kunci[/pagebreak]Hamann menjelaskan bahwa pentingnya pemain kunci yang dimiliki oleh suatu klub.Ia menambahkan jika keberhasilan timnya membalikan keadaan dengan tertinggal tiga gol terlebih dahulu saat final Liga Champions 2005, terdapat sosok Steven Gerarrd yang telah menjadi inspirasi bagi klub.[suggestedarticle]“Jika Anda tertinggal satu, dua gol atau bahkan tiga gol, seperti yang kami alami di Istanbul (melawan AC Milan), Anda melihat sosok seperti Gerrard di samping Anda dan Anda tahu Anda masih bisa memegang kendali permainan." jelas Hamann“Anda tahu bahwa Anda memiliki rekan setim dengan bakat hebat, seseorang yang dapat menciptakan gol dari ketiadaan.""Steven Gerrard dan Mo Salah memiliki satu kesamaan itu." ujarnya.
  239 kali
Barcelona Tawar Dua Kali Lipat Bek Inter Dari Harga Aslinya
Inter Milan sukses membuat Barca menawarkan harga lebih dari dua kali lipat untuk dapatkan bek Milan Skriniar.Barcelona yang saat ini ingin memperkuat lini pertahanan mereka, sedang mencari bek yang mumpuni untuk bergabung dengan skuat Blaugrana.Salah satu pemain yang sedang mereka incar adalah bek Inter Milan, Milan Skriniar.Milan Skriniar sendiri saat ini banyak dilirik oleh klub-klub papan atas Eropa.Penampilannya yang konsisten bersama Nerazzurri membuat kubu Barca mengajukan penawaran terhadapnya.[suggestedarticle=3]Dilansir dari La Gazzetta dello Sport, Barcelona tengah melakukan penawaran sebesar 50 juta euro atau sekitar Rp 833 miliar untuk menggaet pemain berusia 23 tahun itu.Tentu, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Inter Milan.Pasalnya, mereka membeli Milan Skriniar dari Sampdoria pada musim lalu hanya sebesar 20 juta euro.Harga lebih dari dua kali lipat yang ditawarkan Barca ini, membuat pihak Nerazzurri akan memikirkannya untuk melepas bek produktif mereka itu.Skriniar tidak hanya berperan di lini pertahanan saja, terkadang ia juga membantu rekan-rekannya di depan untuk melakukan penyerangan.Terbukti dari empat gol yang dicetaknya pada musim Liga Italia 2017-2018, membuat Skriniar menjadi pencetak gol terbanyak ketiga Inter Milan dibawah Ivan Perisic dengan 11 gol dan Mauro Icardi dengan 28 golnya.
  954 kali
5 Fakta Pelatih Baru Bayern Muenchen, Niko Kovac
Musim depan Niko Kovac akan menangani klub raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen. Bolalob mencoba merangkum sejumlah fakta menarik terkait perjalanan karier Kovac sebagai pemain maupun pelatih.Selama menjadi pemain, Kovac selalu bermain di klub Jerman dan menjadi pemain andalan tim nasional Kroasia. Total Kovac tampil dalam 83 laga dengan mencetak 14 gol bersama Kroasia.[suggestedarticle=3]Setelah memutuskan gantung sepatu pada 2009, Kovac menjadi pelatih sejumlah tim Jerman. Pada 2013, Kovac bahkan sempat ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Kroasia.Kovac berhasil mengakhiri perjalan bersama Eintracht Frankfurt dengan memberikan gelar juara DFB Pokal 2017/18. Hebatnya lagi, Kovac sukses menaklukkan tim akan dibesutnya musim depan, Bayern Muenchen di partai final.Berikut ini lima fakta dari pelatih Bayern musim depan, Niko Kovac:[pagebreak]Lima Fakta Menarik[/pagebreak]Sempat Bermain Untuk Bayern MuenchenSaat masih aktif menjadi pemain, Kovac tercatat sempat membela Bayern Muenchen pada periode 2001-2003. Sayangnya Kovac gagal menjadi pemain inti dan hanya tampil dalam 51 laga selama dua musim.Pelatih KroasiaHanya rentang empat tahun setelah melatih klub pertamanya, Kovac mendapat kepercayaan untuk menangani tim nasional Kroasia pada 2013. Perjalanan Kovac tidak berjalan mulus setelah Federasi Sepak Bola Kroasia memutus kontraknya karena hasil kurang maksimal pada kualifikasi Piala Eropa 2016.[suggestedarticle=2]Mainkan Formasi 3-5-2Bersama Eintracht Frankfurt, Kovac sering menumpu serangan di sektor sayap dengan menggunakan formasi 3-5-2. Sayap yang dimainkan Eintracht Frankfurt selalu diminta untuk bertahan saat diperlukan untuk mengubah formasi menjadi 5-3-2 saat bertahan. Bawa Eintracht Frankfurt ke Papan Atas BundesligaPada musim perdana bersama Eintracht Frankfurt, Kovac berhasil membawa klub berjuluk the Eagles lolos dari jerat degradasi. Hebatnya di musim kedua, Kovac sukses mengantar Eintracht Frankfurt naik ke papan atas dengan finis di posisi keempat Bundesliga musim 2017/18.Raih Trofi DFB Pokal Pertama Untuk Eintracht Frankfurt Dalam 30 Tahun TerakhirPada akhir masa baktinya bersama Eintracht Frankfurt, Kovac sukses memberikan kado manis berupa trofi DFB Pokal. Trofi tersebut merupakan gelar DFB Pokal pertama bagi Eintracht Frankfurt dalam 30 tahun terakhir.
  459 kali
Fans Chelsea Minta Klub Jual Pemain Ini
Chelsea musim ini sukses merebut gelar juara Piala FA setelah menang tipis atas Manchester United 1-0 di Stadion Wembley, London, Sabtu (19/5/2018). Yang menarik justru fans Chelsea meminta pihak klub menjual salah satu penyerangnya, yakni Willian.Betul tim asuhan Antonio Conte ini gagal mempertahankan gelar juara Liga Primer Inggris, dan gagal mendapatkan tiket Liga Champions musim depan. Namun Conte tetap mempersembahkan gelar kepada bos Chelsea, Roman Abramivich. Yakni berupa gelar juara Piala FA.[suggestedarticle=3]Ini pula yang membuat Abramovich masih berpikir keras untuk menggantikannya dengan pelatih baru. Fans Chelsea sendiri meminta agar The Blues tetap menggunakan pelatih Conte untuk musim 2018/2019.Sebaliknya, Fans mengusulkan agar klub menjual Willian, gelandang asal Brasil. Willian dinilai tak sopan, sempat mengejek Conte lewat istagram.Lalu, yang terbaru, ia tak mau diwawancarai televisi usah Chelsea menang atas United. Alasan Willian, ia tengah negosiasi kepindahan ke United.Willian juga sempat kesal terhadap Conte saat final Piala FA, pasalnya ia baru dimasukkan menit ke-90, menggantikan Eden Hazard.
  1384 kali
Sebelum Gabung, Niko Kovac Hancurkan Bayern Muenchen
Pelatih Eintracht Frankfurt sukses mengandaskan perlawanan Bayern Muenchen di partai final DFB Pokal 2017/2018. Uniknya, musim depan Kovac akan menjadi pelatih raksasa Jerman tersebut.Berjumpa di partai puncak, Kovac sukses membawa anak asuhnya menang dengan skor akhir 3-1. Gol Eintracht Frankfurt dicetak oleh Ante Robic (2 gol) ditambah gol dari Mijat Gacinovic dan hanya mampu dibalas satu gol oleh Bayern lewat Robert Lewandowski.Raihan trofi DFB Pokal itu merupakan yang pertama sejak terakhi kali klub berjuluk the Eagles itu juara DFB Pokal pada 30 tahun lalu.[suggestedarticle=3]"Saya berterima kasih pada semua orang yang telah memberikan dukungan. Saya senang tim mendapat gelar juara, tetapi saya juga sedih karena akan pergi," ujar Kovac.Gelar tersebut menjadi yang pertama dan terakhir dari Kovac kepada Eintracht Frankfurt. Musim depan pelatih asal Kroasia itu akan membesut klub yang ditaklukkan di final DFB Pokal, Bayern Muenchen.Raksasa Bundesliga sebelumnya sudah mengumumkan Kovac akan menjadi suksesor Jupp Heynckes untuk musim 2018/19. Kovac akan mengikat kontrak hingga 30 Juni 2021 bersama Bayern.
  942 kali
Pemain Muda Liverpool 'Berlatih' Selama 13 Tahun untuk Final Liga Champions
Bintang muda Liverpool yang sedang naik daun, Trent Alexander-Arnold tak sabar untuk menatap final Liga Champions pertamanya pada musim ini.Liverpool akan berhadapan dengan Real Madrid di partai puncak Liga Champions, dan akan berlangsung pada 26 Mei mendatang di Kiev.Alexander-Arnold, 19 tahun, menjadi pilihan utama Juergen Klopp di sisi kanan pertahanan The Reds. Ia hanya absen di satu laga Liga Champions, saat timnya tampil di leg kedua babak 16 besar melawan Porto.Jebolan akademi Liverpool ini menggambarkan bahwa ia sudah berlatih selama 13 tahun untuk menantikan final ini."Saya telah berlatih selama 13 tahun untuk momen-momen ini, jenis permainan ini," Alexander-Arnold mengatakan kepada The Telegraph."Anda mempersiapkan diri untuk itu tanpa mengetahui. Saya akan terus bekerja keras dalam beberapa hari ke depan untuk menjadi lebih baik, untuk berkembang, untuk mencapai level yang baru.[suggestedarticle=3]Pemain yang baru mendapat panggilan timnas Inggris untuk Piala Dunia 2018 ini akan mengawal bintang Madrid, Cristiano Ronaldo."Itu adalah hal utama, untuk terus berjuang, untuk fokus pada diri saya sendiri dan memastikan saya mendapatkan permainan yang bagus. Kemudian ada lebih banyak kesempatan bagi saya untuk tidak memberi [Ronaldo] terlalu banyak kesempatan untuk melakukan apa yang terbaik untuknya.""Meskipun waktunya telah mengejutkan - saya tidak pernah merasa sekarang saya akan pergi ke Piala Dunia - saya selalu bermimpi saya akan pergi pada titik tertentu," tambahnya."Saya telah memikirkan hal-hal dalam pikiran saya jutaan kali tumbuh dewasa. Setiap situasi yang telah terjadi saya bayangkan."
  464 kali
Manchester United Salip Real Madrid dalam Perebutan Neymar
Manchester United ikut meramaikan perebutan bintang PSG, Neymar setelah sebelumnya Real Madrid telah menyatakan ketertarikannya memboyong pemain asal Brasil tersebut.Dikabarkan MU telah menyiapkan dana sebesar 200 juta poundsterling untuk memboyong Neymar ke Old Trafford.Selain itu, The Reds Devils juga mengiming-imingi Neymar dengan gaji sebesar 30 juta poundsterling per tahun.Sebelumnya, Real Madrid terlebih dahulu menyatakan ketertarikannya merekrut Neymar ke Bernabeu.Bahkan, media di Perancis mengabarkan bahwa agen dari Neymar telah dikirim untuk membahas kontrak dengan pihak Real Madrid.[suggestedarticle=3]Namun, MU nampaknya selangkah lebih di depan dibanding Madrid.Hal ini dikarenakan Sang Ayah dari Neymar adalah fans berat dari Manchester United.Dan, Ayah Neymar akan sangat senang bila Neymar dapat bermain di klub favoritnya suatu hari nanti.
  837 kali
1526864401747 tag