(Foto: uefa.com)

Ini Nasihat Mantan Kapten Jerman Kepada Manuel Neuer

Oliver Kahn dan Lothar Matthaeus, dua mantan kapten timnas Jerman menasihati kiper timnas Jerman Manuel Neuer agar tidak mempertaruhkan kariernya dengan terburu-buru kembali tampil setelah mengalami cedera patah kaki.

Penjaga gawang Bayern Munchen Neuer (31 tahun), diperkirakan bisa kembali merumput pada awal Januari 2018, setelah kaki kirinya patah untuk kedua kalinya pada tahun ini.

Ia sebelumnya sudah mengalami cedera patah kaki yang sama pada April 2017, namun Neuer memperparah cedera sebelumnya akibat merumput terlalu cepat, saat timnya dikalahkan Real Madrid pada perempat final Liga Champions.



"Dia harus memberi dirinya waktu yang diperlukan," kata Matthaeus (56), kapten Jerman pada Piala Dunia 1990.

"Bila ada hal lain yang terjadi, tidak hanya Piala Dunia yang akan berakhir baginya, tapi kariernya akan terancam. Satu-satunya hal yang penting adalah tanpa risiko" jelas Matthaeus.

Neuer ingin kembali bermain karena mengincar posisi penjaga gawang tim nasional Jerman di Piala Dunia 2018.

Namun Oliver Khan, yang juga mantan kiper Munchen dan tim nasional Jerman, menganjurkan Neuer untuk berhati-hati berdasarkan pengalamannya saat mengalami cedera.

"Pada 1994, saya mengalami cedera parah di ligamen dan juga ingin bermain secepat mungkin," kata Kahn (48 tahun), yang menjadi kapten Jerman saat dikalahkan Brasil di final Piala Dunia 2002.

Dengan absennya Neuer, kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen telah menjadi pilihan utama timnas Jerman saat mereka memenangkan Piala Konfederasi di Rusia pada Juli lalu.

Namun, Neuer tetap menjadi pilihan pertama pelatih Joachim Loew karena memiliki pengalaman dan terpilih sebagai kiper terbaik dunia selama empat tahun berturut-turut antara 2013 sampai 2016.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Brasil Sudah Memiliki Susunan Pemain yang Akan Tampil di Piala Dunia
Pelatih Brasil, Tite sudah memiliki 11 pemain yang dipastikan akan tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia. Dari 11 nama tersebut ada sedikit kejutan yang tidak menyertakan bek PSG Thiago Silva.Bicara pada UOL Esportes, Tite sudah memiliki 11 pemain yang akan diturunkan saat Piala Dunia. Berikut ini susunan pemain Brasil yang akan dimainkan saat Piala Dunia di Rusia."11 pemain yang tampil adalah Alisson," ujar Tite.Kiper AS Roma ini menjadi salah satu andalan di Serie A dan juga Liga Champions. Penampilannya juga mencuri perhatian sejumlah klub besar Eropa.[suggestedarticle=3]“Marcelo, Miranda, Marquinhos, Daniel Alves;”Satu nama yang kemungkinan dilewatkan adalah bek PSG, Thiago Silva yang sebelumnya bahkan menjadi kapten skuad Selecao. Marcelo dan Dani Alves juga kembali menjadi andalan setelah keduanya tampil reguler bersama klub masing-masing.[pagebreak]Lini Tengah dan Lini Depan[/pagebreak]“Paulinho, Renato Augusto and Casemiro;”Penampilan luar biasa Paulinho bersama Barcelona tidak diragukan lagi bahwa dirinya layak menjadi jenderal lini tengah Brasil. Selain itu Casemiro yang menjadi benteng pertama Real Madrid juga diharapkan bisa menampilkan permainan terbaik di Brasil.“Neymar, Coutinho and Gabriel Jesus.” ujar Tite.Tiga pemain ini menjadi pilihan terbaik untuk Brasil. Gabriel Jesus diharapkan bisa kembali menampilkan penampilan terbaiknya setelah mengalami cedera.
  2040 kali
Ronaldo: Portugal Bukan Tim Favorit Piala Dunia
Pemain bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo mengungkapkan, bahwa Portugal bukanlah tim favorit dalam perebutan gelar juara Piala Dunia 2018 di Russia.Ia menilai ada beberapa negara yang jauh lebih dijagokan dibanding dengan negaranya."Kami tahu Portugal bukan favorit di Piala Dunia. Bagi saya, favoritnya adalah Spanyol, Jerman, Prancis, Argentina dan Brasil." ungkap Ronaldo kepada Goal.com"Kami adalah bagian dari kelompok tim yang tahu bagaimana bisa bersaing di level tertinggi."  jelasnya.[suggestedarticle=3]Pemenang Ballon d'Or lima kali itu telah memberikan kontribusinya terhadap klubnya, Real Madrid dengan gelar La Liga dan Piala Liga Champions yang dipersembahkannya."Saya selalu tampil untuk menunjukkan tingkat terbaik saya, tapi terkadang hal-hal tidak berjalan seperti yang kita inginkan." kata Ronaldo"Tapi pengalaman telah mengajari saya bahwa kita harus terus bekerja keras untuk mencapai tujuan kita." tuturnya.Kerja keras itu berhasil membawanya ke puncak permainan, selama lebih dari satu dekade.Jika Ronaldo dapat membawa Real Madrid memenangkan Liga Champions, dengan Portugal ia juga berharap memetik keberhasilan yang sama di Piala Dunia 2018 Russia.
  754 kali
Marco Reus Tampil Lagi Setelah Hampir Setahun Absen
Marco Reus, pemain timnas Jerman, akhirnya kembali tampil setelah absen selama 259 hari atau hampir setahun karena cedera robeknya ligamen lutut. Ia merumpul lagi saat Borussia Dortmund menundukkan Hamburg 2-0, Sabtu (10/2).Reus (28) absen sejak menderita cedera di final Piala Jerman pada Mei 2017, saat Dortmund mengalahkan Eintracht Frankfurt di Berlin.Reus dinyatakan telah pulih dan langsung dimainkan sebagai starter di Signal Iduna Park, Dortmund, kendati posisinya digantikan Mario Goetze pada pertengahan babak kedua.[suggestedarticle=3]Reus sempat menemani striker Belgia, Michy Batshuayi, yang mencetak gol gawang Hamburg pada awal babak kedua. Gol itu merupakan yang ketiga dalam dua pertandingan sejak Batshuayi meninggalkan Chelsea dengan status pemain pinjaman.Empat bulan sebelum Piala Dunia 2018 Rusia dimulai, Reus bertekad menjaga kebugaran dan tampil secara reguler agar kembali dipanggil Der Panzer. Walaupun kerap terbelit cedera, Reus sudah tampil 29 kali untuk Jerman dengan torehan sembilan gol.Sebuah cedera pergelangan kaki yang diderita dalam pertandingan pemanasan terakhir sebelum Piala Dunia 2014 di Brasil membuat playmaker tersebut keluar skuad Jerman. Ia juga absen di Piala Eropa 2016 karena cedera pangkal paha.
  469 kali
Cara Nonton Bareng Piala Dunia 2018 dengan Nyaman
Piala Dunia 2018 akan digelar di Rusia. Kurang dari empat bulan lagi, pesta sepak bola empat tahunan itu bakal dinikmati pecinta si kulit bundar seluruh dunia, termasuk Indonesia.Euforia Piala Dunia 2018 sudah mulai dirasakan di Indonesia. Masyarakat Indonesia kembali disuguhkan dengan pertandingan-pertandingan berkelas dari Piala Dunia.Kegiatan nonton bareng pun diprediksi akan menjamur saat Piala Dunia berlangsung. Tapi tahun ini, nonton bareng Piala Dunia akan berbeda dengan tahun sebelumnya.Jika pada tahun sebelumnya, kerap dijumpai permasalahan signal di beberapa tempat nobar, kini pemilik tempat nobar bisa mendapat tayangan yang nyaman dan juga legal.[suggestedarticle=3]Pemilik tempat nobar harus melalukan regristasi terlebih dahulu melalui Pesta Bola, selaku pemegang hak siar penayangan Piala Dunia di Indonesia. Pendaftara melalui laman pestabola.co.id."Pesta Bola memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018," ujar Deputi Presiden Direktur Pesta Bola, Pongky Rivawanto, di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (7/2/2018)."Jadi masyarakat bisa menyaksikan pertandingan Piala Dunia di tempat favorit bersama keluarga dan teman-teman secara nyaman dan juga legal," tambahnya.Pesta Bola menjalin kerja sama dengan Futbol Momentum Asia selaku pemegang hak siar teritoral. Bila ada tempat nobar yang tak melakukan regristrasi dan izin dari Pesta Bola, maka ada sanksi dari pihak berwajib."Jika ada tempat nobar yang tak ada izin dari Pesta Bola, langkah awal kita adalah melakukan somasi," tandasnya.
  344 kali
Menikmati Piala Dunia 2018 secara Legal dengan TV Kabel
Penikmat sepak bola Indonesia akan disuguhkan tayangan Piala Dunia 2018 di Rusia. Salah satunya melalui televisi kabel.Futbol Momentum Asia selaku pemegang lisensi teritorial di Asia sudah menentukan operator televisi kabel Piala Dunia resmi di Indonesia.CEO FMA, David Kim mengatakan bahwa pihaknya ingin menjadikan tayangan yang bersih dan berkualitas. Terlebih saat ini FIFA punya aturan ketat untuk penayangan."Piala Dunia kini lebih maju, ada beberapa yang diatur FIFA. Kategori televisi kabel, Superpass menjadi operator resmi tv kabel Piala Dunia di Indonesia," ujar David Kim, di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (7/2/2018).[suggestedarticle=3]Kim ingin masyarakat Indonesia menikmati tayangan Piala Dunia yang bersih dan legal dari televisi kabel.Selaras dengan Kim, Co-founder Superpass, Adhie Joeninato menyebut tayanga berkualitas akan jadi pilihan bagi penikmat sepak bola di Indonesia. "Tujuan kami menjadi offcial cable broadcaster Piala Dunia 2018 di Rusia untuk memberikan tayangan yang legal kepada masyarakat Indonesia," ujar Adhi.Indonesia memang menjadi pasar terbesar sepak bola dunia. Menikmati Piala Dunia merupakan salah satu kegiatan rutin yang hadir dalam empat tahun sekali.Dengan adanya kerja sama tersebut, masyarakat mendapat pilihan lain menikmati Piala Dunia. Terlebih tayangan tersebut legal dan sesuai dengan aturan penyiaran dari FIFA.
  944 kali
Pelatih Timnas Inggris Cari Inspirasi Lewat Rugby
Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, sedang mencari inspirasi dari NFL atau turnamen olahraga Rugby. Hal ini untuk bekal saat Timnas Inggris akan berlaga di Piala Dunia Russia 2018. Ini merupakan karir pertamanya sebagai pelatih internasional di Piala Dunia bagi pelatih berusia 47 tahun itu.Southgate saat ini berada di Amerika Serikat untukmembahas mengenai tugas pembinaan, dan besiap untuk menghadiri acara Super Bowl ke-52 antara New England Patriots dan Philadelphia Eagles.Menyaksikan suasana NFL dari dekat dan di tingkat elit, Southgate merasa banyak hal yang bisa dipelajari dari olahraga tersebut yang bisa membantu Inggris dalam pertarungan di Piala Dunia Rusia 2018.[suggestedarticle=3]Inggris sering dikritik karena ketidakmampuan tim tersebut untuk bangkit mengambil kesempatan emas, dan Southgate merasa acara Super Bowl ini melambangkan tantangan untuk melawan lawan dengan pengalaman dalam pertandingan besar."Saya pikir selalu sulit untuk melawan orang-orang dengan pengalaman pertandingan besar di final," kata Southgate dilansir dari Sky Sports."Pengalaman saya di final adalah bahwa ada tingkat kinerja yang dapat Anda capai dan sangat sering orang berpikir bahwa Anda harus menemukan tingkat di atas untuk memenangkan final, dan mendekati tingkat normal Anda sebaik mungkin. Biasanya cukup karena orang melewatkan kesempatan besar dan ini sangat merugikan kinerja." Ujar Southgate."Biasanya orang-orang dengan pengalaman banyak yang bisa melewatinya, ini adalah keuntungan besar." tambah Southgate.Dengan semakin dekatnya turnamen Piala Dunia, Pelatih Inggris tersebut telah banyak melakukakan strategi-strategi jitu. Salah satunya dengan mengambil inspirasi dari olahraga mana pun yang dapat dia tonton, dengan melihat bagaimana metode yang berbeda mungkin bisa diterapkan pada sepak bola."Jika Anda selalu melakukan apa yang selalu Anda lakukan, Anda akan mendapatkan hasil yang sama." tutur Southgate.
  318 kali
Ini Target Australia di Piala Dunia 2018
Australia akan memainkan Piala Dunia mereka kelima pada tahun ini di Rusia, mereka pun sudah mencanangkan target dibawah komando pelatih baru Bert van Marwijk.Pelatih asal Belanda itu baru saja ditunjuk untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Ange Postecoglou.Kebetulan Van Marwijk sukses membawa Belanda lolos ke final Piala Dunia 2010 silam, dan saat ini ia memiliki target untuk lolos dari putaran grup."Saya pergi ke Piala Dunia hanya dengan satu hal yang penting, yaitu bertahan di babak pertama dan tidak ada yang harus mengatakan kepada saya itu sulit karena lawan kami adalah negara yang baik," kata van Marwijk pada konferensi pers pertamanya di Sydney.[suggestedarticle]Australia berada di Grup C bersama dengan Perancis, Peru dan Denmark. Mereka akan memulai laga perdana melawan Les Blues pada 16 Juni mendatang."Ini tidak akan mudah. Tapi saya sudah bilang dengan Belanda juga, mungkin kita tidak punya pemain terbaik tapi kita bisa menjadi tim terbaik, "katanya.Van Marwijk yang sukses meloloskan Arab Saudi ke Piala Dunia 2018 justru dipecat dari kursi kepelatihannya. Ia pun sudah paham dengan cara bermain Australia karena pernah bertemu di babak kualifikasi."Saya pelatih yang realistis dan saya suka sepakbola kreatif. Saya suka mengontrol permainan. Tapi saya juga suka menang. Dan itu yang paling penting, "katanya."Dan saya pikir penting bahwa kami bermain dengan cara yang sesuai dengan pemain dan juga pelatih. Anda tidak bisa bermain dengan cara yang tidak dapat dilakukan pemain dan saat mereka tidak suka bermain dengan cara yang Anda inginkan, maka Anda membuat kesalahan. "
  568 kali
Akhirnya Ozil Tandatangangi Perpanjangan Kontrak Bersama Arsenal
Mesut Ozil ternyata mengambil keputusan yang berbeda dengan Alexis Sanchez. Jika Sanchez hengkang dari Arsenal ke Manchester United, Ozil justru mengambil sikap bertahan dan menandatangani perpanjangan kontrak dengan The Gunners.Ozil yang diincar beberapa klub Jerman dan Inggris, kian mantap di Arsenal lantaran kehadiran Pierre Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund.Hal lain yang membuatnya betah, gajinya dinaikkan menjadi 300 ribu pounds per pekan atau sekitar Rp 5,7 miliar per minggu. Pemain timnas Jerman ini diikat The Gunners selama tiga setengah tahun.[suggestedarticle=3]Ozil yang kini berusia 29, sebelumnya didekati Manchester United dan Bayern Muenchen. Namun ia ternyata kian senang di Arsenal setelah datang Aubameyang.Aubameyang menjadi pemain termahal Dortmund setelah dilepas ke Arsenal dengan banderol 56 juga pounds.
  733 kali
Ampun! Federasi Sepak Bola Italia Gagal Pilih Presiden Baru
Efek gagalnya Timnas Italia ke putaran final Piala Dunia 2018, semakin meluas. Salah satunya, Federasi sepak bola Italia (FIGC) gagal memilih seorang presiden baru pada Senin (29/1/2018) waktu setempat, yang akan menggantikan Carlo Tavecchio yang mundur pada November lalu.Setelah dilakukan pemungutan suara empat putaran dan sidang yang berlangsung selama tujuh jam, tak seorang pun dari tiga calon yang mampu menembus perolehan 50 persen plus satu suara untuk bisa disebut sebagai pemenang.[suggestedarticle=3]"Tak ada yang terpilih," tulis FIGC dalam Twitter. Media Italia mengatakan tahap selanjutnya akan diserahkan kepada Komite Olimpiade Italia untuk mengangkat seorang komisaris.Peristiwa ini menjadi sebuah terpaan tambahan bagi sepak bola Italia setelah kegagalan timnasnya lolos kualifikasi Piala Dunia 2018. Bahkan beberapa tahun ini Liga Italia menjadi terpuruk kalah bersaing dengan Liga Inggris dan Liga Spanyol.Ketiga calon tersebut adalah Ketua Asosiasi Pemain Italia Damiano Tommasi, Ketua tier ketiga Lega Pro Gabriele Gravina, dan Ketua Liga Amatir (LND) Cosimo Sibilia.Pemungutan suara itu terpisah antara perwakilan delegasi liga Italia Serie A, Serie B, Lega Pro, LND, asosiasi pemain, asosiasi pelatih dan wasit.
  594 kali
Sempat Antar Belanda ke Final Piala Dunia, Van Marwijk Ditunjuk Jadi Pelatih Australia
Australia dipastikan menunjuk pelatih asal Belanda, Bert van Marwijk untuk gelaran Piala Dunia 2018. Van Marwijk menggantikan Ange Postecoglou yang mundur dari posisi pelatih Australia pada November lalu.Van Marwijk sempat membawa Belanda menembus partai final Piala Dunia 2010 meski harus takluk dari Spanyol dengan skor 1-0 di partai puncak. Tidak hanya berprestasi bersama Belanda, Van Marwijk juga berhasil membawa Arab Saudi lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Pencapaian itu menjadi yang pertama untuk Arab Saudi sejak Piala Dunia 2006 di Jerman.Usai lolos ke Piala Dunia 2018, Van Marwijk justru meninggalkan Arab Saudi setelah tidak mencapai kata sepakat dengan kontrak baru Federasi Sepak Bola Arab Saudi. BREAKING | The Caltex @Socceroos are delighted to announce the appointment of Bert Van Marwijk as our new Head Coach. #GoSocceroos. https://t.co/o4ufIs40WM pic.twitter.com/h7byLo2WGR — Caltex Socceroos (@Socceroos) January 25, 2018 "Bert van Marwijk adalah pelatih kelas dunia. Dia membawa Belanda ke final Piala Dunia 2010, dia membawa Arab Saudi lolos langsung ke Piala Dunia dan yang paling penting, dia tahu banyak tentang tim kami dan tahu bagaimana mereka bermain kaerna sempat menjadi lawan di grup yang sama," ujar Presiden FFA, Steven Lowy.
  386 kali
1516861801628 tag