(Foto: uefa.com)

Ini Nasihat Mantan Kapten Jerman Kepada Manuel Neuer

Oliver Kahn dan Lothar Matthaeus, dua mantan kapten timnas Jerman menasihati kiper timnas Jerman Manuel Neuer agar tidak mempertaruhkan kariernya dengan terburu-buru kembali tampil setelah mengalami cedera patah kaki.

Penjaga gawang Bayern Munchen Neuer (31 tahun), diperkirakan bisa kembali merumput pada awal Januari 2018, setelah kaki kirinya patah untuk kedua kalinya pada tahun ini.

Ia sebelumnya sudah mengalami cedera patah kaki yang sama pada April 2017, namun Neuer memperparah cedera sebelumnya akibat merumput terlalu cepat, saat timnya dikalahkan Real Madrid pada perempat final Liga Champions.



"Dia harus memberi dirinya waktu yang diperlukan," kata Matthaeus (56), kapten Jerman pada Piala Dunia 1990.

"Bila ada hal lain yang terjadi, tidak hanya Piala Dunia yang akan berakhir baginya, tapi kariernya akan terancam. Satu-satunya hal yang penting adalah tanpa risiko" jelas Matthaeus.

Neuer ingin kembali bermain karena mengincar posisi penjaga gawang tim nasional Jerman di Piala Dunia 2018.

Namun Oliver Khan, yang juga mantan kiper Munchen dan tim nasional Jerman, menganjurkan Neuer untuk berhati-hati berdasarkan pengalamannya saat mengalami cedera.

"Pada 1994, saya mengalami cedera parah di ligamen dan juga ingin bermain secepat mungkin," kata Kahn (48 tahun), yang menjadi kapten Jerman saat dikalahkan Brasil di final Piala Dunia 2002.

Dengan absennya Neuer, kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen telah menjadi pilihan utama timnas Jerman saat mereka memenangkan Piala Konfederasi di Rusia pada Juli lalu.

Namun, Neuer tetap menjadi pilihan pertama pelatih Joachim Loew karena memiliki pengalaman dan terpilih sebagai kiper terbaik dunia selama empat tahun berturut-turut antara 2013 sampai 2016.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Ini Tiga Kandidat Juara Piala Dunia 2018 Versi Pelatih Persib Bandung
Semua mata penikmat sepak bola mulai tertuju ke Piala Dunia 2018. Tidak terkecuali pelatih Persib Bandung, Mario Gomez yang tidak sabar menunggu ajang empat tahunan tersebut.Gomez menyebut ia melihat ada tiga kandidat juara. Salah satu yang ia jagokan adalah Argentina yang merupakan negara asalnya."Tentu favorit saya adalah Argentina. Piala Dunia lalu Argentina bisa menjadi runner-up. Apalagi sekarang skuat mereka lebih fresh dan pantas untuk masuk dalam kandidat juara," ucap Gomez seperti dilansir dari situs resmi Persib.[suggestedarticle=3]Selain Argentina, Gomez menjagokan Jerman dan Brasil. Menurutnya kedua tim tersebut merupakan kandidat kuat juara."Masih ada dua tim kuat. Saya prediksi masih ada Jerman dan Brasil yang bisa saja menjadi juara di turnamen ini," lanjutnya.Argentina dalam Piala Dunia 2018 tergabung di Grup D. Argentina akan bersaing dengan Kroasia, Islandia, dan Nigeria.
  347 kali
Indahnya Toleransi, FIFA Rilis Panduan Bagi Umat Muslim di Piala Dunia 2018
Baru-baru ini FIFA merilis buku panduan perjalanan bagi mereka yang beragama Islam di Piala Dunia 2018 Russia.Dalam turnamen Piala Dunia saat ini telah diikuti oleh tujuh negara yang mayoritas Muslim antara lain Maroko, Tunisia, Mesir, Arab Saudi, Iran, Senegal, dan Nigeria.Untuk mempermudah akses bagi umat muslim di Russia nanti, FIFA mengeluarkan buku panduan perjalanan yang tersaji untuk umat Muslim.[suggestedarticle=3]Panduan ini akan membantu 100.000 umat Muslim yang menyaksikan Piala Dunia di Russia untuk menemukan masjid, restoran halal, waktu sholat, dan lainnya.Dalam sebuah wawancara dengan Media Arab, Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura menyatakan bahwa mereka berusaha untuk membuat perjalanan senyaman mungkin bagi umat Muslim yang berada di Rusia.[pagebreak]7 Negara Mayoritas Muslim[/pagebreak]"Piala Dunia tahun ini akan menampilkan tujuh tim yang akan memiliki mayoritas pemain Muslim dan sebagian besar penggemar akan berpuasa selama Ramadhan, yang berakhir tepat sebelum pertandingan pembukaan," kata Samoura dikutip dari Morocco World News."Kami perwakilan FIFA ingin memastikan semua Muslim, apakah mereka pemain, staf atau penggemar, memiliki semua informasi yang mereka butuhkan." tambahnya.[suggestedarticle]Tuan rumah Rusia akan berhadapan dengan Arab Saudi dalam pertandingan pembukaan di Stadion Luzhniki, Moskow pada 14 Juni 2018, yang bertepatan dengan perayaan Idul Fitri di akhir bulan Ramadhan."Saya dapat meyakinkan Anda bahwa tidak akan ada diskriminasi apa pun dan bantuan yang akan diterima orang Muslim akan seperti di rumah," tutup Samoura.
  1086 kali
Belgia Umumkan Skuat Sementara untuk Piala Dunia 2018
Pelatih Belgia, Roberto Martinez telah mengumumkan skuat sementara The Red Devils untuk Piala Dunia 2018. Dari daftar nama tersebut tidak terdapat nama Radja Nainggolan.Dalam beberapa kesempatan Martinez memang kerap kali menepikan Nainggolan. Pemain keturunan Indonesia tersebut pada akhirnya tidak dibawa Martinez ke Rusia.[suggestedarticle=3]Di luar Nainggolan tidak ada kejutan di skuat Belgia. Bintang-bintang Belgia seperti Eden Hazard, Romelu Lukaku, dan Kevin De Bruyne dibawa oleh Martinez.Belgia dalam Piala Dunia tahun ini tergabung di Grup G. Belgia akan bersaing dengan Tunisia, Inggris, dan Panama.[pagebreak]Skuat Belgia[/pagebreak]Berikut Skuat Sementara Belgia untuk Piala Dunia 2018:Kiper: Thibaut Courtois, Simon Mignolet, Matz Sels, Koen CasteelsBelakang: Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, Leander Dendoncker, Laurent Ciman, Christian Kabasele, Vincent Kompany, Jordan Lukaku, Thomas Meunier, Thomas Vermaelen, Jan VertonghenTengah: Yannick Carrasco, Kevin De Bruyne, Nacer Chadli, Mousa Dembele, Marouane Fellaini, Eden Hazard, Thorgan Hazard, Adnan Januzaj, Dries Mertens, Youri Tielemans, Axel WitselDepan: Michy Batshuayi, Christian Benteke, Romelu Lukaku
  1262 kali
Pemain Berdarah Indonesia Batal Tampil di Piala Dunia
Radja Nainggolan dipastikan tidak masuk dalam skuad Belgia untuk Piala Dunia 2018. Nainggolan tidak masuk dalam skuad Belgia karena pelatih Belgia, Roberto Martinez sudah memiliki pemain di posisi no.10.Nainggolan sempat masuk dalam skuad Belgia pada laga uji coba melawan Arab Saudi pada Maret 2018. Sempat dilaporkan oleh media Belgia, HLN pemain yang memiliki darah Indonesia itu tidak akan dipilih dalam skuad Piala Dunia.[suggestedarticle=3]Martinez dikabarkan akan berkunjung ke Italia untuk berjumpa langsung dengan Nainggolan terkait keputusan tersebut. Martinez tidak ingin memutus komunikasi dengan Nainggolan karena pemain AS Roma tersebut dianggap lebih sebagai playmaker.Peluang Nainggolan masih ada jika ada gelandang Belgia yang mengalami cedera sebelum Piala Dunia 2018 bergulir.
  2063 kali
Benatia, Belhanda dan Hakim Ziyech Pimpin Skuat Maroko untuk Piala Dunia 2018
Pelatih Maroko Herve Renard memasukan nama Mehdi Benatia, Ayoub Al Kaabi, Nabil Dirar dan Younes Belhanda dalam 23 pemain untuk Piala Dunia 2018.Namun sang pelatih tidak memanggil salah satu nama besar yakni gelandang Southampton, Sofiane Boufal.Al Kaabi sendiri merupakan pemain depan berusia 24 tahun, yang bermain untuk klub Maroko Renaissance Berkane, dirinya adalah top skorer di Kejuaraan Afrika tahun ini.Boufal sendiri hanya mencetak dua gol musim ini di 26 pertandingan Liga Premier Inggris, namun ia tak konsisten usai bertengkar dengan manajer Southampton Mark Hughes.[suggestedarticle]Striker Rachid Alioui, yang telah menjalani operasi pada hamstring robek, juga tak masuk ke dalam skuat final.Alioui telah menikmati musim yang luar biasa bersama Nimes, membantu klub mendapatkan tiket promosi ke Ligue 1 dengan 17 gol dan empat assist. Dia mendapat cedera pada pekan lalu.Gelandang serba-bisa asal Fenerbahce, Dirar adalah elemen kunci dari tim Monaco yang memenangkan Ligue 1 musim lalu. Belhanda juga bermain di liga Perancis selama beberapa musim sebelum bergabung dengan Galatasaray musim panas lalu.Maroko membuka kampanye Piala Dunia pada 15 Juni melawan Iran. Portugal dan Spanyol juga berada dalam satu grup dengan mereka.Berikut skuat Maroko di Piala Dunia 2018:Kiper: Mounir Al Kajoui (Numancia), Yassine Bounou (Girona), Ahmad Reda Tagnaouti (Ittihad Tanger)Bek: Mehdi Benatia (Juventus), Romain Saiss (Wolverhampton Wanderers), Manuel Da Costa (Basaksehir), Badr Benoun (Raja Casablanca), Nabil Dirar (Fenerbahce), Achraf Hakimi (Real Madrid), Hamza Mendyl (Lille)Gelandang: M’bark Boussoufa (Al Jazira), Karim Al Ahmadi (Feyenoord), Youssef Ait Bennasser (Caen), Sofyan Amrabat (Feyenoord), Younes Belhanda (Galatasaray), Faycal Fajr (Getafe), Amine Harit (Schalke)Striker: Khalid Boutaib (Malatyaspor), Aziz Bouhaddouz (St. Pauli), Ayoub Al Kaabi (Renaissance Berkane), Nordin Amrabat (Leganes), Mehdi Carcela (Standard Liege), Hakim Ziyech (Ajax).
  800 kali
Jerman Ambil Resiko Besar Bawa Pemain Satu Ini ke Piala Dunia 2018
Legenda timnas Jerman Oliver Kahn mengatakan bahwa Joachim Low seharusnya tidak memilih Manuel Neuer untuk Piala Dunia 2018.Kahn mengatakan penjaga gawang Bayern Muenchen itu merupakan 'resiko besar' bagi skuat Jerman.Low memilih Neuer dengan empat kiper lainnya ke dalam skuat bayangan Jerman untuk Piala Dunia, dirinya harus membuktikan kondisi fisiknya prima untuk berlaga di Rusia. Neuer tak bermain sejak September 2017 silam karena mendapat cedera kaki, tapi dirinya bisa kembali bermain saat Bayern bermain di final DFB Pokal melawan Eintracht Frankfurt, pada Sabtu (19/5)."Untuk menilai itu akhirnya, saya harus melihatnya dalam sesi latihan sehari-hari," kata Kahn kepada Spox dan DAZN."Tetapi sebenarnya tidak mungkin dan tidak terpikirkan, bahwa ia dapat membuat kinerja yang baik.[suggestedarticle=3]"Tetapi karena prestasinya di masa lalu, dia dipercaya untuk melakukannya, itu benar bagi Low untuk membawanya bersamanya dan melihatnya."Bahkan jika dia memainkan dua pertandingan internasional, itu masih merupakan risiko besar yang harus disadari oleh semua orang dan dia harus bertanya pada dirinya sendiri: apakah itu benar-benar bermanfaat untuk memainkannya di Piala Dunia setelah istirahat delapan bulan? Keputusan yang harus ia (Low) buat."Kahn yang juga seorang kiper legendaris Jerman dan Bayern menilai perkembangan pesat ada dalam diri Marc-Andre ter Stegen, bersama dengan Barcelona. "Dia telah berhasil menang di Barcelona, itu saja merupakan prestasi besar," kata Kahn."Di tim nasional itu adalah perjalanan yang sulit baginya, dia mulai dengan banyak kesalahan. Itu berarti dia tidak memiliki kepercayaan diri pada saat itu."Piala Konfederasi, yang telah dimainkannya dengan stabilitas, dan pengalaman Barcelona, berarti dia sepenuhnya datang dan diterima sepenuhnya."Ini tahap lain dari pada awal karir tim nasionalnya. Saya tidak khawatir jika dia harus bermain di Piala Dunia."
  3791 kali
Pemain Timnas Arab Saudi Diberi Keringanan Saat Piala Dunia Bergulir
Kurang dari sebulan lagi pagelaran Piala Dunia 2018 akan kembali dimulai.Kebetulan turnamen tersebut diselenggarakan pada tanggal 14 Juni 2018, selang satu hari sebelum Bulan Ramadhan berakhir 15 Juni.Hal ini pun menjadi tugas bagi negara yang mempunyai pemain-pemain muslim yang sedang berpuasa di skuatnya masing-masing. Terlebih bagi salah satu negara yang mempunyai penduduk mayoritas beragama Islam, yaitu Arab Saudi.[suggestedarticle=3]Arab Saudi satu grup dengan tuan rumah Rusia, Mesir dan Uruguay.Bertepatan dengan Bulan Ramadhan, laga pembuka Piala Dunia akan mempertemukan antara tuan rumah Rusia menghadapi Arab Saudi pada tanggal 14 Juni 2018.Demi menargetkan lolos ke babak 16 besar, Federasi Sepak Bola Arab Saudi memberikan keringan bagi para pemain timnas Arab Saudi.Presiden Federasi Sepakbola Arab Saudi atau SAFF, Adel Ezzat mengatakan jika pemain diberikan dispensasi utnuk tidak berpuasa terlebih dahulu dan bisa menggantinya saat Piala Dunia berakhir.[suggestedarticle]Di Rusia sendiri, puasa bisa sekitar 18 jam lamanya. Terhitung dari adzan subuh pada pukul 3 pagi dan mereka baru boleh berbuka puasa pukul 10 malam.Namun, pihak Arab Saudi juga memberi kebebasan untuk pemain apabila ia masih mau melakukan puasa.“Kami akan menghormati sepenuhnya apa pun yang diputuskan para pemain,” ujar pelatih kepala Arab Saudi, Juan Antonio Pizzi.
  2513 kali
Didier Deschamps Coret Sejumlah Pemain Bintang Dari Skuat Timnas Prancis
Pelatih Didier Deschamps telah mengumumkan nama pemain untuk menghuni skuat Timnas Prancis jelang bergulirnya Piala Dunia 2018.Namun, dalam daftar pemain yang akan dibawa ke Rusia, tidak ditemukan sejumlah pemain bintang di skuat Prancis.Para pemain tersebut adalah Anthony Martial, Karim Benzema, Alexandre Lacazette dan Dimitri Payet.Diakui Deschamps bahwa ada beberapa pemain yang tidak dibawanya karena cedera yang dialami pemain tersebut. Salah satu pemain yang baru-baru ini mengalami cedera adalah Payet.[suggestedarticle=3]Payet ditarik keluar lapangan pertandingan setelah mengalami cedera pada partai final Liga Europa. Bahkan, ia meninggalkan lapangan dengan berlinang air mata karena takut tidak masuk skuat timnas Prancis.“Mestinya, dia (Payet) adalah salah satu kandidat terkuat untuk menempati skuat (Timnas Prancis). Namun, cedera yang dialaminya itu membutuhkan waktu sekitar tiga pekan untuk penyembuhan” ungkap Deschamps dikutip Reuters.“Hal ini bisa memungkinkan cederanya bisa kambuh lagi dan sedangkan saya harus cepat menyerahkan daftar nama terakhir ke FIFA pada 4 Juni mendatang,” tambahnya.Selain itu pemain Arsenal, Alexandre Lacazette juga dicoret karena mengalami cedera yang senasib dengan Payet.Berikut daftar skuat Timnas Prancis pilihan pelatih Didier Deschamps.Kiper: Alphonse Areola (PSG), Hugo Lloris (Tottenham), Steve Mandanda (Marseille);Belakang: Lucas Hernandez (Atletico Madrid), Presnel Kimpembe (PSG), Benjamin Mendy (Manchester City), Benjamin Pavard (Stuttgart), Adil Rami (Marseille), Djibril Sidibe (Monaco), Samuel Umtiti (Barcelona), Raphael Varane (Real Madrid);Gelandang: N'Golo Kante (Chelsea), Blaise Matuidi (Juventus), Steven N'Zonzi (Sevilla), Paul Pogba (Manchester United), Corentin Tolisso (Bayern Munich);Penyerang: Ousmane Dembele (Barcelona), Nabil Fekir (Lyon), Olivier Giroud (Chelsea), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Thomas Lemar (Monaco), Kylian Mbappe (PSG), Florian Thauvin (Marseille).
  2338 kali
Skuad Serbia Paling Tinggi, Arab Saudi Paling Pendek
Jelang Piala Dunia 2018, Football Observatory melakukan riset kepada 32 tim yang lolos ke putaran final. Salah satu yang menjadi bahan penelitian adalah tinggi badan para pemain yang tampil selama kualifikasi Piala Dunia 2018.Dari hasil penelitian tersebut Football Observatory mendapatkan tinggi skuad rata-rata yang lolos ke partai final adalah 181.7cm. [suggestedarticle=3]Dari data yang dikeluarkan, Saudi Arabia menjadi skuad dengan rata-rata pemain terpendek yaitu 176.2cm, sedangkan Serbia memiliki skuad rata-rata yang tertinggi dengan 185.6cm.Jika dirunut dari rata-rata tinggi per konfederasi, UEFA menjadi yang tertinggi dengan 183.2cm. Sedangkan CONMEBOL menjadi paling pendek dengan rata-rata 179.6cm.[pagebreak]Rata-rata tinggi skuad Piala Dunia 2018[/pagebreak]Berikut tinggi rata-rata skuad Piala Dunia 2018:
  5410 kali
Awas! Jangan Berulah di Rusia Jika Tak Ingin Ratusan Juta Melayang dan Penjara 10 Tahun
Kurang dari dua bulan lagi, Piala Dunia 2018 akan segera dimulai.Turnamen sepakbola terbesar ini akan diselenggarakan di Rusia.Untuk mengantisipasi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan saat Piala Dunia berlangsung, pihak penyelenggara telah membuat sanksi terhadap pelanggar yang tidak mau mengikuti peraturan yang sudah dibuat.[suggestedarticle=3]Salah satu sanksinya yaitu denda sebesar 370 juta apabila ketahuan menjual kembali tiket yang sudah dibeli.Pihak penyelenggara akan menyelidiki oknum-oknum calo di sekitar stadion.Selain denda berupa uang, Panitia juga memberi sanski kepada penonton yang berkelahi atau melakukan tindak kekerasan di Stadion dengan kurungan selama 15 hari.Sedangkan, jika ia terlibat penyerangan oleh sejumlah Polisi yang bertugas, maka tak tanggung-tunggung kurungan selama 10 tahun di penjara siap menanti.
  721 kali
1526657402226 tag