(Foto: Bolalob)

3 Klub Indonesia Bakal Tampil di Asia, Ini Komentar Ketum PSSI

Tiga klub asal Indonesia akan bermain dalam kompetisi level Asia. Tiga klub tersebut adalah Bali United, Persija Jakarta, dan Madura United.

Bali United akan berjuang di kualifikasi Liga Champions Asia. Sedangkan Persija Jakarya dan Madura United dipastikan masuk dalam babak grup Piala AFC.

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi pun memuji kualitas tiga klub tersebut. Ia menilai ketiganya jadi klub terbaik yang wakili Indonesia di pentas Asia.



"Indonesia ini terbaik. Kita punya kualitas pemain dan tidak kalah dengan negara lain," ujar Edy di Makostrad, Gambir, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Keikutsertaan tiga klub Indonesia tersebut merupakan yang pertama usia PSSI terbebas dari sanksi FIFA.

Ketiga klub tersebut pun berpotensi untuk membuat nama Indonesia merangsek ke atas dalam hal perolehan koefisian di AFC.

Meningkatnya koefisien AFC tentu akan memengaruhi jatah klub Indonesia yang akan mengikuti Liga Champions Asia dan Piala AFC.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


PSSI Anniversary Cup 2018: Bahrain Bawa Banyak Pemain ke Indonesia
Tim Nasional Bahrain U-23 akan membawa rombongan besar dalam lawatan mereka ke Indonesia pada pekan depan.Bahrain menjadi salah satu lawan di ajang PSSI Anniversary Cup tahun 2018, bersama dengan Korea Utara dan juga Uzbekistan.Melalui rilis resmi dari PSSI, dalam lawatan kali ini setidaknya ada 35 pemain yang dibawa oleh pelatih Samir Chammam, dan juga 11 ofisial tim.Dalam kelompok usia U-23 Indonesia belum pernah berjumpa dengan Bahrain. [suggestedarticle]Namun untuk level senior, Indonesia pernah mengalahkan mereka saat Piala Asia 2007 dimana gol dari Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas membuat tim Garuda memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.Bahrain akan menjadi lawan perdana skuat Garuda di ajang Anniversary Cup, yang akan dimulai pada 27 April 2018 di Stadion Pakansari, Bogor.Daftar Nama-nama Ofisial dan Pemain Timnas Bahrain U-23OfisialKHALED ALKHALIFA – MANAGER, AHMED ALKHALIFA – TEAM MANAGER, HAMAD ALKHALDI – TEAM MANAGER, SAMIR CHAMMAM – COACH, BADER BUBEDAIR – ASSISTANT COACH, ABDULLA BELAL – GOALKEEPER COACH, MOHAMED SELLAMI – FITNESS COACH, SAYED MOAYYED REDHA – DOCTOR, SHAWQI ALSHENOW – DOCTOR, EMAN ISMAIL – EQUIPMENT OFFICER, ANIMISH KUMAR – MASSAGERPemainKiper: ABDULAZIZ ALKANDARI, ANWAR MOHSEN, AMMAR AHMED, YUSUF SHABAANBelakang: ALI YAHYA, AHMED BUGHAMMAR, HUSAIN SABBA, HAMED ALSHAMSAN, HUSAIN ALKHAYYAT, SAYED MOHAMED SHUBBAR, MURTADHA ALI, SALEM HASAN, QASIM OBAID, SALEM SALEM, MUSAB BUHAYEDTengah: MOHAMED MARHOON, HASAN MADAN, ABDULRAHMAN BURESHAID, HAMZA ALJUBAN, JASIM ABDULLA, AHMED SANAD, YASEER BALOSH, JASIM ALSALAMA, ADNAN ALSHIRAH, SALEH ALASHBAN, ABBAS ALASFOOR, SALMAN MAHMOODDepan:ABDULLA ALJAZEERI, ABDULAZIZ ALMANSOORI, MAHMOOD ALBANNA, HASAN ALKARRANI, HASHIM HASHIM, AHMED ALSHEROOQI, ABDULLA ALHAYKI, SAYED EBRAHIM MOHSEN
Kick-off Liga 1 U-19 Temui Titik Terang
PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi sudah memiliki jadwal untuk dimulainya Liga 1 U-19 musim 2018.COO LIB, Tigor Shalomboboy mengatakan bahwa Liga 1 U-19 akan dimulai setelah hari raya Idul Fitri.PT LIB belum menemukan format pasti untuk kompetisi pemain muda ini, mereka pun terus melakukan kordinasi dan komunikasi dengan para peserta Liga 1."Liga U-19 kita masih dalam tahap untuk mencari formulanya karena agak berbeda konsepnya dengan hanya melibatkan tim Liga 1. Kita ingin ini menjadi dikenal masyarakat dan kick-off mungkin habis lebaran, sekitar Juli nanti," ujar Tigor.[suggestedarticle=3]Menurut Tigor format kompetisi untuk Liga 1 U-19 tidak akan banyak mengalami perubahan dari musim lalu. Dimana Liga 1 U-19 akan menggunakan sistem penyisihan grup dengan kompetisi penuh (home away). Setelahnya di babak delapan besar hingga final akan dilakukan secara single match."Format kompetisinya masih sama seperti sebelumnya, masih menggunakan babak grup kemudian single match di babak selanjutnya," tutup Tigor.Musim lalu Persipura Jayapura U-19 keluar sebagai jawara liga U-19, usai menaklukan Persib U-19 di partai final dengan skor 1-0.
  577 kali
Sambil Menunggu PSS Usai Dipecat MU, El Loco Justru Ditemui Politikus
Nasib Cristian Gonzales kini masih belum dipastikan oleh PSS Sleman. Saat tengah menanti kepastian dari PSS, Gonzales justru sempat berjumpa dengan salah satu Calon Gubernur Jawa Timur.Gonzales bertemu dengan Cagub Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul. Gus Ipul yang tengah gencar melakukan kampanye ikut membicarakan masalah sepak bola yang menjadi salah satu bahasan populer di Jawa Timur.[suggestedarticle=3]“Potensi sepakbola di Jawa Timur ini sangat besar. Jumlah klubnya terbanyak di Indonesia dari semua level. Suporternya juga luar bisa. Tinggal kita mengelola dan memperbaiki apa yang kurang.""Tinggal bagaimana kita bersama menangani suporter. Jangan ada lagi kerusuhan, keributan apalagi sampai jatuh korban. Kita harus bersama-sama menghilangkan ini, ” ujar Gus Ipul.[pagebreak]Indonesia Lebih Baik[/pagebreak]Gonzales yang sudah malang melintang di sepak bola Indonesia juga menilai ada peningkatan dalam sepak bola nasional. Gonzales yang sempat membela tim nasional Indonesia juga menilai prestasi skuad Garuda akan segera hadir.“Di bandingkan dulu, kondisi sepakbola Indonesia sekarang jauh lebih baik. Saya yakin prestasi Indoensia akan baik. Banyak pemain-pemain bagus, termasuk di Jawa Timur, ” ucap pemain berjuluk El Loco ini.
  1338 kali
Ini Dia Pertandingan Terbaik di Indonesia Versi Pelatih Asal Bosnia
Pelatih Madura United, Milomir Seslija mengungkapkan kemenangan atas Arema FC menjadi partai terbaik di Indonesia. Dalam laga tersebut tersaji drama saling susul antara kedua tim.Pada laga tersebut Madura United sempat unggul lebih dulu pada menit ke-43 lewat Fabiano Beltrame. Keunggulan tersebut sempat dibalas dua gol oleh Arema FC yang berhasil mencetak gol lewat Dendi Santoso dan Thiago Furtuoso.[suggestedarticle=3]Madura United yang tampil di kandang tidak menyerah dan berhasil mencetak dua gol tambahan lewat Raphael Maitimo dna Nuriddin Davranov. Skor akhir 3-2 untuk Madura United bertahan hingga laga usai.Tidak hanya menyajikan saling balas gol, Milo juga menilai laga menarik tersebut bahkan dianggap sebagai salah satu partai terbaik di Indonesia.[pagebreak]Pertandingan Terbaik di Indonesia[/pagebreak]"Wow ini luar biasa. Saya pikir kami bermain bagus, kontrol situasi, punya peluang yang bagus. Jadi tiga gol ini bagus, fairplay, mungkin ini pertandingan terbaik di Indonesia,” ujar Milo.“Kami memang ciptakan banyak peluang, kemenangan untuk orang Madura,” tegasnya.Kemenangan tersebut membuat Madura United untuk sementara berada di posisi ke-3 klasemen Liga 1 2018, sedangkan Arema masih berada di dasar klasemen karena belum meraih kemenangan dari lima pertandingan Liga 1 2018.
  1798 kali
Bali United Gulung Barito Putra Dua Gol Tanpa Balas
Bali United meraih kemenangan tipis 2-0 atas tamunya, Barito Putera dalam pekan kelima Liga 1, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (22/4/2018).Tuan rumah bermain menyerang sejak menit pertama. Bali United hampir unggul pada menit ke-24. Sayang sundulan Ilija Spasojevic gagal menembus gawang Barito Putera.Barito Putera punya peluang pada menit 37 melalui Douglas Packer. Tendangan keras kaki kananya mengarah ke sudut kanan gawang Bali. Tapi masih bisa ditepis oleh kiper Wawan Hendrawan.[suggestedarticle=3]Tuan rumah memecah kebuntuan pada menit ke-44. Sepakan lob Stefano Lilipaly ke arah gawang tak bisa dihalau dengan baik oleh kiper Barito, Aditya Harlan. 1-0 untuk Bali United.Di babak kedua, Bali United terus mengembangkan permainan. Permainan nyaris dikuasai oleh tuan rumah.Barito Putera mendapat beberapa peluang, namun ketangguhan lini belakang Bali United masih sulit ditembus oleh barisan depan Laskar Antasari.Saat pertandinhan akan berakhir, Yandi Sofyan Munawar mencetak gol kemenangan. Sepakannya bersarang di gawang Aditya Harlan pada menit ke-90+3. Gol tersebut sekaligus menutup pertandingan yang dimenangkan Bali United.Susunan pemainBali United: Wawan Hendrawan; Andhika, Ahn Byung-keon, Demerson Costa, Ricky Fajrin; Milos Krkotic, Stefano Lilipaly, Ahmad Agung; Irfan Bachdim, Nick van Der Velden, Ilija Spasojevic.Barito Putera: Adhitya Harlan; Muhammad Rifqi, Hansamu Yama, Aaron Evans; Gavin Kwan Adsit, Douglas Packer, Muhammad Rafi, Matias Cordoba, Nazar Nurzaidin; Paulo Sitanggang, Samsul Arif Munip.
  619 kali
Gelar Aksi Bela Simic, Netizen Serang Akun Sosmed Besiktas
Pemain Persija Jakarta, Marko Simic, dikabarkan mendapat tawaran dari salah satu klub Liga Turki. Namun, Netizen yang tak terima kabar tersebut, beramai-ramai menyerang akun sosial media milik klub Turki itu..Kabar mengenai kepindahan Simic ini berawal saat dirinya mengupload salah satu foto di salah satu sosmednya,Dalam foto tersebut, diberikan sebuah caption yang memberi sinyal mengenai rumor kepindahannya dari Persija.[suggestedarticle=3]Pemain asal Kroasia itu dikabarkan telah diincar oleh beberapa klub. Dari beberapa klub yang tertarik dengannya, salah satu diantaranya klub dari Liga Turki."Ada satu klub Turki yang berminat pada saya dan saya sudah membahas masa depan saya dengan Persija," kata Simic dilansir dari Jacatra.Meski tidak menyebutkan secara spesifik mengenai klub Liga Turki yang dimaksudnya, namun sejumlah media Turki telah mengabarkan bahwa Simic sedang diincar klub yang sudah menjadi langganan liga champions, Besiktas.Dikabarkan Besiktas siap untuk mendatangkan pemain berusia 30 tahun tersebut ke liga Turki.Mendengar kabar tersebut, membuat para fans Marko Simic yang berada di Indonesia kecewa.Kekecewaan tersebut dituangkan oleh para netizen dari Indonesia dengan menyerang akun sosmed milik Besiktas.Dalam kolom komentar di akun sosmed Besiktas, netizen beramai-ramai berdemo agar Simic tidak pindah ke Liga Turki.
  3776 kali
Media Asing Sebut Persija Raksasa, Marko Simic Bicara Timnas Indonesia
Media Kroasia Glas Hrvatske merilis artikel wawancara mereka dengan penyerang Persija Jakarta Marko Simic, pada 17 April 2018. Dalam wawancara tersebut, Persija disebut sebagai satu dari dua raksasa sepak bola Indonesia. Artikel tersebut dimulai dengan cerita singkat soal perjalanan karier Simic, sejak di Kroasia, Vietnam, Malaysia, hingga Indonesia. "Simic tak bisa menolak tawaran dari Persija Jakarta, yang merupakan satu dari dua raksasa di Indonesia," demikian tulis Glas Hrvatske.[suggestedarticle=3]Bersama Persija, Simic menjadi pemain yang diwaspadai lawan. Total, selama berkostum Persija, Simic telah mencetak 23 gol. Pencapaian Simic itu membuat sejumlah kalangan berharap, Simic bisa membela Tim Nasional Indonesia. Simic mengaku merasa terhormat jika mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia. Namun, Simic mengaku masih berharap bisa membela Kroasia."Sebuah kehormatan memang. Namun, sampai saya yakin seratus persen bahwa saya tidak akan bermain untuk timnas Kroasia, saya tidak akan membela negara lain," ujar Simic."Membela tim nasional Kroasia adalah impian besar saya dan pengalaman beberapa tahun terakhir membuat saya percaya bahwa masih ada kemungkinan itu (membela timnas Kroasia). Saya percaya akan berada pada level itu. Meski hanya sedikit, saya tetap berharap," lanjut Simic.
  2615 kali
Dituding Miring, Komdis PSSI Sebut Sanksi Arema Sesuai dengan Peraturan
Komdis PSSI belum lama ini mengeluarkan sanksi terhadap sejumlah klub Liga 1. Arema FC mendapat sanksi paling besar, yakni total Rp300 juta.Selain denda uang, Arema juga mendapat hukuman penutupan tribune timur Stadion Kanjuruhan saat menjamu Persipura Jayapura (27/4/2018) dan PSM Makassar (13/5/2018).Banyak pihak menilai sanksi kepada Arema masih dalam kategori ringan. Musim lalu Persib Bandung didenda Rp45 juta dan pelarangan bobotoh memakai atribut akibat invasi ke lapangan saat laga kontra Bhayangkara FC.[suggestedarticle=3]Lalu ada pula PSM Makassar yang mendapat sanksi tanpa penonton karena sempat terjadi kericuhan saat laga kontra Bali United.Ketua Komdis PSSI, Asep Edwin angkat bicara terkait dengan pembicaraan publik. Pihaknya menyebut keputusan sanksi Arema sudah diambil dengan peraturan yang berlaku."Dalam rapat yang telah digelar, kami, lima anggota Komdis, sudah memutuskannya. Termasuk juga didalamnya mempertimbangkan kasus-kasus yang telah terjadi sebelumnya," ujar Asep."Kalau kasus (hukuman) Persib, hukuman yang sudah dijatuhkan merupakan akumulasi dari kasus-kasus mereka sebelumnya yang hampir sama dilakukan oleh suporternya, jadi karena akumulasi, makanya berat."Asep menyatakan terkait putusan yang telah dijatuhkan, pihaknya juga sudah berkirim surat kepada Arema. Dalam surat itu disebutkan jika Arema dan suporternya melakukan kesalahan lagi dalam pertandingan ke depan, sanksi lebih berat akan diberikan."Itu berlaku untuk semua peserta (klub). Agar ada efek jera bagi klub," tandasnya.
  1040 kali
Hadapi Persib, Teco Siap Persija Tanpa Andritany dan Rezaldi
Persija Jakarta akan meladeni Persib Bandung pada pekan keenam Liga 1 di Jakarta, 28 April 2018 kemungkinan tanpa dua pemain andalannya. Andritany Ardhiyasa dan Rezladi Hehanussa mendapat panggilan timnas untuk Anniversary Cup.Pelatih Stefano Cugurra Teco mengaku tak khawatir kehilangan dua pemainnya itu saat laga besar kontra Persib. Teco beranggapan pemain lain juga punya kualitas yang sama.[suggestedarticle=3]"Ya memang dua pemain Persija dipanggil timnas, Andritany dan Bule (sapaan akrab Rezaldi) tapi Persija tidak dua orang saja," ujar Teco."Pasti ada penggantinya dan saya yakin mereka nanti bisa bermain bagus saat laga lawan Persib," jelasnya usai laga PSIS di Bantul, Jumat (20/4/2018).Persija dikabarkan akan mengajukan lobi kepada PSSI agar bisa memainkan keduanya saat pertandingan lawan Persib. Tapi jika tidak bisa, Persija cukup legawa menerima putusan PSSI."Prinsipnya kami izinkan pemain ke timnas, itu pasti. Tapi kami juga coba lobi PSSI. Namun, jika tidak bisa ya tidak apa-apa," kata Gede saat dihubungi Bolalob, beberapa waktu lalu.
  1053 kali
Top Skor Sementara Liga 1 2018: Ezechiel N’Douassel Menyodok
Striker asal Chad, Ezechiel N’Douassel sukses membuat dua gol dari kemenangan Persib Bandung atas Borneo FC 3-1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (21/4).Dengan tambahan dua gol tersebut Ezechiel memimpin top skor sementara Liga 1 2018 dengan enam gol. Ia melewati David da Silva dari Persebaya, Rakic dari PS Tira, Rodriguez penyerang Mitra Kukar dan Sacramento dari Persipura Jayapura yang masing-masing mencetak empat gol.Marco Simic dari Kroasia yang digadang-gadang bakal jadi top skor musim ini, baru mengumpulkan tiga gol untuk Persija Jakarta.Ketajaman Simic diperkirakan bakal diperlihatkan lagi dalam pertandingan-pertandingan berikutnya.[suggestedarticle=3]Daftar Top Skor Sementara Liga 1 2018, Sampai Sabtu (21/4):
  3295 kali
1524373201573 tag