(Foto: Evening Standard)

Mantan Bek Arsenal Berminat Latih Malaysia

Posisi lowong di tim nasional Malaysia diminati salah satu pemian yang pernah berlaga di Premier League. Dia menyatakan bukan tidak mungkin Malaysia bisa berada di level sepak bola yang lebih tinggi.

Sol Campbell menyatakan dirinya berminat untuk menjadi pelatih Malaysia. Posisi pelatih Malaysia kini memang tengah kosong setelah Nelo Vingada mengundurkan diri.

"Jelas saya berminat menjadi pelatih di masa depan, mungkin bisa memulai karier melatih negara di Asia. Mungkin sebagai pelatih atau penasihat di Malaysia juga tidak masalah," ujar Campbell dilansir dari media Malaysia, Utusan.

Pemain yang pernah membela Arsenal dan Tottenham tersebut menyatakan pembinaan usia dini akan menjadi kunci untuk membuat sepak bola di Malaysia lebih baik. Campbell menyatakan Malaysia punya potensi untuk menjadi salah satu kekuatan sepak bola di Asia.



"Fokus harus dititiberatkan pada level usia dini untuk membentuk tim yang bisa membawa Malaysia ke level tertinggi," ujar Campbell.

"Saya tidak melihat alasan untuk tidak bisa meraih pencapaian pada waktu yang spesifik. Ya, tetap realistis karena untuk mencapai level tertinggi, persiapan terbaik dan perencanaan harus dilakukan secara hati-hati," tambah Campbell.

Kini pemain yang pernah mencatat 73 penampilan bersama tim nasional Inggris itu juga tengah mencari pelabuhan baru sebagai pelatih. Sebelumnya Campbell sempat menjadi asisten pelatih Dennis Lawrence di tim nasional Trinidad & Tobago pada Januari 2017.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Akhirnya, Bintang Timnas Malaysia Ini Cetak Gol Debutnya Bersama Tim Indonesia
Seminggu berada di Purwokerto, Jawa Timur, pemain timnas futsal Malaysia, Khairul Effendy Bahrin, sudah langsung memperkuat tim di turnamen ujicoba di Surabaya, Jawa Timur.Ayon, panggilan akrabnya, sempat memperkuat SKN FC Kebumen, timnya, di laga ujicoba menghadapi Futsal Unsoed meski tak mencetak gol. Pada Kamis (14/12) ini, dirinya mencetak gol di laga perdana turnamen mini menghadapi Bintang Timur Surabaya, di Baskhara Futsal Arena, Surabaya.[suggestedarticle=3]Lewat sebuah skema set piece, Ayon dengan cerdik menerima umpan di tiang kedua pada menit sembilan di babak pertama. Gol tersebut menjadi penyama kedudukan dan yang terakhir di babak pertama yang berkesudahan 1-1.Namun sayang di babak kedua SKN FC gagal membendung serangan tim tuan rumah dan kebobolan tiga gol. SKN berhasil menambah gol di babak kedua ini lewat bunuh diri pemain BTS, Recka Cahya. Laga ini berkesudahan 4-2 untuk keunggulan tuan rumah.Di laga selanjutnya pada Jumat (15/12), SKN FC Kebumen akan menghadapi tim lokal yaitu Jatim United, yang dipersiapkan untuk mengikuti PON 2020.
  6310 kali
Bukan Hanya Gaji Tinggi, Ini Alasan Evan Dimas Pilih Malaysia
Tak bisa dipungkiri bayaran pemain di Liga Malaysia dan Thailand berbeda dengan Indonesia dewasa ini.Beberapa pemain muda Indonesia pun memutuskan untuk hijrah ke negeri tetangga. Sebut saja Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn yang akan berkostum Selangor FA pada musim depan sedangkan bek Timnas Indonesia, Ryuji Utomo bakal bertualang di Liga Thailand bersama PTT Rayong.Agen dari Evan dan Ilham Udin, Mully Munial mengatakan bahwa tak hanya bayaran tinggi yang membuat kedua pemain itu memilih Malaysia, melainkan ada faktor lain yang jauh lebih penting.Sebelumnya ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi sempat mempertanyakan nasionalis para pemain yang memilih hijrah ke Malaysia daripada bertahan di Indonesia.“Saya mengerti ada tekanan di sana. Dia (Ketum PSSI) mengharapkan hasil bagus di Asian Games. Tapi di FIFA semua aturan sudah jelas, jika pemain dipanggil timnas, tim harus melepaskannya untuk kepentingan negara,” ujar Mully, seperti dikutip dari CNN.“Bukan hanya soal uang, tapi juga kesempatan mendapatkan pengalaman bagus baik dari sisi mental dan permainan juga,” ujar Mully.[suggestedarticle]Mully menegaskan bahwa para pemainnya akan selalu mengutamakan kepentingan tim nasional Indonesia pada setiap saat.“Komitmen pemain untuk Timnas itu 100 persen. Mereka (Evan Dimas dan Ilham Udin) sudah menunjukkannya sejak tampil di Piala AFF U-19,” tutur Mully.“Saya juga sudah membangun komunikasi dengan tim yang diperkuat oleh para pemain di Malaysia, kalau ada pertandingan FIFA Match Day atau pertandingan di luar FIFA Match Day yang mengharuskan mereka kembali ke Indonesia, maka hal itu akan didiskusikan."“Saya juga akan bangun komunikasi dengan pelatih timnas soal jadwal," ucap Mully.
  2942 kali
Pemain Muda Persipura Siap Ikuti Jejak Evan Dimas di Malaysia
Setelah Evan Dimas dan Ilham Udin Armayn hijrah ke Liga Malaysia, kali ini giliran pemain muda Persipura Jayapura, Osvaldo Haay yang dikabarkan akan segera merapat ke Negeri Jiran.Agen Osvaldo yakni Hero Doom menyatakan pemainnya akan menjalani perbincangan dengan beberapa klub Malaysia pada pekan depan."Osvaldo akan ke Malaysia. Ada sekitar dua sampai tiga klub yang berniat untuk mengontrak dirinya. Namun ia pergi kesana hanya melakukan diskusi. Dan belum tentu dia akan bermain di Liga sana (Malaysia)," ucap Hero Doom.Pemain timnas Indonesia U-23 ini seperti diketahui kontraknya akan habis pada akhir tahun bersama Persipura Jayapura.[suggestedarticle]Sekretaris Umum Persipura, Rocky Bebena menyampaikan kalau sejauh ini pihaknya belum mengetahui ataupun mendapat informasi soal rumor masa depan Osvaldo Haay."Kita juga belum tahu ini, sejauh ini belum ada informasi. Yang pasti agennya lebih tahu," jelas Rocky, seperti kami kutip dari Indosport.Sepanjang musim 2017 di Liga 1, Osvaldo mencetak enam gol dan dua asisst selam membela Persipura.Dirinya juga merupakan figur penting skuat Garuda muda di ajang SEA Games 2017.Namun Osvaldo diyakini berat untuk meninggalkan Indonesia terutama Persipura. Dimana Mutiara Hitam adalah klub yang membesarkan namanya selama ini. Faktor jauh dari keluarga juga bisa menghalangi kepergian pemain muda ini ke Malaysia.
  2968 kali
Thailand di Grup Ringan, Malaysia dan Vietnam Saling Bunuh
Raja futsal Asia Tenggara, Thailand berpeluang besar untuk lolos ke babak perempatfinal AFC Futsal Championship 2018.Sebagai tim unggulan, Thailand terhindar bertemu tim kuat lainnya. Pada pengundian grup yang berlangsung Selasa (12/12/2017) pagi tadi, Thailand tergabung di Grup D bersama Republik Kirgizstan, Lebanon, dan Yordania.Di atas kertas, Thailand yang dua tahun lalu finish diperingkat ketiga diprediksi akan mulus lolos dari fase grup. Hal berbeda dialami tim Asia Tenggara lainnya, yaitu Malaysia dan Vietnam yang berada dalam satu grup.[suggestedarticle=3]Vietnam dan Malaysia berada di Grup A bersama tuan rumah China Taipei dan Bahrain. Kekuatan di grup ini bisa dikatakan sama rata, tapi Vietnam dan China Taipei difavoritkan lolos.Maklum saja China Taipei sebagai tuan rumah tentunya tidak ingin malu bermain di kandang sendiri, sementara Vietnam dengan pengalaman bermain di Piala Dunia Futsal tentunya menargetkan untuk lolos ke babak selanjutnya.Nasib kurang baik didapat Myanmar yang berada di grup berat bersama Iran, Irak, dan Tiongkok di Grup C. Myanmar yang akan melakoni debut di AFC Futsal Championship tentunya berusaha untuk tidak menjadi bulan-bulanan.Patut dinantikan bagaimana kiprah tim-tim asal Asia Tenggara di AFC Futsal Championship 2018 nanti.
  1824 kali
FAM Tunjuk Tan Cheng Hoe Jadi Juru Racik Anyar Malaysia
Timnas Malaysia memiliki pelatih baru. Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memilih Tan Cheng Hoe sebagai juru racik anyar Negeri Jiran itu.FAM tak perlu waktu lama untuk mengisi posisi pelatih Nelo Vingada yang mengundurkan diri. Cheng Hoe pun mengisi pos yang ditinggalkan pelatih asal Portugal tersebut.Tan Cheng Hoe sebelumnya melatih klub elite, Kedah FA. Ia pun menjadi asisten Nelo Vingada di timnas pada tahun ini.[suggestedarticle=3]"Kami ingin mengucapkan selamat untuk Ten Cheng Hoe yang terpilih sebagai pelatih kepala Harimau Malaya," ujar Sekjen FAM Datuk Hamidin Mohd Amin, dikutip dari laman resmi FAM.Cheng Hoe bakal dapat tugas berat di Kualifikasi Piala Asia 2019 dan juara Piala AFF 2018. Ia pun sempat kaget dipilih menjadi pelatih timnas.Sepak bola Malaysia memang terbilang dapat pencapaian yang buruk sejak ditangani Nelo Vingada pada akhir Mei 2017.Tujuh pertandingan Malaysia dilalui dengan sekali seri dan enam kali kalah. Prestasi buruk itu pun membuat Nelo undur diri dari Malaysia.
  598 kali
Tiba di Indonesia, Bintang Futsal Malaysia Ini Langsung Berlatih Bersama Klubnya
Khairul Effendy Bahrin, kapten sekaligus bintang timnas futsal Malaysia, tiba di Indonesia pada Rabu (6/12) lalu.Ayon, panggilan akrabnya, berangkat dengan penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Bandara Adisucipto, Yogyakarta. Ayon tiba pada Rabu malam dan langsung melanjutkan perjalanan menuju Purwokerto, tempat pemusatan latihan, dengan menggunakan kereta api.[suggestedarticle=3]Tiba di Purwokerto, Ayon sempat mengunjungi latihan skuat SKN FC Kebumen yang dipimpin Deny Handoyo. Pada Kamis (7/12) sore, eks pemain Melaka United ini sudah mengikuti sesi latihan di pusat kebugaran.Baru pada Jumat (8/12) dirinya mengikuti dua kali latihan pada pagi dan sore hari di Score Futsal Stadium, Dukuhwaluh, Purwokerto, Banyumas.
  2478 kali
Bintang Timnas Futsal Malaysia Ini Akhirnya Tiba di Indonesia
SKN FC Kebumen kedatangan lagi satu pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.Pemain tersebut tak lain adalah Khairul Effendy Bahrin, kapten sekaligus bintang timnas Malaysia. Ayon, panggilan akrabnya, menjadi pemain Malaysia kedua yang akan berlaga di liga futsal profesional di Indonesia.[suggestedarticle=3]Ayon berangkat dari Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Rabu (6/12) sore dan tiba di Bandara Adisucipto, Yogyakarta, pada petang.Tiba di Yogyakarta, Ayun melanjutkan perjalanan ke Purwokerto lewat kereta api untuk mengurus beberapa administrasi dan juga melakukan latihan pertama untuk SKN FC Kebumen. Ayon akan mengikuti pemusatan latihan selama sebulan sebelum akhirnya kembali ke Malaysia untuk mengikuti pemusatan latihan jangka pendek jelang AFC Futsal Championship 2018.
  3772 kali
Resmi! Pelatih Timnas Malaysia Mengundurkan Diri
Timnas Malaysia resmi berpisah dengan pelatihnya, Nelo Vingada. Deretan hasil negatif akhirnya membuat kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kerja sama lebih cepat.Vingada ditunjuk menukangi Malaysia sejak bulan Mei 2017. Bersama eks pelatih Iran U-23 tersebut, Harimau Malaya imbang sekali dan kalah enam kali! [suggestedarticle]"Setelah diskusi dengan Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), HRH Major General Tunku Ismail Ibni Sultan Ibrahim, Crown Prince of Johor, saya bertanggung jawab atas performa tim nasional," ucap Nelo seperti dikutip dari situs FAM."Dengan rasa tanggung jawab ini, saya mengumumkan bahwa posisi saya mengundurkan diri dari tim nasional. Tunku President pun telah menerim keputusan ini."Saya pada kesempatan ini ingin mengucapkan terima kasih dan berharap sepak bola Malaysia kembali bersinar. Saya bangga menjadi bagian sepak bola Malaysia meski hanya dalam waktu sebentar," jelasnya.
  2545 kali
DIARY: Eksodus Pemain Liga 1 ke Malaysia dan Thailand Dimulai
Bek Timnas Indonesia dan Persija Jakarta, Ryuji Utomo akhirnya resmi berlabuh ke klub Thai League 2, PTT Rayong.Bek Timnas Indonesia Ini Resmi Berlabuh ke Klub Liga ThailandMohamed Sissoko memilih klub Meksiko, Atletico de San Luis sebagai pelabuhan berikutnya setelah satu musim bersama Mitra Kukar. Mantan pemain Juventus tersebut bergabung dengan Atletico de San Luis dengan status bebas transfer.Klub Meksiko Resmi Gaet Gelandang Mitra KukarSelama sepekan ini setidaknya ada enam pemain tim nasional Indonesia U-19 direkrut oleh klub Liga 1.Anak Asuhnya Direkrut Klub Liga 1, Ini Komentar Indra SjafriKuota pemain asing asal ASEAN di Liga Malaysia membuat bursa transfer di Negeri Jiran makin semarak. Sejauh ini sudah ada lima pemain asing ASEAN yang direkrut oleh klub-klub kasta tertinggi Malaysia.Ini Lima Pemain ASEAN yang Pasti Ramaikan Liga Malaysia Musim Depan
  1168 kali
Ini Lima Pemain ASEAN yang Pasti Ramaikan Liga Malaysia Musim Depan
Kuota pemain asing asal ASEAN di Liga Malaysia membuat bursa transfer di Negeri Jiran makin semarak. Sejauh ini sudah ada lima pemain asing ASEAN yang direkrut oleh klub-klub kasta tertinggi Malaysia.Selangor menjadi klub paling agresif dengan mendatangkan Ilham Udin Armaiyn dan Evan Dimas Darmono. Keduanya direkrut dari Bhayangkara FC.Sementara itu Johor Darul Ta'zim memutuskan untuk memulangkan Hariss Harun. Penggawa timnas Singapura ini sebenarnya sudah memperkuat JDT sejak tahun 2014 namun musim lalu dipinjamkan ke Home United.[suggestedarticle=3]Pahang FA memutuskan untuk merekrut pemain ASEAN yang sudah mengenal Liga Malaysia. Safuwan Baharudin yang musim lalu membela PDRM FA, resmi membela Pahang musim depan.Nama terakhir adalah penggawa Kamboja, Thierry Bin. Pemain keturunan Perancis ini resmi membela Terengganu FC.Persaingan klub-klub di Malaysia untuk mendatangkan pemain terbaik ASEAN diyakini bakal makin semarak. Masih ada enam klub yang slot pemain asing ASEAN masih kosong yaitu Kedah, Kelantan, Kuala Lumpur, Melaka United, Perak, dan PKNS.
  3165 kali
1512387001743 tag