(Foto: Bolalob )

Throwback 2017: STIE BP dan Tax Usakti Kuasai 2 Kompetisi Mahasiswa Bergengsi

Ajang kompetisi futsal ternama di Indonesia kembali digulirkan di tahun 2017. Liga Mahasiswa (LIMA)
Futsal, dan Liga Futsal Mahasiswa (Lifuma).

Liga Mahasiswa (LIMA) Futsal 2017 musim keempat kembali digelar dengan jangkauan yang lebih luas dan kembali mempertandingkan kategori putra dan putri.

Setelah sebelumnya hanya digelar di pulau Jawa dan tiga kota, kali ini LIMA Futsal 2017 digelar di lima daerah yang salah satunya berada di luar pulau Jawa.





Terdapat dua wilayah atau conference baru yang akan digelar di LIMA Futsal musim ini, yaitu Kalimantan Conference dan East Java Conference. Selain itu, tak ada lagi Nusantara Conference pada musim ini. Greater Jakarta Conference digelar pada 13-22 Juli 2017 di
GOR Remaja Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

West Java Conference digelar pada 28 Juli-6 Agustus 2017 di Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Central Java-DIY Conference di gelar pada 18-27 Agustus 2017 di GOR Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Bolalob Kalimantan Conference digelar pada 14-23 September 2017 di GOR Pangsuma Pontianak. East Java Conference digelar pada 5-14 Oktober 2017 di Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, dan Babak Nasional digelar pada 17-28 Oktober 2017 di
Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Pada babak nasional, STIE Bhakti Pembangunan keluar sebagai juara setelah mengalakan Universitas Islam Nusantara Bandung dengan skor 3-1. Sementara Unversitas Pendidikan Indonesia kembali merebut gelar juara yang keempat kalinya setelah menundukkan Universitas Negeri Jakarta dengan skor tipis 1-0.





Liga Futsal Mahasiswa (Lifuma) 2017 Jakarta kembali bergulir ditahun 2017 yang menginjak tahun ke-13. Lifuma Jakarta 13/2017 kick off mulai 16 September di GOR Ciracas, Jakarta Timur. Lifuma sendiri kembali menggelar dua divisi, 10 tim di Divisi Utama hasil Lifuma 2016, dan 7 tim Divisi Satu.

Babak reguler berlangsug 3 seri, Seri 1 pada 16, 17, dan 19 September. Seri 2 pada 1, 2, 4 Oktober, dan - Seri 3 pada 29-30 Oktober, 1 November. ABFII Perbanas finish peringkat pertama babak reguler Divisi utama, sementara Universitas Pakuan finish diperingkat pertama babak reguler DivisiS atu.

Babak tittle play off digelar pada 11, 15, dan 17 November 2017. Tax Universitas Trisakti (Usakti) berhasil meraih gelar juara Divisi Utama Liga Futsal Mahasiswa (Lifuma) 2017, sementara Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta keluar sebagai juara Divisi Satu.



PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Throwback: Di Tengah Kabut, Arsenal Lawan 15 Pemain Dinamo Moskwa
Pada 21 November 1945, Arsenal melakoni pertandingan persahabatan melawan Dinamo Moskwa di White Hart Lane, London. Pertandingan berlangsung dalam keadaan berkabut pekat. Namun, wasit menolak menghentikan pertandingan karena menghormati Dinamo Moskwa yang datang dari jauh.Kabut pekan itu menjadi masalah dan merusak pertandingan karena tak ada yang bisa melihat jalannya pertandingan secara utuh, termasuk wasit. [suggestedarticle=3]Seorang pemain Arsenal diganjar kartu merah, tetapi diam-diam kembali masuk lapangan dan bermain hingga laga usai. Wasit tidak mengetahui bahwa pemain yang diganjar kartu merah itu kembali bermain. Di sisi lain, Dinamo Moskwa melakukan pergantian pemain, tetapi tidak ada pemain yang meninggalkan lapangan. Sejumlah suporter yang menyaksikan laga tersebut meyakini bahwa pada satu waktu dalam laga tersebut, Dinamo Moskwa bermain dengan 15 pemain. Kejadian unik lainnya adalah, kiper Arsenal mengalami cedera karena membentur tiang gawang sendiri karena pandangannya terganggu kabut. Kiper ini digantikan oleh seorang penonton.Laga itu berakhir 4-3 untuk Dinamo Moskwa. Gol Arsenal dicetak oleh Martensen (12', 35') dan Hands (38'), sementara gol Dinamo Moskwa diciptakan Bobrov (1', 63'), Beskov (41'), dan Soloviev (48'). (dari berbagai sumber)
  829 kali
Liga Mahasiswa 2018 Tambah Cabang Baru, Gojek Beri Dukungan
Liga Mahasiswa 2018 akan menyajikan enam ajang, yaitu futsal, badminton, renang, bola basket, sepak bola, dan bola voli. Ini adalah pertama kalinya pertandingan bola voli dimainkan di Liga Mahasiswa, sejak dimulai pada 2012. Hal baru lainnya dari penyelenggaraan Lima Mahasisma 2018 adalah masuknya Gojek menjadi sponsor. Hal ini diumumkan oleh CEO Liga Mahasiswa Ryan Gozali dan CMO Gojek Piotr Jakubowski , di Jakarta, Selasa (27/2/2018). [suggestedarticle=3]"Sebagai perusahaan yang lahir dan berkembang di Indonesia, Gojek berkomitmen mengembangkan talenta-talenta muda Indonesia, yang tidak hanya dalam bidang teknologi. Kami percaya, pembentukan karakter bangsa dapat dilakukan dengan salah satunya melalui olahraga. Dengan olahraga, kita bisa mengembangkan karakter, sportivitas, sekaligus merekatkan persatuan bangsa," ujar Piotr Jakubowski."Gojek ingin terus berpartisipasi dalam memunculkan bibit-bibit olahraga baru yang berprestasi. Dengan dukungan ini, kami berharap akan semakin banyak talenta-talenta olahraga yang dapat mengharumkan nama bangsa ini," lanjut Jakubowski.Liga Mahasiswa 2018 dibuka dengan gelaran badminton pada 25 Februari-3 Maret 2018, di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Surakarta. Liga Mahasiswa cabang badminton putaran nasional akan digelar di Surakarta pada pertengahan Maret 2018.Agenda Liga Mahasiswa berikutnya adalah renang, yang akan digelar di Bandung pada pertengahan Maret 2018. Pertandingan bola basket akan digelar pada pekan terakhir Juni 2018 di Jakarta, Medan, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Surabaya juga akan menjadi lokasi pertandingan bola basket putaran nasional, pada pekan kedua Agustus 2018.Pada pekan kedua Agustus 2018, Liga Mahasiswa Bola Voli akan diperlombakan. Cabang bola voli hanya akan diselenggarakan di Jakarta, tetapi terbuka untuk peserta dari luar Jakarta.Liga Mahasiswa Sepak Bola akan digelar di Jakarta dan Malang pada 26 Agustus-25 September 2018.Liga Mahasiswa 2018 akan diakhiri dengan olahraga futsal. Liga Mahasiswa Futsal akan digelar di tujuh kota, yaitu Pontianak, Malang, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Cabang futsal akan digelar pada September-Desember 2018.
  1253 kali
Bintang Tax Usakti Ini Tak Ingin Gagal di Musim Keduanya di Pro Futsal League
Kiper muda berbakat asal Lampung, Kendra Pradipta telah resmi membela My Futsal Cosmo FC Jakarta untuk berlaga di Pro Futsal League (PFL) 2018.Musim 2018 merupakan musim kedua kiper yang besar bersama Tax Usakti ini. Musim lalu dirinya membela Black Steel Manokwari di debutnya di liga pro.[suggestedarticle=3]Sayangnya, performanya belum terlalu terlihat saat membela Black Steel. Black Steel sendiri gagal lolos ke final four yang ingin Kendra balas di musim ini bersama My Futsal Cosmo."Ini tahun kedua dan saya ingin lebih baik dari pada tahun kemarin," ungkapnya kepada Bolalob."Target bersama My Futsal Cosmo tentunya ingin membawa tim ini juara," pungkasnya menutup pembicaraan.
  1032 kali
Throwback PFL 2017: Perang Power Play yang Luar Biasa
Pro Futsal League (PFL) akan segera bergulir di musim 2018 ini pada 20 Januari besok di Yogyakarta.Bolalob pun mencoba memunculkan memori menarik dari PFL 2017, salah satunya adalah perang power playsaat Mataram FC NTB meraih kemenangan atas Antam FC Jakarta dipekan ketiga PFL 2017 Grup A.Pertandingan berlangsung di GOR UNY, Yogyakarta pada Minggu (5/3) ini. Kejar-kejaran gol yang sangat menarik tersaji saat Mataram FC mengalahkan Antam FC dengan skor ketat 4-3.[suggestedarticle=3]Pertandingan berjalan dalam tempo tinggi sejak awal laga. Antam FC unggul terlebih dahulu melalui Rahmatullah dimenit ke-4. Mataram FC berhasil menyamakan kedudukan dimenit ke-9. Skor 1-1 ini bertahan hingga babak pertama usai.Pada babak kedua, laga berjalan semakin sengit. Mataram FC berbalik unggul melalui sepakan Sauqy Saud dimenit ke-35. Antam FC yang tertinggal langsung gunakan power play dan berhasil menyamakan kedudukan melalui Abdul Rohman dimenit ke-36. Mataram FC tidak diam saja dan membalas dengan power play juga dan kembali unggul lewat Sauqy dimenit ke-36.Laga semakin seru ketika Antam FC samakan kedudukan lagi lewat Taruna Yudha menit ke-38. Sauqy akhirnya menjadi pahlawan Mataram FC dengan gol ketiganya dimenit ke-39. Pertandingan pun usai untuk kemenangan Mataram FC atas Antam FC dengan skor 4-3.   Sadis! Pada #PFL2017 lalu, pertandingan Antam melawan Mataram berlangsung seru. Itu dikarenakan pada saat skor masih sama kuat 1-1, kedua tim berusaha memenangkan pertandingan dengan cara Powerplay. Tonton videonya.. #PFL2017 A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on Jan 4, 2018 at 1:08am PST
  880 kali
Throwback 2017: Sejarah Tercipta di Bolalob FFI U-20 Futsal Championship
Tahun 2017 menjadi tahun yang bersejarah bagi kompetisi futsal usia umur di Indonesia.Untuk pertama kalinya digelar kompetisi U-20 berkat kerja sama Bolalob dan Federasi Futsal Indonesia (FFI). Turnamen yang bertajuk Bolalob FFI U-20 Futsal Championship resmi digelar tahun 2017.Kompetisi ini dikhususkan bagi tim Pro Futsal League (PFL) 2017 dengan usia 20 tahun ke bawah. Turnamen digelar pada 25-31 Maret lalu di GOR Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang diikuti 15 tim PFL 2017.[suggestedarticle=3]Total 29 Pertandingan dan ratusan gol tercipta di ajang ini. Ratusan pemain dari 15 tim peserta juga beradu kekuatan untuk menjadi yang terbaik di ajang ini. Dari ajang ini, keluar BJL 2000 Shiba Semarang sebagai juara pertama. Pemain BJL, Zakariyya Anwar keluar sebagai pemain terbaik, Fadhil Alfarisyi dari Bintang Timur Surabaya sebagai top skor, dan Muhammad Albagir sebagai kiper terbaik.Albagir bahkan berhasil terpilih masuk seleksi Timnas Futsal berkat penampilan gemilangnya di turnamen ini. Tentunya berkat adanya turnamen ini Albagir bisa terpilih dan terpantau pelatih Timnas Futsal. Turnamen ini pun diharapkan melahirkan generasi baru futsal Indonesia kedepannya.
  1263 kali
Throwback 2017: Bersinarnya Bintang Muhammad Iqbal iskandar
Luar biasa hanya itulah kata yang terucap untuk performa pemain muda asal Bogor, Muhammad Iqbal Iskandar di tahun 2017Iqbal menjadi salah satu pemain yang berhasil back to back meraih gelar juara Pro Futsal League (PFL). Dirinya sukses membantu Vamos Mataram meraih gelar juara PFL 2017. Gelar yang di tahun sebelumnya ia raih bersama Black Steel Manokwari.[suggestedarticle=3]Tidak hanya menjadi juara, pemain kelahiran Bogor, 23 Agustus 1995 ini bermain gemilang di final four PFL 2017. Dibabak final dirinya bermain spartan, baik dalam menyerang dan bertahan. Dibabak final dirinya bahkan mencetak dua gol saat timnya mengalahkan Permata Indah Manokwari dengan skor 8-3. Performa yang menasbihkannya sebagai pemain terbaik PFL 2017.Pemain yang menjadi rising star futsal Indonesia versi Bolalob tahun lalu ini semakin matang di tahun 2017 ini. Performanya di liga membuat dirinya selalu terpilih masuk skuat Timnas Futsal, mulai dari AFF Futsal Championship 2016, 2017, dan SEA Games 2017.Sayangnya, prestasi Timnas Futsal selama ia bela belum terlihat. Tapi, harapan tetap ada karena usia Iqbal yang masih muda. Dirinya pun berharap akan bermain lebih baik lagi di tahun-tahun kedepannya dan bisa membawa Timnas Futsal berprestasi.[suggestedarticle]
  1498 kali
Akhir Pahit Ikatan 10 Bulan Pelatih Asing Futsal Indonesia yang Dikontrak Mahal
Victor Hermans menjadi pelatih asing kedua yang menangani Timnas Futsal Indonesia setelah Nasser Saleh asal Iran. Tapi, perjalanan Vic bersama Timnas Futsal hanya berlangsung 10 bulan saja.Timnas Futsal ditahun 2017 ini kembali ditangani pelatih asing, Vic Hermans yang resmi menandatangani kontrak pada 2 Februari 2017. Pada saat penandatanganan kontrak, Vic menilai futsal Indonesia sangat berpotensial."Indonesia sangat potensial dan saya suka membina dan mengembangkan pemain. Di negara sebelumnya yang saya latih seperti Hongkong dan Iran, saya juga melakukannya," ujar Vic Hermans kepada Bolalob.[suggestedarticle=3]Tugas pertama Vic adalah menangani Timnas Futsal U20. Ia pun langsung memantau langsung pemain di Pro Futsal League (PFL) 2017. Setiap seri ia datangi untuk mencari pemain U20 dan juga senior."Saya fokus mencari pemain U-20 meski ada juga pemain senior. Saya mencari pemain yang memiliki skill dan disiplin. Saya suka pemain yang disiplin. Saya juga melihat bagaimana saat mereka bereaksi mencari posisi dan saat transisi," ungkap Coach Vic.Vic pun memimpin langsung seleksi dan juga latihan Timnas Futsal. Ia juga mengangkat mantan anak asuhnya, Yori van der Torren yang sedang melatih klub Indonesia untuk menjadi asistennya.Pilihan yang sempat menjadi polemik pelatih futsal di Indonesia termasuk Federasi Futsal Indonesia (FFI). FFI berharap ada pelatih lokal yang menjadi asistennya dan terpilihlah Dedy Ahadiat Putra mendampingi Yori.[pagebreak]Absen Mendampingi Tim[/pagebreak]Absen Mendampingi TimSayangnya, meski TC berjalan lancar. Vic membuat kehebohan dengan tidak ikut mendampingi Timnas Futsal U20 di AFC U-20 Futsal Championship 2017 yang berlangsung di Bangkok, Thailand pada 16-26 Mei."Saya ada masalah karena di Thailand mereka tak membayar gaji saya satu tahun. Pengacara saya yang berasal dari FIFA mencoba mengatur segalanya sebelum turnamen ini agar saya bisa berangkat ke ajang ini. Tapi belum selesai dan saya tidak diizinkan pergi ke thailand," kata Vic."Saya tidak tahu apakah berisiko jika pergi ke sana. Tapi, saya tidak mau anak-anak terpengaruh perihal masalah ini," ungkapnya.Vic pun memantau dari Indonesia perkembangan Timnas Futsal U20. Kiprah Timnas Futsal U20 sendiri cukup apik mampu menembus 8 besar dengan menyingkirkan Vietnam dan berhasil menahan imbang Jepang. Sayangnya, Thailand kembali menjadi momok Timnas Futsal dibabak perempatfinal.Selepas Timnas Futsal U20, tugas Vic selanjutnya adalah menyiapkan Timnas Futsal untuk berlaga di SEA Games 2017. Sayangnya, persiapan tidak berjalan mulus karena pemusatan latihan (TC) yang tidak jalan-jalan hingga Vic mengancam jika tidak ada persiapan khusus sebaiknya Timnas Futsal tidak jalan ke SEA Games."Saya tidak bisa berangkat ke SEA Games tanpa persiapan. Saya kira batas persiapan adalah empat minggu. Selepas itu, kita tidak ada peluang raih medali," ungkapnya kepada Bolalob.[suggestedarticle=2]TC sendiri akhirnya berjalan, tapi waktunya sangat mepet seminggu jelang bergulirnya SEA Games 2017 pada 18-27 Agustus. Vic pun kembali memilih tidak mendampingi Timnas di SEA Games dan fokus berlatih bersama pemain seleksi lainnya yang tak terpilih masuk skuat SEA Games 2017."Melihat waktu persiapan ke SEA Games yang dimulai 16 Agustus tentunya sangatlah mepet. Tapi, persiapan ke AIMAG (Asian Indoor dan Martial Arts Games) dibulan September masih memungkinkan," tulisnya disitus resminya."Bahwa kita tetap berangkat ke SEA Games dibawah banyak tekanan berbagai wewenang. Saya akan tinggal bersama 17 pemain di Lombok dan memberikan perhatian penuh kepada mereka," tambahnya.Absennya Vic mendampingi Timnas Futsal kembali menjadi pergunjingan pelatih futsal Indonesia. Vic sendiri tetep bersikukuh. Hasilnya, untuk pertama kalinya Timnas Futsal tidak mendapat medali di SEA Games.Vic kembali menerima kabar jika Timnas Futsal tidak berlaga di Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) 2017 yang diadakan di Turkmenistan. Vic pun langsung dihadapkan ke ajang AFC Futsal Championship 2017.[suggestedarticle]"Setelah kembali ke Lombok dari SEA Games, saya langsung membentuk tim untuk Asian Indoor Games. Para pemain dan staf kemudian kecewa setelah mengetahui jika mereka tidak berangkat ke AIMAG," tulis Vic disitusnya."Kami kini harus bekerja keras untuk pemilihan pemain di Oktober nanti. Setidaknya kami memiliki waktu latihan lebih lama dibanding saat SEA Games," pungkasnya.Vic pun akhirnya melakukan debut menangani Timnas Futsal secara langsung diajang resmi di AFF Futsal Championship 2017. Sayangnya, hasilnya sangat buruk Timnas FUtsal gagal lolos ke semifinal sekaligus menutup peluang Timnas Futsal tampil di AFC Futsal Championship 2018. Nasib Vic bersama Timnas Futsal pun di ujung tanduk."Bagaimana ini ke depannya kita akan lihat. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di Indonesia di masa depan," kata Vic Hermans di situs resminya.Kebersamaan Vic bersama Timnas Futsal akhrinya resmi selesai di bulan November. FFI resmi tidak memperpanjang kontrak Vic menangani Timnas Futsal."Vic Hermans kontrak selesai pada Desember, namun mulai tanggal 30 November ini berhenti. Ketua umum sudah memutuskan," kata Sekjen FFI, Edhi Prasetyo, saat membacakan program timnas futsal di 2018.[suggestedarticle]Vic pun buka suara tentang tidak diperpanjang kontraknya. "Setelah satu tahun penuh kejutan, saya meninggalkan Indonesia. Memulai dengan semangat yang baik, tetapi menurun sepanjang tahun," tulis Vic Hermans dalam blog pribadinya."Bagaimana mungkin Federasi punya jalannya sendiri menangani futsal dan memperlakukannya seperti itu," lanjutnya.Berikut perjalanan timnas futsal Indonesia di era Vic Hermans.AFC U-20 Futsal Championship (Mei 2017)Indonesia 6-3 TajikistanIndonesia 6-2 China TaipeiVietnam 1-1 IndonesiaJepang 3-3 IndonesiaThailand 4-2 Indonesia (Perempat Final)SEA Games 2017 (Agustus 2017)Indonesia 4-2 ThailandIndonesia 0-5 MalaysiaIndonesia 1-4 VietnamIndonesia 2-3 MyanmarAFF Futsal 2017 (Oktober 2017)Indonesia 21-0 FilipinaIndonesia 9-0 Brunei DarussalamVietnam 4-3 IndonesiaMyanmar 3-2 IndonesiaMenang: 5 KaliKalah: 6 KaliSeri: 2 Kali[Catatan Redaksi: Tulisan ini dimuat ulang sebagai bagian dari Rubrik Stories of the Year untuk membingkai artikel-artikel menonjol sepanjang tahun 2017.]
  997 kali
Torehan Sejarah Emas Indonesia Masuk 8 Besar Asia
Timnas Futsal Indonesia untuk pertama kalinya membuat Timnas Futsal U-20 yang dipersiapkan untuk berlaga di AFC U-20 Futsal Championship 2017.Turnamen ini untuk pertama kalinya diadakan AFC pada 16-26 Mei di Bangkok, Thailand. Federasi Futsal Indonesia (FFI) pun langsung meminta pelatih Timnas Futsal, Victor Hermans untuk melakukan seleksi membentuk Timnas Futsal U-20.Vic pun bertindak cepat dengan memanggil 22 pemain ke dalam pemusatan latihan Timnas Futsal U-20 ini. Sebagian besar di antaranya merupakan para pemain yang berlaga di Pro Futsal League (PFL) 2017. Hal ini dikarenakan dirinya sudah melihat langsung peforma si pemain.[suggestedarticle=3]"Yang pertama para pemain di liga akan mengikuti pemusatan latihan serta seleksi berjalan dan mereka harus tahu futsal. Mungkin selain itu ada beberapa nama lain yang akan saya lihat saat seleksi," ujar Vic Hermans kepada Bolalob.Seleksi tahap pertama berlangsung pada 29 Februari hingga 2 Maret di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Seleksi pertama ini menghasilkan 18 pemain yang menjalani TC lanjutan di Yogyakarta."22 Pemain sangat bekerja keras. Memang harus ada keputusan untuk mencoret 4 pemain. Adaptasi posisi dan kualitas pribadi jadi salah satu yang penting untuk catatan ini," ujar Vic Hermans pasca mengumumkan empat nama yang dicoret dari seleksi tahap pertama."Secara umum saya puas dengan mereka. Yang penting mereka harus bisa beradaptasi dengan iklim futsal Internasional," lanjutnya.[suggestedarticle]TC sendiri berlangsung bersamaan dengan bergulirnya PFL 2017. Para pemain yang timnya bermain akan dilepas untuk mengikuti pertandingan, sementara yang tidak bermain akan terus menjalani TC. Performa di PFL 2017 sendiri menjadi bahan evaluasi Vic."Pastinya ada beberapa pemain yang akan kami ajang ngobrol untuk evaluasi performa di liga. Masih ada beberapa yang oke tapi ada yang kurang," kata Vic Hermans kepada Bolalob.[pagebreak]Batal Mendapatkan Uji Coba[/pagebreak]Batal Uji Coba dengan Tim Luar NegeriVic sendiri selama TC berharap Timnas Futsal U-20 akan menjalani uji coba melawan tim luar negeri. Sayangnya, hal itu tidak terwujud dan Timnas Futsal U-20 hanya mendapat jatah uji coba dengan tim PFL, yaitu SFC Planet Sleman. Vamos Mataram, dan Mataram FC NTB.Timnas Futsal U-20 sendiri di AFC U-20 Futsal Championship 2017 tergabung di Grup B bersama Vietnam, Jepang, China Taipei, dan Tajikistan. Turnamen sendiri diikuti oleh 21 tim."Saya pikir di U20 kita tidak tahu bagaimana Tajikistan dan Vietnam, termasuk Iran. Kita tidak tahu apa yang mereka punya di U20," ungkapnya kepada Bolalob."Yang saya pikirkan negara lain telah menyiapkan tim jauh-jauh hari dan Indonesia baru sekarang. Tidak akan mudah, tapi saya puas dengan tim sekarang dan akan dilihat kedepannya," tambahnya.[suggestedarticle=2]"Akan ada kejutan, tapi kita pikirkan target perempatfinal terlebih dahulu. Kita harus juara grup karena jika runner-up akan melawan Thailand, tapi itu dipikirkan disana bukan sekarang," ucapnya terkait target Timnas Futsal.Vic kemudian memanggil satu pemain anyar di posisi kiper, Muhammad Albagir yang bermain gemilang membawa BJL 2000 Shiba Semarang U-20 menjadi juara Bolalob FFI U-20 Futsal Championship 2017. "Ada satu pemain, kiper yang bermain di BJL. Dia sangat bagus, dan saya mengundangnya ke Jogja," ungkap Vic kepada Bolalob.Vic kemudian memilih 14 pemain yang akan berlaga di AFC U-20 Futsal Championship 2017. Berikut ke-14 pemain tersebut.1. Muhammad Nasrullah (AFP Kaltim)2. Muhammad Albagir (BJL 2000 Shiba Semarang U-20)3. Aditya Muhammad (Biangbola)4. Rama Ramdhani (APK Samarinda)5. Rio Pangestu (APK Samarinda)6. Sauqy Saud Lubis (Mataram FC NTB)7. Anton Cahyo Nugroho (BJL 2000 Shiba)8. Ardiansyah Nur (Antam FC Jakarta)9. Ardiansyah Runtuboy (Black Steel)10. Rahmatullah Hasriyanoor (Kancil BBK)11. Aswandanu Bagas (SFC Planet)12. Arjuna Rinaldi (APK Samarinda)13. Samuel Eko Putra (Kancil BBK)14. Faishal Ammar (APK Samarinda)Timnas futsal U-20 kemudian dilepas ketua umum FFI, Hary Tanoesoedibjo dalam Acara pelepasan yang digelar di kediaman pribadinya di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (11/5)."Harapannya pasti bisa bertanding maksimal dan menang tentunya. Peluang pasti ada karena sudah dilatih dan dipersiapkan dengan baik. Memang lawannya kuat, tetapi bukan berarti kita tidak bisa apa-apa," katanya kepada Wartawan. Selain itu HT juga berharap skuat timnas futsal U-20 bisa lolos fase grup dan bahkan jadi juara.Kehebohan terjadi saat Vic memutuskan tidak mendampingi Timnas Futsal U-20. Ini karena masalah hukumnya dengan Federasi Sepakbola Thailand belum beres.[suggestedarticle]"Saya ada masalah karena di Thailand mereka tak membayar gaji saya satu tahun. Pengacara saya yang berasal dari FIFA mencoba mengatur segalanya sebelum turnamen ini agar saya bisa berangkat ke ajang ini. Tapi belum selesai dan saya tidak diizinkan pergi ke thailand," kata Vic Hermans.Tak mau mengambil risiko, Vic mengikuti saran pengacaranya dan terpaksa melepas skuatnya berlaga di Thailand tanpa pelatih kepala. "Saya tidak tahu apakah beresiko jika pergi ke sana. Tapi saya tidak mau anak-anak terpengaruh perihal masalah ini," ungkapnya.Timans Futsal U-20 pun ditangani trio tim pelatih Yori van der Torren, Dedy Ahadiat Putra, dan Yos Adi Wicaksono. Kiprah pertama cukup menggembirakan berhasil menaklukan Tajikistan di laga pertama mereka di ajang AFC U-20 Futsal Championship 2017 pada Selasa (16/5) di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand dengan skor 5-3. Kelima gol Timnas Futsal dicetak oleh Faishal Ammar, Sauqy Saud Lubis (2 gol), Rio Pangestu, dan Arjuna Rinaldi.Di laga kedua, Timnas Futsal kembali meraih kemenangan kontra China Taipei pada Rabu (17/5) di Huamark Indoor Stadium dengan skor 6-2. Keenam gol Timnas Futsal dicetak oleh Sauqy Saud dengan 4 gol, dan masing-masing satu gol oleh Arjuna dan Rio.Di laga ketiga, Timnas Futsal berhasil terhindar dari kekalahan melawan Vietnam pada Rabu (18/5) di Huamark Indoor Stadium. Timnas Futsal tertinggal 1-0 hingga laga tersisa 8 detik lagi, Timnas Futsal sukses menyamakan kedudukan melalui Samuel Eko. Skor imbang 1-1 menutup laga dan membuat peluang Indonesia lolos ke perempatfinal masih terbuka lebar.Di babak penyisihan terakhir, Timnas Futsal lagi-lagi terhindar dari kekalahan dan berhasil memaksa tim kuat Jepang bermain imbang 3-3. Laga keempat Timnas Futsal berlangsung pada Jumat (19/5) di Huamark Indoor Stadium. Timnas Futsal yang tertinggal 3-2 berhasil menyamakan kedudukan saat laga tersisa dua detik lagi melalui sundulan Samuel Eko dan memaksa laga berakhir imbang 3-3. Hasil imbang yang membawa Timnas Fusal lolos ke perempatfinal menghadapi tuan rumah Thailand. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia lolos fase grup dari kompetisi futsal antar negara di Asia, meskipun baru sebatas kompetisi level umur.[suggestedarticle=3]Sayangnya, kiprah Timnas Futsal di AFC U-20 Futsal Championship 2017 harus terhenti dibabak perempatfinal. Menghadapi tuan rumah Thailand pada Senin (22/5) di Bangkok Arena, Timnas Futsal harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 4-2. Dua gol Timnas Futsal dicetak oleh Samuel Eko dan Arjuna Rinaldi. Timnas Futsal pun gagal lolos ke semifinal.Meski begitu, pelatih Yori van der Torren mengaku bangga akan kerja keras dan penampilan skuatnya dengan segala kekurangan dan halangan yang ada saat persiapan hingga berlaga di ajang pertama mereka ini."Saya bangga dengan performa anak-anak. Kami datang tanpa pengalaman, pelatih kepala (Vic Hermans) tidak ikut. Guntur tidak ikut, tapi itu tidak ada efeknya. Kami bisa kalahkan dua negara, bisa main seri lawan Vietnam dan Jepang," kata Yori kepada Bolalob."Secara performa kita enggak kalah sama Thailand. Negara-negara yang kami lawan ini bukan negara kecil di futsal. Mereka dominan," ujar Yori.Berikut hasil lengkap Timnas Futsal di AFC U-20 Futsal Championship 2017.Babak penyisihan Grup B.Selasa, 16 Mei 2017Indonesia 5-3 TajikistanRabu, 17 Mei 2017Indonesia 6-2 China TaipeiKamis, 18 Mei 2017Indonesia 1-1 VietnamJumat, 19 Mei 2017Indonesia 3-3 JepangBabak perempatfinalSenin, 22 Mei 2017Indonesia 2-4 Thailand[Catatan Redaksi: Tulisan ini dimuat ulang sebagai bagian dari Rubrik Stories of the Year untuk membingkai artikel-artikel menonjol sepanjang tahun 2017.]
  2151 kali
Throwback 2017: Kemeriahan 3 Turnamen Futsal Tingkat Nasional
Futsal Indonesia diramaikan tiga turnamen futsal bergengsi sepanjang tahun 2017 ini, yaitu Rafhely Specs Cup 2017, Piala Emas Futsal Indonesia 2017, dan My Futsal International Tournament 2017.Turnamen futsal Rafhely Cup 2017 digelar pada 29 Juli hingga 4 Agustus di Rafhely Futsal Jalan By Pass KM.11 Padang, Sumatera Barat. Ajang ini kembali diikuti oleh 16 tim dari Sumatra dan dua tim liga pro, Bintang Timur Surabaya dan IPC Pelindo II Jakarta. Selain itu, terdapat tim tamu dari negeri Jiran, Poly GBFC Malaysia, yang bersaing di ajang ini.Tuan rumah Rafhely berhasil menjadi juara setelah mengalahkan IPC Pelindo II lewat drama adu penalti setelah di 2x40 menit serta 2x5 menit perpanjangan waktu sama kuat. Top skor diraih Muhammad Sanjaya dari Rafhely dengan 10 gol, dan pemain terbaik diraih pemain asal Poly GBFC Malaysia, Muhammad Afiq bin Abdul Rahman.[suggestedarticle=3]Turnamen futsal tingkat nasional Piala Emas Futsal Indonesia (PEFI) bergulir pada 15 hingga 22 Juli di GOR Ciracas, Jakarta Timur. PEFI memasuki edisi ke-8 di tahun 2017 ini dan diikuti oleh 18 tim dari 10 provinsi, yaitu Lampung, Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Papua, dan Papua Barat.Bintang Timur Surabaya berhasil mempertahankan gelar juaranya setelah mengalahkan Pinky Boys Makassar pada laga final yang digelar Sabtu (22/7) di GOR Ciracas, Jakarta Timur dengan skor 3-2. Top skor diraih pemain Pinky Boys, Ramat Arsyad dan pemain terbaik diraih Bayu Aditya dari BTS.[suggestedarticle]Turnamen futsal bergengsi My Futsal International Tournament (MyFIT) kembali bergulir ditahun 2017 ini setelah absen di tahun 2016. Turnamen berlangsung di lapangan My Futsal, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada 22 November hingga 3 Desember.Tahun ini MyFIT diikuti oleh 20 tim yang tidak hanya datang dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi juga dari Malaysia. Tidak hanya itu, MyFIT 2017 dipastikan diikuti oleh enam tim liga futsal profesional Indonesia.Vamos mataram keluar sebagai juara setelah mengalahkan Cosmo FC dalam babak adu penalti pada Minggu (3/12). Selain menajdi juara, pemain Vamos, Muhammad Iqbal Iskandar keluar sebagai pemain terbaik, sementara top skor diraih Farhan Mujahiddin dari Cosmo FC.[suggestedarticle]
  1010 kali
Throwback 2017: Kiprah Klub Futsal Indonesia di Level Asia Masih Jadi Medioker
Dua klub futsal Indonesia berlaga diajang kompetisi antar klub Asia Tenggara, AFF Futsal Club Championship 2017 dan AFC Futsal Club Championship 2017.Permata Indah Manokwari sebagai runner up Pro Futsal League (PFL) 2017 menjadi wakil Indonesia di AFF Futsal Club Championship 2017. AFF Futsal Club 2017 sendiri diadakan di Bangkok, Thailand pada 3-9 Juli yang diikuti oleh 8 klub perwakilan dari negara zona AFF.Permata Indah tergabung di Grup A bersama tuan rumah Thai Port, Pyay United Myanmar, dan Shah United Brunei. Sementara Grup B diikuti oleh Sanna Khanh Hoa Vietnam, Melaka United Malaysia, East Coast Heat Australia, dan Vientiane United Laos.Permata Indah berhasil finish sebagai runner up Grup A setelah mengalahkan Pyay United dan Shah United, tapi harus mengakui keunggulan Thai Port. Permata Indah lolos ke semifinal melawan Sanna Khanh Hoa.[suggestedarticle=3]Sayangnya, Permata Indah harus takluk ditangan Sanna Khanh Hoa dan gagal lolos ke final. Di perebutan peringkat ketiga, Permata Indah juga harus menelan kekalahan dari Melaka United. Permata Indah akhirnya finish diperingkat keempat AFF Futsal Championship 2017. Juara sendiri diraih oleh wakil tuan rumah Thai Port.Di AFC Futsal Club Championship 2017, Vamos Mataram sebagai juara PFL 2017 menjadi wakil Indonesia. Untuk pertama kalinya wakil Indonesia berlaga di putaran final AFC Futsal Club. Turnamen sendiri berlangsung di Ho Chi Minh City, Vietnam pada 20-30 Juli yang diikuti oleh 14 tim.Vamos tergabung di Grup B bersama Naft Al-Wasat Irak, Al Rayyan Qatar, dan Disi Invest Tajikistan. Grup A berisikan Al Dhafrah UEA, Thai Son Nam Vietnam, Erem Kirgizstan, dan Vic Vipers Australia. Grup C berisikan Giti Pasand Isfahan Iran, Shriker Osaka Jepang, dan Shenzhen Nanling Tiongkok. Dan Grup D berisikan Chonburi Bluewave Thailand, Bank of Beirut Lebanon, dan Almalyk Uzbekistan.Di debutnya ini, Vamos gagal lolos ke babak selanjutnya setelah kalah dari Naft Al-Wasat dan Al Rayyan. Tapi, Vamos juga menciptakan sejarah sebagai tim pertama asal Indonesia yang meraih kemenangan di putaran final AFC Futsal Club setelah menundukkan Disi Invest. AFC Futsal Club Championship 2017 sendiri diraih Chonburi Bluewave sebagai juaranya.Wakil Indonesia pun kembali gagal bersinar di level Asia Tenggara dan juga Asia. Semoga saja di tahun 2018 nanti, kiprah tim asal Indonesia akan meraih hasil yang lebih baik di banding tahun 2017 ini.
  757 kali
1514697601860 tag