Kamus Futsal: Kupas Tuntas Pro Futsal League 2018


  •    Dwi Anggoro
  •    06/01/18 - 11:20
  •    1944

(Bolalob )

Kamus futsal adalah rubrik yang membahas khusus tentang makna kata, pedoman sebutan maupun asal usul kata atau istilah di dunia futsal.

Edisi kali ini akan membahas mengenai Apa, sih Pro Futsal League itu? Pro Futsal League atau bisa disingkat PFL merupakan kasta tertinggi kompetisi futsal profesional di Indonesia yang diselenggarakan oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI) untuk kategori putra.

Liga futsal profesional sendiri awalnya bernama Indonesia Futsal League (IFL) digelar sejak 2006/2007 hingga 2013 yang diadakan oleh Badan Futsal Nasional (BFN) PSSI.






Pada musim 2014, liga pro absen dan diadakan kembali pada 2015 dengan nama FSL dan berubah menjadi PFL pada 2016, 2017, dan 2018 ini. PFL 2018 sendiri rencananya diikuti oleh 16 tim yang terbagi menjadi 2 grup, Grup A dengan 8 tim, dan Grup B dengan 8 tim.

Delapan tim Grup A adalah juara bertahan Vamos Mataram, SKN FC Kebumen, Giga FC Kota Metro, My Futsal Cosmo FC Jakarta, APK Samarinda, SFC Planet Sleman, dan dua tim promosi dari liga Futsal Nusantara (LFN) 2017, Dekings Halus FC dan Dumai FC Riau.

Sementara 8 tim Grup B adalah Runner-up Permata Indah Manokwari, Black Steel Manokwari, Mataram FC NTB, Bintang Timur Surabaya, Kancil BBK Pontianak, IPC Pelindo II Jakarta, dan dua tim promosi DLS FC Banyumas dan SDR FC Binjai.

Baik, Grup A dan Grup B akan berlangsung dalam dua fase, babak reguler dan final four. Babak reguler menggunakan sistem kompetisi penuh dengan dua tim peringkat teratas masing-masing grup lolos ke babak final four untuk memperebutkan gelar juara.

Sementara dua tim peringkat terbawah di Grup A dan satu tim peringkat terbawah di Grup B akan terdegradasi ke kompetisi amatir, LFN. Sementara empat peringkat teratas di LFN akan promosi ke PFL untuk musim selanjutnya menggantikan tim yang terdegradasi.






PFL diselenggarakan pada 20 Januari hingga 22 April yang menggelar babak reguler. Sementara final four akan dilaksanakan pada 5 dan 6 Mei.

PFL 2018 akan diselenggarakan di 6 kota, yaitu Yogyakarta, Pontianak, Sumedang, Makassar, Mataram, dan Surabaya. Fonal four sendiri rencaya akan ekmbali diadkan di yogyakarta.

PFL 2018 juga rencananya akan kembali disiarkan secara langsung maupun live streaming oleh MNC Group selaku pemegang hak siar. Juara tahun lalu sendiri adalah Vamos mataram yang mengalahkan Permata Indah Manokwari dilaga final.


Mini Series: Bintang Masa Depan - Episode 1








Berita Terkait


1539686521132

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?