(Foto: Istimewa)

Catat! Suporter Jangan Lakukan Hal Berikut Ini Jika Klubnya Tidak Ingin Disanksi AFC

Bali United dan Persija Jakarta dipastikan menjadi wakil Indonesia di kompetisi Asia pada tahun ini.

Bali United akan berlaga di babak kualifikasi Liga Champions Asia sedangkan Persija berlaga di Piala AFC.

Jika ingin lolos ke babak utama LCA, Bali United harus mengalahkan Tampines Rovers di babak kualifikasi.

Sementara Persija sudah dipastikan berlaga di fase grup Piala AFC. Klub ibu kota tergabung di Grup H bersama Tampines Rovers/Geylang Internasional (Singapura), Johor Darul Ta’zim/Selangor FA (Malaysia), dan Song Lam Nghe An FC (Vietnam).

Untuk Bali United, jika mereka dikalahkan Tampines Rovers di babak kualifikasi LCA maka akan berlaga di Piala AFC dan tergabung di Grup G bersama FLC Thanh Hoa/Hanoi FC (Vietnam), Yangon United (Myanmar), dan satu wakil Filipina.

Namun jika Bali United lolos, slot mereka di Piala AFC akan diisi oleh Madura United.



Klub-klub itu pun saat ini sudah melakukan persiapan maksimal untuk berlaga di kompetisi antarklub Asia.

Selain berlatih dan menjalani beberapa laga uji coba, mereka juga mengingatkan para suporternya untuk menaati aturan yang diterapkan AFC.

Seperti diketahui, sebagian suporter di Indonesia kerap kali melanggar aturan atau regulasi demi menampilkan kreatifitas mereka di pinggir lapangan seperti misalnya menyalakan suar.

Selain menyalakan suar, AFC juga melarang para suporter untuk melempar benda ke dalam lapangan sampai menerbangkan drone secara sembarangan.

Dilansir dari baliutd.com, berikut beberapa hal yang dilarang dan sanksi yang akan diterima klub jika terdapat pelanggaran:

1. Menyalakan flare/suar/bom asap

Sanksi denda yang diberikan sebesar 70 juta rupiah (untuk satu flare menyala). Jika ada dua sampai lima, maka denda menjadi 280 juta rupiah.

2. Menyalakan laser

Sanksi denda sebesar 28 juta rupiah (setiap kali menyalakan, maksimal lima kali).

3. Melempar benda ke dalam lapangan pertandingan

a.Botol air mineral/kaleng berisi

Denda yang diberikan sebesar 70 juta rupiah (antara 1-10 botol).

b. Botol air mineral/kaleng kosong

Diberikan denda sebesar 42 juta rupiah (antara 1-10 botol).

c. Batu

Terkena denda sebesar 70 juta rupiah

d. Gelas plastik/kertas

Akan didenda sebesar 28 juta rupiah (antara 1-10 gelas)

e. Benda lain

Dikenai sanksi denda 14 juta rupiah (antara 1-10 benda)

f. Kombinasi bendi di atas

Sanksi denda sebesar 70 juta rupiah (antara 1-10 benda)

4. Menampilkan spanduk/banner yang berupa hinaan terhadap agama atau berbau politik di dalam stadion

Denda yang diberikan sebesar 28 juta rupiah

5. Memasuki lapangan pertandingan

Diberikan sanksi denda sebesar 70 juta rupiah (satu sampai lima orang)

6. Menerbangkan drone

Denda sebesar 70 juta rupiah (satu drone)
editTerakhir diubah:  12/01/18 - 18:15

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Manajer MU Bakal Gugat Balik Cristian Gonzales
Konflik antara Cristian Gonzales dan manajer Madura United, Haruna Soemitro kian memanas.Haruna mengaku akan melakukan gugatan balik terhadap mantan pemainnya itu.Mantan ketua PSSI Jawa Timur itu mengaku tak gentar dengan gugatan yang diajukan Gonzales.Pasalnya, Haruna tak merasa pernah melakukan apa yang dituduhkan suami Eva Siregar tersebut.[suggestedarticle]”Saya ladeni laporan yang dibuat Gonzales, tunggu saja tanggal mainnya. Singkat saja, ente jual ane beli. Kontan tidak pakai kredit,” kata Haruna dilansir dari laman VIVA.Sebelumnya, Gonzales melaporkan Haruna karena merasa nama baiknya dicemarkan.Gonzales tak terima dengan pernyataan Haruna di beberapa media yang menyebutkan bahwa dirinya indisipliner.Mantan pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 itu kini bermain untuk PSS Sleman yang berlaga di Liga 2.
  924 kali
Bungkam Bali United, PS Tira Keluar dari Zona Merah
Bali United mendapat hasil negatif di pekan keenam Liga 1 2018. Bertandang ke Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul, Senin (30/4), Bali United takluk 1-2 dari tuan rumah PS Tira.Meski bertindak sebagai tim tamu, Bali United punya kesempatan unggul terlebih dulu. Laga baru berjalan dua menit, Stefano Lilipaly dijatuhkan di kotak terlarang, tapi wasit tidak menunjuk titik putih.PS Tira berhasil unggul terlebih dulu di menit ke-33 lewat sundulan Wawan Febriyanto yang memanfaatkan sepak pojok.[suggestedarticle=3]Namun, keunggulan itu tak berlangsung lama. Hanya berselang dua menit, Bali United berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat gol yang dilesakkan Stefano Lilipaly.Memasuki babak kedua, Bali United dan PS Tira punya beberapa peluang untuk menambah golnya.Di menit ke-55, Bali United hampir saja unggul, tapi tendangan keras Ahmad Agung dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang.PS Tira merespons peluang itu di menit ke-66 lewat Ahmad Nufiandani. Namun, tendangan Dani belum tepat sasaran.[suggestedarticle=3]PS Tira akhirnya mampu memastikan kemenangan menjadi 2-1 di menit ke-80 setelah Gustavo Lopes membobol gawang Wawan Hendrawan via tendangan bebas.Berkat hasil ini, PS Tira sukses keluar dari zona degradasi. Klub asuhan Rudy Eka Priyambada itu naik empat tingkat ke peringkat 14 dengan tujuh poin.Sementara untuk Bali United, kekalahan ini membuat mereka gagal mengambilalih puncak klasemen sementara dari Persipura Jayapura.Bali United masih berada di peringkat 7 dengan 9 poin, atau terpaut dua angka dari Persipura yang mengoleksi 11 poin.Daftar susunan pemain :PS Tira (4-4-2) :Teguh Amiruddin; Didik, Herwin, Kim Sang-min, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen (C), Ryan Wiradinata, Gustavo Lopez, Wawan Febriyanto; Aleksandar Rakic, Mariano BerriexPelatih : Rudy Eka PriyambadaBali United (4-3-3) :Wawan Hendrawan; Made Andhika Wijaya, Demerson, Ahn Byung-keon, Dias Angga; Fadil Sausu (C), Milos Krkotic, Ahmad Agung; Nick van der Velden, Stefano Lilipaly, Yandi SofyanPelatih : Widodo Cahyono Putro
  1010 kali
Ditahan Imbang Borneo FC, Presiden Madura United Sebut Sepak Bola Penuh Drama
Presiden Madura United, Achsanul Qosasi mengatakan drama dalam sepak bola merupakan keindahan tersendiri.Belum lama ini, Madura United gagal menang di markas Borneo FC akibat gol di pengujung laga.Madura United yang sudah unggul 2-1 harus puas hanya mendapat satu poin setelah Borneo FC menyamakan kedudukan di menit kke-94 via gol penalti Marlon da Silva.”Memang menyakitkan, tapi sepak bola selalu punya cerita yang itu menjadi bagian dari keindahan sepak bola itu sendiri. Pulanglah dengan kepala tegak,” ujar Achsanul Qosasi dilansir dari laman resmi liga 1.[suggestedarticle=3]Sementara itu, pelatih Madura United, Milomir Seslija puas dengan penampilan tim asuhannya meski gagal mengamankan poin penuh.Namun, mantan pelatih Arema FC tersebut mencatat beberapa kekurangan dari Madura United dalam pertandingan kontra Borneo FC yang akan jadi bahan evaluasinya.”Madura United bermain bagus di babak kedua, kita bisa banyak mendapatkan peluang. Harusnya peluang itu bisa jadi satu atau dua gol,” tutur Milomir.
  1076 kali
Konflik Tak Juga Mereda, Pihak Gonzales Minta Hal Ini ke Madura United
Konflik antara Cristian Gonzales dan Madura United tak kunjung mereda.Istri Gonzales, Eva Siregar meminta manajer Madura United, meminta maaf dan meralat pernyataannya.Sebelumnya, Haruna menyebut bahwa Gonzales telah melanggar kesepakatan dengan klubnya.Atas ucapannya itu, Eva merasa nama baik Gonzales sudah dicemarkan oleh Haruna.”Kami tidak suka koar-koar di media sosial. Kami hanya minta keadilan. Kami juga menerima jalan damai. Tidak masalah, yang penting nama Gonzales dibersihkan. Itu aja. Kata damai kami terima, tapi harus membersihkan nama Gonzales,” ujar Eva dikutip dari Tribun Jabar.[suggestedarticle=3]Eva mengatakan, dirinya sudah mencoba menempuh jalan damai dengan Madura United andai Haruna menyetuji persyaratan yang diajukannya.Eva mengaku sejak kasus ini merebak dirinya kerap mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari berbagai pihak.”Saat saya berada di airport untuk shooting ke sana sini, ada orang bilang, 'Suaminya mana? Melarikan uang kontrak ya? Bawa kabur uang ya?' Saya tidak kuat kalau digituin terus,” ujarnya.Usai cabut dari Madura United, Gonzales kini berstatus sebagai pemain PSS Sleman.Gonzales bahkan sukses mencetak gol di laga debutnya bersama klub barunya itu saat PSS menang 3-1 atas PS Mojokerto di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (26/4).
  1633 kali
Bos Persija Sebut Laga Lawan Persib Ditunda, Berikut Jadwal Terbarunya
Laga klasik antara Persija Jakarta dan Persib Bandung pada pekan keenam Liga 1 2018 dipastikan mundur dari jadwal semula.Laga yang tadinya akan dihelat Sabtu (28/4) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, diundur pelaksanaannya menjadi Kamis (3/5).Keputusan itu diambil setelah manajemen Persija mendapatkan rekomendasi dari pihak kepolisian.Polda Metro Jaya meminta duel Persija melawan Persib digelar setelah Hari Buruh Internasional atau mayday pada 1 Mei mendatang.[suggestedarticle=3]”Pertandingan melawan Persib dekat dengan Hari Buruh Internasional. Jadi, kepolisian meminta pertandingan diundur setelah Hari Buruh,” kata Gede saat dihubungi wartawan.”Soal stadion sudah aman. Tanggal 3 Mei tidak ada yang menggunakan SUGBK,” sambung Gede.Namun, belum ada pernyataan resmi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait hal ini.Bolalob juga mencoba menghubungi manajemen Persib terkait dimundurkannya jadwal laga kontra Persija.Namun, hingga berita diturunkan belum ada respon dari para petinggi klub berjulukan Maung Bandung tersebut.
  3548 kali
Bobol Gawang Tampines Rovers, Gelandang Persija Justru Dikritik
Winger Persija Jakarta, Novri Setiawan, mendapat kritkan dari warganet usai mencetak gol ke gawang Tampines Rovers dalam laga pamungkas babak penyisihan Grup H Piala AFC 2018 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (24/4).Pemain asal Pariaman, Sumatera Barat, tersebut dikritik karena selebrasinya.Usai membobol gawang Tampines, Novri merayakannya dengan selebrasi ‘jemur baju’ ala Lionel Messi.Sebagian warganet menilai aksi tersebut tak perlu dilakukan karena Novri harus menerima kartu kuning. Novri abis ngegoalin selebrasinya buka baju, harus ya? — gita herdiansyah (@gitapusvita) April 24, 2018 Lebay lah si novri ini.. Selebrasi buka baju.. Tim lo tu mmng udah unggul bro.. Kcuali blum gol atau epic comeback.. Zzzzz — Heru Admadinata (@Dacik_111) April 24, 2018 Namun, sebagian warganet lain tetap mengapresiasi apa yang dilakukan Novri.[suggestedarticle=3]Mereka bisa memaklumi aksi Novri karena pemain bernomor punggung 11 tersebut selama ini kerap mendapatkan kritikan tajam. Novri ngetroll fans 😂 — Zelfryan (@zelfryanEP) April 24, 2018 Selebrasi emosional dari novri 👆👏 — Jαкмαиια Dα∂αкαи (@JDadakan) April 24, 2018 Selain Novri, tiga pemain Persija lainnya yang turut mencetak gol adalah Rezaldi Hehanussa, Marko Simic, dan Addison Alves.Sementara Tampines hanya bisa membalas dua gol melalui Jordan Webb dan Fazrul Nawaz.Kemenangan 4-2 yang ditorehkan Persija atas Tampines membuat tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut lolos ke semifinal Piala AFC zona ASEAN sebagai juara Grup H dengan 13 poin.
  5760 kali
Lolos dari Fase Grup Piala AFC, Pemain Persija Tuai Pujian
Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco memberikan pujian kepada para pemainnya usai mengalahkan Tampines Rovers 4-2 di laga pamungkas fase grup H Piala AFC di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (24/4).Persija menang berkat gol yang dilesakkan Rezaldi Hehanussa (23’), Marko Simic (46’), Novri Setiawan (51’), dan Addison Alves (72’).Sementara Tampines hanya bisa membalas dua gol via Jordan Webb (27’) dan Fazrul Nawaz (80’).Berkat kemenangan tersebut, Persija memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFC zona ASEAN dengan status juara grup H.”Tim kami menang karena bermain kompak. Para pemain sudah bekerja keras dan hasil 2-4 adalah hal yang fair,” kata Teco.[suggestedarticle=3]Sayangnya, kesuksesan Persija mengalahkan Tampines dan lolos ke semifinal Piala AFC zona ASEAN harus dibayar mahal dengan cederanya Jaimerson Xavier.Pemain asal Brasil itu pun terancam absen saat Persija menjamu Persib Bandung dalam lanjutan pekan keenam Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (28/4).”Kami kehilangan Jaimerson di babak pertama karena cedera engkel. Namun, kami masih menunggu hasil observasi dokter tim Persija. Mudah-mudahan cedera Jaimerson tidak seberapa karena kami akan melakukan pertandingan penting akhir pekan nanti,” kata Teco.
  3298 kali
Kemenangan Persija atas Tampines Rovers Memakan Korban
Persija Jakarta sukses melangkah ke babak semifinal Piala AFC Zona ASEAN setelah membungkam Tampines Rovers 4-2 di laga pamungkas grup H yang dihelat di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (24/4).Sayangnya, kesuksesan itu harus dibayar mahal dengan cederanya Jaimerson Xavier.Bek asal Brasil tersebut dikabarkan mengalami cedera engkel.Cedera itu didapat Jaime karena disinyalir dirinya tidak biasa bermain di lapangan dengan rumput sintetis seperti di Stadion Jalan Besar.Namun, pelatih Persija Stefano Cugurra Teco belum bisa memastikan seberapa parah cedera yang diderita Jaime.”Kami masih menunggu hasil observasi dokter tim Persija. Mudah-mudahan tidak seberapa cedera Jaimerson karena kami akan melakukan pertandingan penting akhir pekan nanti,” kata Teco.[suggestedarticle=3]Jika Jaimerson mengalami cedera yang cukup parah maka itu akan menjadi kerugian tersendiri bagi Persija.Apalagi pada Sabtu (28/4), Persija sudah ditunggu seteru abadinya, Persib Bandung dalam laga pekan keenam Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat.Dalam laga tersebut, Persija sudah dipastikan tidak akan diperkuat Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanussa karena bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang berlaga di ajang Anniversary Cup yang berlangsung pada 27 April hingga 3 Mei di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.
  10329 kali
Bungkam Tampines Rovers, Persija ke Semifinal Zona Asean Piala AFC
Persija Jakarta sukses menembus semifinal zona ASEAN Piala AFC setelah menumbangkan Tampines Rovers 4-2 di laga pamungkas babak penyisihan Grup H yang dihelat di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (24/4).Persija membuka keunggulan di menit ke-22 lewat sepakan Rezaldi Hehanussa setelah menerima crossing dari Riko Simanjuntak.Namun, keunggulan Persija tidak berlangsung lama. Tampines mampu menyamakan kedudukan lewat sundulan Jordan Webb di menit ke-28.Persija kembali unggul menjadi 2-1 di menit ke-46 setelah Marko Simic membobol gawang Tampines yang dijaga Haikal Hassol memanfaatkan umpan sodoran Riko.[suggestedarticle=3]Memasuki babak kedua, Persija tidak mengendurkan serangannya. Hasilnya, Novri Setiawan berhasil membawa Persija unggul 3-1 di menit ke-51.Persija semakin menegaskan keunggulannya di menit ke-71 setelah Addison Alves mencatatkan namanya di papan skor. Macan Kemayoran memimpin 4-1.Tampines yang tak mau malu di depan pendukungnya mampu mencetak gol hiburan di menit ke-79 lewat sundulan Fazrul Nawaz memanfaatkan umpan Khairul Amri.Setelah itu tidak ada lagi gol tercipta. Persija menang 4-2 atas Si Kijang –julukan Tampines- dan memastikan diri lolos ke semifinal zona ASEAN sebagai juara Grup H dengan 13 poin.Susunan pemain kedua tim :Tampines Rovers (5-4-1) :Haikal Hasnol; Irfan Najeeb, Irwan Shah, Daniel Bennet, Amirul Azmi, Mustafic Fachruddin (C); Ryutaro Megumi, Jordan Webb, Muhammad Aziq, Muhammad Yasir; Khairul AmriPelatih : Juergen RaabPersija Jakarta (4-3-3) :Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan (C), Jaimerson Xavier (Gunawan Dwi Cahyo,46), Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Sandi Sute (Septinus Alua,78), Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (Addison,62)Pelatih : Stefano Cugurra Teco
  3139 kali
Babak Pertama, Persija Unggul 2-1 atas Tampines Rovers
Persija Jakarta unggul 2-1 atas Tampines Rovers di babak pertama laga pamungkas penyisihan Grup H Piala AFC yang dihelat di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (24/4).Persija yang berstatus tim tamu mampu menekan pertahanan Tampines di awal-awal laga.Marko Simic dan Rohit Chand sempat mengancam gawang Si Kijang –julukan Tampines- yang dikawal Haikan Hasnol.[suggestedarticle=3]Upaya Persija akhirnya berbuah hasil di menit ke-22 berkat gol Rezaldi Hehanussa memanfaatkan umpan Riko Simanjuntak.Namun, keunggulan Persija tidak berlangsung lama. Tampines mampu menyamakan kedudukan lewat sundulan Jordan Webb di menit ke-28.Persija mampu menutup babak pertama dengan kemenangan 2-1 setelah Simic mencetak gol memanfaatkan umpan sodoran Riko Simanjuntak di menit ke-46.Susunan pemain kedua tim :Tampines Rovers (5-4-1) :Haikal Hasnol; Irfan Najeeb, Irwan Shah, Daniel Bennet, Amirul Azmi, Mustafic Fachruddin (C); Ryutaro Megumi, Jordan Webb, Muhammad Aziq, Muhammad Yasir; Khairul AmriPelatih : Juergen RaabPersija Jakarta (4-3-3) :Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan (C), Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko SimicPelatih : Stefano Cugurra Teco
  971 kali
1524574451937 tag