(Foto: Borneo FC)

Ini Profil Empat Pemain Asing Borneo FC di Piala Presiden 2018

Kembali Borneo FC akan tampil dengan skuat berbeda untuk ajang turnamen pra-musim yakni Piala Presiden 2018.

Di edisi tahun lalu Pesut Etam yang keluar sebagai runner-up tampil menurunkan skuat lapis keduanya dengan nama Borneo FC II, mereka akan melakukan hal serupa di tahun ini dengan komando dibawah pelatih debutan Ponaryo Astaman dan juga Kurniawan Dwi Yulianto.

Empat pemain asing pun disiapkan untuk ajang bergengsi tahun ini, antara lain Muhammad Ridhuan (Singapura), Andre Araujo (Brasil), Stevan Markovic (Montenegro) dan Mohamed Amine El Bakkali (Maroko).

Muhammad Ridhuan bukan nama asing di kancah sepakbola nasional. Pemain asal Singapura berusia 33 tahun itu pernah memperkuat Arema Malang dari 2009-2013. Bersama Singo Edan pula, Ridhuan sempat merasakan gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2009-2010 lalu.



Sedangkan Andre Araujo, sebelumnya ia berkarier di Songkhram FC yang bermain di Liga 2 Thailand. Adapun Markovic, bek 29 tahun itu pernah membela klub-klub lokal di negaranya seperti FK Vojvodina, FK Mornar, OFK Beograd dan terakhir hijrah ke New Radiant SC yang tampil di Liga Maladewa.

Untuk Mohamed Amine El Bakkali, sebelumnya ia sempat menjalani seleksi di skuat Persela Lamongan. Namun mantan pemain Timnas Maroko itu gagal mendapat kontrak sehingga ia menerima tawaran bermain di kubu Pesut Etam.

Borneo FC tergabung di Grup D bersama dengan Bali United, Persija Jakarta dan PSPS Pekanbaru.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Barito Putera Kandas di Markas Borneo FC Lewat Gol di Menit Akhir
Borneo FC berhasil merebut tiga poin saat menjamu Barito Putera di Stadion Segiri dalam lanjutan Liga 1 2018, Senin (16/7). Dua gol Marlon Da Silva sukses mengantar Borneo FC menang dengan skor akhir 2-1 atas Barito Putera.Kedua tim baru mampu mencetak gol pada babak kedua dan diawali oleh tandukkan dari Marlon Da Silva pada menit ke-49. Marlon sukses memanfaatkan umpan Titus Bonai untuk menanduk bola ke gawang yang dikawal Aditya Harlan.[suggestedarticle=3]Usai tertinggal satu gol, Barito Putera berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-65 lewat Douglas Packer. Pemain asal Brasil tersebut berhasil memenangkan duel udara dengan kiper Borneo FC, Nadeo Arga Winata.Sebelum laga berakhir, Borneo FC sukses mencetak gol kemenangan lewat gol kedua Marlon Da Silva. Pada menit 90+4, Marlon sukses memanfaatkan bola liar di depan gawang Barito Putera.Hasil tersebut membuat Barito Putera gagal merebut kembali posisi puncak klasemen Liga 1 2018 yang kini ditempati PSM Makassar. Sedangkan Borneo FC untuk sementara berada di posisi ke-9 Liga 1 2018 dengan raihan 22 poin.[pagebreak]Susunan Pemain[/pagebreak]Susunan pemain kedua tim:Borneo FC: Nadeo Argawinata; Diego Michiels, Leonard Tupamahu, Wildansyah, Edy Gunawan; Julien Faubert, Mahadirga Lasut; A Umanailo, Srdan Lopicic, Titus Bonai; Marlon SilvaBarito Putera:Aditya Harlan; Nazar N, Hansamu Yama Pranata; Dandi Maulana; Rony Beroperay; Aaron Evans, Matias Cordoba; Juan Pino, Paulo Sitanggang, Douglas Packer; Samsul Arif
  405 kali
Borneo FC Tampung Dua Pemain Persib Bandung
Wildansyah dan Billi Keraf yang dilepas Persib Bandung, ditampung klub Borneo FC untuk menambah amunisi dalam persaingan Liga 1 2018.Presiden Borneo FC, Nabiel Husen Said Amin kepada awak media di Samarinda, Jumat (13/7/2018), mengatakan dua pemain baru tim berjuluk 'Pesut Etam' memang akan merekrut dua pemain asal Kota Kembang."Kami sudah resmi mengontrak keduanya, karena Billy dan Wildansyah kami nilai sesuai dengan kebutuhan tim," ucap Nabil seperti dikutip antaranews.com. Nabil berharap kehadiran dua pemain ini bisa melengkapi kekurangan di tim Pesut Etam, dan bisa mendongkrak posisi klasemen menuju prestasi lebih baik.[suggestedarticle=3]Kedua pemain tersebut memang kurang mendapatkan tempat bersama Persib Bandung di Liga 1 2018 musim , sehingga mungkin kondisi itulah yang membuat negosiasi berjalan mulus.Bagi Wildansyah, membela tim di Samarinda bukan untuk pertama kalinya, karena sebelumnya pemain yang dibesarkan oleh tim Persib Junior ini sempat memperkuat Persisam Putra Samarinda.Borneo FC sedikit diuntungkan dengan hadirnya Wildansyah lantaran ia bisa beroperasi di sektor bek tengah dan wingback. "Wildansyah bisa stopper dan wingback yang mana kita kurang pemain di posisi itu. Semoga Wildansyah bisa memberikan hasil positif untuk Bornro FC," kata Nabil.[pagebreak]Punya Kualitas[/pagebreak]Sedangkan untuk Billy Paji Keraf, Nabil masih mempercayai kualitas Billy meski musim ini kurang mendapat kepercayaan di Persib. Nabil langsung berinisitatif meminjam Billy dari Persib agar kemampuan Billy bisa maksimal demi membantu Pesut Etam."Soal Billy saya berharap Billy bersinar musim ini seperti musim lalu. Billy sangat dibutuhkan di tim ini karena kesempatan dia bermain itu masih ada," tuturnya.Sebenarnya Billy sudah lama menjadi incaran Nabil sebelum si pemain memutuskan berseragam Persib.Billy diyakini tak butuh waktu lama beradaptasi lantaran ia sudah miliki banyak kawan di Borneo FC, seperti Wahyudi Hamisi dan Nadeo Argawinata yang pernah sama-sama berseragam timnas U-17."Saya sudah lihat Billy beberapa waktu lalu saat masih di Nitro FC. Saya juga banyak dapat rekomendasi dari Nadeo dan Wahyudi yang responnya positif dengan kualitasnya. Semoga Billy cepat adaptasi dan memberikan hasil positif untuk Borneo," ungkap Nabil. Kedua pemain tersebut mulai menjajal latihan perdana dengan skuat Pesut Etam pada Sabtu (14/7/2018) di stadion Segiri, Samarinda.
  774 kali
Hajar Borneo FC, Pelatih Persela: Pemain Luar Biasa
Persela Lamongan berhasil menang atas Borneo FC dengan skor 2-0 pada laga pekan ke-15 Liga 1, di Stadion Surajaya, Lamongan, Rabu (12/7/2018).Pelatih Persela, Aji Santoso mengapresiasi permainan anak asuhnya saat melawan Borneo FC. Laskar Joko Tingkir menunjukkan permainan yang maksimal.[suggestedarticle=3]"Saya sangat bersyukur, karena selain mendapat poin tiga, anak-anak juga main sangat luar biasa," kata Aji dalam laman resmi Liga 1.Aji menganggap timnya sudah kembali menemukan bentuk terbaiknya. Kepercayaan diri dalam bermain menjadi lebih baik."Di pertandingan tadi anak-anak sudah kembali menemukan sentuhannya, dan mudah-mudahan ini konsisten sampai putaran pertama berakhir," tandasnya.Persela saat ini nangkring di peringkat ke-5 dengan koleksi 23 poin hasil dari enam kali menang, lima kali seri, dan empat kali kalah.
  473 kali
Borneo FC Siapkan 19 Pemain untuk Hadapi Persela
Borneo FC membawa 19 pemain saat hadapi Persela Lamongan pada pekan ke-15 Liga 1, di Stadion Surajaya, Lamongan, Rabu (11/6/2018).Borneo FC punya modal bagus saat hadapi Persela. Pesut Etam baru saja menang atas Perseru Serui dengan skor besar 5-1, pekan lalu.[suggestedarticle=3]"Kami mohon doa restu masyarakat Samarinda agar tur kita ke Lamongan mendapat hasil yang memuaskan. Ada poin yang kita bawa pulang ke Samarinda," ujar Sekretaris Borneo FC, Hariansyah dalam lama resmi Liga 1.Dari 19 pemain yang dibawa, terdapat nama winger Titus Bonai yang bisa kembali tampil setelah lepas dari hukuman larangan empat kali bertanding dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Hadirnya mantan pemain Persipura Jayapura itu bakal menambah daya gedor lini depan Borneo FC.[pagebreak]Skuat Borneo FC[/pagebreak]Skuat Borneo FCKiper: Muhammad Ridho, Nadeo ArgawinataBelakang: Diego Michiels, Muhammaddou Alhadji, Leonard Tupamahu, Edi Gunawan, Firdaus Ramadhan, HabibiTengah: Wahyudi Hamisi, Julien Faubert, Srdjan Lopicic, Ambrizal Umanailo, Sultan Samma, Dirga Lasut, Ahmad Maulana Putra Depan: Marlon da Silva, Titus Bonai, Lerby Eliandry, Aulia Hidayat
  230 kali
Resmi, Persib Lepas 2 Pemainnya ke Borneo FC
Persib Bandung resmi melepas dua pemainnya, Wildansyah dan Fulgensius Billy Paji Keraf ke Borneo FC.Wildansyah dan Billy akan memperkuat Borneo FC hingga akhir kompetisi Liga 1 2018 dengan status pemain pinjaman.Dilansir dari laman resmi klub, manajemen Persib mengabulkan permohonan peminjaman Wildansyah dan Billy yang disampaikan Borneo FC melalui surat bernomor 147/SPm/BFC/VI/2018 bertanda tangan Presiden klub Nabil Husein kepada Persib pada 25 Juni silam.”Dengan ini, kami mengajukan peminjaman pemain kepada manajemen PERSIB Bandung untuk dapat bermain untuk Borneo FC hingga akhir musim kompetisi 2018. Fulgensius Billy Paji Keraf dan Wildansyah,” tulis Nabil dalam surat tersebut.[suggestedarticle=3]Sebelumnya, kabar dipinjamkannya Wildansyah dan Billy ke Borneo FC sempat diungkapkan asisten pelatih Persib sekaligus penerjemah Mario Gomez, yaitu Fernando Soler.”Status mereka (Wildansyah dan Billy) dipinjamkan. Bukan dilepas atau dicoret,” kata Soler, Rabu (4/7).[pagebreak]Pendaftaran Pemain Baru Liga 1 2018 Dibuka[/pagebreak]Berdasarkan manual Liga 1 2018, proses pendaftaran pemain untuk putaran dua sudah dibuka sejak Kamis (5/7) dan akan ditutup pada 2 Agustus mendatang.Jika pemain tersebut sudah mendapatkan pengesahan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebelum putaran dua dimulai, klub bisa langsung memainkan di sisa laga putaran pertama.Hal tersebut yang membuat Persija Jakarta bisa memainkan Osas Saha di pekan ke-14 Liga 1 melawan PSM Makassar, Jumat (6/7).
  5835 kali
Soler Klaim 2 Pemain Persib Dipinjamkan ke Borneo FC
Dua pemain Persib Bandung, Wildansyah dan Billy Keraf disebut-sebut bakal dipinjamkan ke Borneo FC di putaran dua Liga 1 2018.Kabar tersebut disampaikan asisten pelatih Persib sekaligus penerjemah Mario Gomez, Fernando Soler kepada awak media.Soler mengatakan, Wildansyah dan Billy dilepas ke Borneo FC dengan status pinjaman.”Jadi status mereka itu dipinjamkan, bukan dilepas atau dicoret,” kata Soler.[suggestedarticle=3]Dikonfirmasi terpisah, Media Officer Persib, Irfan Suryadireja mengaku belum bisa berkomentar banyak mengenai kabar tersebut.”Iya itu kan sudah ada keterangan dari Soler. Nanti saya coba konfirmasi ke manajemen mengenai hal ini,” kata Irfan saat dihubungi Bolalob, Rabu (4/7).Musim ini, Wildansyah dan Billy Keraf memang tidak mendapatkan tempat inti di Persib.Mario Gomez lebih memilih Sabil atau Indra Mustafa sebagai pelapis duet Bojan Malisic-Victor Igbonefo ketimbang Wildansyah.Kondisi serupa dialami Billy yang kalah bersaing dengan Ghozali Siregar, Febri Hariyadi, hingga Puja Abdillah.
  714 kali
Hasrat Borneo FC Tambah Pemain Baru Jelang Putaran Kedua Liga 1
Pelatih Borneo FC, Dejan Antonic berhasrat datangkan pemain baru yang mampu memperkokoh kekuatan tim di putaran kedua nanti.Jadwal padat dan juga strategi rotasi jadi alasan Dejan ingin menambah pemain. Pelatih asal Serbia itu cukup kesulitan menentukan rotasi jika pemain pilar absen entah karena cedera atau akumulasi kartu.[suggestedarticle=3]"Kami butuh tambahan pemain untuk stok rotasi, karena jumlahnya saat ini tidak banyak. Saya sudah berbicara dengan bos (Presiden Borneo FC, Nabil Husen) dan sudah setuju," kata Dejan dalam laman Liga 1.Lini depan menjadi fokus utama pembelian pemain baru. Maklum, Pesut Etam saat ini masih tergantung pada ketajaman striker Timnas Indonesia, Lerby Eliandri.Dejan membutuhkan setidaknya pelapis dengna kualitas yang sepadan agar lini depan timnya tetap tajam. Apalagi jika Lebry menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games."Kami tim pelatih sudah menggelar evaluasi soal performa selama ini. Memang harus diakui butuh tambahan pemain baik lokal maupun asing saat ini," tandasnya.
  469 kali
Borneo FC Bantai Klub Lokal Samarinda 9 Gol tanpa Balas!
Borneo FC sukses menggunduli klub lokal asal Samarinda, Pratama Yudha 9-0 dalam sebuah laga uji coba di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (22/6) sore.Sembilan gol Borneo FC masing-masing disumbangkan oleh Lerby Eliandry (5,23), M Sihran (15), Srdan Lopicic (21), Wahyu Tolle (48,85), Febri Hamzah (50,72), dan Ambrizal Umanailo (85).Pelatih Borneo FC, Dejan Antonic mengatakan laga uji coba melawan Pratama Yudha digelar untuk melihat kondisi fisik pemain dalam sebuah pertandingan setelah menjalani libur Idulfitri sekira satu pekan.[suggestedarticle=3]”Ini bagian dari program untuk pemain di jeda kompetisi. Nanti pekan depan masuk tahap taktikal dan pekan ini fokus pada peningkatan fisik,” kata Dejan dilansir dari laman resmi Liga 1.[pagebreak]Borneo FC Berbenah di Jeda Kompetisi[/pagebreak]Borneo FC akan kembali berlaga di Liga 1 2018 dengan menjamu Perseru Serui di pekan ke-14.Laga tersebut akan dihelat di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (6/7).
  532 kali
Hadapi Persija di Jakarta, Persib Terbuka untuk Merotasi Skuatnya
Persib Bandung terus menggeber persiapan untuk menghadapi laga tunda pekan keenam Liga 1 2018 kontra Persija Jakarta di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (30/6).Untuk memulihkan kondisi fisik pemain supaya kembali prima saat menghadapi Persija, skuat Maung Bandung menggelar latihan yang tidak biasa pada Jumat (22/6). Sebab, Bojan Malisic dkk berlatih di lapangan bola vasir.”Ada rentang waktu dua minggu sebelum pertandingan. Kami coba memodifikasi, mencari cara terbaik dalam setiap latihan, bagaimana tim dapat tampil spesial di hari pertandingan,” kata pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya.[suggestedarticle=3]Kendati Persib akan melakoni laga besar melawan Persija, Yaya tak menutup kemungkinan bahwa pelatih kepala Roberto Carlos Mario Gomez akan merotasi skuatnya.Sebab, tiga hari setelah menghadapi Persija, Maung Bandung akan melakoni laga babak 128 besar Piala Indonesia kontra PSKC Cimahi, Rabu (4/7).[pagebreak]Persib Tidak Turunkan Skuat Terbaik Hadapi Persija?[/pagebreak]”Kami fokus kepada program latihan seluruh pemain dan melakukan aktivitas yang telah ditentukan. Tidak memungkiri jika membutuhkan rotasi pemain, pelatih akan melakukannya,” ucapnya.
  520 kali
Pelatih Borneo FC Belum Berpikir soal Pencoretan Pemain
Pelatih Borneo FC, Dejan Antonic mengaku belum memiliki rencana untuk merombak skuatnya.Klub berjulukan Pesut Etam tersebut meraih hasil yang kurang bagus hingga pekan ke-13 Liga 1.Mereka kini menempati peringkat 11 dengan 16 poin. Beberapa tim yang juga meraih hasil kurang maksimal sudah melakukan pencoretan terhadap beberapa pemainnya.PSMS Medan, Arema FC, dan PSIS Semarang menjadi tim yang bergerak cepat dengan mencoret satu pemain asingnya.[suggestedarticle=3]PSMS misalnya. Mereka mendepak penyerang asingnya, Sadney Urikhob. Sementara itu, PSIS juga tak melanjutkan kerja samanya dengan pemain asal Uzbekistan, Akhlidin Israilov yang hanya main sekali dari 13 pertandingan.Kemudian Arema FC mencoret Balza Bozovic yang dinilai tidak memberikan kontribusi maksimal.”Belum ada rencana pencoretan pemain. Sekarang fokus meningkatkan level permainan mereka di setiap pertandingan,” kata Dejan Antonic seperti dikutip Bolalob dari laman resmi Liga 1.[suggestedarticle=3]Meski secara hasil belum mendapatkan yang maksimal, Dejan mengaku puas dengan perkembangan yang ditunjukan para pemainnya.[pagebreak]Puas dengan Perkembangan Pemain Borneo FC[/pagebreak]”Pemain saat ini masih bisa terus berkembang dalam hal performa. Jadi tinggal bagimana terus memaksimalkan prgoram latihan,” ucapnya.Borneo FC sudah ditunggu empat laga penting untuk mengakhiri putaran pertama. Diawali menjamu Perseru Serui di Stadion Segiri, Samarinda (6 juli), lalu dijamu Persela Lamongan di Stadion Surajaya (11 Juli), melawan Barito Putera di Samarinda (16 Juli), dan menghadapi PS Tira di Stadion Sultan Agung, Bantul, 20 Juli mendatang.
  319 kali
1529628001484 tag