(Foto: bolasport)

Jajal SUGBK Pertama Kali Usai Renovasi Jadi Motivasi Tambahan untuk Skuat Timnas

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti mengatakan para pemainnya sangat antusias menyambut laga melawan Islandia.

Selain karena calon lawannya adalah peserta Piala Dunia 2018, mereka juga bisa kembali merumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang baru selesai direnovasi untuk menyambut gelaran Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Timnas akan meladeni Islandia di stadion berkapasitas sekitar 76 ribu penonton itu pada Minggu (14/1).

”Pasti jadi motivasi karena kami yang mendapat kesempatan bisa bermain di GBK,” kata Bima Sakti di Lapangan A, komplek Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Jumat (12/1).



Bima menambahkan, ia sangat terkesan dengan fasilitas di komplek GBK saat ini. Salah satunya, mantan gelandang Timnas Indonesia di era 1990-an itu memuji kualitas rumput di Lapangan A, tempat timnas berlatih.

”Di sini (lapangan A) sudah bagus sekali dan di dalam pasti jauh lebih baik,” kata Bima.

SUGBK mulai direnovasi pada awal 2017. Biaya yang dihabiskan untuk merenovasi komplek GBK termasuk stadion utama mencapai Rp 700 miliar.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Indonesia Jadi yang Terburuk di Grup A Piala Asia U-19 soal Hal Ini
Tim nasional Indonesia U-19 tergabung dalam Grup A Piala Asia U-19 bersama Qatar, Uni Emirates Arab dan Taiwan. Dari empat negara tersebut, Indonesia memiliki peringkat FIFA yang paling rendah.Undian yang dilakukan di Jakarta pada Jumat (18/5) menempatkan Indonesia di pot pertama. Berada di pot pertama membuat Indonesia terhindar dari lawan tangguh seperti Jepang, Iran maupun Vietnam.[suggestedarticle=3]Sayangnya grup yang didapat Indonesia juga tidak diisi oleh lawan yang bisa diremehkan. Jika dilihat dari peringkat FIFA, Qatar, UEA dan Taiwan memiliki rangking yang lebih tinggi di banding Indonesia.UEA menjadi negara dengan peringkat FIFA tertinggi yang menghuni Grup A Piala Asia U-19. UEA berada di posisi ke-81 dengan total poin 405. [pagebreak]Posisi Terendah[/pagebreak]Setelah UEA, Qatar menjadi negara dengan posisi FIFA kedua terbaik dengan berada di peringkat ke-101. Qatar mengoleksi 339 poin di rangking FIFA.Taiwan berada di peringkat ke-121, sedangkan Indonesia di posisi terbawah Grup A dengan menempati peringkat ke-164.Berada di peringkat terbawah FIFA di Grup A bukan berarti peluang Indonesia tertutup. Indonesia bisa memanfaatkan status tuan rumah untuk memberikan kejutan kepada tim lain.
  11110 kali
PSSI Agendakan 4-6 Laga Uji Coba untuk Timnas Indonesia Sebelum Asian Games
PSSI mengagendakan sekitar empat sampai enam pertandingan uji coba untuk Timnas Indonesia sebelum berlaga di Asian Games pada pertengahan Agustus nanti.Namun, terkait lawan uji coba yang akan dihadapi, PSSI masih mengkomunikasikannya dengan pelatih Luis Milla Aspas.”PSSI memprogramkan 4-6 pertandingan uji coba lagi menjelang Asian Games. PSSI masih berdiskusi dengan coach Luis Milla tentang bobot pertandingan yang diinginkan, kualitas lawan seperti apa, lalu uji coba nya di sini atau di luar negeri. Itu masih terus didiskusikan, tapi yang pasti uji cobanya dengan negara Asia,” kata Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, saat ditemui awak media termasuk Bolalob di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (5/5).[suggestedarticle=3]Jokdri –sapaan karib Joko Driyono- mengatakan, PSSI sudah menerima beberapa tawaran uji coba dari negara-negara kuat di Asia, seperti Thailand dan Korea Selatan.Kedua negara tersebut, kata Jokdri, ingin beruji coba sekaligus beradaptasi karena Asian Games akan berlangsung di Indonesia.”Mereka butuh adaptasi dan ingin informasi lebih banyak soal Indonesia karena Asian Games akan berlangsung di Jakarta,” ujar Jokdri.
  3290 kali
PSSI Sebut Indonesia Dapat Tawaran Uji Coba dari Korea Selatan
Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan Timnas Indonesia tengah kebanjiran tawaran untuk beruji coba jelang Asian Games.Bahkan, salah satu negara yang dikabarkan ingin beruji coba dengan Indonesia adalah raksasa Asia, Korea Selatan.[suggestedarticle=3]”Banyak (negara) yang ingin berkunjung ke Indonesia, seperti Korea Selatan dan Thailand. Mereka butuh adaptasi dan informasi mengenai Indonesia karena Asian Games akan berlangsung di Jakarta,” kata Jokdri –sapaan karib Joko Driyono- saat ditemui awak media termasuk Bolalob di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (5/5).Jokdri juga memastikan bahwa Timnas Indonesia akan kembali menggelar pemusatan latihan untuk persiapan Asian Games. ”Setiap bulan timnas akan berkumpul untuk pemusatan latihan selama dua minggu setelah hari ke-10. Namun, khusus di bulan Juni, Luis Milla punya program penuh jelang Asian Games sendiri,” ujar Jokdri.
  7072 kali
PSSI Tak Pakai SUGBK di Babak Penyisihan Grup B Piala AFF
Timnas Indonesia dipastikan tidak menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, sebagai venue babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018.Seperti diwartakan Bolasport, PSSI lebih memilih Stadion Pakansari (Bogor) atau Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) sebagai homebase Timnas Indonesia di penyisihan grup.Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria menjelaskan, tidak ingin memaksakan skuat Garuda bermain di SUGBK karena stadion tersebut akan dijadikan venue pembukaan dan penutupan Asian Games.”Kami lihat terlebih dahulu kondisi stadionnya setelah Asian Games 2018, apakah bisa dipakai atau tidak,” kata Tisha. ”SUGBK itu kan harus ditata ulang karena rumputnya harus diangkat terlebih dahulu selesai Asian Games 2018. Jadi kami tidak tahu kapan pemulihannya, apa sudah ready pada November ketika babak penyisihan Piala AFF 2018 bergulir,” ujarnya menambahkan.[suggestedarticle=3]Meski demikian, Tisha mengatakan, peluang Timnas Indonesia berkandang di SUGBK tetap terbuka andai lolos ke babak semifinal dan final.Sebab, Tisha yakin perbaikan SUGBK pasca-Asian Games 2018 sudah selesai.”Kalau bagus, kami pakai. Kalau semifinal dan final itu kan bermain pada Desember 2018, jadi SUGBK kemungkinan bisa dipakai. Namun, untuk saat ini pada babak penyisihan Grup B, kami mendaftarkan Stadion Pakansari dan Patriot,” katanya.
  1980 kali
Ratu Tisha Pede Indonesia Bisa Hajar Thailand di Fase Grup Piala AFF
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria optimistis Timns Indonesia mampu lolos dari penyisihan Grup Piala AFF 2018.Indonesia tergabung di Grup B bersama Thailand, Filipinan, Singapura, dan Brunei Darussalam atau Timor Leste.Hasil drawing itu disambut optimism Tisha. Menurutnya, Indonesia siap menghajar lawan-lawannya tersebut termasuk tim kuat seperti Thailand.”Ya hajarlah, timnas Indonesia harus fight di semua pertandingan,” kata Tisha dilansir dari Bolasport.com[suggestedarticle=3]Tisha kemudian memberikan pendapatnya tentang tim-tim yang menghuni Grup A.Di Grup A terdapat tiga tim tangguh seperti Vietnam, Malaysia, dan Myanmar, serta dua kuda hitam, yaitu Kamboja dan Laos.Menurut Tisha, persaingan di Grup A tak kalah sengit dibanding Grup B.Ia menilai, kualitas tim-tim di Asia Tenggara saat ini mulai merata.”Lawan di Grup A juga tidak mudah karena kita semua tahu sepak bola level di Asia Tenggara lagi sama-sama mau berkembang,” kata Tisha.”Levelnya pada grup sebelah ada Vietnam dan Myanmar yang juga bagus,” ucap Tisha menambahkan.
  1442 kali
Hadapi Uzbekistan, Indonesia Kehilangan 2 Pemain
Timnas Indonesia kehilangan dua pemain saat melakoni laga terakhir Anniversary Cup melawan Uzbekistan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (3/5).Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla Aspas tidak bisa menurunkan Andy Setyo dan Ilham Udin Armayn karena keduanya tengah dibekap cedera.Ilham mendapat cedera tersebut saat Indonesia menghadapi Bahrain, sementara Andy Setyo cedera dalam pertandingan versus Korea Utara.[suggestedarticle=3]”Kondisi pemain ada dua yang cedera dan terpaksa tidak bisa bermain. Masing-masing Ilham Udin dan Andy Setyo yang cedera engkel kiri," kata dokter timnas, Syarif Alwi. ”Ilham masih sedikit masalah pada hamstring. Adapun untuk pemain lain kondisi baik dan tidak ada masalah,” ujarnya menambahkan.[suggestedarticle=3]Kepastian Andy dan Ilham Udin absen menurut Papi –sapaan karib Syarif Alwi- didapat usai tim dokter melakukan pemeriksaan USG.Menurutnya, Andy Setyo membutuhkan waktu sepekan untuk memulihkan cederanya, sementara Ilham Udin butuh dua pekan untuk pulih.”Masing-masing sudah kami USG untuk melihat seberapa jauh cedera yang berada pada ototnya dan hasilnya tidak menggaransi keduanya bermain saat melawan Uzbekistan,” ujarnya.
  1774 kali
Febri Hariyadi di Antara Perbedaan Kemauan Luis Milla dan Mario Gomez
Penggawa Persib Bandung, Febri Hariyadi, sedang bergabung dengan skuat Timnas U-23 Indonesia di Bogor.Febri masuk ke dalam skuat timnas di ajang Anniversary Cup yang dihelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 27 April hingga 3 Mei.Pemain yang karib disapa Bow itu pun angkat bicara soal anggapan bahwa dirinya lebih maksimal saat bermain bersama timnas ketimbang Persib.[suggestedarticle=3]”Pelatih beda, jelas beda kemauan. Sama Persib dan Timnas masih sama, saya tidak akan menghilangkan karakter permainan saya,” kata Febri. Di timnas, Febri bisa memaksimalkan kemampuannya karena fokus untuk menyerang dengan formasi 4-3-3 yang diusung Milla.Sementara di Persib, Mario Gomez mengusung pakem 4-4-2 yang membuatnya sesekali harus turun membantu pertahanan.[pagebreak]Target Pribadi[/pagebreak]Febri pun mengungkapkan target pribadinya bersama timnas. Ia berharap bisa memberikan kontribusi positif selama ajang Anniversary Cup.”Target pribadi saya ingin berikan yang terbaik di negara sendiri. Ini bagian dari persiapan (ASIAN Games) sekaligus ulang tahun, semoga saya bisa berkontribusi,” harap Febri.[suggestedarticle]Sayangnya di laga perdana timnas harus mengakui keunggulan Bahrain 0-1, Jumat (27/4).Selanjutnya, timnas akan menghadapi Korea Utara, Senin (30/4).
  4586 kali
Dokter Timnas Jelaskan Kondisi Cedera Ilham Udin
Laga perdana Timnas U-23 Indonesia di ajang Anniversary Cup melawan Bahrain di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (27/4), memakan korban.Penggawa Timnas U-23 Ilham Udin Armaiyn mengalami cedera di menit ke-88. Padahal pemain Selangor FA itu baru saja diturunkan Luis Milla di awal babak kedua.Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi mengatakan, Ilham Udin mengalami cedera di bagian paha.Namun, dari diagnosa awal menurut Syarif Alwi cedera Ilham Udin tidak terlalu parah.[suggestedarticle=3]”Dia (Ilham Udin) mengalami cedera sedikit di bagian paha. Tapi itu hanya sedikit saja kok,” ujarnya.Namun demikian, Papi –sapaan karib Syarif Alwi- belum bisa memastikan berapa lama Ilham Udin harus menepi.Artinya, Ilham Udin berpotensi absen di laga kedua Indonesia yang akan menghadapi Korea Utara, Senin (30/4).”Terkait berapa lama, saya belum bisa bilang. Akan kita lihat dahulu dan periksa lebih intens lagi semoga tidak terlalu parah dan bisa main di laga kedua,” ujarnya.
  925 kali
PSSI Tunjuk Pelatih Baru Timnas U-19 Indonesia, Bima Sakti Beri Tanggapan
Asisten pelatih Timnas U-23 Indonesia, Bima Sakti mendukung sepenuhnya pelatih baru Timnas U-19 Indonesia yang ditunjuk PSSI.Hal itu disampaikan Bima seusai memimpin latihan Timnas U-23 Indonesia di Lapangan B Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (25/4).”Sebagai mantan pelatih Timnas U-19 saya doakan (siapapun pelatihnya). Saya juga sudah menyampaikan ke pemain yang ditunjuk harus respek dan tetap memberikan yang terbaik untuk timnas,” kata Bima.[suggestedarticle=3]PSSI pun akhirnya menunjuk Indra Sjafri sebagai pelatih kepala Timnas U-19 Indonesia.Keputusan itu diambil setelah Komite Eksekutif atau EXCO PSSI menggelar rapat.Menurut Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, Indra Sjafri ditunjuk karena berpengalaman menangani Garuda Nusantara –julukan Timnas U19-”Bima Sakti difokuskan untuk Asian Games 2018 bersama timnas U-23. Dalam rapat Exco secara bulat memanggil kembali Indra Sjafri,” ujar Joko di Bellagio, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/4/2018).”PSSI mempertimbangkan waktu dan juga lamanya adaptasi, maka Indra Sjafri kami tunjuk,” tambahnya.
  1535 kali
Mario Gomez Kantongi Pengganti Febri Hariyadi di Laga Melawan Persija
Persib Bandung dipastikan berlaga tanpa Febri Hariyadi saat menghadapi Persija Jakarta pada pekan keenam Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (28/4).Febri absen di laga bertajuk El Clasico Indonesia tersebut karena harus bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Anniversary Cup yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada 27 April hingga 3 Mei.Selain Indonesia, ada Uzbekistan, Bahrain, dan Korea Utara. Ajang ini akan menjadi persiapan Garuda Muda jelang tampil di Asian Games 2018.[suggestedarticle=3]Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez, mengaku tak mempermasalahkan kondisi tersebut.Gomez mengatakan, masih banyak pemain lain yang bisa menggantikan pemain bernomor punggung 13 tersebut.”Seseorang akan bermain menggantikan dia (Febri),” ujar Mario Gomez.Gomez menjelaskan, Febri adalah pemain penting di Persib. Namun, Persib juga sudah terbiasa bermain tanpa Febri yang sering mengikuti pemusatan latihan timnas.”Kami sudah sering kehilangan satu pemain dan terkadang dia (Febri Hariyadi) adalah pemain yang penting bagi kami. Tapi di Persib masih ada pemain lain yang punya kualitas tidak jauh berbeda,” tegas Mario Gomez.
  2790 kali
1524394801599 tag