(Foto: bola.com)

Yusuf Mansur Beberkan Keterkaitan Sepak Bola dan Pesantren

Ditengah kesibukannya sebagai seorang Ustad, Yusuf Mansur belakangan ini terlihat aktif di dunia sepak bola Indonesia. Ia pun memeberkan keterkaitan antara dunia sepak bola dengan pesantren.

Keaktifan Ustaz di sepakbola Tanah Air mulai memunculkan stigma baru. Dengan latar belakang pemuka agama, publik sepakbola tanah air pun tentu bertanya-tanya pengaruh apa yang akan dibawa ustaz kondang tersebut di sepakbola.

"Saya ini baru mau belajar. Nanti lah bisa dilihat apa yang bisa saya lakukan," papar Yusuf Mansur dikutip dari indosport.com, Minggu (11/02/2018).



Menurutnya, keterkaitan dunia sepak bola dengan dunia pesantren sudah terjalin cukup lama. Meski memang, sepakbola dan pesantren baru familiar sekitar tiga tahun belakangan ini, lewat Liga Santri Nusantara yang mulai kembali digalakkan oleh Menpora, Imam Nachrawi.

Menurutnya, attitude yang biasa dilakukan oleh santri saat dipesantren akan terbiasa dilakukan di dalam lapangan akan berdampak positif. Seperti halnya mencium tangan wasit sesaat sebelum kick off di mulai.



"Kalau cerita sepakbola dengan pesantren, itu sudah ada sejak dulu. Lewat pesantren, anak-anak dididik akhlaknya dan attitude-nya," ungkap ustaz kelahiran Jakarta, 41 tahun lalu itu.

"Dan kalau nantinya mereka terlibat dalam dunia sepakbola resmi (profesional di kompetisi), tentu akan lebih bagus lagi (untuk menerapkan sikap dari pesantren)," tambah Yusuf Mansur.

Ia mencontohkan, salah satu Pondok Pesantren yang terbukti nyata, yaitu Pondok Pesantren Gontor di Ponorogo. Selain mendalami ilmu agama, rutinitas yang kerap dilakukan oleh para santrinya, yaitu sepak bola.

Terbukti dengan adanya Stadion bernama Darussalam Gontor, stadion tersebut dilengkapi dengan Dengan dua tribun beratap. Stadion yang diresmikan awal 2016 lalu itu juga menghadirkan pemandangan indah dengan menghadap langsung ke Gunung Lawu.

"Saya punya guru, Kyai Hasan di Gontor. Beliau membangun sendiri stadion bagus di sana. Jadi ya, larinya tidak kalah lah," bebern Yusuf Mansur. (Bobotoh.id)
Pesantren Gontor Selengkapnya  
editTerakhir diubah:  12/02/18 - 15:00

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Tiba di Polandia, Egy Maulana Sudah Berlatih di Klub Barunya
Tak perlu waktu lama bagi Egy Maulana Vikri untuk melanjutkan karir sepakbolanya, usai dipastikan lulus dari bangku Sekolah Menegah Atas beberapa waktu lalu.Punggawa Tim Nasional Indonesia U-23 itu dikabarkan sudah berada di Lechia Gdansk untuk mengikuti sesi latihan bersama klub profesional pertamanya itu.Keberadaan Egy di Lechia langsung disampaikan Presiden Klub, Adam, kepada Ustaz Yusuf Mansur.[suggestedarticle]Melaui pesan singkatnya, Adam menuliskan informasi "Egy does performance test." Presiden klub itu juga mengirimkan foto Egy sedang melakukan tes.Tak lama, Ustaz Yusuf Mansur juga membagikan foto itu melalui instastory miliknya.Yusuf mansur menulis status @yusufmansurnewDoain Egy dan Lechia Gdansk. Udah mulai latihan di Polandia.Seperti diketahui sebelumnya, Egy yang belum berusia 18 tahun belum bisa bergabung secara resmi dan mendapatkan kontrak profesional dari klub asal Polandia itu. Pemain asal Sumatera Utara itu akan mendapatkan kontrak pro pada musim panas mendatang.[suggestedarticle]Egy sendiri baru saja selesai bergabung di pemusatan latihan timnas U-23 untuk ajang Anniversary Cup 2018.Namun dalam tiga laga yang dimainkan, Egy hanya duduk sebagai pemain cadangan tanpa menit bermain sekalipun. Pelatih Luis Milla mengatakan Egy butuh jam bermain di klubnya lebih dulu atau berkompetisi sebelum tampil bersam dengan timnas.
  5878 kali
DIARY: Psywar Pelatih Thailand pada Indonesia, Bahrain Punya Trik Khusus Saat Menang dari Timnas
Dalam rangka mempersiapkan turnamen di Asian Games 2018, timnas Thailand U-21 akan melakukan serangkaian uji coba mereka pada bulan mei mendatang.Pelatih Timnas Thailand Permasalahkan Kualitas Rumput di Lapangan IndonesiaUstaz Yusuf Mansur melebarkan sayap ke Samarinda dengan menjadi sponsor Borneo FC, melalui bisnis PayTren yang dikelolanya. Ustaz Yusuf Mansur Lebarkan Sayap ke Borneo FCGelaran Anniversary Cup 2018 dibuka pada Jumat (27/4/2018) dengan mempertandingkan dua laga, yakni Uzbekistan kontra Korea Utara dan Indonesia kontra Bahrain. Hasil sementara, Bahrain kukuh di puncak klasemen usai taklukkan Indonesia.Klasemen PSSI Anniversary Cup 2018, Jumat (27/4): Indonesia Juru KunciBahrain U-23 berhasil mengalahkan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 1-0 di Stadion Pakansari, Jumat (27/4). Dalam laga ini Bahrain U-23 terlihat banyak memainkan strategi membuang-buang waktu.Banyak Buang-buang Waktu, Ini Komentar Pelatih Bahrain U-23
  2101 kali
Indra SJafri, Timnas U-19 dan Pesantren
Pelatih Indra Sjafri mensyukuri benar penunjukan ulang dirinya sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19. Sadar mendapat tugas berat, pelatih asal Sumatera Barat itu memilih menggelar tasyakuran sebagai wujud syukur.Bersama Indra Sjafri Yusuf Mansur Management (ISYM), pelatih yang dikenal menemukan bakat Egy Maulana Vikri ini mengadakan syukuran di Pesantren Daarul Qur'an, Tangerang, Jumat (27/8/2018). Bertajuk "Welcome Back Coach Indra Sjafri, Terima Kasih PSSI dan Indonesia", syukuran berlangsung sederhana.[suggestedarticle=2]Di tengah acara, pelatih 55 tahun ini bercerita soal penunjukannya."Sebenarnya PSSI sudah menghubungi sekitar satu bulan lalu, tapi saat itu masih wacana, jadi belum pasti. Meski, bahasanya ketika itu, saya disuruh pulang," kata coach Indra seperti dikutip dari Bola.com.Barulah pada Rabu, 25 April 2018, PSSI secara resmi mengumumkan status baru tapi lama Indra Sjafri di Timnas U-19."Tentu ada rasa senang dalam artian, ada amanah yang perlu disikapi dengan kerja keras yang sungguh-sungguh dan program yang bagus," tambah Indra yang ditugaskan membawa timnya berlaga di Piala AFF U-18 pada Juli 2018 serta Piala AFC U-19, 18 Oktober-4 November 2018. [suggestedarticle=2]Sebagai tuan rumah di dua kejuaraan bergengsi itu, Timnas Indonesia U-19 tentu diharapkan mendapat hasil maksimal. "Saya ikut senang coach Indra bisa kembali menangani Timnas Indonesia U-19. Semoga Allah membantu coach Indra, PSSI, dan Timnas Indonesia sehingga mampu menjuarai Piala Dunia kelak," tutur Yusuf Mansur yang belakangan selalu mendampingi langkah Indra Sjafri.Selamat bertugas, coach...
  3253 kali
Ustaz Yusuf Mansur Lebarkan Sayap ke Borneo FC
Ustaz Yusuf Mansur melebarkan sayap ke Samarinda dengan menjadi sponsor Borneo FC, melalui bisnis PayTren yang dikelolanya. "PayTren secara resmi menjadi sponsor Broneo FC untuk mengarungi musim 2018," demikian pernyataan Borneo FC melalui akun Twitter-nya.[suggestedarticle=3]Sebelum ini, Yusuf Mansur mendukung sejumlah klub. Melalui Indra Sjafri Yusuf Mansur Management (ISYM), Yusuf Mansur membeli saham Persika Karawang, Malang United, Persikota Tangerang dan menjadi sponsor Persela Lamongan, Semen Padang, Sriwijaya FC."Jadi doa. Agar bisa membersamai perjuangan Borneo FC dan semua klub. Amin. Semoga Allah memberikan kemampuan dan rizki yang halal lagi berkah dan luas," ujar Yusuf Mansur."Alasan utama saya masuk ke sepak bola adalah karena ingin menyenangkan masyarakat Indonesia," lanjut Yusuf Mansur.
  2166 kali
Yusuf Mansur Tegaskan, Indra Sjafri Tak Usah Pikirkan Klub
Ustad Yusuf Mansur diketahui tengah bekerjasama dengan pelatih Indra Sjafri untuk menangani beberapa klub dalam negeri. Kini, Indra Sjafri kembali ditunjuk PSSI untuk menangani Timnas U-19. Bagaimana jadinya kerjasama mereka?Pelatih asal Sumatera Barat itu, tercatat sebagai pelatih tersukses sepanjang sejarah timnas U-19, setelah dia membawa anak-anak asuhnya juara Piala U-19 AFF pada 2013. Kini tugas besar kembali dipanggulnya untuk mengangkat prestasi para pemain muda.Otomatis kerja Indra Sjafri yang memantau klub binaan Ustad Yusuf Mandur, seperti Persikota Tangerang, Persika Karawang, Malang United dan Persikabo Bogor, akan ditinggalkan.[suggestedarticle=3]Yang jelas, dengan tugas baru ini Indra Sjafri telah mengungkapkan akan fokus konsentrasinya untuk menangani pemain Timnas U-19. "Soal kerjasama dengan Ustad Yusuf Mansur, dia bilang tidak usah pikirkan klub," jelas Indra Sjafri."Ustad sangat mendukung saya di timnas," sambung Indra Sjafri. Dengan demikian Indra Sjafri untuk sementara akan terbebas dari pekerjaannya mendampingi Yusuf Mansyur yang tengah mengokong beberapa klub Liga 2 Indonesia itu.Adapun Indra Sjafri langsung dihadapkan dengan agenda pemusatan latihan (TC) dan uji coba bersama timnas U-19. TC rencananya digelar pada Mei, Juni dan Juli 2018. Pada Juni, PSSI menjadwalkan Timnas U-19 mengikuti dua pertandingan uji coba.PSSI memberikan target yang tidak ringan pada Indra Sjafri. Indra diminta membawa timnas U-19 menjadi juara Kejuaraan AFF U-18 AFF yang berlangsung 2-14 Juli 2018 dan peringkat empat besar Piala U-19 Asia yang digelar 18 Oktober-4 November 2018. Kedua turnamen ini sendiri berlangsung di Indonesia."Kami meminta Indra Sjafri untuk fokus menangani timnas U-19 sampai target itu tercapai," tutur Joko Driyono, Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI.
  3169 kali
Yusuf Mansyur Yakin Klubnya Bisa Promosi ke Liga 1
Klub peserta Liga 2, Persika Karawang, nampak serius dalam menggapai target mereka untuk meraih tiket promosi ke Liga 1 pada musim ini.Beberapa figur penting mereka gaet untuk membantu mereka meraih impian itu. Nama seperti Ricky Nelson didaulat sebagai pelatih tim, lalu ada Indra Sjafri yang menjadi direktur utama dan juga Ustad Yusuf Mansur sebagai salah satu investor baru klub.Ustad Yusuf Mansyur sendiri merasa optimis bahwa timnya mampu tampil baik dan langsung lolos ke Liga 1 musim depan. "Kalau melihat kemarin pertandingan melawan Jepang, terus beberapa pertandingan persahabatan kemarin, saya yakin sekali Persika ini langsung lolos ke Liga 1 Insyaallah," ujarnya, seperti dikutip dari Top Skor.[suggestedarticle=3]Sebagai catatan hanya ada tiga tiket promosi dari Liga 2 musim ini, dimana diperebutkan oleh 24 kontestan.Ustad Yusuf Mansyur sendiri tak menutup kemungkinan bahwa Persika akan mendatangkan beberapa nama baru. Dimana sebelumnya mereka sudah lebih dulu memiliki bakat muda dalam diri Aji Kusuma, punggawa timnas Indonesia U-19."Aji main disini loh. Nanti skuadnya kita tambah. Mudah mudahan ada 1-2 pemain yang dapat direkrut dan membuat Persika jadi top," ujar Ustaz Yusuf Mansyur."Membenahi bisnisnya, membenahi kemudian perilaku, ini penting kan. Mental pemain, mental para pengurus, mental semua masyarakatnya. Sepak bola kota naik, ekonomi kota maju," paparnya.Musim lalu Persika sukses bertahan di Liga 2, usai finis di posisi keempat Grup 2 dibawah Persita Tangerang, Cilegon United dan Perserang Serang.
  18433 kali
TOP NEWS: Setelah Dua Tahun Malaysia Bisa Menang Juga, Fakta Menarik Pemain NTT Di Australia
Malaysia memainkan laga uji coba pada Minggu (1/4) melawan Bhutan yang digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil. Tak tanggung-tanggung, Malaysia sukses mencetak tujuh gol (7-0) ke gawang negara kecil asal Asia Selatan itu. Sebagai catatan Bhutan berada di urutan ke-188 dunia saat ini.Malaysia Butuh Tim Peringkat Ke-188 Dunia untuk Raih Kemenangan Perdana Sejak 2016Ustad Yusuf Mansur dikabarkan ingin membeli Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Yusuf Mansyur kini mulai kondang di dunia sepak bola Indonesia usai mengakusis dan mensponsori beberapa klub melalui Paytren.Keinginan Yusuf Mansur Membeli Nama Stadion Utama GBKYulius Mauloko sempat memiliki karier berliku sebelum dirinya bergabung dengan klub asal Australia, Western Knights SC. Yulius sempat menjajal kompetisi di Timor Leste dan kontraknya tidak diperpanjang Bali United sebelum akhirnya bergabung ke klub Australia.5 Fakta Yulius Mauloko: Dari Bali United, Timor Leste, Kini ke AustraliaPemain muda Indonesia, Nathan Muskitta lebih memilih untuk memperkuat timnas Indonesia dibanding Australia, meski dirinya dijanjikan memperkuat timnas Australia pada Piala Dunia 2022 jika lolos seleksi.Dijanjikan Australia ke Piala Dunia, Pemain Muda Ini Setia Tunggu Panggilan Timnas Indonesia
  1905 kali
Keinginan Yusuf Mansur Membeli Nama Stadion Utama GBK
Ustad Yusuf Mansur dikabarkan ingin membeli Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Yusuf Mansyur kini mulai kondang di dunia sepak bola Indonesia usai mengakusis dan mensponsori beberapa klub melalui Paytren.Sebanyak lima klub Liga 2 dan Liga 3 berada dalam pengelolaan Yusuf Mansyur, seperti Persikota Tangerang, Persika Karawang, Malang United, dan Persikabo Kabupaten Bogor.Seperti diwartakan Detik, Yusuf Mansur mencoba untuk membranding alias membeli nama SUGBK. Ia menggaris bawahi, bahwa rencana ini tak hanya sekadar materi sematan. Tapi ada kandungan kebanggan di rencana tersebut.“Saya berterima kasih sekali pemerintah terbuka untuk siapa saja pengusaha Indonesia nge-branding stadionnya sendiri. Itu memang yang terbaik daripada stadion di Indonesia tapi yang mem-branding adalah perusahaan luar,” kata Yusuf Mansur.“Kita juga bukan cuma butuh duitnya, tapi pride and proud, lokal Indonesia, tak mesti PayTrend, tapi tiba-tiba muncul pengusaha lain mem-branding GBK. Sudah ada pembicaraan soal hal itu, kami siap mendukung untuk mendukung pemerintah,” tandasnya.
  16157 kali
Sampai Jakarta Egy Maulana Malah Kabur, Ini Penyebabnya!
Setelah menjalani penerbangan lebih dari 12 jam dari Polandia, Egy Maulana Vikri akhirnya sampai di Bandara Soeharno-Hatta, Jumat (16/3/2018) pagi.Tapi, sesampainya di Jakarta, ia malah kabur. Ada apa?Egy yang bakal bergabung dengan klub Polandia, Lechia Gdansk, kembali ke Jakarta untuk bergabung bersama tim nasional U-23.Ia akan latihan bersama mulai Sabtu (17/3) di pelatnas, lalu Senin (19/3) akan terbang kembali ke Singapura.[suggestedarticle=3]Menurut rencana Egy akan tampil membela timnas U-23 dalam rangka pertandingan uji coba melawan timnas Singapura pada Rabu (20/3).Tapi, mengapa Egy begitu sampai bandara langsung kabur? Ah, ternyata ia kabur dari pertanyaan Ustad Yusuf Mansur yang menemaninya sejak pergi dan pulang dari Polandia."Menentukan jomblo apa nggaknya seseorang, tergantung siapa yang menjemputnya...," kata Yusuf Mansur dalam instagramnya bersama Egy. Ternyata Egy risih dengan pernyataan itu, ia pun dengan malu-malu kabur dari rekaman video sang Ustad.Tak lupa, Egy dan Yusuf Mansur yang sudah tiba kembali di Jakarta, mengucapkan terima kasih atas doanya dari para pecinta sepak bola tanah air.   Tergantung siapa yg jemput... Menentukan jomblo apa engga, hahahaha. @egymaulanavikri. Sampe ketemu di Jkt. Bismillaah. Walhamdulillaah. Jgn lupa al Mulk. A post shared by Yusuf Mansur (@yusufmansurnew) on Mar 15, 2018 at 8:23am PDT
  6727 kali
Yusuf Mansyur dan Indra Sjafri Datangi Sesi Latihan Sriwijaya FC, Ada Apa?
Ustadz Yusuf Mansur bersasma Indra Sjafri, menyambangi sesi latihan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Selasa sore didampingi mantan pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri.Kedatangan Yusuf Mansur dan Indra Sjafri ini langsung disambut oleh pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan dan para pemain dan jajaran manajemen klub.Dalam kesempatan itu, ia tampak terpukau melihat stadion yang akan menjadi venue sepakbola wanita dalan gelaran Asian Games 2018 tersebut. Saat ditanya awak media, Yusuf Mansur mengaku tujuannya menyambangi Sriwijaya FC hanya sekadar bersilaturahmi dengan pemain SFC dan jajaran manajemen klub. [suggestedarticle=3]Ia mengakui, memiliki ketertarikan dengan dunia si kulit bundar itu karena sepak bola merupakan sarana yang efektif untuk berdakwah. "Bola juga termasuk aktifitas yang begitu banyak kebaikan. Saat ini, pendakwah paling hebat di Inggris siapa? Bukan ustad, Habib, tapi Muhammad Salah. Tanpa dia ngomong semua mengikuti," ujar Yusuf seperti dikutip antaranews.com.Yusuf mencontohkan striker dari Liverpool tersebut mengingat berkat prestasinya di lapangan membuat Muhammad Salah digilai oleh fans Liverpool seluruh dunia.Oleh karena itu, Yusuf tak menutup kemungkinan akan mengadakan kerja sama dengan Sriwijaya FC, dan usaha multi-payment miliknya. "Mana tahu ada yang bisa dikerjasamakan. Siapa tahu bisa bekerja sama dengan paytren," kata Yusuf Mansur.Sementara itu, Sriwijaya FC pada hari ini menjalani latihan perdana pasca libur dua hari setelah mengarungi kompetisi Piala Presiden 2018.  Tim dijadwalkan berangkat ke Balikpapan pada Kamis (20/2) untuk mengikuti turnamen pramusim Piala Gubernur Kaltim.
  1366 kali
1519187401663 tag