Yusuf Mansur Beberkan Keterkaitan Sepak Bola dan Pesantren


  •    Murtianto
  •    12/02/18 - 15:00
  •    4916

(bola.com)

Ditengah kesibukannya sebagai seorang Ustad, Yusuf Mansur belakangan ini terlihat aktif di dunia sepak bola Indonesia. Ia pun memeberkan keterkaitan antara dunia sepak bola dengan pesantren.

Keaktifan Ustaz di sepakbola Tanah Air mulai memunculkan stigma baru. Dengan latar belakang pemuka agama, publik sepakbola tanah air pun tentu bertanya-tanya pengaruh apa yang akan dibawa ustaz kondang tersebut di sepakbola.

"Saya ini baru mau belajar. Nanti lah bisa dilihat apa yang bisa saya lakukan," papar Yusuf Mansur dikutip dari indosport.com, Minggu (11/02/2018).




Menurutnya, keterkaitan dunia sepak bola dengan dunia pesantren sudah terjalin cukup lama. Meski memang, sepakbola dan pesantren baru familiar sekitar tiga tahun belakangan ini, lewat Liga Santri Nusantara yang mulai kembali digalakkan oleh Menpora, Imam Nachrawi.

Menurutnya, attitude yang biasa dilakukan oleh santri saat dipesantren akan terbiasa dilakukan di dalam lapangan akan berdampak positif. Seperti halnya mencium tangan wasit sesaat sebelum kick off di mulai.

halaman 2 dari 2
Pesantren Gontor Selengkapnya  


"Kalau cerita sepakbola dengan pesantren, itu sudah ada sejak dulu. Lewat pesantren, anak-anak dididik akhlaknya dan attitude-nya," ungkap ustaz kelahiran Jakarta, 41 tahun lalu itu.

"Dan kalau nantinya mereka terlibat dalam dunia sepakbola resmi (profesional di kompetisi), tentu akan lebih bagus lagi (untuk menerapkan sikap dari pesantren)," tambah Yusuf Mansur.

Ia mencontohkan, salah satu Pondok Pesantren yang terbukti nyata, yaitu Pondok Pesantren Gontor di Ponorogo. Selain mendalami ilmu agama, rutinitas yang kerap dilakukan oleh para santrinya, yaitu sepak bola.

Terbukti dengan adanya Stadion bernama Darussalam Gontor, stadion tersebut dilengkapi dengan Dengan dua tribun beratap. Stadion yang diresmikan awal 2016 lalu itu juga menghadirkan pemandangan indah dengan menghadap langsung ke Gunung Lawu.

"Saya punya guru, Kyai Hasan di Gontor. Beliau membangun sendiri stadion bagus di sana. Jadi ya, larinya tidak kalah lah," bebern Yusuf Mansur. (Bobotoh.id)
Terakhir diubah:  12/02/18 - 15:00







Berita Terkait


1521183601812

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?