(Foto: Istimewa)

Timnas Basket Indonesia Rencanakan TC ke Amerika Serikat

Timnas Basket Indonesia baru saja mendapatkan medali emas dalam ajang Invitation Tournament Asian Games 2018 usai kalahkan India, 78-68, di Hall A Basket, Senayan, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Hasil tersebut menjadi torehan positif timnas basket sebelum benar-benar turun di ajang Asian Games 2018. Pelatih Fictor Gideon Roring pun ingin persiapkan tim secara maksimal dengan pemusatan latihan di luar Indonesia.

"Kami dari tim pelatih ingin anak-anak melakukan training camp (TC) selama mungkin di luar negeri. Awalnya mungki di Jakarta tapi kami inginnya ke Amerika Serikat," ujar Fictor Roring, Selasa (12/2/2018).



Pelatih yang akrab disapa dengan Ito itu menyebut timnas akan melakukan training camp (TC) di Negeri Paman Sam, pada Mei nanti.

"Rencananya kami TC dan uji coba di sana (Amerika Serikat), dari Mei sampai Juli. Kami bawa 14 sampai 15 pemain," lanjutnya.

Meski meraih medali emas, Ito belum tentu mempertahankan pemain saat ini. Ia bisa saja merombak timnya saat ini.

"Semua pemain punya kesempatan bermain di Asian Games 2018, tapi tentu kami akan panggil yang kontribusinya paling bagus,” tandasnya.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Dicari! Kiper Baru Garuda Asia
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini kemungkinan besar akan memanggil pemain baru dalam pemusatan latihan bulan Juni.Fakhri Husaini dikabarkan tertarik mencoba Jhuan Rico Gerealdo, kiper PS Bina Tarunna. Klub asal Rawamangun, Jakarta Timur berhasil menjuarai Liga TopSkor U-16 tahun ini.Saat ini sudah ada tiga kiper yang perkuat timnas U-16, yakni Ahludz Dzikir Fikri, Enando Ari, dan Risky Muhammad.[suggestedarticle=3]"Kami melihat ada pemain dari Liga TopSkor cukup baik. Saya pernah lihat dia main di final Liga TopSkor. Saya perlu ada kompetisi di sektor kiper," ujar Fakhri beberapa waktu lalu.Sedangkan untuk pemain lain, Fakhri mengatakan mencari empat pemain di posisi berbeda untuk perkuat kerangka timnas U-16."Untuk tambahan pemain lain, saya akan ingin posisi belakang. Saya butuh pelaplis bek kanan, dua stopper, dan bek kiri," rincinya."Ada beberapa pemain yang sebelumnya pernah saya panggil, seperti Reyhan, Altaf, dan Jovani. Tapi memang yang menonjol adalah penjaga gawang," tandasnya.Skuat Garuda Asia rencananya akan memulai pemusatan latihan pada 20 Juni 2018. Pemusatan tersebut sebagai persiapan menuju Piala AFF U-16, Agustus mendatang di Stadion Pakansari dan Stadion Delta Sidoarjo.
Indra Sjafri Jelaskan Kondisi Striker Bali United Ini
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri jelaskan kondisi Hanis Saghara. Penyerang asal Bali United itu dikabarkan belum pulih dari cederanya.Seperti diwartakan Superball, Hanis berlatih terpisah dalam pemusata latihan timnas U-19 di Lapangan UNY, Yogyakarta, Minggu (20/5/2018). [suggestedarticle=3]"Hanis harus jalani latihan terpisah karena masih dalam pemulihan cedera pada pergelangan kakinya," jelas Indra Sjafri.Pelatih asal Sumatera Barat itu pun mengatakan bahwa Hanis butuh waktu untuk pulih. Tapi Indra mengatakan dalam beberapa hari striker asal Bojonegoro itu bisa bergabung dengan tim."Setidaknya dua atau tiga hari lagi Hanis sudah bisa bergabung," tandasnya.Cedera Hanis diketahui saat Bali United bertandang ke markas Yangon United untuk laga Piala AFC. Ia tak bermain penuh dan harus masuk bangku cadangan pada menit 33.
  917 kali
Spasojevic Beri Sinyal Hengkang dari Bali United?
Penyerang Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic belum lama ini membuat teka-teki soal masa depannya di Bali United.Spaso yang musim lalu tampil ciamik bersama Bhayangkara FC dengan koleksi 13 gol hanya dalam setengah musim gagal mengulang kesuksesannya itu di Bali United.Dari delapan pertandingan yang sudah dilakoninya di Liga 1 2018, Spaso baru mencetak dua gol.[suggestedarticle=3]Mandeknya torehan gol yang diciptakan Spaso membuat peluangnya meninggalkan Bali United cukup terbuka.Belum lama ini, dalam instastory-nya, pemain kelahiran Montenegro itu mengunggah foto dengan caption penuh tanda tanya.”Hormati diri anda. Tahu kapan saatnya untuk pergi,” tulis Spaso.
  3151 kali
Fakhri Husaini Minta Pemain Timnas U-16 Jaga Kondisi Selama Puasa
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini punya pesan kepada pemainnya yang menjalankan ibadah puasa.Fakhri ingin para pemainnya tetap dalam kondisi bagus saat memulai pemusatan latihan pada bulan Juni. Saat ini pemain U-16 sedang kembali ke daerahnya masing-masing dan menjakankan puasa bagi pemain muslim.[suggestedarticle=3]"Nanti TC (training camp) lagi bulan Juni. Kami akan persiapkan TC nanti untuk ajang Piala AFF," ujar Fakhri Husaini, beberapa hari yang lalu."Tentu pemain yang beragama islam harus menjelankan ibadah puasa dan saya berharap puasa tidak mengurangi kegiatan mereka. Penting bagi pemain ketika masuk pada TC 20 Juni nanti, kondisinya bagus dan tetap terjaga," tambahnya.Timnas U-16 akan turun bertanding pada ajang Piala AFF U-16 2018, Agustus di Indonesia.Tak berselang lama, Skuat Garuda Asia juga akan mengikuti Piala Asia U-16, 20 September-7 Oktober.
  367 kali
Latihan Perdana Timnas U-19 Baru Dihadiri 16 Pemain
Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 hari pertama, Sabtu (19/5/2018) di Lapangan UNY, Yogyakarta, baru dihadiri 16 pemain.Sesi ini merupakan pemusatan latihan pertama usai pelatih Indra Sjafri ditunjuk kembali menjadi pelatih timnas U-19. Belum lengkapnya pemain tak menjadi halangan bagi Indra Sjafri memulai latihan hari pertama. Ia mengatakan bahwa latihan baru efektif pada Minggu (20/5/2018).[suggestedarticle=3]Seperti diwartakan Tribunnews, Indra tetap menggelar latihan dengan kekuatan 16 pemain."Sebetulnya mulai efektif pada latihan besok (hari ini,red). Karena hari ini lebih dari setengah pemain yang datang, kami gelar latihan ringan," ujar Indra Sjafri.”Sekarang, jumlah pemain yang hadir sekitar 16 orang," tambah pelatih asal Sumatera Barat itu.Pemusatan latihan kali ini untuk persiapan Piala AFF U-19, 2-14 Juli. Sedangkan agenda kedua adalah Piala Asia U-19 yang digelar 18 Oktober-4 November 2018.
  1597 kali
Rivaldo Cetak Gol Kemenangan Persipura Sebelum Gabung Timnas U-19
Pemain Timnas Indonesia U-19, Todd Rivaldo Ferre mencetak satu gol saat timnya, Persipura Jayapura mengalahkan Madura United.Dalam laga Persipura kontra Madura United, Rivaldo mencetak satu gol kemenangan untuk Persipura. Pertandingan yang diadakan di Stadion Mandala, Sabtu (19/5/2018) dimenangkan tuan rumah enam gol tanpa balas.[suggestedarticle=3]Rivaldo mencetak gol pada menit 73 melalui tendangan jarak jauh. Selain itu, Rivaldo juga mencatatkan satu assist saat Imanuel Wanggai mencetak gol pada menit 66.Pemain 19 tahun itu mendapat panggilan Timnas Indonesia U-19 untuk pemusatan latihan pada 19-27 Mei 2018. Pemusatan latihan tersebut untuk persiapan Piala AFF U-19 dan Piala Asia U-19, yang digelar di Indonesia.Namun, Rivaldo belum bergabung dalam pemusatan latihan tersebut karena masih membela Persipura. Usai laga, Rivaldo akan segera bergabung dengan Skuat Garuda Nusantara.
  2041 kali
Kapten Timnas Indonesia U-19 Dipastikan Absen di Piala AFF
Timnas Indonesia U-19 dipastikan tanpa kapten Rachmat Irianto pada helatan Piala AFF U-19, 2-14 Juli 2018.Bek Persebaya Surabaya itu harus istirahat setidaknya selama tiga bulan, akibat cedera patah tulang telapak kaki pada awal April 2018."Rian masih alami cedera dan kemungkinan besar dia tidak bisa membela timnas di Piala AFF," ujar pelatih timnas U-19 Indra Sjafri di Jakarta.Tak hanya Rian (panggilan Rianto) yang cedera, setidaknya ada dua pemain lain yang cedera. Kedua pemain itu adalah Rifad Marasabessy, dan Samue Cristianson.[suggestedarticle=3]"Rifan dan Samuel sepertinya dua sampai tiga pekan lagi sudah sembuh. Kami khawatirkan Rianto," tandas pelatih asal Sumatera Barat itu.Skuat Garuda Nusantara akan turun bertanding di Grup A Piala AFF U-19 yang berlangsung di Indonesia.Indonesia akan berhadapan dengan Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina, dan Laos.
  5245 kali
Kiper Muda Persib Ingin Bawa Timnas U-19 ke Piala Dunia
Kiper Persib Bandung, Aqil Savik siap memberikan seluruh kemampuan terbaiknya untuk Timnas U-19 Indonesia.Aqil menjadi salah seorang pemain yang terpilih mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19 di Yogyakarta pada 19-27 Mei.Aqil mengaku punya dua target besar di skuat Garuda Nusantara. Yang pertama, Aqil ingin mengantarkan Timns U-19 juara Piala AFF U-18 dan menembus semifinal Piala AFC U-19 demi tiket Piala Dunia U-20. ”Target ini sudah terencana. Sejak tahun kemarin juga sudah ditarget AFF juara dan meraih tiket Piala Dunia U-20. Jadi bukan beban. Kita yang akan melipatgandakan motivasi dan kerja keras,” kata Aqil dikutip dari laman resmi klub.[suggestedarticle=3]Selain memberikan prestasi untuk timnas, Aqil akan berupaya mendapat tempat utama di bawah mistar.Di posisi kiper, Aqil akan bersaing dengan M Riyandi (Barito Putera), Gianluca Pagliuca Rossy (Persija Jakarta), dan Rakasurya Handika (Bali United).”Persaingan pasti berat. Saya harus kerja keras untuk tetap mendapatkan tempat. Saya akan kerja keras untuk itu,” tutup Aqil
  952 kali
Striker Liga 1 Ini Tolak 'Teori Nakal' Kalah karena Puasa
Striker Mitra Kukar, Muhammad Rafli Mursalim tak ingin kaitkan puasa dengan kekalahan timnya dari Bhayangkara FC, Jumat (18/5/2018). Pada laga yang digelar di Stadion PTIK, Blok M, Jakarta Selatan, Mitra Kukar kalah tipis 0-1. Padahal beberapa kali para pemain Mitra mengancam gawang Bhayangkara. Namun, kiper Awan Setho tampil luar biasa amankan gawangnya."Kami main bagus, tim bermain kompak dan bekerja keras bersama-sama. Tapi memang belum rezekinya," ujar Rafli.[suggestedarticle=3]Saat ditanya bulan puasa memengaruhi fisik pemain, Rafli langsung membantah teori nakal itu. Pemain asa Tangerang, Banten itu hal itu bukanlah kendala."Saya tidak terlalu berpengaruh, karena tahun lalu bersama timnas U-19 kami juga tetap latihan dan bertanding saat bulan puasa," tandasnya.Dengan kekalahan tersebut, Mitra Kukar turun ke posisi ke-12 klasemen sementara. Tim Naga Mekes tertinggal empat poin dari Persipura yang menempati posisi empat besar.
  2080 kali
Indra Sjafri: 'Bismillah. Tak Ada yang Mustahil bagi Timnas U-19'
Timnas Indonesia U-19 bersiap untuk Piala Asia U-19 2018 yang digelar di Indonesia, 18 Oktober-4 November mendatang.Indonesia tergabung di Grup B bersama dengan Uni Emirat Arab, Qatar, dan Taiwan. Pelatih Indra Sjafri pun optimistis, meski mengakui tim yang tergabung di Grup merupakan tim terbaik Asia."Bismillah. Tidak ada yang tidak mungkin. Tugas pertama kita bagaimana bisa lolos grup dulu. Tapi, memang semua 16 tim bagus. Semua harus diwaspadai." ujar Indra Sjafri di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (18/5/2018).Indra Sjafri pun memperkuat tim dengan mengagendakan pemusatan latihan dan beberapa uji coba jelang Piala Asia. Saat ini Skuat Garuda Nusantara akan jalani pemusatan latihan di Yogyakarta, 19-27 Mei.[suggestedarticle=3]"Kita akan ada tiga kali TC (pemusatan latihan) dan beberapa uji tanding untuk Piala Asia, tapi kita terlebih dulu fokus Piala AFF untuk bulan Juli" tandasnya.Piala Asia akan diadakan pada 18 Oktober sampai 4 November dan memakai tiga stadion, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Pakansari, dan Stadion Patriot.Sebelum Piala Asia, timnas U-19 akan terjun di Piala AFF yang diadakan di Indonesia pada 1-14 Juli 2018. Dua stadion akan disiapkan untuk AFF, yakni Stadion Pakansari dan Stadion Delta Sidoarjo.
  1854 kali
1526727601971 tag