(Foto: istimewa)

Juara Baru Eropa, Portugal Meroket di Ranking Futsal Dunia

Tim futsal Portugal berhasil menjuarai ajang Piala Futsal Eropa 2018 lalu dengan mengalahkan Spanyol.

Hasil ini juga membuat ranking futsal Portugal meroket drastis tiga peringkat. Sebelumnya Portugal berada di peringkat ketujuh, saat ini tim selecao berada di peringkat keempat dan hanya terpaut delapan poin dari peringkat ketiga dunia, Rusia.



Sedangkan Spanyol meski gagal mempertahankan gelar Piala Futsal Eropa, tetap kokoh di peringkat kedua di bawah Brazil. Sementara Kazakhstan juga naik satu peringkat ke posisi ke delapan. Italia yang gagal lolos fase grup turun satu peringkat ke posisi keenam.

Portugal berhasil mengalahkan Spanyol dalam Piala Futsal Eropa di Slovenia pada 11 Februari lalu dengan skor 3-2. Ini merupakan gelar pertama Portugal di ajang Piala Futsal Eropa sejak digelar untuk pertama kalinya pada 1996 yang selalu didominasi oleh Spanyol dan Italia.

Berikut peringkat futsal negara eropa:

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Kunci Menghadapi Messi Hanya Satu, Jangan Reaktif
Mantan bintang Portugal yang juga sempat membela Barcelona Anderson Luis de Souza atau Deco membocorkan cara menghentikan pergerakan Lionel Messi. Deco yang sempat main bersama dengan Messi pada periode 2004-2008 hafal betul gaya bermain bintang Argentina itu.Salah satu yang bisa dilakukan tim lawan hanyalah tidak bersikap reaktif kala menghadapi Messi. Semakin lawan menunjukkan sikap demikian, maka akan sulit untuk menghentikan langkah Messi."Messi bukan hanya pencetak gol, dia juga bisa mendefinisikan cara lawan bertahan. Tim lain akhirnya sangat reaktif terhadap apa yang dia (Messi) lakukan di lapangan," kata Deco kepada Omnisport.[suggestedarticle=4]Dia menganggap Messi merupakan pemain hebat yang bermain tidkanya hanya dengan teknik dan fisik. Messi kerap kali menggunakan inteligensia yang dimiliki. Sebuah keberuntungan bagi tim manapun jika memiliki pemain sekaliber Messi.Capaian Deco bersama Messi saat masih di Barcelona pun luar biasa. Dua gelar La Liga, dua gelar Piala Super Spanyol dan trofi Liga Champions di musim 2006 adalah buktinya."Yang bisa saya katakan adalah, jika Anda memiliki pemain seperti Messi, di tim mana pun di dunia ini, Anda memiliki keuntungan," katanya.Maka, kata dia, pantas jika Messi kerap menerima penghargaan Ballon d'or. Menurutnya melawan Messi bukan hal yang mudah. "Dia tidak dapat diprediksi dalam duel satu lawan satu, dan juga dengan umpannya," ujarnya.
  924 kali
Brazil Tetap Nomor Satu, Ini Update Peringkat Futsal Dunia!
Tim futsal Portugal berhasil menjuarai ajang Piala Futsal Eropa 2018 lalu dengan mengalahkan Spanyol.Hasil ini juga membuat ranking futsal Portugal meroket drastis tiga peringkat. Sebelumnya Portugal berada di peringkat ketujuh, saat ini tim selecao berada di peringkat keempat dan hanya terpaut delapan poin dari peringkat ketiga dunia, Rusia.Sedangkan Spanyol meski gagal mempertahankan gelar Piala Futsal Eropa, tetap kokoh di peringkat kedua di bawah Brazil.[suggestedarticle=3]Iran yang baru saja mempertahankan gelar AFC Futsal tetap kokoh sebagai tim peringkat pertama ranking futsal Asia. Namun Iran harus turun satu peringkat ke posisi keenam karena disalip Portugal yang naik tiga peringkat karena menjuarai Piala Futsal Eropa. Sedangkan Jepang meski menjadi runner-up, naik satu peringkat di ranking futsal Dunia.Brrikut ranking futsal dunia terbaru per 15 Februari ini:[suggestedarticle=3]
  1923 kali
Ranking Futsal Asia: Iran Kokoh, Malaysia Kembali di Bawah Indonesia
Iran berhasil mempertahankan gelar juara AFC Futsal Championship 2018 dengan mengalahkan Jepang di partai final.Hasil ini membuat Iran tetap kokoh sebagai tim peringkat pertama ranking futsal Asia. Namun Iran harus turun satu peringkat ke posisi keenam karena disalip Portugal yang naik tiga peringkat karena menjuarai Piala Futsal Eropa. Sedangkan Jepang meski menjadi runner-up, naik satu peringkat di ranking futsal Dunia.Di persainga negara Asia Tenggara, hasil buruk gagal lolos fase grup di AFC Futsal 2018 dan hanya meraih satu kali kemenangan membuat Malaysia turun delapan peringkat dari posisi 53 ke urutan 61. Bahkan Malaysia kembali berada di bawah Indonesia yang berada di peringkat 56.[suggestedarticle=3]Selain itu Malaysia juga terlempar dari posisi 10 besar Asia di peringkat ke-11 di bawah Indonesia. Sementara Kuwait kembali berada di posisi 10 besar setelah timnas futsalnya kembali aktif.Berikut ranking futsal di Asia:
  1967 kali
Demi Barcelona, Philippe Coutinho Pilih Jadi Warga Negara Portugal
Philippe Coutinho dengan lapang dada bersedia menjadi warganegara Portugal dalam waktu dekat ini, untuk memberi jalan kepada klubnya, Barcelona membeli satu pemain lagi dari Non-Uni Eropa.Coutinho yang menjadi pemain termahal Barcelona setelah dibeli dari Liverpool, kini tercatat sebagai pemain timnas Brasil. Bahkan ia sudah didaftarkan untuk Piala Dunia 2018 Rusia.Namun, ia bisa memiliki kewarganegaraan lainya, disamping Brasil. Dalam sebuah wawancara dengan Don Balon, Coutinho mengungkapkan tengah mengajukan diri untuk mendapatkan paspor Portugal.[suggestedarticle=3]Melalui istrinya, Aine yang berkewarganegaraan Portugal, Coutinho bisa mendapatkan kewarganegaraan itu. Karena persyaratan lainnya, sudah menikah dengan warga Portugal tiga tahun. "Ya saya mendapatkan kewarganegaraan Portugal dari istri saya," ungkap Coutinho.Dengan demikian, Barcelona yang sekarang memiliki tiga pemain Non-Uni Eropa, Coutinho, Paulinho dan Yerry Mina, musim depan bisa menambah satu lagi pemain dari Non-Uni Eropa. Pasalnya, Coutinho tidak lagi dihitung sebagai warganegara Brasil, namun masuk warga Portugal.Sama seperti Lionel Messi yang juga memiliki paspor Spanyol dan Luis Suarez punya paspor Italia, maka mereka dihitung sebagai warga Eropa.Dengan tercatatnya Coutinho sebagai warga Portugal, maka Barcelona bisa membeli pemain tengah Arthur dari klub Gremio Brasil pada Agustus 2018 nanti.
  8614 kali
Inilah Skuat Juara Portugal di Piala Futsal Eropa 2018
Timnas Futsal Portugal menciptakan sejarah dengan menjadi tim keempat yan meraih gelar juara UEFA Futsal Euro atau Piala Futsal Eropa.Timnas Futsal Portugal meraih gelar juara UEFA Futsal Euro 2018 atau Piala Futsal Eropa 2018 setelah mengalahkan juara bertahan Spanyol di laga yang sangat dramatis.Pada laga final yang berlangsung di Arena Stozice, Ljubljana, Slovenia, Minggu (11/2/2018) subuh tadi, Portugal harus melalui babak tambahan untuk mengalahkan Spanyol dengan skor ketat 3-2.[suggestedarticle=3]Ini adalah gelar perdana bagi Portugal diajang ini. Berikut skuat Portugal yang menciptakan sejarah di Piala Futsal Eropa 2018.Pemain1. Bebe (GK)2. Andre Coelho3. Tunha4. Nilson Miguel5. Fábio Cecílio6. Pedro Cary7. Bruno Coelho8. Marcio Moreira9. Joao Matos10. Ricardinho (C)11. Pany Varela12. Andre Sousa (GK)13. Tiago Brito14. Vítor Hugo (GK)PelatihJorge Braz
  411 kali
Ronaldo: Portugal Bukan Tim Favorit Piala Dunia
Pemain bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo mengungkapkan, bahwa Portugal bukanlah tim favorit dalam perebutan gelar juara Piala Dunia 2018 di Russia.Ia menilai ada beberapa negara yang jauh lebih dijagokan dibanding dengan negaranya."Kami tahu Portugal bukan favorit di Piala Dunia. Bagi saya, favoritnya adalah Spanyol, Jerman, Prancis, Argentina dan Brasil." ungkap Ronaldo kepada Goal.com"Kami adalah bagian dari kelompok tim yang tahu bagaimana bisa bersaing di level tertinggi."  jelasnya.[suggestedarticle=3]Pemenang Ballon d'Or lima kali itu telah memberikan kontribusinya terhadap klubnya, Real Madrid dengan gelar La Liga dan Piala Liga Champions yang dipersembahkannya."Saya selalu tampil untuk menunjukkan tingkat terbaik saya, tapi terkadang hal-hal tidak berjalan seperti yang kita inginkan." kata Ronaldo"Tapi pengalaman telah mengajari saya bahwa kita harus terus bekerja keras untuk mencapai tujuan kita." tuturnya.Kerja keras itu berhasil membawanya ke puncak permainan, selama lebih dari satu dekade.Jika Ronaldo dapat membawa Real Madrid memenangkan Liga Champions, dengan Portugal ia juga berharap memetik keberhasilan yang sama di Piala Dunia 2018 Russia.
  754 kali
Highlights Seluruh Gol Penyihir Futsal Ricardinho di Piala Futsal Eropa 2018
Ricardo Filipe da Silva Braga atau lebih dikenal dengan nama Ricardinho membuktikan jika dirinya selalu haus akan gol disetiap turnamen yang diikutinya.Ricardinho selain terpilih sebagai pemain terbaik UEFA Futsal Euro 2018 atau Piala Futsal Eropa 2018, dirinya juga menggondol top skor dengan torehan 7 gol. Gelar yang semakin menyempurnakan prestasi pribadinya setelah sebelumnya menjadi top skor Piala Dunia Futsal 2016 lalu.[suggestedarticle=3]
  1592 kali
Ricardinho: Kerja Keras Akan Selalu Terbayarkan
Pemain futsal terbaik dunia 2017, Ricardo Filipe da Silva Braga atau lebih dikenal dengan nama Ricardinho terpilih sebagai pemain terbaik UEFA Futsal Euro 2018 atau Piala Futsal Eropa 2018.Ricardinho menjadi figur kunci saat Timnas Futsal Portugal meraih gelar juara Piala Futsal Eropa 2018 setelah mengalahkan juara bertahan Spanyol di laga yang sangat dramatis.Ricardinho sendiri ternyata sudah yakin bakal meraih gelar juara pasca lolos ke final. Ia juga memuji seluruh tim Portugal yang telah bekerjakeras dan semuanya terbayarkan dengan gelar juara.[suggestedarticle=3]"Saya katakan kepada keluarga saya jika kami lewati semifinal kami akan memenangkan piala. Saya memiliki kepercayaan jika tahun ini adalah tahun kami," ungkapnya seperti dikutip dari situs resmi UEFA."Semua orang telah bekerjakeras, baik secara individu, kolektivitas dan level strategi, semua terbayarkan. Saya tidak tahu berapa lama saya hilang (cedera di babak tambahan) mungkin dua atau tiga menit, tapi itu membuat saya frustasi tidak bisa bermain, dan saya percaya rekan-rekan saya bisa melakukannya," lanjutnya."Kami adalah keluarga, 14 pemain, tim pelatih, para staf. Kami adalah keluarga saat menang dan saat kalah, dan hari ini kami adalah keluarga terbaik di dunia. Kami telah membuat sejarah dan kami akan menikmati momen ini," pungkasnya.
  521 kali
Ricardinho Layak Disebut Kapten Tim Terbaik di Dunia
Pemain futsal terbaik dunia 2017, Ricardo Filipe da Silva Braga atau lebih dikenal dengan nama Ricardinho terpilih sebagai pemain terbaik UEFA Futsal Euro 2018 atau Piala Futsal Eropa 2018.Ricardinho menjadi figur kunci saat Timnas Futsal Portugal meraih gelar juara Piala Futsal Eropa 2018 setelah mengalahkan juara bertahan Spanyol di laga yang sangat dramatis.Jorge Braz selaku pelatih Portugal menyatakan jika terlepas gelar pemain futsal terbaik dunia, dirinya melihat Ricardinho sebagai kapten tim terbaik di dunia saat ini. Ricardinho sukses membimbing rekan-rekannya untuk membawa Portugal meraih gelar juara.[suggestedarticle=3]"Ricardinho, terlepas dirinya sebagai pemain terbaik dunia atau tidak, ia membuktikan diri di turnamen ini sebagai kapten terbaik di dunia," ungkapnya seperti dikutip dari situs resmi UEFA."Ia adalah pemain futsal terlengkap saat ini di planet, dan dia berperan besar membantu para pemain muda kami untuk percaya jika kita bisa meraih medali emas, dan itu terbukti," pungkasnya
  779 kali
Federasi Sepakbola Portugal Ikut Berperan Bantu Timnas Futsalnya Juara
Jorge Braz selaku pelatih Portugal sangat berterimakasih kepada keluarganya dan juga Federasi Sepakbola Portugal yang turut berperan membantu Portugal meraih gelar juara Piala Futsal Eropa 2018.Timnas Futsal Portugal meraih gelar juara UEFA Futsal Euro 2018 atau Piala Futsal Eropa 2018 setelah mengalahkan juara bertahan Spanyol di laga yang sangat dramatis.Pada laga final yang berlangsung di Arena Stozice, Ljubljana, Slovenia, Minggu (11/2/2018) subuh tadi, Portugal harus melalui babak tambahan untuk mengalahkan Spanyol dengan skor ketat 3-2.[suggestedarticle=3]"Ini adalah salah satu hari yang paling membahagiakan sepanjang hidup saya. Saya sangat senang untuk semua keluarga saya, kekeluargaan dalam bentuk pemain, pelatih, dan staff yang telah bersama hampir selama satu bulan," ungkapnya seperti dikutip dari situs resmi UEFA."Keluarga FA Portugal yang telah bekerja keras melahirkan pemain muda dan mengembangkan liga futsal domestik, dan tentu saja kepada keluarga saya yang selalu mendukung saya bertahun-tahun dan membuat kejutan dengan hadir di laga final," pungkasnya.
  637 kali
1518411001787 tag