(Foto: istimewa)

Ranking Futsal Asia: Iran Kokoh, Malaysia Kembali di Bawah Indonesia

Iran berhasil mempertahankan gelar juara AFC Futsal Championship 2018 dengan mengalahkan Jepang di partai final.

Hasil ini membuat Iran tetap kokoh sebagai tim peringkat pertama ranking futsal Asia. Namun Iran harus turun satu peringkat ke posisi keenam karena disalip Portugal yang naik tiga peringkat karena menjuarai Piala Futsal Eropa. Sedangkan Jepang meski menjadi runner-up, naik satu peringkat di ranking futsal Dunia.

Di persainga negara Asia Tenggara, hasil buruk gagal lolos fase grup di AFC Futsal 2018 dan hanya meraih satu kali kemenangan membuat Malaysia turun delapan peringkat dari posisi 53 ke urutan 61. Bahkan Malaysia kembali berada di bawah Indonesia yang berada di peringkat 56.



Selain itu Malaysia juga terlempar dari posisi 10 besar Asia di peringkat ke-11 di bawah Indonesia. Sementara Kuwait kembali berada di posisi 10 besar setelah timnas futsalnya kembali aktif.

Berikut ranking futsal di Asia:

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Klub Liga 2 Ini Jalani Pra-musim di Malaysia
Bermain di kasta kedua Liga Indonesia atau Liga 2 tak membuat Persiraja Banda Aceh lambat dalam melakukan persiapan.Persiraja melakukan tur pra-musim ke Malaysia dan menantang beberapa klub lokal.Dua laga dilakukan oleh Persiraja, yang pertama melawan klub Liga Premier Malaysia, Polis DiRaja Malaysia (PDRM) FA. Namun Persiraja harus menelan kekalahan dengan skor 0-2 dari PDRM FA.[suggestedarticle]Sedangkan pada pertandingan kedua, Persiraja menang 2-0 atas Selangor United pada Senin (19/2/2018) sore. Skuat asuhan Akhyar Ilyas itu sukses meladeni perlawanan tim dari divisi tiga liga Malaysia tersebut.Usai lawatan ke Negeri Jiran, manajemen dan staff pelatih akan melakukan evaluasi kepada para pemainnya.”Kami sudah melakukan uji coba di Malaysia dan setelah kembali ke Aceh akan melakukan evaluasi,” kata Ilyas, seperti dilansir dari Bolasport.”Untuk komposisi pemain, saya rasa sudah cukup untuk Persiraja musim ini,” tuturnya menambahkan.
  607 kali
PSSI Cari Lawan Berkualitas untuk Timnas di Anniversary Cup
PSSI akan menggelar turnamen bertajuk Anniversary Cup 2018 dalam waktu dekat ini. Turnamen tersebut diselenggarakan untuk memeringati ulang tahun PSSI ke-88 pada 19 April mendatang.Rencananya PSSI akan mengundang empat negara termasuk Timnas Indonesia. Setidaknya ada dua negara yang sudah menyatakan untuk ikut turnamen tersebut.Bahrain dan Malaysia sudah menyatakan untuk ikut dalam turnamen yang dilangsungkan pada 27 April hingga 6 Mei 2018."PSSI menggelar turnamen Anniversary Cup pada April 2018 berkaitan dengan ulang tahun yang ke-66,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono di Kantor PSSI, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (18/2/2018).[suggestedarticle=3]Dalam kesempatan berbeda, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha mengatakan PSSI sedang mencari lawan berasa dari Asia Timur.Permintaan tersebut datang langsung dari pelatih Timnas Indonesia. Luis Milla. Pelatih asal Spanyol itu, ingin adanya turnamen kelas atas untuk uji kemampuan timnya."Itu merupakan arahan dari Luis Milla, yang ingin dapatkan lawan berkualitas," imbuh Ratu Tisha.PSSI belum menentukan venue untuk Anniversary Cup. Dua lokasi yang jadi kandidat sampai saat ini adalah Jawa Timur dan Jakarta, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).
  1639 kali
Ikuti Jejak Indonesia, Malaysia Siap Coba Pemain Naturalisasi
Negara tetangga Malaysia siap mengikuti jejak Indonesia dalam menggunakan pemain naturalisasi mereka di tim nasional.Salah satu nama terbaru yang baru saja mendapatkan status warga negara Malaysia adalah La'Vere Corbin-Ong, yang saat ini tampil untuk Johor Darul Takzim (JDT).Menurut laman Harian Berita, timnas Malaysia akan memanfaatkan sejumlah pemain asing yang sudah memiliki status kewarganegaraan Malaysia.[suggestedarticle]Saat ini pemain naturalisasi yang sudah menjadi langganan timnas Malaysia sendiri adalah Kiko Insa, Matthew Davies, Darren Lok, Brendan Gan, dan Khair Jones.Setidaknya sudah ada 14 nama pemain naturalisasi milik Malaysia, berikut daftarnya:1. Samuel Sommerville2. Darren Lok3. Kiko Insa4. Natxo Insa5. Daniel Ting6. Matthew Davies7. La'Vere Corbin-Ong8. Khair Jones9. Stuart Wark10. Curran Ferns11. Brendan Gan12. Nick Swirad13. Shazalee Ramlee14. Kevin GunterMantan pelatih timnas Malaysia, B Sathianathan mendukung langkah ini, apalagi jika mampu meningkatkan prestasi negaranya di kawasan Asia Tenggara dan Asia."Jika pemain-pemain itu ada di skuat saya dulu, sudah pasti ada perbedaan," kara Sathianathan dikutip BolaSport.com dari Berita Harian."Orang tidak peduli apakah mereka pemain lokal atau naturalisasi, karena yang mereka lihat adalah pemain Malaysia dengan jersey Malaysia," kata Sathianathan.
  1649 kali
Timnas Indonesia Gagal Latih Tanding dengan Persija Jakarta
Timnas Indonesia batal melakukan uji coba melawan Persija Jakarta yang sebelumnya bakal digelar pada 24 Februari 2018.Pertandingan kontra Persija dibatalkan karena Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tak bisa digunakan.Kabarnya, PSSI akan mengganti pertandingan uji coba tersebut dengan laga pertandingan internasional melawan negara Asia Tenggara.[suggestedarticle=3]Ada dua pertandingan uji coba yang akan digelar PSSI pada bulan Maret nanti. Skuat Garuda akan berhadapan dengan Singapura 21 Maret dan Filipina pada 25 Maret."Terdekat Timnas akan tandang ke Singapura pada 21 Maret. Lalu berlanjut ke Filipina, 25 Maret," ujar Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, di Kantor PSSI, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (18/2/2018).Label uji coba tersebut merupakan timnas senior. Namun, nantinya Timnas Indonesia bakal menurunkan tim U-23, sekaligus ajang persiapan Asian Games 2018."Kami punya keinginan agar timnas senior punya misi untuk menghadapi Asian Games 2018. Semuanya kita serahkan ke pelatih (Luis Milla),” imbuh Joko Driyono.Selain dua uji coba tersebut, PSSI juga sudah menyiapkan turnamen Anniversary Cup pada akhir Maret nanti. Bahrain dan Malaysia sudah memastikan diri untuk ikut dalam turnamen tersebut.
  1445 kali
Bintang Futsal Iran Ini Umumkan Pensiun Dari Timnas
Meski masih berada di usia matang, bintang timnas futsal Iran, Farhad Tavakoli, mengumumkan sebuah keputusan mengejutkan.Tavakoli yang saat ini berusia 29 tahun resmi pensiun dari timnas futsal Iran. Hal ini diumumkan di akun instagramnya pasca meraih gelar juara AFC Futsal Championship 2018 bersama Iran di China Taipei.[suggestedarticle=3]"Hari ini adalah pertandingan terakhir saya bersama tim nasional dan sana senang dan merupakan suatu kebanggaan untuk berada dalam generasi emas futsal di timnas negara saya. Terima kasih untuk yang telah mendukung karir saya. Semoga beruntung buat timnas di masa depan," tulis Tavakoli dalam unggahannya pasca babak final pada Minggu (11/2) lalu.Kabarnya, sang pemain bakal hijrah dan bermain di negara lain. Pensiunnya Tavakoli dari timnas juga diwarnai isu ketidakharmonisan beberapa pemain terhadap manajemen di timnas futsal.Di AFC Futsal 2018 pemain yang pernah memperkuat Naft Al Wasat Irak dan menjadi runner-up di AFC Futsal Club 2016 ini mencetak empat gol dan membantu timnya meraih gelar juara.
  689 kali
Kembali ke SKN FC, Pemain Timnas Futsal Malaysia Diharapkan Langsung On Fire
Pemain Timnas Futsal Malaysia, Khaerul Effendy sudah kembali ergabungd engan timnya, SKN FC Kebumen untuk ebrlaga di epkan ketiga Grup A Pro Futsal League (PFL) 2018.Pekan ketiga akan diadkaan di GOR Amongrogo Yogyakarta pada 17 dan 18 Februari besok. Deny andoyo pun ebrahrap kehadiran pemain yang biasa disapa Ayon ini bisa menambah ekkauta timnya untuk bersaing di PFL 2018.[suggestedarticle=3]"Kita harapkan seperti itu (menambah kekuatan SKN), Ayon punya jam terbang tinggi di pertandingan-pertandingan level internasional," ungkap Deha kepada Bolalob."Mudah-mudahan dia bisa membantu tim dalam menghadapi partai-partai penting di grup," pungkas Deha yang berharap Ayon bisa membantu mengangkat performa timnya di PFL 2018 ini.Ayon sendiri baru bergabung kembali setelah membela Timnas Futsal Malaysia diajang AFC Futsal Championship 2018 pada 1-11 Februari kemarin di Taiwan. Pengalaman internasional Ayon diharapkan bisa mengangkat performa SKN FC musim ini.
  434 kali
Brazil Tetap Nomor Satu, Ini Update Peringkat Futsal Dunia!
Tim futsal Portugal berhasil menjuarai ajang Piala Futsal Eropa 2018 lalu dengan mengalahkan Spanyol.Hasil ini juga membuat ranking futsal Portugal meroket drastis tiga peringkat. Sebelumnya Portugal berada di peringkat ketujuh, saat ini tim selecao berada di peringkat keempat dan hanya terpaut delapan poin dari peringkat ketiga dunia, Rusia.Sedangkan Spanyol meski gagal mempertahankan gelar Piala Futsal Eropa, tetap kokoh di peringkat kedua di bawah Brazil.[suggestedarticle=3]Iran yang baru saja mempertahankan gelar AFC Futsal tetap kokoh sebagai tim peringkat pertama ranking futsal Asia. Namun Iran harus turun satu peringkat ke posisi keenam karena disalip Portugal yang naik tiga peringkat karena menjuarai Piala Futsal Eropa. Sedangkan Jepang meski menjadi runner-up, naik satu peringkat di ranking futsal Dunia.Brrikut ranking futsal dunia terbaru per 15 Februari ini:[suggestedarticle=3]
  1919 kali
Juara Baru Eropa, Portugal Meroket di Ranking Futsal Dunia
Tim futsal Portugal berhasil menjuarai ajang Piala Futsal Eropa 2018 lalu dengan mengalahkan Spanyol.Hasil ini juga membuat ranking futsal Portugal meroket drastis tiga peringkat. Sebelumnya Portugal berada di peringkat ketujuh, saat ini tim selecao berada di peringkat keempat dan hanya terpaut delapan poin dari peringkat ketiga dunia, Rusia.[suggestedarticle=3]Sedangkan Spanyol meski gagal mempertahankan gelar Piala Futsal Eropa, tetap kokoh di peringkat kedua di bawah Brazil. Sementara Kazakhstan juga naik satu peringkat ke posisi ke delapan. Italia yang gagal lolos fase grup turun satu peringkat ke posisi keenam.Portugal berhasil mengalahkan Spanyol dalam Piala Futsal Eropa di Slovenia pada 11 Februari lalu dengan skor 3-2. Ini merupakan gelar pertama Portugal di ajang Piala Futsal Eropa sejak digelar untuk pertama kalinya pada 1996 yang selalu didominasi oleh Spanyol dan Italia.Berikut peringkat futsal negara eropa:
  633 kali
Kedah FA Libur Pertandingan, Andik Terbang Sambangi Sang Kekasih
Andik Vermansah tengah menjalani LDR (long distance relationship) alias hubungan jarak jauh dengan wanita yang sudah dekat dengannya, Silvia Angun. Tak heran kalau begitu Liga Super Malaysia libur, ia pun terbang menyambangi sang kekasih.Usai Kedah FA menang melawan PKPN 1-0 pada debut pertamanya Andik di klub Malaysia itu, mereka dapat libur cukup panjang. Baru akan tampil lagi pada 23 Februari 2018, melawan PKNS.Sebagian waktu libur tersebut dipakai Andik untuk menemui Silvia. Tampak dari foto yang termuat dalam instagram milik Andik, pemain timnas Indonesia ini sumringah.[suggestedarticle=3]Andik tak bisa menutupi kegembiraannya bertemu dengan Silvia, gadis berkulit putih yang kini masih meneruskan kuliahnya di Bali."Pertama kali bertemu di Bandara di Jakarta. Dia kerja di salah satu maskapai penerbangan tapi bukan pramugari. Setahun perjuangannya mendapatkan dia. Soalnya dia orangnya cuek, tidak terlalu suka disorot publik. Bukan seperti wanita kekinian. Dia sederhana dan cantik," tutur Andik seperti dikutip CNNIndonesia.com.Andik mengaku, sejak bersama Silvia dirinya lebih tenang dan lebih semangat menjalankan tugasnya di klub Kedah FA. "Alhamdulillah (Silvia) terus memberikan dukungan. Semenjak ada dia, saya jadi lebih semangat. Niat saya memang (menjadikan) dia yang terakhir dan buat serius," tutur pemain depan ini yang baru berusia 26.Jika tak ada aral melintang, Andik mengaku akan menikahi sang kekasih hatinya ini pada tahun depan.
  2873 kali
Ikut Berjasa Bawa Kedah FA Menang, Andik Dapat Pujian
Pemain muda Kedah FA, Akhyar Rashid mengungkapkan pujiannya kepada Andik Vermansah yang ikut berjasa memberikan kemenangan perdana klub berjuluk Elang Merah tersebut. Andik dianggap sebagai pemain yang berpengalaman dan mampu mengangkat kualitas tim.Kedah berhasil menang 1-0 atas PKNP, Minggu (11/2) lewat gol tunggal yang dicetak oleh Akhyar. Gol tersebut tidak lepas dari kontribusi besar Andik setelah melakukan solo run dari tengah lapangan dan mengirimkan umpan ke kotak penalti.Bola sodoran Andik disambut oleh Pablo Pallares namun dapat dihalau kiper PKNP. Beruntung bola liar masih dapat disambut oleh Akhyar untuk mencetak gol.[suggestedarticle=3]Akhyar tidak segan melontarkan pujian kepada Andik yang dianggap memiliki kualitas. Pemain muda Malaysia tersebut juga menilai kehadiran Andik mampu membuat Kedah FA lebih baik."Menurut saya, Andik adalah pemain yang berpengalaman dan berkualitas, gol Kedah dalam pertandingan ini tidak lepas dari pergerakannya," ujar Akhyar dilansir dari Stadium Astro.[pagebreak]Pujian dari Manajer Kedah FA[/pagebreak]Manajer Kedah FA, Abu Bakar Fadzim juga mengungkapkan hal senada terkait kehadiran Andik. Mantan pemain Selangor FA tersebut dianggap mampu memberikan warna baru dalam permainan Kedah FA."Masuknya Andik ke skuad Kedah menjadi tambahan untuk mengejar kemenangan di pertandingan ini," ucap Abu.Kemenangan tersebut merupakan yang pertama untuk Kedah FA di Liga Super Malaysia 2018. Pada dua laga sebelumnya Kedah FA selalu kalah dari lawan yang dihadapi.
  2136 kali
1518523202309 tag