FIFA Siapkan Peraturan Baru, Penggunaan 'Powerplay' Bakal Dibatasi


  •   Rissalah Maulana
  •   15/02/18 - 16:20
  •   5861

(istimewa)

Meski bukan kejahatan, penggunaan powerplay di futsal memancing banyak perdebatan yang tak berkesudahan tentang kapan dan bagaimana seharusnya diterapkan.

Powerplay sendiri merupakan skema di mana penjaga gawang maju membantu serangan. Bukan penjaga gawang biasa, sebagian besar skema ini dimainkan dengan menggunakan penjaga gawang "palsu" atau yang biasa disebut kiper powerplay. Kiper powerplay ini merupakan pemain lapangan yang sedianya bukanlah seorang penjaga gawang.

Powerplay ini biasanya digunakan kala tim sedang berada dalam posisi skor tertinggal atau butuh gol untuk memastikan kemenangan. Namun di beberapa skema, powerplay ini juga bisa digunakan di saat posisi unggul untuk mengulur waktu atau bahkan menambah gol.




Nah, hal ini cukup menjadi perhatian oleh bidang pengembangan futsal FIFA. Dikutip globoesporte, Federasi yang membawahi futsal dunia ini berencana mengubah peraturan dalam penggunaan powerplay. Singkatnya, FIFA bakal membatasi penggunaan powerplay di waktu tertentu saja.

Dalam proposal yang diajukan pada pertemuan di Ljubljana, Slovenia, saat Piala Futsal Eropa lalu, dibicarakan bahwa dalam proposal peraturan baru, powerplay hanya boleh digunakan saat tim sedang dalam posisi tertinggal atau kalah. Powerplay tidak boleh digunakan saat tim dalam posisi imbang atau menang.

Kabarnya proposal untuk mengubah peraturan tersebut sudah masuk dalam agenda futsal FIFA dan akan diketahui pada April mendatang di pertemuan selanjutnya.

Bagaimana menurutmu?


Black Steel Manokwari (3) vs (0) Permata Indah Manokwari - Highlights Pro Futsal League 2018








End of content

No more pages to load