(Foto: Tirto)

Jadi Pelatih, El Loco Punya Tujuan Mulia Untuk Indonesia

Cristian Gonzales kini tengah mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC untuk menjadi modal sebagai pelatih. Jika nanti menjadi pelatih, Gonzales berharap bisa membantu Indonesia menghasilkan pemain-pemain berkualitas.

Usia yang tidak muda lagi membuat Gonzales kini melirik ranah kepelatihan sebagai langkah setelah pensiun. Pemain berjuluk El Loco tersebut kini tengah mengikuti kursus lisensi C di Sawangan yang digelar sejak 5 hingga 17 Februari 2018.

"Saya sangat senang dibantu PSSI untuk mengikuti kursus pelatih C AFC kali ini. Klub saya (Madura United) juga memberikan dukungan penuh. Sebentar lagi mungkin saya pensiun sebagai pemain sepak bola." 



"Setelah itu saya ingin menjadi pelatih untuk menghasilkan pemain yang bagus untuk Indonesia," jelas striker berusia 41 tahun asal Uruguay ini.

Gonzales mengaku memang tidak muda untuk membangun sepak bola Indonesia, namun pemain naturalisasi tersebut yakin bisa memberikan kontribusi untuk Indonesia.

"Tantangannya tentu tidak mudah. Akan tetapi, dengan keyakinan, tekad yang kuat serta kerja keras, saya rasa hal ini bisa dilakukan. Sepak bola Indonesia punya potensi yang sangat besar. Kita harus bersama-sama membangun dan membesarkannya," kata El Loco.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Ini Jawaban Marko Simic Terkait Peluang Jadi WNI
Marko Simic mengaku dirinya bersedia jika memang dibutuhkan untuk bisa membela tim nasional Indonesia. Penampilan apik Simic bersama Persija membuat pemain asal Kroasia tersebut dikabarkan berpeluang untuk dinaturalisasi.Simic berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik di Piala Presiden 2018 bersama Persija Jakarta. Simic bahkan sukses menyamai rekor Cristian Gonzales yang berhasil mencetak 11 gol dalam satu edisi Piala Presiden.Kualitas tersebut membuat banyak orang yang menginginkan Simic dinaturalisasi. Mantan rekan Mario Mandzukic di Kroasia U-21 itu memberikan jawaban.[suggestedarticle=3]"Jika diminta bermain untuk Indonesia dan mereka membutuhkan saya, itu akan jadi sebuah kebanggaan untuk saya dan saya bersedia," ujar Simic.[pagebreak]Impian Terbesar[/pagebreak]"Impian terbesar pemain sepak bola adalah bisa bermain untuk tim nasional," ucap Simic.Pemain usia 30 tahun tersebut memang masih berpeluang untuk bisa membela Indonesia mengingat negara asalnya, Kroasia belum pernah memanggil dirinya untuk membela tim nasional.
  14368 kali
Marko Simic Berpeluang Pecahkan Rekor El Loco di Piala Presiden
Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic berpeluang melewati rekor Cristian Gonzales sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu edisi Piala Presiden. Simic setidaknya butuh tiga gol untuk bisa melewati catatan Gonzales di Piala Presiden.Sembilan gol sudah dicetak Simic bersama Persija Jakarta di Piala Presiden 2018. Catatan tersebut masih bisa bertambah jika Simic berhasil mencetak gol di final Piala Presiden 2018.Penyerang asal Kroasia tersebut berpeluang untuk melewati catatan Gonzales yang sempat menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Presiden dengan torehan 11 gol. Gonzales mencetak 11 gol pada Piala Presiden 2017 saat masih berseragam Arema.[suggestedarticle=3]Dari enam laga Persija di Piala Presiden 2018, Simic berhasil mencetak gol di lima pertandingan. Satu-satunya lawan yang gagal dibobol Simic adalah Bali United saat bertemu di fase grup.Simic bahkan sempat mencatat hattrick saat Persija menang 4-1 atas PSMS Medan di leg pertama babak semifinal.
  1344 kali
El Loco Mulai Rintis Karir Kepelatihan
Bomber Madura United, Cristian Gonzales memulai karir kepelatihannya dengan mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC yang digelar di Sawangan, Depok, pada 5-17 Februari 2018.El Loco menjadi salah satu peserta yang masih aktif bermain, dimana ia saat ini berusia 41 tahun.   Nama-nama yang tak asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia, seperti Cristian Gonzales, Ferry Rostinsulu, M. Nasuha, Taufiq Kasrun, Nasrul Koto dan Berti Tutuarima, turut serta dalam kursus pelatih lisensi C AFC yang digelar PSSI, 5-17 Februari 2018, di Sawangan. #PSSI Sebuah kiriman dibagikan oleh PSSI - FAI (@pssi__fai) pada 5 Peb 2018 jam 9:07 PST Selain El Loco beberapa mantan pemain nasional juga ambil bagian dalam kursus kepelatihan ini, sebut saja kiper legendaris Sriwijaya FC, Ferry Rotinsulu, hingga Muhammad Nasuha yang merupakan mantan pemain Persib Bandung,  dan juga Taufiq Kasrun, Nasrul Koto, serta Berti Tutuarima."Tahun 2018 PSSI menggelar banyak kursus pelatih dibanding tahun 2017. Kami berharap semakin banyak jumlah pelatih dengan lisensi AFC. Ini menjadi hal yang positif terkait pengembangan sepak bola Indonesia," kata Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, dilansir laman PSSI.[suggestedarticle=3]PSSI sendiri menggelar dua kursus yakni C AFC di tempat terpisah, yakni di Sawangan dan Bandung. Kemudian kursus B AFC digelar mulai 19-10 Maret, sementara lisensi A AFC modul satu diselenggarakan mulai 19 Februari - 4 Maret yang semuanya bertempat di Sawangan."Kami juga akan mendatangkan pelatih asing untuk berbagi pengalaman dan ilmu kepelatihan. Pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson dan pelatih Luis Milla yang merupakan pelatih timnas akan membantu kita memberi materi saat kursus atau workshop pelatih," ujar mantan pelatih Timnas Indonesia era tahun 1990'an ini.Danurwindo menyebut saat ini dalam kursus C AFC dan D Nasional materi filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia) juga telah diberikan. Filanesia penting diajarkan agar bisa menjadi fondasi dan karakter sepak bola Indonesia, baik untuk pembinaan usia dini hingga level profesional.PSSI sempat mempertimbangkan Gonzales untuk masuk dalam jajaran tim kepelatihan timnas Indonesia U-19, untuk mendampingi Bima Sakti. Hal itu sempat dilontarkan oleh ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi, beberapa waktu lalu.
  1812 kali
Bungkam PS TNI, Madura United Melaju ke Perempat Final
Madura United berhasil menaklukkan PS TNI dengan skor 3-1 pada ajang Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (23/1). Tiga gol dari Madura United dicetak oleh Bayu Gatra, Greg Nwokolo dan Cristian Gonzales sedangkan satu gol PS TNI dicetak oleh Bruno Elio Martins.Madura United langsung tampil menggebrak sejak awal dan sukses mencetak gol pembuka pada menit ke-17. Bekerja sama dengan Greg, Bayu Gatra sukses mencetak gol untuk Madura United.Keunggulan Madura United hanya bertahan delapan menit setelah penyerang PS TNI, Elio Martins mencetak gol penyeimbang pada menit ke-25. Skor imbang bertahan hingga babak pertama usai.[suggestedarticle=3]Di babak kedua Madura United sukses mencetak dua gol di babak kedua. Dua gol Madura United tidak lepas dari aksi Greg.Pemain naturalisasi tersebut berhasil mencetak gol lewat tandukkan pada menit ke-58. Jelang laga usai Madura United kembali menambah gol lewat kaki Cristian Gonzales.Berawal dari pergerakan Greg di sisi kiri dan dilanjutkan umpan tarik ke depan gawang yang sukses disambut oleh Gonzales. Skor akhir 3-1 untuk Madura United bertahan hingga laga usai.Dengan mengoleksi enam poin dari dua pertandingan, Madura United dipastikan akan menjad i salah satu wakil Grup C di perempat final Piala Presiden 2018. Dua klub lainnya di Grup C, yaitu Persebaya dan PS TNI sejauh ini baru mengoleksi satu poin. Susunan pemain: PS TNI: Teguh Amirrudin; Abduh Lestaluhu, Herwin Tri Saputra, Ganjar Mukti, Mahdi Fahri Albar, Redouane Zerzouri, Manahati Lestusen, Ryan Wiradinata, Ahmad Nufiandani Dimas Drajad 61'), Elio Bruno Martins, Wawan Febrianto Madura United: Anggar Saputra; Beny Wahyudi, Fabiano Beltrame, Fachrucin W, Alfath Fatier, Nouriddin Davronov, Asep Berlian (Raphael Maitimo46'), Slamet Nucahyo (OK John 72), Bayu Gatra, Greg Nwokolo, Kiyabu N'Koyi (Cristian Gonzales 46')
  1150 kali
Gabung Madura United, El Loco Akan Masuk Pesantren
Kedatangan Cristian Gonzales ke Madura United tidak hanya akan dimanfaatkan di dalam lapangan. Madura United juga akan melibatkan Gonzales dalam beberapa acara di luar lapangan.Ketenaran Gonzales di level nasional emang sudah tidak dipertanyakan lagi. Hal itu akan dimanfaatkan Madura United saat menyambangi sejumlah sekolah ataupun pesantren.“Gonzales akan masuk ke sekolah dan Gonzales juga akan masuk ke pesantren. Kami juga akan buat kegiatan coaching clinic yang melibatkan Gonzales."[suggestedarticle=3]"Intinya, dia juga menjadi brand ambassardor Madura United,” kata manajer Madura United, Haruna Soemitro dilansir Bolalob dari Bolasport.Sebelum bergabung dengan Madura United, Gonzales juga sempat membela sejumlah klub besar di Indonesia. Pemain yang akrab disapa El Loco tersebut sempat membela PSM Makassar, Persik Kediri, Persib Bandung, Persisam Putra Samarinda dan terakhir Arema.
  2269 kali
Cetak Gol Bersama MU, El Loco Catat Empat Rekor
Cristian Gonzales mampu mencatat empat rekor baru saat dirinya mencetak gol untuk Madura United saat melawan Perseru Serui di Piala Presiden 2018. Salah satunya adalah sebagai pemain tertua yang mencetak gol di kompetisi tersebut.Gonzales yang sudah berusia 41 tahun ternyata masih mampu menunjukkan tajinya sebagai penyerang tajam. Masuk pada menit ke-79, Gonzales berhasil menyarangkan satu gol setelah menerima umpan matang dari Patrick N'Koyi. Dengan tembakan terukur Gonzales sukses mencetak gol bersama Madura United. Di akhir laga Madura United berhasil mengakiri perlawanan Perseru dengan skor 5-0.Gol tersebut mengantarkan Gonzales mencatat empat rekor sekaligus. Rekor pertama adalah pemain pertama yang berhasil mencetak gol di tiga gelaran Piala Presiden. Sebelum bersama Madura United, Gonzales sempat mencetak gol bersama Arema pada 2015 dan 2017.[suggestedarticle=3]Gonzales juga menjadi pencetak gol tertua di Piala Presiden. Pemain yang akrab disapa El Loco tersebut mampu mencetak gol meski sudah berusia 41 tahun.Pada laga tersebut Gonzales yang masuk menggantikan Bayu Gatra juga menjadi pemain pengganti pertama yang mencetak gol di Piala Presiden 2018.Terakhir, gol ke gawang Perseru membuat pemain naturalisasi tersebut menjadi top skor Piala Presiden dengan 17 gol. ✅ Pemain pertama yang cetak gol di 3 #PialaPresiden berturut-turut✅ Pemain tertua yang mencetak gol di Piala Presiden✅ Pemain cadangan pertama yang mencetak gol di #PialaPresiden2018✅ Top Scorer Piala Presiden dengan 17 golL E G E N D pic.twitter.com/F9OEoAcdcT — Labbola (@labbola) January 19, 2018
  1625 kali
Madura United Punya Rencana Jangka Panjang untuk El Loco
Madura United berhasil menggaet Cristian Gonzales setelah pindah dari Arema FC. Laskar Sappeh Kerrab juga berniat memberikan kontrak panjang untuk El Loco.Arema memutuskan berpisah dengan Gonzales yang hanya mencetak sembilan gol dari 31 laga di Liga 1 2017. Istri Gonzales, Eva Nurida Siregar, mengontak sejumlah klub peminat dan ternyata Madura United memberi tanggapan paling cepat.[suggestedarticle=3]Bahkan dari diskusi antara Eva dengan manajer Madura United, Haruna Soemitro, ada keinginan agar Gonzales tidak hanya semusim di Madura. Penyerang naturalisasi dari Uruguay itu dianggap punya pengalaman yang bisa dibagi kepada para pemain muda.“Pak Haruna bilang, dia berharap Gonzales tidak hanya setahun dan bisa lebih lama di Madura United untuk motivasi pemain muda karena banyak yang salut dengan dia. Tapi semua tergantung Gonzales,” demikian dikutip dari CNNIndonesia.com.Terbukti di usia 41 tahun El Loco masih bisa menunjukkan ketajamannya. Dia turut mencatatkan namanya saat Madura United menang 5-0 atas Perseru Serui dalam Grup C Piala Presiden 2018.
  2266 kali
Laris Manis, Cristian Gonzales Sempat Ditaksir 10 Klub
Cristian Gonzales masih memiliki daya tarik yang begitu besar di sepak bola nasional. Sempat digantungkan oleh Arema, Gonzales yang berusia 41 tahun ternyata masih diminati banyak klub.Pemain berdarah Uruguay tersebut dikabarkan akan segera menjadi pemain Madura United. Sebelum memutuskan bergabung dengan Madura United, Gonzales sempat mendapat tawaran dari 10 klub.“Kami sampai tidak bisa tidur karena banyak sekali telepon masuk. Ada enam klub (Liga 1) yang hubungi, dari Liga 2 juga ada empat klub. Kami tentu senang karena El Loco masih dihargai tim lain,” kata istri Gonzales, Eva Nurida Siregar.[suggestedarticle=3]Pihak Madura United juga mengatakan pihaknya hanya tingga menunggu kepastian dari pihak operator untuk meresmikan Gonzales."Kita cetak kaos nomor punggung 20 atas nama Cristian Gonzales. Kalau ditanya, apa akan bersama Madura United FC? Kami masih menunggu proses pengesahan dari operator untuk mengklaim Gonzales secara utuh," ucap Manajer Madura United, Haruna Soemitro.
  1950 kali
Pesta Gol Madura United Diwarnai Debut Manis El Loco dan Maitimo
Madura United langsung tancap gas dalam Grup C Piala Presiden 2018. Anak-anak asuhan Gomes de Oliveira menang telak atas Perseru Serui.Madura United menang 5-0 atas Perseru di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (18/1). Walau tidak menurunkan tim utama sejak awal laga tapi Laskar Sape Kerrab yang mengandalkan trio Greg Nwokolo, Bayu Gatra dan Engelberd Sani sanggup mendominasi penguasaan bola.[suggestedarticle=3]Greg membuka skor di menit ke-13 dengan aksi individunya. Keunggulan Madura United bertambah di menit ke-40, kali ini Greg mengumpan kepada Bayu Gatra untuk menutup babak pertama 2-0.Madura United semakin tidak terbendung pada babak kedua. Aksi Greg dari tendangan bebas di menit ke-71 kembali menggetarkan gawang Perseru.Cristian Gonzales yang baru tampil empat menit menggantikan Bayu Gatra langsung mencetak gol di menit ke-78. Eks Arema FC itu menghukum kesalahan umpan Perseru, menjadikan skor 4-0.Skor kembali menjauh berkat kerja sama Greg lalu dituntaskan Raphael Maitimo yang juga langsung mencatatkan gol debut di menit ke-81. Madura United pun menang meyakinkan lima gol tanpa balas.Susunan pemain:Madura United: Angga Saputra; Alfath Faathier, Fachrudin, Fabiano Beltrame, Beny Wahyudi; Nuriddin Davronov, Asep Berlian, Slamet Nurcahyo; Bayu Gatra, Engelberd Sani, Greg Nwokolo.Perseru: Annas Fitranto; Kelvin Wopi, Ata Geldiyev, Dominggus Fakdawer, Indra Permana; Nerius Alom, Ricardo Ivan Sendra, Alba Saves; Lukas Mandowen, Silvio Escobar, Yohanis Nabar.
  12173 kali
El Loco Tolak 6 Klub Untuk Gabung MU
Usia memang sudah tak muda, namun kepiawaian Cristian Gonzales dalam membongkar pertahanan tim lawan masih luar biasa.Setidaknya ada enam tawaran dari klub Liga 1 lainnya kepada El Loco, sebelum dirinya menjatuhkan pilihan pada Madura United. Hal ini dijabarkan oleh istri sekaligus Manajer Cristian Gonzales, Eva Siregar."Kesabaran kami akhirnya membuahkan kebaikan dari Tuhan," ujarnya."Ya, ada enam klub yang tertarik merekrut Cristian. Semuanya serius, tapi pilihan kami ke Madura," lanjutnya.El Loco sudah berseragam Arema sejak tahun 2013 lalu, namun pada akhir musim dirinya tak kunjung mendapatkan kejelasan dari manajemen Arema."Kami mantap memilih Madura United karena dekat dengan Malang. Selain itu, hubungan kedua manajemen juga dekat," ujar Eva,.[suggestedarticle=3]Gonzales sendiri akan bereuni dengan mantan rekannya di Arema FC yang sudah lebih dulu menyeberang ke Laskar Sape Kerrab seperti Fabiano Beltrame, Greg Nwokolo, Raphael Maitimo, dan Beny Wahyudi.Gonzales berlatih terakhir kali ketika berada di Indonesian Selection untuk laga ekshibisi melawan Timnas Islandia (11/1/2018). "Saya siap untuk mengembalikan kondisi lebih cepat," imbuhnya.
  3324 kali
1516280402254 tag