Demi Menjaga Citra Sepakbola, FIFA Akan Buat Peraturan Baru Mengenai Belanja Pemain


  •   Rifqi Fadhillah
  •   16/02/18 - 08:30
  •   2140

(VIVA)

Presiden FIFA, Gianni Infantino akan membuat peraturan baru untuk membatasi biaya transfer pemain dalam upaya untuk menyelamatkan citra dalam sepak bola.

Biaya transfer pemain yang dilakukan sejumlah klub telah meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Tahun 2017 merupakan munculnya rekor baru transfer besar-besaran di beberapa klub.

Paris Saint-Germain termasuk salah satunya. Klub asal Paris itu mengejutkan sepak bola dunia ketika memboyong bintang Barcelona, Neymar dari Camp Nou dengan biaya transfer mencapai 222 juta euro atau sekitar 3,5 triliun rupiah pada bulan Agustus lalu.

Hal tersebut mengalahkan rekor transfer yang sebelumnya dibuat oleh Paul Pogba, dengan kepindahannya dari Juventus ke Manchester United yang mencapai 105 juta euro atau sekitar 1,5 triliun pada tahun 2016.




PSG juga memastikan penandatanganan kontrak baru terhadap pemain pinjaman, Kylian Mbappe dari Monaco, dengan sebuah kesepakatan yang akan dibuat permanen dengan transfer 180 juta euro (sekitar Rp 2,81 triliun) pada akhir musim.

Kepergian Neymar, juga membuat Barcelona menguras dompetnya dengan mendatangkan pemain seperti Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho, yang masing-masing menghabiskan biaya 147 juta euro (sekitar Rp 2,3 triliun) dan 160 juta euro (setara Rp 2,57 triliun).

Infantino juga memiliki masalah dengan jendela transfer pada bula Januari lalu.

Untuk itu, Presiden FIFA tersebut berharap dapat mengenalkan beberapa perubahan mengenai tranfer belanja pemain pada akhir tahun ini.







End of content

No more pages to load