(Foto: Bola Metro TV)

Daftar Pemain Naturalisasi Indonesia Jelang Liga 1 Musim 2018 Bergulir

Naturalisasi menjadi salah satu cara legal bagi pesepakbola profesional, untuk bisa melompati regulasi pemain asing di sebuah liga.

Tak terkecuali di Indonesia, yang memiliki banyak pemain naturalisasi dalam beberapa tahun terakhir.

Jelang Liga 1 musim 2018 bergulir, Madura United dan Bali United menjadi dua tim yang paling banyak memakai jasa pemain naturalisasi.



Sebelum OK John yang disahkan menjadi WNI pada 19 Februari 2018, Madura United sudah mendapatkan tiga pemain naturalisasi lainnya, yakni Greg Nwokolo, Christian Gonzales, dan Raphael Maitimo.

Sementara itu, Bali United dengan keberadaan dua nama: Stefano Lilipaly dan Ilija Spasojevic.

Sriwijaya FC memiliki Bio Pauline dan Beto Goncalves, dimana sedang menunggu proses berlangsung adalah Esteban Viscarra.

Pemain keturunan Belanda, Diego Michiels masih setia bersama dengan Borneo FC, begitu juga dengan Kim Jeffrey Kurniawan dan Victor Igbonefo di Persib Bandung.

Bhayangkara FC sebagai jawara Liga 1 musim lalu juga mampu merekrut Herman Dzumafo, yang sebelumnya tampil untuk PSSP Riau di Liga 2.

Daftar pemain asing yang menjalani proses naturalisasi baik dengan bantuan PSSI maupun individu:

Cristian Gonzales (Uruguay)
Greg Nwokolo (Nigeria)
Raphael Maitimo (Belanda)
Diego Michiels (Belanda)
Victor Igbonefo (Nigeria)
Sergio van Dijk (Belanda)
Bio Paulin (Kamerun)
Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman)
Stefano Lilipaly (Belanda)
Tonnie Cussel Lilipaly (Belanda)
Ruben Wuarbanaran (Belanda)
Jhonny van Beukering (Belanda)
Ezra Walian (Belanda)
Guy Junior (Kamerun)
Herman Dzumafo (Kamerun)
Illija Spasojevic (Montenegro)
Beto Goncalves (Brasil)
OK John (Nigeria)
Mamadou Alhadji (Mali)

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Persebaya 'Terbantu' dengan Laga Uji Coba Timnas Indonesia
Persebaya Surabaya akan bertemu Persija Jakarta pada Selasa (26/6) di Stadion PTIK, Jakarta dalam laga tunda Liga 1 yang seharusnya digelar 3 Juni lalu.Mereka sudah memulai latihan usai libur lebaran, namun Persebaya harus ditinggal tiga pemain mereka untuk menjalani pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia U-23.[suggestedarticle]Tiga nama yang dimaksud adalah Irfan Jaya, Osvaldo Haay, dan Nelson Alom. Saat ini ketiganya masih berada di Jakarta. Mereka dipersiapkan untuk pertandingan lawan Korea Selatan di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (23/6) mendatang.Persebaya boleh memanfaatkan keadaan ini dengan tak akan mengirim pulang ketiga pemainnya itu. Dimana mereka akan bergabung dengan skuat Persebaya di Jakarta."Mereka (ketiga pemain itu, Red) akan bertemu kami di Jakarta," ucap Alfredo Vera dikutip dari Jawa Pos.[suggestedarticle]Alfredo Vera juga tak khawatir mengenai ketidakhadiran para pemainnya itu dalam mempersiapkan laga Liga 1."Bukan menjadi hambatan karena mereka tentunya sudah paham strategi permainan kami. Tinggal gabung saja. Kalau tidak ada masalah, mereka bisa tampil," tutup Alfredo Vera.Persebaya saat ini ada di posisi ke-16 pada klasemen sementara dengan 14 poin dalam 11 laga.
  507 kali
Pelatih Persija Ungkap Gaya Permainan Timnas Korea
Persija Jakarta baru saja melakoni uji coba tertutup dengan timnas Korea Selatan U-23 di Stadion PTIK, Jakarta pada Kamis (21/6) sore.Dalam laga itu Persija menurunkan tim lapis kedua dan menelan kekalahan 1-3. Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco menjadikan laga uji coba ini sebagai ajang evaluasi beberapa pemain muda dan juga pelapis"Uji coba ini sebagai bentuk bantuan kami kepada Korea Selatan sebelum mereka melawan Timnas U-23 Indonesia," ujar Teco, dilansir dari laman resmi Persija."Maka dari itu kami mencoba memasang beberapa pemain juga terutama dari timnas U-19," lanjutnya menjelaskan.[suggestedarticle=3]"Jadinya kami kasih waktu buat mereka. Kami memasang beberapa pemain hari ini setelah latihan dan hari ini saya bilang mereka main bebas apapun hasilnya nantinya akan evaluasi setelahnya," tambahnya.Pelatih asal Brasil itu memuji penampilan timnas U-23 Korea Selatan yang bermain tanpa cela dan disiplin."Korea Selatan bermain dengan disiplin. Semuanya bermain bagus pada babak pertama dan pressing intensitas tinggi. Kombinasi one two dan simple football," kata Teco.Persija sendiri dihadapkan dalam dua laga tunda Liga 1 yakni melawan Persebaya Surabaya (26 Juni) dan Persib Bandung (30 Juni).Sementara itu Korea U-23 akan menghadapi timnas Indonesia U-23 dalam laga uji coba pada 23 Juni mendatang di Stadion, Pakansari, Bogor.
  971 kali
Bos Persija Gembira Kembali Hadapi Persib di Jakarta
Direktur Utama Persija, Gede Widiade menyambut positif laga kontra Persib Bandung diadakan di Stadion PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta, pada 30 Juni mendatang. Hal tersebut sangat dimaklumi mengingat Persija terakhir kali mereka menjamu Persib di ibu kota terjadi pada empat tahun lalu.[suggestedarticle=3]“Tentunya ini kabar baik untuk kami. Apalagi kami sudah sering bermain di Bandung. Sekali-kali, Persib main di Jakarta. Kami akan menjadi tuan rumah yang baik, menyambut tamu dengan terhormat,” ujar Gede.Persija terakhir kali menjamu Persib di Jakarta pada tahun 2014. Laga yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu berakhir dengan skor imbang 0-0. Setelah itu, Persija kerap kesulitan menjamu Persib di Jakarta karena berbagai alasanLaga Persija vs Persib awalnya bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tanggal 28 April. Tapi pihak Kepolisian tidak memberikan izin karena saat ini fokus ke pengamanan Hari Buruh tanggal 1 Mei.
  424 kali
Persija Resmi Hadapi Persebaya dan Persib di Stadion PTIK
Persija Jakarta akan menggunakan Stadion PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan saat menjamu Persebaya Surabaya (26 Juni) dan Persib Bandung (30 Juni).Kepastian ini diungkapkan oleh PT Liga Indonesia Baru selaku operator melalui dua surat yang langsung ditandatangani CEO PT LIB Risha Adi Widjaya.Untuk laga melawan Persebaya, PT LIB menyampaikan surat yang bernomor 205/LIB/VI/2018 tertanggal 21 Juni 2018. Sedangkan untuk laga Persib disampaikan LIB melalui surat bernomor 206/LIB/VI/2018 tertanggal 21 Juni 2018. Rencananya kedua laga tersebut akan diselenggarakan di waktu yang sama yakni pukul 18.30 WIB.“Agar klub Persija Jakarta sebagai tuan rumah melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar pertandingan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Risha.Sebelumnya duel Persija menghadapi Persebaya seharusnya digelar pada 3 Juni lalu. Partai tersebut terpaksa dibatalkan dua jam sebelum kick off karena tidak kondusifnya kondisi di luar stadion akibat masalah keamanan.Sementara laga Persija vs Persib awalnya bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tanggal 28 April. Tapi pihak Kepolisian tidak memberikan izin karena saat ini fokus ke pengamanan Hari Buruh tanggal 1 Mei.
  426 kali
Bhayangkara FC Cari Pengganti Nikola Komazec
Bhayangkara FC sedang mencari pengganti Nikola Komazec. Striker Serbia itu dilepas klub karena performanya yang tak menjanjikan sepanjang putaran pertama.Komazec dinilai kurang subur dalam hal membobol gawang lawan. Dari 12 penampilannya bersama The Guardian, Komazec hanya mencetak dua gol.[suggestedarticle=3]Manajer tim AKPB Sumardji mengungkapkan pihaknya sampai saat ini masih terus mencari striker baru. Meski enggan menyebutkan nama, Sumardji sempat mengatakan sang pemain berasa dari Brasil."Ada beberapa nama yang kami pertimbangkan. Tapi belum bisa kita sebutkan namanya. Nanti saja kalau sudah pasti di putaran kedua," ujar Sumardji saat dihubungi Bolalob, beberapa waktu lalu.Melepas Komazec memang sudah dipikirkan matang-matang oleh Bhayangkara FC. Pelatih Simon McMenemy pun memang berencana mencari pengganti Komazec.Sejak ditinggalkan Ilija Spasojevic, Bhayangkara FC tak lagi mempunyai striker haus gol. Kini, Bhayangkara FC berharap dengan ketajamana penyerang veteran Herman Dzumafo.
  370 kali
Usai Libur Lebaran, Kondisi Fisik Pemain Timnas U-23 Menggembirakan
Kondisi fisik pemain Timnas Indonesia U-23 tetap bagus meski baru saja jalani libur Hari Raya Idulfitri.Timnas U-23 langsung menggelar latihan usai libur Lebaran sebagai persiapan uji coba melawan Korea Selatan U-23 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, pada Rabu (20/6/2018).[suggestedarticle=3]Asisten pelatih Bima Sakti mengatakan bahwa kondisi fisik para pemain terlihat baik dan menggembirakan. "Saat latihan tadi Coach Miguel Gandia (pelatih fisik) selalu memantau bagaimana kondisi pemain. Karena sehabis libur, maka otomatis mereka baru latihan hari ini," tutur Bima selepas latihan."Coach Miguel menilai para pemain bisa menjaga kondisi fisik mereka masing-masing. Dalam latihan juga tadi kami recovery dahulu sebelum memulai latihan biasa," tambahnya.Laga uji coba melawan Korea Selatan menjadi laga besar terakhir timnas U-23 sebelum terjun ke Asian Games 2018. Pada laga ini, Milla menyertakan beberapa pemain senior, termasuk Stefano Lilipaly.
  745 kali
Stefano Lilipaly Siap Kerja Keras Melawan Korea Selatan
Gelandang Stefano Lilipaly hanya ingin fokus dan memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia U-23 saat berhadapan dengan Korea Selatan. Pemain Bali United ini akhirnya kembali ke timnas setelah dipanggil pelatih Luis Milla untuk perkuat timnas U-23 melawan Korea Selatan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (23/6/2018).[suggestedarticle=3]Sebelumnya, pelatih Luis Milla sempat mengatakan Lilipaly hanya akan dipanggil untuk timnas senior. Milla mengutamakan posisi kiper, bek, dan penyerang untuk kebutuhan timnas U-23 di Asian Games.Meski demikian, Fano (panggilan Lilipaly) tetap senang mendapat panggilan timnas. Ia ingin bermain sebaik-baiknya jika dipercaya turun melawan Korea Selatan.[pagebreak]Asian Games keputusan pelatih Luis Milla[/pagebreak]"Saya senang bisa dipanggil tim nasional. Saya kerja keras di Bali United dan pelatih Milla memanggil saya. Saya siap kerja keras melawan Korea Selatan," ujar Fano ditemui awak media di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Rabu (20/6/2018).Eks Persija Jakarta itu tak terlalu pikirkan terpilih masuk dalam skuat Asian Games. Ia hanya ingin bermain baik dalam setiap pertandingan bersama timnas."Semuanya kembali ke pelatih. Saya akan berikan yang terbaik di latihan dan pertandingan," tandasnya.
  1445 kali
Bhayangkara FC Jalani TC Selama Sepekan di Bali
Bhayangkara FC mulai berkumpul dan melakukan pemusatan latihan (TC) di Bali usai libur Hari Raya Idulfitri. Juara bertahan Liga 1 itu akan menggelar dua kali uji coba di Pulau Dewata itu.Sejak Selasa (19/6/2018) anak asuh Simon Alexander McMenemy sudah berkumpul di Bali. Dua puluh dari 26 pemain sudah bergabung termasuk Indra Kahfi Ardhiyasa yang absen di awal musim karena mengikuti pendikikan sebagai polisi.[suggestedarticle=3]Selama berada di Bali, The Guardian mengagendakan dua laga uji coba pada 22 dan 25 Juni 2018. Putra Tresna dan PS Badung bakal jadi lawan tanding Muhammad Hargianto dkk."Selain persiapan teknis, TC di Bali ini juga untuk memberikan waktu bagi para pemain untuk refreshing sebelum mulai berlaga dengan jadwal yang padat," ujar Simon Alexander McMenemy.Bhayangkara FC libatkan tiga pemain dari tim U-19 musim lalu. Mereka adalah Rishad Baihaqi Dharmayuman, Reksa Maulana, dan Yovan Novrian Anwar.[pagebreak]Daftar pemain[/pagebreak]Daftar Pemain Bhayangkara FC Dalam TC di Bali, 19-25 Juni 2018Kiper1. Fauzal Mubaraq (58)2. Panggih Prio Sembodho (25)3. Indra Adi Nugraha4. Wahyu Tri NugrohoBelakang5. Jajang Mulyana (10)6. Ambrizal (4)7. Alsan Putra Masat Sanda (17)8. Muhammad Fatchu Rochman (5)9. Vladimir Vujovic (3)10. Indra Kahfi Ardhiyasa (27)11. Golfriedo Agustinus Syauta (28)12. Rishad Baihaqi Dharmayuman (eks BFC U-19)Tengah13. Wahyu Subo Seto (23)14. Vendry Ronaldo Mofu (7)15. Maldini Pali (15)16. Lee Yoo Jun (89)17. Paulo Sergio Moreira Goncalves (80)18. Sani Rizky Fauzi (20)19. Reksa Maulana (eks BFC U-19)20. Yovan Novrian Anwar (eks BFC U-19)Depan21. Marinus Mariyanto Wanewar (24)22. Dendy Sulistyawan (9)23. Herman Dzumafo Epandi (99)
  187 kali
Persija Belum Coba Calon Pemain Asing Baru
Direktur Umum Persija Jakarta Gede Widiade belum tahu apakah tetap mencoba pemain Brasil Leonardo Costa atau tidak.Sebelumnya, Persija santer dikabarkan akan mencoba Leonardo Costa untuk putaran kedua Liga 1 2018. Costa juga dikabarkan tak lagi bersama klub India, Mumbai City FC.[suggestedarticle=3]"Belum tahu, Persija belum rapat lagi dengan pelatih karena sedang libur," ujar Gede Widiade.Persija memang akan menambah amunisi pada putaran kedua Liga 1. Saat ini Persija sudah mendapatkan penyerang naturalisasi, Osas Saha secara free transfer.Jika Macan Kemayoran ingin mendatangkan pemain asing non Asia, maka manajemen harus mendepat salah satu dari Marko Simic, Jaimerson Xavier, dan Addison Alves.
  707 kali
Luis Milla Beberkan Alasan Panggil Stefano Lilipaly ke Timnas U-23
Asisten pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti mengatakan pemanggilan Stefano Lilipaly untuk memberikan kesempatan sang pemain. Pelatih Luis Milla sebelumnya sempat mengatakan bahwa Lilipaly tidak dipanggil untuk timnas U-23, melainkan hanya untuk timnas senior. Namun, jelang uji coba lawan Korea Selatan, Milla memanggil Lilipaly.[suggestedarticle=3]“Coach Milla selalu memberikan kesempatan bagi pemain yang bermain di Liga 1, siapa pun itu yang bisa menunjukkan performa yang baik di klub,” ujar Bima Sakti di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/6/2018).“Pemain dengan kontribusi besar di klub akan dipanggil ke timnas. Apalagi Stefano juga pernah membela timnas juga sebelumnya,” lanjut Bima.Lilipaly bermain apik dalam Liga 1 musim ini. Pemain berdarah Belanda itu mencetak 8 gol dan 2 assist untuk Bali United selama 13 pekan. Tenaga eks pemain Persija dan Telstar itu dibutuhkan untuk memperkuat lini tengah Timnas U-23 saat hadapi Korea Selatan. Skuat Garuda Muda akan berhadapan dengan Taeguk Warrior di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (23/6/2018) untuk persiapan Asian Games 2018, Agustus mendatang.
  1672 kali
1529509201339 tag