(Foto: brandmemo)

Daftar 10 Logo Klub Terburuk di Dunia

Supremasi indentitas bagi sebuah klub sepak bola selain prestasi, gaya bermain, magis stadion dan julukan tentunya adalah logo. Hampir semua klub sepak bola di dunia baik yang profesional maupun amatir, baik yang mendunia atau hanya kalangan komunitas tentu memiliki logo.

Maka sudah sepantasnya logo tersebut dibuat berlandaskan filosofi tertentu atau minimal mengikuti kehendak pemilik klub. Butuh sebuah upaya keras dalam menerjemahkan filosofi tersebut menjadi sebauh gambar atau logo. Dapat dikatakan, logo yang digunakan baik untuk kebutuhan pertandingan atau komersil adalah jati diri dari klub tersebut.

Namun, konyolnya Juventus dan Leeds United merilis logo klub terbaru yang justru tidak sesuai dengan jati diri. Bahkan, pecinta sepak bola dunia dan fans Leeds United 'menggelengkan' kepala tanda ketidaksukaan dan juga protes terhadap logo baru tersebut.

Senin, 16 Januari 2017 Si Nyonya Tua resmi memperkenalkan logo baru tim dari yang semula bernuansa hitam putih kini terwakili oleh huruf 'J'. Kalangan Juventini pun meradang dan menilai manajemen menghilangkan identitas klub. Bahkan logo 'J' milik Juve tak jauh beda seperti 'J' milik pembalap Moto GP asal Spanyol Jorge Lorenzo. 

Sayangnya, permasalahan desain logo tidak hanya terjadi di Juventus dan Leeds United. Bolalob meringkas sedikitnya ada 10 desain logo terburuk atau pun kontroversial dalam sejarah sepak bola.

1. Juventus


Juventus dulunya memiliki simbol yang cantik dan elegan. Namun, pada tahun lalu mereka mencoba membawa keluar konsep tersebut dan memasukkan sesuatu yang ganjil diatasnya. Si Nyonya Tua bisa saja menempatkan logo Nike, Adidas, atau McDonald's sekalipun. Logo JJ saat ini jelas tidak mengandung unsur jiwa apapun.
 
2. Manchester City
 


Manchester City juga telah merubah bentuk logo klubnya. Tak ada lagi sosok elang emas yang sudah bertahun-tahun menjadi ikon The Citizens dan menggantikannya dengan gambar kapal layar yang sedang mengarungi lautan. Logo baru tersebut tentu agak sedikit aneh karena terlihat seperti perusahaan yang menjual asuransi jiwa.
 
3. AS Roma


 
AS Roma merupakan salah satu klub besar dalam sejarah kompetisi sepak bola Italia. Lambang AS Roma mulai dikenalkan dan digunakan pertama kali dengan mengambil legenda tentang sepasang anak kembar yang di asuh oleh seekor serigala betina yang merupakan salah satu legenda berdirinya kota Roma, yaitu Remus dan Romulus.
 
Namun, gambar tersebut terlihat agak risih karena memperlihatkan dua bayi yang sedang menyusui puting serigala betina itu. Sebagai 'Serigala Ibu kota', dapat dimaklumi jika gambar tersebut memiliki pengertian seorang ibu yang berkewajiban mengayomi anaknya.
 
4. Napoli


 
Napoli adalah sebuah klub indah di Naples, Italia. Klub yang bermarkas di San Paolo ini memang memiliki logo yang sangat simpel, yakni huruf N di tengah lingkaran. Huruf N sendiri singkatan dari Napoli dan latar belakang biru langit adalah warna kebanggaan Napoli dan memiliki julukan Gli Azzuri (Si Biru)
 
Akan tetapi, hal itu justru membuat logo klub tersebut menjadi terlalu minimalis. Pesan dari logo tersebut juga tidak sampai ke publik, bahkan ebanyakan orang tidak mengetahui ini merupakan logo Napoli.
 
5. Hamburger SV


 
Hamburger SV merupakan sebuah tim sepak bola Jerman yang bermain di Bundesliga dan bermarkas di kota Hamburg. Namun, Hamburg memiliki logo yang sangat mudah untuk ditiru.
 
Kita bahkan bisa membuatnya di Microsoft Paint dalam waktu kurang dari sepuluh detik. Jelas, ini bukan desain yang bagus.
 
6. West Ham United


 
Selain Manchester City, tim dari Premier League lainnya yang secara resmi mengganti logo klub sepakbolanya adalah West Ham. Logo baru The Hammers hanya menyisakan 2 palu, sekaligus menghilangkan logo benteng yang secara tradisional mengacu pada Boleyn Ground, kandang lawas mereka yang telah resmi ditinggalkan musim lalu.
 
Namun, logo ini terkesan bukan seperti sebuah klub sepak bola. Dengan adanya gambar dua palu, West Ham lebih terlihat seperti sebuah lembaga pengadilan.
 
7. Bournemouth


 
Klub Liga Primer Inggris lainnya Bournemouth, juga memiliki logo yang tak kalah aneh. Jika dilihat dengan cermat, logo tersebut menjelaskan tentang seseorang yang sedang menyundul bola.
 
Gambar itu ternyata adalah pemain Bournemouth di masa lalu, yaitu Gilbert James 'Dickie' Dowsett, penyerang legendaris The Cherries yang bermain pada periode 1957 hingga 1962 dan mencatat 169 penampilan.
 
8. Leeds United


 
Leeds United juga diketahui telah merubah logo klubnya setelah membutuhkan waktu selama enam bulan dan berkonsultasi dengan lebih dari 10 ribu orang yang terhubung dengan klub. Logo baru ini menggambarkan tentang seorang pria yang menepuk dadanya di bagian kanan bajunya dan seolah seperti orang yang bangga mengenakan seragam Leeds United.
 
Namun, beberapa netizen yang nampak tidak suka atas logo tersebut. Pasalnya, ada yang menyebut bahwa logo baru tersebut lebih mirip dengan logo Pro Evolution Soccer, salah satu game sepak bola terlaris di jagad permainan Sony Playstation di awal tahun 2000-an.
 
9. Huddersfield Town


 
Huddersfield merupakan salah satu klub Inggris yang berhasil promosi ke Liga Primer pada tahun 2017. Warna utama klub (biru dan putih) terlihat jelas di sepanjang lencana, baik di mantel maupun di perisai yang di bentuk garis-garis.
 
Logo ini sempat digunakan pada final Piala FA tahun 1920. Namun, sempat menghilang setelah klub harus mengikuti permintaan dari Huddersfield Corportaion.
 
Baru pada final Piala FA 1922, 1928, 1930, dan 1938, logo ini kemudian muncul lagi. Adapun dua Yorkshire White Roses dan Castle Hill merupakan bagian dari sejarah klub dan daerah tersebut.
 
10. Brighton Hove Albion


 
Brighton Hove Albion juga merupakan tim promosi baru Liga Primer Inggris setelah sebelumnya bermain di Divisi Football League Championship, atau kasta kedua di Inggris.
 
The Seagulls memiliki lambang burung camar sebagai ikon klub yang bermarkas di Falmer Stadium ini. Logo ini juga terbilang sangat minimalis dan tidak memiliki arti penting dalam sejarah sepak bola klub. Tentu, kita juga dengan mudah dapat membuatnya sendiri.
editTerakhir diubah:  26/03/18 - 18:28

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(4)


Rekomendasi



Berita Terkait


Nainggolan Sebenarnya Tidak Ingin Tinggalkan Roma, Tapi...
Bintang keturunan Indonesia, Radja Nainggolan mengaku sebenarnya tidak ingin meninggalkan AS Roma. Namun manajemen klub Ibu Kota tersebut yang memaksanya untuk pergi.Nainggolan selangkah lagi akan bergabung dengan Inter. La Beneamata mengeluarkan biaya transfer 24 juta euro ditambah Nicolo Zaniolo dan Davide Santon untuk Nainggolan.[suggestedarticle=3]Nainggolan mengaku sangat menikmati kariernya bersama Roma. Namun kini ia siap memulai petualangan baru bersama Inter yang dilatih oleh eks pelatihnya, Luciano Spalletti."Saya selalu membawa warna Giallorossi dan suporter dalam hati saya, namun mereka ingin menjual saya," ucap Nainggolan kepada Gazzetta dello Sport.[pagebreak]Inter Milan[/pagebreak]"Inter sangat menginginkan saya lebih dari tim lain. Saya hanya bisa berterima kasih kepada mereka. Saya akan bertemu dengan pelatih hebat Spalletti dan saya senang kembali bekerja bersamanya," lanjutnya."Pergi bukan ide saya tapi ide dari klub dan saya menghormati itu," jelasnya.
Javier Pastore Selangkah Lagi Gabung Roma
AS Roma akhirnya menyelesaikan negosiasi kepindahan Javier Pastore dari Paris Saint-Germain (PSG) dengan mahar sebesar 20 juta euro plus empat juta euro sebagai bonus. Penandatanganan kontrak dikabarkan dlakukan Sabtu (23/6/2018) mendatang.Sky Sport Italia dalam laporannya mengatakan, Pastore lebih dulu menjalani tes medis di Villa Stuart, Roma esok hari sebelum menandatangani kontrak kerja. Kedatangan Pastore ke Olimpico sebagai solusi atas kepergian Radja Nainggolan ke Inter Milan.[suggestedarticle=4]Sumber yang sama menyebutkan, segala proses operasi transfer dikebut agar selesai malam hari ini waktu setempat. Dengan begitu, Pastore akan kembali mencicipi panasanya Serie A untuk kedua kalinya.Sebelum pindah ke PSG pada 2011 silam dengan mahar 42 juta euro, gelandang serang 29 tahun itu sempat membela Palermo. PSG menjualnya kepada Roma sebelum kontrak sang pemian kadaluarsa pada tahun depan.
  291 kali
Hijrah ke Inter Milan, Nainggolan: Roma Menjual Saya
Radja Nainggolan buka suara soal kepindahannya ke Inter Milan. Gelandang asal Belgia itu mengklaim meninggalkan Olimpico bukanlah idenya.Di satu sisi, Nainggolan memiliki kegembiraan tersendiri lantaran dapat bekerja sama kembali dengan Luciano Spalletti di Inter. Akan tetapi, hal tersebut bukan keinginannya kecuali kemauan AS Roma.[suggestedarticle=3]"Saya akan selalu membawa warna Giallorossi dan para penggemar ke dalam hati. Namun, klub (Roma) yang ingin menjual saya," kata Nainggolan kepada Gazzetta dello Sport yang dikutip Football Italia, Jumat (22/6/2018)."Saya juga akan membawa setiap momen indah selama membela Roma ke dalam hati. Saya pun meninggalkan Romas setelah memberikan segalanya yang terbaik di musim yang indah ini," ujarnya.Nainggolan meninggalkan Roma dengan total mahar sebesra 38 juta euro. Akan tetapi, hanya 24 juta euro yang harus dibayarkan Inter, sedangkan sisanya berupa pemain seperti Davide Santon dan Nivolo Zaniolo.[pagebreak]Inter sangat menginginkan Nainggolan[/pagebreak]Pemain yang masih memiliki darah Batak itu kemudian berterima kasih atas ketertarikan Inter kepada dirinya. "Inter sangat menginginkan saya lebih dari apapun. Akan tetapi, saya hanya bisa berterima kasih kepada mereka. Dengan begitu saya pun kembali bertemu pelatih yang hebat, yakni Spalletti. Saya pun merasa senang bekerja dengannya kembali," ujarnya."Saya ingin berterima kasih kepada setiap penggemar (Romanisti) untuk beberapa musim terakhir. Mereka selalu mendukung saya dan menunjukkan kasih sayang yang besar. Saya tidak akan pernah melupakannya. Meninggalkan Roma bukan ide saya, itu adalah keputusan yang dibuat klub. Namun saya harus menghargainya," katanya.
  2057 kali
Semusim di Inter, Cancelo Pekan Depan Jadi Milik Juventus
Juventus dan Valencia segara merampungkan negosiasi transfer Joan Cancelo pada akhir pekan depan. Diperkirakan, Bianconeri akan mengeluarkan dana antara 38-40 juta euro untuk mendatangkan Cancelo.Football Italia dalam laporannya mengatakan, transaksi yang terjadi bersifat permanen. Artinya Cancelo di Allianz Stadium menjadi kepemilikan penuh Juventus bukan secara pinjaman atau opsi permanen di akhir musim.[suggestedarticle=3]Pihak Juventus berharap Cancelo dapat beradaptasi cepet dengan taktik yang dimainkan Massimiliano Allegri. Untuk kompetisi, pemain timnas Portugal itu sudah mencicipi Serie A musim lalu bersama Inter Milan.Nerazzurri sejatinya ingin mempermanenkan Cancelo karena cukup membantu tim pada musim lalu. Akan tetapi, Inter keberatan dengan mahar yang diminta Valencia sebesar 40 juta euro.Di sisi lain, Valencia diburu waktu untuk segera mendapatkan dana segar sebelum 30 Juni mendatang. Sejumlah transfer pun diupayakan termasuk negosiasi dengan Juventus agar tidak terkana sanksi Financial Fair Play.
  541 kali
Chelsea dan Juventus Sepakat soal Harga Rugani 35 Juta Euro
Meski belum resmi menyandang status pelatih Chelsea, Maurizio Sarri sudah bekerja mencari pemain yang diinginkannya kelak di Stamford Bridge. Kabarnya, Chelsea telah menyetujui harga Daniele Rugani yang diminta Juventus.Calcionews24 dalam laporannya mengatakan, The Blues tak masalah jika harus menggelontorkan dana sbesar 35 juta euro untuk mengangkut Rugani ke London. Kabarnya Chelsea dan Juventus telah sepakat terkait harga Rugani.[suggestedarticle=3]Sementara, Sportitalia menyebutkan harga Rugani hanyalah 32 juta euro dan tiga juta sisanya merupakan bonus yang harus dibayar Chelsea seiring dengan penampilan Rugani. Dengan begitu, Sarri bakal bereuni dengan Rugani seperti saat masih di Empoli.Rugani sejatinya proyeksi masa depan Juventus dan timnas Italia di lini belakang. Namun sulitnya menggeser Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, dan kini Medhi Benatia membuat Rugani dipinggirkan Massimiliano Allegri. Untuk itu, Rugani diyakini mulai gerah dengan statusnya sebagai pemain cadangan. Jika nantinya bergabung dengan Chelsea, Rugani pun akan menuntut jumlah bermain yang lebih banyak.Kepergian Rugani kelak sebetulnya menjadi kerugian dan juga keuntungan bagi Si Nyonya Tua. Pasalnya, Juventus sedang memasuki tahap regenerasi pemain dan Rugani menjadi salah satu bagian. Akan tetapi, di sisi lain Juventus untung besar jika melepas Rugani di angka 35 juta euro, mengingat mereka dulu membelinya hanya lima juta euro.
  576 kali
Resmi! Ada Pemain Keturunan Indonesia di Inter Milan
Inter Milan akhirnya resmi mendatangkan Radja Nainggolan dari AS Roma. Gelandang tengah bertenaga itu dibeli La Beneamata seharga 38 juta euro.Angka tersebut terdiri dari 24 juta euro uang tunai dan sisanya dalam bentuk penyertaan pemain, yakni Davide Santon dan Nicolo Zaniolo. Segala proses penyelesaian transfer diyakini akan rampung pada akhir pekan ini.[suggestedarticle=3]Meski begitu, Inter dan Roma telah sepakat atas semua proses kepindahan. Adapun saat ini yang masih berlangsung hanyalah kelengkapan dokumen pendukung lain termasuk kepindahan Santon dan Zaniolo ke Olimpico.Dengan begitu, Nainggolan kembali berjumpa dengan mentornya di Roma Luciano Spalletti. Dalam transfer Nainggolan, banyak pihak menuding Roma diuntungkan. Mereka mendapatkan salah satu bek potensial Italia (Davide Santon) dan pemain muda berbakat (Zaniolo).Sementara, seperti yang dikabarkan Sky Sport Italia Roma telah mendapatkan pengganti Nainggolan dalam diri Javier Pastore. Kubu Roma dan Paris Saint-Germain (PSG) sepakat melangsungkan jual beli di angka 20 juta euro plun empat juta euro sebagai bonus.
  1439 kali
Pep Guardiola Inginkan Jorginho Hijrah ke Man-City Pekan Ini
Pelatih Manchester City Pep Guardiola berharap, pihaknya menyelesaikan transfer pemain Napoli, Jorginho ke City pada akhir pekan ini, menurut lairan dari Mirror, Kamis (21/6/2018).Menurut surat kabar tersebut, rekrutmen pertama Guardiola untuk City saat ini masih tersendat, lantaran Napoli belum mau melepaskan Jorginho jika belum dapat calon pengganti pemain tersebut.Negosiasi juga tersendat karena City hanya ingin menggelontorkan dana sebesar 44 juta pounds untuk mendapatkan Jorginho, sementara Napoli mematok di angka 46,50 juta pounds atau sekitar Rp 867 miliar.[suggestedarticle=3]Jorginho pada libur musim kompetisi ini kembali ke kampung halamannya di Brasil, sedangkan agennya sudah yakin untuk hijrahnya pemain tersebut ke City.Joao Santos sebagai agen Jorginho mengungkapkan, kedua klub sedang berbicara menyelesaikan soal transfer Jorginho yang kini tengah berada di di Brasil."Kami memiliki perjanjian lisan dengan Manchester City, kami menunggu Napoli untuk menemukan kesepakatan," tegas Santos.Presiden Napoli Aurelio de Laurentiis membuat City frustasi dengan menaikkan harga, tetapi bintang Samba itu mulai merayu, melemahkan genggaman Napoli.Di sisi lain, Guardiola juga ingin menambahkan kekuatan baru dengan mendatangkan bintang Leicester Riyad Mahrez ke City.
  562 kali
Dembele Bakal Ikuti Langkah Radja Nainggolan ke Inter Milan
Gelandang Tottenham Hotspur Moussa Dembele (30 tahun) kemungkinan besar akan mengikuti rencana pemain AS Roma Radja Nainggolan ke Inter Milan.Menurut laporan Gazzetta dello Sport, Kamis (21/6/2018), Radja Nainggolan merupakan pemain yang sangat dekat dengan pelatih Luciano Spalletti yang kini menangani Inter Milan. Spaletti sebelumnya menangani AS Roma.Untuk mendapatkan Nainggolan, Inter hanya akan mengeluarkan dana 24 juta euro, ditambah dua pemain Davide Santon dan Nicolo Zaniolo.[suggestedarticle=3]Sementara Mousa Dembele adalah pemain Belgia yang juga dekat dengan Radja Nainggolan. Mereka sama-sama pernah memperkuat timnas Belgia.Nainggolan dikabarkan, mencoba meyakinkan temannya untuk bergabung ke Inter Milan. Ia memperkuat Tottenham sejak 2012 dan ingin mencari klub baru untuk musim depan.Tottenham sendiri sudah menawarkan diri untuk melepas Dembele dengan nilai transfer sekitar 30 juta euro.
  940 kali
Juventus Ikat Emre Can Empat Musim
Gelandang asal Jerman, Emre Can resmi bergabung dengan Juventus dengan status bebas transfer dari klub lamanya Liverpool.Can yang telah melakoni tes medis pada Kamis (21/6), akan diikat selama empat tahun dalam kontraknya di klub asal kota Turin tersebut. UFFICIALE - #EmreCan è bianconero! https://t.co/j7qhQJOB63 #WelcomeToJu pic.twitter.com/2KevXMRZIu — JuventusFC (@juventusfc) June 21, 2018 "Juventus mengumumkan bahwa kontrak kerja dengan pemain Emre Can, efektif mulai 1 Juli 2018 dan berakhir pada 30 Juni 2022, telah ditandatangani,” tulis pernyataan klub yang dilansir melalui laman resmi Juventus, Kamis (21/6/2018).“Sebagai hasil dari penandatanganan perjanjian, Juventus akan dikenakan biaya tambahan sebesar 16 juta euro atau sekira Rp261 miliar, yang harus dibayarkan selama dua tahun selama dua tahun keuangan berikutnya,” tambahnya.[suggestedarticle=3]Can bermain untuk Liverpool sejak tahun 2014, musim lalu meski sempat mengalami masa sulit bersama Juergen Klopp dirinya mampu membawa timnya lolos hingga babak final Liga Champions, sebelum ditundukan oleh Real Madrid.Sepanjang musim 2017/18, Can tampil dalam 38 pertandingan Liverpool di semua kompetisi. Mantan pemain Bayer Leverkusen ini mencetak enam gol dan lima assist.
  446 kali
Digaji 4 Juta Euro, Kamis Ini Pastore Cek Medis Bersama Roma
AS Roma kian dekat dengan gelandang serang asal Argentina Javier Pastore. Tuntutan Paris Saint-Germain (PSG) mematok mahar sebesar 18,5 juta euro kabarnya disetujui kubu Serigala Ibu Kota.Jika tidak halangan, Pastore akan melakukan tes medis pada Kamis (21/6/2018) pagi waktu Italia. Proses formalitas tersebut nantinya akan disusul penandatanganan kontrak untuk kemudian diperkenalkan sebagai anggota baru klub.[suggestedarticle=4]Calciomercato dalam laporannya mengatakan, gelandang PSG itu nantinya akan menerima gaji sebesar empat juta per musim plus bonus. Nilai tersebut pun telah disetujui Pastore yang diwakili oleh agennya.Roma coba memperkuat kedalamannya skuatnya setelah pada musim ini gagal bersaing dengan Juventus dan Napoli. Gialorossi hanya finis di posisi ketiga dengan jumlah poin 77. Performa yang kurang konsisten membuat perolehan poin Roma tersebut tertinggal jauh.Jika transfer Pastore rampung, maka pembelian tersbeut bakal menjadi yang kelima. Sebelumnya Roma sukses mendatangkan Bryan Cristante, Ante Coric, Ivan Marcano dan Justin Kluivert.[suggestedarticle=2]Diketahui, Pastore bergabung dengan PSG dari Palermo sejak 2011 silam. Menariknya, Pastore merupakan rekrutan pertama PSG di era finansial tak terbatas pemilik asal Qatar.Dari total 269 pertandingan yang dilakoni, Pastore mencetak 45 gol dan 62 assist untuk klub ibu kota Prancis tersebut. Lima gelar Ligue 1 telah dimenangkannya. Tenaga Pastore sejatinya masih dibutuhkan, akan tetapi demi menghindari sanksi Financial Fair Play (FFP) pihak klub harus melegonya.Kian pastinya Pastore bersergam Roma rupanya membuat West Ham United gigit jari. Manuel Pellegrini juga membutuhkan jasa Pastore untuk menutupi lubang dari cederanya Manuel Lanzini.
  1603 kali
1529580602147 tag