Daftar 10 Logo Klub Terburuk di Dunia


  •    Syukron Achmad
  •    04/03/18 - 08:00
  •    80161

(brandmemo)

Supremasi indentitas bagi sebuah klub sepak bola selain prestasi, gaya bermain, magis stadion dan julukan tentunya adalah logo. Hampir semua klub sepak bola di dunia baik yang profesional maupun amatir, baik yang mendunia atau hanya kalangan komunitas tentu memiliki logo.

Maka sudah sepantasnya logo tersebut dibuat berlandaskan filosofi tertentu atau minimal mengikuti kehendak pemilik klub. Butuh sebuah upaya keras dalam menerjemahkan filosofi tersebut menjadi sebauh gambar atau logo. Dapat dikatakan, logo yang digunakan baik untuk kebutuhan pertandingan atau komersil adalah jati diri dari klub tersebut.

Namun, konyolnya Juventus dan Leeds United merilis logo klub terbaru yang justru tidak sesuai dengan jati diri. Bahkan, pecinta sepak bola dunia dan fans Leeds United 'menggelengkan' kepala tanda ketidaksukaan dan juga protes terhadap logo baru tersebut.

Senin, 16 Januari 2017 Si Nyonya Tua resmi memperkenalkan logo baru tim dari yang semula bernuansa hitam putih kini terwakili oleh huruf 'J'. Kalangan Juventini pun meradang dan menilai manajemen menghilangkan identitas klub. Bahkan logo 'J' milik Juve tak jauh beda seperti 'J' milik pembalap Moto GP asal Spanyol Jorge Lorenzo. 

Sayangnya, permasalahan desain logo tidak hanya terjadi di Juventus dan Leeds United. Bolalob meringkas sedikitnya ada 10 desain logo terburuk atau pun kontroversial dalam sejarah sepak bola.

1. Juventus


Juventus dulunya memiliki simbol yang cantik dan elegan. Namun, pada tahun lalu mereka mencoba membawa keluar konsep tersebut dan memasukkan sesuatu yang ganjil diatasnya. Si Nyonya Tua bisa saja menempatkan logo Nike, Adidas, atau McDonald's sekalipun. Logo JJ saat ini jelas tidak mengandung unsur jiwa apapun.
 
2. Manchester City
 


Manchester City juga telah merubah bentuk logo klubnya. Tak ada lagi sosok elang emas yang sudah bertahun-tahun menjadi ikon The Citizens dan menggantikannya dengan gambar kapal layar yang sedang mengarungi lautan. Logo baru tersebut tentu agak sedikit aneh karena terlihat seperti perusahaan yang menjual asuransi jiwa.
 
3. AS Roma


 
AS Roma merupakan salah satu klub besar dalam sejarah kompetisi sepak bola Italia. Lambang AS Roma mulai dikenalkan dan digunakan pertama kali dengan mengambil legenda tentang sepasang anak kembar yang di asuh oleh seekor serigala betina yang merupakan salah satu legenda berdirinya kota Roma, yaitu Remus dan Romulus.
 
Namun, gambar tersebut terlihat agak risih karena memperlihatkan dua bayi yang sedang menyusui puting serigala betina itu. Sebagai 'Serigala Ibu kota', dapat dimaklumi jika gambar tersebut memiliki pengertian seorang ibu yang berkewajiban mengayomi anaknya.
 
4. Napoli


 
Napoli adalah sebuah klub indah di Naples, Italia. Klub yang bermarkas di San Paolo ini memang memiliki logo yang sangat simpel, yakni huruf N di tengah lingkaran. Huruf N sendiri singkatan dari Napoli dan latar belakang biru langit adalah warna kebanggaan Napoli dan memiliki julukan Gli Azzuri (Si Biru)
 
Akan tetapi, hal itu justru membuat logo klub tersebut menjadi terlalu minimalis. Pesan dari logo tersebut juga tidak sampai ke publik, bahkan ebanyakan orang tidak mengetahui ini merupakan logo Napoli.
 
5. Hamburger SV


 
Hamburger SV merupakan sebuah tim sepak bola Jerman yang bermain di Bundesliga dan bermarkas di kota Hamburg. Namun, Hamburg memiliki logo yang sangat mudah untuk ditiru.
 
Kita bahkan bisa membuatnya di Microsoft Paint dalam waktu kurang dari sepuluh detik. Jelas, ini bukan desain yang bagus.
 
6. West Ham United


 
Selain Manchester City, tim dari Premier League lainnya yang secara resmi mengganti logo klub sepakbolanya adalah West Ham. Logo baru The Hammers hanya menyisakan 2 palu, sekaligus menghilangkan logo benteng yang secara tradisional mengacu pada Boleyn Ground, kandang lawas mereka yang telah resmi ditinggalkan musim lalu.
 
Namun, logo ini terkesan bukan seperti sebuah klub sepak bola. Dengan adanya gambar dua palu, West Ham lebih terlihat seperti sebuah lembaga pengadilan.
 
7. Bournemouth


 
Klub Liga Primer Inggris lainnya Bournemouth, juga memiliki logo yang tak kalah aneh. Jika dilihat dengan cermat, logo tersebut menjelaskan tentang seseorang yang sedang menyundul bola.
 
Gambar itu ternyata adalah pemain Bournemouth di masa lalu, yaitu Gilbert James 'Dickie' Dowsett, penyerang legendaris The Cherries yang bermain pada periode 1957 hingga 1962 dan mencatat 169 penampilan.
 
8. Leeds United


 
Leeds United juga diketahui telah merubah logo klubnya setelah membutuhkan waktu selama enam bulan dan berkonsultasi dengan lebih dari 10 ribu orang yang terhubung dengan klub. Logo baru ini menggambarkan tentang seorang pria yang menepuk dadanya di bagian kanan bajunya dan seolah seperti orang yang bangga mengenakan seragam Leeds United.
 
Namun, beberapa netizen yang nampak tidak suka atas logo tersebut. Pasalnya, ada yang menyebut bahwa logo baru tersebut lebih mirip dengan logo Pro Evolution Soccer, salah satu game sepak bola terlaris di jagad permainan Sony Playstation di awal tahun 2000-an.
 
9. Huddersfield Town


 
Huddersfield merupakan salah satu klub Inggris yang berhasil promosi ke Liga Primer pada tahun 2017. Warna utama klub (biru dan putih) terlihat jelas di sepanjang lencana, baik di mantel maupun di perisai yang di bentuk garis-garis.
 
Logo ini sempat digunakan pada final Piala FA tahun 1920. Namun, sempat menghilang setelah klub harus mengikuti permintaan dari Huddersfield Corportaion.
 
Baru pada final Piala FA 1922, 1928, 1930, dan 1938, logo ini kemudian muncul lagi. Adapun dua Yorkshire White Roses dan Castle Hill merupakan bagian dari sejarah klub dan daerah tersebut.
 
10. Brighton Hove Albion


 
Brighton Hove Albion juga merupakan tim promosi baru Liga Primer Inggris setelah sebelumnya bermain di Divisi Football League Championship, atau kasta kedua di Inggris.
 
The Seagulls memiliki lambang burung camar sebagai ikon klub yang bermarkas di Falmer Stadium ini. Logo ini juga terbilang sangat minimalis dan tidak memiliki arti penting dalam sejarah sepak bola klub. Tentu, kita juga dengan mudah dapat membuatnya sendiri.
Terakhir diubah:  26/03/18 - 18:28







Berita Terkait


1544836201872

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?