(Foto: AFC)

Top Scorer Timnas Indonesia U-16 Pernah Dapat Tawaran Bela Singapura

Tim Nasional Indonesia U-16 menjuarai turnamen Jenesys setelah menang 1-0 atas Vietnam, pada laga final, di Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Senin (12/3/2018). Kemenangan Timnas Indonesia U-16 ditentukan oleh gol Rendy Juliansyah pada menit ke-64.

Sepanjang turnamen ini, Timnas Indonesia U-16 membukukan rekor memasukkan-kemasukan 14-1 gol. Sebanyak empat gol diciptakan Sutan Zico dan dengan begitu, Zico menjadi top scorer Indonesia pada turnamen ini.



Dua gol Sutan tercipta pada laga pertama Grup B, melawan Filipina, 8 Maret 2018, yang dimenangi Indonesia 7-1. Pada laga kedua Grup B, Indonesia menang 5-0 atas Kamboja, dengan satu gol diciptakan oleh Sutan.

Terakhir, Sutan mencetak satu gol yang menentukan kemenangan Indonesia 1-0 atas Jepang, pada laga semifinal, Minggu (11/3/2018).

Zico pernah mendapatkan tawaran untuk membela Singapura. Namun, tawaran itu ditolak.

"Jadi ada orang tua teman anak Chelsea Singapura sayang ke saya. Dia lihat saya kecewa. Dia punya kenalan PSSI-nya Singapura, lalu saya mau diajukan main di sana. Saya enggak mau lah, mau bagaimana pun saya lahir di Indonesia," ujar Zico kepada Jawa Pos, pada Oktober 2017.

"Saya bilang ke dia, 'Singapura itu negaranya kecil. Mendingan di Indonesia, kamu berarti ada yang kurang kalau tak dipanggil.' Alhamdulillah dia bisa buktikan dirinya," ungkap ayah Sutan, Oriyanto, saat itu.
editTerakhir diubah:  13/03/18 - 08:32

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Bantuan Luis Milla Tak Cukup, Egy Maulana Vikri Dipanggil Lechia Gdansk
Egy Maulana Vikri berangkat ke Polandia pada 9 Mei 2018. Menurut Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Egy berangkat ke Polandia karena bakal klubnya, Lechia Gdansk, memanggilnya secara mendadak.Mengingat Egy baru akan resmi bermain untuk Lechia Gdansk pada 8 Juli 2018, Egy masih akan kembali ke Indonesia. Menurut Isnanta, Egy akan berada di Polandia selama 2-3 pekan.[suggestedarticle=3]Nah, ayah angkat Egy, Subagja Suihan, menjelaskan bahwa Lechia Gdansk memanggil Egy karena khawatir kondisi fisik dan level performa Egy menurun karena tidak berkompetisi. Di Polandia, Egy akan menjalani serangkaian tes dan latihan."Jadi klub ambil langkah, sehingga Egy langsung ikut berlatih. Tapi mungkin kalau ada panggilan tim nasional dia akan kembali. Mohon doa restunya saja mudah-mudahan maksimal dia di Polandia,” kata Subagja, di Medan, seperti dilansir Goal, Sabtu (12/5/2018).[pagebreak]Bantuan Luis Milla Tak Cukup[/pagebreak]Sebagai catatan, Egy juga tidak mendapatkan jam terbang memadai di Timnas Indonesia U-19, pada Anniversary Cup 2018, April lalu. Pelatih Luis Milla mengatakan, ia memanggil Egy masuk skuad untuk Anniversaty Cup supaya setidaknya bisa berlatih bersama pemain lain yang bermain relatif reguler di level klub."Egy saat ini tidak berkompetisi dan dia masih berusia 17 tahun serta masih bermain di akademi. Musuh yang dihadapi (Korea Utara) level tinggi dan bermain dengan intensitas tinggi. Egy harus bersabar ia punya masalah yakni tidak berkompetisi. Ia adalah salah satu talenta terbaik di Indonesia dan oleh itu ia harus berkompetisi," ulas Milla."Semua rekan setimnya saat ini bermain di Liga 1. Idenya ia saya panggil adalah agar ia bisa berlatih. Kalau terus seperti ini, sulit baginya bertanding di level seperti ini," lanjut Milla.[suggestedarticle=3]Egy tampaknya berangkat ke Polandia pada waktu yang tepat. Pada Sabtu (12/5/2018), Lechia Gdansk mendapat kepastian bertahan di Ekstralaksa setelah bermain imbang 1-1 saat melawan Pogon Szczecin, di Stadion Florian Kryger, pada laga play-off degradasi keenam (dari tujuh).Hasil itu membuat Lechia Gdansk duduk di peringkat ke-5 (dari delapan tim) dengan nilai 38, atau unggul empat angka dari Piast Gliwice yang berada di posisi ketujuh. Dengan satu laga tersisa, Piast Gliwice tak bisa menjangkau Lechia Gdansk. Tim peringkat ketujuh dan kedelapan klasemen play-off degradasi akan turun kasta ke I liga.
  8207 kali
Alami Cedera pada Otak, Sayap Andalan Timnas U-16 Bisa Ikut Piala AFF U-16
Sayap Timnas Indonesia U-16, Mochammad Supriadi mengalami pembengkakan pada otak dalam uji coba dengan SKO Ragunan di Stadion Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (9/5/2018). Ia sudah menjalani perawatan dan diperkirakan bisa meninggalkan rumah sakit dalam waktu dekat."Supriadi sebetulnya bukan cedera leher, tapi kemarin ada benturan dan sedikit pembengkakan di otak. Tapi tak sampai pendarahan," ujar pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini di Lapangan Atang Sutresna, Kamis (10/5/2018) malam."Dalam dua sampai tiga hari ke depan, Supriadi sudah bisa keluar dari rumah sakit. Dia bisa ikut Piala AFF U-16," lanjut Fakhri.[suggestedarticle=3]Dalam uji coba yang dimenangi timnas U-16 5-2 itu, Supriyadi terjatuh dan tanpa sengaja tertiban pemain dari SKO Ragunan. Ia pun mendapat penanganan dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.Supriadi sendiri merupakan salah satu pemain andalan Fakhri di sektor penyerangan. Bahkan dalam pertandingan terakhir di Jenesys Cup dan uji coba kontra PS Tira dan SKO Ragunan, Supriyadi masuk dalam skema utama Fakhri Husani.Saat ini Garuda Asia sedang mempersiapkan tim guna hadapi Piala AFF U-16 2018 pada Juli mendatang. Timnas U-16 tergabung di Grup A bersama dengan Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.Timnas Indonesia akan melakukan pemusatan latihan kembali pada 20 Juni. Pemusatan tersebut menjadi persiapan terakhir Bagus Kahfi dkk sebelum terjun di ajang AFF.
  1258 kali
Cerita tentang Timnas Indonesia U-16 dan Jokowi
Timnas Indonesia U-16 baru saja mengharumkan nama bangsa, dengan menjuarai turnamen Jenesys di Jepang, tepatnya setelah menang 1-0 atas Vietnam, pada babak final, Senin (12/3/2018). Perjalanan Timnas Indonesia U-16 menjuarai Jenesys 2018 juga diwarnai kenangan akan Presiden RI Joko Widodo. Kisahnya terjadi pada Sabtu (2/12/2017). Saat itu, Jokowi berada di Kompleks Gelora Bung Karno untuk meresmikan empat fasilitas olahraga, yaitu lapangan hoki, lapangan panahan, dan arena akuatik, dan lapangan sepak bola ABC. [suggestedarticle=3]Setelah melakukan peresmian, Jokowi menyempatkan diri bersalaman dengan sejumlah atlet yang hadir, di antaranya adalah pemain Timnas Indonesia U-16. Jokowi juga menyempatkan waktu untuk berfoto bersama Timnas Indonesia U-16. Anak-anak Timnas Indonesia U-16 tampak antusias dan bersemangat. "Rasanya beda saja, latihan disaksikan sama presiden. Senang rasanya bisa disaksikan presiden. Bikin tambah semangat," ujar pemain Timnas Indonesia U-16 Hamsa Lestaluhu, ketika itu.Menurut Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria pada saat itu, pemain Timnas Indonesia U-16 memang dikumpulkan untuk menyambut Jokowi. “Pemain kebetulan ada yang sedang ikut kompetisi di Jakarta. Ada beberapa juga yang kami terbangkan langsung dari daerah,” ujar Ratu Tisha.Sementara itu, menurut pelatih Timnas Indonesia U-16, Fachri Husaini, mengatakan bahwa anak-anak didiknya saat ini berada dalam keadaan sehat. "Alhamdulillah, semua dalam kondisi sehat, meski acara hari ini padat sekali," demikian tulis Fachri melalui pesan singkat kepada Bolalob.Timnas Indonesia U-16 dijadwalkan kembali ke Tanah Air dari Jepang pada Kamis (15/3/2018), sekitar pukul 19.00 WIB.
  1587 kali
3 Pemain Penentu Sukses Timnas Indonesia U-16 pada Jenesys 2018
Bangsa Indonesia mendapatkan dua kabar baik dari dunia sepak bola dalam 2-3 hari terakhir ini. Setelah Egy Maulana Vikri diperkenalkan sebagai pemain Lechia Gdansk pada Minggu (11/3/2018), Timnas Indonesia U-16 menjuarai turnamen Jenesys di Jepang. Timnas Indonesia U-16 menjadi juara dengan rekor selalu menang dalam empat pertandingan dan rekor memasukkan-kemasukan 14-1 gol. Ada setidaknya empat pemain yang berperan penting dalam keberhasilan Timnas Indonesia U-16 di Jepang. Mereka adalah Sutan Diego Zico, Rendy Juliansyah, dan David Maulana. [suggestedarticle=3]Sepanjang turnamen Jenesys 2018, Sutan mencetak empat gol. Sebanyak dua gol diciptakan pada laga penyisihan Grup B melawan Filipina, yang dimenangi Indonesia 7-1. Sutan kemudian mencetak satu gol pada laga kedua Grup B melawan Kamboja, yang dimenangi Indonesia 5-0. Terakhir, Sutan mencetak gol yang menentukan kemenangan Indonesia 1-0 atas Jepang, pada laga semifinal.Sebelum ini, Sutan mencetak sepuluh gol pada kualifikasi Piala Asia U-16 dan dengan begitu menjadi top scorer ajang tersebut. Sementara itu, Rendy Juliansyah merupakan penentu keberhasilan Indonesia menjuarai Jenesys 2018. Ia mencetak satu gol yang menentukan kemenangan Indonesia 1-0 atas Vietnam, pada laga final, Senin (12/3/2018). Rendy juga berperan besar dalam keberhasilan Timnas Indonesia U-16 menjuarai turnamen Thien Phong Plastic Cup pada 2017. Saat itu, Rendy menjadi top scorer turnamen itu dengan tujuh gol. Rendy juga pernah meraih gelar pemain terbaik Liga Kompas Gramedia 2016-2017 dan juga pernah menjadi top scorer pada ajang Menpora Cup dan Liga TopSkor. Selain meraih gelar juara Jenesys 2018, Timnas Indonesia U-16 juga meraih penghargaan individu, yaitu pemain terbaik untuk David Maulana. Sebagai gelandang, David Maulana dinilai berperan besar membangun pola permainan dan konsistensi tim. Dengan karakter petarung di lini tengah, David bisa memainkan peran sebagai penghubung lini depan dan belakang.Egy, Sutan, Rendy, dan David menunjukkan bahwa Indonesia sejatinya punya kemampuan untuk tumbuh dengan konsisten dan bersaing di level internasional. Dan, jika kemampuan bersaing di level junior tidak berkelanjutan hingga ke level senior, setidaknya kita tahu alam memberi kita bibit unggul.
  1286 kali
Juara di Jepang, Timnas Indonesia U-16 Cetak 123 Gol dalam 31 Laga
Timnas Indonesia menjuarai turnamen Jenesys setelah menang 1-0 atas Vietnam, pada laga final, di Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Senin (12/3/2018). Kemenangan Timnas Indonesia U-16 ditentukan oleh gol Rendy Juliansyah pada menit ke-64.Indonesia menjuarai turnamen ini dengan rekor memasukkan-kemasukan 14-1 gol dalam empat laga. Total, Timnas Indonesia U-16 sudah mencetak 123 gol dan kemasukan 18 gol dalam 31 pertandingan, terhitung sejak 4 Juli 2017.[suggestedarticle=3]Berikut ini adalah rekaman perjalanan Timnas Indonesia U-16 sejak fase grup hingga menjadi juara pada turnamen Jenesys 2018.Fase Grup (Grup B, Juara Grup)8 Maret 2018 - Indonesia 7-1 Filipina9 Maret 2018 - Indonesia 5-0 KambojaSemifinal11 Maret 2018 - Jepang 0-1 IndonesiaFinal12 Maret 2018 - Indonesia 1-0 Vietnamrai Jenesys 2018
  1304 kali
Sutan Zico, Usai Bersinar di Thailand dan Malaysia Kini Jadi Matahari di Jepang
Sutan Zico kembali bersinar bersama skuad tim nasional U-16 pada Turnamen Jenesys di Jepang. Sutan Zico berhasil mencetak empat gol dan menjadi pencetak gol terbanyak untuk Indonesia di kompetisi tersebut.Pemain kelahiran 2002 tersebut memiliki nama lengkap Sutan Diego Armando Ondriano Zico. Dua nama legenda sepak bola yaitu Diego Armando (Diego Armando Maradona) dan Zico menghiasi nama pemain jebolan SSB Bina Taruna, Jakarta.[suggestedarticle=3]Ketajaman Zico sebelumnya sudah sempat terlihat saat membela Timnas U-16 di ajang kualifikasi Piala Asia U-16 saat mencetak 10 gol di tiga pertandingan. Setelah bersinar di Thailand, Zico kembali bersinar di ajang Kejora International Challenge U-15 di Malaysia bersama ASSBI Bekasi. Dalam ajang tersebut Zico kembali mencetak menjadi pencetak gol terbanyak di ajang tersebut.Usai sukses di Thailand dan Malaysia, Zico kembali menjadi penggedor utama Timnas U-16 di Turnamen Jenesys di Jepang. Sutan Zico berperan besar dalam raihan juara tim nasional Indonesia. Sepanjang turnamen, Zico mencetak empat gol dari empat laga.Berikut Profil Singkat Sutan Zico:Nama: Sutan Diego Armando Ondriano ZicoTempat tanggal lahir: Jakarta, 7 April 2002Asal Akademi Saat Ini: Sekolah Sepak Bola Bina Taruna, JakartaPemain Idola: Robert LewandowskiNomor Punggung: 9Karir bermain:- 2014, Piala Danone di Brasil- 2014, Chelsea Soccer School Singapura- 2017, FC Bayern Youth Cup di Jerman- 2017, Gothia Cup 2017 bersama klub LKG-SGF Indonesia- 2017, Chelsea Soccer School Indonesia- 2017, Tim Nasional Indonesia U-16 (Kualifikasi Piala AFC U-16 2017)- 2018, Tim Nasional Indonesia U-16 (Trunamen Jenesys)
  6330 kali
Perjalanan Timnas Indonesia U-16 Menjuarai Jenesys 2018
Tim Nasional Indonesia U-16 menjuarai turnamen Jenesys setelah menang 1-0 atas Vietnam, pada laga final, di Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Senin (12/3/2018). Kemenangan Timnas Indonesia U-16 ditentukan oleh gol Rendy Juliansyah pada menit ke-64.[suggestedarticle=3]Dengan begitu, Timnas Indonesia U-16 menjuarai turnamen ini dengan rekor selalu menang dalam empat laga dengan rekor memasukkan-kemasukan 14-1 gol.Berikut ini adalah rekaman perjalanan Timnas Indonesia U-16 sejak fase grup hingga menjadi juara pada turnamen Jenesys 2018.Fase Grup (Grup B)8 Maret 2018 - Indonesia 7-1 Filipina9 Maret 2018 - Indonesia 5-0 KambojaSemifinal11 Maret 2018 - Jepang 0-1 IndonesiaFinal12 Maret 2018 - Indonesia 1-0 Vietnam
  1160 kali
Taklukkan Jepang, Timnas U-16 Melaju ke Final Jenesys Cup
Tim Nasional Indonesia U-16 berhasil melaju ke final Jenesys Cup 2018 usai menaklukkan Jepang U-16 di semifinal dengan skor 1-0. Satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Sutan Zico di babak kedua.   Indonesia U-16 yang lolos sebagai juara Grup B berjumpa Jepang yang sukses menjadi juara Grup A. Kedua tim bertanding untuk memperebutkan satu tempat di partai final Jenesys Cup.[suggestedarticle=3]   Indonesia U-16 berhasil meraih kemenangan atas tuan rumah setelah mencetak gol lewat Sutan Zico pada menit ke-54. Kemenangan tersebut mengantar Indonesia U-16 melaju ke partai final Jenesys Cup.   Di partai final, Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam U-16 yang sukses menaklukkan Thailand U-16 di partai semifinal lainnya. Vietnam U-16 berhasil menang lewat drama adu penalti melawan Thailand U-16.   Partai final antara Indonesia U-16 melawan Vietnam U-16 akan digelar pada Senin (12/3) pukul 12:00 WIB. 
  14828 kali
DIARY: Langkah Manis Timnas U-16 di Jepang, Lilipaly Masuk Nominasi Gol Terbaik Piala AFC
Timnas Indonesia U-16 berhasil meraih kemenangan telak dalam laga perdana Turnamen Jenesys di Jepang, Kamis (8/3). Filipina U-16 dilumat tim asuhan Fakhri Husaini dengan skor 7-1.Turnamen Jenesys: Timnas Indonesia U-16 Raih Kemenangan Telak di JepangKiko Insa harus menunggu sampai tiga pertandingan awal untuk menjalani debutnya bersama dengan Bangkok Glass di Liga Thailand musim inLewati Masa Sulit Di Malaysia, Mantan Pemain Arema Jalani Debut di ThailandSutan Diego Zico kembali unjuk kebolehan bersama Timnas Indonesia U-16. Terbaru, Zico menunjukkan ketajamannya dalam Turnamen Jenesys 2018 di Jepang.Sutan Diego Zico Unjuk Ketajaman di JepangAFC telah merilis empat kandidat gol terbaik di pekan ketiga Piala AFC 2018. Hasilnya, gol penggawa Bali United, Stefano Lilipaly ke gawang FLC Thanh Hoa, Rabu (7/3) menjadi salah satu kandidat gol terbaik.Gol Stefano Lilipaly Jadi Kandidat Terbaik di Pekan Ketiga Piala AFC 2018
  1826 kali
Sutan Diego Zico Unjuk Ketajaman di Jepang
Sutan Diego Zico kembali unjuk kebolehan bersama Timnas Indonesia U-16. Terbaru, Zico menunjukkan ketajamannya dalam Turnamen Jenesys 2018 di Jepang.Dalam laga pembuka, Garuda Asia menang dengan skor telak 7-1 atas Filipina. Dalam laga ini Zico mencetak dua gol untuk tim asuhan Fakhri Husaini.[suggestedarticle=3]Catatan ini seolah melanjutkan catatan gemilangnya pada Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 tahun lalu. Kala itu ia menjadi top skor dengan 10 gol dalam empat laga.Ada salah satu laga yang mencuri perhatian yakni saat melawan Kep. Mariana Utara. Kala itu Zico mencetak lima gol dalam satu pertandingan!Zico akan kembali diandalkan oleh Timnas Indonesia U-16 dalam laga selanjutnya di Turnamen Jenesys 2018. Terdekat, Garuda Asia akan menghadapi Kamboja U-16 pada tanggal 9 Maret.
  3714 kali
1520510401630 tag