Andre Picessa: Seperti Sepak Bola, Futsal Juga Butuh Filosofi


  •   Gerry Putra
  •   13/03/18 - 13:50
  •   1044

(Bolalob)

PSSI sudah meluncurkan filosofi sepak bola Indonesia. Filosofi tersebut untuk menyamakan kurikulum sepak bola usia dini di Indonesia. Futsal sebagai turunan dari sepak bola, ternyata juga membutuhkan filosofi.

Hal tersebut diungkapkan oleh mantan pelatih Timnas Futsal Wanita Indonesa, Andre Picessa. Menurutnya, filosofi futsal sangat dibutuhkan untuk membentuk pemain dari usia dini.

"Semuanya penting karena filosofi untuk mentaliti pemain, contoh teknik dasar. Teknik dasar futsal itu berbeda dengan sepak bola. Grass root ada tiga fase yakni fun, fundamental dan prestasi. dari tiga ini kurikulumnya harus sama dan tidak mungkin berbeda," ujar Andre Picessa kepada Bolalob, di Lapangan Sawangan, Depok, Minggu (11/3/2018).




"Kurikulum itu membantu mereka untuk meningkatkan skill individu mereka. Selain itu untuk bekal bermain di Liga Pro nanti, karena jika punya teknik dasar sekarang mereka nanti tinggal asah taktik," lanjutnya.

Picessa menambahkan jika filosofi harus dibuat oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI) sebagai asosiasi futsal di Indonesia. Pengerjaannya pun harus dengan pelatih yang sudah memiliki lisensi tinggi.

"Filosofi sebaiknya dibentuk oleh FFI dan pelatih yang berpengalaman di futsal. Tujuannya untuk pengembangan futsal usia dini dan akademi futsal. Itu bisa jadi acuan untuk kita membentuk karakter pemain," tutupnya.


Futsal Talk : Bedah Peluang Grup A, Final Four, dan Degradasi - Eps. 7








End of content

No more pages to load