4 Fakta Piala Dunia 1962 Cile


  •   Tjatur Wiharyo
  •   15/03/18 - 09:00
  •   575

(FIFA)

Peristiwa unik terjadi pada laga perempat final Piala Dunia 1962 Cile, antara Cile dan Rusia, yang saat itu bernama Uni Soviet, di Carlos Dittborn, Arica, 10 Juni 1962, yang dimenangi Cile 2-1. Pemain Cile, Eladio Rojas memeluk kiper Rusia Lev Yashin segera setelah ia mencetak gol kedua Cile. Alasannya sederhana, Rojas begitu senang karena kiper yang dihadapi timnya adalah salah satu kiper terbaik pada saat itu.




Masih ada sejumlah hal unik lain berkaitan dengan Piala Dunia 1962 Cile. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Pelatih timnas Brasil pada Piala Dunia 1962, Aimore Moreira, bersaudara dengan pelatih timnas Brasil pada Piala Dunia 1954, Zeze. Keduanya memegang rekor satu-satunya kakak-beradik yang melatih timnas negeri sendiri di putaran final Piala Dunia.

2. Sistem selisih memasukkan-kemasukan pertama kali digunakan pada fase grup Piala Dunia 1962. Sebelum Piala Dunia 1962, jika pada satu grup ada tim dengan nilai sama, pemeringkatan ditentukan dengan pertandingan play-off. Inggris adalah tim pertama yang mendapatkan keuntungan itu, sementara Argentina menjadi tim pertama yang dirugikan.

Saat itu, Inggris dan Argentina berada di Grup 4, bersama dengan Hongaria dan Bulgaria. Pada akhir fase grup, Inggris berada di peringkar kedua dengan nilai tiga dan rekor memasukkan-kemasukan 4-3 gol, sementara Argentina di posisi ketiga dengan nilai tiga dan rekor memasukkan-kemasukan 2-3 gol.

3. Pertandingan perempat final antara Brasil dan Inggris diwarnai peristiwa masuknya anjing ke lapangan. Penyerang Inggris saat itu, Jimmy Greaves, berusaha menjinakkan anjing itu dengan merangkak sampai akhirnya berhasil menangkap anjing tersebut.







End of content

No more pages to load