(Foto: Liga Indonesia Baru)

Kalah dari Persela, Pelatih PSM Sebut Pemain Banyak Lakukan Kesalahan

PSM Makassar alami kekalahan perdana di Liga 1 dari Persela Lamongan di Stadion Mattoanging, Makassar, Jumat (6/4/2018). Juku Eja takluk 2-3 dari tamunya.

PSM gagal sapu bersih tiga laga perdana Liga 1. Padahal target tersebut menjadi target utama PSM untuk melaju kencang di awal kompetisi.

Pelatih Rene Robert Alberts menyebut banyak evalusi yang harus dilakuakn usai pertandingan. Ia menilai pemainnya sering lakukan kesalahan, termasuk blunder kiper Rivky Mokodompit saat terjadi gol kedua oleh Shohei Matsunaga.



“Kami akan melakukan evaluasi. Pandangan saya ada banyak kesalahan yang dilakukan pemain. Tapi saya tidak mau menyalahkan pemain," kata Robert Alberts dari laman resmi Liga 1, Sabtu (7/4/2018).

Tak hanya Mokodompit. Gelandang Wiljan Pluim juga jadi soroton Robert Albert. Pluim dinilai tak maksimal permainannya dalam lag tersebut. Padahal sebelumnya Pluim menjadi pemain kunci PSM dalam dua pertandingan sebelumnya.

“Kami juga memikirkan Pluim dan tidak tahu kalau tidak bisa memainkannya selama 90 menit. Tapi Pluim berusaha agar tim ini tidak kesulitan,” tandasnya.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Fernando Soler Bantah Persib akan Datangkan Shahar Ginanjar
Persib Bandung membantah akan mendatangkan Shahar Ginanjar. Kiper berusia 27 tahun tersebut baru saja dilepas PSM Makassar di bursa transfer tengah musim.Namun, isu tersebut langsung dibantah Fernando Soler. Penerjemah Mario Gomez tersebut mengatakan, kabar Shahar bergabung dengan Persib tidak benar.”Sampai saat ini kami belum dapat kabar seperti itu,” kata Soler.[suggestedarticle=3]Soler mengatakan, Persib tidak memiliki rencana merekrut kiper tambahan. Menurutnya, komposisi kiper yang dimiliki skuat Maung Bandung sudah cukup.Musim ini Persib diperkuat empat kiper, yaitu M Natshir, I Made Wirawan, Aqil Savik, dan Imam Arief.”Kami tidak berniat meminta kiper. Tapi, kami meminta pemain yang sudah kami sodorkan ke manajemen,” ujarnya.
  133 kali
PSM Tak Mau Kehilangan Poin di Kandang PSMS
PSM Makassar akan hadapi PSMS Medan di Stadion Teladan, Senin (23/7/2018). PSM tak ingin lalu laga pekan ke-16 Liga 1 itu tanpa poin.Berada di puncak klasemen, Juku Eja harus bisa tampil maksimal. Hal tersebut tentu untuk menjaga jarak dengan tim lainnya di klasemen.Pelatih Rene Alberts memberi menu latihan penguasaan bola. Pelatih asal Belanda itu menilai para pemain masih sering kehilangan bola dengan mudah.[suggestedarticle=3]“Kami latihan untuk mematangkan penguasaan bola. Sehingga bisa mendominasi permainan, khususnya di beberapa area tertentu,” kata Rene Alberts.Mantan pelatih Arema FC itu juga ingin anak asuhnya lebih sering membangun serangan dari bawah. Ketenangan dan kecermatan amat dibutuhkan untuk melakukannya.Transisi penyerangan yang dibangun Wiljan Pluim dan kawan-kawan diharap bisa memberi tekanan ke lini pertahanan PSMS. Ayam Kinantan bukanlah lawan mudah untuk dikalahkan karena memiliki determinasi tinggi.
  303 kali
Soal Lampu Stadion Mattoangin, Jadi Pengganjal PSM Makassar
Punya stadion besar, namun harus memainkan partai kandang di tempat orang lain, memang tak enak. Ini dialami PSM Makassar. Gara-gara penerangan Stadion Mattoangin kurang baik, PSM jadi terhambat prestasinya.PSM beberapa partai kandang belakangan ini dipaksa main di luar daerahnya. Karena penerangan atau cahaya lampu Stadion Mattoangin belum memenuhi persyaratan yang dikeluarkan oleh regulator Liga 1 2018. Untuk itu PT Persaudaraan Sepakbola Makassar (PSM) yanh menaungi tim "Juku Eja" kini terus fokus membenahi segala kekurangan Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, yang membuatnya dinyatakan tidak lolos verifikasi.[suggestedarticle=3]CEO PT PSM Munafri Arifuddin di Makassar, Kamis, mengatakan pihaknya akan berupaya lebih keras lagi termasuk memanggil pekerja profesional agar bisa menyelesaikan masalah pencahayaan lampu stadion yang selama ini belum memenuhi persyaratan verifikasi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1."Jika kami ukur sendiri ( tingkat pencahayaan) tentu tidak subjektif. Saya berharap sekali dan mungkin karena kurang terarah soal penambahan bolam. Tapi intinya kami tidak diam dengan kondisi yang terjadi di stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar," kata Arifuddin.Dalam kondisi seperti ini, kata dia, meski sebenarnya bukan stadion milik PSM sendiri, namun mau tidak mau, ataupun suka atau tidak suka, hal itu menjadi tanggung jawab dari Manajemen PSM.Ia menjelaskan, pihaknya begitu berharap tidak ada lagi partai usiran seperti saat menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali pada pertandingan sebelumnya yang berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk PSM Makassar."Itu kami upayakan dengan maksimal dan kami bahkan telah berbicara dengan PT LIB bahkan saya sampai ke PSSI untuk membicarakan hal ini," jelas Arifuddin."Ini tentu merupakan kerugian yang begitu besar yang harus kita tanggung, berapa kerugian materil ataupun non material yang harus kami derita dengan bermain di tempat lain," lanjut Arifuddin.
  544 kali
Gian Zola Didukung oleh Keluarga untuk Hijrah dari Persib Bandung
Kans pemain muda Persib Bandung, Gian Zola untuk berganti klub di putaran dua Liga 1 2018 semakin terbuka lebar.Budi Nugraha selaku ayah dari Zola mengungkapkan, putranya sudah punya rencana untuk hijrah dari Persib.Sebagai ayah, Budi mendukung keputusan Zona hijrah dari Persib demi mendapat kesempatan bermain lebih banyak.[suggestedarticle=3]”Saya pribadi untuk tambah jam terbang tidak apa-apa (dipinjamkan) karena kan kasihan. Bukannya zola enggak mau di Persib, tapi sebagai pemain muda (Zola) butuh jam terbang. Jadi, menurut saya dipinjamkan saja dulu,” kata Budi dikutip Bolalob dari Simamaung.Menurut Budi, saat ini ada dua klub yang berebut tanda tangan Zola, yaitu Persela Lamongan dan Perseru Serui.Budi mengatakan, di antara kedua tim tersebut, Persela lebih berpeluang untuk mendapatkan Zola.”(Perseru) Serui juga menawarkan untuk pindah, tapi Zola lebih memilih (Persela) Lamongan,” ujarnya.
  582 kali
Persela Lamongan Tertarik Boyong Gian Zola
CEO Persela Lamongan, Yuhronour Efendi tidak menampik kabar ketertarikan klubnya terhadap pemain muda Persib Bandung, Gian Zola Nasrullah.Musim ini, Gian Zola kembali tidak menjadi pilihan utama Persib di lini tengah. Pelatih Maung Bandung Mario Gomez lebih sering memainkan Hariono atau Dedi Kusnandar sebagai pendamping Oh In-kyun.Dengan minimnya kesempatan bermain di Persib, Persela melihat ada peluang untuk mendatangkan pemain yang disebut-sebut sebagai penerus Eka Ramdani tersebut.”Iya betul. Ada kemungkinan kami merekrut Gian Zola,” kata Yuhronur Efendi saat dihubungi Bolalob, Kamis (19/7).[suggestedarticle=3]Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan tersebut mengaku sudah menjalin komunikasi dengan manajemen Persib.Namun, komunikasi tersebut belum sampai ke arah teknis perekrutan Zola.”Baru sebatas ngobrol-ngobrol. Termasuk status transfer apakah dipinjam atau dikontrak permanen, belum sampai ke sana. Tapi, yang jelas kami memang meminati Zola,” ujarnya.Selain Zola, Yuhronur juga mengaku Persela akan mendatangkan tiga sampai empat pemain baru lagi di bursa transfer paruh musim Liga 1 kali ini.
  440 kali
Tiga Markas Klub Liga 1 Masih Belum Memenuhi Standar
Dari 18 tim Liga 1 2018, terdapat tiga markas klub yang belum memenuhi standara penerangan di stadion. Tiga klub tersebut adalah PSM Makassar, Borneo FC dan juga Perseru Serui.PT LIB menetapkan setiap stadion yang dijadikan markas klub Liga 1 2018 memiliki penerangan 800 lux. Angka tersebut sesungguhnya masih di bawah standar FIFA yaitu 1200 lux. Jarak toleransi tersebut dibuat mengingat tidak meratanya kualitas stadion di seluruh Indonesia.[suggestedarticle=3]Sayangnya masih ada tiga klub yang memiliki penerangan di bawah standar yang dimiliki PT LIB. PSM Makassar yang bermarkas di Stadion Andi Mattalata, Mattonangin memiliki 603 lux, lalu Stadion Segiri yang menjadi markas Borneo FC hanya memiliki 482 lux dan terakhir adalah markas Perseru Serui yaitu Stadion Marora dengan 315 lux.“Semua data hasil verifikasi soal lampu stadion, telah kami sampaikan ke klub dan juga akan kami informasikan ke publik. Ini merupakan salah satu bagian dari transparansi yang akan kami lakukan,” tambah Tigorshalom Boboy, COO PT LIB.Ketiga klub tersebut diminta untuk melakukan perbaikan atau mencari stadion alternatif saat menggelar laga malam hari.“Sedangkan jika pertandingan digelar malam hari, klub harus pindah ke stadion lain yang layak untuk menggelar pertandingan malam hari. Itu yang terjadi pada Perseru Serui dan kemungkinan Borneo FC,” beber Tigor.[pagebreak]Daftar Ukuran Lampu Stadion Klub Liga 1 2018[/pagebreak]
  1227 kali
Alasan PSM Makassar Gunakan Stadion Lain untuk Laga Malam Hari
PSM Makassar harus menggunakan stadion lain jika harus bermain pada malam hari di kompetisi Liga 1. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi belum berikan lampu hijau untuk Stadion Andi Mattalatta untuk laga malam hari.PT LIB belum mengeluarkan izin lantaran belum adanya perbaikan di stadion tersebut. Stadion yang juga dikenal dengan Mattoanging itu belum sesuai dengan standar regulasi untuk laga malam hari.[suggestedarticle=3]"Kalau masih pertandingan malam hari masih bisa digelar di Makassar. Tapi kalau malam hari, jika belum ada perubahan soal lampu, PSM masih harus bermain di luar," ujar Media Officer LIB, Hanif Marjuni.PSM menggelar pertandingan kontra Bhayangkara FC pada malam hari. Juku Eja harus menggunakan Stadion Kapten I Wayan Dipta, yang notabene markas dari Bali United.PT LIB mematok perubahan stadion sesuai dengan regulasi yang ditentukan LIB. Operator ingin stadion di Liga 1 memiliki minimal daya 800 lux untuk laga malam hari."Tapi jika PSM sudah melakukan perbaikan yang kapasitas lux sudah sesuai dengan regulasi dan kesepatan, mereka sangat dipersilahkan untuk bermain di Mattoanging," tandasnya.
  598 kali
Bungkam Persela Lamongan, Persib Bandung Menyodok ke 3 Besar
Persib Bandung berhasil mengamankan poin penuh saat menjamu Persela Lamongan pada pekan ke-16 Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Senin (16/7).Persib menang tipis 1-0 atas Persela berkat gol yang dilesakkan Jonathan Bauman di menit ke-28.Sejak awal Persib memang tampil menyerang. Menurunkan duet penyerang andalannya, Bauman dan Ezechiel, tuan rumah berhasil merepotkan barisan pertahanan lawan.Bauman membuka skor menjadi 1-0 di menit ke-28. Menerima umpan Bojan Malisic, penyerang asal Argentina itu dengan sekali kontrol langsung melepas tembakan yang tak bisa dijangkau kiper Persela, Dwi Kuswanto.[suggestedarticle=3]Persela merespons lewat penyerang sayap Fahmi Al Ayyubi. Namun, tendangan Fahmi masih bisa diblok M Natshir sehingga selamat gawang Persib.Di babak kedua, Persib dan Persela kerap jual beli serangan. Pertarungan hebat di lini tengah tak terelakan, bahkan beberapa kali juga terjadi pelanggaran keras.Namun, hingga laga berakhir, skor 1-0 untuk kemenangan Persib tak berubah. Dengan hasil ini, Persib berhasil naik ke peringkat 3 klasemen sementara dengan 25 poin, sedangkan Persela turun satu strip ke posisi 6 dengan 23 poin.Susunan pemain :Persib : M Natshir; Supardi Nasir (C), Bojan Malisic, Indra Mustafa, Ardi Idrus; Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Hariono, Ghozali Siregar; Jonathan Bauman, Ezechiel N’DouasselPelatih : Roberto Mario Carlos GomezPersela : Dwi Kuswanto; Birrul Walidan, Wallace Costa (C), Arif Satria, Eky Taufik; M Agung Pribadi, Subagja Ahmad Baasith; Shohei Matsunaga, Diego Assis, Fahmi Al Ayyubi; Loris ArnaudPelatih : Aji Santoso
  716 kali
Jonathan Bauman Bawa Persib Unggul di Babak I atas Persela
Penyerang Persib Bandung Jonathan Bauman membawa Persib Bandung unggul 1-0 di babak pertama atas Persela Lamongan.Persib menjamu Persela di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada lanjutan Liga 1 2018 pekan ke-16, Senin (16/7).Tampil di hadapan ribuan Bobotoh, Persib langsung mengambil inisiatif serangan.[suggestedarticle=3]Duet Bauman-Ezechiel sukses menebar ancaman di lini pertahanan Persela.Maung Bandung berhasil membuka skor di menit ke-28 lewat sepakan Bauman. Menerima umpan Bojan Malisic, penyerang asal Argentina tersebut langsung membobol gawang Persela dengan sekali kontrol.Persela merespons dengan cepat gol tersebut. Fahmi Al Ayyubi nyaris menyamakan kedudukan menjadi 1-1 andai sepakannya tidak diantisipasi dengan sempurna oleh M Natshir.Susunan pemain :Persib : M Natshir; Supardi Nasir (C), Bojan Malisic, Indra Mustafa, Ardi Idrus; Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Hariono, Ghozali Siregar; Jonathan Bauman, Ezechiel N’DouasselPelatih : Roberto Mario Carlos GomezPersela : Dwi Kuswanto; Birrul Walidan, Wallace Costa (C), Arif Satria, Eky Taufik; M Agung Pribadi, Subagja Ahmad Baasith; Shohei Matsunaga, Diego Assis, Fahmi Al Ayyubi; Loris ArnaudPelatih : Aji Santoso
  273 kali
Susunan Pemain Persib Bandung Vs Persela Lamongan
Persib Bandung sesaat lagi akan berhadapan dengan Persela Lamongan dalam lanjutan pekan ke-16 Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.Main di kandang sendiri, Persib tentu menargetkan poin penuh. Dari daftar 11 pemain utama, praktis hanya Oh In-kyun dan Victor Igbonefo yang tidak bermain.Posisi In-kyun diisi oleh Hariono, sedangkan Indra Mustafa akan menggantikan peran Igbonefo sebagai ‘menara kembar’ bersama Bojan Malisic.[suggestedarticle=3]Dalam pertandingan ini, Persib bisa kembali diperkuat duet penyerang andalannya, Jonathan Bauman-Ezechiel N’Douassel yang sempat absen di laga melawan Perseru Serui, pekan lalu.Sementara itu, Persela yang tak mau lawatannya ke Bandung berakhir sia-sia, juga menurunkan skuat utamanya.Eks penyerang Paris Saint Germain (PSG), Loris Arnaud masih jadi andalan bersama Diego Assis dan Fahmi Al Ayyubi.Susunan pemain :Persib : M Natshir; Supardi Nasir (C), Bojan Malisic, Indra Mustafa, Ardi Idrus; Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Hariono, Ghozali Siregar; Jonathan Bauman, Ezechiel N’DouasselPelatih : Roberto Mario Carlos GomezPersela : Dwi Kuswanto; Birrul Walidan, Wallace Costa (C), Arif Satria, Eky Taufik; M Agung Pribadi, Subagja Ahmad Baasith; Shohei Matsunaga, Diego Assis, Fahmi Al Ayyubi; Loris ArnaudPelatih : Aji Santoso
  624 kali
1531739489655 tag