Ternyata Tak Semua Pemain Naturalisasi Mendapat Restu dari PSSI


  •    Gerry Putra
  •    14/04/18 - 20:30
  •    3035

(Bolalob)

Naturalisasi tak menjadi fokus PSSI. Naturalisasi kini cukup menjadi hal kontroversi mengingat program tersebut terkadang dimanfaatkan klub Liga 1 untuk menggunakan pemain asing melebih kuota.

"Naturalisasi bukan program utama PSSI. Dengan kondisi dan tantangan yang dihadapi, maka terobosan-terobosan harus dilakukan termasuk naturalisasi," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, di Jakarta, Kamis (12/4/2018).




Tapi PSSI tak punya wewenang untuk menolak naturalisasi pemain asing. Terlebih jika alasannya untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia.

"Naturalisasi itu punya sejarah dan sebab yang bermacam-macam. Jika yang bersangkutan ingin menaturalisasi dirinya, PSSI tidak bisa menghalangi. PSSI punya inisiatif dengan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi, lalu ketika proses naturalisasi berjalan, ada sponsor yang membantu proses tersebut. Jadi ini tidak murni inisiatif tunggal PSSI," lanjutnya.

Tentu saja, maraknya naturalisasi bisa memperkecil kesempatan bermain pemain asli Indonesia di Liga 1. Klub-klub lebih suka memainkan pemain asing dan naturalisasi di posisi utama.

Belum lama ini, Sriwijaya FC menambah kekuatannya setelah Beto Goncalves dan Esteban Vizcarra menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Tak hanya dua pemain itu saja, beberapa pemain asing lainnya sudah antri untuk mendapatkan status WNI.







Berita Terkait


1544072402684

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?