(Foto: Bolalob)

Plt Ketum PSSI Ingin Klub Liga 1 Miliki Tim Wanita dan Futsal

PSSI berkeinginan untuk membuat kompetisi sepak bola semakin semarak. Tak hanya sepak bola pria saja, nantinya PSSI ingin menyemarakkan dengan Liga 1 wanita, beach soccer, dan Futsal.

Namun khusus futsal, Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan baru sebatas wacana. Apalagi, futsal sudah mempunyai privatisasi dari PSSI melalui Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Sedangkan untuk sepak bola wanita, PSSI ingin menggelar kompetisi bersama dengan Asosiasi Sepak Bola Wanita (ASBWI) yang sebelumnya menggeliat dengan turnamen sepak bola wanita.



"Kita menyadari futsal dan sepak bola wanita baru di fase dasar. Olah karenanya ini butuh investasi. Ini tidak mudah karena ada struktur yang sudah berjalan di FFI dan asosiasi sepak bola wanita," ujar Joko Driyono beberapa waktu lalu yang lalu.

Sebelumnya Persija memiliki tim untuk kompetisi futsal pada 2013 lalu. Tim bernama Persija Futsal itu bertanding di ajang kompetisi Pro Futsal League garapan FFI.

Tahun ini sepak bola wanita sedang menggeliat. Joko Driyono pun melihat jika klub memiliki tim sepak bola wanita, maka kemeriahan kompetisi di Indonesia akan terus bertambah.

"Klub-klub Liga 1 diinstruksikan juga memiliki rantai terhadap sepak bola wanita dan juga futsal. Kita bayangkan satu pertandingan Liga 1 digelar dua laga yakni sepakbola pria dan wanita. Maka crowd sepak bola wanita akan sama dengan sepak bola pria,"

"Jadi nantinya misalnya tim sepak bola wanita Persija melawan tim wanita Persib juga memiliki crowd yang sama banyak," tandasnya.
PSSI ingin klub Liga 1 miliki tim wanita Selengkapnya  
editTerakhir diubah:  15/04/18 - 13:39

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Pelatih Semarang Akui Salah Terapkan Strategi Lawan Persija
Vicenzo Alberto Annese, pelatih asal Italia yang menangani PSIS Semarang, mengakui bahwa kesalahannya menerapkan strategi dan kelelahan psikis membuat asuhannya dikalakan Persija Jakarta 1-4 di Stadion Sulta Agung, Bantul, Jumat (20/4/2018)."Kekalahan ini bukan kesalahan pemain, bukan kesalahan manajemen, tetapi kesalahan saya sebagai pelatih," kata Vicenzo, pelatih PSIS Semarang usai pertandingan.Menurut dia, kesalahan itu karena dirinya terlalu mempercayai para pemain pada babak kedua yang bisa meraih angka, dengan strategi yang diambil menyusul permainan pada babak pertama yang sering melakukan penekanan.[suggestedarticle=3]"Kami terlalu percaya tim, termasuk personal masing-masing pemain bahwa babak kedua bisa mencetak angka. Jadi setelah selesai babak pertama kembali ke ruang ganti saya langsung mengubah strategi permainan pada babak kedua," jelas Vicenzo.Namun, kata dia, hal itu justru berbalik 180 derajat. Ini terbukti PSIS kebobolan empat gol pada babak kedua karena permainan Persija lebih mendominasi."Kami bisa kebobolan empat gol karena kesalahan pemain. Mereka tidak menekan Persija sehingga tercipta empat gol dan kami hanya bisa membalas satu gol," tutur Vicenzo.Ia mengatakan selama pertandingan para pemain PSIS Semarang tidak lelah fisik saat berlatih. "Tetapi mereka hanya lelah psikis sehingga berdampak pada kualitas permainan," jelas Vicenzo.Vicenzo menyinggung, suporter PSIS yang kurang maksimal memberikan dukungan para pemain, bahkan dia melihat antusiasme suporter Persija Jakarta lebih tinggi sehingga bisa memacu semangat tim.Menyangkut penggantian pemain pada babak kedua, ia mengakui hal itu keputusan keliru, karena kurang tepat berakibat kebobolan empat gol.
  229 kali
'Persija Layaknya Juventus di Italia'
PSIS Semarang telan kekalahan atas Persija di pekan kelima Liga 1. Skor 4-1 untuk Persija warnai pertandingan di Sultan Agung, Bantul, Jumat (20/4/2018).Pelatih PSIS, Vincenzo Annese kecewa karena menuai hasil minor meski sudah berlatih keras. Ada beberapa pemainnya yang juga bermain di bawah performa.[suggestedarticle=3]"Ini salah saya, saya mengubah strategi di babak kedua dan akhirnya berujung kebobolan. Kami kebobolan gol pertama karena lini belakang kami kurang konsentrasi saat menjaga Jamierson, dia melompat sendirian," jelas Annese."Saya melihat ini bukan karena kelelahan fisik, tetapi kekalahan mental psikologis pemain karena kami bermain di hadapan banyak suporter lawan yang datang ke stadion. Kami tak benar-benar main di rumah kami sendiri," lanjutnya.Pelatih asal Italia itu pun keluhkan kepemimpinan wasit Rariq Hitaba. Ia melihat banyak situasi yang tak menguntungkan timnya."Saat ini, di Indonesia semuanya Persija, Persija, dan Persija, seperti Juventus di Italia saja. Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi. Terpenting adalah apresiasi bagaimana anak-anak bermain sore hari ini," tandasnya.
  650 kali
DIARY: PSSI Ajukan Banding ke FIFA, Status Pemain Muda Indonesia di Klub Inggris Terjawab
PSSI mendapat sanksi FIFA usai gagal menghukum enam klub yang bersalah karena tunggakan gaji. PSSI pun segera mengimplementasikan hukuman FIFA kepada klub, khususnya Liga 2.Terkait Sanksi, PSSI Berupaya Banding dan Berikan Penjelasan ke FIFAArema FC menyatakan menerima keputusan Komisi Disiplin terkait sanksi yang diberikan. Arema FC harus menerima denda yang cukup banyak setelah para penonton berhasil menerobos masuk ke dalam lapangan saat laga melawan Persib, Minggu (15/4).Didenda Ratusan Juta Rupiah, Manajemen Arema FC Tak Akan BandingFIFA menjatuhkan sanksi denda kepada PSSI sebesar 3000 franc Swiss atau sekitar Rp 427 juta, pada Kamis (19/4/2018) atau tepat pada hari ulang tahun PSSI ke-88. Sanksi itu dijatuhkan karena PSSI dinilai tidak menjatuhkan sanksi pengurangan poin kepada enam klub Indonesia yang dinilai melakukan pelanggaran, sesuai yang diamanatkan FIFA. Pelanggaran yang dilakukan enam klub tersebut berkaitan dengan pasal 64 Kode Disiplin FIFA.Bukan Cuma PSSI yang Dapat Kado dari FIFA, Ini DaftarnyaPemain Indonesia keturunan Inggris, Jack Brown sempat tampil untuk tim West Ham United U-16 dalam sebuah laga uji coba melawan tim Swiss beberapa waktu lalu.Pemain Indonesia Ini Ungkap Kebenaran Statusnya di West Ham United
  2138 kali
Kemenangan atas PSIS Jadi Modal Besar Persija Hadapi Tampines
Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra Teco menyebut kemenangan 4-1 atas PSIS, Jumat (20/4/2018) menjadi modal besar untuk laga Piala AFC, Tampines Rovers, 24 April 2018.Sebelumnya Persija mendapatkan hasil positif saat ladeni Johor Darul Takzim (JDT) di Piala AFC dan Borneo di Liga 1. Streak tiga kemenangan membuat membuat semangat Persija bertambah di laga akhir Grup H.[suggestedarticle=3]Ya memang waktu menang dari Johor membuat pemain Persija semangat. Lalu kami juga sukses menang lawan Borneo dan hari ini menang lagi. Pastinya pemain lebih percaya diri dan punya semangat yang penuh," jelas Teco selepas pertandingan.Teco sudah merancang program untuk pertandingan melawan Tampines. Ia ingin pemainnya fit agar bisa meraih target menang di Singapura."Sekarang waktu sedikit saat bertemu tampines tapi pemain harus istirahat dan tim pelatih akan membuat program rocovery agar pemain siap lawan Tampines. Kita harus menang untuk bisa lolos," tandasnya.Persija butuh kemenangan agar bisa melaju ke fase selanjutnya. Selain itu, kemenangan atas PSIS membuat Macan Kemayoran kini nangkring di peringkat pertama klasemen sementara Liga 1 dengan poin sepuluh.
  563 kali
TOP NEWS: Besiktas Incar Punggawa Persija, El Loco Dipecat Madura United
Kegemilangan Marko Simic bersama dengan Persija Jakarta terdengar hingga benua biru alias Eropa.Media Turki Ungkap Masa Depan Simic dengan PersijaCristian Gonzales sudah resmi tidak lagi menjadi bagian dari Madura United. Pihak klub resmi mencoret Cristian Gonzales dari skuad Madura United.Madura United Resmi Pecat Cristian GonzalesKomisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi berat kepada Arema FC terkait dengan adanya kerusuhan laga kontra Persib, pekan lalu. Selain itu Bhayangkara FC juga mendapat dua sanksi dari Komdis.Hasil Sidang Komdis PSSI Terbaru: Arema FC dan Bhayangkara FC Banjir HukumanFIFA telah menetapkan tuan rumah Piala Dunia U-20 2019. Polandia akan menjadi tuan rumah setelah terpilih dalam rapat dewan FIFA di Bogota pada tanggal 16 Maret lalu.Timnas Indonesia U-19 Terbang ke Polandia Bila Lolos Piala Dunia
  2071 kali
TERPOPULER: Penjelasan Sanksi FIFA untuk PSSI, Kabar Mengejutkan dari Inggris
PSSI mendapat sanksi FIFA dengan denda sebesar 427 juta rupiah karena gagal menjatuhkan hukuman poin kepada enam klub yang menunggak gaji pemain.Ada Klub Liga 1, Ini Daftar Enam Klub yang Dapat Sanksi Pengurangan Poin dari FIFAKabar mengejutkan datang dari Arsenal. Manajer The Gunners, Arsene Wenger menyatakan mundur dari Arsenal setelah 22 tahun bersama tim yang identik dengan warna merah tersebut.Arsene Wenger Umumkan Mundur dari Arsenal di Akhir MusimCristian Gonzales sudah resmi tidak lagi menjadi bagian dari Madura United. Pihak klub resmi mencoret Cristian Gonzales dari skuad Madura United.Madura United Resmi Pecat Cristian GonzalesPelatih kepala Kensuke Takahashi mengistirahatkan tiga pemain senior dan memasukan beberapa pemain debutan di timnas futsal putri Indonesia.Pemain-pemain Debutan di Timnas Futsal Putri Indonesia Punya Potensi MenjanjikanKomisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi kepada Arema FC terkait dengan kerusuhan saat laga kontra Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, pekan lalu. Saat itu Aremania menyerbu masuk ke lapangan dan melukai pelatih Persib, Mario Gomez.Komdis PSSI Hukum Arema FC Ratusan Juta Rupiah
  911 kali
Konsentrasi Lini Belakang Jadi Kunci Persija Hancurkan PSIS
Persija Jakarta meraih kemenangan penting atas PSIS Semarang dalam laga pekan kelima Liga 1 2018, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (20/4/2018). Persija menang telak 4-1.Gol Persija dicetak oleh Jaimerson Xavier, Riko Simanjuntak, Marko Simic, dan Ramdani Lestaluhu. Semua gol Persija dicetak di babak kedua.[suggestedarticle=3]"Ini buah dari konsentrasi latihan. Kemenangan ini luar biasa. Hari ini saya apresiasi pemain karena konsentrasi di belakang dan juga bisa cetak banyak gol," ujar Teco dalam sesi jumpa pers usai pertandingan."Sekali lagi babak pertama tidak buruk karena tidak kebobolan. Mungkin karena konsentrasi di lini belakang. Kita sukses redam lini depan PSIS dan cetak banyak gol di laga ini," lanjutnya.Kemenangan tersebut menambah modal semangat Persija untuk melawan Tampines Rovers di Singapura pada 24 Maret mendatang. Kini pun, Persija berada di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan torehan 10 poin.
  589 kali
Menang atas PSIS, Teco Ungkap Peran Dua Pemain Persija Ini
Persija Jakarta berhasil memang besar atas PSIS Semarang dengan skor 4-1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (20/4/2018). Pelatih Stefano Cugurra Teco menyebut dua pemain yang rubah jalannya pertandingan.Si Merah-Putih pada babak pertama tampak kesulitan membobol gawang PSIS yang dikawal Bayu Aji. Namun, pelatih asal Brasil itu memasukan darah baru di babak kedua.Masuknya Ramdani Lestaluhu dan Addison Alves merubah jalannya pertandingan. Persija berhasil menguasai permainan dan bahkan mampu meredam agresivitas striker PSIS, Bruno Silva.[suggestedarticle=3]"Semua pemain cadangan sebelum masuk sudah perhatikan permainan dan kelemahan lawan," jelas Teco dalam sesi jumpa pers usai pertandingan."Hasilnya baik Ramdani dan Addison saat masuk di babak kedua bermain bagus dan merubah jalannya pertandingan," lanjutnya.Pada babak kedua, Persija berhasil mencetak empat gol melalui Jaimerson Xavier, Riko Simanjuntak, Marko Simic, dan Ramdani Lestaluhu.Kemenangan tersebut juga membawa Persija berada di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi sepuluh poin.
  1384 kali
Belajar dari Insiden Choirul Huda, PT LIB dan PSSI Lakukan Perbaikan
Insiden Choirul Huda menjadi pembelajaran berharga untuk aspek medikal di kompetisi sepak bola di Indonesia. Agar tidak terulang, PT LIB kini memberikan tiga hal baru di bidang aspek medikal.Setelah mendapat teguran keras dari FIFA, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru akhirnya berusaha memperbaiki aspek yang berkaitan dengan keselamatan pemain di lapangan. Dilansir dari akun Instagram klub PSPS, berikut ini tiga aspek yang diperbarui oleh PSSI dan PT. LIB.[suggestedarticle=3]1. Menggelar workshop medical untuk semua Dokter Tim yg nantinya akan terdaftar yg sudah dilakukan beberapa bulan yg lalu di Jakarta. 2. Saat pertandingan, alat pacu jantung portable wajib diletakkan di meja wasit cadangan ditepi lapangan. Klub tuan rumah/Panpel yang lalai, lupa dll akan langsung dihukum kalah 0-3 tanpa bertanding. 3. Setiap klub wajib melampirkan dokumen Asuransi dan Pre-Competition Medical Assessment (PCMA) pada dokumen pandaftaran pemain.   PSSI dan PT. Liga Indonesia baru mendapat teguran keras dari FIFA perihal aspek medical setelah musim lalu terjadi insiden alm. Choirul Huda dalam lanjutan kompetisi profesional Indonesia. Tahun ini ada untuk memperbaiki aspek medical yang lebih baik. Kami melihat ada 3 hal baru yg dilakukan PT. LIB selaku operator Liga. Pertama, menggelar workshop medical untuk semua Dokter Tim yg nantinya akan terdaftar yg sudah dilakukan beberapa bulan yg lalu di Jakarta. Kedua, pada laga match Alat Pacu Jantung Portable yg selama ini diletakkan pada mobil Ambulance wajib diletakkan di meja wasit cadangan ditepi lapangan. Klub tuan rumah / Panpel yang lalai, lupa dll akan langsung dihukum kalah 0-3 tanpa bertanding. Dan ketiga adalah wajibnya setiap klub melampirkan dokumen Asuransi dan Pre-Competition Medical Assessment (PCMA) pada dokumen pandaftaran pemain. Untuk itu, seluruh para pemain PSPS Riau sudah melakukan medical tsb dan hasilnya akan dilampirkan pada pendaftaran pemain ke PT. Liga. @pssi__fai #PSPS #PSPSRiau #AskarBertuah #Liga2Indonesia A post shared by PSPS Riau Official (@pspsriauofficial) on Apr 17, 2018 at 1:17pm PDT Tiga hal tersebut diharapkan bisa diterapkan dengan baik oleh pihak klub untuk menghindarkan kejadian yang menimpa Choirul Huda. Kiper Persela tersebut harus meregang nyawa karena gagal mendapat pertolongan yang layak saat kondisi kritis.
  472 kali
Modal Luar Biasa Tampines Rovers Jelang Tantang Persija
Persija Jakarta wajib waspadai Tampines Rovers saat keduanya duel di laga pamungkas Grup H Piala AFC. Klub asal Singapura itu tampilkan performa apik di S-League.Si Merah-Putih berhadapan dengan Tampines Rovers pada Rabu (24/4/2018) di Stadion Jalan Besar. Persija harus menang jika ingin lolos dari babak grup.[suggestedarticle=3]Namun, Tampines Rovers seperti menebar ancaman kepada Persija. Dalam laga terakhirnya, Rabu (18/4/2018), The Stags menang besar 4-0 atas Hougang United.Kemenangan tersebut hadi catatan positif Tampines Rovers jelang hadapi Persija. Tentu hal itu jadi modal berharga Fachruddin Mustafic dan kolega dalam menutup Piala AFC di kandang sendiri.Dalam pertemuan terakhir kontra Persija, Tampines Rovers kalah 1-4 di Jakarta. Anak asuh Juergen Rabb itu dipastikan tersingkir dari Piala AFC.Tampines Rovers kini berada di peringkat paling buncit Grup H. Mereka dipastikan bermain ringan tanpa beban menghadapi Persija yang punya beban menang.
  3085 kali
1524227402154 tag