(Foto: kompas.com)

Meski Ada Kerusuhan di Kanjuruhan, PSSI Yakin Partai Persija Vs Persib di SUGBK Aman

PSSI menghimbau perlu usaha keras untuk mengamankan laga-laga yang sarat dengan masa lalu yang penuh tantangan untuk persaingan Liga 1 2018 ini.

Untuk itu Joko Driyono sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI merasa yakin jika partai Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (28/4), akan berjalan dengan aman.

Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI Joko Driyono merasa cukup optimistis dengan hal itu setelah melihat kedua tim tersebut memiliki kesepahaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



"Ini masalah kesepahaman dan kedewasaan manajemen masing-masing klub bagaimana mengelola pertandingan itu dengan baik," ujar Joko ketika dihubungi dari Jakarta, Minggu malam.

Joko sendiri mengakui rekam jejak pertemuan Persija dan Persib beberapa kali diisi pengalaman kelam. Namun, dia menyebut soal itu bukan alasan untuk memiliki kekhawatiran berlebihan.

Menurut dia, permasalahan dalam sepak bola harus dihadapi, bukan dihindari. "Sepak bola tidak boleh kalah dari semua kesulitan. Industri sepak bola harus tumbuh dan berkembang," tutur Joko seperti dikutip antaranews.com.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) ini menyadari bahwa tidak mudah menaklukkan hambatan-hambatan itu.

Sebagai contoh, ketika baik PSSI maupun operator Liga 1 PT Liga Indonesia Baru (LIB) berusaha keras menekan angka kerusuhan dalam pertandingan sepak bola di tahun 2018, tetap saja terjadi kejadian seperti kala Arema FC berhadapan dengan Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 2018 yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu.

Pertandingan yang berakhir imbang 2-2 tersebut dihentikan pada detik-detik terakhir menjelang usai setelah terjadi lemparan-lemparan botol disusul masuknya suporter ke lapangan.

"Memang perlu usaha khusus untuk mengamankan laga-laga sarat dengan masa lalu yang penuh tantangan," kata Joko.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Ternyata Bukan Persib Cinta Pertama Konate di Liga Indonesia
Arema FC menjadi tim kelima Indonesia yang pernah dibela oleh pemain asing asal Mali, Makan Konate.Konate baru saja pindah dari Sriwijaya FC ke Arema pada paruh musim Liga 1 tahun ini. Pemain berusia 26 tahun ini pertama kali tiba di Indonesia adalah pada tahun 2012 bersama dengan PSPS Pekanbaru.Ia juga sempat berseragam Barito Putera pada tahun 2013 sebelum gabung Maung Bandung.Konate merasakan kesuksesan saat berseragam Persib Bandung saat meraih gelar juara Liga Super Indonesia tahun 2014 lalu dan juga Piala Presiden 2015. Usai sukses membawa Persib menjadi juara, Konate memilih pergi ke Liga Malaysia, bersama dengan T-Team yang saat itu dilatih oleh Rahmad Darmawan.[suggestedarticle=3]Ternyata Konate sudah lebih dulu menaruh kekaguman pada Arema sejak berkarir di Indonesia."Pertama-tama saya sangat senang dan bangga bisa memperkuat Arema FC," kata Konate dilansir dari laman resmi Liga 1."Kesempatan pertama datang ke Indonesia, saya melihat Arema. Menonton pertandingannya langsung suka," ucap Konate menambahkan.Konate menilai Arema FC merupakan tim besar dan memiliki pemain-pemain berkualitas."Saya ingin memulai awal dengan Arema FC," kata Konate."Pengalaman di klub sebelumnya sudah saya lupakan dan sekarang fokus saya membawa Arema FC berprestasi," ucap pemain yang sempat membela klub asal Libya, Al Akhdar SC.
Esteban Vizcarra Pastikan Tak Jalin Komunikasi dengan Persija
Pemain Sriwijaya FC Palembang, Esteban Vizcarra mengaku tak pernah mendapat tawaran hijrah ke Persija Jakarta di putaran dua Liga 1 2018.Di berbagai akun media sosial pendukung Persija, nama Vizcarra menjadi salah satu pemain yang diharapkan bisa bergabung dengan klub asal ibu kota tersebut.Terlebih, Direktur Persija Gede Widiade sempat menyampaikan bahwa klubnya akan mendatangkan satu atau dua pemain baru di bursa transfer paruh musim.[suggestedarticle=3]”Tidak ada kontak sama sekali dengan Persija. Saya tidak tahu dari mana rumor itu (pindah ke Persija),” kata Vizcarra saat dihubungi wartawan.Selain dengan Persija, Vizcarra juga gencar diberitakan sedang jadi buruan utama Persib Bandung.Pelatih Persib Roberto Mario Carlos Gomez berkali-kali menyampaikan bahwa dirinya butuh tambahan pemain berkualitas di sektor gelandang dan penyerang.
Maitimo dan OK John Datang, Persebaya akan Coret Beberapa Pemain
Usai merekrut dua pemain asal Madura United, Raphael Maitimo dan Onorionde Kughegbe atau biasa dipaggil OK John, Persebaya Surabaya siap-siap mencoret beberapa pemainnya menjelang putaran kedua persaingan Liga 1 2018.Menurut pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera, ada dua kategori pemain yang bakal dicoret. Pertama, mereka yang tampil kurang bersinar pada putaran pertama. Kedua, pemain yang berada pada posisi banyak stok pemain. Tentu yang kedua melihat pula kualitas mereka selama ini."Pemain yang kami coret nanti, pemain yang tidak dibutuhkan tim. Bisa juga banyak stok pemain di posisi tersebut. Kami sedang lakukan evaluasi," jelas Alfredo, seperti dikutip tribunnews.com. [suggestedarticle=3]Manajer Persebaya Chairul Basalamah mengatakan, dalam waktu dekat manajemen akan melakukan pencoretan pemain karena saat ini ada lebih dari 30 pemain termasuk Maitimo dan Ok Jhon.Selain itu, manajemen juga akan menambah satu pemain asing dari Asia pada bursa transfer paruh musim untuk memenuhi kuota pemain asing."Dalam waktu dekat kami akan melakukan pencoretan beberapa pemain. Juga menambah satu pemain asing asal Asia untuk slot satu pemain asing yang ada," tutur Chairul.Dirinya bersama pelatih masih butuh waktu dan pertimbangan. "Nanti saja akan kami rilis, sabar dulu. Siapa yang bertahan dan siapa yang keluar. Kami butuh pertimbangan, pelatih juga butuh waktu untuk itu," kata Chairul.
Perseru Serui Rekrut Eks Penyerang Persija Asal Brasil
Perseru Serui sukses mendaratkan penyerang asal Brasil, Luiz Junior di bursa transfer paruh musim Liga 1 2018.Luiz didatangkan Perseru dari klub kasta tertinggi Yordania, Al Jazeera.Rencananya, Luiz akan bermain untuk Perseru hingga kompetisi musim ini berakhir.”Ya kemarin (16/7) Luiz Junior sudah bergabung bersama kami. Saya harap dia bisa bermain secepatnya,” kata manajer Perseru, Killion Imbiri saat dihubungi Bolalob.[suggestedarticle=3]Selain Luiz, Perseru juga merekrut eks gelandang Botafogo, Osmar dos Santos Filho atau karib disapa Mazinho untuk menggantikan posisi Djamel Boerstra yang kontribusinya dinilai minim selama putaran pertama Liga 1.”Kami juga resmi mencoret Bomain Aime,” ujar Killion.Perseru akan menjadi tim keempat Luiz di Indonesia. Pemain berusia 28 tahun tersebut sebelumnya pernah memperkuat Barito Putera, Madura United, dan Persija Jakarta.
Persebaya Bidik Beberapa Pemain Asing Asal Asia
Persebaya Surabaya terus berupaya melengkapi kuota pemain asingnya musim ini.Klub berjulukan Bajul Ijo tersebut baru memiliki tiga pemain asing, di antaranya Otavio Dutra (Brasil), Robertino Pugliara (Argentina), dan David da Silva (Brasil).Manajer Persebaya, Chairul Basalamah tak menampik bahwa pihaknya sedang mencari pemain asing keempat.Sesuai regulasi Liga 1 2018, pemain asing keempat harus berasal dari Asia.[suggestedarticle=3]”Kami berniat merekrut pemain asing Asia. Sudah ada kandidat,” ujar manajer yang karib disapa Abud tersebut.Di bursa transfer paruh musim ini Persebaya sudah mendapatkan dua pemain anyar, yaitu OK John dan Raphael Maitimo dari Madura United.Keduanya diharapkan bisa membantu Persebaya meraih hasil lebih baik di putaran dua Liga 1.
PSSI Cari Lawan Tangguh untuk Timnas Indonesia U-19
Timnas Indonesia U-19 akan tampil di Piala Asia U-19 2018 yang dihelat pada bulan Oktober mendatang. Sebagai bagian dari persiapan, PSSI akan mencarikan lawan tangguh untuk Garuda Nusantara.Timnas Indonesia U-19 menjadi tuan rumah dalam ajang ini. Tim asuhan Indra Sjafri ditarget lolos ke semifinal agar bisa merebut tiket ke Piala Dunia U-20 2019.[suggestedarticle=3]Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria menyebut Egy Maulana Vikri CS akan dicarikan 2-3 lawan uji coba. Lawan yang dihadapi adalah tim dengan level tinggi."Dari PSSI, kami akan menyiapkan dua hingga tiga lawan latih tanding. Kami sedang mengkonfirmasi lawan-lawannya. Kami ingin memberi yang terbaik," ucap Tisha seperti dikutip dari Bolaskor.[pagebreak]Grup A[/pagebreak]"Untuk Asian Games, kami sudah menjajal Timnas U-23 dengan banyak sekali lawan kelas atas. Karena persiapan mepet, mungkin Timnas U-19 akan mendapat dua hingga tiga lawan uji tanding berkaliber tinggi untuk mempersiapkan diri. Karena grup Indonesia juga tidak mudah," jelas Tisha.Di Piala Asia U-19 2018, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A. Garuda Nusantara akan bersaing dengan Qatar, Uni Emirat Arab, dan Taiwan.
Laga Mitra Kukar Vs Sriwijaya FC di Tenggarong Diundur
Mitra Kutai Kartanegara batal menjamu Sriwijaya FC Palembang di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur, Selasa (17/7) sore.Salah satu laga di pekan ke-16 Liga 1 2018 itu jadwalnya mundur sehari menjadi Rabu (18/7).Menurut Media Officer Sriwijaya FC Agri Winata, perubahan jadwal tersebut merupakan permintaan Sriwijaya FC. ”Keputusan mundur sehari dari jadwal semula sudah diambil pada Emergency Meeting yang dipimpin Match Commisioner, Suprihatin,” kata Agri dilansir Bolalob dari laman resmi Liga 1.[suggestedarticle=3]Agri mengatakan, Sriwijaya FC kesulitan mendapat tiket penerbangan ke Balikpapan dan dijadwalkan baru tiba di Tenggarong hari ini.Kondisi serupa sempat dialami Mitra Kukar pada pekan lalu usai bertanding melawan PS Tira di Bantul, Yogyakarta.Bayu Pradana dkk terpaksa tinggal lebih lama di Yogyakarta karena kesulitan mendapatkan tiket untuk pulang ke Kalimantan Timur.
Gara-gara Tak Dapat Tiket, Partai Mitra Kukar vs Sriwijaya Ditunda
Partai tuan rumah Mitra Kukar menghadapi Sriwijaya FC pada persaingan Liga 1 2018, ditunda sehari dari jadwal semula pada Selasa (17/7) menjadi Rabu (18/7), karena skuat Sriwijaya belum hadir sesuai jadwal ditetapkan."Harusnya mereka sudah tiba di Kukar mulai hari Minggu, dan hari ini uji lapangan sekaligus jumpa pers," jelas Media Officer Mitra Kukar Agriwinata dihubungi dari Samarinda, Senin.Keterlambatan tim berjuluk Laskar Wong Kito tersebut menuju kota Tenggarong Kukar ditengarai karena padatnya jadwal penerbangan dengan tujuan Bandara Aji Sulaiman Sepinggan Balikpapan.[suggestedarticle=3]Berdasarkan informasi Laskar Wong Kito tak mendapat tiket pesawat dari Palembang menuju Balikpapan.Menurut Agri pertandingan Mitra Kukar melawan Sriwijaya FC telah dirilis ulang menjadi Rabu (18/7/2018) pukul 16.30 Wita."Ini berdasarkan emergency meeting dan kesepakatan kedua tim, maka pertandingan diundur harinya tanpa mengubah jam kick off," kata Agri seperti dikutip antaranews.com.Agri mengatakan, Mitra Kukar menyanggupi permintaan Sriwijaya yang meminta pengunduran jadwal pertandingan akibat kehabisan tiket pesawat."Sriwijaya, Selasa (17/7), baru terbang menuju Tenggarong. Mereka ada lima kloter penerbangan dari pagi sampai sore. Mereka siap bertanding kalau diundur hari Rabu. Mitra tidak keberatan atas permintaan itu," ucap Agri.Dengan demikian konferensi pers Mitra Kukar vs Sriwijaya FC akan berlangsung Selasa (17/7/2018) pukul 15.30 Wita, sedangkan jadwal latihan resmi Sriwijaya FC di stadion Aji Imbut pukul 17.00 Wita-18.00 Wita.
Di Mata Widodo C Putro, Persija Bukan Tim Istimewa
Pelatih Bali United Widodo C Putro memandang, tim Persija Jakarta bukanlah klub yang istimewa sehingga harus ditakuti dalam pertemuan Liga 1 2018 di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (17/7/2018). Maka itu, Bali United yakin bisa mencuri angka dari pertandingan ini."Kami tidak khawatir siapapun pemain Persija yang main nanti. Kami juga bermain dengan sebelas pemain," kata Widodo C. Putro di Stadion Sultan Agung Bantul, Senin (16/7).Pelatih berkepala dingin itu mengatakan, anak-anak asuhannya ditargetkan untuk mencuri poin. Baik itu tiga angka ataupun hanya satu poin saja. "Saya harap itu terealisasikan," tegas Widodo.[suggestedarticle=3]Melawan tim Ibu Kota tersebut, skuad Serdadu Tridatu harus mampu menghentikan dominasi penguasaan bola tuan rumah. Memotong alur-alur bola dari pemain ke pemain lain. "Yang harus diantisipasi itu, alur bola harus dimatikan," jelas Widodo.Dalam laga nanti, skuad Bali United memang masih belum utuh. Salah satunya Irfan Bachdim yang masih dalam tahap penyembuhan dari cedera. Diperkirakan Irfan baru bisa main dalam dua minggu ke depan."Irfan Bachdim sudah berobat, masih belum bisa dimainkan. Mudah-mudahan dua minggu ke depan sudah bisa," ucapnya.
Siaran Langsung Liga 1 2018, Selasa (17/7) dan Klasemen Sementara
Hari ini, Selasa (17/7/2018), persaingan Liga 1 2018 bakal digelar dua pertandingan. Persija Jakarta yang bertindak sebagai tuan rumah menjamu Bali United di Stadion Sultan Agung Bantul.Partai ini akan disiarkan langsung Indosiar mulai pukul 18:30 WIB. Diperkirakan Persija dipaksa kerja keras untuk meladeni semangat baru Bali United. Sementara Persija berada di peringkat kedelapan dengan 22 poin, sedangkan Bali United ada pada urutan kesembilang juga dengan 22 angka.Satu pertandingan lainnya yang bakal disiarkan langsung O'Channel mulai pukul 18:30 WIB adalah Madura United melawan Perseru Serui. Madura United mejamu tamunya di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan. [suggestedarticle=3]Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2018Selasa, 17 Juli 201818.30 WIB Persija Jakarta vs Bali United, Stadion Sultan Agung, Bantul, Live On Indosiar18.30 WIB Madura United vs Perseru Serui, Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Live On O'ChannelRabu, 18 Juli 201813.30 WIB Persipura Jayapura vs PSIS Semarang, Stadion Mandala, Jayapura, Live Streaming15.30 WIB Mitra Kukar vs Sriwijaya FC, Stadion Aji Imbut, Live On O'Channel18.30 WIB Persebaya Surabaya vs PSMS Medan, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Live On IndosiarHasil Pertandingan Liga 1 2018Minggu, 15 Juli 2018Arema FC 2-2 PS TiraPSM Makassar 2-1 Bhayangkara FCSenin, 16 Juli 2018Borneo FC 2-1 Barito PuteraPersib Bandung 1-0 Persela LamonganKlasemen Sementara Liga 1 2018, Sampai Senin (16/7)
1531803602411 tag