(Foto: kompas.com)

Meski Ada Kerusuhan di Kanjuruhan, PSSI Yakin Partai Persija Vs Persib di SUGBK Aman

PSSI menghimbau perlu usaha keras untuk mengamankan laga-laga yang sarat dengan masa lalu yang penuh tantangan untuk persaingan Liga 1 2018 ini.

Untuk itu Joko Driyono sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI merasa yakin jika partai Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (28/4), akan berjalan dengan aman.

Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI Joko Driyono merasa cukup optimistis dengan hal itu setelah melihat kedua tim tersebut memiliki kesepahaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



"Ini masalah kesepahaman dan kedewasaan manajemen masing-masing klub bagaimana mengelola pertandingan itu dengan baik," ujar Joko ketika dihubungi dari Jakarta, Minggu malam.

Joko sendiri mengakui rekam jejak pertemuan Persija dan Persib beberapa kali diisi pengalaman kelam. Namun, dia menyebut soal itu bukan alasan untuk memiliki kekhawatiran berlebihan.

Menurut dia, permasalahan dalam sepak bola harus dihadapi, bukan dihindari. "Sepak bola tidak boleh kalah dari semua kesulitan. Industri sepak bola harus tumbuh dan berkembang," tutur Joko seperti dikutip antaranews.com.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) ini menyadari bahwa tidak mudah menaklukkan hambatan-hambatan itu.

Sebagai contoh, ketika baik PSSI maupun operator Liga 1 PT Liga Indonesia Baru (LIB) berusaha keras menekan angka kerusuhan dalam pertandingan sepak bola di tahun 2018, tetap saja terjadi kejadian seperti kala Arema FC berhadapan dengan Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 2018 yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu.

Pertandingan yang berakhir imbang 2-2 tersebut dihentikan pada detik-detik terakhir menjelang usai setelah terjadi lemparan-lemparan botol disusul masuknya suporter ke lapangan.

"Memang perlu usaha khusus untuk mengamankan laga-laga sarat dengan masa lalu yang penuh tantangan," kata Joko.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Hasil Liga 1 2018, Sabtu (21/4), Jadwal dan Klasemen Sementara
Persib Bandung sukses memetik tiga angka dalam lanjutan persaingan Liga 1 2018, setelah Ezechiel Ndouassel dan kawan-kawan menekuk tim tamu Borneo FC 3-1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (21/4/2018).Hasil itu membuat Persib naik ke peringkat kelima dengan 8 poin, sedangkan Borneo di urutan ke-7 dengan 7 angka. Pada pertandingan lainnya, Persipura menekuk Mitra Kukar 2-1 di Stadion Mandala, Jayapura.Dengan hasil tersebut, Persipura sementara berada di peringkat pertama klasemen Liga 1 2018 dengan 11 angka dari tiga kali menang, dua kali imbang dan sekali kalah.PSM Makassar dan Madura United juga memetik kemenangan pada pekan kelima ini. PSM menang atas PS Tira 4-3, sedangkan Madura United meredam Arema FC 3-2. Untuk sementara Madura United di urutan ketiga dengan 9 angka, diikuti PSM Makassar dengan poin yang sama.[suggestedarticle=3]Hasil PertandinganJumat, 20 April 2018PSIS Semarang 1-4 Persija JakartaPSMS Medan 1-0 Perseru SeruiSabtu, 21 April 2018Persipura Jayapura 2-1 Mitra KukarMadura United 3-2 Arema FCPSM Makassar 4-3 PS TiraPersib Bandung 3-1 Borneo FCJadwal PertandinganMinggu , 22 April 2018Bali United vs Barito Putera, Kick-off 15.30 WIB, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Live On IndosiarPersebaya Surabaya vs Sriwijaya FC, Kick-off 18.30 WIB, Stadion Gelora Bung Tomo, Live On IndosiarSenin, 23 April 2018Bhayangkara FC vs Persela Lamongan, Kick-off 18.30 WIB, Stadion Gelora Delta, Live On Indosiar*Jadwal sewaktu-waktu dapat berubahKlasemen Sementara Liga 1 2018, Sampai Sabtu (21/4):
VIDEO: Lakukan Tindakan Tak Terhormat, Pemain Mitra Kukar Diganjar Kartu Merah
Pemain Mitra Kukar, Hendra Adi Bayauw harus diusir wasit karena melakukan tindakan yang tidak terpuji. Hendra melempar bola ke arah wajar wasit dan harus diusir keluar lapangan.Mitra Kukar tidak hanya gagal meraih poin saat menghadapi Persipura Jayapura. Satu pemain mereka, Hendra Adi Bayauw juga harus diusir wasit.[suggestedarticle=3]Kartu merah Hendra berawal dari keputusan wasit yang memutuskan Hendra berada dalam posisi offside. Tampak tidak terima dengan keputusan wasit tersebut, Hendra lantas melempar bola ke arah wajah asisten wasit.Asisten wasit mengangat bendera untuk memberi tanda kepada wasit utama dan kartu merah pun diberikan kepada Hendra atas tingkah lakunya yang tidak menghormati wasit.Pada laga tersebut Mitra Kukar harus mengakui keunggulan Persipura Jayapura dengan skor 2-1. Dua gol Persipura dicetak oleh Ian Louis Kabes dan Marcel Sacramento sedangkan satu gol balasan Mitra Kukar dicetak oleh Septian David Maulana.
  875 kali
Lawan Sriwijaya FC, Ini yang Harus Dilakukan Persebaya
Untuk mengalahkan Sriwijaya FC dalam persaingan Liga 1 2018, bukanlah hal yang mudah. Persebaya harus melakukan sesuatu agar tak dipermalukan di kandang sendiri, Stadion Gelora Bung Karno (GBT), Minggu (22/4/2018).Rendi Irwan Saputra dan kawan-kawan dituntut untuk bermain kompak agar bisa meraih hasil maksimal. Meski saat ini tengah terperosok di peringkat ke-13, Sriwijaya FC tetap bukan tim sembarangan. Skuad asuhan Rahmad Darmawan tersebut disesaki dengan pemain bintang. Mereka punya pemain lokal berkualitas seperti Hamka Hamzah, Adam Alis, Zulfiandi, dan duo pemain naturalisasi Esteban Viszcarra serta Beto Goncalves.[suggestedarticle=3]Laskar Wong Kito - julukan Sriwijaya FC, juga mempunyai penggawa impor berkualitas. Antara lain Makan Konate, Manuchekhr Dzhalilov, dan bek Mahamadou N’Diaye. Tapi, pelatih Persebaya sudah mengetahui cara yang pas untuk bisa meredam Sriwijaya FC."Sriwijaya punya pemain bagus. Paling penting kami harus kompak agar bisa meraih hasil maksimal," kata Angel Alfredo Vera, pelatih kepala Persebaya.Persebaya dan Sriwijaya baru-baru ini pernah berjumpa, yakni pada turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) 2018. Saat itu Green Force menang 2-0 lewat gol yang dicetak Fandi Eko Utomo dan Osvaldo Haay.Tapi, hasil tersebut bukan menjadi tolok ukur. Pasalnya, Sriwijaya FC kalah lantaran lebih banyak menurunkan pemain muda dan cadangan. Sekarang mereka membawa tim inti."Kami harus bermain sabar dan tidak terbawa permainan lawan. Kami juga harus tenang agar bisa manfaatkan peluang untuk mencetak gol," jelas Alfredo.Alfredo sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi Sriwijaya yang menurutnya, memiliki kekuatan tersembunyi.
  188 kali
Pelatih Semarang Akui Salah Terapkan Strategi Lawan Persija
Vicenzo Alberto Annese, pelatih asal Italia yang menangani PSIS Semarang, mengakui bahwa kesalahannya menerapkan strategi dan kelelahan psikis membuat asuhannya dikalakan Persija Jakarta 1-4 di Stadion Sulta Agung, Bantul, Jumat (20/4/2018)."Kekalahan ini bukan kesalahan pemain, bukan kesalahan manajemen, tetapi kesalahan saya sebagai pelatih," kata Vicenzo, pelatih PSIS Semarang usai pertandingan.Menurut dia, kesalahan itu karena dirinya terlalu mempercayai para pemain pada babak kedua yang bisa meraih angka, dengan strategi yang diambil menyusul permainan pada babak pertama yang sering melakukan penekanan.[suggestedarticle=3]"Kami terlalu percaya tim, termasuk personal masing-masing pemain bahwa babak kedua bisa mencetak angka. Jadi setelah selesai babak pertama kembali ke ruang ganti saya langsung mengubah strategi permainan pada babak kedua," jelas Vicenzo.Namun, kata dia, hal itu justru berbalik 180 derajat. Ini terbukti PSIS kebobolan empat gol pada babak kedua karena permainan Persija lebih mendominasi."Kami bisa kebobolan empat gol karena kesalahan pemain. Mereka tidak menekan Persija sehingga tercipta empat gol dan kami hanya bisa membalas satu gol," tutur Vicenzo.Ia mengatakan selama pertandingan para pemain PSIS Semarang tidak lelah fisik saat berlatih. "Tetapi mereka hanya lelah psikis sehingga berdampak pada kualitas permainan," jelas Vicenzo.Vicenzo menyinggung, suporter PSIS yang kurang maksimal memberikan dukungan para pemain, bahkan dia melihat antusiasme suporter Persija Jakarta lebih tinggi sehingga bisa memacu semangat tim.Menyangkut penggantian pemain pada babak kedua, ia mengakui hal itu keputusan keliru, karena kurang tepat berakibat kebobolan empat gol.
  279 kali
'Persija Layaknya Juventus di Italia'
PSIS Semarang telan kekalahan atas Persija di pekan kelima Liga 1. Skor 4-1 untuk Persija warnai pertandingan di Sultan Agung, Bantul, Jumat (20/4/2018).Pelatih PSIS, Vincenzo Annese kecewa karena menuai hasil minor meski sudah berlatih keras. Ada beberapa pemainnya yang juga bermain di bawah performa.[suggestedarticle=3]"Ini salah saya, saya mengubah strategi di babak kedua dan akhirnya berujung kebobolan. Kami kebobolan gol pertama karena lini belakang kami kurang konsentrasi saat menjaga Jamierson, dia melompat sendirian," jelas Annese."Saya melihat ini bukan karena kelelahan fisik, tetapi kekalahan mental psikologis pemain karena kami bermain di hadapan banyak suporter lawan yang datang ke stadion. Kami tak benar-benar main di rumah kami sendiri," lanjutnya.Pelatih asal Italia itu pun keluhkan kepemimpinan wasit Rariq Hitaba. Ia melihat banyak situasi yang tak menguntungkan timnya."Saat ini, di Indonesia semuanya Persija, Persija, dan Persija, seperti Juventus di Italia saja. Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi. Terpenting adalah apresiasi bagaimana anak-anak bermain sore hari ini," tandasnya.
  692 kali
Mario Gomez Lempar Pujian ke Dejan Antonic
Persib Bandung akan berhadapan kontra Borneo FC dalam lanjutan Liga 1, Sabtu (21/4). Jelang laga ini, pelatih Maung Bandung, Mario Gomez melempar pujian ke pelatih Borneo FC, Dejan Antonic.Gomez menyebut Dejan sebagai pelatih bagus. Ia pun meminta anak asuhnya untuk selalu waspada karena Borneo FC punya potensi untuk membahayakan Maung Bandung."Borneo saya rasa tim yang bagus dan mereka punya pelatih bagus (Dejan). Saya tidak terlalu mengenal dengan dia, tapi yang pasti, mereka bisa membahayakan. Jangan terlalu percaya diri, jangan hilang fokus sebelum game selesai," ucap Gomez seperti dilansir dari situs resmi Persib.[suggestedarticle=3]Gomez sendiri menegaskan bahwa ia menargetkan tiga poin untuk laga ini. Ia tidak ingin Persib membuang poin terlebih di kandang sendiri."Kami tidak ingin membuang kesempatan, apalagi bermain di depan banyak fans. Kemenangan di pertandingan besok akan sangat penting. Terutama untuk terus naik di klasemen," lanjut Gomez.Persib saat ini berada di peringkat 11 klasemen sementara. Dari empat laga, Maung Bandung baru mengumpulkan lima poin.
  244 kali
Lawan Borneo FC, Persib Bisa Mainkan Pemain Naturalisasi Ini
Kabar baik datang untuk kubu Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 pekan kelima musim ini.Persib yang akan menghadapi Borneo FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (21/4/2018) sudah bisa menurunkan bek Victor Igbonefo.Pemain naturalisasi itu absen dalam empat laga awal musim ini karena mendapat cedera dalam masa persiapan.[suggestedarticle=3]Hal ini disambut baik oleh pelatih Persib, Mario Gomez yang akan menduetkannya dengan Bojan Malisic di lini belakang Maung Bandung."Kita sekarang bisa mainkan Victor," kata Gomez, saat ditemui di Stadion GBLA, Kota Bandung, Kamis (19/4/2018). "Dia (Victor) main untuk gantikan Sabill," dia menegaskan. Pemain asal Nigeria ini menadpati cedera lutut dalam ajang Piala Presiden 2018 melawan PSM Makassar.Mario Gomez sebelumnya mengandalkan rekrutan anyar Persib yakni M Al Amin Syukur Fisabilillah untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Igbonefo.Sabil tampil baik saat berhadapan dengan Mitra Kukar dan Arema FC.
  397 kali
Cedera Lagi, Kim Jeffrey Belum Tau Kapan Bermain untuk Persib
Gelandang serba-bisa milik Persib Bandung, KimJeffrey Kurniawan masih belum tau kapan dirinya akan kembali tampil di lapangan hijau.Pemain naturalisasi asal Jerman itu sebelumnya sudah berlatih penuh selama sepekan guna tampil melawan Borneo FC akhir pekan ini. Bahkan dirinya sudahd ikut dalam simulasi bertanding dalam sesi latihan Persib.Sayang, rasa nyeri masih didapat oleh Kim Jeffrey, di bagian bekas cedera patah tulang fibulanya. Hal itu membuat dirinya harus beristirahat lagi dalam beberapa pekan kedepan. "Saya masih harus jadi bobotoh Persib, belum bisa main," ucap Kim Kurniawan."Jadi memang kemarin belum boleh main saya memaksakan untuk main, saya kira akan turun sakitnya. Ternyata masih sama saja. Saya terlalu semangat, ingin cepat sembuh," kata dia.[suggestedarticle=3]Dia pun gagal bereuni dengan pelatih yang mengorbitkan namanya di Pelita Bandung Raya, Dejan Antonic beberapa musim lalu. Dimana saat ini pelatih asal Serbia itu menangani Borneo FC."Mudah-mudahan Persib bisa tiga poin melawan Borneo FC," kata Kim Kurniawan yang mendapat cedera setelah ditebas pemain Persija, Rudi Widodo, di musim lalu.
  539 kali
DIARY: PSSI Ajukan Banding ke FIFA, Status Pemain Muda Indonesia di Klub Inggris Terjawab
PSSI mendapat sanksi FIFA usai gagal menghukum enam klub yang bersalah karena tunggakan gaji. PSSI pun segera mengimplementasikan hukuman FIFA kepada klub, khususnya Liga 2.Terkait Sanksi, PSSI Berupaya Banding dan Berikan Penjelasan ke FIFAArema FC menyatakan menerima keputusan Komisi Disiplin terkait sanksi yang diberikan. Arema FC harus menerima denda yang cukup banyak setelah para penonton berhasil menerobos masuk ke dalam lapangan saat laga melawan Persib, Minggu (15/4).Didenda Ratusan Juta Rupiah, Manajemen Arema FC Tak Akan BandingFIFA menjatuhkan sanksi denda kepada PSSI sebesar 3000 franc Swiss atau sekitar Rp 427 juta, pada Kamis (19/4/2018) atau tepat pada hari ulang tahun PSSI ke-88. Sanksi itu dijatuhkan karena PSSI dinilai tidak menjatuhkan sanksi pengurangan poin kepada enam klub Indonesia yang dinilai melakukan pelanggaran, sesuai yang diamanatkan FIFA. Pelanggaran yang dilakukan enam klub tersebut berkaitan dengan pasal 64 Kode Disiplin FIFA.Bukan Cuma PSSI yang Dapat Kado dari FIFA, Ini DaftarnyaPemain Indonesia keturunan Inggris, Jack Brown sempat tampil untuk tim West Ham United U-16 dalam sebuah laga uji coba melawan tim Swiss beberapa waktu lalu.Pemain Indonesia Ini Ungkap Kebenaran Statusnya di West Ham United
  2254 kali
Kemenangan atas PSIS Jadi Modal Besar Persija Hadapi Tampines
Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra Teco menyebut kemenangan 4-1 atas PSIS, Jumat (20/4/2018) menjadi modal besar untuk laga Piala AFC, Tampines Rovers, 24 April 2018.Sebelumnya Persija mendapatkan hasil positif saat ladeni Johor Darul Takzim (JDT) di Piala AFC dan Borneo di Liga 1. Streak tiga kemenangan membuat membuat semangat Persija bertambah di laga akhir Grup H.[suggestedarticle=3]Ya memang waktu menang dari Johor membuat pemain Persija semangat. Lalu kami juga sukses menang lawan Borneo dan hari ini menang lagi. Pastinya pemain lebih percaya diri dan punya semangat yang penuh," jelas Teco selepas pertandingan.Teco sudah merancang program untuk pertandingan melawan Tampines. Ia ingin pemainnya fit agar bisa meraih target menang di Singapura."Sekarang waktu sedikit saat bertemu tampines tapi pemain harus istirahat dan tim pelatih akan membuat program rocovery agar pemain siap lawan Tampines. Kita harus menang untuk bisa lolos," tandasnya.Persija butuh kemenangan agar bisa melaju ke fase selanjutnya. Selain itu, kemenangan atas PSIS membuat Macan Kemayoran kini nangkring di peringkat pertama klasemen sementara Liga 1 dengan poin sepuluh.
  573 kali
1524279602343 tag