(Foto: tribunnews.com)

Kemenpora Minta Komdis PSSI Bertindak Tegas Terhadap Arema FC

Tindakan tegas harus dijatuhkan kepada pihak-pihak yang menimbulkan kericuhan sepak bola. Jika tidak dikhawatirkan kericuhan seperti di Stadion Kanjuruan, Malang, Minggu (15/4/2018) bisa terulang lagi.

Hal ini diungkapkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Kemenpora berharap Komisi Disiplin (Komdis) PSSI memberi sanksi tegas pada Arema FC, terkait kericuhan suporter yang terjadi saat pertandingan melawan Persib di Stadion Kanjuruhan, dalam lanjutan Liga 1 2018.

"Saya khawatir kejadian ini akan menjadi hal yang buruk bagi sepak bola nasional. Untuk itu kami meminta PSSI melalui Komdis untuk bertindak tegas. Kalau tidak, kami khawatir akan terjadi di tempat lain," kata Seskemenpora Gatot S Dewa Broto di Kantor Kemenpora Jakarta, Senin (16/4), seperti dikutip antaranews.com.



Meski berharap ada sanksi tegas dari Komdis PSSI, Gatot mengingatkan sanksi tidak boleh menimbulkan polemik baru di kalangan insan sepak bola nasional dan masyarakat pada umumnya.

"Tegas itu sesuai yang lepas dari suka dan tidak suka. Poinnya memang ada di klub tuan rumah, aparat dan yang terakhir perilaku suporter," kata mantan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora itu.

Selama ini, sanksi yang sering diterima oleh klub karena ulah suporternya, hanyalah berupa denda berupa uang, melarang suporter mendukung tim kesayangannya saat bertanding hingga pengurangan poin.

"Memang harus lebih tegas. Apalagi Gomez (pelatih Persib) terluka. Jika tidak puas terhadap Indonesia, FIFA bisa bertindak. PSSI sendiri nanti yang repot," kata Gatot menegaskan.

Terkait dengan aparat keamanan, Gatot berharap semua aparat yang diturunkan dalam pengalaman sebuah pertandingan lebih sigap dalam menjalankan tugas. Namun, semuanya harus sesuai dengan prosedural.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Sudah Unggul Tapi Kalah, Ini Kata Pelatih Arema
Arema FC sempat unggul 2-1 saat menghadapi tuan rumah Madura United dalam lanjutan Liga 1 pekan kelima, sebelum akhirnya mereka kalah 2-3 dari tim tuan rumah.Dalam laga yang dihelat di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu sore (21/4/2018), Madura United unggul 1-0 lebih dulu melalui Greg Nwokolo pada menit ke-43, namun Arema bisa berbalik unggul melalui dua gol dari Dendi Santoso (45') dan Thiago Furtuoso (66').Menurut pelatih Arema, Joko Susili cederanya kiper Utam Rusdiana membuat mereka dengan mudah kebobolan dua gol di babak kedua."Semua sudah diantisipasi. Namun, Utam mengalami cedera. Setelah berkomunikasi dengan pelatih kiper, dia sanggup melanjutkan. Karena itu slot pergantian kami lakukan untuk pemain depan," beber Getuk."Sebenarnya permainan sudah sesuai dengan yang kami inginkan. Tapi, secara hasil tidak memihak kepada kami," imbuh Getuk.[suggestedarticle=3]Memang dalam laga ini Arema tak bisa menurunkan sejumlah pemain andalannya. Seperti Arthur Cunha da Rocha, absen karena akumulasi kartu. Sedangkan striker Dedik Setiawan juga menjalani hukuman kartu merah.Di pertandingan itu Singo Edan juga harus kehilangan striker andalan mereka Thiago Furtuoso, usai mencetak gol dirinya mendapati cedera.Hingga pekan kelima Arema belum juga meraih kemenangan dan harus terejerembab di dasar klasemen dengan raihan dua poin saja.
Milomir Seslija Ungkap Kunci Kemenangan MU atas Arema
Madura United sukses meraih kemenangan dramatis 3-2 atas Arema FC di lanjutan Liga 1 pekan kelima, di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu sore (21/4/2018).Madura United unggul 1-0 lebih dulu melalui Greg Nwokolo pada menit ke-43, namun Arema bisa berbalik unggul melalui dua gol dari Dendi Santoso (45') dan Thiago Furtuoso (66').Namun keunggulan Arema tak berlangsung lama, usai Madura United sukses mengembalikan keadaan melalui Raphael Maitimo (73'), dan Nuriddin Davronov (87'). [suggestedarticle=3]Pergantian pemain dinilai pelatih MU, Milomir Seslija menjadi kunci kebangkitan timnya dari ketertinggalan satu gol menjadi sebuah kemenangan.Maitimo dan Davronov memang masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua dan tampil impresif dengan mencetak gol."Saya sengaja menyimpan Maitimo dan Noura (Davronov). Kalau saya keluarkan semua pemain saya, Arema akan dengan mudah menguasai kami di babak kedua. Saya tidak ingin kekuatan terbaik tim ini berkurang," kata pelatih 53 tahun itu."Sepak bola bukan hanya soal 11 pemain, tapi kami bermain tim dan saya memikirkan hal itu. Semua pemain kami bisa menunjukkan penampilan bagus, termasuk dengan suporter yang datang mendukung," imbuh pelatih yang akrab disapa Milo itu.Kemenangan ini membuat Madura United sudah mengemas sembilan poin dari lima pekan yang sudah mereka jalani.
Seru! Madura United Raih Kemenangan atas Arema FC 3-2
Madura United menang 3-2 atas Arema FC di pekan kelima Liga 1 di Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (21/4/2018).Madura United mengambil inisiatif menekan sejak awal laga. Pada menit ke-14, Slamet Nurcahyo hampir membuat tuan rumah unggul, tapi bola melambung di atas gawang Arema.Tuan rumah unggul pada menit ke-43. Greg Nwokolo mencatatkan namanya di papan skor melalui eksekusi tendangan bebasnya. 1-0 untuk Madura.[suggestedarticle=3]Arema FC membalas lewat gol Dendi Santoso satu menit setelah gol Greg. Bola muntah berhasil dimanfaatkan oleh Dendi. 1-1 kedudukan, sekaligus menutup babak pertama.[pagebreak]Babak kedua[/pagebreak]Di babak kedua permainan berjalan menarik. Arema FC mampu menekan pertahanan Madura United dalam 20 menit awal babak kedua.Singo Edan unggul pada menit 66 melalui Thiago Furtuoso melalui sepakan penalti. Sebelumnya pemain Arema dilanggar bek Madura United di area 12 pas tuan rumah. 2-1 Arema memimpin.Tapi Madura mampu menyamakan kedudukan pada menit 73. Kali ini giliran tuan rumah yang mendapat hadiah penalti. Raphael Maitimo dengan dingin menaklukkan kiper Arema yang dikawal Utam Rusdiana. 2-2 kedudukan imbang.Madura United akhirnta mengunci kemenangan lewat Nuriddin Davronov. Golnya pada menit 87 cukup membuat Madura amankan tiga poin di kandang sendiri. Dengan kemenangan tersebut, Madura sementara naik ke posisi ketiga klasemen dengan torehan 10 poin.Susunan pemainMadura United: Angga Saputra; Fabiano Beltrame, Fachrudin Aryanto, Andik Rendika, Beny Wahyudi; Slamet Nurcahyo, Zah Rahan, OK Jhon; Greg Nwokolo, Alberto De Paula, Bayu Pradana.Arema FC: Utam Rusdiana; Purwaka Yudi, Johan Alfarizi, Wamiau, Syaiful Indra Cahya, Zaenuri; Hanif Sjahbandi, Hendro Siswanto, Rivaldi Bawuo, Dendi Santoso; Thiago Furtuoso.
  541 kali
Mario Gomez Lempar Pujian ke Dejan Antonic
Persib Bandung akan berhadapan kontra Borneo FC dalam lanjutan Liga 1, Sabtu (21/4). Jelang laga ini, pelatih Maung Bandung, Mario Gomez melempar pujian ke pelatih Borneo FC, Dejan Antonic.Gomez menyebut Dejan sebagai pelatih bagus. Ia pun meminta anak asuhnya untuk selalu waspada karena Borneo FC punya potensi untuk membahayakan Maung Bandung."Borneo saya rasa tim yang bagus dan mereka punya pelatih bagus (Dejan). Saya tidak terlalu mengenal dengan dia, tapi yang pasti, mereka bisa membahayakan. Jangan terlalu percaya diri, jangan hilang fokus sebelum game selesai," ucap Gomez seperti dilansir dari situs resmi Persib.[suggestedarticle=3]Gomez sendiri menegaskan bahwa ia menargetkan tiga poin untuk laga ini. Ia tidak ingin Persib membuang poin terlebih di kandang sendiri."Kami tidak ingin membuang kesempatan, apalagi bermain di depan banyak fans. Kemenangan di pertandingan besok akan sangat penting. Terutama untuk terus naik di klasemen," lanjut Gomez.Persib saat ini berada di peringkat 11 klasemen sementara. Dari empat laga, Maung Bandung baru mengumpulkan lima poin.
  226 kali
Lawan Borneo FC, Persib Bisa Mainkan Pemain Naturalisasi Ini
Kabar baik datang untuk kubu Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 pekan kelima musim ini.Persib yang akan menghadapi Borneo FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (21/4/2018) sudah bisa menurunkan bek Victor Igbonefo.Pemain naturalisasi itu absen dalam empat laga awal musim ini karena mendapat cedera dalam masa persiapan.[suggestedarticle=3]Hal ini disambut baik oleh pelatih Persib, Mario Gomez yang akan menduetkannya dengan Bojan Malisic di lini belakang Maung Bandung."Kita sekarang bisa mainkan Victor," kata Gomez, saat ditemui di Stadion GBLA, Kota Bandung, Kamis (19/4/2018). "Dia (Victor) main untuk gantikan Sabill," dia menegaskan. Pemain asal Nigeria ini menadpati cedera lutut dalam ajang Piala Presiden 2018 melawan PSM Makassar.Mario Gomez sebelumnya mengandalkan rekrutan anyar Persib yakni M Al Amin Syukur Fisabilillah untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Igbonefo.Sabil tampil baik saat berhadapan dengan Mitra Kukar dan Arema FC.
  385 kali
Cedera Lagi, Kim Jeffrey Belum Tau Kapan Bermain untuk Persib
Gelandang serba-bisa milik Persib Bandung, KimJeffrey Kurniawan masih belum tau kapan dirinya akan kembali tampil di lapangan hijau.Pemain naturalisasi asal Jerman itu sebelumnya sudah berlatih penuh selama sepekan guna tampil melawan Borneo FC akhir pekan ini. Bahkan dirinya sudahd ikut dalam simulasi bertanding dalam sesi latihan Persib.Sayang, rasa nyeri masih didapat oleh Kim Jeffrey, di bagian bekas cedera patah tulang fibulanya. Hal itu membuat dirinya harus beristirahat lagi dalam beberapa pekan kedepan. "Saya masih harus jadi bobotoh Persib, belum bisa main," ucap Kim Kurniawan."Jadi memang kemarin belum boleh main saya memaksakan untuk main, saya kira akan turun sakitnya. Ternyata masih sama saja. Saya terlalu semangat, ingin cepat sembuh," kata dia.[suggestedarticle=3]Dia pun gagal bereuni dengan pelatih yang mengorbitkan namanya di Pelita Bandung Raya, Dejan Antonic beberapa musim lalu. Dimana saat ini pelatih asal Serbia itu menangani Borneo FC."Mudah-mudahan Persib bisa tiga poin melawan Borneo FC," kata Kim Kurniawan yang mendapat cedera setelah ditebas pemain Persija, Rudi Widodo, di musim lalu.
  457 kali
Jonathan Bauman Baru Tahu Dua Kalimat Bahasa Indonesia
Pemain depan Persib Bandung, Jonathan Bauman masih terus mempelajari bahasa dan budaya yang ada di Indonesia. Bauman mengaku masih belum mencicipi banyak makanan Indonesia dan baru mengetahui beberapa kosakata bahasa.Pemain asal Argentina tersebut sudah berada di Indonesia sejak pertengahan Maret 2018. Setelah kurang lebih satu berada di Indonesia, Bauman kini masih terus berusaha beradaptasi.[suggestedarticle=3]Bauman mengaku masih belum bisa menyantap makanan Indonesia secara rutin. Lidahnya masih terus terus berusaha untuk beradaptasi dengan makanan di Indonesia."Saya biasa jalan-jalan di Bandung bersama istri saya. Cari tempat makan, tapi makanan Indonesia belum, saya masih adaptasi," kata Bauman dilansir situs resmi Persib.Bauman juga kini sudah mulai berusaha memahami bahasa meski sejauh ini baru tahu tentang dua kata dalam bahasa."Saya baru tahu, terimakasih, selamat pagi. Sedikit-sedikt, adaptasi juga," ucapnya.
  1245 kali
Persib Bandung Dapat Tambahan Tenaga untuk Laga Melawan Borneo FC
Persib Bandung mendapat kabar baik jelang pertandingan melawan Borneo FC, Sabtu (21/4). Pemain belakang, Victor Igbonefo menyatakan siap tampil untuk laga ini.Igbonefo baru didatangkan Persib dari Nakhon Ratchasima pada awal musim ini. Namun ia menderita cedera yang membuatnya harus absen di empat pertandingan awal Maung Bandung.Kini, Igbonefo sudah dinyatakan siap tampil. Ia pun berpeluang untuk melakoni debut resmi di laga kontra Borneo.[suggestedarticle=3]"Saya sudah dikasih tahu bisa main lawan Borneo. Saya juga sudah ikut latihan sama teman-teman yang lain. Saya siap kalau pelatih ingin saya main," ucap Igbonefo seperti dilansir dari situs resmi Persib."Kondisi kesehatan saya sudah bagus dan tidak ada masalah. Saya senang kalau bisa bantu tim. Tapi, keputusan main atau tidaknya lihat di pertandingan karena pelatih yang menentukan. Mudah-mudahan, saya bisa main," jelas Igbonefo.Persib saat ini berada di peringkat 11 klasemen sementara Liga 1. Kehadiran Igbonefo jelas diharapkan menjadi tambahan tenaga untuk tim asuhan Mario Gomez tersebut.
  1809 kali
Usai Main Bareng Ronaldinho Ini Tujuan Essien Berikutnya
Michael Essien akan kembali bersama skuad Persib Bandung setelah dirinya bermain bersama tim Ronaldo and friends pada laga amal. Nasib Essien di Persib hingga kini masih terkatung-katung karena belum ada klub baru yang bersedia menampung.Essien sejauh ini masih terikat kontrak dengan Persib namun tidak akan terpakai di Liga 1 2018. Persib sudah memiliki empat pemain asing dan memilih untuk menepikan Essien.Pemain asal Ghana tersebut akan tampil dalam laga amal yang digelar oleh UEFA. Essien akan bermain dengan sejumlah pemain legendaris dalam tim yang dipimpin oleh Ronaldinho. Usai laga tersebut Essien dipastikan akan kembali ke Bandung.[suggestedarticle=3]"Michael Essien kembali lagi ke Persib pada pekan depan karena dia memang masih terikat kontrak dengan Persib," jelas Teddy Tjahyono, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kamis (19/4/2018)."Sampai sekarang kami belum ada opsi untuk Essien, kami masih terus mencari apa yang terbaik dan kedua belah pihak tidak merasa dirugikan," tutur Teddy.Laga amal tersebut akan digelar pada Sabtu 21 April di Stade de Geneve, Swiss. Tim Ronaldinho akan menghadapi Tim Luis Figo yang juga berisi sejumlah mantan pemain bintang.
  1691 kali
Didenda Ratusan Juta Rupiah, Manajemen Arema FC Tak Akan Banding
Arema FC menyatakan menerima keputusan Komisi Disiplin terkait sanksi yang diberikan. Arema FC harus menerima denda yang cukup banyak setelah para penonton berhasil menerobos masuk ke dalam lapangan saat laga melawan Persib, Minggu (15/4).Ratusan Aremania berhasil masuk ke dalam lapangan saat laga melawan Persib Bandung. Insiden tersebut membuat kubu Arema FC total didenda Rp 300 juta dan penutupan sejumlah tribun penonton pada laga melawan Persipura dan PSM Makassar.[suggestedarticle=3]CEO Arema FC, Iwan Budianto menyampaikan pihaknya menerima sanksi yang diberikan Komisi Disiplin tersebut."Kami manajemen Arema menerima apa pun hukuman seperti klub sebelumnya atau lebih berat. Dan kami tidak akan banding," tegas Iwan. Hukuman tersebut diharapkan bisa memberikan efek jera dan pelajaran untuk pendukung klub lain.
  909 kali
1524211202116 tag