(Foto: kleberleite.com)

Unik! Wasit Ini Berikan Hadiah Penalti Saat Jeda Istirahat Babak Pertama

Teknologi memang dapat memudahkan seseorang dalam melakukan aktivitas. Tak terkecuali teknologi VAR yang digunakan dalam sepakbola.

VAR berfungsi sebagai alat yang membantu kinerja wasit saat di lapangan. Namun, kabar terbaru memberitakan ada kejadian unik saat laga Bundesliga antara Mainz melawan Freiburg.

Dilansir dari Daily Mail, bahwa dalam laga tersebut wasit sudah meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan pada babak pertama.

Namun, sesaat pemain sudah berada di ruang ganti, wasit pun kemudian memanggil kembali para pemain untuk melanjutkan pertandingan.

Wasit Guido Winkmann telah melihat kembali VAR, yang dimana terlihat salah satu pemain Freiburg melalukan handsball di kotak penalti.

Untuk itu ia memanggil kembali kedua tim melanjutkan laga, dan memberi Mainz tendangan penalti atas pelanggaran tersebut.



Sebelumnya, para pemain Mainz telah melakukan protes terhadap wasit untuk memberi hadiah penalti kepada mereka. Namun, wasit Guido dilanda keraguan.

Setelah melihat kembali VAR untuk melihat kejadian ulang, wasit pun memanggil kembali kedua tim saat sudah masuk ke ruang ganti.pemain.

Mainz yang medapatkan hadiah penalti tersebut, mampu memanfaatkannya menjadi sebuah gol. Laga pun berakhir dengan kemenangan Mainz atas Freiburg dengan skor 2-0.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Jupp Heynckes Ungkap Kekagumannya Pada Sule
Pelatih Bayern Muenchen, Jupp Heynckes mengungkapkan kekagumannya kepada pemain muda Niklas Sule, dengan memuji bahwa ia akan menjadi bek kelas dunia.Sule saat ini berposisi sebagai bek sentral di klub Bayern Muenchen.Kepindahan Jerome Boateng dan Mats Hummels ke Hoffenhein pada musim lalu, membuat Sule dicalonkan untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan kedua pemain tersebut.Pemain berusia 22 tahun itu mampu membayarnya dengan mencatatkan 32 penampilan bersama tim The Bavarian, 24 diantaranya tampil sebagai starter.Tak hanya itu, Sule pun sukses mengantarkan Bayern menjadi juara Bundesliga Jerman musim 2017/18.Hal ini membuat pelatih Jupp Heynckes memberikan pujian kepada pemain muda tersebut.Heynckes mengungkapkan bahwa Sule akan jadi pemain yang paling diburu oleh tim-tim di Eropa. “Ketika saya melihat Sule, dia akan menjadi pemain luar biasa, kelas dunia," kata Heynckes kepada Kicker. [suggestedarticle=3]“Dalam dua tahun ke depan, dia akan menjadi bek sentral paling diburu di Eropa.” ujarnya.Sule juga mengatakan bahwa Heynckes telah memberi kepercayaan besar terhadapnya. Hal ini tentunya tidak akan ia sia-siakan kepercayaan yang telah diberikan kepadanya.“Jupp sering bicara dengan para pemain dan memberi tahu mereka betapa pentingnya mereka untuk tim,” kata Sule kepada t-online pada awal tahun ini.[suggestedarticle]“Secara pribadi, saya pikir ini menyenangkan soal tuntutan besarnya buat saya, namun dia juga punya kepercayaan yang besar kepada saya.“Saya tahu itu karena saya telah memainkan banyak pertandingan. Itu adalah hal yang sangat penting buat pemain muda seperti saya. Saya butuh menit bermain jika ingin berkembang.” tutupnya.
  4921 kali
Heynckes Dedikasikan Meisterschale untuk Ancelotti
Bayern Munchen memastikan menyegel gelar juara Bundesliga musim 2017/2018 setelah melumat tuan rumah Augsburg 4-1. Bayern sukses mempertahankan gelar untuk enam musim beruntun. Lantas, Jupp Heynckes mendedikasikan Meisterschale musim ini untuk Carlo Ancelotti. Kepada BBC Sport Heynckes kemudian mendoakan yang terbaik untuk karier Ancelotti yang sejak dipecat September tahun lalu masih menganggur."Saya ingin mendoakan yang terbaik kepada Carlo Ancelotti di Italia," kata Heynckes.[suggestedarticle=3]Saat menukangi Bayern, Heynckes menerima warisan yang kurang postif dari Ancelotti. Pelatih berusia 73 tahun itu menangani Franck Ribery dan kolega dengan kondisi tertinggal lima poin dari Borussia Dortmund.Namun perlahan performa FC Hollywood terus membaik dan sukses menyalip Dortmund. Bayern mengunci gelar musim ini di pekan ke-29 atau menjelang lima pertandingan terakhir. mereka unggul jauh atas Schalke yang berada di posisi kedua. Total Bayern mengemas 23 kali menang, tiga kali imbang dan tiga kali kalah dengan perolehan 72 poin.Karier yang manis bagi Heynckes yang akan benar-benar pensiun dari hingar bingar sepak bola akhir musim ini. Dia menutupnya dengan membawa Bayern juara Bundesliga."Gelar ini juga untuknya. Dia pelatih yang luar biasa," ucapnya.
  481 kali
Mantan Pemain Bundesliga Ini Tolak Tawaran Klub Liga 1 Demi Persijap Jepara
Sempat bermain di Indonesia sebagain gelandang, mantan pemain Bundesliga ini telah berganti profesi sebagai pelatih klub Persija Jepara. Ia adalah Patrick Ghigani.Ghigani pernah bermain di Liga Premier Indonesia dalam beberapa tahun yang lalu. Setelah memutuskan pensiun sebagai pemain, Ghigani tertarik untuk mencoba karirnya sebagai pelatih dengan menjadi pelatih kepala di Nike Football Academy.Melihat hal tersebut, Persijap Jepara tertarik datangkan pelatih asal Jerman ini untuk menukangi tim mereka.Saat ini Persijap Jepara berkompetisi di Liga 3 Indonesia. Di bawah komando pelatih Ghigani, penampilan anak-anak Jepara ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini dibuktikan Persijap dengan menjadi tim yang menakutkan di Liga 3 musim 2018.[suggestedarticle=3]Dalam uji coba terakhir, tercatat skuat Ghigani telah meraih banyak kemenangan. Pada saat melakukan uji coba melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bumi Kartini beberapa waktu yang lalu (9/2), Persijap menerima kekalahan dengan skor 2-0.Namun, penampilan anak asuh dari Ghigani ini menuai pujian. Pasalnya, susunan pemain kedua tim tidaklah seimbang.Penampilan impresif yang ditunjukan Persijap membuat Ghigani dilirik oleh beberapa klub di Liga 1.Namun, pelatih berkebangsaan jerman itu tidak tertarik untuk pindah ke Liga 1.Ia lebih memilih untuk bertahan di Jepara dan mengantarkan tim tersebut promosi ke Liga 2 pada musim 2019.Hal tersebut juga disampaikan oleh pemilik dari Persijap Jepara, Esti Puji Lestari."Banyak yang mendekati namun dia tetap setia bersama Persijap," ujar Esti.
  4858 kali
Hasil Liga Jerman: Kalahkan Augsburg 4-1, Munchen Juara Bundesliga
Bayern Munchen memastikan gelar juara Bundesliga musim 2017/2018 setelah mengamuk di markas Augsburg WWK Arena, Sabtu (7/4/2018). Meski sempat tertinggal akibat gol bunuh diri Niklas Suele di menit ke-18 tetapi The Bavarian sukses menutup laga dengan skor 4-1.Meski Bundesliga masih menyisakan lima pertandingan, namun selisih 20 poin atas peringkat kedua Schalcke tak laga terkejar. Dengan begitu, Munchen dapat berkonsentrasi penuh di ajang Liga Champions khususnya menghadapi leg kedua tengah pekan depan.Diprediksi menang mudah atas Augsburg, Jupp Heynckes menyimpan sejumlah pemain inti seperti Robert Lewandowski, Mats Hummels, Thomas Mueller dan Franck Ribery. Namun, dua nama terakhir akhirnya dimainkan dari bangku cadangan.[suggestedarticle=3]Setelah tertinggal satu gul sejak menit ke-18, Bayern akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui kaki Correntin Tolisso di menit ke-32, sebelum akhirnya unggul di menit ke-36 melalui gol James Rodriguez. Kedudukan 1-2 untuk tim tamu bertahan hingga 45 menit pertama usai.Augsburg coba memberikan perlawanan saat pluit panjang babak kedua dimulai. Namun, Bayern terlalu kuat bagi tim tamu untuk diimbangi. Alih-alih menyamakan kedudukan, tim tamu justru kembali unggul pada menit ke-62 lewat Arjen Robben. Pemain asal Belanda itu tanpa ampun menaklukkan kiper tuan rumah Marwin Hitz untuk unggul 3-1.Unggul dua gol tidak membuat serangan Bayern kendur. Wasit memberikan tembakan bebas kepada Bayern yang dieksekusi Robben dengan sepakan mendatar. Hitz menjatuhkan diri untuk menepis bola di tiang jauh.Pada 10 menit terakhir, Franck Ribery yang berulang tahun pada hari ini masuk ke lapangan menggantikan Bernat. Thomas Mueller juga mendapatkan menit bermain usai menggantikan Robben.Bayern melengkapi kemenangannya dengan gol keempat di menit 87. Sepak pojok Sebastian Rudy jatuh di kotak penalti dan disundul Sandro Wagner ke sudut jauh di luar jangkauan Hitz. Skor 1-4 bertahan hingga laga usai. Selain memenangkan laga, Beyern pun mengunci gelar Bundesliga musim ini untuk keenam kali secara beruntun.Torehan 72 poin hasil dari 23 kali menang, tiga kali imbang dan tiga kali tumbang tidak laga mampu disalip Schalcke yang saat ini meengoleksi 52 poin hasil dari 15 kali menang, tujuh kali imbang, dan enam kali kalah.Susunan PemainSusunan PemainAugsburgHitz, Hinteregger, Gouweleeuw, Max, Baier (Janker 89'), Caiuby, Schmid, Koo, Gregoritsch (Moravek 80'), Khedira, Cordova (Richter 63')Bayern MunchenUlreich, Rafinha, Boateng, Juan Bernat (Ribery 82'), Suele, Kimmich, Robben (Mueller 83'), Rudy, James Rodriguez (Javi Martinez 64'), Tolisso, Wagner
  499 kali
Mengungkap Tarif Wasit dan Hakim Garis Piala Dunia 2018 Rusia
Sebanyak 36 wasit akan memimpin pertandingan-pertandingan Piala Dunia 2018. Dari 36 wasit itu, setidaknya ada 16 wasit yang masuk kategori elite. Mereka yang masuk pada kategori elite, akan mendapatkan kontrak selama Piala Dunia berlangsung dengan nilai gaji paling tinggi. Gaji pada kontrak tersebut belum termasuk honor setiap memimpin pertandingan. [suggestedarticle=3]Wasit-wasit elite, menurut UOL Esporte, menerima gaji 70.000 dollar AS (sekitar Rp 964 juta) dan honor per pertandingan yang mereka pimpin 6.500 dollar AS (sekitar Rp 89,5 juta). Wasit yang tidak masuk kategori elite menerima lebih kecil.Pada Piala Dunia 2010 dan 2014, wasit menerima gaji 50.000 dollar AS (sekitar Rp 688 juta) dan honor per pertandingan 5.000 dollar AS (sekitar Rp 69 juta). Wasit yang masuk kategori elite antara lain Cuneyt Cakir, Felix Brych, Sergey Karasev, Bjorn Kuipers, dan Szymon Marciniak.Sementara itu, hakim garis akan menerima gaji 30.000 dollar AS (sekitar Rp 413 juta) dan honor per pertandingan sebesar 2.500 dollar AS (sekitar Rp 34,5 juta). (Total Sportek)
  1772 kali
Setelah Absen Enam Bulan, Neuer Akhirnya Kembali 'Pegang' Bola
Kiper Bayern Muenchen, Manuel Neuer untuk pertama kalinya berlatih dengan bola setelah absen selama enam bulan.Neuer sudah dapat kembali berlatih setelah harus absen akibat cedera kaki yang dialaminya.Pemain berusia 32 tahun itu sejak September 2017 tak bisa memperkuat Bayern Muenchen. Ia harus menjalani operasi pada jari kakinya.Dalam sesi latihan penjaga gawang di Sabener Strasse, terlihat Neuer kembali berlatih menggunakan bola untuk pertama kalinya. "Untuk pertama kali setelah lebih dari enam bulan Manuel Neuer menjalani sesi latihan kiper dan dengan percaya diri menghalau tembakan-tembakan ke gawangnya," tulis pernyataan resmi Bayern Muenchen.[suggestedarticle=3]"Kiper nomor satu Bayern itu latihan lari Selasa, (3/4/2018) dan sekarang kembali berlatih menggunakan bola."Sejauh ini Bayern Muenchen menunjuk Sven Ulreich untuk menggantikan posisi dari Neuer.Neuer berharap cederanya dapat segera pulih agar ia bisa tampil sebelum akhir musim di kompetisi Bundesliga.
  523 kali
Dua Laga PSMS Selalu Memakan "Korban"
PSMS Medan belum meraih satu kemenangan pun dalam dua laga awal Liga 1 musim 2018 ini, mereka berstatus tim promosi pada musim ini.Skuat asuhan Djajang Nurjaman ini menderita dua kekalahan dari Bali United (0-1) dan Bhayangkara FC (1-2) dalam dua laga pertama mereka.Namun uniknya, dua laga awal PSMS selalu berujung pada evaluasi wasit yang memimpin laga itu.Yang pertama dialami wasit pemimpin pertandingan Bali United melawan PSMS, Sabtu 24 Maret 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar. Wasit Maulana mendapat hukuman karena tidak jeli dalam melihat pelanggaran.[suggestedarticle]Dalam laga itu, pemain Bali United, Nick van der Velden kedapatan menendang ke arah paha pemain PSMS, Sadney Urikhob. Namun, Maulana cuma memberi kartu kuning.Lalu selanjutnya pada laga kedua saat menjamu Bhayangkara FC di Stadion Teladan, Medan. Asisten wasit Tri Wahyudi dinilai keliru dalam melihat posisi striker BFC, Herman Dzumafo yang sudah dalam posisi offside.Dzumafo mencetak gol pertama untuk Bhayangkara FC atas PSMS."Kami telah mendapat laporan dari komite wasit dan referee assessor, yang bersangkutan statusnya di evaluasi untuk tidak ditugaskan terlebih dahulu," ujar Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.Pelatih PSMS, Djajang Nurjaman juga sempat mengeluhkan kepemimpinan wasit dalam laga itu."Bukan cari alasan, tapi kita memang dirugikan wasit. Buktinya wasitnya dihukum lagi kan," kata pelatih PSMS, Djadjang Nurdjaman.
  4294 kali
Tim Medis Bongkar Aib Guardiola Selama di Bayern
Pelatih Manchester City Josep Guardiola disebut tidak profesional selama menjadi pelatih Bayern Munchen. Ungkapan tersebut disampaikan Hans Muller-Wohlfahrt yang merupakan salah satu tim dokter yang dimiliki Bavarian.Seperti dalam laporan Marca, Muller-Wohlfahrt menyebut dalam buku otobiografinya bahwa pelatih asal Spanyol tersebut kerap lalai dalam urusan medis pemain. Guardiola seperti tidak peduli terhadap kondisi sejumlah pemain yang sedang dibekap cedera. bahkan, kata dia, pep cenderung menempuh cara yang salah menyikapi hal tersebut."(Guardiola) lalai dalam profesi medis," kata Muller-Wohlfahrt.Baru-baru ini kepada saluran televisi Jerman ZDF Muller-Wohlfahrt mengatakan, yang terpenting bagi Pep pemain yang menjadi andalannya harus main. Kebijakan Pep bukan untuk menyembuhkan pemain yang cedera tetapi cukup diberikan rasa penghilang sakit.[suggestedarticle=3]"Dia tidak ingin menyembuhkan cedera. Dia hanya ingin menghilangkan rasa sakit dari pemain dan itu bertentangan dengan filosofi saya," ujarnya.Muller-Wohlfahrt pun menyebut kerap diremahkan Pep. Menurutnya, sebagai seorang pelatih kepala Pep sangat superior dan kadangkala membuat semua masukan dari sejumlah komponen klub tak didengarnya."Dia meremehkanku dan berusaha menjadikanku pelayan. Dia merasa lebih superior dari yang lain dan dia pikir dia lebih pintar dari siapa pun," ujarnya.Dokter olahraga 75 tahun itu akhirnya memilih mundur dari Bayern dan kembali ke Allianz Arena November 2017 setelah Pep pergi ke Manchester City. Bahkan, Muller-Wohlfahrt kerap ditempatkan sebagai kembing hitam oleh Pep. "Saya memiliki posisi istimewa di klub dan dia tidak tahan bahwa saya sama pentingnya dengan dia,. Dia memanfaatkan setiap kesempatan untuk membuat saya terlihat buruk," ujarnya. "Dia adalah orang dengan harga diri rendah yang akan melakukan semua yang dia bisa untuk menyembunyikannya dari orang lain. Dia hidup dalam keadaan terus takut kehilangan kekuatan dan otoritasnya,” ungkapnya.Diketahui, ungkapan yang disampaikan Muller-Wohlfahrt bukanlah hal yang pertama. Meski begitu, pelatih Man City itu tak kunjung merespons balik tudingan tersebut.
  3154 kali
Hasil Liga Jerman: Munchen Cukur Dortmund 6-0
Laga big match Bundesliga tersaji di Allianz Arena antara Bayern Munchen kontra Borussia Dormund. Meski bertajuk laga Der Klassiker tetapi jalannya laga tak menunjukkan hal tersebut. Munchen menang telak 6-0.Mesin gol utama The Bavarian Robert Lewandowski menjadi sorotan banyak mata setelah mencetak hat trick ke bekas klubnya tersebut. Tambahan tiga poin membuat Bayern kembali menjauh 17 poin drai posisi runner up Schalke 04.Bermain di rumah sendiri, Minggu dini hari WIB (1/4/2018) nama besar Dortmund seperti tenggelam di balik kedigdayaan tuan rumah. Laga baru berjalan lima menit Bayern sudah unggul setelah Lewandowski menyelesaikan umpan matang Thomas Muller. [suggestedarticle=3]Pesta gol pun berlanjut pada menit ke-14 setelah pemain pinjaman dari Real Madrid james Rodriguez berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Bola hasil umpan silang dari David Alaba dituntaskan dengan sepakan kaki kiri James.Pada ke-23 giliran Muller yang mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa Bayern unggul 3-0. Muller tidak menyia-nyiakan umpan manis James melalui skenario serangan balik. Jelang akhir babak pertama Lewandowski kembali mencetak gol keduanya di menit ke-44 dan di masa injury time Franck Ribey menambah derita Dortmund. Keunggulan 5-0 menutup 45 menit pertama.Keunggulan yang menganga membuat Bayern menurunkan tempo permainan secara drastis. Bayern tak ubahnya bermain dengan paradigma agar laga cepet berakhir. Para punggawa asuhan Jupp Heynckes memainkan bola di area tengah lapangan untuk memancing Dortmund keluar dari pertahanan yang bermain hati-hati di paruh kedua. Laga pun sontak menjadi monoton meski beberapa kali Bayern sukses membahayakan pertahanan Dortmund. Ketika laga tersisa tiga menit waktu normal, Lewandowski mencetak hat trick. Striker yang sedang diincar Real Madrid itu dengan mudah merobek gawang Dortmund untuk kemudian mengubah skor menjadi 6-0. Striker asal Polandia itu sebelumnya berhaisl menggapai umpan Joshua Kimmich.
  584 kali
Piala Dunia 2018 tanpa Wasit dari Britania Raya
Federasi sepak bola dunia, FIFA, mengumumkan daftar wasit pada Piala Dunia 2018. Dalam daftar tersebut tidak ada wasit yang berasal dari Britania Raya (Raya—Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales). Ini adalah pertama kalinya dalam 80 tahun terakhir wasit Britania Raya absen di Piala Dunia. Daftar wasit untuk Piala Dunia 2018 memang sudah disiapkan oleh setiap konfederasi, termasuk UEFA, sejak beberapa bulan yang lalu. Masing-masing konfederasi memang dipersilakan mengirimkan perwakilan dari setiap negara anggota.[suggestedarticle=3]Dari nama-nama yang dikirim tersebut, FIFA bakal melakukan penyaringan. Banyak hal yang menjadi tolok ukur, mulai kecakapannya dalam memimpin pertandingan dalam beberapa tahun terakhir hingga keberadaannya dalam sebuah kompetisi papan atas.Untuk Piala Dunia 2018, Inggris mengirimkan nama Mark Clattenburg sebagai wasit utama dan tiga asistennya, Michael McDonough, Simon Long, dan Michael Jones jadi pilihan Inggris untuk Piala Dunia 2018. Apesnya, pilihan mereka tak diterima oleh FIFA.[pagebreak]Alasan FIFA Coret Mark Clattenburg[/pagebreak]FIFA menolak Clattenburg karena keputusannya untuk meninggalkan Premier League dan memutuskan menjadi kepala wasit Professional League Arab Saudi di Januari 2017 lalu. Sementara itu, tak disebutkan alasan mengapa FIFA menolak tiga nama yang lain.Federasi sepak bola Inggris, FA, telah melakukan beberapa cara untuk mencari pengganti Clattenburg. Salah satunya adalah dengan mengusulkan nama tenar lain, seperti Martin Atkinson, Stuart Attwell, Robert Madley, Michael Oliver, Craig Pawson, Anthony Taylor, dan Paul Tierney.Namun, dari sekian banyak opsi yang diberikan oleh FA, FIFA selalu menolak. Mereka merasa bahwa tujuh nama yang dipilih untuk menjadi pengganti Clattenburg tak punya kredibilitas serta kelayakan untuk memimpin turnamen papan atas.Ada 10 nama dari UEFA yang diterima untuk menjadi wasit Piala Dunia 2018. Dari 10 nama yang dipilih oleh FIFA, hanya Cuneyt Cakir, Bjorn Kuipers, dan Gianluca Rocchi yang masuk dalam kategori wasit papan atas.Artikel ini ditulis oleh jurnalis Kumparan.com Bergas Brillianto dan Abrar Firdiansyah dan pertama kali tayang di Kumparan.com pada Jumat (30/3/2018), pukul 08.18 WIB.
  1071 kali
1522419002277 tag