(Foto: Bolalob)

Hadapi PSIS, Persija Siap Matikan Bruno Silva

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco mewaspadai penyerang PSIS Semarang, Bruno Silva saat pekan kelima Liga 1 2018, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (20/4/2018).

Bruno Silva baru saja mencetak hattrick saat hadapi PSMS Medan pekan lalu. Dalam laga tersebut Mahesa Jenar menang telak 4-1 atas Ayam Kinantan, Minggu (15/4/2018).



Teco akui Bruno Silva merupakan ancaman bagi Persija. Teco pun ingin barisan pertahanan mampu mematikan pergerakan Bruno Silva saat pertandingan nanti.

“Ya saya akui kualitas Bruno memiliki finishing yang bagus. Dia pemain punya inisiatif membuka ruang dengan terus bergerak. Tapi kita harus konsentrasi untuk menjaga dia dengan benar,” ujar Teco, Senin (16/4/2018).

Pelatih 47 tahun itu mengimbau pemainnya untuk tidak melakukan pelanggaran di kotak penalti. Ini berkaitan dengan fasihnya Bruno Silva dalam mengeksekusi bola-bola mati.

"Harus hati-hati apalagi tim lawan punya spesialis bola mati. Kita jangan selalu sering buat pelanggaran di kotak penalti,” tandasnya.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Sudah Unggul Tapi Kalah, Ini Kata Pelatih Arema
Arema FC sempat unggul 2-1 saat menghadapi tuan rumah Madura United dalam lanjutan Liga 1 pekan kelima, sebelum akhirnya mereka kalah 2-3 dari tim tuan rumah.Dalam laga yang dihelat di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu sore (21/4/2018), Madura United unggul 1-0 lebih dulu melalui Greg Nwokolo pada menit ke-43, namun Arema bisa berbalik unggul melalui dua gol dari Dendi Santoso (45') dan Thiago Furtuoso (66').Menurut pelatih Arema, Joko Susili cederanya kiper Utam Rusdiana membuat mereka dengan mudah kebobolan dua gol di babak kedua."Semua sudah diantisipasi. Namun, Utam mengalami cedera. Setelah berkomunikasi dengan pelatih kiper, dia sanggup melanjutkan. Karena itu slot pergantian kami lakukan untuk pemain depan," beber Getuk."Sebenarnya permainan sudah sesuai dengan yang kami inginkan. Tapi, secara hasil tidak memihak kepada kami," imbuh Getuk.[suggestedarticle=3]Memang dalam laga ini Arema tak bisa menurunkan sejumlah pemain andalannya. Seperti Arthur Cunha da Rocha, absen karena akumulasi kartu. Sedangkan striker Dedik Setiawan juga menjalani hukuman kartu merah.Di pertandingan itu Singo Edan juga harus kehilangan striker andalan mereka Thiago Furtuoso, usai mencetak gol dirinya mendapati cedera.Hingga pekan kelima Arema belum juga meraih kemenangan dan harus terejerembab di dasar klasemen dengan raihan dua poin saja.
Milomir Seslija Ungkap Kunci Kemenangan MU atas Arema
Madura United sukses meraih kemenangan dramatis 3-2 atas Arema FC di lanjutan Liga 1 pekan kelima, di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu sore (21/4/2018).Madura United unggul 1-0 lebih dulu melalui Greg Nwokolo pada menit ke-43, namun Arema bisa berbalik unggul melalui dua gol dari Dendi Santoso (45') dan Thiago Furtuoso (66').Namun keunggulan Arema tak berlangsung lama, usai Madura United sukses mengembalikan keadaan melalui Raphael Maitimo (73'), dan Nuriddin Davronov (87'). [suggestedarticle=3]Pergantian pemain dinilai pelatih MU, Milomir Seslija menjadi kunci kebangkitan timnya dari ketertinggalan satu gol menjadi sebuah kemenangan.Maitimo dan Davronov memang masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua dan tampil impresif dengan mencetak gol."Saya sengaja menyimpan Maitimo dan Noura (Davronov). Kalau saya keluarkan semua pemain saya, Arema akan dengan mudah menguasai kami di babak kedua. Saya tidak ingin kekuatan terbaik tim ini berkurang," kata pelatih 53 tahun itu."Sepak bola bukan hanya soal 11 pemain, tapi kami bermain tim dan saya memikirkan hal itu. Semua pemain kami bisa menunjukkan penampilan bagus, termasuk dengan suporter yang datang mendukung," imbuh pelatih yang akrab disapa Milo itu.Kemenangan ini membuat Madura United sudah mengemas sembilan poin dari lima pekan yang sudah mereka jalani.
Pelatih Semarang Akui Salah Terapkan Strategi Lawan Persija
Vicenzo Alberto Annese, pelatih asal Italia yang menangani PSIS Semarang, mengakui bahwa kesalahannya menerapkan strategi dan kelelahan psikis membuat asuhannya dikalakan Persija Jakarta 1-4 di Stadion Sulta Agung, Bantul, Jumat (20/4/2018)."Kekalahan ini bukan kesalahan pemain, bukan kesalahan manajemen, tetapi kesalahan saya sebagai pelatih," kata Vicenzo, pelatih PSIS Semarang usai pertandingan.Menurut dia, kesalahan itu karena dirinya terlalu mempercayai para pemain pada babak kedua yang bisa meraih angka, dengan strategi yang diambil menyusul permainan pada babak pertama yang sering melakukan penekanan.[suggestedarticle=3]"Kami terlalu percaya tim, termasuk personal masing-masing pemain bahwa babak kedua bisa mencetak angka. Jadi setelah selesai babak pertama kembali ke ruang ganti saya langsung mengubah strategi permainan pada babak kedua," jelas Vicenzo.Namun, kata dia, hal itu justru berbalik 180 derajat. Ini terbukti PSIS kebobolan empat gol pada babak kedua karena permainan Persija lebih mendominasi."Kami bisa kebobolan empat gol karena kesalahan pemain. Mereka tidak menekan Persija sehingga tercipta empat gol dan kami hanya bisa membalas satu gol," tutur Vicenzo.Ia mengatakan selama pertandingan para pemain PSIS Semarang tidak lelah fisik saat berlatih. "Tetapi mereka hanya lelah psikis sehingga berdampak pada kualitas permainan," jelas Vicenzo.Vicenzo menyinggung, suporter PSIS yang kurang maksimal memberikan dukungan para pemain, bahkan dia melihat antusiasme suporter Persija Jakarta lebih tinggi sehingga bisa memacu semangat tim.Menyangkut penggantian pemain pada babak kedua, ia mengakui hal itu keputusan keliru, karena kurang tepat berakibat kebobolan empat gol.
  257 kali
Pengamat Sepakbola Asia Ragu Klub Indonesia Gabung Ke A-League
Bos klub Perth Glory, Tony Sage telah mengumumkan mengenai rencananya untuk mengekspansi A-League dengan mengikutsertakan tim-tim Asia Tenggara untuk terlibat di dalamnya.A-League telah dipersiapkan Tony untuk merekrut sejumlah klub besar yang berada di ASEAN untuk berkompetisi bersama .Namun, menurut salah satu jurnalis Fox Sports Asia, Paul Williams, rencana Tony ini yang berusaha menggabungkan tim dari ASEAN untuk bersaing dalam satu kompetisi, juga telah direncanakan sebelumnya dengan sebutan yang berbeda, yaitu ASEAN Super League."Ini akan sangat meningkatkan jumlah orang yang menonton dan mengikuti sepakbola kami dan, yang paling penting, meningkatkan pendapatan siaran kami," kata Tony Sage kepada SBS The World Game, dikutip dari Fox Sports Asia.Paul mengungkapkan bahwa dirinya ragu jika kompetisi yang dicanangkan Tony ini bisa berjalan dengan baik untuk klub-klub di negara Indonesia, Singapura, Malaysia dan Hongkong.Pasalnya, kompetisi ini tentunya akan memakan dana yang cukup besar. Dan, klub harus mencari sponsor demi memangkas dana untuk kompetisi.Di satu sisi, bergabungnya mereka dengan A-League versi Tony ini apakah akan bermanfaat bagi klub-klub yang akan berlaga.Sesuai dengan peraturannya, jika ada tim yang bergabung di A-League otomatis akan membuat mereka harus keluar dari kompetisi kontinental atau negaranya.[suggestedarticle=3]Untuk saat ini, usulan dari Tony belum mendapatkan persetujuan dari AFC.Ditakutkan nantinya, tim-tim yang berlaga di A-League tidak bisa mengikuti kompetisi Liga Champions Asia dan AFC Cup yang diselenggarakan oleh AFC.Seperti contoh kompetisi di Liga Singapura, dimana Albirex Niigata Singapore FC yang menjuarai Liga, tidak bisa bermain di Piala AFC pada tahun ini.Hal ini dikarenakan kompetisi yang diusung Liga Singapura memperbolehkan tim dari luar negara untuk ikut serta bertanding di kompetisi itu.Dan, Albirex Niigata Singapore FC merupakan tim satelit dari Albirex Niigata Jepang.Selain itu, juga terdapat tim asal Brunei yang ikut serta di Liga Singapura.PSSI nampaknya harus mempertimbangkan jika ada penawaran dari Tony untuk bergabung ke kompetisi A-League. Karena apabila mengambil keputusan yang salah, maka klub Indonesia akan dirugikan dengan tidak bisanya bertanding di kompetisi yang diselenggarakan AFC, seperti Albirex Niigata Singapore FC.
  1992 kali
Seru! Madura United Raih Kemenangan atas Arema FC 3-2
Madura United menang 3-2 atas Arema FC di pekan kelima Liga 1 di Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (21/4/2018).Madura United mengambil inisiatif menekan sejak awal laga. Pada menit ke-14, Slamet Nurcahyo hampir membuat tuan rumah unggul, tapi bola melambung di atas gawang Arema.Tuan rumah unggul pada menit ke-43. Greg Nwokolo mencatatkan namanya di papan skor melalui eksekusi tendangan bebasnya. 1-0 untuk Madura.[suggestedarticle=3]Arema FC membalas lewat gol Dendi Santoso satu menit setelah gol Greg. Bola muntah berhasil dimanfaatkan oleh Dendi. 1-1 kedudukan, sekaligus menutup babak pertama.[pagebreak]Babak kedua[/pagebreak]Di babak kedua permainan berjalan menarik. Arema FC mampu menekan pertahanan Madura United dalam 20 menit awal babak kedua.Singo Edan unggul pada menit 66 melalui Thiago Furtuoso melalui sepakan penalti. Sebelumnya pemain Arema dilanggar bek Madura United di area 12 pas tuan rumah. 2-1 Arema memimpin.Tapi Madura mampu menyamakan kedudukan pada menit 73. Kali ini giliran tuan rumah yang mendapat hadiah penalti. Raphael Maitimo dengan dingin menaklukkan kiper Arema yang dikawal Utam Rusdiana. 2-2 kedudukan imbang.Madura United akhirnta mengunci kemenangan lewat Nuriddin Davronov. Golnya pada menit 87 cukup membuat Madura amankan tiga poin di kandang sendiri. Dengan kemenangan tersebut, Madura sementara naik ke posisi ketiga klasemen dengan torehan 10 poin.Susunan pemainMadura United: Angga Saputra; Fabiano Beltrame, Fachrudin Aryanto, Andik Rendika, Beny Wahyudi; Slamet Nurcahyo, Zah Rahan, OK Jhon; Greg Nwokolo, Alberto De Paula, Bayu Pradana.Arema FC: Utam Rusdiana; Purwaka Yudi, Johan Alfarizi, Wamiau, Syaiful Indra Cahya, Zaenuri; Hanif Sjahbandi, Hendro Siswanto, Rivaldi Bawuo, Dendi Santoso; Thiago Furtuoso.
  560 kali
'Persija Layaknya Juventus di Italia'
PSIS Semarang telan kekalahan atas Persija di pekan kelima Liga 1. Skor 4-1 untuk Persija warnai pertandingan di Sultan Agung, Bantul, Jumat (20/4/2018).Pelatih PSIS, Vincenzo Annese kecewa karena menuai hasil minor meski sudah berlatih keras. Ada beberapa pemainnya yang juga bermain di bawah performa.[suggestedarticle=3]"Ini salah saya, saya mengubah strategi di babak kedua dan akhirnya berujung kebobolan. Kami kebobolan gol pertama karena lini belakang kami kurang konsentrasi saat menjaga Jamierson, dia melompat sendirian," jelas Annese."Saya melihat ini bukan karena kelelahan fisik, tetapi kekalahan mental psikologis pemain karena kami bermain di hadapan banyak suporter lawan yang datang ke stadion. Kami tak benar-benar main di rumah kami sendiri," lanjutnya.Pelatih asal Italia itu pun keluhkan kepemimpinan wasit Rariq Hitaba. Ia melihat banyak situasi yang tak menguntungkan timnya."Saat ini, di Indonesia semuanya Persija, Persija, dan Persija, seperti Juventus di Italia saja. Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi. Terpenting adalah apresiasi bagaimana anak-anak bermain sore hari ini," tandasnya.
  670 kali
Hajar Mitra Kukar 2-1, Persipura Geser Persija di Puncak
Persipura Jayapura menanga atas Mitra Kukar dalam laga pekan kelima Liga 1 di Stadion Mandala, Sabtu (21/4/2018). Persipura menang 2-1 atas tamunya.Persipura menggila sejak menit pertama. Peluang pertama didapat Boaz Solossa. Sang kapten mengirim umpan yang dimaksimalkan Hilton Moreira. Namun, Hilton kesulitan mengarahkan bola.Persipura unggul pada menit 12. Ia Louis Kabes meksekusi tendangan bebasnya yang gagal dihentikan kiper Kukar, Geri Martin Millian Mandagi.[suggestedarticle=3]Tak butuh waktu lama bagi Persipura untuk menambah keunggulan. Kabes tampil sebagai kreator setelah tendangan bebasnya sukses dimaksimalkan Marcel Sacramento di menit ke-19 lewat sundulannya.Tuan rumah terus menekan tapi masih belum terjadi gol. Keunggulan 2-0 tuan rumah tak berubah hingga wasit meniup peluit tanda jeda babak pertama.[pagebreak]Babak kedua[/pagebreak]Babak kedua, Mitra malah lebih banyak kuasai pertandingan. Tapi Persipura juga tak tinggal diam dan beberapa kali menciptakan peluang.Persipura sempat mencetak gol lewat Womsiwor pada menit 84. Tapi, gol ini dianulir karena bola sudah lebih dulu melewati garis gawang.Wasit memberikan kartu merah untuk Mandowen setelah melanggar menyikut salah satu pemain Kukar pada menit 89 untuk Hendra Bayaw. Tim tamu akhirnya memperkecil ketertinggalan pada menit 90 melalui gol indah David Maulana. Sayang, Mitra harus gagal mengejar ketertinggalan dan membiarkan Persipura menang.Dengan kemenangan tersebut, Persipura menggeser kedudukan Persija Jakarta di puncak klasemen sementara Liga 1. Mutiara Hitam meraup 11 poin, beda satu poin dengan Persija di posisi kedua.Susunan PemainPersipura Jayapura: Dede Sulaiman; Ricardo Salampessy (Abdoulaye Maiga 10), Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Boas Atuturi, Ian Louis Kabes, Muhammad Tahir, Gunansar Mandowen, Marcel Sacramento, Hilton Moreira, Boaz Solossa (Prisca Womsiwor 29 (Andri Ibo 90+1)Mitra Kukar: Gerri Martin Millian Mandagi; Mauricio Leal, Wiganda Pradika, Dedy Gusmawan (Arif Suyono 75), Bayu Pradana, Muhammad Bahtiar (Hendra Bayauw 55), Danny Guthrie, Septian David Maulana, Dedy Hartono, Rendy Siregar, Fernando Rodrigues Ortega
  785 kali
Lawan Borneo FC, Persib Bisa Mainkan Pemain Naturalisasi Ini
Kabar baik datang untuk kubu Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 pekan kelima musim ini.Persib yang akan menghadapi Borneo FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (21/4/2018) sudah bisa menurunkan bek Victor Igbonefo.Pemain naturalisasi itu absen dalam empat laga awal musim ini karena mendapat cedera dalam masa persiapan.[suggestedarticle=3]Hal ini disambut baik oleh pelatih Persib, Mario Gomez yang akan menduetkannya dengan Bojan Malisic di lini belakang Maung Bandung."Kita sekarang bisa mainkan Victor," kata Gomez, saat ditemui di Stadion GBLA, Kota Bandung, Kamis (19/4/2018). "Dia (Victor) main untuk gantikan Sabill," dia menegaskan. Pemain asal Nigeria ini menadpati cedera lutut dalam ajang Piala Presiden 2018 melawan PSM Makassar.Mario Gomez sebelumnya mengandalkan rekrutan anyar Persib yakni M Al Amin Syukur Fisabilillah untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Igbonefo.Sabil tampil baik saat berhadapan dengan Mitra Kukar dan Arema FC.
  390 kali
Cedera Lagi, Kim Jeffrey Belum Tau Kapan Bermain untuk Persib
Gelandang serba-bisa milik Persib Bandung, KimJeffrey Kurniawan masih belum tau kapan dirinya akan kembali tampil di lapangan hijau.Pemain naturalisasi asal Jerman itu sebelumnya sudah berlatih penuh selama sepekan guna tampil melawan Borneo FC akhir pekan ini. Bahkan dirinya sudahd ikut dalam simulasi bertanding dalam sesi latihan Persib.Sayang, rasa nyeri masih didapat oleh Kim Jeffrey, di bagian bekas cedera patah tulang fibulanya. Hal itu membuat dirinya harus beristirahat lagi dalam beberapa pekan kedepan. "Saya masih harus jadi bobotoh Persib, belum bisa main," ucap Kim Kurniawan."Jadi memang kemarin belum boleh main saya memaksakan untuk main, saya kira akan turun sakitnya. Ternyata masih sama saja. Saya terlalu semangat, ingin cepat sembuh," kata dia.[suggestedarticle=3]Dia pun gagal bereuni dengan pelatih yang mengorbitkan namanya di Pelita Bandung Raya, Dejan Antonic beberapa musim lalu. Dimana saat ini pelatih asal Serbia itu menangani Borneo FC."Mudah-mudahan Persib bisa tiga poin melawan Borneo FC," kata Kim Kurniawan yang mendapat cedera setelah ditebas pemain Persija, Rudi Widodo, di musim lalu.
  496 kali
Sudah Pulih, Bek Barito Tak Sabar Bela Timnas Indonesia
Bek Barito Putera, Hansamu Yama sempat mendapati cedera tulang rusuk dan harus absen di partai awal Liga 1 musim ini.Namun saat ini Yama sudah dinyatakan sembuh dan sudah berlatih kembali bersama dengan rekan-rekannya di Barito. Bersama dengan Gavin Kwan, dirinya juga mendapatkan panggilan dari Luis Milla untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.Timnas U-23 akan tampil di ajang Anniversary Cup PSSI 2018 yang akan dimulai pekan depan. Dimana tiga negara yang datang adalah Bahrain, Korea Utara dan Uzbekistan.Yama sendiri sempat absen kala Timnas melakukan pertandingan ujicoba kontra Singapura (19/3) lalu."Saya siap membela timnas lagi. Apalagi kondisi saya sudah fit. Saya sudah bergabung dan latihan bersama Barito selama kurang lebih tiga minggu, jadi tidak ada masalah lagi pada fisik saya," tutur pemuda kelahiran Mojokerto tersebut.[suggestedarticle=3]Terkait pemanggilan Yama, pelatih Barito Jacksen F Tiago mengaku bangga. Meski ada sedikit dilema karena salah satu pemain terbaiknya tidak bisa memperkuat Barito dalam beberapa pertandingan di Liga 1."Sebenarnya sedih juga. Dua pertandingan penting kita ditinggal Yama. Ini artinya kita akan sedikit pusing mengatur ulang tim. Tapi saya bangga. Dipanggilnya Yama adalah sebuah prestasi bagi Barito. Semoga kedepannya tidak hanya Yama dan Gavin yang dipanggil. Semoga lebih banyak pemain Barito yang dipanggil timnas, sesuai harapan dari pemilik klub," tutur mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut.
  630 kali
1524288601624 tag