(Foto: Sky Sports)

Inilah 5 Kunci Kesuksesan Pep Guardiola Bersama Manchester City

Pep Guardiola mungkin terbilang sukses dalam membangun tim sebesar Manchester City.

Seperti diketahui, Guardiola berhasil mengamankan Trofi Liga Premier Inggris pada musim ini, setelah rivalnya, MU sudah tidak bisa mengejar dari ketertinggalan poin yang cukup jauh dari Man City.

Pencapaian ini tentunya akan membuat rekor baru bagi The Citizens bila mampu memenangkan tiga pertandingan dari lima lagi tersisa. City dapat memecahkan rekor poin tertinggi di Liga Premier yaitu 95 poin.



Pelatih asal Spanyol itu merupakan otak dari suksesnya City pada musim ini yang hanya kalah dua kali dan telah mencetak 93 gol, yang dimana lebih banyak dari yang didapatkan MU dengan selisih 30 gol.

Pada musim lalu, Guardiola masih belum menemukan resep jitu saat harus merelakan gelar Liga Premier ke tangan Chelsea.

Pria berusia 47 tahun itu saat ini telah menemukan beberapa trik suksesnya dalam menangani City.

Berikut dilansir Bolalob.com dari The Sun, inilah 5 kunci kesuksesan Guardiola tangani Manchester City.

1. Para Pemain dan Staf Harus Makan Bersama 2 Kali Sehari



Mayoritas klub-klub sepakbola tidak menginstruksikan para pemain beserta staffnya untuk makan 2 kali secara bersama-sama.

Namun, hal ini tidak terjadi pada Guardiola. Ia menekankan pentingnya makan bersama untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para pemain dan staf mereka.

Guardiola mengharuskan setiap pagi hari para pemain dan staff berkumpul untuk sarapan bersama. Kemudian setelah sesi latihan, mereka kembali untuk makan siang bersama di komplek dekat pelatihan klub.

2. Kerja Keras 10 Jam Per Hari



Eks pelatih Barcelona itu tidak bisa jauh dari tempat latihan. Dia selalu membuat perencanaan dengan cermat sebelum akan dilakukannya sesi latihan.

Bahkan, soal ketinggian rumput pun seringkali dipermasalahkannya. Guardiola pernah meminta rumput di Stadion Etihad dipotong menjadi 23mm.

Awalnya Guardiola meminta dipotong setinggi 19mm, seperti waktu melatih di Barcelona dan Bayern Muenchen, tetapi rumput di Manchester City harus lebih panjang karena kondisi disana hujan dan lebih dingin.

Guardiola juga tidak akan pulang sebelum waktu menunjukan pukul 7 malam. Dan ia sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk latihan esok.



3. Bersantai Dengan Bermain Golf



Pada hari dimana Manchester City dinobatkan sebagai juara Liga Premier, Guardiola tidak menyaksikan kekalahan Manchester United dari West Brom di TV.

Mantan pelatih Barcelona itu malah mengalihkan pikirannya dengan menikmati bermain golf bersama putranya.

4. Membawa Pemain Ke Bisokop dan Paintballing



Guardiola mengumpulkan para pemainnya untuk membawa mereka menonton film La La Land di bioskop.

Selain itu, ia juga mengajak Vincent Kompany dan kawan-kawan bermain paintballing.

Kegiatan tersebut memang jauh dari kaitannya dengan sepakbola. Namun, hal ini dinilai dapat meningkatkan moral dan kebersamaan antar pemain Man City.

5. Sebelum Bertanding Para Pemain Harus Makan Malam Bersama Keluarga Masing-masing



Biasanya setiap klub menganjurkan para pemain untuk menginap di hotel sebelum bertanding. Namun, hal itu bagi Guardiola justru bisa merusak kehidupan keluarga mereka.

Sebaliknya, Guardiola menginginkan para pemainnya memiliki hubungan yang baik di rumah mereka dan melakukan perjalanan pada pagi harinya dari rumah untuk melakoni pertandingan.

Hal telah juga dipraktekannya sewaktu di Barca dan Bayern Munich.

Meskipun orang-orang mengenalnya sebagai pelatih hebat, tapi Guardiola tetaplah seorang pria yang sering menghabiskan waktu luangnya bersama istri dan ketiga anaknya.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Gara-gara Seorang Mohamed Salah, Semua Pemain Liverpool Bisa Jalan Telanjang
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, secara mengejutkan menyuruh anak asuhnya untuk telanjang di lapangan pertandingan.Pernyataan aneh tersebut dibuat Klopp ketika akan melakoni laga melawan Manchester City di perempatfinal Liga Champions. Dan, Liverpool pun berhasil menang atas City 2-1 di Etihad Stadium.Klopp menginstruksikan para pemainnya untuk telanjang karena penonton hanya akan terfokus kepada Mohamed Salah. Dan, tidak mempedulikan pemain Liverpool yang lain."Ketika kami keluar untuk latihan sebelum lawan City di Liga Champions, saya berkata, 'Ayo semuanya, ayo kita keluar telanjang karena tidak ada yang akan menyadari - mereka hanya melihat Mo (Salah)'." kata Klopp.Hal ini tentunya hanyalah sekedar candaan dari pelatih berusia 50 tahun itu. [suggestedarticle=3]Klopp bermaksud ingin memberikan pujiannya kepada Salah yang saat ini jadi perhatian dunia atas pencapaian yang ia raih bersama The Reds.Salah telah menjadi idola baru di Anfield usai sukses mengantarkan Liverpool berada di semifinal Liga Champions.Total Salah telah mencetak 40 gol di semua kompetisi bersama Liverpool.Hal ini tentunya merupakan prestasi luar biasa bagi pemain yang baru melakukan debut di musim pertamanya sejak didatangkan dari Roma.Nantinya di babak semifinal Liga Champions, Salah akan melawan mantan klubnya tersebut.Klopp mengungkapkan jika timnya memiliki potensi untuk menciptakan sejarah baru di Liga Champions."Sekarang kita pergi ke Roma [Selasa depan untuk leg pertama semi-final melawan Roma]. Kami memiliki peluang besar di sini untuk menciptakan sesuatu untuk masa depan. Kami masih muda dan penuh potensi," katanya.
  3430 kali
Menang Melawan Burnley, Chelsea Kian Dekati Empat Besar
Chelsea semakin mendekati posisi empat besar klasemen setelah sukses menaklukan Burnley 2-1 dalam lanjutan Liga Premier pekan ke-35 di stadion Turf Moor, Jumat (20/4).Gol The Blues tercipta lewat bunuh diri dari pemain Burnley, Kevin Long dan Victor Moses. Sedangkan gol Burnley dicetak oleh Ashley BarnesDi menit-menit awal pertandingan kedua tim lengsung menampilkan permainan menyerang.Namun, finishing yang tidak sempurna membuat tidak adanya gol tercipta.Akhirnya gol yang ditunggu-tunggu Chelsea tiba di menit ke-20. Umpan Victor Moses dari sisi kanan mampu diantisipasi oleh kiper Nick Pope. Sayang, bola halauan dari Nick malah mengenai salah satu rekannya. Dan, bola pun masuk ke gawangnya sendiri. Skor 1-0 untuk keunggulan The Blues.Pasukan Antonio Conte beberapa kali memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan. Namun, kesempatan yang dimiliki Alvaro Morata dan N'Golo Kante, tidak mampu dimanfaatkannya menjadi gol.Hingga wasit meniup peluit babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan Chelsea bertahan hingga turun minum.[suggestedarticle=3]Pada awal babak kedua Burnley meningkatkan tempo serangannya. Namun, ketatnya pertahanan Chelsea, membuat pasukan Sean Dyche sulit menemukan celah untuk mencetak gol.Barulah di menit ke-64, tim tuan rumah sukses menjadikan skor imbang 1-1, lewat gol yang dicetak oleh Barnes.Namun, lima menit berselang Chelsea berhasil kembali unggul 2-1 di menit ke-69. Memanfaatkan umpan crossing dari salah satu rekannya, Victor Moses yang berdiri di area kotak penalti melepaskan tembakan kerasnya yang tak mampu dihalau kiper Pope.Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, kedudukan pun tidak berubah.Skor 2-1 untuk kemangan Chelsea atas Burnley pun mengakhiri laga iniHasil ini membuat Chelsea memangkas poin dengan Tottenham, yang berada di peringkat empat dengan selisih lima poin. Sedangkan, kekalahan yang dialami Burnley pada laga ini, tak memberikan dampak terhadap posisi mereka yang nyaman diperingkat ke tujuh.Susunan PemainBurnley: Pope, Lowton, Tarkowski, Long, Ward, Lennon (Wells 87'), Westwood, Cork, Gudmundsson, Barnes, Wood (Vokes 72').Chelsea: Courtois, Emerson (Zappacosta 84'), Azpilicueta, Cahill, Rudiger, Moses, Kante, Bakayoko, Pedro, Giroud, Morata (Hazard 71')
  568 kali
Kyle Walker: Inggris Sulit Jadi Juara Dunia
Inggris tak memiliki catatan mengkilap jelang perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia pada musim panas mendatang.Three Lions tak pernah melangkah lebih jauh dari perempatfinal sejak 1998. Mereka terakhir kali meraih gelar juara dunia adalah pada tahun 1966.Di Rusia nanti, Inggris tergabung di Grup G bersama Belgia, Panama, dan Tunisia. Bek Manchester City yakni Kyle Walker pesimis negaranya bisa meraih trofi itu, walau didukung banyak pemain muda berbakat."Saya harap kami bisa melaju sejauh mungkin, tapi kami harus realistis. Menjuarai Piala Dunia akan jadi keajaiban, tapi kami punya sederet pemain untuk melakukannya. Banyak dari kami bermain di liga yang mungkin terbaik di dunia," ucap Walker kepada talkSPORT.[suggestedarticle]Walker menilai pengalaman bertanding di level internasional sangat mempengaruhi pencapaian sebuah negara."Kami punya pemain untuk melakukannya, tapi sudahkah kami punya pengalaman untuk melangkah jauh di kompetisi? Tidak. Tidak dalam beberapa tahun terakhir.""Kami harus realistis. Ada banyak tim bagus di luar sana dan rekor kami di turnamen tidak fantastis.""Ada banyak obrolan di timnas. Hanya Tuhan yang tahu Inggris sudah lama tidak memenangi pertandingan di fase knockout (kemenangan terakhir adalah pada 2006). Jadi, pergi ke sana dan memenangi pertandingan di fase knockout, bagi kami itu akan jadi langkah ke arah yang benar," kata Walker menambahkan.
  238 kali
Demi Runner-Up, De Gea Minta MU Bangkit Jelang Hadapi Bournemouth
Kiper MU, David De Gea meminta rekan setimnya untuk melupakan kekalahan kemarin di Liga Premier dan fokus jelang laga melawan Bournemouth, Kamis (19/4).MU tampil kurang mengesankan saat harus takluk 1-0 melawan West Brom akhir pekan lalu. Kekalahan tersebut juga membuat mereka harus rela menyerahkan gelar Liga Premier Inggris ke tangan Man City.[suggestedarticle=3]Pasukan Jose Mourinho harus bisa bangkit demi mengamankan posisi empat besar yang sudah mulai dalam bahaya.De Gea mengingatkan rekan-rekannya di MU untuk melupakan kenangan buruk saat pertandingan melawan West Brom dan bersiap menghadapi Bournemouth demi mengamankan posisi runner-up.[pagebreak]Kekalahan Tak Terduga[/pagebreak]“Itu yang sulit untuk dilakukan. Itu benar-benar pukulan dan kami semua sempat tertekan. Itu adalah kekalahan yang tak terduga." ujar De Gea saat ditanya mengenai kekalahan saat melawan West Brom.“Tetapi berita baiknya adalah kami akan menjalani laga yang jaraknya tidak jauh dari kekalahan kemarin. Ini adalah kesempatan untuk bangkit dan kembali ke jalur kemenangan.""Yang harus kami pastikan sekarang adalah kami menyelesaikan musim ini. Itulah yang harus kami harapkan dalam liga (Premier). Jadi kami harus memastikan kami melakukan kinerja yang baik dan mendapatkan kemenangan di pertengahan minggu (melawan Bournemouth) dan memastikan kami untuk mempertahankan tempat kedua." ucapnya.[suggestedarticle=3]MU sempat mengalahkan Bournemouth dengan skor 1-0 di Old Trafford pada bulan Desember laluNamun, De Gea mengatakan bahwa Bournemouth bukanlah tim yang sembarangan. Kiper Spanyol itu menilai jika timnya harus fokus dan bermain dengan baik demi hasil tiga poin.“Mereka (Bournemouth) memiliki musim yang sangat baik, terutama dalam pertandingan dan hasil yang mereka dapatkan di kandang." tambah De Gea."Mereka cepat di semua lini, mereka punya beberapa pemain depan yang cepat. Beberapa pemain depan (Bournemouth) juga memiliki ketepatan yang baik untuk mencetak gol.“Semua sudah kami pertimbangkan, kami harus memastikan bahwa kami bermain dengan baik untuk mendapatkan tiga poin tersebut. Itu kuncinya." tutup De Gea.
  369 kali
Duo Manchester Pastikan Ikut ICC di AS
Turnamen pra-musim bertajuk International Champions Cup (ICC) akan kembali digelar di Amerika Serikat pada musim panas mendatang.Dua klub dari kota Manchester, yakni City dan United dipastikan akan kembali ambil bagian dari ajang ini.City sang juara Liga Primer Inggris akan memulai tur mereka di Soldier Field Chicago pada 20 Juli dengan pertandingan melawan Borussia Dortmund.Lalu mereka akan berhadapan dengan Liverpool di MetLife Stadium di New Jersey pada 25 Juli.City akan mengakhiri tur mereka tiga hari kemudian di Hard Rock Stadium Miami melawan jawara Jerman, Bayern Muenchen.[suggestedarticle=3]Sementara skuat asuhan Jose Mourinho akan menghadapi tim top Eropa seperti Liverpool, Real Madrid, dan AC Milan di turnamen ICC.United akan bermain melawan Club America (19 Juli) di Glendale, Arizona, dan melawan San Jose Earthquakes (22 Juli) di Santa Clara, California, sebelum berkompetisi di ICC.Pertandingan melawan AC Milan dijadwalkan pada 25 Juli sebelum pertandingan melawan Liverpool pada 28 Juli dan Madrid pada 31 Juli.Pertandingan United melawan Liverpool akan dimainkan di "The Big House" di Michigan, di mana mereka mencatat rekor penonton sepak bola Amerika Serikat sebanyak 109.318 penonton melawan Real Madrid pada 2014 lalu.Ini adalah lawatan kedua secara beruntun United ke negeri Paman Sam.
  368 kali
Kenapa JDT Malaysia Berani Tagih Janji Guardiola Usai Juara Liga Inggris?
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, pernah berjanji akan mendatangi klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) setelah juara Liga Premier Inggris.Janji itu dibuatnya pada tahun 2016 silam, saat Pep bertemu dengan bos JDT, Tunku Ismail Sultan Ibrahim.Pep bertemu dengan Tunku Ismail Sultan Ibrahim dalam perjalanannnya saat akan berjumpa Barcelona di Spanyol.Pep berujar akan mendatangi Malaysia seusai Manchester City juara Liga Premier Inggris.Namun, kedatangannya ke Negeri Jiran bukanlah untuk melatih JDT, melainkan ingin berbagi ilmu kepada para pendukung sepakbola di Malaysia.[suggestedarticle=3]Informasi tersebut diketahui lewat akun Facebook resmi JDT, Johor Southern Tigers, pada hari Sabtu (30/12/2017)"Pada bulan Oktober 2016, pemilik JDT, Tunku Ismail Sultan Ibrahim, bertemu dengan Pep Guardiola pada pertandingan Manchester City melawan Barcelona di Spanyol," tulis laman Johor Southern Tigers."Pep Guardiola berjanji akan datang dan berbagi ide dengan Johor dan mengunjungi JDT jika Manchester City juara Liga Inggris."Usai berhasil mengantarkan Manchester City juara Liga Inggris 2017/2018, Guardiola ditagih janjinya mengunjungi Malaysia.City sukses mengunci gelar Liga Premier setelah mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 3-1.Meski masih menyisahkan beberapa laga tersisa, poin yang didapatkan The Citizens tidak akan bisa dikejar oleh rival terdekatnya, MU, yang dimana pada pertandingan melawan West Brom pasukan Jose Mourinho harus mengakui kekalahannya.
  3225 kali
Man City Juara, Kompany Dapat Pelukan Hangat dari Fan MU
Gelar juara Premier League untuk Manchester City akhirnya di tangan. Usai gagal mengklaim gelar juara pada pekan lalu akibat kalah 2-3 atas Manchester United (MU), The Citizen justru menguncinya akibat kekalahan rival sekotanya atas West Bromwich Albion akhir pekan kemarin. Uniknya, Vincent Kompany justru merayakan momen juara di hadapan fan fanatik Setan Merah.Sebelumnya, Man City berhasil menyudahi perlawanan tuan rumah Tottenham Hotspur 1-3 di Wembley. Gol untuk City diciptakan Gabriel Jesus, Ilkay Gundogan dan Raheem Sterling. Sementara gol tuan rumah dicetak Christian Eriksen.Tambahan tiga poin membuat City menorehkan 87 poin dari 33 pertandingan atau tersisa lima pertandingan. Namun, tidak ada pesta apapun meski sukses mengalahkan Spurs. Mengingat, MU yang memiliki 71 poin berpeluang menambah tiga angka saat menghadapi West Bromwich Albion di Old Trafford, Minggu (15 April 2018).[suggestedarticle=3]Sayangnya, skuat asuhan Jose Mourinho justru tersungkur di rumah sendiri usai gol Jay Rodriguez di menit ke-73 bertahan hingga laga usai. Dengan begitu usia sudah perlawanan Setan Merah menghadapi rival sekota dalam perebutan gelar juara musim 2017/2018.Menariknya, kapten sekaligus palang pintu Man City Vincent Kompany menyaksikan kekalahan MU di rumah keluarga istrinya, Carla Higgs. Sang istri kemudian mengundang ayahnya yang merupakan pendukung fanatik MU. Sontak setelah kedudukan 0-1 untuk West Brom bertahan hingga laga bubar Kompany pun merayakan kemenangan dengan memeluk ayah mertuanya yangmengenakan jersey MU."Ini menunjukkan betapa sepak bola dihayati di Manchester karena ada pendukung tim Biru dan tim Merah di keluarga tetapi hari ini adalah kemenangan bagi Biru," kata Kompany. We interrupt your Sunday evening to bring you... https://t.co/41FtlNdYTK — Manchester City (@ManCity) April 15, 2018 Momen tersebut pun sempat diabadikan dan kemudian diunggah Kompany di akun Facebook-nya yang saat itu sengaja dibuatnya live. Kejadian istimewa tersbeut lantas diunggah ulang Manchester City dalam akun twitter resmi klub.Dalam video tersebut Kompany juga sempat melakukan panggilan video kepada Kevin De Bruyne untuk sekadar memberikan selamat. Unggul 16 angka membuat perolehan poin City tidak bisa lagi dikejar MU di sisa lima laga terakhir.
  526 kali
David Silva Rayakan Titel Liga Primer Dengan Menyentuh Hati
Manchester City baru saja memastikan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini, usai kekalahan sang rival terdekat Manchester United dari West Bromwich Albion dengan skor 1-0.Raihan poin City tak bisa lagi terkejar oleh United yakni selisih 16 poin dan hanya menyisakan lima pertandingan musim ini.Jika kesuksesan ini dirayakan dengan pesta oleh sebagian pemain City, hal tersebut tak dilakukan oleh David Silva. [suggestedarticle]Perayaan menyentuh dan ucapan syukur Silva ungkapkan bersama sang bayi yang sempat lahir secara prematur beberapa bulan lalu.Silva hanya mengunggah fotonya bersama sang buah hati Mateo ke twitter. Di sana dia menulis, "ini adalah gelar ke-3 saya, namun yang paling spesial. Terima kasih atas dukungan dalam melalui tahun yang berat ini," cuit Silva.Silva sempat meninggalkan rutinitas di klub untuk pulang ke Spanyol, mendampingi istri dan sang anak. My 3rd league but this one is the most special.Thanks to everyone for supporting me in this tough year!?????? pic.twitter.com/kKslE189uu — David Silva (@21LVA) April 15, 2018 Musim ini Silva tampil sebanyak 38 kali di semua kompetisi dengan mencetak 9 gol dan 14 assist.
  265 kali
Berapapun Harganya, Man City Wajib Datangkan Kante dari Chelsea
Legendaris Arsenal di era 80 hingga 90 an Paul Charles Merson menyarankan Manchester City segera boyong gelandang destroyer milik Chelsea N'Golo Kante. Jika ingin menjaga supremasi mahkota Liga Inggris tetap menjadi milik Man City musim depan, maka gelontorkan dana besar untuk Kante.Pundit sepak bola yang satu ini menilai, Kante akan menjadi pembelian paling fantastis bagi Man City. "City perlu membeli pemain berkarakter pemimpin musim panas mendatang dan saya rasa N'Golo Kante cocok untuk itu," kata Merson kepada Daily Star.[suggestedarticle=3]Merson melanjutkan, silakan dibayangkan kekuatan lini tengah Man City dan keseimbangan yang terjadi saat bertahan atau pun menyerang saat Kante bermain bersama Fernandinho. Menurutnya, City harus melakukan hal tersebut setidaknya mencoba untuk mendatangkan kante dari London Barat."Mereka mungkin harus membayar sebesar 100 juta pounds untuk mencari seorang pemimpin. Dia selalu menglindungi lini tengah. Dia pun merupakan seorang pemenang dan seperti dua pemain yang disatukan," ungkapnya. "Saya rasa City harus mencoba mendatangkannya karena terkadang mereka butuh dua gelandang tipe petarung," ucapnya.[suggestedarticle=2]Di sisi berbeda, Josep Guardiola mulia menerapkan kebijakan untuk meremajakan skuat lini tengah yang saat ini mayoritas diisi pemain berkepala tiga. Kante yang masih berusia 27 tahun seharusnya masuk dalam daftar incaran Guardiola. Pengalaman Kante menjaga lini tengah Leicester City dan Chelsea yang berbuah mahkota English Premier League sepatutnya menjadi penilaian positif.
  1043 kali
Pep Guardiola Mengakui, Faktor Uang Jadi Penentu Man-City Juara di Liga Inggris
Manchester City akhirnya memastikan diri menjadi juara Liga Primer Inggris 2017/2018, Minggu (15/4/2018), usai West Brom menekuk Manchester United 1-0 di Stadion Old Trafford.Banyak yang mengungkapkan, jika keberhasilan Manchester City yang kini ditangani Pep Gaurdiola, karena faktor keberanian mereka mengeluarkan dana besar guna merekrut pemain.Salah satu yang mengatakan seperti itu adalah Jose Mourinho. Pep Guardiola sebagai pelatih yang memberikan masukan kepada klub tentang pemain mana saja yang perlu dibeli, dengan jujur mengakui hal itu.[suggestedarticle=3]Pelatih asal Spanyol itu mengakui keberhasilan tim tak lepas dari kebijakan manajemen dalam mengeluarkan banyak uang untuk belanja pemain baru."Ketika orang-orang mengatakan masalah ini, saya pikir itu memang benar. Saya adalah orang yang beruntung. Kami tidak mungkin melakukan ini tanpa uang. Itulah cara kami bermain," ungkap Guardiola seperti dikutip Soccerway.Selama Guardiola menangani City dua musim ini, ia sudah menghabiskan 1 miliar euro (865,2 juta pounds) atau setara Rp 16,9 triliun. Dana sebanyak itu ia belanjakan untuk merekrut Leroy Sane, Marlos Moreno, John Stones, Ilkay Gundogan, Claudio Bravo, Gabriel Jesus, Ederson Moraes, Bernardo Silva, Benjamin Mendy, Kyle Walker, Danilo, serta Aymeric Laporte.Ternyata, jumlah tersebut lebih besar dibanding saat Guardiola menangani Barcelona dan Bayern Muenchen. Selama empat tahun melatih Barca, Guardiola hanya menghabiskan total 342 juta euro. Sedangkan Muenchen cuma mengeluarkan 204 juta euro.Setelah sukses meraih gelar Piala Liga Inggris dan Liga Primer Inggris pada musim ini, Guardiola akan membidik gelar Liga Champions pada musim 2018/2019 nanti.
  526 kali
1523932801521 tag