(Foto: AFC)

Rival Watch: Dua Wakil AFF Lolos ke Piala Dunia Wanita 2019

Prestasi membanggakan dibuat oleh wakil-wakil zona AFF. Dua timnas sepak bola putri di kawasan ini berhasil lolos ke Piala Dunia Wanita 2019.

Sebelumnya delapan negara bersaing di Piala Asia Wanita 2018 di Yordania yang saat ini tengah berlangsung. Hasilnya lima negara yang memastikan diri lolos adalah Korea Selatan, Jepang, Tiongkok, dan dua wakil AFF, Australia dan Thailand.

Australia dan Thailand lolos setelah berhasil melaju ke babak semifinal. Pencapaian ini sama dengan Tiongkok dan Jepang.



Sementara itu Korea Selatan lolos setelah menang di perebutan tempat kelima, Senin (16/4). Korea Selatan mengalahkan wakil AFF lainnya, Filipina dengan skor telak 5-0.

Saat ini Piala Asia Wanita 2018 masih berlangsung. Di babak semifinal yang dihelat tanggal 17 April, Thailand menghadapi Australia sementara Tiongkok melawan Jepang.

Piala Dunia Wanita 2019 rencananya akan dihelat di Perancis. Thailand dan Australia punya waktu lebih dari setahun untuk menyiapkan tim menuju ajang ini.



Berikut Lima Wakil Asia di Piala Dunia Wanita 2019:

1. Thailand
2. Australia
3. Korea Selatan
4. Jepang
5. Tiongkok

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Rival Watch: Hadapi Piala Dunia, Thailand Akan Jalani Persiapan ke Eropa
Timnas Wanita Thailand berhasil lolos ke Piala Dunia Wanita 2019. Bentuk persiapan serius dilakukan Thailand dengan berencana melakukan persiapan di Eropa.Pelatih Nuengrutai Srathongvian menyebut lawan-lawan yang dihadapi nanti merupakan kelas berat. Untuk itu, Thailand pun harus melawan negara-negara kuat ketika persiapan.[suggestedarticle=3]"Mungkin (persiapan) di Inggris, Jerman, atau Prancis," ucap Nuengrutai seperti dikutip dari Siam Sport.Nuengrutai menambahkan bahwa dalam persiapan ia tidak hanya ingin menghadapi tim-tim dari Eropa. Ia juga ingin Thailand berhadapan kontra tim-tim dari Amerika Latin."Piala Dunia akan digelar. Thailand akan bertanding melawan tim-tim kuat dari Eropa dan Amerika sehingga kami harus uji coba melawan tim-tim dari sana. Setiap benua punya gaya main berbeda dan pemain harus mempelajarinya," lanjut Nuengrutai.
  342 kali
Dibanding Hadapi Timnas Indonesia, Pelatih Thailand Pilih Lawan dari Eropa atau Amerika Selatan
Timnas Wanita Thailand berhasil lolos ke Piala Dunia Wanita 2019. Pelatih Thailand, Nuengrutai Srathongvian menyebut timnya butuh persiapan matang untuk berlaga di pentas dunia.Thailand berhasil merebut tiket ke Piala Dunia Wanita 2019 setelah sukses melaju ke semifinal Piala Asia Wanita 2018. Bagi, Thailand ini merupakan penampilan kedua mereka di Piala Dunia Wanita.[suggestedarticle=3]Thailand sendiri setelah ini punya agenda untuk uji coba melawan Timnas Wanita Indonesia di tanggal 30 Mei. Namun, Nuengrutai menyebut dirinya lebih memilih untuk melawan tim-tim dari Eropa atau Amerika Selatan."Piala Dunia akan digelar. Thailand akan bertanding melawan tim-tim kuat dari Eropa dan Amerika sehingga kami harus uji coba melawan tim-tim dari sana. Setiap benua punya gaya main berbeda dan pemain harus mempelajarinya," ucap Nuengrutai seperti dikutip dari Siam Sport."Setelah masuk ke Piala Dunia, tentu saja, kami berpikir akan banyak tim yang mau untuk beruji coba. Saat ini, Indonesia dan Myanmar sudah berkomunikasi, tapi kami perlu melihat lagi. Karena kami ingin melakukan pemanasan dengan tim yang memiliki level kekuatan lebih tinggi untuk meningkatkan tim dan siap menghadiri Piala Dunia," lanjutnya.
  6473 kali
Australia Targetkan Klub Indonesia Dalam Rencana Panjang Mereka
Malaysia mulai melirik ilmu dari negara tetangga yakni Australia dalam mengembangkan iklim sepakbola mereka. Begitu juga sebaliknya, dimana Australia mulai kehilangan pamor di liga profesional mereka pada musim ini.Serawak FA telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Perth Glory, kontestan dari Liga Australia.[suggestedarticle=2]Kerjasama ini akan membuat Perth Glory tampil di Serawak pada masa pra-musim Agustus mendatang, dan juga akan mengadakan banyak kegiatan di luar lapangan hijau seperti media sosial, manajemen tim hingga klinik sepakbola."Dengan kemitraan ini, kami berharap untuk mempelajari semua aspek pengembangan sepakbola yang akan disesuaikan untuk memastikan kemajuan sepakbola Sarawak dari manajemen hingga pemasaran dan yang lainnya," kata Dato Posa, presiden Asosiasi Sepak Bola Sarawak.Federasi sepakbola Australia sendiri telah memberikan persetujuan untuk semua kegiatan tersebut, seperti yang diungkapkan oleh pemilik Perth Glory, Tony Sage."Ini akan menjadi hal fantastis untuk bermain di Malaysia," kata Sage pada The World Game.[suggestedarticle]“Mengapa FFA mencari ke dalam untuk ekspansi, ketika kami memiliki lebih dari 300 juta suporter yang gola dengan sepakbola di Asia dan hanya berjarak tujuh jam dari negara kami, itu adalah luar biasa.""Saya hanya mengambil sedikit pemikiran dan tentu saja persetujuan dari AFC."[pagebreak]Mengincar Klub Indonesia[/pagebreak]Sage percaya peningkatan potensial untuk menyiarkan pendapatan dari memperluas A-League ke negara-negara Asia lainnya terlalu bagus untuk dilewatkan."Saya akan mendatangkan empat tim dalam dua tahap berikutnya dari proses ekspansi - satu dari Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Hong Kong," katanya.[suggestedarticle]"Ini akan meningkatkan jumlah orang yang menonton dan mengikuti sepakbola kami, dan yang paling penting, meningkatkan pendapatan siaran kami."Liga teratas di Australia atau A-League sendiri mempunyai satu tim yang dimiliki oleh orang Indonesia yakni Brisbane Roar.
  2037 kali
Dicari! Klub Liga Indonesia yang Mau Bergabung ke Liga Australia
Pemilik Perth Glory, Tony Sage telah menyiapkan strategi baru dalam kompetisi A-League atau Liga Australia yang akan mengundang tim dari Asia Tenggara ikut andil di dalamnya.Proyek Tony ini akan mengundang tim-tim kuat dari ASEAN untuk bermain di Liga Australia.[suggestedarticle=2]Nantinya, ekspansi dari kompetisi A-League akan sampai ke Hong Kong sampai ke Selandia Baru. Hal ini akan dilakukan Tony pada musim 2019/2020 mendatang dan berharap proyeknya ini bisa berhasil hingga kedepannya.Klub Malaysia, Sarawak FA telah memberikan persetujuannya atas proyek yang dilakukan Tony ini. Sarawak FA telah menandatangani Memorandum Of Understanding (MOU) bersama Tony Sage, yang diaman klub Malaysia tersebut akan bertindak sebagai tuan rumah pada awal didirikannya kompetisi tersebut."Ini akan fantastis untuk bermain di Malaysia. Itulah kenapa FFA melihat kalau ekspansi ini bagus, ketika kami memiliki lebih dari 300 juta pendukung gila sepakbola di Asia," ujar Tony.[pagebreak]Incar Klub Indonesia[/pagebreak]Negara Indonesia akan juga didatangi Tony untuk mengikuti kompetisi yang diusungnya ini. Selain Indonesia, negara seperti Singapura hingga Hongkong akan juga diajaknya. Untuk itu, ia ingin menghadap AFC terlebih dahulu guna memuluskan langkahnya ini."Saya akan mendatangkan tiga tim lagi dalam dua tahap berikutnya dari proses ekspansi. Selain itu saya juga akan menghadap ke AFC untuk menjelaskan usulan ini," jelasnya.Tony sangat yakin jika kompetisi yang dicanangkannya ini dapat memberikan animo yang besar kepada penonton yang ingin menyaksikan."Ini akan sangat meningkatkan jumlah orang yang menonton dan mengikuti sepakbola kami, dan yang paling penting, meningkatkan pendapatan siaran kami," ungkap Tony dikutip dari The World Game.Tentunya jika Tony ingin mengajak klub liga 1 Indonesia berlaga di kompetisinya, haruslah terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari PSSI.[suggestedarticle=3]Pasalnya, klub-klub Indonesia sudah memiliki jadwal yang padat di Liga 1. Selain itu, klub yang berlaga di kompetisi Tony ini diharuskan memiliki finansial yang cukup besar, mengingat klub harus menghabiskan perjalanan keluar negeri setiap ingin bertanding ke kandang lawan.Untuk saat ini, belum ada tanggapan dari PSSI mengenai proyek dari Tony ini. Jika disetujui oleh PSSI, maka mereka harus menyiapkan klub mana yang akan siap berkompetisi diproyeknya Tony di A-League atau Liga Australia.
  9837 kali
Rival Watch: Kalah dari Australia, Thailand Tetap Lolos ke Piala Dunia
Thailand kalah dramatis dari Australia dalam lanjutan Piala Asia Wanita 2018, Selasa (17/4). Thailand takluk 1-3 lewat drama adu penalti dari Australia.Dalam laga ini Australia unggul terlebih dahulu lewat gol bunuh diri Kanjanaporn Saengkoon di menit ke-17. Reaksi cepat diberikan Thailand setelah Kanjana Sungngoen mencetak gol di menit ke-20.Thailand berbalik unggul di babak kedua. Rattikan Thongsombut berhasil mencetak gol untuk Thailand di menit ke-63.[suggestedarticle=3]Kemenangan yang sudah berada di depan mata akhirnya kandas. Alanna Kennedy menyamakan kedudukan di menit ke-91.Setelah itu pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu. Tidak ada gol tercipta sehingga pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.Di babak adu penalti, hanya Ainon Phancha, eksekutor Thailand yang berhasil menjalankan tugas. Sementara dari kubu Australia, Elise Kellond-Knight, Steph Catley, dan Sam Kerr berhasil mencetak gol.Meski gagal menang, Thailand tetap lolos ke Piala Dunia Wanita 2019. Thailand menjadi wakil Asia bersama Australia, Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan.
  3596 kali
Rival Watch: Filipina Gagal Susul Thailand ke Piala Dunia Wanita 2019
Timnas Wanita Filipina harus mengubur mimpi mencetak sejarah lolos ke Piala Dunia Wanita 2019. Filipina takluk 0-5 dari Korea Selatan di perebutan tiket terakhir ke Piala Dunia Wanita 2019, Senin (16/4).Pertandingan ini tersaji di Piala Asia Wanita 2018 yang dihelat di Yordania. Kedua negara tampil di perebutan tempat kelima setelah menempati peringkat tiga di masing-masing grup.[suggestedarticle=3]Jang Sel-gi membuka keunggulan Korea Selatan di menit ke-34. Lee Min-a menggandakan keunggulan di menit terakhir pertandingan babak pertama.Lim Seon-joo membuat Filipina semakin terbenam dan tertinggal 0-3. Dua gol Cho So-hyun melengkapi kemenangan Korea Selatan dengan skor 5-0.Dengan hasil ini Korea Selatan merebut tempat kelima Piala Asia Wanita 2018. Korea Selatan menjadi wakil Asia di Piala Dunia Wanita 2019 bersama Thailand, Australia, Tiongkok, dan Jepang.
  497 kali
Rival Watch: Thailand Lolos ke Piala Dunia Wanita 2019
Timnas Thailand berhasil lolos ke Piala Dunia Wanita 2019. Kepastian ini didapat Thailand setelah mengalahkan Filipina dengan skor 3-1, Kamis (12/4).Gol Thailand dalam laga melawan Filipina dibuka oleh Kanjana Sungngoen di menit ke-28. Kanjana mencetak gol lewat eksekusi penalti yang sempurna.[suggestedarticle=3]Kanjana mencetak gol keduanya di menit ke-53. Silawan Intamee membuat Thailand semakin menjauh lewat golnya di menit ke-62.Filipina memperkecil ketertinggalan lewat gol Jesse Shugg di menit ke-93. Namun gol ini gagal menghindarkan Filipina dari kekalahan 1-3.Dengan hasil ini Thailand berhasil lolos ke semifinal sekaligus merebut tiket Piala Dunia Wanita 2019. Sementara itu Filipina akan bertanding di perebutan tempat kelima dimana bila berhasil menang, Filipina akan menyusul Thailand ke Piala Dunia Wanita 2019.
  867 kali
Rival Watch: Thailand Matangkan Tim di Iran
Timnas futsal putri Thailand mulai memasuki masa ujicoba setelah beberapa minggu menggelar pemusatan latihan yang dipimpin pelatih Udom Taeesuk.Skuat Thailand membawa 16 pemain untuk berujicoba di Teheran Iran, dalam turnamen mini yang diselenggarakan oleh tuan rumah pada 13-20 April mendatang. Selain menghadapi Iran, Thailand juga akan melawan tim Allstar Liga Iran serta Ukraina.[suggestedarticle=3]Dari 16 pemain yang dipanggil, tiga di antaranya merupakan nama baru. Sisanya merupakan pemain yang berhasil membawa Thailand meraih medali emas futsal putri di Asian Indoor Games 2017 lalu.Thailand sendiri menjadi tuan rumah di ajang AFC Women's Futsal Championship 2018 pada 2-12 Mei mendatang dan berada di grup A bersama Macau, Hong Kong, dan Indonesia. Nama terakhir juga telah menggelar persiapan sejak awal April.
  468 kali
Daftar Unggulan Piala Asia 2019, Tiga Wakil Asean Di Pot Berbeda
Federasi Sepakbola tertinggi di Asia (AFC) telah menentukan daftar unggulan dalam ajang Piala Asia 2019 mendatang.Sebanyak 24 tim sudah ditentukan dalam empat pot yang nanti akan bersaing dalam ajang Piala Asia 2019. Wakil ASEAN, Thailand, Vietnam dan Filipina berada di tiga pot berbeda.Sejumlah negara tangguh seperti Iran, Australia, Jepang dan Korea Selatan berada di pot 1 bersama tuan rumah Uni Emirates Arab. Di pot kedua ada wakil dari ASEAN yaitu Thailand bersama Irak, Uzbekistan, Suriah dan Qatar.[suggestedarticle=3]Wakil ASEAN lainnya yaitu Vietnam berada di pot ketiga bersama Oman, India dan Lebanon. Sedangkan di pot keempat diisi salah satu wakil ASEAN yang baru pertama kali berlaga di putaran final Piala Asia yaitu Filipina. The Azkals bersama Korea Utara, Bahrain, Yaman dan Yordania di pot 4. Undian penentuan grup Piala Asia 2019 akan digelar pada 4 Mei di Dubai.Berikut ini pembagian 24 negara yang akan tampil di Piala Asia 2019: Seedings for #AsianCup2019 have been finalised. 24 nations set to learn their opponents when the Final Draw takes place on May 4 in Dubai! pic.twitter.com/HgZVyczj54 — #AsianCup2019 (@afcasiancup) April 12, 2018
  1516 kali
Rival Watch: Thailand dan Filipina Jalani Laga Penentuan untuk Tiket Piala Dunia 2019
Timnas Thailand dan Filipina akan berhadapan dalam lanjutan Piala Asia Wanita 2018, Kamis (12/4). Partai ini akan menjadi penentu siapa yang akan lolos ke Piala Dunia Wanita 2019.Thailand dan Filipina saat ini sama-sama mengoleksi tiga poin. Satu tempat di babak semifinal dan tiket Piala Dunia 2019 sudah menjadi milik Tiongkok yang menjadi pemuncak Grup A.[suggestedarticle=3]Jelang laga ini, Thailand sedikit lebih diuntungkan karena unggul selisih gol. Hal ini membuat Thailand hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos.Pertandingan Thailand melawan Filipina akan dihelat di King Abdullah II Stadium. Pertandingan akan dimulai pada pukul 20.00 waktu setempat.Bila berhasil lolos maka ini akan menjadi penampilan kedua Thailand di Piala Dunia Wanita setelah sebelumnya di tahun 2015. Sementara itu Filipina akan menciptakan sejarah tersendiri bila mampu lolos karena sebelumnya belum pernah tampil di Piala Dunia Wanita.
  685 kali
1523523601762 tag