(Foto: monitorriau.com)

Kalah Lagi, Kapten PSM Makassar Serukan Kebangkitan

PSM Makassar meraih hasil negatif di dua laga terakhir. Kapten tim, Zulkifli Syukur meminita timnya untuk segera memperbaiki kekurangan untuk kembali ke jalur kemenangan di laga berikutnya.

PSM mengawali musim dengan membungkam PSIS Semarang dan Perseru Serui. Namun setelah itu, Juku Eja takluk dari Persela Lamongan dan Barito Putera. Posisi PSM yang sempat menjadi pemuncak pun kini tercecer di peringkat tujuh.



Zulkifli mengakui keunggulan Persela dan Barito. Namun ia menegaskan PSM harus bangkit di laga selanjutnya melawan PS Tira.

“Kami semua sama-sama akui kalau memang kalah. Tapi, kami harus segera memperbaiki kekurangan untuk pertandingan selanjutnya,” ucap Zulkifli seperti dikutip dari situs Liga 1.

Laga PSM melawan PS Tira akan dihelat di Stadion Andi Mattalatta. Pertandingan akan digelar pada tanggal 21 April mendatang.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Tiga Poin Jadi Harga Mati PSM Saat Jamu PS TIRA
PSM Makassar akan menjadmu PS TIRA, Sabtu (21/4) dalam lanjutan Liga 1 pekan kelima, di Stadion Andi Mattalatta.Laga ini tentu akan dijadikan kesempatan untuk mengembalikan posisi Juku Eja ke papan atas Liga 1 2018. Dimana pada dua laga terakhir PSM menelan kekalahan beruntun. Yakni lawan Persela Lamongan dan juga Barito Putera."Ini akan menjadi pertandingan yang menarik karena tiga poin akan menjadi sangat penting bagi kita," ujar sang pelatih Robert Rene Alberts."Tekanan adalah hal normal di sepakbola, di semua pertandingan itu ada tekanan."Hal senada diucapkan oleh kapten tim PSM, Zulkifly Syukur yang berhasrat meraih kemenangan di hadapan para pendukung mereka esok."Partai yang sangat penting besok untuk kita, kemenangan harus kita dapat. Kemenangan juga untuk memperpendek jarak dengan pimpinan klasemen. Tiga poin harga mati untuk PSM," ujarnya.[suggestedarticle=3]Kekalahan dua kali beruntun membuat tekanan ada pada diri pemain. Hal itu disadari oleh bek berusia 33 tahun tersebut."Tekanan atau beban itu ada untuk para pemain. Bukan sebuah beban namun ini adalah kewajiban dimana kita bermain di hadapan suporter yakni kemenangan untuk kita," lanjutnya."Kita tak ingin malu dihadapan pendukung kita sendiri, kita akan bermain untuk meraih tiga poin," papar mantan pemain Mitra Kukar ini.Dalam empat laga PSM meraih enam poin dan ada di posisi ke-7 klasemen sementara Liga 1.
  224 kali
VIDEO: Eks Kiper Persib Catat Rekor di Liga 1 2018
Kiper PSM Makassar, Shahar Ginanjar berhasil menjadi penjaga gawang pertama yang memberikan assist di Liga 1 2018. Tendangan Shahar berhasil dikonversi oleh Ferdinand Sinaga menjadi gol saat PSM melawan Barito Putera, Senin (16/4).Sepakan keras Shahar dari gawang berhasil menemui Ferdinand Sinaga yang sudah siap di lini pertahanan Barito Putera. Bola tendangan eks pemain Persib Bandung tersebut memang sempat mengenai pemain Barito Putera, namun tidak banyak mengubah arah tendangan.[suggestedarticle=3]Ferdinand Sinaga dengan tenang sempat menguasai bola dan berhasil melepaskan tembakan untuk menyamakan kedudukan bagi PSM.   🎥 GOL! @psm_makassar. . @ferdinand17sinaga 🔥🔥🔥 . @psbaritoputeraofficial 1-1 @psm_makassar. . #BRTOvPSM #GoJekLiga1 #Liga1KitaSatu A post shared by Go-Jek Liga 1 (@liga1match) on Apr 16, 2018 at 2:06am PDT Assist Shahar merupakan yang pertama dibuat oleh seorang kiper di Liga 1 2018. Sayangnya gol Ferdinand tampak percuma bagi PSM karena skuad asuhan Robert Rene Alberts akhirnya takluk dari Barito Putera setelah Matias Cordoba mencetak gol pada injury time babak kedua.
  1329 kali
PSM Kemungkinan Tanpa Wiljan Pluim Saat Hadapi PS Tira
Salah satu pemain andalan PSM Makassar, Wiljan Pluim masih belum dapat dipastikan akan kembali saat menghadapi PS Tira, Sabtu (21/4). Pluim kabarnya masih berada di Belanda untuk mendampingi ayahnya yang sakit.Pluim sebelumnya sudah absen saat PSM Makassar takluk 1-2 dari Barito Putera, Senin (16/4). Pluim sebelumnya sudah mendapat izin pulang ke Belanda untuk mendampingi ayahnya yang tidak dalam kondisi baik.[suggestedarticle=3]Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts masih belum mengetahui apakah Pluim akan bisa tampil saat PSM menghadapi PS Tira. "Untuk pertandingan selanjutnya saya tidak tahu apakah Pluim bisa tampil atau tidak. Karena Pluim masih di Belanda ada urusan keluarga," beber Robert Alberts, Selasa (17/4).PSM akan menghadapi PS Tira di pekan kelima Liga 1 2018 di Stadion Mattoangin. PSM kini tengah berusaha meraih poin penuh setelah kalah dua laga beruntun di Liga 1 2018.
  611 kali
Jacksen F Thiago Komentari Kemenangan Dramatis Barito
Barito Putera sukses meraih kemenangan secara dramatis atas PSM Makassar dengan skor 2-1, pada Senin (16/4) di Stadion 17 Mei, Banjarmasin dalam lanjutan Liga 1.Barito Putera unggul lebih dulu melalui gol Douglas Packer, namun Ferdinand Sinaga mampu menyamakan kedudukan di babak pertama. Barito bisa meraih tiga poin usai Matias Cordoba mencetak gol di masa injury time.[suggestedarticle=3]Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago menilai bahwa kemenangan ini adalah sebuah mukjizat bagi timnya, dimana dalam empat laga terakhir melawan Juku Eja mereka selalu menelan kekalahan.“Kami sudah memprediksi PSM akan bermain counter-attack, karena mereka kehilangan pemain penting. Kami sudah mencoba berbagai cara untuk menembus pertahanan lawan, tapi tidak berhasil,” ujar Jacksen.“Kemenangan ini berkat kerja keras seluruh pemain, karena mereka bermain dengan hati. Terlepas dari itu, gol tersebut sebuah mukjizat dari Tuhan yang luar biasa.”Kemenangan ini membawa Barito berada di posisi ketiga dengan raihan 7 poin, berkat dua kemenangan, satu hasil imbang dan satu kali kalah.Di pekan depan Barito akan berhadapan dengan Bali United di pekan kelima pada Minggu (22/4) di Stadion Kapten I Wayan Dipta.
  653 kali
Robert Alberts Bandingkan PSM Dengan Man City
Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts mengungkapkan sepak bola merupakan olahraga yang tidak dapat ditebak secara pasti. Robert bahkan bukan tidak mungkin tim yang menderita sejumlah kekalahan di awal musim bisa keluar sebagai juara di akhir musim.PSM Makassar harus menderita kekalahan kedua di Liga 1 2018 usai takluk 1-2 dari Barito Putera di Stadion 17 Mei, Senin (16/4). Hasil tersebut membuat PSM untuk sementara tercecer di posisi ke-7 dengan poin enam dari empat laga.[suggestedarticle=3]Kekalahan tersebut tidak membuat Robert merasa khawatir timnya kehilangan kans untuk juara. Pelatih asal Belanda tersebut bahkan membandingkan dengan Man City yang sempat terseok di awal musim dan kini berhasil meraih gelar juara Liga Inggris."Ini sepak bola. Sekuat apapun tim, hal tak bisa diduga bisa saja terjadi. Manchester City kalah 3 kali, tapi ujung-ujungnya mereka juara. Seperti itulah sepakbola," ujar Robert Alberts, Selasa (17/4).Pada laga melawan Barito Putera, PSM harus kehilangan poin setelah Matias Cordoba mencetak gol pada menit ke-90+2. Tambahan tiga poin untuk Barito Putera membuat klub berjuluk Laskar Antasari tersebut berada di posisi ke-4 di klasemen sementara Liga 1 2018.
  575 kali
PSM Telan Dua Kekalahan Beruntun, Ini Pembelaan Robert Rene Alberts
PSM Makassar tak meraih kemenangan dalam dua laga terakhir di Liga 1, usai yang terakhir mereka takluk dari tuan rumah Barito Putera dengan skor 1-2 pada Senin (16/4).Sebelumnya di pekan keempat di Stadion Andi Mattalata, PSM takluk 2-3 dari Persela Lamongan.Pelatih PSM, Robert Rene Alberts punya penjelasan tersendiri mengenai dua laga tanpa kemenangan dirinya."Ini sepakbola. Sekuat apapun tim, hal tak diduga itu bisa saja terjadi. Manchester City, kalah 3 kali beruntun, tapi ujung-ujungnya mereka juara juga. Seperti itulah sepakbola. Tak ada satupun tim di dunia ini yang menginginkan kekalahan," kata Robert, Selasa (17/4).[suggestedarticle]Pelatih asal Belanda itu mengatakan bahwa perubahan dalam susunan pemain menyusul absennya sejumlah pilar cukup berpengaruh dalam laga tersebut."Ini saya rasa jelas ada pengaruhnya. Tim sekelas Real Madrid yang harus kehilangan Ronaldo dan Barcelona tanpa Messi, pasti jelas akan berpengaruh besar dalam pertandingan di lapangan," ucapnya.Saat ini PSM ada di posisi ke-7 klasemen sementara dengan raihan 6 poin.
  546 kali
PSM Makassar Lakukan Rotasi Pemain, Hadapi Barito Putera
Usai dipermalukan Persela Lamongan 2-3, PSM Makassar bakal menjalani rotasi pemain menghadapi Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (16/4/2018).Rombongan PSM berangkat dengan membawa 19 pemain. Pasalnya, ada tiga pemain dari skuat asuhan Robert Rene Alberts yang harus absen.Ketiga pemain tersebut, kiper Rivki Mokodompit, Marc Anthony Klok dan Wiljan Pluim. Robert menjelaskan akan memberikan kesempatan kepada Shahar Ginanjar dan Syaiful untuk mengisi sementara posisi penjaga gawang.[suggestedarticle=3]Langkah ini diambil setelah penampilan Rivki dalam laga sebelumnya dinilai kurang maksimal pasca kekalahan 2-3 PSM kontra Persela Lamongan, pada pekan ketiga lalu. "Performa kiper tidak sesuai standar dan belum maksimal. Kami berikan kesempatan sementara untuk yang lain," jelas Robert, Minggu (15/4).Tak hanya penjaga gawang, ia juga terpaksa harus melakukan rotasi pada lini tengah pasca ditinggal Klok yang terkena akumulasi kartu kuning dan Pluim yang harus kembali ke kampung halaman Belanda menemani ayahnya yang sakit.Pada beberapa kali latihan terakhir, Robert memilih menempatkan duet gelandang Rezky Pellu bersama Rasyid Bakri dan M Arfan sebagai pengisi kekosongan lini tengah. Sementara di lini depan, untuk kali pertama, Robert menunjuk Guy Junior dan Ferdinand Sinaga tampil bersama sebagai starter. "Kami coba dulu mereka untuk main. Saya rasa ini opsi yang sudah ditetapkan selama latihan," jelas Robert.Meski tanpa sejumlah pilar, Robert optimis timnya mendulang poin penuh di Banjarmasin. "Dalam kondisi apapun, saya tekankan untuk semua pemain agar tampil maksimal dan meraih poin penuh," tegas Robert.Pemain PSM Makassar yang dibawa ke Banjarmasin:Penjaga gawang: Syaiful dan Sahar GinanjarBelakang: Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abd Rahman, Fauzan Jamal, Hendra Wijaya, Hasim Kipuw dan Reva Adi Utama Tengah: Asnawi Mangkualam, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, M. Arfan dan Arsyad Yusgiantoro Depan: Guy Junior, Ferdinand Sinaga, Agi Pratama, Zulham Zamrun dan M Rahmat.
  346 kali
Gara-gara Video Viral, Komdis PSSI Hukum Pemain Persija
Komisi Disiplin (Komdis) PSSI kembali bersidang pada Rabu 11 April 2018. Hasilnya beberapa klub dan pemain menerima sanksi.Persib Bandung mendapat sanksi untuk klub dan pemain, yakni Supardi. Persib mendapat sanksi karena ada pelemparan botol sedangkan Supardi mendapat sanksi setelah menanduk wasit pada laga kontra Mitra Kukar.[suggestedarticle=3]Tak hanya Persib, pemain Persija Jakarta juga mendapatkan sanksi. Pemain tersebut adalah Gunawan Dwi Cahyo, Asri Akbar, Ahmad Syaifullah, Jaimerson Xavier, dan Riko Simanjuntak, karena Terlibat dalam kejadian meneriakkan kata-kata yang menghina kelompok supprter lain.Bali United juga terkena sanksi dari Komdis PSSI, terkait dengan adanya pelempara botol dan menyalakan api saat ladeni Perseru Serui. Lalu satu pemain Bali United, Taufiq juga terkena sanksi akibat mendorong wasit.Selain itu, PSM Makassar juga mendapat sanksi untuk CEO klub Munafri dan pelatih Robert Rene Alberts karena protes berlebihan. [pagebreak]Hasil Sidang Komdis PSSI[/pagebreak]Berikut hasil Sidang Komite Disiplin, Rabu 11 April 2018 memutuskan:1. Bali United FC- Nama kompetisi: Go-Jek Liga 1 2018- Pertandingan: Bali United vs Perseru Serui- Tanggal kejadian: 7 April 2018- Jenis pelanggaran: Pelemparan botol dan Menyalakan api- Hukuman: Sanksi Denda Rp. 80.000.000,-2. Pemain Bali United Sdr. Taufiq- Nama kompetisi: Go-Jek Liga 1 2018- Pertandingan: Bali United vs Perseru Serui- Tanggal kejadian: 7 April 2018- Jenis pelanggaran: Mendorong dada wasit.- Hukuman: Sanksi larangan bermain sebanyak 4 (empat) kali dan denda Rp.50.000.0003. Persib Bandung- Nama kompetisi: Go-Jek Liga 1 2018- Pertandingan: Persib Bandung vs Mitra Kukar- Tanggal kejadian: 8 April 2018- Jenis pelanggaran: Pelemparan botol- Hukuman: Sanksi denda Rp. 45.000.0004. Pemain Persib Bandung Sdr. Supardi- Nama kompetisi: Go-Jek Liga 1 2018- Pertandingan: Persib Bandung vs Mitra Kukar- Tanggal kejadian: 8 April 2018- Jenis pelanggaran: Menanduk Wasit- Hukuman: Sanksi larangan bermain sebanyak 4 (empat) kali dan denda Rp.50.000.0005. Manager PSM Makassar Sdr. Munafri Arifuddin- Nama kompetisi: Go-Jek Liga 1 2018- Pertandingan: PSM Makassar vs Persela Lamongan- Tanggal kejadian: 6 April 2018- Jenis pelanggaran: Protes berlebihan- Hukuman: Sanksi Teguran keras6. Pelatih PSM Makassar Sdr. Robert Rene- Nama kompetisi: Go-Jek Liga 1 2018- Pertandingan: PSM Makassar vs Persela Lamongan- Tanggal kejadian: 6 April 2018- Jenis pelanggaran: Protes berlebihan- Hukuman: Sanksi Teguran keras7. Pemain Persija Jakarta Sdr. Riko Simanjuntak- Tanggal kejadian: 25 Maret 2018- Jenis pelanggaran: Terlibat dalam kejadian meneriakkan kata-kata yang menghina- Hukuman: Sanksi kerja sosial berupa mengkampanyekan kampanye anti rasis di media sosial baik di media pribadi dan klub dan denda Rp. 15.000.0008. Pemain Persija Jakarta Sdr. Gunawan Dwi Cahyo- Tanggal kejadian: 25 Maret 2018- Jenis pelanggaran: Terlibat dalam kejadian meneriakkan kata-kata yang menghina- Hukuman: Sanksi kerja sosial berupa mengkampanyekan kampanye anti rasis di media sosial baik di media pribadi dan klub dan denda Rp. 15.000.0009. Pemain Persija Jakarta Sdr. Jaimerson Xavier- Tanggal kejadian: 25 Maret 2018- Jenis pelanggaran: Terlibat dalam kejadian meneriakkan kata-kata yang menghina- Hukuman: Sanksi kerja sosial berupa mengkampanyekan kampanye anti rasis di media sosial baik di media pribadi dan klub dan denda Rp. 15.000.00010. Pemain Persija Jakarta Sdr. Asri Akbar- Tanggal kejadian: 25 Maret 2018- Jenis pelanggaran: Terlibat dalam kejadian meneriakkan kata-kata yang menghina- Hukuman: Sanksi kerja sosial berupa mengkampanyekan kampanye anti rasis di media sosial baik di media pribadi dan klub dan denda Rp. 15.000.00011. Pemain Persija Jakarta Sdr. Ahmad Syaifullah- Tanggal kejadian: 25 Maret 2018- Jenis pelanggaran: Terlibat dalam kejadian meneriakkan kata-kata yang menghina- Hukuman: Sanksi kerja sosial berupa mengkampanyekan kampanye anti rasis di media sosial baik di media pribadi dan klub dan denda Rp. 15.000.000
  2072 kali
Pemain Asing Ini Mendadak Tinggalkan PSM Makassar ke Belanda
Wiljan Pluim, pemain asing yang menjadi tumpuan PSM Makassar dalam Liga 1 2018, terpaksa mendadak harus meninggalkan klub. Rabu (11/4/2018), dia terbang kembang ke negerinya, Belanda.Dengan demikian, dipastikan PSM tak diperkuat Wiljan pada pertandingan pekan keempat Liga 1 2018, menghadapi Barito Putera di Stadion 17 Mei Banjarmasin, pada Senin (16/4).Menurut pelatih PSM Makassar Robert Rene Albert, Wiljan harus kembali ke Belanda untuk menjenguk ayahnya yang dalam keadaan kritis. Alberts menjelaskan, tidak bisa melarang pemain yang bersangkutan untuk pulang meski keberadaanya begitu dibutuhkan dalam pertandingan melawan Barito Putera nanti.[suggestedarticle=3]"Ayah Wiljan Pluim sedang dalam keadaan kritis. Jadi dia harus pulang ke Belanda dan dipastikan absen membela PSM melawan Barito Putera," jelas Albert.Sesuai rencana, gelandang yang menjadi roh permainan tim Juku Eja selama ini tersebut berangkat Rabu. Berhubung mendadak sehingga pemain yang bersangkutan tidak memboyong istrinya Marlinde Pluim dan anaknya yang bernama Samuel Willem Pluim.Ia menjelaskan, absennya Wiljan Pluim tentu saja akan membuat tim Juku Eja dalam kondisi pincang saat menghadapi Barito Putera. Sebab sebelum Pluim, PSM lebih dulu dipastikan kehilangan gelandang bertahan Marc Anthony Klok yang harus ditinggalkan di Makassar karena mendapatkan hukuman akumulasi kartu kuning.Kondisi itu makin parah dengan belum pastinya striker asing PSM yakni Bruce Djite untuk bisa diturunkan menghadapi tim asuhan Jacken F Tiago tersebut."Pertandingan menghadapi Barito merupakan laga yang sulit. Kami akan kehilangan para pemain utama yang tentunya akan mempengaruhi kekuatan tim," ujar Albert.
  26043 kali
Matikan Pluim, Kunci Persela Taklukkan PSM Makassar
Persela Lamongan dipastikan mimpi indah di pekan ketiga Liga 1. Laskar Joko Tingkir berhasil menumbangkan PSM Makassar di Stadion Mattoanging, Jumat (6/4/2018).Persela di luar dugaan berhasil menang dengan skor 3-2. Kemenangan tersebut menjadi yang pertama bagi Aji Santoso Boys di kompetisi musim ini.Pelatih Aji Santoso akui tak membebani taktik dan strategi berlebih dalam laga tersebut. Ia tak mau pemainnya tekanan besar meladeni PSM di kandangnya sendiri. Aji hanya menyebut satu kunci, yakni matikan Wiljan Pluim.[suggestedarticle=3]"Kuncinya kami hanya mengunci pergerakan Wiljan Pluim. Saya tugaskan kepada Syahroni untuk terus memberi penjagaan terhadap Wiljan Pluim," kata Aji Santoso dari laman resmi Liga 1, Sabtu (7/4/2018)."Pokoknya saya minta Syahroni selalu mengawal Wiljan Pluim. Itu supaya tidak ada pergerakan di area tengah, sebab Wiljan Pluim itu pemain berbahaya dan cerdas," tambah eks kapten Persebaya era 1990-an.Kemenangan atas PSM Makassar menjadi modal berharga Persela untuk pekan keempat Liga 1. Sebelumnya, Persela selalu kalah dari Persipura Jayapura dan Persebaya Surabaya di dua pekan sebelumnya.
  623 kali
1523091602291 tag