Xavi Hernandez Kini Disibukkan Persiapan Piala Dunia 2022


  •    Syukron Achmad
  •    18/04/18 - 08:40
  •    744

(scoopnest.com)

Timnas sepak bola Qatar mendapat suntikan moral bagus dalam menyongsong Piala Dunia 2022. Mantan punggawa timnas Spanyol dan juga Barcelona Xavi Hernandez mengkalim bakal membantu Qatar.

Diketahui, usai mundur dari skuat utama Barcelona dan pensiun dari timnas Spanyol, Xavi sempat melanjutkan karir di Qatar bersama Al Saad. Beradsarkan desas-desus, berkembang Xavi yang kini berusia 38 tahun bakal pensiun akhir musim ini. Namun, dia berjanji akan tetap berada di negeri penghasil gas bumi terbesar ketiga di dunia itu.

"Saya pastikan bakal membantu Qatar tetapi belum tahu apakah menjadi penasihat, asisten pelatih atau bahkan kepala pelatih. Saya akan membantu generasi pesepakbola di sini agar mampu bersaing menyambut Piala Dunia 2022," kata Xavi dikutip Daily Mail.





Diketahui, Qatar bakal menggelar piala dunia selanjutnya setelah 2018 di Rusia. Qatar telah dipastikan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 tetapi bukan karena hal tersebut Xavi bersedia membantu Qatar. Melainkan dia ingin mencicipi pengalaman sebagai seorang pelatih untuk kali pertama. Hiruk-pikuk persiapan Qatar menjadi tuan rumah pesta sepak bola terakbar juga membuat Xavi terkesima.

"Tetapi keinginan ini (menjadi kepala pelatih) masih sebuah kemungkinan. Sebab, pertama-tama, saya harus mendapatkan lisensi pelatih dan melihat progresnya saat benar-benar menangani sebuah tim. Jadi, saya memang butuh pengalaman melatih," ungkapnya.

Xavi sejuah ini sudah dilibatkan dalma sejumlah program pembangunan sepak bola di Qatar. Meski belum resmi pensiun, nama Xavi tercatat dalam program yang bertajuk Generation Amazing yang bertujuan membantu sekolah sepak bola lokal serta proyek pembangunan stadion sepak bola di wilayah yang tidak memungkinkan.





"Saat ini, kami sudah menuju ke arah sana karena sedang bekerja cukup dekat juga dengan Felix Sanchez (pelatih timnas Qatar). Saya sudah memantau liga di sini untuk mencari para pemain yang memiliki visi ingin bersaing pada Piala Dunia selanjutnya," ujarnya.

Diketahui, Xavi merupakan bagian dari generasi emas sepak bola Spanyol. Di era gemilang tersebut Sapnyol berhasil menggondol sejumlah gelar prestisius. Selama berseragam Spanyol Xavi telah memenangkan sejumlah gelar, di antaranya FIFA World Youth Championship 1999, Summer Olympics Silver Medal 2000, UEFA European Championship 2008 dan 2012, serta FIFA World Cup 2010.







Berita Terkait


1537049401859

End of content

No more pages to load