(Foto: tempo.co)

Hasil Liga 2 2018: Semen Padang Jaga Tren Positif, Tekuk Persibat

Semen Padang se bagai tim tamu, sukses menekuk tuan rumah Persibat Batang 2-1 pada lanjutan Liga 2 2018 Wilayah Barat di Stadion M. Sarengat Batang, Selasa (15/5/2018) sore.

Hasil ini membuat skuat asuhan Syafrianto Rusli ini menjaga tren positif denga kemenangan empat kali beruntun. Semen Padang pun untuk sementara memimpin klasemen Wilayah Barat dengan 12 poin. Dibayangi Persis Solo dengan 9 angka.

Semen Padang yang sebagian besar bermateri pemain Liga 1, pada babak pertama langsung menekan lini pertahanan Persibat. Kendati demikian, berkat kokohnya lini pertahanan Persibat, tekanan yang digalang oleh pemain Semen Padang tidak mampu menjebol gawang tim berjuluk "Laskar Alas Roban" yang dijaga oleh Eko Harno.

Pertandingan yang dilaksanakan tanpa penonton ini makin "menciutkan" mental pemain Persibat. Kondisi tersebut mampu dimanfaatkan oleh pemain Semen Padang melalui serangan yang terarah dan terkoordinasi.

Hasilnya, pemain Semen Padang Leo Guntara pada menit ke-38 mampu menceploskan bola ke gawang Persibat Batang yang dijaga oleh Eko Harno.

Tertinggal 1-0, Persibat berusaha menyamakan kedudukan, tetapi upaya anak asuh Daniel Roekito selalu kandas di lini pertahanan Semen Padang yang dijaga oleh Rendy CS hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, Persibat Batang langsung menerapkan pola bermain menyerang. Akan tetapi justru pada menit ke-72, Semen Padang mampu menambah gol dari hasil sundulan kepala Rudi yang memanfaatkan umpan matang dari sektor kanan lini pertahanan "Laskar Alas Roban".



Persibat yang sudah tertinggal 2-0 makin meningkatkan serangan ke lini pertahanan Semen Padang. Persibat akhirnya mampu memperkecil kedudukan skor 2-1 setelah Arief Allama pada menit ke-80 mampu mencelposkan bola ke gawang Semen Padang.

Menjelang menit akhir bebak kedua berakhir, Persibat terus berusaha menyamakan kedudukan skor. Akan tetapi hingga pertandingan babak kedua selesai kedudukan skor tetap 2-1 untuk kemenangan Semen Padang.

Pelatih Kepala Semen Padang Syafrianto Rusli mengatakan sejak awal Semen Padang sudah menargetkan mampu mencuri poin penuh atas Persibat Batang.

"Sesuai target, kami mampu mencuri poin penuh di kandang lawan Persibat. Akan tetapi, semua itu berkat kerja keras para pemain dalam upaya mertaih hasil penuh di kandang lawan," kata Syafrianto.

Pelatih Persibat Daniel Roekito mengaku kekalahan timnya atas Semen Padang yang bermain cukup bagus dan taktis.

"Jujur saja, kami kalah materi pemain. Semen Padang bermateri pemain Liga 1 sedang mental anak asuhnya kalah mental sehingga kami mengakui keunggulan Semen Padang," katanya.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR(1)


Rekomendasi



Berita Terkait


Persis Siap Pergi-pulang, Jika Bermarkas di Stadion Wilis Madiun
Persis Solo mulan persiapan untuk pindah kandang di Stadion Wilis, Madiun. Hal ini dilakukan karena Stadion Manahan Solo akan direnovasi pertenghan Juli ini.Persis sempat melontarkan wacana menetap di kota lokasi markas baru tim, seiring renovasi Stadion Manahan pertengahan tahun ini. Konsep homebase diharapkan dapat merangkul stakeholder di kota tujuan untuk ikut mendukung Laskar Sambernyawa. Namun ide tersebut akhirnya batal terealisasi lantaran pertimbangan finansial.Menurut pengurus Persis, BM Anjasmara, Stadion Wilis menjadi alternatif pertama karena memiliki kapasitas mirip Stadion Manahan, sekitar 25.000 orang. Pengelola Stadion Wilis dikabarkan terbuka dengan keinginan Persis. Namun hingga kini Persis masih menunggu arahan direksi pusat terkait kepastian kandang sementara di sisa musim Liga 2 2018.[suggestedarticle=3]Anjasmara sebagai manajer Persis, membenarkan Stadion Wilis menjadi pilihan terbaik setelah keinginan Persis bermarkas di Stadion Sriwedari tak direstui pihak keamanan. Namun apabila tim jadi bermarkas di Stadion Wilis, Anjas memastikan para pemain tak akan ber-homebase atau menetap di Madiun."Pembengkakan anggaran berpotensi muncul apabila Persis memakai Stadion Wilis sebagai homebase. Tak tertutup kemungkinan kami pergi-pulang dari Madiun," kata Anjasmara."Memang dulu ada rencana menetap di Madiun untuk menggaet warga lokal dan pihak terkait. Namun setelah dihitung, pembengkakan dana untuk akomodasi dan sebagainya bisa sangat besar," ujar Anjas kepada Solopos.com, Minggu (3/6/2018).Keputusan tak mengadopsi sistem homebase makin kuat setelah melihat jadwal pertandingan Persis. PT Liga Indonesia Baru (LIB) rata-rata menyusun jadwal dengan sistem dua kali kandang dan dua kali tandang secara beruntun. Artinya, tak efektif apabila tim harus menetap di kota baru nantinya. “Jadi kami akan balik ke Solo setelah bertanding di kota markas baru nanti,” ucap Anjas.
  505 kali
Ternyata Klub Liga 2 Ini Pembuat Sejarah Kesejahteraan Pemain Sepak Bola di Tanah Air
PSPS Riau yang kini bersaing di Liga 1 2018, rupanya punya sejarah indah dalam perkembangan sepak bola Indonesia. Menurut Uston Nawawi, seorang mantan pemain timnas dan PSPS Riau, klub ini yang pertama kali sangat memperhatikan kesejahteraan pemainnya.Langkah PSPS 15 tahun lalu itu menjadi momentum yang diikuti oleh klub lainnya dengan memberikan pendapatan tinggi kepada pemainnya."Peningkatan kesejahteraan pemain sepak bola saat ini merupakan berkat kerja keras PSPS Pekanbaru puluhan tahun lalu," kata Uston Nawawi yang kini menjadi pelatih PSIR Rembang.[suggestedarticle=3]"Dulu PSPS sudah menggaji pemain sepakbola Indonesia hingga Rp500-600 juta. Sejak itu banyak klub akhirnya melakukan hal yang sama. Jadi bagaimanapun harus saya akui, kami pesepakbola saat ini, saat itu dihargai dengan harga selangit oleh PSPS dan bisa sejahtera," tambah Uston yang pernah menjadi pemain tim nasional dan PSPS.Hal tersebut terungkap dalam sesi konferensi pers sebelum pertandingan dimulai. Saat itu, Uston Nawawi mengungkapkan kedatangannya ke Pekanbaru saat itu sekaligus bernostalgia dengan tim yang pernah dibelanya pada 2002.Lebih lanjut dikatakan Uston, saat itu hal yang dilakukan manajemen PSPS, yakni membuat projects mini tim nasional dengan mengumpulkan beberapa pemain nasional dalam satu klub, terbukti mampu mengangkat kesejahteraan pesepakbola di Indonesia.Hal tersebut telah membuka jalan bagi pemain untuk dapat hidup sejahtera. "Dengan projects yang dilakukan PSPS tersebut, kami pesepakbola saat itu dapat hidup lebih sejahtera. Selain soal projects itu, Pekanbaru saat ini juga lebih maju, sudah banyak gedung tinggi dan tambah macet," ujar Uston sembari tersenyum.Untuk diketahui, Uston adalah salah satu bagian dari projects mini tim nasional yang dilakukan PSPS kala itu. Ada sederet nama pemain nasional dieranya yang bermain untuk PSPS di antara Kurniawan Dwi Yulianto, Bima Sakti dan juga termasuk Uston Nawawi yang kala itu digaji mencapai angka Rp500-600 juta.
  4369 kali
Eks Timnas U-19 Bantu Jualan Kopi di Bulan Ramadhan
Salah satu pemain Semen Padang, Ibrahim Sanjaya sempat terlihat di salah satu pasar di Kota Padang. Kegiatan yang dilakukan Ibrahim Sanjaya ternyata merupakan salah satu aktivitas yang tengah dilakukan oleh salah sponsor Semen Padang.Ibrahim yang sempat menjadi penggawa tim nasional U-19 asuhan Eduard Tjong sempat terlihat di Pasar Tabing, Minggu (20/5). Ibrahim hadir di salah satu booth sponsor Semen Padang jelang waktu berbuka puasa.[suggestedarticle=3]Kegiatan tersebut ternyata bukan yang pertama bagi para penggawa Semen Padang. Sebelum Ibrahim, sudah ada beberapa pemain lain yang sempat ikut dalam kegiatan tersebut.“Ya, saya digilir. Dulu Mardiono di Pasar Pagi. Kemudian Mukhti di Pasar Banda Buek, Coach Dian di Pasar Siteba dan kemaren Syaeful Anwar di Pasar Raya. Kali ini saya yang datang ke Pasar Tabing,” kata Ibrahim dikutip dari arenasumbar.com.
  1334 kali
Klub yang Dapat Sanksi PSSI Ini, Malah Sukses Gaet Sponsor dari Tiongkok
PSIM Yogyakarta meski mendapat sanksi dari PSSI berupa pengurangan poin sebagai akibat gagal bayar gaji pemain, namun musim ini berhasil menggaet sponsor dari Tiongkok.PSIM kini tengah berjuang dalam persaingan Liga 2 2018 Wilayah Timur. Untuk sementara, meski dua kali menang, klub kesayangan warga Yogyakarta ini masih bertengger di dasar klasemen.Belakangan, performa PSIM cukup cemerlang dan mendapat dukungan dari fans Yogyakarta. Masa depan yang cemerlang dari klub ini, membuat perusahaan Tiongkok tertarik untuk kerjasama.[suggestedarticle=3]“Kami sepakat melakukan kerjasama dengan PSIM. Kerjasama ini dalam bentuk sponsorship dengan penempatan nama perusahaan kami di jersey pemain PSIM,” terang Country Director ReneSola Indonesia, Miftah dalam laman resmi klub PSIM, Kamis (17/5).ReneSola merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penerangan. Adapun produk yang dijual seperti lampu, baik LED maupun LHE (Lampu Hemat Energi). Logo perusahaan yang berpusat di Tiongkok itu sudah terpampang di jersey tim saat menjamu Persiba Balikpapan, Selasa (15/5) kemarin. PSIM Yogjakarta sendiri tengah berjuang dari hukuman berupa pemotongan nilai -9 di awal musim.Sementara kemenangan PSIM atas Persiba Balikpapan 2-1 kemarin membuat Laskar Mataram kini memiliki nilai -1 dan masih berada di posisi juru kunci Wilayah Timur.
  4421 kali
Asyik! Seketika Pemain PSPS Riau Diguyur Bonus Puluhan Juta Rupiah
Banyak cara untuk memompa semangat pemain, salah satunya dengan pemberian bonus. Nah, manajemen klub PSPS Riau/Pekanbaru menggelontorkan bonus sebesar Rp 35 juta kepada pemain.Bonus tersebut diberikan berkat mereka berhasil meraih kemenangan pada laga kandang melawan Persita Tangerang 2-1, Rabu (9/5) lalu.Muhammad Teza Taufik, Humas dan media officer PSPS menjelaskan, selain bonus kemenangan sebesar Rp 20 juta, manajemen juga memberikan bonus tambahan senilai Rp 10 juta dari dua gol yang telah berhasil dicetak. Di mana satu gol dihadiahi bonus Rp 5 juta.[suggestedarticle=3]"Bonus kemenangan saat melawan Persita Tangerang Rp 20 juta, ditambah Rp 10 juta dari dua gol yang tercipta. Ditambah lagi Rp 5 juta dari satu gol yang tercipta saat melawan Persika Karawang. Jadi total bonus yang disiapkan manajemen sebesar Rp 35 juta," kata Taufik.Lebih lanjut dikatakan Teza, untuk teknis pembagian bonus tersebut nantinya akan dilakukan oleh tim pelatih. Manajemen berharap dengan adanya bonus tersebut, dapat semakin meningkatkan semangat pemain untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan."Nanti yang membagi bonusnya kepada pemain adalah jajaran pelatih. Pemberian bonus ini tentunya bertujuan agar para pemain bisa lebih bersemangat," tutur Taufik.PSPS kini berada di peringkat keempat klasemen Liga 2 2018 Wilayah Barat dengan 8 poin, hasil dua kali menang, dua kali imbang dan sekali kalah.
  1702 kali
Musim Libur dan Pulangkan Pemain untuk Klub Liga 2
Pertandingan Liga 2 2018 diliburkan sebulan lebih atau tanding lagi usai lebaran, yakni pada 3 Juli 2018. Hal ini membuat klub-klub peserta Liga 2 memulangkan pemainnya ke rumah masing-masing sekitar sepekan.Pelatih Persis Solo Jafri Sastra meliburkan pemainnya pada pekan pertama Ramadan. Program latihan khusus baru akan dijalani lagi pada pekan kedua Ramadan."Kami beri waktu libur pada pekan pertama Ramadan agar mereka bisa mengawali awal puasa bersama keluarga," ungkap Jafri.[suggestedarticle=3]Pada pekan kedua Ramadan, pemain Persis berkumpul lagi untuk melanjutkan latihan rutin, namun dengan durasi yang lebih pendek. "Kebetulan semua pemain puasa. Jadi kalau biasanya kami mulai latihan pada pukul 16.15 WIB, nanti bisa dimajukan 15.45 WIB," jelas Jafri.Jafri menerangkan bahwa nanti akan ada uji coba menjelang tanding lagi di Liga 2 2018, "Uji coba kami siapkan nanti usai lebaran."Sedangkan asisten pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro mengatakan, manajemen meliburkan para pemain sekitar empat hari pertama bulan Ramadan. Hal ini demi memberikan waktu adaptasi buat pemain yang sedang menjalani puasa. [pagebreak]Liburkan Pemain[/pagebreak]"Supaya para pemain adaptasi dulu. Senin atau Selasa kami latihan sore hari," kata Seto di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu, 16 Mei 2018. PSS juga merencanakan uji coba di sela libur beberapa saat dari kompetisi. Menurut Seto, hal itu untuk mengasah kondisi dan permainan tim. "Ya nanti akan uji coba dengan klub lokal. Bisa jadi klub dari Liga 3," tutur Seto.[suggestedarticle=3]Selain Persis dan PSS, Martapura FC yang juga klub Liga 2, melakukan hal serupa. Klub asal Pulau Kalimantan itu juga meliburkan pemain beberapa hari di awal bulan Ramadan.Pelatih Martapura FC, Hartono Ruslan mengutarakan, para pemainnya akan menjalani latihan sore mulai Senin pekan depan.
  1850 kali
Hasil Liga 2 2018 Pekan Kelima, Klasemen Wilayah Timur dan Barat
Pekan kelima persaingan Liga 2 2018 hanya menyisakan satu pertandingan pada Rabu (16/5/2018), yakni PSS Sleman melawan Martapura FC yang dimenangkan oleh PSS Sleman 1-0.Hasil itu membawa PSS Sleman naik ke peringkat kedua persaingan Wilayah Timur dengan 10 angka, di bawah Madura FC dengan 11 poin.Usai pertandingan ini, Liga 2 2018 akan menjalani libur panjang bulan Ramadan sampai nanti bertanding lagi pada 3 Juli 2018.[suggestedarticle=3]Hasil Pertandingan Pekan Kelima Liga 2 2018Senin, 14 Mei 2018Persik Kendal 0-0 PekanbaruSemeru Fc Lumajang 2-1 PSMP MojokertoBlitar United 1-1 Madura FCSelasa, 15 Mei 2018Kalteng Putra 1-1 PSBS Biak NumforPersibat Batang 1-2 Semen PadangPersika Karawang 2-2 Persiraja AcehPersis Solo 2-1 Perserang SerangPersiwa Wamena 1-1 GresikPSIR Rembang 1-1 Cilegon UnitedPSIM Yogyakarta 2-1 BalikpapanRabu, 16 Mei 2019PSS Sleman 1-0 MartapuraKLASEMEN SEMENTARA
  11736 kali
Hasil Liga 2 2018: Dapat Dua Penalti, PSS Sleman Cuma Menang Tipis atas Martapura FC
Meski telah mendapatkan dua kali tendangan penalti, PSS Sleman hanya bisa menang tipis atas Martapura FC 1-0 pada Liga 2 2018 Wilayah Timur di Stadion Internasional Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (16/5/2018) sore.Gol tunggal kemenangan PSS Sleman diciptakan pemain depan Ichsan Pratama pada menit 11. Sebenarnya tuan rumah PSS Sleman memiliki peluang untuk menang lebih dari satu gol, setelah mendapatkan dua tendangan penalti. Namun ke dua penalti tersebut gagal membuahkan gol.Penalti pertama pada menit ke-39 setelah pemain depan PSS Sleman dijatuhkan di kotak penalti. Namun sayang pemain depan PSS Tambun Dibty Naibaho gagal mengeksekusi bola karena tendangannya melambung di atas mistar gawang.[suggestedarticle=3]Sedangkan hadiah penalti kedua bagi PSS Sleman diberikan wasit Kasman dari Sulawesi Selatan pada menit ke-64, namun Dave Mustaine yang melakukan eksekusi juga gagal menjebol gawang Martapura FC karena tendangannya membentur mistar gawang.Satu-satunya gol kemenangan PSS Sleman dicetak Ichsan Pratama pada menit 11 melalui tendangan keras di sisi kanan gawang Martapura FC.Ichsan Pratama yang memiki ruang tembak bagus mendapatkan bola muntahan hasil tendangan dari pemain PSS Bagus Nirwanto. Tanpa menunggu lama Ichsan langsung melesakkan tendangan keras dari luar kotak penalti Martapura FC.Dengan kemenangan ini PSS naik ke peringkat kedua Wilayah Timur dengan 10 poin, di bawah Madura FC dengan 11 angka. Sedangkan Martapura di urutan ketujuh dengan 6 angka.Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantara mengaku puas meski hanya mampu menang dengan skor 1-0. "Ini merupakan pertandingan yang melelahkan, para pemain bermain sangat luar biasa. Ini murni hasil perjuangan pemain karena saya hanya seminggu menangani para pemain setelah pelatih kepala Hery Kiswanto mengundurkan diri. Kemengan 1-0 tetap kami syukuri," katanya.
  1216 kali
Hasil Liga 2 2018, Selasa (15/5), Jadwal, Klasemen Wilayah Timur dan Barat
Semen Padang menunjukkan kekuatannya pada persaingan Liga 2 2018 dengan menekuk tuan rumah Persibat Batang 2-1. Hasil ini membuat tim Kabau Sirah itu memimpin klasemen Wilayah Barat dengan 12 angka di tangan.Persis Solo berada di peringkat kedua, usai menekuk Perserang Serang 2-1 di Stadion Manahan, Solo. Persis mengumpulkan 9 angka.Pada persaingan Wilayah Timur, PSIM Yogyakarta memetik kemenangan atas Persiba Balikpapan 2-1. Hasil ini membuat PSIM tinggal tersisa minus satu poin, setelah mendapatkan sanksi pengurangan 9 angka dari PSSI akibat gagal bayar gaji pemain musim lalu.Hasil Pertandingan Liga 2 2018Senin, 14 Mei 2018Persik Kendal 0-0 PekanbaruSemeru FC Lumajang 2-1 PSMP MojokertoBlitar United 1-1 Madura FCSelasa, 15 Mei 2018Kalteng Putra 1-1 PSBS Biak NumforPersibat Batang 1-2 Semen PadangPersika Karawang 2-2 Persiraja AcehPersis Solo 2-1 Perserang SerangPersiwa Wamena 1-1 GresikPSIR Rembang 1-1 Cilegon UnitedPSIM Yogyakarta 2-1 BalikpapanJadwal PertandinganRabu, 16 Mei 201919:00 WIB PSS Sleman vs MartapuraKLASEMEN SEMENTARA
  9322 kali
Hasil Liga 2 2018: Persis Solo Kembali Bangkit, Tundukkan Perserang
Setelah dua kali menelan kekalahan pada laga tandang ke Aceh, Persis Solo kembali bangkit. Pada pertandingan pekan kelima, Persis menekuk tim tamu Perserang Serang 2-1 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (15/5/2018).Kemenangan ini membuat Persis naik kembali ke peringkat kedua dengan 9 angka dari tiga kali menang dan dua kali kalah. Tapi, masih di bawah Semen Padang dengan 12 poin. Sementara bagi Perserang, ini adalah kekalahan kedua dari lima kali pertandingan. Perserang sebelumnya sempat kalah dari Persita Tangerang dengan 1-2. Kini Perserang berada di peringkat ke-9 dengan 5 angka.[suggestedarticle=3]Gol kemenangan Persis diciptakan Ichwan menit ke-42 dan Elina Soka pada menit 47. Perserang hanya mampu membalas dengan satu gol pada menit ke-71."Kami senang, anak-anak tampil tenang sehingga bisa unggul lebih dulu dua gol. Semoga tren positif ini terus berlanjut," ungkap Jafri Sastra, pelatih Persis Solo.
  2173 kali
1526383299343 tag