(Foto: UEFA)

Data dan Fakta Final Liga Europa: Atletico Madrid vs Marseille

Final Liga Europa musim ini akan dimainkan dengan duel antara Marseille dan Atletico Madrid pada Rabu, 16 Mei 2018 malam di Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Perancis.

Liga Europa sendiri adalah kompetisi satu tingkat dibawah Liga Champions. Pemenang akan mendapatkan tiket otomatis ke putaran grup Liga Champions pada musim depan.



Atletico memenangi dua laga di final Liga Europa, yakni pada tahun 2010 melawan Fulham dan melawan Athletic Bilbao di tahun 2012.

Sementara Marseille gagal di dua final mereka, kalah dari Parma di tahun 1999 dan Valencia di 2004.

Atletico lolos ke partai puncak usai mengalahkan Arsenal dengan skor agregat 2-1, sedangkan Marseille menang dramatis dengan agregat 3-2 atas Red Bull Salzburg.

Berikut beberapa data dan fakta dari kedua tim:

- Ini menjadi final ketiga Atletico di Liga Europa. Dari dua final sebelumnya yakni 2009-2010 dan 2011-2012, Atletico selalu juara.

- Ini juga menjadi final ketiga Marseille di Liga Europa. Dari dua final sebelumnya saat masih bernama Piala UEFA yakni 1998-1999 dan 2003-2004, Marseille selalu kalah.

- Atletico sebelumnya pernah tampil di Lyon pada final ajang Eropa tepatnya Piala Winners pada 1985-1986. Atletico kalah 0-3 dari Dynamo Kyiv.

- Marseille dan Atletico sebelumnya pernah dua kali bersua di fase grup Liga Champions 2008-2009. Atletico menang di kandang, sedangkan di kandang Marseille skor imbang.

- Dari 15 bersua klub Spanyol di ajang Eropa, Marseille hanya menang 4 kali. Mereka kalah 8 kali, dan 3 kali imbang.

- Sementara, Atletico dalam 12 laga menghadapi klub asal Prancis, menang 6 kali, seri 5 kali, dan hanya kalah 1 kali.

- Di pentas Eropa, Marseille telah 3 kali melakoni adu penalti. Hasilnya, menang 2 kali dan kalah 1 kali.

- Sementara itu, Atletico 6 kali melakoni adu penalti dengan hasil hanya menang 2 kali dan 4 kali kalah.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Siap Dilepas ke Atletico Madrid, Giroud Tak Berkenan
Atletico Madrid terus memburu striker berpengalaman baru usai Fernando Torres hijrah ke klub Jepang Sagan Tosu. Nama Olivier Giroud pun masuk daftar incaran.Jurnalis Italia Gianluca Di Marzio menyebutkan Atletico telah mengunci satu nama sebagai kandidat mengisi pos penyerang. Nama yang dipersiapkan tak lain yakni Giroud.[suggestedarticle=4]Giroud menjadi rekrutan anyar Chelsea di paruh kedua Premier League. Eks penyerang Arsenal itu menunjukkan performa bagus di awal penampilannya dengan menyumbang lima gol untuk Chelsea. Brekat pengalaman dan penampilan yang ditunjukkannya membuat Didier Deschamps mengankutnya ke Piala Dunia 2018.Akan tetapi, bos baru Chelsea Maurizio Sarri tak menjadikan Giroud dalma rencananya. Alhasil sang pemain dimasukan di daftar jual.Di Marzio menegaskan, akhir pekan ini Perwakilan Chelsea dan Los Rojiblancos akan duduk bersama membahas kepindahan Giroud. Di Marzio juga menyebutkan pembicaraan berlangsung mulus.Giroud kabarnya tidak berkenan dengan transfer tersebut. Dia masih betah berada di London meskipun sadar hanya akna menjadi penghangat bangku cadangan. Untungnya kata sepakat untuk mahar transfer sang pemain belum disepakati Altetiko dan Chelsea.
Sodorkan Kontrak 3 Tahun Jadi Bukti Serius Juventus untuk Godin
Juventus kian menunjukkan keseriusan untuk mendatangkan Diego Godin dari Atletico Madrid. Si Nyonya Tua sadar kekuatannya menguasai Italia tujuh tahun terakhir berkat pertahanan bak tembok baja.Juventus kembali menggunakan skema klasik yang kerap digunakan dalam mendatangkan pemain, yakni memantau pemain incaran yang memasuki atau jelang masa kontrak berakhir.[suggestedarticle=3]Godin diketahui kontraknya akan habis tahun depan. Rencananya Bianconeri bakal mengangkut kapten timnas Uruguay itu dengan kontrak selama tiga musim.Lini Juventus sejauh ini tergolong salah satu yang mematikan dan bakal kian kejam setelah kedatangan Cristiano Ronaldo. Namun, pertahanan tangguh yang sudah menjadi tradisi tim-tim Italia tetap menjadi perhatian Si Nyonya Tua.Karena itu, Godin masuk dalam incaran untuk mewujudkan tim yang baik dalam menyerang dan tangguh dalam bertahan. Pemain yang juga kapten Atletico Madrid itu dikenal sebagai salah satu palang pintu terbaik di La Liga Spanyol.Alhasil Bianconeri diyakini bakal memaksimalkan operasi transfer Godin musim panas ini. Terlebih lini belakang Juventus telah memasuki masa senja walau usai Godin pun tergolong sudah tak muda lagi.
  737 kali
Nikola Kalinic Kian Dekat Berseragam Atletico Madrid
Saga transfer kepindahan Nikola Kalinic dikabarkan telah rampung. Atletico Madrid dan AC Milan sepakat berniaga di angka 20 juta euro untuk striker asal Kroasia itu.Selain performa yang kurang cemerlang, Kalinic dilepas Milan lantaran stok striker yang ada telah berlebih. Padahal, Kalinic sangat diharapkan mampu menjadi produsen gol setelah diangkut dari Fiorentina setahun lalu.[suggestedarticle=4]Bagusnya bagi Milan negosiasi dengan Atletico berjalan mulus. Sejumlah kesepakan primer telah diraih hanya tinggal menyelesaikan urusan minor. Karena itu pula, Calciomercato mengklaim Atletico dan Milan telah selesai bernegosiasi.Kalinic akan memainkan satu musim di bawah arahan Diego Simeone sebagai pemain pinjaman dengan upah 2,5 juta euro. Namun, Los Rojiblancos wajib mempermanenkannya di akhir musim dengan mahar 17,5 juta euro. Jumlah tersebut jauh lebih murah saat Milan menebusnya dari Fiorentina di angka 25 juta euro.
  484 kali
Atletico Madrid Enggan Jual Murah Diego Godin ke Juventus
Juventus dikabarkan tertarik untuk mendatangkan bek asal Uruguay, Diego Godin. Namun, Atletico tidak ingin melepas Godin dengan harga murah.Kontrak Godin bersama Atletico sebenarnya tinggal menyisakan satu tahun lagi, Namun Atletico tetap tidak akan menurunkan harga Godin sesuai dengan klausul pelepasan yakni 20 juta euro.[suggestedarticle=3]Seperti yang dilansir oleh La Stampa, Juventus sudah mencapai kesepakatan perssinal dengan Godin. Juventus siap mengajukan kontrak tiga tahun dengan nilai kontrak 4 juta euro setiap musimnya.Atletico sendiri masih berusaha keras menahan Godin. Atletico siap mengajukan kontrak baru meski besarnya tidak sebesar yang ditawarkan Juventus.[pagebreak]Ronaldo[/pagebreak]Menarik ditunggu apakah Juventus bersedia memenuhi tawaran Atletico atau tidak. Juventus sendiri baru saja mengeluarkan dana 112 juta euro untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid.Godin memperkuat Atletico sejak tahun 2010. Total ia memperkuat Atletico dalam 350 pertandingan.
  643 kali
Liga Champions dan Liga Europa Musim Depan Akan Tayang di RCTI
Setelah tidak menayangkan Liga Champions dan Liga Europa dalam tiga tahun terakhir, stasiun televisi RCTI kini kembali menayangkan liga para juara kompetisi di Eropa. RCTI akan memegang hak siar Liga Champions untuk tiga tahun ke depan.Tiga tahun sebelumnya, hak siar Liga Champions dan Liga Europa ditayangkan oleh SCTV. Mulai musim 2018/19 hingga tiga tahun ke depan, RCTI akan menayangkan partai Liga Champions dan Liga Europa untuk pemirsa di tanah air.[suggestedarticle=3]"Ya, benar. RCTI resmi memiliki hak siar Liga Champions dan Liga Europa untuk tiga tahun ke depan," ucap Untung Pranoto, VP Production RCTI, dikutip Bolalob dari BolaSport.RCTI akan mulai menayangkan laga Piala Super Eropa yang mempertemukan juara Liga Champions dan jawara Liga Europa."Ya, sejak duel Real Madrid vs Atletico Madrid pada Kamis (16/8/2018) pukul 02.00 WIB, RCTI resmi memulai kembali menyiarkan liga terbaik di dunia tersebut. Tunggu saja tampilan siaran yang berbeda," ujar Untung.
  750 kali
Juventus Bidik Bek Atletico Madrid Ini
Juventus menunjukkan gelagat serius mengincar trofi Liga Champions musim 2018/2019. Salah satu upaya yang akan ditempuh, yakni mendatang Diego Godin dari Atketico Madrid.Mediaset Premium dikutp Football Italia, Senin (16/7/2018) dalam laporannya menyebutkan, peluang Godin ke Turin cukup terbuka. Meski sudah tidak muda lagi, Godin dipercaya dapat meningkatkan kualitas pertahanan Juventus dan memudahkan peraih tujuh scudetto beruntun tersebut menggapai trofi Liga Champions.[suggestedarticle=4]Rumor Godin bakal ke Juventus dimulai dari ketertarikan sejumlah klub di asal Premier League dan Ligue 1 terhadap Medhi Benatia. Itu artinya, bek tenagh asal Maroko itu dapat meninggalkan Allianz Stadium jika Godin berseragam Hitam Putih.Akan tetapi, Atleti mematok harga yang tidak murah. Kapten sekaligus palang pintu Uruguay itu hanya boleh meninggalkan Wanda Metropolitano Stadium dengan mahar 25 juta euro.Jika Godin akhirnya pergi ke Serie A, tim besutan Diego Simeone telah menemukan calon pengganti. Bek tengah Freiburg asal Turki Caglar Soyuncu bakal digaet menutup lubang sepeninggal Godin.
  437 kali
Klub Ini Jadi Penyumbang Pemain Terbanyak di Final Piala Dunia 2018
Final Piala Dunia 2018 akan mempertemukan antara Prancis melawan Krosia pada hari Minggu (15/7) di Stadion Luzhniki, Moskow.Klub La Liga Spanyol, Atletico Madrid, boleh bangga karena menjadi penyumbang pemain terbanyak di final Piala Dunia.Dari 46 pemain yang ada di kedua finalis, Atletico menyumbangkan empat pemainnya, yakni Antoine Griezmann, Lucas Hernandez, dan pemain anyar Thomas Lemar di kubu Prancis. Sementara itu Sime Vrsaljko menjadi satu-satunya pemain Atletico di pihak Kroasia.[suggestedarticle=3]Barcelona dan Real Madrid menyumbangkan masing-masing tiga pemain. Klub Ligue 1, Paris Saint-Germain juga menyumbangkan tiga pemainnya pada laga pamungkas Piala Dunia.La Liga memiliki 11 pemain di laga final nanti dan diikuti oleh Ligue 1 Prancis dengan tujuh pemain, Serie A Italia dan Liga Primer Inggris menyumbangkan enam pemain.Bundesliga Jerman menyumbangkan lima pemain, dan Liga Hrvatska Kroasia menyumbangkan dua pemain.Berikut rincian dari UEFA.com mengenai klub-klub yang memiliki pemain di partai final:3 Atletico Madrid (Vrsaljko Kroasia; Lucas Hernandez, Griezmann Prancis)3 Barcelona (Rakitic Kroasia; Dembele, Umtiti Prancis)3 Juventus (Mandzukic, Pjaca Kroasia; Matuidi Prancis)3 Marseille (Mandanda, Rami, Thauvin Prancis)3 Monaco (Subasic Kroasia; Sidibe, Lemar Prancis)3 Paris Saint-Germain (Areola, Kimpembe, Mbappe Prancis)3 Real Madrid (Kovacic, Modric Kroasia; Varane Prancis)2 Chelsea (Kante, Giroud Prancis)2 Inter Milan (Perisic, Brozovic Kroasia)1 AC Milan (Strinic Kroasia)1 Bayern Munich (Tolisso Prancis)1 Besiktas (Vida Kroasia)1 Dinamo Zagreb (Livakovic Kroasia)1 Dynamo Kyiv (Pivaric Kroasia)1 Eintracht Frankfurt (Rebic Kroasia)1 Gent (Lovre Kalinic Kroasia)1 Hoffenheim (Kramaric Kroasia)1 Leverkusen (Jedvaj Kroasia)1 Liverpool (Lovren Kroasia)1 Lokomotiv Moskow (Corluka Kroasia)1 Lyon (Fekir Prancis)1 Manchester City (Mendy Prancis)1 Manchester United (Pogba Prancis)1 Rijeka (Bradaric Kroasia)1 Red Bull Salzburg (Caleta-Car Kroasia)1 Sevilla (N'Zonzi Prancis)1 Stuttgart (Pavard Prancis)1 Tottenham Hotspur (Lloris Prancis)1 Tanpa klub (Badelj Kroasia)
  1827 kali
Fernando Torres Resmi Gabung Klub Jepang
Fernando Torres resmi bergabung dengan salah satu klub asal Jepang, Sagan Tosu. Torres sebelumnya sempat dikaitkan dengan beberapa klub seperti Sydney FC dan Chichago Fire.Torres sebelumnya memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Atletico Madrid pada akhir musim 2017/18. Setelah sempat berhembus rumor akan bergabung ke berbagai klub, pemain usia 34 tahun tersebut kini resmi bergabung dengan klub yang bermain di J League, Sagan Tosu.[suggestedarticle=3]"Sagan Tosu menjadi salah satu klub yang menunjukkan ketertarikan kepada saya dan saya mengapresiasi cara mereka meyakinkan saya dengan proyek olahraga, pribadi dan proyek budaya mereka," ujar Torres dilansir dari ESPN.Pada level klub, Torres sempat bergabung dengan sejumlah klub top Eropa seperti Chelsea, Liverpool dan Atletico Madrid. Bersama Chelsea, Torres sempat meraih gelar juara Liga Europa dan juga Liga Champions.Torres sempat menjadi salah satu pemain andalan di lini depan Spanyol saat meraih gelar juara Piala Dunia 2010. Torres juga masuk dalam skuad Spanyol saat juara Piala Eropa 2008 dan 2012.
  1289 kali
Mario Balotelli Segera Miliki Klub Baru
Striker bengal asal Italia, Mario Balotelli dikabarkan akan segera merapat ke klub Marseille, usai kontraknya bersama Nice habis pada akhir musim lalu.Sebelumnya Balotelli tak tiba di latihan perdana pra-musim Nice untuk melapor ke pelatih anyar mereka Patrick Viera.Balotelli terlihat berada di tempat latihan milik Marseilla, Robert Louis-Dreyfus bersama pengacaranya, bukan dengan sang agen Mino Raiola, untuk menandatangani persyaratan kontrak senilai 175.000 poundsterling per minggu.Balotelli diyakini telah menyetujui durasi kontrak dua tahun yang akan membuatnya menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di Marseille yang pernah ada.[suggestedarticle=3]Balotelli telah menghidupkan kembali karirnya bersama Nice selama dua musim terakhir, mencetak 43 gol dalam 66 pertandingan Ligue 1 dan mendapat panggilan kembali ke tim nasional Italia.Berbicara tentang ketidakhadiran Balotelli di sesi latihan pertamanya sebagai manajer Nice, Vieira mengatakan: 'Kami menantikannya hari ini. Dia tidak ada di sini dan itu tidak terduga."Pemimpin Nice Jean-Pierre Rivere bersikeras bulan lalu bahwa Balotelli tidak akan pergi dari klub dan membantah klaim Raiola bahwa dia akan menjadi rekrutan terbaik klub."Untuk Balotelli, kami masih belum berbicara dengan Raiola. Dia tidak akan pergi untuk apa-apa, itu tak akan terjadi [untuk mengatakan itu]! "Kata Rivere. "Kita harus bicara dengan Balotelli, kemungkinan dia pergi jauh lebih besar [daripada dia tinggal]."
  922 kali
Balotelli Berpotensi Batal Gabung Marseille, Ini Penyebabnya
Kepindahan Mario Balotello ke Olympique Marseille berpotensi batal lantaran Nice menuding pemainnya itu melakukan pelanggaran komitmen. Super Mario diketahui tidak menghadiri latihan pramusim Nice dan malah berada di Marseille.Diketahui, Minggu (8/7/2018) Balotelli berada di Marseille untuk melakukan tes medis dan juga negosiasi akhir. Rupanya keberadaan pemain asal Italia itu tanpa izin dan sepengetahuan Nice.[suggestedarticle=4]Kemarahan manajamen Nice bukan tanpa alasan meskipun kontrak Balotelli akan habis Juli ini. Akan tetapi, dalam klausul yang disepakati bersama, klub berhak mengaktifkan opsi perpanjangan kontrak 12 bulan termasuk membebani klub lain 10 juta euro untuk mengangkut Balotelli dari Allianz Riviera.Karena itu pula, Nice bisa saja menghukum Balotelli dengan membatalkan transfer menuju Orange Velodrome. Diketahui, Marseille siap mengontrak mantan striker Inter dan Milan itu selama dua musim dengan bayaran yang lumayan besar.
  499 kali
1531123802118 tag