(Foto: UEFA)

Data dan Fakta Final Liga Europa: Atletico Madrid vs Marseille

Final Liga Europa musim ini akan dimainkan dengan duel antara Marseille dan Atletico Madrid pada Rabu, 16 Mei 2018 malam di Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Perancis.

Liga Europa sendiri adalah kompetisi satu tingkat dibawah Liga Champions. Pemenang akan mendapatkan tiket otomatis ke putaran grup Liga Champions pada musim depan.



Atletico memenangi dua laga di final Liga Europa, yakni pada tahun 2010 melawan Fulham dan melawan Athletic Bilbao di tahun 2012.

Sementara Marseille gagal di dua final mereka, kalah dari Parma di tahun 1999 dan Valencia di 2004.

Atletico lolos ke partai puncak usai mengalahkan Arsenal dengan skor agregat 2-1, sedangkan Marseille menang dramatis dengan agregat 3-2 atas Red Bull Salzburg.

Berikut beberapa data dan fakta dari kedua tim:

- Ini menjadi final ketiga Atletico di Liga Europa. Dari dua final sebelumnya yakni 2009-2010 dan 2011-2012, Atletico selalu juara.

- Ini juga menjadi final ketiga Marseille di Liga Europa. Dari dua final sebelumnya saat masih bernama Piala UEFA yakni 1998-1999 dan 2003-2004, Marseille selalu kalah.

- Atletico sebelumnya pernah tampil di Lyon pada final ajang Eropa tepatnya Piala Winners pada 1985-1986. Atletico kalah 0-3 dari Dynamo Kyiv.

- Marseille dan Atletico sebelumnya pernah dua kali bersua di fase grup Liga Champions 2008-2009. Atletico menang di kandang, sedangkan di kandang Marseille skor imbang.

- Dari 15 bersua klub Spanyol di ajang Eropa, Marseille hanya menang 4 kali. Mereka kalah 8 kali, dan 3 kali imbang.

- Sementara, Atletico dalam 12 laga menghadapi klub asal Prancis, menang 6 kali, seri 5 kali, dan hanya kalah 1 kali.

- Di pentas Eropa, Marseille telah 3 kali melakoni adu penalti. Hasilnya, menang 2 kali dan kalah 1 kali.

- Sementara itu, Atletico 6 kali melakoni adu penalti dengan hasil hanya menang 2 kali dan 4 kali kalah.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Jelang Piala Dunia 2018, Falcao Divonis Penjara oleh Pemerintah Spanyol
Pengadilan Spanyol memvonis striker asal Kolombia Radamel Falcao hukuman penjara 16 bulan dan denda sebesar sembilan juta euro. Hukuman tersebut diterima Falcao lantaran dinyatakan terbukti bersalah terkait penggelapan pajak saat masih merumput bersama Atletico Madrid.Penyerang AS Monaco itu dijerat dua pasal berlapis, yakni terkait laporan pendapatan fiktif dan penipuan penggunaan hak citra diri. Saat bermain untuk Los Rojiblancos Falcao melakukan penipuan sebesar 822.609 euro di 2012 dan 4.839.253 euro pada 2013.[suggestedarticle]Beruntung hukum di Spanyol tidak akan menahan terdakwa jika masa hukuman kurang dari dua tahun. Dengan begitu, penahanan Falcao dapat ditangguhkan dan El Tigre dapat mengemban tugas negara di Piala Dunia 2018 di Rusia.Sehingga kasus hukum tersbeut tidak akan mengganggu kesiapan timnas Kolombia.Kasus penggelapan pajak oleh pesepak bola yang berkiprah di Spanyol bukan kejadian langka. Bahkan megabintang Real Madrid Cristiano Ronaldo juga sempat berurusan dengan aparatur hukum negeri Matador.[suggestedarticle]Besarnya perputaran penghasilan pesepak bola di Spanyol membuat pemerintah setempat juga memasang tarif tinggi terkait potongan pajak. Tak sedikit pemain yang enggan mematuhi aturan tersebut dan terpaksa melakukan hal serupa yang dibuat Falcao.
  1257 kali
Markas Klub Egy Maulana Gelar Partai Final Liga Europa 2020
UEFA telah menunjuk sejumlah stadion di Eropa untuk gelaran partai puncak turnamen level klub. Salah satunya adalah markas Lechia Gdansk, Stadion Arena Gdansk sebagai venue partai final Liga Europa 2020.Stadion Ataturk di Istanbul ditunjuk untuk menggelar partai final Liga Champions 2020. Liverpool memiliki kenangan indah di stadion tersebut saat meraih gelar juara Liga Champions pada 2005 usai mengalahkan AC Milan lewat drama adu penalti.[suggestedarticle=3]Selain partai puncak Liga Champions, dalam pertemuan UEFA yang digelar di Kiev, Ukraina tersebut Stadion Arena Gdansk ditunjuk sebagai tuan rumah untuk final Liga Europa 2020. Stadion Arena Gdansk berhasil mengalahkan Estadio do Dragao untuk menggelar partai puncak turnamen kelas dua Eropa tersebut.   2020 @europaleague Final on @stadionenerga i @gdansk_official ! 🎉🎉🎉 A post shared by Lechia Gdańsk (@lechia_gdansk) on May 24, 2018 at 1:11pm PDT Stadion Arena Gdansk merupakan markas Lechia Gdansk yang diperkuat oleh pemain tim nasional Indonesia, Egy Maulana Vikri. Selain itu, Stadion Arena Gdansk juga sudah terbukti di level dunia dan sempat menggelar sejumlah partai Piala Eropa 2012.
  620 kali
Bekuk Lokeren, Sandy Walsh Selangkah Lagi Bawa Zulte-Waregem ke Liga Europa
Zulte-Waregem secara dramatis berhasil menyingkirkan Lokeren dalam babak play-off tiket Liga Europa, Kamis (24/5) dini hari WIB. Zulte-Waregem menang 4-3 lewat drama adu penalti setelah sebelumnya kedua tim bermain imbang 2-2 selama 120 menit.Pertandingan sendiri berlangsung dramatis di penghujung laga. Jose Cevallos membawa Lokeren unggul di menit ke-89. Namun Davy De Fauw menyamakan kedudukan di menit ke-93.[suggestedarticle=3]Lukas Marecek kembali membawa Lokeren unggul di menit ke-96. Pertandingan kembali seimbang setelah Ivan Saponjic membobol gawang Lokeren di menit ke-114. Dari kubu Zulte-Waregem hanya De Fauw yang gagal mengeksekusi penalti. Sementara itu dari Lokeren, Ari Skulason dan Marecek gagal menjalankan tugas.Dengan hasil ini, Sandy Walsh CS akan tampil di partai final babak play-off. Sandy Walsh akan menghadapi mantan klubnya, Genk pada tanggal 27 Mei mendatang.
  1067 kali
Kiper Atletico Madrid Raih Hat-trik Trofi Zamora
Penjaga gawang Atletico Madrid, Jan Oblak terpilih menjadi kiper terbaik La Liga Spanyol 2017--2018. Ini menjadi kali ketiga secara beruntun buat kiper asal Slovenia tersebut meraih trofi Zamora. Performanya sepanjang musim ini dinilai konsisten ketimbang pesaing lainnya. Jan Oblak has won the Zamora trophy for the third consecutive season.?? 2015/16?? 2016/17?? 2017/18He wasn't eligible to win it in his first season in 2014/15. ?? pic.twitter.com/kU6SMzzOG9 — Squawka Football (@Squawka) May 20, 2018 Musim ini Oblak bermain penuh dalam 36 pertandingan dan hanya mengalami kebobolan 22 gol. Dalam sisa 2 pertandingan Atletico memainkan penjaga gawang muda Argentina, Axel Werner.Oblak unggul atas kiper Barcelona, Marc Andre Ter Stegen yang total memungut bola sebanyak 28 kali. Dibobol dua kali oleh Eibar di laga pamungkas tak membuat dirinya terpinggirkan dari daftar kiper terbaik.[suggestedarticle]Dirinya diplot sebagai pengganti Thibaut Courtouis yang memutuskan pindah ke Chelsea, Oblak yang dibeli pada 2014 dengan harga 16 juta euro dari Benfica butuh waktu hanya 1 musim saja untuk beradaptasi terhadap kompetisi La Liga.Hanya ada nama Victor Valdes yang sukses mengungguli Oblak dalam meraih trofi Zamora, dimana mantan kiper Barca itu meraih catatan paling sedikit kebobolan dalam empat musim beruntun. Jan Oblak has saved more penalties (7) than he has conceded (5) for Atlético Madrid across all competitions.One of the best around. ?? pic.twitter.com/sIbnIGMxuq — Squawka Football (@Squawka) May 12, 2018 Catatan musim ini bahkan mentereng karena dari 12 penalti yang dihadapinya di seluruh kompetisi, 7 penalti berhasil diselamatkan Oblak. Kiper berusia 25 tahun ini menjadi salah satu pemain yang memiliki nilai rilis pelepasan sebesar 100 juta euro, sama seperti yang dimiliki oleh Koke, Antoine Griezmann dan Saul Niguez.
  433 kali
Messi Komentari Rumor Griezmann ke Barcelona
Salah satu pemain yang terus dikaitkan dengan Barcelona di bursa transfer musim panas mendatang adalah Antoine Griezmann, bintang Atletico Madrid.Masa depan Griezmann masih belum menemui titik terang, usai dirinya membawa Atletico meraih gelar Liga Europa musim ini.Rumor yang terus berkembang ini ikut dikomentari oleh Lionel Messi. Ia mengaku senang jika pemain asal Perancis itu benar bergabung dengan Barca pada musim depan."Saya jelas menyukainya. Ia salah satu yang terbaik pada saat ini," kata Messi kepada RAC1 yang dikutip Omnisport."Saya tak tahu apakah memang ada sesuatu dengan dirinya, tapi kami akan senang jika pemain terbaik datang dan Griezmann adalah salah satu di jajaran itu," ucapnya.[suggestedarticle=3]Sebelumnya General Manager Atletico, Miguel Angel Gil Marin memilih pasrah jika sang pemain memilih untuk hengkang."Ini semua akan bergantung pada sisi emosionalnya dengan klub. Jika dia ingin membuat sejarah di Atletico Madrid atau dia pergi klub lain dan takkan pernah masuk dalam cerita sejarah," ujar Marin, dikutip dari Tribal Football."Jia dia memutuskan untuk pergi, kami akan menghormati keputusannya. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi, tetapi keputusan tidak diambil usai pertandingan final ini," imbuhnya.Sepanjang musim ini Griezmann mencetak 19 gol dan sembilan assist di LaLiga.
  803 kali
Menanti Reuni Benitez-Torres di St James Park
Manajer Newcastle Rafa Benitez membuka peluang untuk bisa mendatangkan striker Atletico Madrid Fernando Torres musim panas ini.Torres meninggalkan Atletico menuju Liverpool pada tahun 2007, di mana ia bermain di bawah arahan Benitez. Sebelum pada akhirnya ia kembali ke kota Madrid pada tahun 2015 dan akan meninggalkan klub masa kecilnya untuk kedua kalinya pada akhir musim ini.Pemain berusia 34 tahun itu menjadi pemain pengganti saat Atletico menang 3-0 di final Liga Europa di Lyon pada Rabu malam dan mengangkat trofi, yang pertama ia menangkan dengan klub.[suggestedarticle]Benitez mengatakan dia terbuka untuk mengontrak kembali sang striker yang mencetak 72 gol dalam 116 pertandingan untuknya di Liverpool, meskipun dia mengerti setiap kesepakatan potensial akan sulit untuk diselesaikan."Saya pikir akan lebih sulit baginya untuk datang, bukan karena kami tidak mau," kata Benitez kepada Marca."Aku tidak tahu apa yang sedang terjadi di kepalanya, tapi mungkin dia sedang memikirkan sesuatu yang lain."Itu akan menarik, tapi saya tidak berpikir itu akan mudah."Di Liverpool dia sensasional. Lalu kami pergi ke Chelsea dan, meskipun dia mengalami saat yang buruk ketika dia tiba, dia sangat penting bagi kami untuk memenangkan Liga Europa."[suggestedarticle]Selain di Liverpool, Torres sempat kembali bereuni dengan Benitez di Chelsea, saat pelatih asal Spanyol itu menjadi pengganti Roberto Di Matteo pada tahun 2012.Newcastle sendiri usai dibawa promosi ke Liga Primer Inggris musim lalu, sukses finis di posisi ke-10 saat ini.
  1579 kali
Bantai Fiorentina, AC Milan Kunci Tiket Liga Europa Musim Depan
AC Milan memastikan dirinya lolos ke Liga Europa pada musim depan setelah berhasil menang telak 5-1 atas Fiorentina dalam laga penutup Serie A di Stadion San Siro, Minggu (20/5).Gol dari Milan dicetak oleh Hakan Calhanoglu, Nikola Kalinic, Giacomo Bonaventura dan Patrick Cutrone yang cetak 2 gol. Sedangkan, gol semata wayang Fiorentina dicetak oleh Giovanni Simeone.AC Milan langsung tancap gas pada awal babak pertama.Menit ke-7, Milan mendapatkan peluang pertamanya dari Franc Kessie. Namun, tendangan dari Franc masih bisa diantisipasi oleh kiper FIorentina, Marco Sportiello.Gol pembuka justru lebih dahulu dicetak oleh Fiorentina di menit ke-20.Umpan manis yang dilesahkan oleh Federico Chiesa, mampu dimanfaatkan menjadi gol oleh Giovanni Simeone.Tertinggal satu gol, Milan langsung bangkit menit ke-23.Calhanoglu mampu menjadikan skor imbang 1-1 setelah tendangan bebasnya sukses merobek gawang Marco Sportiello.Di menit ke-41, Milan berbalik unggul usai sepakan dari Cutrone berbuah menjadi gol. Skor 2-1.Hingga wasit meniup peluit babak pertama, skor 2-1 pun bertahan.[suggestedarticle=3]Empat menit selang babak kedua baru berjalan, Milan berhasil menambah pundi-pundi golnya pada menit ke-49.Kali ini Kalinic yang mencatatkan namanya di papan skor untuk membuat kedudukan menjadi 3-1.Alih-alih memperkecil keadaan, Fiorentina justru semakin jauh tertinggal oleh AC Milan,Di menit ke-59, Cutrone menambahkan gol keduanya pada laga malam ini di San Siro.Pesta gol AC Milan ditutup oleh Bonaventura pada menit ke-76 usai umpan dari Calhanoglu mampu dimanfaatkanya menjadi sebuah gol. Skor 5-1.Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 5-1 untuk kemenangan AC Milan atas Fiorentina pun berakhir.Dengan hasil ini, Milan sukses mengunci tiket Liga Europa setelah menempati posisi ke-6 klasemen Serie A dengan 64 poin.Susunan Pemain:AC Milan (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Daniel Calabria, Leonardo Bonucci, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez; Franck Kessie, Manuel Locatelli, Giacomo Bonaventura; Patrick Cutrone, Nikola Kalinic, Hakan Calhanoglu.Fiorentina (4-3-3): Marco Sportiello; Nikola Milenkovic, German Pezzella, Vitor Hugo, Cristiano Biraghi; Sebastian Cristoforo, Bryan Dabo, Marco Benassi; Federico Chiesa, Giovanni Simeone, Riccardo Saponara
  747 kali
Atletico Bidik Winger MU Untuk Gantikan Griezmann
Atletico Madrid kemungkinan besar akan kehilangan salah satu pemain andalan mereka pada musim panas mendatang.Dia adalah Antoine Griezmann yang besar dikaitkan akan digaet oleh Barcelona. Jika benar Atletico ditinggal pemain asal Perancis itu, mereka sudah memiliki beberapa opsi untuk menggantikan Griezmann. Dia adalah Anthony Martial, winger muda milik Manchester United.Martial sendiri sudah mulai kehilangan menit bermain di musim ketiganya di Old Trafford. Pemain berusia 22 tahun ini tampil 30 kali untuk United dan mencetak 9 gol pada musim ini.[suggestedarticle]Menurut AS, rencana transfer United bisa memudahkan niat Atletico menggaet Martial. Dimana Jose Mourinho dikabarkan meminati bek kanan mereka yakni, Sime Vrsaljko. Atletico sendiri tetap berharap bahwa Griezmann akan menerima tawaran kontrak baru mereka senilai 20 juta euro per tahun. Namun Barcelona juga memiliki peluang besar untuk menggoda pemain bernomor punggung 7 itu.Griezmann sendiri baru saja mencetak dua gol di final Liga Europa pada Rabu malam, atau saat Atlético mengalahkan Marseille 3-0.
  1442 kali
Tindakan Payet Bisa Jadi Pelajaran Liverpool Agar Tidak Gagal di Final Liga Champions
Salah satu mitos yang bisa membuat gagal di partai final yaitu menyentuh piala sebelum bisa menjadi pelajaran untuk Liverpool jika ingin juara Liga Champions. Terbaru, Dimitri Payet bersama Marseille gagal meraih trofi Liga Europa usai menyentuh trofi sebelum bertanding.Kutukan menyentuh piala sebelum berlaga di partai final kembali terjadi. Kali ini menimpa Payet saat Marseille menghadapi Atletico Madrid.[suggestedarticle=3]Payet yang sempat menyentuh trofi Liga Europa sebelum bertanding harus bernasib sial saat laga. Pemain asal Prancis tersebut harus ditarik keluar lapangan karena mengalami cedera dan Marseille takluk dengan skor 0-3 dari Atletico.Sebelumnya ada beberapa pemain yang harus takluk di partai puncak setelah mereka memegang trofi seperti Kaka, Gennaro Gattuso dan Santiago Canizares.Para pemain Liverpool bisa menghindari kutukan tersebut dengan tidak menyentuh trofi sebelum laga. 
  6940 kali
Payet Rasakan Karma dari Ronaldo
Pada laga final Liga Europa, Dimitri Payet harus ditarik keluat setelah mengalami cedera. Banyak yang menyatakan hal yang menimpa Payet terjadi karena karma dari tindakan yang ia lakukan kepada Cristiano Ronaldo di partai final Piala Eropa 2016.Pada partai puncak Liga Europa yang digelar di Lyon, bukan menjadi laga yang indah bagi Payet. Eks pemain West Ham tersebut harus digantikan oleh Maxime Lopez pada menit ke-32 karena mengalami cedera paha. Dimitri Payet leaves the pitch in tears after being forced to come off with an injury 😢France's World Cup squad is set to be announced tomorrow. pic.twitter.com/o9EKJZ0bRA — Football on BT Sport (@btsportfootball) May 16, 2018 [suggestedarticle=3]Pada momen tersebut Payet sempat menangis dan mendapat tepuk tangan dari para penonton. Meski mendapat simpati, namun banyak juga yang berpendapat bahwa hal tersebut terjadi karena karma dari yang pernah dia lakukan pada Cristiano Ronaldo di final Piala Eropa 2016.Pada laga yang mempertemukan Prancis dan Portugal tersebut, Payet sempat melanggar Ronaldo yang membuat pemain Real Madrid tersebut harus ditarik keluar lapangan. Beruntung bagi Portugal, meski tanpa Ronaldo mereka masih mampu meraih gelar juara Piala Eropa.Berbeda dengan Marseille yang harus menyerah dengan skor akhir 3-0 dari Atletico Madrid. Tiga gol Atletico dicetak oleh Antoine Griezmann (2 gol) dan Gabi.
  3565 kali
1526564401374 tag