(Foto: ESPN)

Meski Mohamed Salah Dkk Berpuasa, Timnas Mesir Punya Cara Optimalkan Fisiknya

Hector Cuper, pelatih Timnas Mesir punya cara untuk memastikan Mohamed Salah dan kawan-kawan tetap bugar staminanya meski menjalani puasa sampai pertandingan awal Piala Dunia 2018 Rusia.

Piala Dunia akan berlangsung mulai 14 Juni saat Arab Saudi menghadapi tuan rumah di Stadion Luzhniki, Moskow. Sedangkan Mesir akan melawan Uruguay kurang dari 24 jam kemudian di Yekaterinburg, atau saat hari terakhir bulan Ramadan.

Sebagai Muslim, Mohamed Salah dan rekan-rekannya akan berpuasa pada 16 Mei hingga 14 Juni. Hal itu memang tidak mempengaruhi jadwal Liga Primer Inggris yang sudah berakhir pada pekan lalu, namun menjadi faktor yang harus diperhatikan Liverpool menjelang final Liga Champions melawan Real Madrid pada 26 Mei.



Cuper mengungkapkan, asosiasi sepak bola Mesir punya rencana khusus untuk menjaga kebugaran tim pada sesi persiapan Piala Dunia 2018, saat seluruh pemain menjalankan ibadah puasa. "Salah satunya adalah Asosiasi Sepak Bola Mesir telah menyewa spesialis yang membantu saya dan para pemain selama bulan puasa Ramadan," kata Cuper dilansir Liverpool Echo beberapa waktu lalu.

"Kami akan mengatur dan memantau menu makan dan tidur mereka dan berharap tidak akan berdampak buruk pada mereka," kata pelatih kelahiran Santa Fe, Argentina, 62 tahun lalu itu.

"Mungkin jadi masalah bagi para pelatih karena para pemain akan berhenti makan dari matahari terbit sampai terbenam, sehingga tidak mudah selama pelatihan tetapi itu berkaitan dengan agama dan saya tidak bisa mencegah mereka dari menjalankan Ramadan," jelas Cuper.

"Kami sedang mengerjakannya dan mencari cara terbaik untuk mengatasi kelelahan dan mencegahnya agar tidak menyakiti para pemain," kata bekas pelatih Inter Milan itu.

"Skuat benar-benar bebas untuk berpuasa dan kami tidak dapat ikut campur dalam hal ini karena saya sangat menghormati semua agama," tutur Cuper.
editTerakhir diubah:  18/05/18 - 13:23

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Salah Akan 'Bolong' Puasa Jelang Final Liga Champions
Jajaran kepelatihan Liverpool akan memberikan persiapan yang terbaik untuk para pemainnya, jelang tampil di final Liga Champions melawan Real Madrid, Sabtu (26/5) di Kiev, Ukraina.Mohamed Salah yang dikenal sebagai muslim yang taat dipastikan akan 'bolong' jelang partai final ini. Pemain asal Mesir itu sebelumnya dikabarkan berniat mempertahankan kewajiban berpuasanya, namun demi menjaga kondisi fisiknya ia tak akan puasa.[suggestedarticle=3]Fisioterapis Liverpool, Ruben Pons memastikan Salah tak akan melakukan puasa, seperti dibertikan oleh Liverpool Echo.Menurut perhitungan, waktu berbuka puasa saat matahari terbenam di Kiev masih sekitar 30 menit lagi jelang kick-off. Namun waktu singkat itu dinilai tak cukup untuk Salah dalam mengkonsumsi makanan."Kami berada di Marbella dan ahli gizi memiliki rencana kerja," kata Pons. "Besok dan hari pertandingan dia tidak akan melakukannya (puasa), jadi itu tidak akan mempengaruhinya."Selain kabar tersebut, keluarga Salah di Mesir akan melakukan tradisi menyembelih hewan kurban jelang final Liga Champions. Dilansir dari Sportsmole, keluarga Salah akan menyebelih setidaknya tiga ekor anak sapi untuk memberkati sang pemain di laga final melawan Madrid.
  180 kali
Dakwah Versi Mohamed Salah Lewat Simbol Islam Sederhana Namun Bermakna
Nama Mohamed Salah menjadi viral dalam dunia sepakbola setelah penampilannya yang fantastis di musim ini bersama Liverpool.Salah berhasil mengantarkan Liverpool kembali ke masa-masa jayanya usai lolos ke Final Liga Champions pada musim ini.Selain itu, pemain asal Mesir tersebut sukses meraih berbagai macam penghargaan sejak debut pertamanya bersama The Reds.Salah telah mengumpulkan beberapa gelar individu pada musim ini, diantaranya  pemain terbaik di Inggris musim ini versi asosiasi pesepakbola profesional Liga Inggris, Pemain terbaik tahunan versi asosiasi pemain profesional (PFA), dan yang terbaru meraih Golden Boot atau pencetak gol terbanyak Liga Premier Inggris musim ini.[suggestedarticle=3]Dibalik kesuksesannya itu, sebagai seorang yang beragama Islam, Salah terkadang menyelipkan dakwah disaat ia bertanding di lapangan.Salah memang dikenal sebagai muslim yang taat dalam agamanya.Bahkan, saat mencetak gol Salah tidak malu menunjukan jati dirinya sebagai seorang Muslim, dimana saat ini ia berkarir di Negara yang mayoritas penduduknya beragama Non Islam itu.Salah sering melakukan Sujud saat melakukan selebrasi gol dan mengacungkan jari telunjuknya ke atas langit, seraya bersyukur kepada Allah SWT.Banyak media luar yang mempertanyakan mengenai apa yang dilakukan oleh Salah.Tak jarang media luar pun lantas mengartikan apa yang dilakukan Salah merupakan berntuk syukurnya dalam agama Islam kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. [suggestedarticle]Atas dakwah yang dilakukan Salah lewat selebrasi sederhananya itu, banyak fans Liverpool yang tertarik untuk masuk Islam. Bahkan, dikabarkan ada salah satu fans yang akan masuk Islam jika Salah berhasil mencetak gol bagi Liverpool.
  362 kali
Meski Akan Jalani Partai Final Liga Champions, Salah Menolak Batalkan Puasanya
Laga final Liga Champions musim ini akan mempertemukan Real Madrid melawan Liverpool di Kiev, Minggu (27/5).Dalam final tersebut ada beberapa pemain yang akan menjalankan ibadah puasa.Salah satu pemain yang akan menjalani puasa pada partai final Liga Champions ialah Mohamed Salah.Bintang Liverpool ini memang dikenal sebagai muslim yang taat dalam menjalankan ajaran agama Islam.Bahkan, disaat pertandingan besar Salah pun menolak untuk batalkan puasanya.[suggestedarticle=3]Dilansir dari Media Mesir Al Masry al Youm, Mohamed Salah enggan untuk membatalkan puasanya meski akan jalani partai Final liga Champions.Sebagai muslim yang taat, Salah tidak mau melanggar perintah agamanya hanya demi profesinya sebagai pesepakbola.Hal ini membuat pelatih Timnas Mesir, Hector Cuper khawatir terhadap kondisi dari Salah yang akan berlaga pada Piala Dunia 2018,Cuper pun mengirimkan timnya untuk memantau kondisi dari Salah di Liverpool selama bulan Ramadhan ini."Federasi Sepak Bola Mesir mengirimkan seorang yang ahli untuk membantu para pemain yang sedang menjalankan ibadah puasa. Hal ini bertujuan untuk mengatur dan memantau makan dan tidur mereka dan diharapkan tidak membuat dampak buruk terhadap pemain." ucap Cuper.[suggestedarticle]"Yang kami lakukan adalah berupaya untuk mencari cara terbaik mengatasi efek dari berpuasa agar tidak memengaruhi fisik para pemain," ujarnya."Para pemain tidak makan sejak subuh hingga matahari terbenam. Hal ini bisa menjadi masalah untuk pelatih. Namun, itulah adalah ajaran agama. Saya tidak bisa melarang mereka untuk menjalani puasa di bulan Ramadan," jelasnya.Salah telah mencetak 11 gol di Liga Champions musim ini. Ia berselisih empat gol dari Ronaldo yang saat ini menjadi Top Skor sementara Liga Champions.
  498 kali
Pemain Timnas Inggris Ini Berniat Pulang di Tengah Gelaran Piala Dunia 2018
Pemain Manchester City yang masuk dalam skuad tim nasional Inggris di Piala Dunia tampaknya harus melewatkan salah satu momen penting dalam hidupnya. Istri Delph dijadwalkan akan melahirkan saat Inggris tengah berlaga di Piala Dunia 2018.Delph kini tengah menghadapi dilema karena sang istri dijadwalkan akan melahirkan pada 30 Juni atau dua hari setelah Inggris tampil melawan Belgia di babak grup. Kondisi tersebut membuat Delph berencana pulang ke Inggris lebih dulu untuk menjenguk kelahiran anak ketiganya.[suggestedarticle=3]"Gareth begitu luar biasa. Tidak ada yang lebih penting dari keluar untuk saya - itu menjadi yang utama dan selalu seperti itu," ujar Delph dilansir dari The Guardian."Jika saya memiliki kesempatan untuk pulang, Saya akan pulang. Tapi jika tidak, dia adalah wanita yang kuat, dia bisa melewatinya," ucap Delph.Delph masuk dalam skuad tim nasional Inggris setelah tampil gemilang bersama Manchester City musim 2017/18. Delph sering diplot sebagai bek oleh Pep Guardiola karena Benjamin Mendy mengalami cedera.
  557 kali
Demi Final Liga Champions, Warga Senegal Diberi 300 Jersey Liverpool oleh Mane
Pemain Liverpool Sadio Mane, membagi-bagikan jersey Liverpool kepada para penggemar sepakbola di Senegal untuk menontonnya berlaga di Final Liga Champions.Dukungan penuh akan diberikan terhadap Mane dari kampung halamannya dengan menonton laga Final Liga Champions antara Liverpool melawan Real Madrid, Minggu (27/5).Mane dipercaya akan menjadi tumpuan di lini depan Liverpool saat laga final nanti.Untuk itu, para warga di tempat kelahiran Mane, di Senegal rela meninggalkan pekerjaannya demi menonton Mane beraksi di partai Final Liga Champions.“Terdapat sekitar dua ribu desa di Senegal, nantinya mereka semua akan menyaksikan laga (Final Liga Champions) ini, bahkan tidak ada orang yang bekerja di sana hanya untuk menyaksikan kami.” kata Mane seperti dikutip dari Mirror.“Keluarga saya tetap berada di desa, termasuk ibu dan paman saya. Saya juga telah membagikan tiga ratus jersey Liverpool untuk para warga di sana, jadi mereka bisa memakainya saat menyaksikan laga final,” tambahnya.Mane saat ini telah menorehkan sembilan gol dari 10 laga yang dijalaninya bersama The Reds selama berasa di Liga Champions musim ini.
  354 kali
Ronaldo: Mohamed Salah Seperti Messi
Mantan bintang Real Madrid asal Brasil, Ronaldo memuji salah satu pemain andalan Liverpool musim ini yakni Mohamed Salah.Kedua tim akan saling bentrok dalam final Liga Champions pada 26 Mei 2018 di Kiev, Ukraina.Salah menjalani musim debutnya di Liverpool dengan mencetak 44 gol di semua kompetisi pada musim ini, hal itu yang membuat Ronaldo memuji kiprah pemain asal Mesir itu."Salah, aku menyukainya. Dia pemain luar biasa dengan kualitas luar biasa," katanya Ronaldo kepada El Partidazo de COPE."Dia mirip Messi. Saya baru-baru ini membaca dia mengatakan bahwa saya telah menjadi inspirasinya dan saya bersemangat."[suggestedarticle=3]Meskipun demikian Ronaldo tetap optimis dengan kemampuan Madrid untuk meraih gelar ke-13 dalam sepanjang sejarah klub dan juga kompetisi.Ronaldo yakin mantan klubnya itu akan mengatasi Liverpool dalam pertandingan skor tinggi."Hasil saya adalah 3-2 untuk Madrid," katanya."Jika mereka memenangkan final, itu akan menjadi peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah mereka. Saya sangat optimis."Ada keraguan sepanjang tahun, tetapi Real Madrid datang bersama dan telah mencapai sesuatu yang bersejarah."
  330 kali
Curhat Radja Nainggolan Pasca Gagal Bela Belgia di Piala Dunia
Radja Nainggolan menyatakan dirinya pantas mendapatkan apresiasi lebih setelah tampil gemilang bersama AS Roma. Nainggolan merasa kecewa tidak masuk dalam skuad Belgia untuk Piala Dunia 2018.Pelatih Belgia Roberto Martinez telah mengumumkan pemain yang akan membela Belgia di Piala Dunia 2018. Nama Nainggolan menjadi sorotan karena tidak masuk dalam skuad yang dibawa Martinez. Eks pelatih Everton tersebut lebih memilih pemain lain seperti Marouane Fellaini, Nacer Chadli dan Axel Witsel di posisi lini tengah.[suggestedarticle=3]"Saya ingin berada di sana, jelas, tapi dia yang membuat keputusan, bahkan saya tetap tidak mengerti dengan jelas alasan dibalik itu," ujar Nainggolan pada VTM Nieuws."Tidak bermain di Piala Dunia jelas menjadi pukulan yang hebat, terlebih setelah saya melewatkan (Piala Dunia) sebelumnya. Saya telah berada di Roma selama empat tahun dan tampil dalam empat musim yang sangat bagus," ucap Nainggolan.Pemain yang memiliki darah Indonesia tersebut juga sempat membawa AS Roma melaju ke semifinal Liga Champions 2017/18. Usai dipastikan tidak masuk dalam skuad Belgia di Piala Dunia 2018, Nainggolan memutuskan untuk pensiun dari tim nasional."Saya rasa saya pantas mendapatkan apresiasi lebih dari penampilan saya," tambah Nainggolan.
  579 kali
Video: Mohamed Salah Pernah Main Futsal Saat Remaja
Mohamed Salah menjadi salah satu pemain yang berpotensi menjadi yang terbaik di dunia pada 2018 ini. Selain menjadi raja gol di Liga Premiere Inggris, Salah juga membantu Liverpool kembali ke final Liga Champions setelah 13 tahun lamanya.Tak banyak yang tahu, ternyata pemain asal Messir ini pernah menghabisi masa remaja dengan bermain futsal. Video ini menjadi bukti Salah sempat bermain di salah satu kejuaraan futsal di Mesir.Video ini sempat viral pada Maret lalu di sosial Media. Tak heran memang karena saat ini Salah menjadi salah satu pemain yang digadang-gadang menerobos hegemoni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.Pada Minggu (27/5) WIB Dinihari, Salah akan menghadapi Ronaldo kala Liverpool akan menghadapi juara bertahan Real Madrid di partai final Liga Champions Eropa.Bukan hanya Salah, Philippe Coutinho, ex penggawa Liverpool, juga pernah menghabiskan masa kecilnya dengan bermain futsal di Brazil.
  735 kali
Mohamed Salah Buka Puasa Satu Jam Sebelum Pertandingan Final Liga Champions
Mohamed Salah tengah bersiap bersama Liverpool untuk menjalani final Liga Champions, Minggu (27/5) dini hari WIB. Di tengah persiapan, pemain asal Mesir ini tetap menjalankan kewajiban puasa di bulan Ramadhan.Salah akan tetap berpuasa termasuk di hari pertandingan final. Waktu puasa di Kiev sendiri adalah 18 jam.[suggestedarticle=3]Pada tanggal 26 Mei yang menjadi hari pertandingan waktu setempat, waktu Subuh ada di jam 02.28. Waktu buka puasa ada di jam 20.54 dan kick-off pertandingan final ada di jam 21.45.Salah pun akan buka puasa kurang dari satu jam sebelum kick-off. Terkait hal tersebut, Salah tidak mempermasalahkan menurutnya kesuksesan yang ia raih sudah ditakdirkan oleh Allah SWT.[pagebreak]Salah[/pagebreak]"Aku pasti akan berpuasa. Semua kesuksesan ini sudah ditakdirkan untukku oleh Allah," ucap Salah.Laga final Liga Champions akan dihelat di NSC Olimpiyskiy. Salah dipastikan akan menjadi andalan Liverpool untuk meraih gelar Liga Champions keenam sepanjang sejarah.
  1307 kali
Mladen Krstajic Panggil 27 Pemain untuk Skuat Sementara Serbia di Piala Dunia 2018
Pelatih Serbia, Mladen Krstajic akhirnya merilis 27 nama pemain untuk skuat sementara mereka jelang Piala Dunia 2018 di Rusia.Dua laga uji coba melawan Chile pada 4 Juni di Graz, Austria serta melawan Bolivia lima hari berselang akan menjadi penilaian akhir sang pelatih untuk menentukan skuat final, yang berisi 23 pemain.Bek Schalke, Matija Nastasic mendapati panggilan padahal dirinya baru saja sembuh dari cedera lutut.[suggestedarticle=3]"Nastasic adalah bek kunci dan kami berharap dia akan fit pada waktunya," ujar Krstajic dikutip dari Reuters."Dia akan menjalani tes medis pada minggu ini dan setelah itu kami akan tau apakah dia bisa masuk ke skuat atau tidak.""Tidak ada keputusan yang didasari oleh ego pribadi untuk menyusun skuad terbaik dan saya yakin kelompok pemain ini dapat memberi pengaruh di Rusia."Nama-nama senior seperti Nemanja Matic, Aleksandar Kolarov, Dusan Tadic dan Branislav Ivanovic akan dipadukan dengan banyak pemain muda berbakat yang tampil cemerlang pada musim ini.Sebut saja Luka Jovic bersama Benfica, atau Sergej Milinkovic-Savic dengan Lazio.Serbia ada di Grup E bersama dengan Brasil, Swiss dan Kosta Rika.Berikut daftar lengkap pemain Serbia:Kiper: Vladimir Stojkovic (Partizan Belgrade), Predrag Rajkovic (Maccabi Tel Aviv), Marko Dmitrovic (Eibar), Aleksandar Jovanovic (Aarhus).Bek: Aleksandar Kolarov (AS Roma), Branislav Ivanovic (Zenit St. Petersburg), Dusko Tosic (Guangzhou R&F), Antonio Rukavina (Villarreal), Milos Veljkovic (Werder Bremen), Milan Rodic (Red Star Belgrade), Uros Spajic (Krasnodar), Matija Nastasic (Schalke 04), Nikola Milenkovic (Fiorentina).Tengah: Nemanja Matic (Manchester United), Luka Milivojevic (Crystal Palace), Sergej Milinkovic-Savic (Lazio), Marko Grujic (Liverpool), Adem Ljajic (Torino), Dusan Tadic (Southampton), Mijat Gacinovic (Eintracht Frankfurt), Filip Kostic (Hamburg SV), Andrija Zivkovic (Benfica), Nemanja Radonjic (Red Star Belgrade), Nemanja Maksimovic (Valencia).Depan: Aleksandar Mitrovic (Newcastle United), Aleksandar Prijovic (PAOK Salonika), Luka Jovic (Benfica).
  775 kali
1527221402005 tag