(Foto: striker.id)

Aktor Utama di Balik Tersingkirnya Persija dari Piala AFC Akui Masih Cinta Persib

Pemain Home United, Shahril Ishak jadi momok menakutkan untuk Persija Jakarta.

Dua golnya di leg kedua semifinal Piala AFC, Selasa (15/5) memastikan Persija tersingkir dari Piala AFC.

Dalam laga yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Home United menang 3-1 atas Persija.

Satu gol Home United lainnya disumbangkan Song Ui-yong, sedangkan satu-satunya gol Persija disumbangkan Marko Simic.

Shahril yang diketahui pernah memperkuat rival Persija, yaitu Persib Bandung pada musim 2011 mengaku tak punya motovasi berlebih saat dua kali membobol gawang Rizky Darmawan.



”Saya kini pemain Home United saya hanya lakukan tugas sebagai pemain untuk membawa kemenangan. Kami senang bisa ke final,” ujar Shahril.

Meski demikian, Shahril tak memungkiri jika dirinya masih belum bisa melupakan kenangannya selama bermain untuk Persib.

Shahril yang kini berusia 34 tahun bahkan tak menutup peluang kembali berkarir di Indonesia.

”Pastinya hati saya masih biru dan semoga bisa (kembali bermain di Indonesia). Tapi sekarang saya sudah 34 tahun sehingga harus menjaga tubuh agar tetap fit. Setiap tawaran akan saya pertimbangkan matang-matang,” ujarnya.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


TOP NEWS: Pemain Naturalisasi Segera Jalani Debut dengan Timnas, Panggilan Itu Datang untuk Riko Simanjuntak
Striker naturalisasi yang tampil untuk Sriwijaya FC, Alberto Goncalves resmi mendapat panggilan pelatih Luis Milla, untuk memperkuat Tim Nasional Indonesia U-23.Dipanggil Timnas Indonesia, Ini Komentar Beto GoncalvesPada 8 Februari 2018 lalu striker asal Brasil, Alberto Goncalves resmi diambil sumpahnya sebagai warga negara Indonesia melalui proses naturalisasi.Timnas Indonesia Bukan Tujuan Awal Beto Jadi Pemain NaturalisasiTimnas Indonesia U-23 akan menghadapi Thailand U-23 dalam laga uji coba di tanggal 31 Mei dan 3 Juni. Pelatih Garuda Muda, Luis Milla memutuskan untuk memanggil tiga pemain Sriwijaya FC ke dalam skuatnya.Trio Sriwijaya FC Masuk Skuat Timnas Indonesia U-23Penampilan impresif Riko Simanjuntak bersama Persija Jakarta diganjar pemanggilan ke skuat Timnas Indonesia U-23. Riko bersama Rezaldi menjadi dua pemain Persija yang dipanggil oleh Luis Milla.Luis Milla Panggil Riko Simanjuntak ke Skuat Timnas Indonesia U-23
Komentar 'Tajam' Pelatih Persipura untuk Teco Usai Kalah dari Persija
Pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler kecewa dengan kekalahan 0-2 dari Persija Jakarta pada pekan ke-10 Liga 1, di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5/2018).Bahkan pelatih asal Inggris itu menyindir pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco. Butler menganggap Teco terlalu banyak meminta kartu kepada wasit."Pelatih Persija setiap pemain jatuh selalu meminta kartu kepada wasit. Saya tidak seperti itu," kata Butler dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan.[suggestedarticle=3]"Ini saya baru lihat pelatih seperti dia. Semua pemain dan penonton terlihat baik. Tapi pelatih seperti itu meminta kartu kuning itu tidak bagus untuk sepak bola Indonesia," tambahnya.Namun, Butler juga akui kekalahan timnya atas Persija. Ia menilai pertahanan timnya terlalu terbuka dan membuat Macan Kemayoran mampu membobol dua kali gawang Persipura."Pertahanan kami memberikan mereka (Persija) dua gol. Pemain asing Persija juga bermain efektif dibanding dengan pemain kami," tandasnya.Meski kalah dari Persija, Persipura masih bertengger di puncak klasemen Liga 1 dengan poin 17. Mutiara Hitam unggul dari Barito Putera, PSM Makassar, dan Madura United dengan poin yang sama.
  5606 kali
Perubahan Formasi Jadi Kunci Kemenangan Persija atas Persipura
Persija Jakarta berhasil mengalahkan Persipura Jayapura 2-0 pada pekan ke-10 Liga 1 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5). Dua gol kemenangan Persija disumbangkan Marko Simic di menit delapan dan Novri Setiawan di menit ke-77.Kemenangan ini berhasil memutus tren negatif Persija dalam empat pertandingan sebelumnya. Sebelum menang atas Persipura malam ini, tim berjulukan Macan Kemayoran secara beruntun dikalahkan Home United, Madura United, dan Persela Lamongan.Salah satu kunci keberhasilan Persija meraih poin penuh atas Persipura karena Teco berani mengubah strategi.Menghadapi Persipura, Teco memilih skema 4-4-2 dengan memasang duet Addison Alves dan Marko Simic di lini depan.[suggestedarticle=3]Di pertandingan-pertandingan sebelumnya, pelatih asal Brasil ini dikenal kerap kali menggunakan skema 4-3-3 dengan Simic sebagai ujung tombak.Namun, skema 4-4-2 ternyata bukan hal baru bagi Teco. Di beberapa turnamen awal musim, Teco mengaku sering memainkan skema tersebut.”Di beberapa turnamen awal musim kami memakai sistem 4-4-2. Waktu itu Addison belum ada dan kami memasang Simic dengan Ivan Carlos. Saya pikir sistem ini bisa berjalan baik,” kata Teco.[suggestedarticle=3]Selain perubahan formasi, kunci kemenangan Persija lainnya adalah motivasi tinggi yang ditunjukkan Ismed Sofyan dkk sepanjang pertandingan.”Kami tahu saat ini sedang dalam posisi yang tidak bagus. Tim lain sudah bermain 10 kali sedangkan kami baru tujuh kali (sebelum lawan Persipura) dan berada di posisi bawah. Kami akui ada tekanan, tapi pemain sangat serius dan fokus dalam menghadapi pertandingan ini. Pada akhirnya kami main bagus dan bisa mencetak dua gol ke gawang tim kuat,” ujarnya.Berkat kemenangan ini, Persija mampu menyodok ke peringkat 8 klasemen sementara dengan 13 poin. Di pertandingan selanjutnya, Persija akan bertandang ke markas Barito Putera, Rabu (30/5).
  773 kali
Kalah dari Persija, Pelatih Persipura Evaluasi Mental Pemain
Pelatih Persipura Jayapura Peter Butler kecewa dengan kekalahan timnya dari Persija Jakarta 0-2 pada pekan ke-10 Liga 1, di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5/2018).Mutiara Hitam harus kalah dari Persija melalui gol dari Marko Simic pada menit 7 dan Novri Setiawan pada menit ke-76. Pelatih asal Inggris kecewa dengan pertahanan Persipura yang terlalu longgar dalam meredam agresivitas Persija."Sangat kecewa, tapi bukan karena permainan. Kami tidak bisa dapat pelanggaran," kata Butler dalam sesi jumpa pers usai pertandingan."Pemain kami sudah bermain 100 persen tapi pertahanan kami memberikan mereka (Persija) dua gol. Pemain asing mereka lebih efektif dibanding kita," tambahnya.[suggestedarticle=3]Butler pun segera mengevaluasi permainan timnya. Pelatih asal Inggris itu berharap para pemainnya segera melupakan kekalahan melawan Persija."Pemain harus punya mental bagus. Saya tak mau pemain hilang konsentrasi. Buat kami permainan bagus, kita di sini hanya bicara mentalitas," "Kita punya pemain muda jadi harus punya mentalitas yang bagus. Pemain kita banyak potensi dan kualitas," tandasnya.Meski kalah dari Persija, Persipura masih bertengger di puncak klasemen Liga 1 dengan poin 17. Mutiara Hitam unggul dari Barito Putera, PSM Makassar, dan Madura United dengan poin yang sama.
  418 kali
Bek Persija Ini Jagokan Liverpool Juara Liga Champions
Bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman menjagokan Liverpool saat hadapi Real Madrid di final Liga Champions, Minggu (27/5) dini hari WIB di Kiev, Ukraina.Maman menyebut Liverpool punya sejarah menarik jika bertemu dengan tim besar. Bek asal Jakarta itu menyebut The Reds diprediksi kembali memenangi pertandingan atas Madrid seperti final Piala Champions tahun 1981.Saat itu, Liverpool menang 1-0 atas Madrid di Parc des Princes, 27 Mei 1981. Gol Alan Kennedy pada menit 82 cukup untuk mengantarkan Liveropool merengkuh trofi juara.[suggestedarticle=3]"Sejarah tidak mempengaruhi pertandingan. Tapi Liverpool akan ulangi lagi kemenangan atas Madrid di final tahun 1981," kata Maman kepada Bolalob, Jumat (25/5/2018)."Saya kira Liverpool mampu imbangi permainan Madrid. Apalagi mereka selalu main bagus jika lawan tim besar," tambahnya.Meski yakin menang, Maman melihat Mohamed Salah dan kolega bakal hadapi laga ketat melawan Madrid. Terlebih El Real punya Cristiano Ronaldo yang sangat pengalaman di final Liga Champions."Skornya bisa 2-1, tapi bisa juga nanti melalui adu penalti kalau Liverpool mainnya bagus," tandasnya.Liverpool kini mengincar gelar juara tambahan di Liga Champions. Klub yang berdiri 1892 itu sudah mengoleksi lima kali gelar juara, yakni pada 1977, 1978, 1981, 1983, dan 2005.
  282 kali
Taklukkan Persipura 2-0, Persija Keluar dari Zona Merah
Persija Jakarta berhasil memutus tren empat kekalahan beruntun saat menjamu Persipura Jayapura pada pekan ke-10 Liga 1 2018, Jumat (25/5). Bermain di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Persija menang 2-0 atas Persipura.Persija tampil agresif sejak awal pertandingan. Di menit kedelapan Persija berhasil unggul 1-0 lewat Marko Simic.Pemain asal Kroasia tersebut menggetarkan gawang Persipura setelah menerima umpan Riko Simanjuntak.[suggestedarticle=3]Di babak kedua, Persija dan Persipura saling melancarkan serangan. Namun, Persija yang berhasil menambah keunggulannya menjadi 2-0 setelah Novri Setiawan mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-77.Pemain asal Pariaman, Sumatera Barat, tersebut mencetak gol usai mengelabui kiper Persipura, Dede Sulaiman.Hingga laga usai, skor 2-0 untuk Persija tak berubah. Atas hasil ini tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut berhasil keluar dari zona degradasi.Persija kini menempati peringkat delapan dengan 13 poin. Sementara Persipura masih bertahan di posisi puncak dengan 17 poin karena di pertandingan lain Madura United bermain imbang 2-2 dengan Persebaya Surabaya.Daftar susunan pemain :Persija (4-4-2) :Daryono; Ismed Sofyan (C), Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Novri Setiawan (Franky Kogoya,88), Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu (Rohit Chand,69), Riko Simanjuntak; Addison Alves (Asri Akbar,81), Marko SimicPelatih : Stefano Cugurra TecoPersipura (4-3-3) :Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, David Rumakiek (Boas Atururi,58), Yustinus Pae; M Tahir, Ian Kabes, Immanuel Wanggai (Friska Womsiwor,58); Hilton Moreira, Boaz Solossa (C), Marcel SacramentoPelatih : Peter Butler
  1090 kali
Mario Gomez Sebut 3 Pemain Bali United Ini Berpotensi Menyulitkan Persib
Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez mulai menganalisa kekuatan calon lawannya di pekan ke-11 Liga 1 2018, yaitu Bali United.Persib akan bertandang ke markas Bali United, yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (27/5).Menurut Mario Gomez, Bali United adalah tim tangguh meski akan bermain tanpa Irfan Bachdim dan Ilija Spasojevic.Sebab, Bali United menurut Mario Gomez adalah tim yang memiliki pemain asing dengan kualitas mumpuni.Nama-nama seperti Nick van der Velden, Demerson Bruno, dan Ahn Byung-keon akan menjadi perhatian khusus Mario Gomez.[suggestedarticle=3]Terlebih Bali United juga masih memiliki pemain-pemain lain yang berpotensi jadi ancaman Persib seperti Fadil Sausu dan Stefano Lilipaly.”Mereka banyak pemain-pemain berbahaya. Saya lihat di beberapa pertandingan pemain asing mereka cukup bagus. Kita harus bekerja keras dan pikirkan itu semua agar bisa membawa kemenangan dari Bali,” kata Mario Gomez dikutip dari laman resmi Persib.[suggestedarticle=3]Selain para pemain asingnya, Mario Gomez menilai kekuatan Bali United terletak pada pemain ke-12 alias suporter.Untuk itu, mantan asisten Hector Cuper tersebut meminta para pemainnya untuk menjaga mentalitas bertandingnya agar tak runtuh akibat teror suporter Bali United.”Mereka tentu tidak mau kalah lagi, apalagi sekarang bermain di kandang. Intinya, kita harus fokus. Bermain di kandang atau tandang sama saja bagi kami. Yang menentukan adalah mental dan semangat pemain di dalam lapangan,” ujarnya.
  630 kali
Marko Simic Bawa Persija Unggul atas Persipura di Babak Pertama
Persija Jakarta unggul 1-0 atas Persipura Jayapura di babak pertama laga lanjutan pekan ke-10 Liga 1 2018 yang dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5).Persija tampil agresif sejak awal pertandingan. Di menit ketiga Persija sudah mampu mengancam gawang Persipura lewat tendangan bebas Ismed Sofyan. Beruntung, Dede Sulaiman masih sigap di bawah mistar gawang Persipura.Persija akhirnya membuka keunggulan saat laga baru berjalan delapan menit. Diawali penetrasi Riko Simanjuntak, eks pemain Semen Padang tersebut mengirimkan bola sodoran yang mampu dicocor dengan baik oleh Marko Simic.[suggestedarticle=3]Selepas gol itu Persipura semakin gencar menekan pertahanan Persija. Di menit ke-25 Marcel Sacramento nyaris mencatatkan namanya di papan skor seandainya bola sundulannya tidak mengenai paha Ismed Sofyan.Persija juga punya peluang emas menambah keunggulannya di menit ke-43. Tapi, Simic yang tinggal berhadapan dengan Dede Sulaiman gagal mencetak gol. Tendangan menyusurnya masih mengenai kaki eks kiper Sriwijaya FC Palembang tersebut. Hingga turun minum skor 1-0 untuk Persija tidak berubah.Daftar susunan pemain :Persija (4-4-2) :Daryono; Ismed Sofyan (C), Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Novri Setiawan, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak; Addison Alves, Marko SimicPelatih : Stefano Cugurra TecoPersipura (4-3-3) :Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, David Rumakiek, Yustinus Pae; M Tahir, Ian Kabes, Immanuel Wanggai; Hilton Moreira, Boaz Solossa (C), Marcel SacramentoPelatih : Peter Butler
  411 kali
Sempat Bela Persija dan Persipura, Pemain Ini Kini Tak Punya Klub
Salah satu pemain yang sempat membela Persija dan Persipura, Boakay Eddie Foday kini tercatat tidak memiliki klub. Persipura menjadi klub terakhir yang sempat dibela Foday yang berposisi sebagai pemain depan.Pemain yang sempat membela tim nasional Liberia itu sempat malang melintang di sepak bola nasional sejak 2005 hingga 2016. Sejumlah klub Indonesia seperti Persiwa Wamena (2005-2012), Sriwijaya FC (2012-2013), Persipura Jayapura (2013-2014) dan Persija Jakarta (2014-2015) sempat menjadi klub yang dibela Foday.[suggestedarticle=3]Persipura menjadi klub terakhir yang dibela Foday dan kini pemain usia 32 tahun tersebut menghilang dari peredaran sepak bola nasional. Dilansir dari Transfermarkt, Foday tidak diketahui keberadaannya. Foday tampaknya masih belum memiliki klub baru pasca dilepas oleh Persipura para 2016 lalu. Jika dilihat dari sisi usia, Foday masih bisa bersaing sebagai salah satu pemain depan yang berbahaya. Foday juga bisa menjadi opsi sejumlah klub Indonesia yang punya masalah di lini depan.
  2187 kali
3 Pemain Persija Dapat Sanksi dari Komdis PSSI
Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi kepada tiga pemain Persija Jakarta, yaitu Ismed Sofyan, Ramdani Lestaluhu, dan Riko Simanjuntak.Ketiganya mendapat sanksi denda sebesar Rp25 juta. Hukuman itu diberikan lantaran mereka kedapatan mengucapkan kata-kata tidak pantas kepada wasit Annas Apriliandi pada pertandingan pekan kesembilan Liga 1 kontra Persela Lamongan, Minggu (20/5).[suggestedarticle=3]Dalam pertandingan tersebut, Annas memang mendapat protes keras dari ofisial dan pemain Persija setelah mengesahkan gol yang dicetak Diego Assis di menit ke-84.Dalam tayangan ulang terlihat jika pemain asal Brasil itu memasukkan bola ke gawang Persija yang dikawal Daryono menggunakan tangannya.Laga itu pun akhirnya berhasil dimenangi tuan rumah Persela dengan skor 2-0.
  1336 kali
1527253202054 tag