(Foto: Goal.com)

Dua Youngster Liga 1 Bikin Indra Sjafri Kepincut

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri panggil dua pemain muda potensial di Liga 1, yakni Raffi Syaharil dan Gunansar Mandowen.

Indra Sjafri memanggil 28 pemain untuk pemusatan latihan di Lapangan UNY, Yogyakarta pada 19-27 Mei 2018. Ada lima pemain anyar yang dipanggil oleh pelatih asal Sumatera Barat itu.

Kelima pemain itu adalah Muhammad Iqbal (Ragunan), M Firli (Bogor FC), Al Risqt Dwi (Bogor FC), Muhammad Raffi Syaharil (Barito Putera), dan Gunansar Mandowen (Persipura).



Dari lima pemain tersebut, ada dua pemain yang mendapat label 'wonderkid'. Label tersebut tak asing bagi para maniac gim Football Manager. Raffi Syaharil dan Gunansar masuk dalam kategori wonderkid.

Keduanya tampil apik bersama Barito Putera dan Persipura di Liga 1. Raffi menjadi pemain muda yang dipercaya Jacksen F Tiago mengawal lini tengah Laskar Antasari. Sudah delapan pertandingan yang ia jalani di Liga 1.

Sedangkan Gunansar sudah jalani lima pertandingan di Liga 1 bersama Persipura. Ia mendapat kepercayaan dari pelatih Peter Butler untuk mengawal lini tengah Mutiara Hitam.

Keduanya menjadi akan bersaing dengan beberapa pemain timnas U-19 yang sudah bergabung sebelumnya, seperti Muhammad Luthfi Kamal, Asnawi Mangkualam, ataupun Syahrian Abimanyu.

Pemusatan latihan kali ini bertujuan sebagai persiapan turnamen Piala AFF U-19 pada 1-14 Juli dan Piala AFC pada 18 Oktober sampai 4 November 2018.
editTerakhir diubah:  18/05/18 - 13:26

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


TOP NEWS: Pemain Naturalisasi Segera Jalani Debut dengan Timnas, Panggilan Itu Datang untuk Riko Simanjuntak
Striker naturalisasi yang tampil untuk Sriwijaya FC, Alberto Goncalves resmi mendapat panggilan pelatih Luis Milla, untuk memperkuat Tim Nasional Indonesia U-23.Dipanggil Timnas Indonesia, Ini Komentar Beto GoncalvesPada 8 Februari 2018 lalu striker asal Brasil, Alberto Goncalves resmi diambil sumpahnya sebagai warga negara Indonesia melalui proses naturalisasi.Timnas Indonesia Bukan Tujuan Awal Beto Jadi Pemain NaturalisasiTimnas Indonesia U-23 akan menghadapi Thailand U-23 dalam laga uji coba di tanggal 31 Mei dan 3 Juni. Pelatih Garuda Muda, Luis Milla memutuskan untuk memanggil tiga pemain Sriwijaya FC ke dalam skuatnya.Trio Sriwijaya FC Masuk Skuat Timnas Indonesia U-23Penampilan impresif Riko Simanjuntak bersama Persija Jakarta diganjar pemanggilan ke skuat Timnas Indonesia U-23. Riko bersama Rezaldi menjadi dua pemain Persija yang dipanggil oleh Luis Milla.Luis Milla Panggil Riko Simanjuntak ke Skuat Timnas Indonesia U-23
TERPOPULER: Darah Baru di Timnas Indonesia U-19 dan U-23
Penampilan impresif Riko Simanjuntak bersama Persija Jakarta diganjar pemanggilan ke skuat Timnas Indonesia U-23. Riko bersama Rezaldi menjadi dua pemain Persija yang dipanggil oleh Luis Milla.Luis Milla Panggil Riko Simanjuntak ke Skuat Timnas Indonesia U-23 Timnas Indonesia U-19 saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta. Pelatih Garuda Nusantara, Indra Sjafri memutuskan untuk memanggil satu pemain baru dalam pemusatan latihan ini.Indra Sjafri Panggil Satu Pemain Baru ke Skuat Timnas Indonesia U-19Dua pertandingan tim nasional U-23 melawan Thailand U-23 akan disiarkan langsung oleh salah satu televisi swasta nasional. Kedua laga tersebut akan disiarkan oleh RCTI sejak pukul 21:15 WIB.Hore! Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Thailand Akan Disiarkan LangsungMembawa kekasih hati dan pacar saat bermain atau bertanding futsal tentu saja idaman para pria, tapi tahukah jika membawa pacar ada bahaya juga, lho.Hati-hati Bawa Pacar Nemenin Main Futsal, Ternyata Ada BahayanyaStriker naturalisasi yang tampil untuk Sriwijaya FC, Alberto Goncalves resmi mendapat panggilan pelatih Luis Milla, untuk memperkuat Tim Nasional Indonesia U-23.Dipanggil Timnas Indonesia, Ini Komentar Beto Goncalves
  152 kali
Ini Alasan Indra Sjafri Perpanjang TC Timnas U-19
Tim Nasional Indonesia U-19 dipastikan akan lebih lama berada di Yogyakarta untuk menjalani pemusatan latihan, usai latihan ini diperpanjang hingga 2 Juni 2018.Semula TC yang dimulai pada 19 Mei itu akan berakhir pada 27 Mei, namun waktu terbatas jelang keikutsertaan mereka di Piala AFF U-18 membuat latihan diperpanjang.[suggestedarticle]Selain itu PSSI juga menilai bahwa para pemain yang kembali ke klub dan akan kembali ke timnas U-19 sepekan berselang dinilai tak efektif.“Iya kita perpanjang TC di Yogyakarta ini hingga tanggal 2 Juni 2018,” kata pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri di lapangan sepak bola UNY, Kamis 24 Mei 2018.“Ini untuk efektivitas saja karena nantinya juga terkait dengan akomodasi pemain dan lain-lainnya,” katanya.[suggestedarticle]Indra Sjafri juga menolak kabar mengenai ketakutan dirinya dan PSSI akan tak dilepasnya pemain karena kompetisi sedang berjalan."Adanya kompetisi di Indonesia ini sebenarnya tujuannya untuk mencetak pemain Timnas. Jadi, mereka (klub) bangga jika ada pemainnya dipanggil Timnas,” ucapnya.Di pemusatan latihan kali ini Indra Sjafri memanggil sebanyak 28 pemain, dimana masih didominasi oleh wajah lama.
  192 kali
Luis Milla Panggil Riko Simanjuntak, Posisi Dua Pemain Ini Terancam
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla memanggil Riko Simanjuntak untuk laga uji coba kontra Thailand. Kehadiran Riko, praktis membuat kehadiran dua pemain terancam.Riko biasa bermain di posisi sayap kanan. Selama Milla menangani Garuda Muda ada dua nama yang bergantian mengisi posisi tersebut yakni Saddil Ramdani dan Osvaldo Haay.[suggestedarticle=3]Osvaldo sejauh ini paling sering mendapat menit bermain. Ia di sayap kanan bersama Febri Hariyadi di sayap kiri menjadi senjata utama Milla di posisi sayap.Kini Milla akhirnya mencoba Riko sebagai alternatif. Riko sendiri tampil impresif bersama Persija Jakarta di awal musim ini. Ia membawa Macan Kemayoran juara Piala Presiden 2018 dan melangkah hingga semifinal Piala AFC 2018 Zona ASEAN.[pagebreak]Thailand[/pagebreak]Laga Timnas Indonesia U-23 melawan Thailand akan dihelat dua kali yakni 31 Mei dan 3 Juni. Dua laga ini akan menjadi ajang Riko unjuk gigi agar dilirik Milla ke Asian Games 2018.
  1487 kali
Komentar 'Tajam' Pelatih Persipura untuk Teco Usai Kalah dari Persija
Pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler kecewa dengan kekalahan 0-2 dari Persija Jakarta pada pekan ke-10 Liga 1, di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5/2018).Bahkan pelatih asal Inggris itu menyindir pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco. Butler menganggap Teco terlalu banyak meminta kartu kepada wasit."Pelatih Persija setiap pemain jatuh selalu meminta kartu kepada wasit. Saya tidak seperti itu," kata Butler dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan.[suggestedarticle=3]"Ini saya baru lihat pelatih seperti dia. Semua pemain dan penonton terlihat baik. Tapi pelatih seperti itu meminta kartu kuning itu tidak bagus untuk sepak bola Indonesia," tambahnya.Namun, Butler juga akui kekalahan timnya atas Persija. Ia menilai pertahanan timnya terlalu terbuka dan membuat Macan Kemayoran mampu membobol dua kali gawang Persipura."Pertahanan kami memberikan mereka (Persija) dua gol. Pemain asing Persija juga bermain efektif dibanding dengan pemain kami," tandasnya.Meski kalah dari Persija, Persipura masih bertengger di puncak klasemen Liga 1 dengan poin 17. Mutiara Hitam unggul dari Barito Putera, PSM Makassar, dan Madura United dengan poin yang sama.
  5861 kali
Perubahan Formasi Jadi Kunci Kemenangan Persija atas Persipura
Persija Jakarta berhasil mengalahkan Persipura Jayapura 2-0 pada pekan ke-10 Liga 1 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5). Dua gol kemenangan Persija disumbangkan Marko Simic di menit delapan dan Novri Setiawan di menit ke-77.Kemenangan ini berhasil memutus tren negatif Persija dalam empat pertandingan sebelumnya. Sebelum menang atas Persipura malam ini, tim berjulukan Macan Kemayoran secara beruntun dikalahkan Home United, Madura United, dan Persela Lamongan.Salah satu kunci keberhasilan Persija meraih poin penuh atas Persipura karena Teco berani mengubah strategi.Menghadapi Persipura, Teco memilih skema 4-4-2 dengan memasang duet Addison Alves dan Marko Simic di lini depan.[suggestedarticle=3]Di pertandingan-pertandingan sebelumnya, pelatih asal Brasil ini dikenal kerap kali menggunakan skema 4-3-3 dengan Simic sebagai ujung tombak.Namun, skema 4-4-2 ternyata bukan hal baru bagi Teco. Di beberapa turnamen awal musim, Teco mengaku sering memainkan skema tersebut.”Di beberapa turnamen awal musim kami memakai sistem 4-4-2. Waktu itu Addison belum ada dan kami memasang Simic dengan Ivan Carlos. Saya pikir sistem ini bisa berjalan baik,” kata Teco.[suggestedarticle=3]Selain perubahan formasi, kunci kemenangan Persija lainnya adalah motivasi tinggi yang ditunjukkan Ismed Sofyan dkk sepanjang pertandingan.”Kami tahu saat ini sedang dalam posisi yang tidak bagus. Tim lain sudah bermain 10 kali sedangkan kami baru tujuh kali (sebelum lawan Persipura) dan berada di posisi bawah. Kami akui ada tekanan, tapi pemain sangat serius dan fokus dalam menghadapi pertandingan ini. Pada akhirnya kami main bagus dan bisa mencetak dua gol ke gawang tim kuat,” ujarnya.Berkat kemenangan ini, Persija mampu menyodok ke peringkat 8 klasemen sementara dengan 13 poin. Di pertandingan selanjutnya, Persija akan bertandang ke markas Barito Putera, Rabu (30/5).
  794 kali
Kalah dari Persija, Pelatih Persipura Evaluasi Mental Pemain
Pelatih Persipura Jayapura Peter Butler kecewa dengan kekalahan timnya dari Persija Jakarta 0-2 pada pekan ke-10 Liga 1, di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5/2018).Mutiara Hitam harus kalah dari Persija melalui gol dari Marko Simic pada menit 7 dan Novri Setiawan pada menit ke-76. Pelatih asal Inggris kecewa dengan pertahanan Persipura yang terlalu longgar dalam meredam agresivitas Persija."Sangat kecewa, tapi bukan karena permainan. Kami tidak bisa dapat pelanggaran," kata Butler dalam sesi jumpa pers usai pertandingan."Pemain kami sudah bermain 100 persen tapi pertahanan kami memberikan mereka (Persija) dua gol. Pemain asing mereka lebih efektif dibanding kita," tambahnya.[suggestedarticle=3]Butler pun segera mengevaluasi permainan timnya. Pelatih asal Inggris itu berharap para pemainnya segera melupakan kekalahan melawan Persija."Pemain harus punya mental bagus. Saya tak mau pemain hilang konsentrasi. Buat kami permainan bagus, kita di sini hanya bicara mentalitas," "Kita punya pemain muda jadi harus punya mentalitas yang bagus. Pemain kita banyak potensi dan kualitas," tandasnya.Meski kalah dari Persija, Persipura masih bertengger di puncak klasemen Liga 1 dengan poin 17. Mutiara Hitam unggul dari Barito Putera, PSM Makassar, dan Madura United dengan poin yang sama.
  426 kali
Taklukkan Persipura 2-0, Persija Keluar dari Zona Merah
Persija Jakarta berhasil memutus tren empat kekalahan beruntun saat menjamu Persipura Jayapura pada pekan ke-10 Liga 1 2018, Jumat (25/5). Bermain di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Persija menang 2-0 atas Persipura.Persija tampil agresif sejak awal pertandingan. Di menit kedelapan Persija berhasil unggul 1-0 lewat Marko Simic.Pemain asal Kroasia tersebut menggetarkan gawang Persipura setelah menerima umpan Riko Simanjuntak.[suggestedarticle=3]Di babak kedua, Persija dan Persipura saling melancarkan serangan. Namun, Persija yang berhasil menambah keunggulannya menjadi 2-0 setelah Novri Setiawan mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-77.Pemain asal Pariaman, Sumatera Barat, tersebut mencetak gol usai mengelabui kiper Persipura, Dede Sulaiman.Hingga laga usai, skor 2-0 untuk Persija tak berubah. Atas hasil ini tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut berhasil keluar dari zona degradasi.Persija kini menempati peringkat delapan dengan 13 poin. Sementara Persipura masih bertahan di posisi puncak dengan 17 poin karena di pertandingan lain Madura United bermain imbang 2-2 dengan Persebaya Surabaya.Daftar susunan pemain :Persija (4-4-2) :Daryono; Ismed Sofyan (C), Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Novri Setiawan (Franky Kogoya,88), Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu (Rohit Chand,69), Riko Simanjuntak; Addison Alves (Asri Akbar,81), Marko SimicPelatih : Stefano Cugurra TecoPersipura (4-3-3) :Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, David Rumakiek (Boas Atururi,58), Yustinus Pae; M Tahir, Ian Kabes, Immanuel Wanggai (Friska Womsiwor,58); Hilton Moreira, Boaz Solossa (C), Marcel SacramentoPelatih : Peter Butler
  1099 kali
Marko Simic Bawa Persija Unggul atas Persipura di Babak Pertama
Persija Jakarta unggul 1-0 atas Persipura Jayapura di babak pertama laga lanjutan pekan ke-10 Liga 1 2018 yang dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5).Persija tampil agresif sejak awal pertandingan. Di menit ketiga Persija sudah mampu mengancam gawang Persipura lewat tendangan bebas Ismed Sofyan. Beruntung, Dede Sulaiman masih sigap di bawah mistar gawang Persipura.Persija akhirnya membuka keunggulan saat laga baru berjalan delapan menit. Diawali penetrasi Riko Simanjuntak, eks pemain Semen Padang tersebut mengirimkan bola sodoran yang mampu dicocor dengan baik oleh Marko Simic.[suggestedarticle=3]Selepas gol itu Persipura semakin gencar menekan pertahanan Persija. Di menit ke-25 Marcel Sacramento nyaris mencatatkan namanya di papan skor seandainya bola sundulannya tidak mengenai paha Ismed Sofyan.Persija juga punya peluang emas menambah keunggulannya di menit ke-43. Tapi, Simic yang tinggal berhadapan dengan Dede Sulaiman gagal mencetak gol. Tendangan menyusurnya masih mengenai kaki eks kiper Sriwijaya FC Palembang tersebut. Hingga turun minum skor 1-0 untuk Persija tidak berubah.Daftar susunan pemain :Persija (4-4-2) :Daryono; Ismed Sofyan (C), Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Novri Setiawan, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak; Addison Alves, Marko SimicPelatih : Stefano Cugurra TecoPersipura (4-3-3) :Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, David Rumakiek, Yustinus Pae; M Tahir, Ian Kabes, Immanuel Wanggai; Hilton Moreira, Boaz Solossa (C), Marcel SacramentoPelatih : Peter Butler
  415 kali
Berikut 33 Pemain Timnas Putri Indonesia untuk Hadapi Thailand
Pelatih Timnas Putri Indonesia, Satia Bagdja bawa 33 pemain ke Palembang untuk laga uji coba kontra Thailand.Timnas putri akan menjalani dua kali uji coba dengan Thailand, pada tanggal 27 Mei 2018 di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring dan 30 Mei 2018 di Stadion Bumi Sriwijaya.Satia Bagdja mengatakan para pemain antusias menghadapi laga uji coba tersebut. Ia menyebut persiapan timnya sudah dilakukan dengan baik dan pemain alami peningkatan dalam latihan.[suggestedarticle=3]"Kami bawa 33 pemain ke Palembang. Ini merupakan skuat yang terbaik. Meski begitu proses seleksi untuk skuat Piala AFF dan Asian Games nanti terus kita lakukan," kata Satia dari laman resmi PSSI.Uji coba ini sangat penting untuk mengetahui level permainan timnya. Sejak dibentuk pada bulan Maret 2018, baru kali ini kami menjalani uji coba internasional," tambahnya.Dalam skuat yang dibawa ke Palembang, komposisi pemain senior dan yunior dipadukan oleh Satia Bagdja. Nama-nama pemain senior seperti Tugiyati, Maulina Novriliani, Vera Lestari, Dwie Aprilliani bersanding dengan pemain seperti Zahra Muzdalifah, Dhanielle Daphne, Carla Bio dan lain-lain.“Thailand tim kuat dan ini uji coba yang bagus. Dari laga ini kita akan banyak mengevaluasi kekurangan dan juga potensi yang kita miliki. Jadi, pada uji coba ini bukan soal menang atau kalah. Namun, saya akan meminta pemain untuk tampil maksimal,” tandas pelatih asal Jakarta itu.Uji coba ini sebagai persiapan Timnas Putri Indonesia untuk ajang Piala AFF Wanita, Juli 2018 dan Asian Games, Agustus 2018. Indonesia menjadi tuan rumah kedua ajang bergengsi ini.Thailand merupakan salah satu tim kuat di ASEAN bahkan Asia, pencapaian negeri Gajah Putih ini di sepak bola wanita sangat luar biasa. Pada Piala AFC Women 2018 di Yordania, Thailand sukses menembus babak semi final ajang tersebut dan mengantarkannya lolos ke Piala Dunia Wanita 2019 mendatang di Prancis.33 Skuat Timnas Wanita Indonesia vs ThailandKiper1. Vera Lestari2. Norffince Boma3. Riska Julianti4. PrihartiniBelakang5. Safira Ika Putri6. Sri Devi7. Vivi Oktavia8. Ade Mustika 9. Risda Yulianti10. Nur Laili Khomariyah11. Retno Ayu Dwi12. Rizky Amalia13. Nova Yigibalom14. Fitria Alya RahmaTengah15. Susi Susanti16. Yudith Herlina Sada17. Maulina Novriliani18. Dhanielle Daphne19. Zahra Muzdalifah20. Dwie Aprilliani Fitria21. Rahma Wulan Aprilita22. Rulin Aspalek23. Octavianti Dwi Nurmalita24. I Dewa Ayu Ratnasari25. Ria Ristiani26. Aryndha Christyara27. Iis Sri Rahayu28. Viny SilfianusDepan29. Carla Bio Pattinasarany30. Syenida Meryfandina31. Mayang ZP32. Tugiyati33. Okta Berti
  623 kali
1527257402044 tag