(Foto: Bolalob)

Ini Alasan Indonesia Berada di Pot 1 Undian Piala AFC U-19

Timnas Indonesia U-19 tergabung dalam pot 1 undian Piala AFC U-19 bersama sejumlah tim kuat lainnya seperti Jepang, Arab Saudi dan Vietnam. Hal tersebut tidak lepas dari status tuan rumah yang dipegang Indonesia.

Pengundian grup Piala AFC U-19 2018 akan digelar di Hotel Fairmont, Jakarta pada Jumat (18/5) pukul 15:00 WIB. 16 negara sudah dibagi kedalam empat pot yang nantinya akan disebar dalam empat grup.



Indonesia yang berstatus sebagai tuan rumah menempati pot 1 bersama Jepang, Arab Saudi dan Vietnam.

Selain Indonesia dua negara dari Asia Tenggara yaitu Thailand dan Malaysia.

Turnamen Piala AFC U-19 2018 akan berlangsung pada 18 Oktober hingga 4 November 2018. Piala AFC U-19 akan menjadi tiket untuk menuju Piala Dunia U-20. Empat negara yang berhasil masuk ke babak semifinal akan mendapat kesempata untuk tampil di Piala Dunia U-20.

Pembagian Pot Piala AFC U-19 2018:

Pot 1: Indonesia, Jepang, Arab Saudi, dan Vietnam

Pot 2: Irak, Takijistan, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab

Pot 3: Australia, Qatar, China, dan Thailand

Pot 4: Korea Utara, Yordania, Malaysia, serta China Taipei
Pembagian Pot Selengkapnya  

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Timnas U-19 Perpanjang TC dan Berpeluang Dua Kali Uji Coba
Tim nasional U-19 akan menambah durasi training camp yang tengah dilakukan di Yogyakarta. Awalnya TC timnas U-19 akan berakhir pada 27 Mei 2018, kini diperpanjang menjadi 2 Juni 2018.Tidak hanya menambah jangka waktu TC di Yogyakarta, Timnas U-19 juga tengah mempertimbangkan untuk melakukan uji coba tambahan. Salah satu klub Liga 2, PSS Sleman dikabarkan akan menjadi lawan timnas U-19 pada hari terakhir TC. [suggestedarticle=3]"Setelah dapat masukkan dari PSSI kami akhirnya memperpanjang TC. Sebenarnya tahap pertama selesai 27 Mei dan 7 Juni dilanjutkan lagi, namun akhirnya diteruskan sampai 2 Juni," ungkap Indra Sjafri dikutp Bolalob dari Bola.com."Sudah ada komunikasi dengan pihak PSS Sleman. Namun hingga saat ini belum ada kesekapatan," ujar Indra Sjafri.Selain PSS, Timnas U-19 sebelumnya sudah dipastikan akan menghadapi Persis Solo di Stadion Manahan, Senin (28/5).
  446 kali
Timnas Indonesia U-19 Dapat Manajer Baru
PSSI dikabarkan mengganti posisi manajer Timnas Indonesia U-19 yang sebelumnya dijabat oleh Roni Fauzan.Pria pengusaha yang akrab disapa Bang Oni itu digantikan posisinya oleh Daconi. Ia akan memanajeri timnas U-19 untuk Piala AFF U-19 dan Piala Asia U-19 2018.Daconi menjabat sebagai manajer usai mendapat surat pengangkatan yang ditandatangani oleh Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.Diwartakan melalui Goal, pria yang pernah menjabat sebagai CEO Semen Padang itu sudah mengunjungi pemusatan latihan timnas U-19 di Yogyakarta.[suggestedarticle=3]"Saya siap bantu timnas U-19 sebatas kemampuan saya. Karena saya juga bagi waktu dengan pekerjaan di PT Semen Baturaja," ujar Daconi.Daconi pun akan lebih komunikatif dengan staf pelatih timnas U-19. Ia siap dengan target timnas U-19 yang lolos ke Piala Dunia U-20 2019."Pastinya kami seapakat untuk sama-sama bekerja keras agar timnas U-19 bisa ke empat besar Piala Asia dan lolos Piala Dunia," tandasnya.Timnas melakukan pemusatan latihan di Lapangan UNY, Yogyakarta sejak 19 Mei lalu. Pemusatan latihan itu ditutup dengan uji coba kontra Persis Solo di Stadion Manahan, Senin (28/5/2018).
  1818 kali
PSS Sleman Ingin Uji Coba Hadapi Timnas U-19
PSS Sleman membuka peluang untuk bisa menggelar laga uji coba melawan Tim Nasional U-19 yang tengah berada di Yogyakarta. Uji coba tersebut diharapkan bisa berlangsung sebelum laga persahabatan lainnya melawan Persis Solo.Timnas U-19 hingga kini baru menjadwalkan satu kali uji coba melawan Persis Solo selama melakukan trainig camp di Yogyakarta. Uji coba tersebut rencananya akan digelar pada akhir TC yaitu Senin (28/5).[suggestedarticle=3]PSS yang bermarkas di Sleman melihat peluang uji coba melawan timnas U-19. Manajer PSS, Sismantoro berusaha menggelar laga uji coba sebelum Timnas U-19 menghadapi Persis.[pagebreak]Sebelum Lawan Persis[/pagebreak]"Kami akan komunikasi dengan mereka (Timnas U-19), terlebih mereka disini juga sampai akhir bulan. Uji coba kemungkinan kita agendakan di pekan kedua TC timnas, sebelum mereka beruji coba dengan Persis Solo, Senin (28/5/2018)," ujar Sismantoro dikutip Bolalob dari Tribun Jogja."Kita rencanakan untuk menggelar satu kali uji coba di Stadion Maguwoharjo, sementara uji coba lainnya mungkin hanya melawan tim lokal saja. Ini untuk menjaga sentuhan bola, memperbaiki kekurangan yang masih ada, sekaligus mematangkan permainan anak-anak sebelum kompetisi kembali digelar," ujar Sismantoro.
  402 kali
Jepang Andalkan Muka Senior di Piala Dunia 2018
Pelatih baru Jepang Akira Nishino merilis skuat bayangan timnas Jepang untuk Piala Dunia 2018.Laga uji coba melawan Ghana akan digelar di Yokohama, itu adalah persiapan mereka sebelum berangkat ke Rusia sekaligus untuk menentukan nama-nama mana saja yang akan Nishino bawa.Jepang diperkirakan akan menamai skuad final mereka untuk Piala Dunia pada 31 Mei, beberapa hari menjelang tenggat waktu 4 Juni.Dua nama senior yakni Shinji Kagawa dan Keisuke Honda masih menjadi andalan Samurai Blue. Keduanya telah berjuang untuk masuk ke dalam tim utama di bawah mantan pelatih Vahid Halilhodzic, tetapi Nishino menegaskan bahwa mereka sangat kritis."Anda semua mungkin tahu permainan mereka dengan baik, dan mereka sangat penting bagi tim nasional," kata Nishino."Saya berharap mereka akan mempertahankan kinerja dan kontribusi mereka."[suggestedarticle]Jepang sendiri memecat Halilhodzic bulan lalu, hanya dua bulan sebelum Piala Dunia digelar, dan menggantikannya dengan Nishino.Honda memiliki tujuh gol dengan klub Meksiko Pachuca musim ini. Gelandang serang andalan di skuad Piala Dunia baru-baru ini lebih sering duduk sebagai pemain cadangan dibawah era Halilhodzic.Sementara Kagawa, yang telah berjuang dengan pemulihan cedera, dinamai untuk pertama kalinya sejak Oktober. Pemain berbasis Eropa lainnya termasuk striker Leicester Shinji Okazaki dan Bremen, Yuya Osako juga dipanggil.Dalam dua pertandingan pemanasan Piala Dunia, Jepang akan menghadapi Swiss pada 8 Juni di Lugano, Swiss, dan Paraguay pada 12 Juni di Innsbruck, Austria.Jepang akan bermain di Piala Dunia keenam berturut-turut, dimana mereka hanya dua kali mencapai fase knock out, kalah dua kali di babak 16 besar. Yakni pada tahun 2002 di bawah pelatih Perancis Philippe Troussier, dan pada 2010 di bawah pelatih Jepang Takeshi Okada .Jepang akan bermain di Grup H di Piala Dunia bersama Kolombia, Polandia dan Senegal.Daftar pemain Jepang:Kiper: Eiji Kawashima (Metz); Masaaki Higashiguchi (Gamba Osaka); Kosuke Nakamura (Kashiwa Reysol).Bek: Yuto Nagatomo (Galatasaray); Tomoaki Makino, Wataru Endo (Urawa Reds); Maya Yoshida (Southampton); Hiroki Sakai (Marseille); Gotoku Sakai (Hamburg); Gen Shoji, Naomichi Ueda (Kashima Antlers).Gelandang: Makoto Hasebe (Eintracht Frankfurt); Toshihiro Aoyama (Sanfrecce Hiroshima); Keisuke Honda (Pachuca); Takashi Inui (Eibar); Shinji Kagawa (Dortmund); Hotaru Yamaguchi (Cerezo Osaka); Genki Haraguchi, Takashi Usami (Fortuna Dusseldorf); Gaku Shibasaki (Getafe); Ryota Oshima (Kawasaki Frontale); Kento Misao (Kashima Antlers); Yosuke Ideguchi (Leonesa).Striker: Shinji Okazaki (Leicester); Yuya Osako (Werder Bremen); Yoshinori Muto (Mainz); Takuma Asano (Stuttgart).
  1737 kali
Kedatangan Iniesta Akan Makan Korban di Vissel Kobe
Andres Iniesta sudah menemukan rumah baru di penghujung karir profesionalnya, usai bergabung dengan Vissel Kobe.Kapten Barcelona yang sudah menjalani 22 musim di klub Catalan itu akan tampil di kompetisi Liga Jepang atau J League, usai Piala Dunia 2018 mendatang di Rusia.Iniesta dijemput langsung dengan jet pribadi oleh presiden klub Hiroshi Mikitani yang juga pemilik Rakuten, sponsor utama Barca, pada Kamis (24/5). \5/26 イニエスタ選手ウェルカムイベント「Bienvenido ANDRÉS INIESTA(ビエンベニード アンドレス イニエスタ)」開催/ 🆓入場無料🙌シーズンシートオーナー、ファンクラブ会員は先行入場 イニエスタ選手の来神を一緒に盛り上げよう❣️https://t.co/nIVBB0tF5Z #vissel #BienvenidoIniesta pic.twitter.com/xnhHnLHFwB — ヴィッセル神戸 (@vissel_kobe) May 24, 2018 Kedatangan Iniesta ke Vissel Kobe bisa memakan korban pemain asing lainnya. Saat ini Vissel sudah memiliki enam pemain asing, dimana tiga diantaranya berasal dari negara Asia (AFC).Dalam regulasi J-League, jumlah total pemain asing dibatasi hingga lima per klub. Klub dapat mendaftar hingga empat pemain asing untuk satu pertandingan, di mana maksimal tiga diizinkan dari negara-negara di luar Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Pemain dari negara mitra J.League (Thailand, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Singapura, Indonesia, Iran, Malaysia, dan Qatar) dibebaskan dari pembatasan ini.[suggestedarticle]Bek asal Thailand, Theerathon Bunmathan dipastikan aman dari pencoretan ini karena statusnya sebagai pemain dari negara mitra J-League.Saat ini tiga pemain asing non Asia adalah, duo Brasil Leandro dan Wellington serta mantan juara dunia bersama Jerman, Lukas Podolski.Dari tiga nama itu tercatat Leandro yang memiliki statistik kurang apik, dimana ia hanya tampil sebanyak dua laga dan lebih sering berkutat dengan cedera. Wellington sudah mencetak empat gol dalam 11 laga, sedangkan Podolski tiga gol dalam 11 laga.Sementara dua nama lain yang berasal dari Korea Selatan adalah gelandang Jung Woo-young dan penjaga gawang Kim Seung-gyu, yang praktis aman dari kuota pemain asing.
  1312 kali
Panpel Persis Solo Vs Timnas U-19 Sediakan 2.000 Tiket
Pihak Panitia pelaksana (panpel) pertandingan uji coba Persis Solo melawan Timnas U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri di Stadion, Manahan, Senin (28/5/2018) malam WIB, hanya menyiapkan 22.000 lembar tiket. Jumlah itu jauh dari kapasitas maksimal Stadion Manahan yang dapat mencapai 24.000 orang. Panpel mulai mengkoordinasi ticketing pertandingan setelah PSSI resmi menyetujui uji coba tersebut dalam surat bernomor 2231/UDN/1215/V-2018 yang ditandatangani Sekjen PSSI, Ratu Tisha. Ketua Panpel Persis Solo, Didik Daryanto, mengonfirmasi ihwal kepastian laga uji coba tersebut. Pihaknya langsung mengurus perizinan di tataran lokal setelah turunnya surat persetujuan itu.[suggestedarticle=3]"Kami sudah berkomunikasi dengan Polresta Solo untuk izin keamanan. Secara lisan pertandingan sudah di-acc pihak kepolisian, tinggal menunggu surat resminya,” ujar Didik seperti dikutip Solopos.com, Rabu (22/5).Laga Persis kontra Garuda Muda dijadwalkan digelar, Senin pukul 20.30 WIB atau selepas Salat Tarawih. Lantaran digelar malam, panpel bakal meningkatkan pengamanan untuk mengantisipasi kejadian buruk. Disinggung jumlah tiket yang bakal dicetak, Didik memperkirakan sekitar 22.000 lembar. Jumlah itu menurun dibandaing saat Persis melawan Semen Padang yang mencetak 24.000 tiket dan 23.000 tiket melawan PSPS Riau.Didik tak menampik laga melawan Garuda Jaya berpotensi menyedot penonton dari luar Soloraya seperti Yogyakarta, Semarang hingga Madiun. Namun dia mengaku tak bisa mencetak tiket sesuai dengan kapasitas stadion."Ini karena ada jatah tiket untuk relasi dan sponsor yang mencapai 1.000 tiket lebih. Jadi cetak 22.000 tiket itu sudah maksimal,” kata Didik.
  1979 kali
Wonderkid Persipura Sempat Tak Percaya Diri Saat Gabung Timnas U-19
Salah satu pemain Persipura, Gunansar Mandowen mengaku sempat merasa canggung saat dirinya bergabung dalam pemusatan latihan Tim Nasional U-19. Kecanggungan Gunansar tidak lepas dari pemain yang berasal dari berbagai klub di Indonesia.Gunansar menjadi salah satu dari dua pemain Persipura yang masuk dalam pemusatan latihan timnas U-19. Bersama Todd Rivaldo, Gunansar masuk dalam skuad yang kini kembali dilatih Indra Sjafri.[suggestedarticle=3]Gunansar yang sempat bergabung dalam tim nasional U-16 asuhan Fachri Husaini ternyata sempat merasa canggung bergabung di timnas U-19."Saya merasa senang sekali bisa bergabung dengan teman-teman di Timnas U-19 Indonesia. Karena mereka semua datang dari klub yang berbeda-beda. Saya pasti merasa canggung setiap pertama kali bergabung berlatih," ujar Gunansar dikutip Bolasport.Meski sempat merasa asing, namun Gunansar mengaku tak butuh waktu lama untuk bisa menyatu dengan para pemain lainnya."Setelah beberapa menit, saya sudah mulai terbiasa dan mulai nyetel," ujar Gunansar.
  1246 kali
Kisah Egy Maulana Puasa 20 Jam di Polandia
Egy Maulana Vikri bercerita tentang durasi puasa yang begitu lama saat ia berada di Poladia. Egy juga mengungkapkan ia sudah dua kali tidak berpuasa pada bulan Ramadhan tahun ini.Pada awal puasa Egy sempat bertolak ke Lechia Gdansk untuk menjalani sejumlah tes dan latihan bersama klub yang akan dibela musim. Setelah beberapa hari di Polandia, Egy kembali ke tanah air untuk bergabung dalam latihan tim nasional U-19.[suggestedarticle=3]Egy mengungkapkan perbedaan durasi puasa selama di Polandia yang mencapai 20 jam. Egy menyatakan sempat berpuasa dalam dua hari pertama, namun beratnya latihan dan panjangnya waktu puasa membuat dia memutuskan untuk tidak berpuasa di hari berikutnya."Puasa di Polandia sangat lama, durasinya bisa sampai 20 jam. Saya sempat dua hari puasa di Polandia," tutur Egy.[pagebreak]Bolong Dua Kali[/pagebreak]“Saya sudah bolong dua kali. Dua hari awal lancar. Hari ketiga, karena beban latihan berat, saya nggak kuat, akhirnya buka (lebih awal). Kemudian hari keempat, saya di pesawat (pulang ke Indonesia) juga tidak puasa,” tambah Egy.Kini Egy yang telah bergabung dengan timnas U-19 di Yogyakarta akan menjalani latihan hingga pemusatan latihan berakhir. Timnas U-19 dijadwalkan akan menjalani satu laga uji coba melawan Persis Solo di Stadion Manahan.
  1455 kali
Timnas U-19 Rencanakan Uji Coba Lawan Persis Solo Akhir Pekan Ini
Skuat asuhan Indra Sjafri, timnas U-19 Indonesia dijadwalkan uji coba melawan tim Liga 2 Persis Solo di Stadion Manahan, Solo, Minggu (27/5).Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Selasa, pertandingan itu merupakan satu-satunya laga uji coba yang akan dihadapi timnas U-19 usai TC pertama sejak Indra Sjafri kembali menduduki posisi pelatih. TC itu sendiri digelar 19-27 Mei 2018 di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta."Persis adalah tim kuat dan bagus sebagai lawan uji coba, apalagi mereka sedang berkompetisi di Liga 2. Sekali uji coba saya rasa cukup karena ini baru TC tahap awal, masih ada pemusatan latihan berikutnya," tutur Indra Sjafri.[suggestedarticle=3]Pelatih asal Sumatera Barat ini melanjutkan, dari laga melawan Persis dirinya ingin melihat perkembangan performa pemain terutama pemain baru.Oleh karena itu, dirinya pun berharap Persis memberikan tekanan yang maksimal kepada anak-anak asuhnya di pertandingan yang sekaligus menjadi laga pamungkas sebelum Stadion Manahan direnovasi."Mental para pemain timnas juga akan diuji karena akan berlaga di hadapan banyak suporter," kata Indra, yang pernah membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 pada tahun 2013.Indra Sjafri sendiri memanggil 28 pemain untuk mengikuti TC di Yogyakarta. Dari nama-nama tersebut, ada lima pemain baru di timnas U-19 yakni M. Iqbal B (Ragunan), Al Risqy Dwi (Bogor FC), M. Firli (Bogor FC), M. Rafi Syarahil (Barito Putera) dan Gunansar Mandowen (Persipura).Timnas U-19 sendiri disiapkan untuk mengikuti dua turnamen penting di Indonesia pada tahun 2018 yakni Piala AFF U-19 2018 pada 1-14 Juli 2018 dan Piala Asia AFC U-19 pada 18 Oktober-4 November 2018.
  511 kali
Duh, Beberapa Pemain Timnas U-19 Ternyata Kelebihan Berat Badan
Timnas U-19 Indonesia mulai menggelar pemusatan latihan di Universitas Neger Yogyakarta (UNY). Pelatnas kali ini dijadwalkan berlangsung pada 19-27 Mei 2018.Dalam pelatnas kali ini, pelatih Indra Sjafri mendapat sedikit masalah terkait kondisi fisik para pemainnya.Berdasarkan keterangan yang didapat dari dokter timnas, banyak pemain yang berat badannya tidak ideal saat melakoni pemusatan latihan kali ini.”Menurut hasil laporan dari tim dokter, ada beberapa pemain yang kelebihan berat badan,” ujar Indra Sjafri.[suggestedarticle=3]Terkait jadwal latihan, Indra Sjafri mengatakan punya dua jadwal. Yaitu, pada sore hari dan malam hari.Mantan pelatih Bali United itu memastikan dalam training center atau TC kali ini tidak ada jadwal latihan pagi mengingat sebagian besar pemainnya sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.”Demi mendapatkan porsi latihan yang cukup, kami juga akan menggelar latihan di malam hari,” ujarnya.
  1746 kali
1527037802292 tag