(Foto: Bolalob)

Sriwijaya FC Terkejut dapat Denda Terbesar Dalam Sejarah Klub

Manajemen Sriwijaya FC mengaku, sangat terkejut dengan pemberitahuan denda dari Komisi Displin PSSI yang merupakan denda terbesar dalam sejarah klub tersebut.

Denda sebesar Rp 200 juta diputuskan untuk Sriwijaya, akibat ulah suporter melepaskan bom asap saat laga Liga 1 melawan Bhayangkara FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, 12 Mei lalu.

Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri Faisal Mursyid di Palembang, Jumat (18/5/2018), mengatakan manajemen klub sudah menerima surat resmi mengenai pengenaan denda yang ditandatangani oleh Ketua Komite Disiplin PSSI Asep Edwin Firdaus.



"Jelas ini sangat mengejutkan kami, bisa dikatakan ini menjadi denda terbesar dalam sejarah Sriwijaya FC karena sampai Rp200 juta," jelas Faisal.

Manajemen klub belum memutuskan untuk menerima atau mengajukan permohonan banding terhadap keputusan Komite Disiplin PSSI tersebut.

Namun Faisal memberikan gambaran, pengajuan banding kemungkinan akan sulit karena Komite Disiplin PSSI sudah mengenakan denda sesuai regulasi dan didukung bukti visual berupa rekaman video.

"Tapi kami tetap akan mempertimbangkannya. Yang jelas, kami meminta kelompok suporter lebih bertangung jawab ke depan. Jika sudah begini, klub tentu saja dirugikan," kata Faisal.

"Jika dihitung-hitung, uang Rp 200 juta itu setara dengan biaya tim untuk satu kali laga tandang," tuturnya.



Faisal mengatakan, klub sudah menyampaikan ke kelompok pendukung agar tidak melepaskan bom asap, petasan dan semacamnya, namun tindakan itu tetap dilakukan pada laga melawan Bhayangkara FC.

"Boleh-boleh saja meluapkan kebahagiaan, tapi tetap dalam koridor. Seperti diketahui bahwa penyelenggaraan pertandingan ini terikat dalam regulasi. Hal-hal yang kecil-kecil saja bisa kena denda, apalagi yang sifatnya sampai menghentikan pertandingan," kata dia.

Sidang Komite Disiplin PSSI pada 16 Mei yang diketuai oleh Asep Edwin Firdaus dengan anggota Umar Husin, Dwi Irianto dan Eko Hendro memutuskan SFC harus membayar denda Rp200 juta atas tingkah laku buruk suporternya. Denda itu harus dibayar paling lambat 14 hari setelah keputusan terbit.

Surat keputusan bernomor 041/LI/SK/KD-PSSI/V/2018 menjelaskan bahwa bom asap dilepaskan suporter lima kali pada menit 40, menit 45 dan menit 48 pertandingan. Akibatnya pertandingan terpaksa dihentikan selama empat menit karena asap yang mengepul hingga ke lapangan.
Himbauan Tak Didengar Selengkapnya  
editTerakhir diubah:  19/05/18 - 13:47

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


TOP NEWS: Pemain Naturalisasi Segera Jalani Debut dengan Timnas, Panggilan Itu Datang untuk Riko Simanjuntak
Striker naturalisasi yang tampil untuk Sriwijaya FC, Alberto Goncalves resmi mendapat panggilan pelatih Luis Milla, untuk memperkuat Tim Nasional Indonesia U-23.Dipanggil Timnas Indonesia, Ini Komentar Beto GoncalvesPada 8 Februari 2018 lalu striker asal Brasil, Alberto Goncalves resmi diambil sumpahnya sebagai warga negara Indonesia melalui proses naturalisasi.Timnas Indonesia Bukan Tujuan Awal Beto Jadi Pemain NaturalisasiTimnas Indonesia U-23 akan menghadapi Thailand U-23 dalam laga uji coba di tanggal 31 Mei dan 3 Juni. Pelatih Garuda Muda, Luis Milla memutuskan untuk memanggil tiga pemain Sriwijaya FC ke dalam skuatnya.Trio Sriwijaya FC Masuk Skuat Timnas Indonesia U-23Penampilan impresif Riko Simanjuntak bersama Persija Jakarta diganjar pemanggilan ke skuat Timnas Indonesia U-23. Riko bersama Rezaldi menjadi dua pemain Persija yang dipanggil oleh Luis Milla.Luis Milla Panggil Riko Simanjuntak ke Skuat Timnas Indonesia U-23
  166 kali
Perubahan Formasi Jadi Kunci Kemenangan Persija atas Persipura
Persija Jakarta berhasil mengalahkan Persipura Jayapura 2-0 pada pekan ke-10 Liga 1 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5). Dua gol kemenangan Persija disumbangkan Marko Simic di menit delapan dan Novri Setiawan di menit ke-77.Kemenangan ini berhasil memutus tren negatif Persija dalam empat pertandingan sebelumnya. Sebelum menang atas Persipura malam ini, tim berjulukan Macan Kemayoran secara beruntun dikalahkan Home United, Madura United, dan Persela Lamongan.Salah satu kunci keberhasilan Persija meraih poin penuh atas Persipura karena Teco berani mengubah strategi.Menghadapi Persipura, Teco memilih skema 4-4-2 dengan memasang duet Addison Alves dan Marko Simic di lini depan.[suggestedarticle=3]Di pertandingan-pertandingan sebelumnya, pelatih asal Brasil ini dikenal kerap kali menggunakan skema 4-3-3 dengan Simic sebagai ujung tombak.Namun, skema 4-4-2 ternyata bukan hal baru bagi Teco. Di beberapa turnamen awal musim, Teco mengaku sering memainkan skema tersebut.”Di beberapa turnamen awal musim kami memakai sistem 4-4-2. Waktu itu Addison belum ada dan kami memasang Simic dengan Ivan Carlos. Saya pikir sistem ini bisa berjalan baik,” kata Teco.[suggestedarticle=3]Selain perubahan formasi, kunci kemenangan Persija lainnya adalah motivasi tinggi yang ditunjukkan Ismed Sofyan dkk sepanjang pertandingan.”Kami tahu saat ini sedang dalam posisi yang tidak bagus. Tim lain sudah bermain 10 kali sedangkan kami baru tujuh kali (sebelum lawan Persipura) dan berada di posisi bawah. Kami akui ada tekanan, tapi pemain sangat serius dan fokus dalam menghadapi pertandingan ini. Pada akhirnya kami main bagus dan bisa mencetak dua gol ke gawang tim kuat,” ujarnya.Berkat kemenangan ini, Persija mampu menyodok ke peringkat 8 klasemen sementara dengan 13 poin. Di pertandingan selanjutnya, Persija akan bertandang ke markas Barito Putera, Rabu (30/5).
  850 kali
Hasil Liga 1 2018, Jumat (25/5) dan Klasemen Sementara
Persija Jakarta sukses memetik kemenangan atas pimpinan klasemen sementara Liga 1 2018, Persipura Jayapura 2-0 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5/2018) malam.Hasil ini membuat Tim Macan Kemayoran naik ke peringkat kedelapan dengan 13 poin di tangan. Sementara Persipura meski menelan kekalahan tetap di puncak klasemen dengan 17 poin.Pada partai 'Derby Suramadu' di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jawa Timur, antara Madura United versus Persebaya Surabaya berakhir imbang 2-2.[suggestedarticle=3]Hasil ini membuat Madura United berada di peringkat keempat dengan 17 poin, sementara persebaya yang baru memainkan 9 pertandingan di urutan kesembilan dengan 13 poin.Hasil PertandinganJumat, 25 Mei 2018Madura United 2-2 Persebaya SurabayaPersija Jakarta 2-0 Persipura JayapuraKlasemen Sementara Liga 1 2018, Sampai Jumat (25/5)
  2271 kali
Djanur Siapkan PSMS untuk Amankan Tiga Poin Lawan Arema
Pelatih Djadjang Nurdjaman (Djanur) menyiapkan strategi khusus untuk membawa PSMS Medan menekuk tim tamu Arema FC dalam lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Teladan Medan, Sabtu (26/5).Djanur mengatakan, skuad PSMS siap mengamankan poin penuh laga kandang kali ini melawan Arema FC dan untuk itu strategi khusus sudah disiapkan untuk meredam permainan tim tamu.Menang di kandang sendiri memang sudah menjadi keharusan dalam upaya menjaga kepercayaan publik Medan terhadap PSMS, mengingat posisi tim tersebut masih sangat riskan di zona degredasi.[suggestedarticle=3]"Kami harus menang, kami main di kandang sendiri. Anak-anak juga sudah siap mewujudkan tekad tersebut dan tentu saja kami tetap mohon doa dan dukungan dari masyarakat," kata Djanur di Medan, Jumat.Meski bermain di depan publiknya sendiri, PSMS tidak boleh memandang sebelah mata Arema FC, mengingat tim tamu juga memiliki pemain-pemain yang memiliki skill individu cukup bagus terutama pemain asingnya.Apalagi pada laga terakhir Arema FC berhasil mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor cukup telak 4-0."Mereka baru saja menang besar dari Bhayangkara, tentunya kemanangan itu menjadi penambah semangat bagi pemain-pemain Arema. Itu tentunya yang menjadi salah satu catatan kita untuk diwaspadai. Seperti biasa, kami akan menerapkan permainan menyerang," tutur Djanur.PSMS saat ini berada di peringkat ke-14 klasemen sementara dengan nilai 12 dari empat kemenangan dan enam kali kalah, sementara Arema FC berada di peringkat ke-17 dengan nilai sembilan dari dua menang, tiga seri dan lima kali kalah.
  285 kali
Taklukkan Persipura 2-0, Persija Keluar dari Zona Merah
Persija Jakarta berhasil memutus tren empat kekalahan beruntun saat menjamu Persipura Jayapura pada pekan ke-10 Liga 1 2018, Jumat (25/5). Bermain di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Persija menang 2-0 atas Persipura.Persija tampil agresif sejak awal pertandingan. Di menit kedelapan Persija berhasil unggul 1-0 lewat Marko Simic.Pemain asal Kroasia tersebut menggetarkan gawang Persipura setelah menerima umpan Riko Simanjuntak.[suggestedarticle=3]Di babak kedua, Persija dan Persipura saling melancarkan serangan. Namun, Persija yang berhasil menambah keunggulannya menjadi 2-0 setelah Novri Setiawan mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-77.Pemain asal Pariaman, Sumatera Barat, tersebut mencetak gol usai mengelabui kiper Persipura, Dede Sulaiman.Hingga laga usai, skor 2-0 untuk Persija tak berubah. Atas hasil ini tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut berhasil keluar dari zona degradasi.Persija kini menempati peringkat delapan dengan 13 poin. Sementara Persipura masih bertahan di posisi puncak dengan 17 poin karena di pertandingan lain Madura United bermain imbang 2-2 dengan Persebaya Surabaya.Daftar susunan pemain :Persija (4-4-2) :Daryono; Ismed Sofyan (C), Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Novri Setiawan (Franky Kogoya,88), Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu (Rohit Chand,69), Riko Simanjuntak; Addison Alves (Asri Akbar,81), Marko SimicPelatih : Stefano Cugurra TecoPersipura (4-3-3) :Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, David Rumakiek (Boas Atururi,58), Yustinus Pae; M Tahir, Ian Kabes, Immanuel Wanggai (Friska Womsiwor,58); Hilton Moreira, Boaz Solossa (C), Marcel SacramentoPelatih : Peter Butler
  1133 kali
Stadion Pamekasan Tak Menampung Membludaknya Penonton 'Derby Suramadu'
'Derby Suramadu' antara Madura United melawan Persebaya Surabaya, ternyata menyedot banyak animo penonton. Hal itu membuat ribuan penonton tak tertampung di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jawa Timur, Jumat (25/5/2018) malam, sehingga mereka terpaksa tertahan di halaman stadion.Selain karena kapasitas stadion memang penuh, ribuan orang yang hendak menonton laga Madura United Vs Persebaya Surabaya ini, juga karena tidak kebagian tiket."Kapasitas tampung Stadion Pamekasan ini hanya 12 ribu, sedangkan penonton yang hendak menyaksikan pertandingan lebih dari jumlah itu," ujar Manajer Madura United FC Haruna Soemitro.[suggestedarticle=3]Para penonton dan suporter yang terpakasa tidak bisa masuk stadion itu dari Surabaya dan Madura, mereka terpaksa hanya duduk dan berkerumun di depan Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan.Laga lanjutan Liga 1 2018 antara Madura United FC melawan Persebaya Surabaya ini kick off mulai pukul 20.30 WIB.Pertandingan ini dipimpin oleh wasit Adi Riyanto asal Jawa Tengah dengan asisten wasit 1 Agus Mulyadi dan asisten wasit 2 Hanung Putranto Jati dengan wasit cadangan Oki Dwi Putra Senjaya.
  718 kali
Mario Gomez Sebut 3 Pemain Bali United Ini Berpotensi Menyulitkan Persib
Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez mulai menganalisa kekuatan calon lawannya di pekan ke-11 Liga 1 2018, yaitu Bali United.Persib akan bertandang ke markas Bali United, yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (27/5).Menurut Mario Gomez, Bali United adalah tim tangguh meski akan bermain tanpa Irfan Bachdim dan Ilija Spasojevic.Sebab, Bali United menurut Mario Gomez adalah tim yang memiliki pemain asing dengan kualitas mumpuni.Nama-nama seperti Nick van der Velden, Demerson Bruno, dan Ahn Byung-keon akan menjadi perhatian khusus Mario Gomez.[suggestedarticle=3]Terlebih Bali United juga masih memiliki pemain-pemain lain yang berpotensi jadi ancaman Persib seperti Fadil Sausu dan Stefano Lilipaly.”Mereka banyak pemain-pemain berbahaya. Saya lihat di beberapa pertandingan pemain asing mereka cukup bagus. Kita harus bekerja keras dan pikirkan itu semua agar bisa membawa kemenangan dari Bali,” kata Mario Gomez dikutip dari laman resmi Persib.[suggestedarticle=3]Selain para pemain asingnya, Mario Gomez menilai kekuatan Bali United terletak pada pemain ke-12 alias suporter.Untuk itu, mantan asisten Hector Cuper tersebut meminta para pemainnya untuk menjaga mentalitas bertandingnya agar tak runtuh akibat teror suporter Bali United.”Mereka tentu tidak mau kalah lagi, apalagi sekarang bermain di kandang. Intinya, kita harus fokus. Bermain di kandang atau tandang sama saja bagi kami. Yang menentukan adalah mental dan semangat pemain di dalam lapangan,” ujarnya.
  693 kali
Marko Simic Bawa Persija Unggul atas Persipura di Babak Pertama
Persija Jakarta unggul 1-0 atas Persipura Jayapura di babak pertama laga lanjutan pekan ke-10 Liga 1 2018 yang dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5).Persija tampil agresif sejak awal pertandingan. Di menit ketiga Persija sudah mampu mengancam gawang Persipura lewat tendangan bebas Ismed Sofyan. Beruntung, Dede Sulaiman masih sigap di bawah mistar gawang Persipura.Persija akhirnya membuka keunggulan saat laga baru berjalan delapan menit. Diawali penetrasi Riko Simanjuntak, eks pemain Semen Padang tersebut mengirimkan bola sodoran yang mampu dicocor dengan baik oleh Marko Simic.[suggestedarticle=3]Selepas gol itu Persipura semakin gencar menekan pertahanan Persija. Di menit ke-25 Marcel Sacramento nyaris mencatatkan namanya di papan skor seandainya bola sundulannya tidak mengenai paha Ismed Sofyan.Persija juga punya peluang emas menambah keunggulannya di menit ke-43. Tapi, Simic yang tinggal berhadapan dengan Dede Sulaiman gagal mencetak gol. Tendangan menyusurnya masih mengenai kaki eks kiper Sriwijaya FC Palembang tersebut. Hingga turun minum skor 1-0 untuk Persija tidak berubah.Daftar susunan pemain :Persija (4-4-2) :Daryono; Ismed Sofyan (C), Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Novri Setiawan, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak; Addison Alves, Marko SimicPelatih : Stefano Cugurra TecoPersipura (4-3-3) :Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, David Rumakiek, Yustinus Pae; M Tahir, Ian Kabes, Immanuel Wanggai; Hilton Moreira, Boaz Solossa (C), Marcel SacramentoPelatih : Peter Butler
  428 kali
3 Pemain Persija Dapat Sanksi dari Komdis PSSI
Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi kepada tiga pemain Persija Jakarta, yaitu Ismed Sofyan, Ramdani Lestaluhu, dan Riko Simanjuntak.Ketiganya mendapat sanksi denda sebesar Rp25 juta. Hukuman itu diberikan lantaran mereka kedapatan mengucapkan kata-kata tidak pantas kepada wasit Annas Apriliandi pada pertandingan pekan kesembilan Liga 1 kontra Persela Lamongan, Minggu (20/5).[suggestedarticle=3]Dalam pertandingan tersebut, Annas memang mendapat protes keras dari ofisial dan pemain Persija setelah mengesahkan gol yang dicetak Diego Assis di menit ke-84.Dalam tayangan ulang terlihat jika pemain asal Brasil itu memasukkan bola ke gawang Persija yang dikawal Daryono menggunakan tangannya.Laga itu pun akhirnya berhasil dimenangi tuan rumah Persela dengan skor 2-0.
  1460 kali
Susunan Pemain Persija Vs Persipura : Macan Kemayoran Andalkan Duet Simic-Addison
Persija Jakarta menurunkan skuat terbaiknya saat menjamu Persipura Jayapura pada pekan ke-10 Liga 1 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5).Namun, dalam pertandingan malam ini pelatih Persija Stefano Cugurra Teco memainkan formasi 4-4-2.Padahal biasanya pelatih asal Brasil tersebut dikenal dengan pakem 4-3-3 dengan mengandalkan kecepatan Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan di posisi wing kiri dan kanan.Untuk malam ini Teco menurunkan duet Simic-Addison sebagai duet di lini depan.[suggestedarticle=3]Di kubu lawan, Persipura juga turun dengan kekuatan penuh. Klub berjulukan Mutiara Hitam tersebut hanya minus Gunansar Mandowen dan Todd Rivaldo yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19 di Yogyakarta.Untuk mengobrak-abrik pertahanan Persija, Peter Butler kembali memercayakan trio penyerang mautnya, yaitu Hilton Moreira, Marcel Sacramento, dan Boaz Solossa.Daftar susunan pemain :Persija (4-4-2) :Daryono; Ismed Sofyan (C), Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Novri Setiawan, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak; Addison Alves, Marko SimicPelatih : Stefano Cugurra TecoPersipura (4-3-3) :Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, David Rumakiek, Yustinus Pae; M Tahir, Ian Kabes, Immanuel Wanggai; Hilton Moreira, Boaz Solossa (C), Marcel SacramentoPelatih : Peter Butler
  398 kali
1527252961796 tag