(Foto: Tim Piala Dunia Sepak Bola Anak Jalanan dari Indonesia. (Foto: Goal))

Setelah Tundukkan Brasil, Indonesia Kesulitan di Piala Dunia Anak Jalanan

Indonesia mengirimkan Tim Garuda Baru yang berisi sembilan pemain untuk mengikuti Piala Dunia Sepak Bola Anak Jalanan (Street Child World Cup / SCWC) di Moskwa pada 10-18 Mei 2018.

Sebanyak lima dari sembilan pemain itu sudah mengikuti pelatihan selama tiga tahun, sementara empat pemain lain menjalani persiapan selama lebih dari satu tahun.



Pada turnamen yang diikuti 12 negara dan dibagi dalam kategori anak laki-laki dan perempuan itu, Indonesia berhasil melaju ke semifinal setelah mengalahkan Brasil 2-1. Indonesia juga membukukan keberhasilan menang 1-0 atas Mesir.

Pada semifinal, Indonesia kalah adu penalti (4-5) dari Pakistan dan para perebutan posisi ketiga kalah 1-3 dari Burundi.

Kategori laki-laki Street Child World Cup 2018 dimenangi Uzbekistan setelah menang adu penalti atas Pakistan, sementara Brasil menjuarai kategori perempuan setelah mengalahkan Tanzania 1-0.

PERASAAN KAMU MEMBACA ARTIKEL INI

  • Sebarkan

KOMENTAR


Rekomendasi



Berita Terkait


Mantan Pemain Liverpool Bikin Heboh Netizen Indonesia
Mantan pemain Liverpool Danny Guthrie mengunggah foto diri berkostum Tim Nasional Indonesia sambil memegang paspor Indonesia di akun Instagramnya, pada 18 Mei 2018. Pada unggahan tersebut, Guthrie juga memberikan keterangan, "Terima kasih, Indonesia."Unggahan pemain Mitra Kukar itu pun mendapatkan sejumlah tanggapan dari netizen Tanah Air. Ada yang menilai Guthrie sudah menjadi WNI dan bisa membela Timnas Indonesia, ada yang menilai Guthrie bergurau dan hanya mencari sensasi, dan ada juga yang berharap Guthrie benar menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia.[suggestedarticle=3]Sejumlah pihak mengonfirmasi bahwa Guthrie belum menjadi WNI. Manajer Mitra Kukar Noor Alam bahkan mengatakan, bahwa Guthrie mungkin hanya iseng."Tidak ada naturalisasi. Mungkin, dia iseng saja biar ramai sehingga mengunggah gambar itu. Saya sendiri juga kaget melihat foto yang diunggah Guthrie. Mungkin saja dia sudah nyaman dan sangat menikmati Indonesia dan sepak bolanya. Ini bagus kan agar menarik pemain bintang lain ke sini," ujar Noor Alam, seperti dilansir Bola.com.Mengenai kemungkinan Guthrie menjadi WNI, Noor Alam mengatakan, "Masih terlalu jauh ke arah (naturalisasi)."[pagebreak]Komentar Pihak Imigrasi[/pagebreak]Menambahkan informasi dari Noor Alam, Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno mengatakan pada Jumat (18/5/2018), "Yang bersangkutan adalah pemegang izin tinggal terbatas untuk tenaga kerja asing bidang olahraga. Terdaftar di Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda dan berlaku hingga 27 Maret 2019."Agen Guthrie Daniel Karamoy juga mengatakan bahwa Guthrie hanya fokus bermain untuk Mitra Kukar dan belum ada pembicaraan soal naturalisasi.   terima kasih Indonesia 🇮🇩 🐲⚽️ A post shared by Danny Guthrie (@bigguth20) on May 17, 2018 at 9:19pm PDT "Tidak benar Guthrie dinaturalisasi. Mungkin postingan yang dia lakukan sebagai bentuk kecintaannya terhadap Indonesia. Sekarang Guthrie hanya fokus bermain untuk Mitra Kukar. Belum ada pembicaraan yang mengarah ke naturalisasi," ujar Daniel.
Wasit Muda Arab Saudi Terancam Diskors Seumur Hidup di Seluruh Dunia
Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) menjatuhkan kepada wasit Fahad Al Mirdasi (21 tahun) sanksi larangan memimpin pertandingan dan terlibat dalam semua kegiatan sepak bola di ajang yang dikelola SAFF. SAFF menjatuhkan sanksi tersebut kepada Fahad Al Mirdasi setelah Fahad Al Mirdasi mengaku terlibat dalam rencana pengaturan skor pertandingan final Piala Raja Arab Saudi antara Al Ittihad dan Al Faisaly, Sabtu (12/5/2018).[suggestedarticle=3]"Menindaklanjuti pengangkatan wasit Fahad Al Mirdasi untuk mengatur pertandingan antara Al-Ittihad dan Al-Faisaly pada final Piala Raja, demikian laporan dari Presiden Al-Ittihad Hamad Al-Saniaa kepada SAFF. Hamad Al-Saniaa mengonfirmasi bahwa ia memiliki bukti yang menunjukkan Al Mirdasi menawarkan bantuan dengan imbalan uang," demikian pernyataan SAFF."Setelah Hamad Al-Saniaa menunjukkan bukti yang dimiliknya kepada SAFF, SAFF mengirimkan bukti percakapan kepada Kepala Direktur Umum Olahraga, yang menanggapinya dengan menginformasikan informasi detail hal tersebut kepada pihak terkait.""Al Mirdasi berada dalam tahanan dan telah diserahkan untuk menjalani investigasi administratif. Setelah investigas, SAFF menerima laporan dari otoritas terkait, yang menunjukkan adanya bukti sesuai tuduhan terhadap Hamad Al-Saniaa berupa pengakuan bahwa Hamad Al-Saniaa meminta suap," demikian pernyataan SAFF.Sebagai catatan, laporan Hamad Al-Saniaa membuat Al Mirdasi dilarang memimpin pertandingan final Piala Raja Arab Saudi antara Al Ittihad dan Al Faisaly, Sabtu (12/5/2018). Pertandingan yang dimenangi Al-Ittihad 3-1 itu dipimpin wasit asal Inggris, Mark Clattenburg.[pagebreak]SAFF Minta FIFA Hukum Fahad Al Mirdasi[/pagebreak]SAFF juga telah mengajukan kasus Al Mirdasi kepada FIFA. Mereka meminta FIFA membatalkan rencana menggunakan jasa Al Mirdasi pada putaran final Piala Dunia 2018 Rusia dan menjatuhkan sanksi kepada Al Murdasi berupa larangan memimpin pertandingan dan terlibat dalam semua kegiatan sepak bola di ajang yang dikelola FIFA.FIFA menanggapi laporan dan permintaan itu dengan meminta informasi lebih detail.
  172 kali
Bak Bumi dan Langit: Madrid dan Liverpool Berjarak 6,89 Triliun Rupiah!
Real Madrid dan Liverpool akan bertemu di final Liga Champions, di Kiev, Sabtu (26/5/2018). Mengacu Transfermarkt, selisih nilai transfer antara Real Madrid dan Liverpool mencapai sekitar 414 juta euro atau sekitar Rp Rp 6,89 triliun.Skuad Liverpool saat ini berisi 26 pemain. Nilai pasaran semua pemain Liverpool diperkirakan mencapai 548,5 juta euro atau sekitar Rp 9,1 triliun. Jika dirata-rata, nilai pasaran satu pemain Liverpool adalah 21,1 juta euro atau sekitar Rp 351 miliar.[suggestedarticle=3]Sementara itu, skuad Real Madrid berisi 23 pemain. Total nilai pasaran pemain-pemain Madrid mencapai 962,5 juta euro atau sekitar Rp 16,04 triliun. Rata-rata nilai pasaran pemain-pemain Los Blancos adalah 41,85 juta euro atau sekitar Rp 697,40 miliar. Nilai potensial skuad Madrid menduduki peringkat kedua di Primera Division La Liga. Posisi pertama klub dengan nilai potensial skuad termahal di Spanyol dipegang oleh Barcelona, yang nilai skuad-nya diperkirakan mencapai 1,05 miliar euro atau sekitar Rp 17,5 triliun. Untuk Premier League, nilai skuad Liverpool ada di peringkat kelima. Posisi pertama klub dengan nilai skuad termahal di Inggris diduduki oleh Manchester City, yang memiliki skuad bernilai potensial 856,5 juta euro atau sekitar Rp 14,27 triliun.[pagebreak]Nilai Skuad Liga Spanyol Vs Liga Inggris[/pagebreak]Berikut ini adalah daftar nilai potensial skuad klub Primera Division La Liga dan Premier League, seperti dilansir Transfermarkt, Minggu (20/5/2018).
  2733 kali
Parma Lolos Dramatis, Buffon Emosional
Klub legendaris Italia, AC Parma, promosi ke Serie-A secara dramatis. Pada laga terakhir Serie-B 2017-2018, Jumat (18/5/2018), Parma menang 2-0 atas tuan rumah Spezia, sementara sandungan terbesar mereka, Frosinone, berbagi angka 2-2 dengan tim tamu, Foggia.Dengan hasil itu, Parma mengakhiri Serie-B sebagai runner-up dan dengan begitu pula Parma otomatis promosi ke Serie-A. Adapun Frosinone ada di tempat ketiga, sehingga harus berebut kunci promosi melalui play-off bersama dengan tujuh tim lain.Parma dan Frosinone sama-sama mengumpulkan nilai 72. Namun, Parma berhak finis di posisi lebih tinggi karena unggul head to head atas Frosinone. Parma kalah 1-2 di kandang Frosinone pada November 2017 dan kemudian menang 2-0 di Ennio Tardini pada April 2018.Tak lama setelah Parma memastikan diri promosi ke Serie-A, kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon (40 tahun), mengucapkan selamat kepada Parma melalui Twitter."Grande Parma! (Parma yang Hebat)," tulis Buffon, di akun Twitter-nya. Grande Parma! 👏👏👏 https://t.co/UCVSQuD5LW — Gianluigi Buffon (@gianluigibuffon) May 18, 2018 [pagebreak]Parma dan Gianluigi Buffon[/pagebreak]Ada cerita soal kenapa Buffon berkomentar soal keberhasilan Parma kembali ke Serie-A. Kiper berusia 40 tahun ini memulai kariernya di Parma pada Juli 1994. Pada Juli 2001, Buffon bergabung dengan Juventus hingga saat ini. Kontrak Buffon di Juventus akan habis pada Juni 2018. Pada Kamis (17/5/2018), Buffon menyatakan tak akan bertahan di Juventus. (Mantan) pemain besar lain yang pernah berkarier di Parma antara lain Hernan Crespo, Enrico Chiesa, Lilian Thuram, Dino Baggio, dan Alberto Gilardino. Seperti Buffon, Crespo pun turut berbahagia atas keberhasilan Parma kembali ke Serie-A."Parma kembali ke tempat yang seharusnya," ujar Crespo, seperti dilansir La Gazetta dello Sport.
  3066 kali
Klub Termurah Jerman Ukir Sejarah Baru, Suporter Marah
Hamburg SV menang 2-1 atas Monchengladbach pada pekan ke-34 Bundesliga 1, di Imtech Arena, Hamburg, Sabtu (12/5/2018). Gol tuan rumah diciptakan Aaron Hunt (11', penalti) dan Lewis Holtby (63'), sementara gol Monchengladbach dicetak Josip Drmic (28').Namun, hasil itu tak menyelamatkan Hamburg dari degradasi ke Bundesliga 2. Tim asuhan Christian Titz itu mengakhiri Bundesliga 1 2017-2018 di posisi ke-17, dengan nilai 31, atau kalah dua angka dari Wolfsburg, di posisi ke-16.[suggestedarticle=3]Ketika klub kesayangan mereka dipastikan terdegradasi, suporter Hamburg melemparkan kembang api ke lapangan. Polisi dan petugas keamanan stadion bekerja keras meredakan kemarahan suporter. Pertandingan sempat tertunda selama sekitar sepuluh menit.Bundesliga 1 2017-2018 diikuti 18 klub. Dua klub yang mengakhiri kompetisi di peringkat ke-17 dan ke-18 akan turun ke Bundesliga 2. Hamburg terdegradasi bersama dengan FC Koln, yang mengumpulkan nilai 22.Hingga musim 2017-2018, Hamburg selalu bermain di Bundesliga 1 sejak kompetisi itu diperkenalkan pada 24 Agustus 1963. Sejak 1963 itu, Hamburg tiga kali menjadi juara liga, yaitu pada 1979, 1982, dan 1983. Mereka juga pernah menjuarai Liga Champions, pada 1983. [pagebreak]Inkonsisten[/pagebreak]Hamburg sempat konsisten, setidaknya pada 2009-2010. Pada periode itu, mereka selalu finis di zona delapan besar. Setelahnya, hingga terdegradasi pada musim 2017-2018, Hamburg hanya sekali masuk delapan besar, yaitu pada 2013. Saat itu, mereka finis di peringkat ketujuh.Secara berturut-turut sejak 2009 hingga 2018, Hamburg mengakhiri Bundesliga 1 di peringkat ke-5, ke-7, ke-8, ke-15, ke-7, ke-16, ke-16, ke-10, ke-14, dan ke-17.Menurut catatan Transfermarkt, nilai pasar skuad Hamburg pada 2017-2018 adalah yang terkecil dibanding 17 klub lain. Pada musim tersebut, Hamburg memiliki 33 pemain dengan total nilai potensial 71,7 juta euro atau rata-rata nilai pasaran setiap pemain 2,17 juta euro. Dari aspek nilai skuad, pencapaian buruk Hamburg lebih bisa dimaklumi ketimbang pencapaian Koln. Pada 2017-2018, Koln memiliki 32 pemain dengan total nilai potensial mencapai 114,38 juta euro atau rata-rata setiap pemain bernilai potensial 3,57 juta euro. Nilai rata-rata para pemain Koln ada di atas tujuh klub lain.
  7515 kali
Mohamed Salah Dapat Hadiah Perlengkapan Salat
Mohamed Salah menjadi salah satu kunci sukses Liverpool musim ini. Dengan torehan 44 gol dalam 51 laga di berbagai ajang bersama The Reds, Salah membawa Liverpool mengakhiri Premier League musim ini di peringkat keempat dan masuk final Liga Champions. Sebagai catatan, rekor memasukkan Liverpool di Premier League hanya kalah dari Manchester City, yang menjadi juara. Sementara City mencetak 106 gol, Liverpool mencetak 84 gol. Sudah sering mencetak gol, Salah juga memiliki gaya merayakan gol yang unik. Setiap mencetak gol, Salah selalu bersujud. Gaya Salah merayakan gol pun menjadi berita di Eropa. Namun, media Eropa menyebut aksi Salah merayakan gol mencium tanah. Salah pun kemudian menjelaskan, bahwa selebrasinya berkaitan dengan agama yang dianutnya, yaitu Islam."Tidak. Ini bukan mencium tanah. "Ini seperti berdoa atau mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas apa yang telah saya terima. Tapi, ini hanya berdoa dan berdoa untuk menang. (Saya) selalu melakukannya sejak saya kecil, di mana pun itu," ungkap Salah.[pagebreak]Salah Dipandang sebagai Duta Islam di Eropa[/pagebreak]Perilaku Salah tak hanya menggembirakan publik Liverpool, tetapi juga umat Islam di sejumlah penjuru dunia. Salah pun disebut-sebut sebagai duta Islam dan mendapatkan apresiasi dari negeri asalnya, Mesir, dan Arab Saudi.Publik Liverpool pun tak ketinggalan menunjukkan apresiasi terhadap Salah. Menjelang Ramadan 2018, tepatnya usai Liverpool menang 4-0 atas Brighton & Hove Albion, pada pekan terakhir Premier League, di Anfield, Minggu (13/5/2018), suporter memberikan peralatan salat berupa sajadah kepada pemain-pemain Liverpool beragama Islam, yaitu Salah, Sadio Mane, dan Emre Can. Hadiah diberikan melalui petugas keamanan di pinggir lapangan.Hadiah itu merupakan ungkapan terima kasih dan dukungan terhadap Salah, Mane, dan Can, yang akan menjalani ibadah puasa. Pada bulan Ramadan 2018 ini, Liverpool akan menjalani laga final Liga Champions melawan Real Madrid, di Kiev, pada Sabtu (26/5/2018). Pertandingan akan digelar pada pukul 21:45 waktu Kiev atau sekitar 75 menit setelah waktu berbuka puasa. Namun, agenda itu tidak menjadi eksepsi bagi Salah dalam menjalankan ibadah puasa. Menurut pemberitaan di Inggris, pada hari itu, Salah akan tetap berpuasa.Berkaitan dengan hal itu, Liverpool juga mendukung Salah dengan mengurangi porsi latihan, sehingga Salah bisa menjaga kesehatan dan kebugarannya. (dari berbagai sumber) Supporters in the Kop gave Mohamed Salah a prayer mat yesterday as a gift. Beautiful gesture. pic.twitter.com/NNL6F067FH — DaveOCKOP (@DaveOCKOP) May 14, 2018
  1137 kali
Pemain Asing Bela Sepak Bola Indonesia dan Bicara soal Bom Surabaya
Bek Madura United asal Brasil Fabiano Rosa Beltrame (35 tahun) menilai pemain asing yang mengkritik Liga Indonesia adalah pemain yang gagal. Fabiano sendiri mengaku senang dan bersyukur bermain di Indonesia."Kalau kamu baca berita, di mana-mana ada pengaturan skor. Mungkin, pemain yang berbicara seperti itu, mereka yang tidak sukses di Indonesia dan selalu ingin mengkritik. Orang tetangga saya di Brasil tidak kenal saya. Tapi di sini, orang sangat kenal saya," ujar Fabiano, seperti dilansir Bolasport.[suggestedarticle=3]Fabiano memulai kariernya di Indonesia pada 2005. Sebelum itu, ia membela klub Brasil Sao Jose pada 2001-2005. Selama 13 tahun berkarier di Tanah Air, Fabiano pernah bermain untuk Persmin Minahasa, Persija Jakarta, dan Arema Cronus."Ya, saya sudah berpikir untuk pensiun di Indonesia. Maksimal delapan tahun lagi, saya memutuskan untuk pensiun," ungkap Fabiano."Saya sudah 14 tahun di sini meskipun belum mendapatkan paspor. Tetapi, saya kira saya sudah seperti warga Indonesia dan saya mau tetap di sini," lanjut Fabiano.[pagebreak]Soal Bom Surabaya[/pagebreak]Kecintaan akan Indonesia membuat Fabiano sedih ketika mengetahui adanya insiden ledakan bom bunuh diri di Surabaya, pada Minggu (13/5/2018). Menurut Fabiano, saat peristiwa itu terjadi, anak dan istrinya berada di Surabaya, sementara Fabiano masih berada di Jakarta etelah melakoni pertandingan Liga 1 melawan Persija Jakarta, di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (12/5/2018)."Anak dan istri saya tinggal di Surabaya. Saya sangat kaget, khawatir dan sedih mendengar kabar bom tersebut. Saya pun segera menelepon keluarga. Bersyukur anak istri dalam keadaan baik," aku Fabiano."Karena apa pun pilihan keyakinan dan agama, kami semua harus menghormati hal tersebut. Itulah yang saya lihat di Indonesia selama ini. Harapan saya hal ini jangan pernah terjadi lagi, karena kebersamaan adalah sesuatu yang indah. Semoga damai selalu bersama kita semua," sambung Fabiano.
  1285 kali
Soal Evan Dimas-Ilham Udin, Manajemen dan Pelatih Selangor FA Beda Pendapat
Selangor FA menahan imbang Johor Darul Ta'zim (JDT) 2-2 pada pertandingan Liga Super Malaysia, di Stadium Majlis Perbandaran, Selayang Sabtu (12/5/2018). Sementara gol tuan rumah dicetak Saiful Ridzuan (14') dan Rufino Segovia (16'), gol JDT diciptakan Gonzalo Cabrera (3') dan Harry Novillo (68'). Ini adalah kegagalan menang pertama JDT, dalam lima laga terakhirnya. Pada empat laga sebelumnya, JDT menang 4-0 atas Negeri Sembilan, 2-0 atas Selangor, 2-1 atas Kelantan, dan 3-2 atas Song Lam Nghe An (Piala AFC Asean).[suggestedarticle=3]Melawan JDT, pelatih Selangor FA Nazliazmi Nasir menurunkan dua pemain Indonesia, Evan Dimas dan Ilham Udin, sejak menit awal. Evan Dimas bermain penuh, sementara Ilham Udin digantikan Mohd Amri pada menit ke-81. Namun, setelah pertandingan, Nazliazmi menilai Evan dan Ilham belum bermain sesuai harapan. "Seperti yang saya katakan sebelum ini, pemain impor sedia ada kita ini adalah lebih baik daripada pemain lokal yang kita ada. Tapi permasalahan yang kita hadapi adalah konsistensi apabila sebagai pemain impor, sudah tentu saya harapkan mereka ini akan berbeda daripada pemain lokal. Bukannya hari ini bermain baik, kemudian perlawanan seterusnya tidak baik," ujar Nazliazmi, seperti dilansir situs resmi Selangor FA."Bagi saya, persembahan Evan dan Ilham pada malam ini (kemarin) masih di tahap sederhana (biasa saja). Bergantung kepada manajemen, mereka akan adakan mesyuarat (pertemuan) dan laporan yang saya akan bentangkan nanti mungkin akan dipersetujui atau dibincangkan," jelas Nazliazmi.[pagebreak]Manajemen dan Pelatih Selangor Beda Pendapat[/pagebreak]Pernyataan Nazliazmi itulah yang kemudian membuat Evan Dimas dan Ilham Udin diprediksi akan dilepas oleh Selangor FA. Namun, mengacu berita Goal pada 13 Mei 2018, penilaian Nazliazmi berbeda dari pandangan manajemen Selangor FA. Dengan begitu, Evan dan Ilham setidaknya mendapatkan kesempatan untuk membuktikan diri.“Untuk saat ini manajemen belum berpikir untuk mencari pemain impor. Tidak mudah menggantikan pemain impor, kerana ini akan berkaitan dengan pendanaan besar,” ujar Sekretaris Selangor FA Rosman Ibrahim."Manajemen melihat performa yang diperlihatkan pemain asing tidak begitu buruk. Lihat saja penampilan terakhir melawan JDT, kami sukses memberikan perlawanan. Keberadaan pemain asing sekarang membuat Selangor menduduki peringkat kedelapan, dan berhasil ke semi-final Piala FA [Malaysia]. Jadi kami masih menaruh kepercayaan kepada pemain yang ada sekarang," tambah Rosman.Sementara itu, agen Evan dan Ilham, Mulyawan Munial, mengaku sudah mendapatkan konfirmasi soal masa depan kliennya dari Presiden Selangor FA Datuk Subahan Kamal."Secara jelas dia menyatakan ke saya langsung bahwa anak-anak masih sangat dibutuhkan tim dan dia menjamin bahwa kontrak anak-anak akan tetap sampai akhir musim. Datuk menilai bahwa mereka terlihat berjuang keras untuk tim," ujar Mulyawan, seperti dilansir Goal.
  1861 kali
1526691602622 tag